PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING
PADA MATERI TABUNG
Nama Sekolah : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas : VIII
Pertemuan ke : III
Nama Siswa
|
RPP 1
|
|||||||
Kategori Kegiatan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Jmlh
|
|
Azizah
|
2
|
2
|
9
|
1
|
1
|
1
|
0
|
16
|
Raudhah
|
2
|
2
|
7
|
1
|
3
|
1
|
0
|
16
|
Nofril Nanda Riski
|
2
|
0
|
7
|
3
|
3
|
0
|
1
|
16
|
Dina Rauzana
|
2
|
2
|
8
|
1
|
2
|
1
|
0
|
16
|
Jothy Mia Risky
|
2
|
1
|
7
|
2
|
2
|
1
|
0
|
16
|
Munanjar
|
2
|
4
|
6
|
1
|
2
|
0
|
1
|
16
|
Jumlah
|
12
|
11
|
44
|
9
|
13
|
4
|
3
|
96
|
Persentase (%)
|
12,5
|
11,45
|
45,83
|
9,37
|
13,54
|
4,16
|
3,12
|
|
Berdasarkan
tabel diatas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktifitas siswa untuk
masing-masing kategori pada rencana pembelajaran ketiga juga belum efektif,
dikarenakan ada kategori aktivitas siswa yang masih diluar waktu ideal,
aktivitas tersebut adalah:
1.
Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
(aktivitas no.3)
Tingginya
aktivitas siswa pada pertemuan ke III ini dalam menyelesaikan masalah karena
dalam peretemuan ini siswa diberikan tes akhir.
2.
Membandingkan jawaban dalam diskusi
kelompok atau diskusi kelas (aktivitas no.4)
Banyaknya siswa yang tidak membandingkan jawaban dalam kelompok karena
mereka tidak mau hasil kerjanya diketahui oleh orang lain.
3.
Menarik kesimpulan suatu konsep atau
prosedur (aktivitas no.6)
Siswa megerjakan soal tes.]
4. Perilaku
yang tidak relevan dengan KBM (aktivitas no.7)
Perilaku yang tidak relevan ini terjadi karena banyak siswa yang tidak
bisa menyelesaikan soal bertanya pada siswa lain.
PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING
PADA MATERI TABUNG
Nama Sekolah : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas : VIII
Pertemuan ke : II
Nama Siswa
|
RPP 1
|
|||||||
Kategori Kegiatan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Jmlh
|
|
Azizah
|
2
|
2
|
5
|
4
|
1
|
2
|
0
|
16
|
Raudhah
|
2
|
3
|
4
|
3
|
2
|
2
|
0
|
16
|
Nofril Nanda Riski
|
2
|
2
|
3
|
4
|
3
|
1
|
1
|
16
|
Dina Rauzana
|
2
|
2
|
4
|
5
|
2
|
1
|
0
|
16
|
Jothy Mia Risky
|
2
|
2
|
3
|
6
|
2
|
1
|
0
|
16
|
Munanjar
|
3
|
2
|
2
|
4
|
3
|
2
|
0
|
16
|
Jumlah
|
13
|
13
|
21
|
26
|
13
|
9
|
1
|
96
|
Persentase (%)
|
13,54
|
13,54
|
21,18
|
26,04
|
13,54
|
9,37
|
1,04
|
|
Berdasarkan tabel
diatas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktifitas siswa untuk
masing-masing kategori pada rencana pembelajaran kedua juga belum efektif,
dikarenakan masih ada aktivitas siswa yang masih diluar waktu ideal, aktivitas
tersebut adalah:
1.
Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
(aktivitas no.3)
Berdasarkan
pengamatan di lapangan, banyaknya siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal yang
ada pada LKS maupun pada tes akhir disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa
pada materi sebelumnya, sehingga mereka kewalahan untuk menyelesaikan soal
berikutnya. Selain itu siswa juga sangat tergantung pada contoh soal yang telah
diberikan sebelumnya, sehingga bila ada soal yang sedikit melenceng dari contoh
soal (dibolak-balek), maka siswa tidak bisa menyelesaikan soal tersebut.
PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING
PADA MATERI TABUNG
Nama Sekolah : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas : VIII
Pertemuan ke : I
Nama Siswa
|
RPP 1
|
|||||||
Kategori Kegiatan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Jmlh
|
|
Azizah
|
2
|
2
|
4
|
2
|
5
|
1
|
0
|
16
|
Raudhah
|
1
|
2
|
4
|
1
|
6
|
2
|
0
|
16
|
Nofril Nanda Riski
|
2
|
2
|
4
|
2
|
3
|
1
|
2
|
16
|
Dina Rauzana
|
2
|
3
|
2
|
1
|
4
|
0
|
4
|
16
|
Jothy Mia Risky
|
2
|
3
|
5
|
2
|
3
|
1
|
0
|
16
|
Munanjar
|
6
|
2
|
0
|
1
|
1
|
0
|
6
|
16
|
Jumlah
|
15
|
14
|
19
|
9
|
22
|
5
|
12
|
96
|
Persentase (%)
|
15,62
|
14,58
|
19,79
|
9,37
|
22,91
|
5,20
|
12,5
|
|
Data hasil
pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran tabung pada pertemuan pertama
belum efektif, dikarenakan ada beberapa aktivitas siswa yang masil diluar waktu
ideal, aktivitas tersebut adalah:
1. Membandingkan jawaban dalam
diskusi kelompok atau kelas (aktivitas no.4)
Menurut
pengamatan, siswa dalam setiap kelompok tidak ingin hasil kerja kelompoknya
diketahui oleh kelompok lain, sehingga tidak terjadinya diskusi antar kelompok.
Tetapi ketika guru menyuruh perwakilan dari satu kelompok untuk maju kedepan,
disinilah siswa membandingkan jawaban kelompoknya.
2. Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru
atau teman. (aktivitas no.5)
ini
disebabkan kurangnya motivasi dari guru bahwa keberhasilan kelompok lebih diutamakan. Dengan demikian
akan adanya diskusi antar anggota kelompok.
3. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (aktivitas
no.7)
Berdasarkan
pengamatan dari pengamat, salah satu sebabnya karena matematika masuk pada jam
07.45 tetapi siswa baru datang semua pada jam 07.55, sehingga ada yang telat
untukbergabung dalam kelompok. Selain itu seharusnya guru telah membagi
kelompok sebelum pelajaran tersebut di mulai atau seharis sebelumnya sehingga
tidak membuang waktu.
Hasil Pengamatan Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran
Hasil
pengamatan kemampuan guru selama pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:
Aspek yang
diamati
|
RPP 01
|
RPP 02
|
RPP 03
|
Ratarata
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
1. Kemampuan
memotivasi siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
|
4
|
5
|
4
|
5
|
2. Kemampuan menghubungkan pelajaran saat
ini dengan pelajaran sebelumnya/membahas PR
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3.
kemampuan
mengimformasikan langkah-langkah pembelajaran.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
|
|
4. kemampuan menjelaskan soal/masalah kontekstual
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5. Kemampuan mengarahkan siswa untuk
menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberi bantuan terbatas.
|
3
|
4
|
4
|
3,5
|
6. Kemampuan mengamati cara siswa
menyelesaikan soal/masalah
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7.
Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8.
Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan
jawaban dengan temannya.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9.
Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
|
4
|
4
|
5
|
5
|
10.
Kemampuan
menghargai berbagai pendapat siswa.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
11.
Kemampuan
mengarahkan siswa menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang
konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika.
|
3
|
4
|
4
|
3,5
|
12. Kemampuan mendorong siswa untuk mau
bertanya, mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan.
|
4
|
4
|
5
|
5
|
13. Kemampuan
mengajukan dan menjawab pertanyaan.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Kegiatan
Penutup
|
|
|
|
|
14. Kemampuan
menegaskan hal-hal penting/intisari berkaitan dengan pembelajaran
|
4
|
5
|
4
|
5
|
15. Kemampuan menyampaikan judul sub
materi berikutnya dan memberikan PR/menutup pelajaran.
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16.
Kemampuan
mengelola waktu.
|
3
|
4
|
4
|
3,5
|
17.
Antusias
siswa
|
4
|
4
|
5
|
5
|
18. Antusias Guru
|
4
|
4
|
5
|
5
|
Rata-rata
|
3,83
|
4,11
|
4,22
|
|
Sumber: Hasil olah data
Berdasarkan
tabel di atas terlihat bahwa setiap aspek yang diamati dalam mengelola
pembelajaran dari tiga kali pertemuan yang diamati oleh pengamat termasuk dalam
kategori baik dan cukup Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran dengan model Quantum
Teaching adalah efektif
HASIL PENGAMATAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA
PEMBELAJARAN DENGAN MODEL QUANTUM
TEACHING
Nama Sekolah :
MTs Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :Luas Permukaan dan Volume Tabung
Kelas :
II-2
Pertemuan :
I
No
|
Aspek Yang Diamati
|
RPP I
|
|
Pendahuluan
|
|
1.
|
Kemampuan
memotivasi siswa/ mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
|
4
|
2.
|
Kemampuan
menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
|
4
|
3.
|
Kemampuan
menginformasikan langkah-langkah pembelajaran
|
4
|
|
Kegiatan Inti
|
|
4.
|
Kemampuan
menjelaskan soal/masalah kontekstual
|
5
|
5.
|
Kemampuan
mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan
memberikan bentuan terbatas
|
3
|
6.
|
Kemampuan
mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
|
4
|
7.
|
Kemampuan
mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
|
4
|
8.
|
Kemampuan mendorong siswa untuk
membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
|
4
|
9.
|
Kemampuan
memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
|
4
|
10.
|
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
|
4
|
11.
|
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik
kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
|
3
|
12.
|
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau
menjawab pertanyaan
|
4
|
13.
|
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan
|
4
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
14
|
Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan
pembelajaran.
|
3
|
15
|
Kemampuan
menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran
|
3
|
|
Lain-lain
|
|
16.
|
Kemampuan mengelola
waktu
|
4
|
17.
|
Antusian siswa
|
4
|
18.
|
Antusias guru
|
4
|
Rata-rata
|
3,83
|
HASIL PENGAMATAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA
PEMBELAJARAN DENGAN MODEL QUANTUM
TEACHING
Nama Sekolah :
MTs Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :Unsur-unsur tabung dan luas
selimut tabung
Kelas :
II-2
No
|
Aspek Yang Diamati
|
RPP I
|
|
Pendahuluan
|
|
1.
|
Kemampuan
memotivasi siswa/ mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
|
5
|
2.
|
Kemampuan
menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
|
4
|
3.
|
Kemampuan
menginformasikan langkah-langkah pembelajaran
|
4
|
|
Kegiatan Inti
|
|
4.
|
Kemampuan
menjelaskan soal/masalah kontekstual
|
4
|
5.
|
Kemampuan
mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan
memberikan bentuan terbatas
|
5
|
6.
|
Kemampuan
mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
|
4
|
7.
|
Kemampuan mengoptimalkan
interaksi siswa dalam bekerja
|
4
|
8.
|
Kemampuan mendorong siswa untuk
membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
|
3
|
9.
|
Kemampuan
memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
|
4
|
10.
|
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
|
4
|
11.
|
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik
kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
|
5
|
12.
|
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau
menjawab pertanyaan
|
3
|
13.
|
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan
|
4
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
14
|
Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan
pembelajaran.
|
5
|
15
|
Kemampuan
menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup
pelajaran
|
5
|
|
Lain-lain
|
|
16.
|
Kemampuan mengelola
waktu
|
3
|
17.
|
Antusian siswa
|
4
|
18.
|
Antusias guru
|
4
|
Rata-rata
|
4,11
|
Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran
Data
hasil pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran selama tiga kali tatap muka
dinyatakan dengan persentase. Pengamatan dilakukan oleh dua orang pengamat
sejak dimulai hingga berakhir kegiatan pembelajaran. Pengamat mencatat
aktivitas dominan siswa setiap 5 menit. Data tersebut secara singkat dalam
tabel berikut ini.
No
|
Kategori pengamatan
|
Persentase Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran (%)
|
Persenta
se rata-rata (%)
|
Waktu Ideal
|
Toleransi 5%
|
||
RPP I
|
RPP II
|
RPP III
|
|||||
1
|
Mendengarkan/memperhatikan
penjelasan guru/teman
|
15,62
|
13,54
|
12,5
|
13,88
|
13%
|
7%P18%
|
2
|
Membaca/memahami masalah
kontekstual di LKS
|
14,58
|
13,54
|
11,45
|
13,19
|
10%
|
5P15%
|
3
|
Menyelesaikan masalah atau
menemukan cara penyelesaian masalah
|
19,79
|
21,18
|
45,83
|
28,93
|
27%
|
22%P32%
|
4
|
Membandingkan jawaban dalam
diskusi kelompok atau diskusi kelas
|
9,37
|
26,04
|
9,37
|
14,92
|
30%
|
25%P35%
|
5
|
Bertanya/menyampaikan
pendapat/ide kepada guru atau teman
|
22,91
|
13,54
|
13,54
|
16,63
|
10%
|
5%P15%
|
6
|
Menarik kesimpulan suatu
konsep atau prosedur
|
5,20
|
9,37
|
4,16
|
6,24
|
10%
|
5%P15%
|
7
|
Perilaku yang tidak relevan
dengan KBM
|
12,5
|
1,04
|
3,12
|
5,55
|
0%
|
0%P5%
|
Berdasarkan tabel di atas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktivitas
siswa dalam pembelajaran maka dapat
disimpulkan bahwa aktivitas siswa untuk masing-masing kategori pada setiap RPP
adalah tidak efektif.
Revisi Rencana Pembelajaran I
Aktifitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu (menit)
|
Ket
|
Pendahuluan
|
|
5
|
|
·
Guru membuka pelajaran dan meminta siswa untuk menyiapkan buku dan
alat tulis.
·
Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana awal siswa dengan cara:
a. Tanya jawab guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya tabung dengan cara menunjukkan
pulpen/spidol (media tabung)
b. Mengajukan pertanyaan tentang
bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan siswa
khususnya bangun ruang yang berbentuk tabung.
|
·
Siswa mendengarkan guru dan diikuti sambil membuka buku dan
menyiapkan alat tulis
a.Siswa mendengar dan memahami
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan cara menjawab pertanyaan dari
guru
b.Siswa menyebutkan
benda-benda yang berbentuk tabung yang ada disekitar lingkungan siswa.
|
|
Fase I:
Tumbuhkan
|
Kegiatan Inti
|
|
65
|
|
· Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok
yang telah dibagikan guru sehari sebelumnya dan
guru mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari
masalah tersebut
.
·
Guru meminta siswa untuk mengamati alat peraga yang disajikan, dan
meminta siswa untuk mengiris tabung yang terbuat dari karton berdasarkan
rusuk-rusuk tertentu sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari
sisi lain.
|
·
Siswa menuju kelompok masing-masing dan mulai memperhatikan LKS yang
telah diberikan guru.
·
Siswa mengerjakan sesuai petunjuk.
|
15
|
Fase II: Alami
|
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
bila siswa mengalami kesulitan.
·
Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan idenya dalam
menyebutkan unsur-unsur tabung, dan luas selimut tabung dengan berdiskusi
kelompok
|
·
Siswa membahas materi yang sedang
dipelajari bersama-sama dalam kelompok.
·
Siswa berdiskusi dalam kelompok
|
24
|
Fase III : Namai
|
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya
·
Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk memperesentasikan
hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi tanggapan dan koreksi
terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
|
·
Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·
Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
sesuai.
|
6
|
Fase IV : Demonstrasikan.
|
·
Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa
hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama.
·
Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
hasil yang diperoleh siswa
·
Guru meminta siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
secara benar, sederhana dan sistematis
·
Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
dipelajari sebanyak dua soal.
|
·
Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
belum bisa dipecahkan.
·
Siswa mencatat beberapa hal
penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·
Siswa merangkum materi
·
Siwa mengerjakan soal secara individual.
|
25
|
Fase V : Ulangi
|
·
Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi
motivasi bagi siswa yang belum berhasil.
|
·
Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil
|
2
|
Fase VI : Rayakan
|
Penutup
|
|
2
|
|
·
Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·
Guru meminta siswa agar mengatur meja kelompok sebelum masuk ruang
pada pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lampiran 7
Rencana
Pembelajaran I
Aktifitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu (menit)
|
Ket
|
Pendahuluan
|
|
5
|
|
·
Guru membuka pelajaran dan meminta siswa untuk menyiapkan buku dan
alat tulis.
·
Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana awal siswa dengan cara:
a. Menyampaikan tujuan
pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya tabung dengan cara
menunjukkan pulpen/spidol (media tabung)
b. Mengajukan pertanyaan tentang
bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan
siswa.
|
·
Siswa mendengarkan guru dan diikuti sambil membuka buku serta
menyiapkan alat tulis
·
Siswa mendengar dan memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
dan kegunaan materi yang akan dipelajari
·
Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dengan menyebutkan
benda-benda yang berbentuk tabung.
|
|
Fase I:
Tumbuhkan
|
Kegiatan Inti
|
|
65
|
|
·
Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok belajar dan guru mengajukan
masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut
.
·
Guru meminta siswa untuk mengamati alat peraga yang disajikan, dan
meminta siswa untuk mengiris tabung yang terbuat dari karton berdasarkan
rusuk-rusuk tertentu sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari
sisi lain.
|
·
Siswa menuju kelompok masing-masing dan mulai memperhatikan LKS yang
telah diberikan guru.
·
Siswa mengerjakan sesuai petunjuk.
|
15
|
Fase II: Alami
|
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
bila siswa mengalami kesulitan.
·
Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan idenya dalam
menyebutkan unsur-unsur tabung, dan luas selimut tabung.
|
·
Siswa membahas materi yang sedang
dipelajari bersama-sama dalam kelompok.
·
Siswa berdiskusi dalam mengemukakan ide dalam suatu kelompok
|
24
|
Fase III : Namai
|
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya
·
Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat
memperesentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi
tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
|
·
Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·
Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
sesuai.
|
6
|
Fase IV : Demonstrasikan.
|
·
Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa
hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama.
·
Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
hasil yang diperoleh siswa
·
Guru meminta siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
secara benar, sederhana dan sistematis
·
Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
dipelajari sebanyak dua soal.
|
·
Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
belum bisa dipecahkan.
·
Siswa mencatat beberapa hal
penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·
Siswa merangkum materi
·
Siwa mengerjakan soal secara individual.
|
25
|
Fase V : Ulangi
|
·
Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi
motivasi bagi siswa yang belum berhasil.
|
·
Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil
|
2
|
Fase VI : Rayakan
|
Penutup
|
|
2
|
|
·
Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·
Guru meminta siswa agar mengatur meja kelompok sebelum masuk ruang
pada pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika
Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lampiran 13
Rencana Pembelajaran
III
Aktifitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu (menit)
|
Ket
|
Pendahuluan
|
|
8
|
|
·
Guru membuka pelajaran dengan meminta seorang siswa untuk mengerjakan
satu soal didepan sehingga akan membuat siswa mengingat materi yang lalu dan
memudahkannya dalam materi selanjutnya yaitu menggunakan rumus luas selimut,
permukaan, dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari. .
|
·
Siswa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru.
·
Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan.
·
Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya
jawab.
|
|
Fase I:
Tumbuhkan
|
Kegiatan Inti
|
|
22
|
|
·
Guru mengarahkan siswa untuk dapat menggunakan rumus-rumus tabung
yang telah dipelajari sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru memberikan contoh soal dalam menerapkan rumus-rumus tabung
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru memberikan beberapa soal penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
·
Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru.
·
Siswa mulai mengerjakan soal secara individu.
|
|
Fase II:
Alami
|
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan soal
|
·
Siswa bertanya jika ada yang belum dipahami
|
|
Fase III : Namai
|
·
Guru meminta pada siswa untuk menyiapkan hasil kerjanya.
·
Guru meminta siswa untuk mengerjakan di depan. Guru memberikan contoh
soal mengenai luas permukaan dan volume tabung.
|
·
Setiap siswa menyiapkan hasil kerjanya.
·
Siswa yang lain mengoreksi bila ada yang salah.
.
|
|
Fase IV : Demonstrasikan.
|
·
Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi
motivasi bagi siswa yang belum berhasil.
|
·
Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil
|
|
Fase VI : Rayakan
|
Penutup
|
|
50
|
|
·
Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai materi tabung sebanyak
lima soal
|
·
Siswa mulai mengerjakan soal yang diberikan guru secara individu..
|
|
|
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Revisi Rencana Pembelajaran II
Aktifitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu (menit)
|
Ket
|
Pendahuluan
|
|
10
|
|
·
Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari
dengan meminta seorang siswa untuk menyebutkan unsur-unsur yang menyusun
tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung
·
Guru kembali menjelaskan
bagaimana menyelesaikan soal jika yang diketahui jari-jari atau diameter
lingkaran dan memberi
kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya, sehingga akan
membantu siswa dalam pembelajaran selanjutnya.
·
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui luas permukaan dan volume
tabung dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dan menggambar kembali
jaring-jaring tabung.
·
Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan.
·
Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya
jawab.
|
|
Fase I:
Tumbuhkan
|
Kegiatan Inti
|
|
65
|
|
·
Guru meminta siswa untuk
bergabung dalam kelompok.
·
Guru mengarahkan siswa untuk menemukan luas permukaan dan volume
tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa
mempelajari masalah tersebut.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang
kurang jelas.
|
·
Siswa menuju kelompok masing-masing.
·
Siswa mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru
·
Siswa mulai mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan bertanya jika ada
yang kurang jelas.
|
5
|
Fase II:
Alami
|
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
bila siswa mengalami kesulitan dan memberi sedikit waktu khusus untuk bimbingan
kepada siswa yang belum tuntas pada pertemuan sebelumnya.
·
Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali
informasi baru sehingga dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume
tabung.
|
·
Siswa membahas LKS bersama-sama dalam kelompok.
·
Setiap siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing
|
23
|
Fase III : Namai
|
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya
]
·
Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat
mempresentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi
tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
·
Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume
tabung.
|
·
Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·
Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
sesuai.
·
Siswa mengerjakan soal bersama-sama dalam kelompok.
|
15
|
Fase IV : Demonstrasikan.
|
·
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk
bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan.
· Guru
meminta siswa untuk mencatat beberapa hal penting dan semua hasil yang telah
disepakati bersama dan memberi sedikit waktu
khusus untuk bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada pertemuan
sebelumnya.
·
Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
hasil yang diperoleh siswa dan membimbing siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
secara benar, sederhana dan sistematis
·
Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
dipelajari sebanyak dua soal.
|
·
Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
belum bisa dipecahkan.
·
Siswa mencatat beberapa hal
penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·
Siswa merangkum materi
·
Siswa mengerjakan soal secara individual.
|
25
|
Fase V : Ulangi
|
·
Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa
yang dapat menyelesaikan soal-soal dengan baik dan memberi motivasi bagi
siswa yang belum berhasil.
|
·
Siswa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil
|
2
|
Fase VI : Rayakan
|
Penutup
|
|
5
|
|
·
Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·
Guru memberikan soal-soal latihan rumah
|
·
Siswa mencatat soal-soal latihan rumah.
|
|
|
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lampiran 10
Rencana
Pembelajaran II
Aktifitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu (menit)
|
Ket
|
Pendahuluan
|
|
10
|
|
·
Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari
dengan meminta seorang siswa untuk menyebutkan unsur-unsur yang menyusun
tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung.
·
Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi
sebelumnya, sehingga akan membantu siswa dalam pembelajaran selanjutnya.
·
Guru menjelaskan pentingnya mengetahui luas permukaan dan volume
tabung dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dan menggambar kembali
jaring-jaring tabung.
·
Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan.
·
Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya
jawab.
|
|
Fase I:
Tumbuhkan
|
Kegiatan Inti
|
|
65
|
|
·
Guru mengarahkan siswa untuk menemukan luas permukaan dan volume
tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa
mempelajari masalah tersebut.
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang
kurang jelas.
|
·
Siswa mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru
·
Siswa mulai mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan bertanya jika ada
yang kurang jelas.
|
5
|
Fase II:
Alami
|
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
bila siswa mengalami kesulitan.
·
Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali
informasi baru sehingga dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume
tabung.
|
·
Siswa membahas LKS bersama-sama dalam kelompok.
·
Setiap siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing
|
23
|
Fase III : Namai
|
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya
·
Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat
mempresentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi
tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
·
Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume
tabung.
|
·
Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·
Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
sesuai.
·
Siswa mengerjakan soal bersama-sama dalam kelompok.
|
15
|
Fase IV : Demonstrasikan.
|
·
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk
bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan.
·
Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa
hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama.
·
Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
hasil yang diperoleh siswa dan membimbing siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
secara benar, sederhana dan sistematis
·
Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
dipelajari sebanyak dua soal.
|
·
Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
belum bisa dipecahkan.
·
Siswa mencatat beberapa hal
penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·
Siswa merangkum materi
·
Siswa mengerjakan soal secara individual.
|
25
|
Fase V : Ulangi
|
·
Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi motivasi
bagi siswa yang belum berhasil.
|
·
Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil
|
2
|
Fase VI : Rayakan
|
Penutup
|
|
5
|
|
·
Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·
Guru memberikan soal-soal latihan rumah
|
·
Siswa mencatat soal-soal latihan rumah.
|
|
|
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Tabel
Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan III
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
Ketuntasan
Belajar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
|
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa 4
Siswa 5
Siswa 6
Siswa 7
Siswa 8
Siswa 9
Siswa 10
Siswa 11
Siswa 12
Siswa 13
Siswa 14
Siswa 15
Siswa 16
Siswa 17
Siswa 18
Siswa 19
Siswa 20
Siswa 21
Siswa 2
Siswa 23
Siswa 24
Siswa 25
Siswa 26
Siswa 27
Siswa 28
Siswa 29
Siswa 30
Siswa 31
Siswa 32
Siswa 33
Siswa 34
Siswa 35
Siswa 36
Siswa 37
|
50
100
80
60
85
70
100
50
100
85
90
75
100
90
85
90
90
75
90
85
30
100
75
95
45
90
75
75
60
25
50
50
75
90
30
75
85
|
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
|
Tabel
Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan II
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
Ketuntasan
Belajar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
|
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa 4
Siswa 5
Siswa 6
Siswa 7
Siswa 8
Siswa 9
Siswa 10
Siswa 11
Siswa 12
Siswa 13
Siswa 14
Siswa 15
Siswa 16
Siswa 17
Siswa 18
Siswa 19
Siswa 20
Siswa 21
Siswa 2
Siswa 23
Siswa 24
Siswa 25
Siswa 26
Siswa 27
Siswa 28
Siswa 29
Siswa 30
Siswa 31
Siswa 32
Siswa 33
Siswa 34
Siswa 35
Siswa 36
Siswa 37
|
60
100
75
60
90
70
100
60
100
85
100
75
100
90
100
90
90
100
90
90
40
100
75
95
40
90
75
100
60
25
40
60
85
90
40
70
100
|
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
|
Tabel
Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan I
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
Ketuntasan
Belajar
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
|
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa 4
Siswa 5
Siswa 6
Siswa 7
Siswa 8
Siswa 9
Siswa 10
Siswa 11
Siswa 12
Siswa 13
Siswa 14
Siswa 15
Siswa 16
Siswa 17
Siswa 18
Siswa 19
Siswa 20
Siswa 21
Siswa 2
Siswa 23
Siswa 24
Siswa 25
Siswa 26
Siswa 27
Siswa 28
Siswa 29
Siswa 30
Siswa 31
Siswa 32
Siswa 33
Siswa 34
Siswa 35
Siswa 36
Siswa 37
|
40
100
75
70
90
100
100
40
100
100
100
75
100
100
100
90
90
100
90
90
40
100
75
90
40
90
75
100
40
25
40
100
100
90
100
90
90
|
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tidak Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
|
Berdasarkan
data diatas didapat 7 orang siswa belum tuntas, jadi ketuntasan klasikal belum
tuntas juga. Karena ketuntasan klasikal akan tercapai berdasarkan KKM di
sekolah yaitu 85%, sedangkan di
kelas tersebut ketuntasan klasikal baru mencapai 81,08%
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah : MTs
Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :Luas permukaan tabung dan volume tabung
Kelas : II-2
Pertemuan : II
No
|
Aspek Yang Direspon
|
Respon Siswa
|
Persentase
|
||
|
|
Senang
|
Tidak
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di
kelas
e. Cara guru mengajar
|
34
33
26
32
35
|
3
4
11
5
2
|
91,89
89,19
70,27
86,49
94,59
|
8,11
10,81
29,73
13,51
5,41
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a. Materi Pelajaran
b. LKS
c. Tes hasil belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
27
32
33
30
30
|
10
5
4
7
7
|
72,97
86,49
89,19
81,08
81,08
|
27,03
13,51
10,81
18,92
18,92
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
seperti yang baru saja kamu ikut?
|
34
|
3
|
91,89
|
8,11
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
dalam:
a.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
b.
Tes Hasil Belajar
|
31
30
|
6
7
|
83,78
81,08
|
16,22
18,92
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.
LKS
b.
Tes hasil belajar
|
34
33
|
3
4
|
91,89
89,19
|
8,11
10,81
|
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah : MTs
Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :menghitung unsur-unsur tabung jika volume
diketahui
Kelas : II-2
Pertemuan : III
No
|
Aspek Yang Direspon
|
Respon Siswa
|
Persentase
|
||
|
|
Senang
|
Tidak
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di
kelas
e. Cara guru mengajar
|
35
34
28
32
35
|
2
3
9
5
2
|
94,59
91,89
75,67
86,49
94,59
|
5,41
8,11
24,32
13,51
5,41
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a. Materi Pelajaran
b. LKS
c. Tes hasil belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
27
33
32
32
33
|
10
4
5
5
4
|
72,97
89,19
86,49
86,49
89,19
|
27,03
10,81
13,51
13,51
10,81
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
seperti yang baru saja kamu ikut?
|
35
|
2
|
94,59
|
5,41
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
dalam:
a.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
b.
Tes Hasil Belajar
|
31
32
|
6
5
|
83,78
86,49
|
16,22
13,51
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.
LKS
b.
Tes hasil belajar
|
33
31
|
4
6
|
89,19
83,78
|
10,81
16,22
|
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah : MTs
Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :Unsur-unsur tabung dan luas selimut tabung
Kelas : II-2
Pertemuan : I
No
|
Aspek Yang Direspon
|
Respon Siswa
|
Persentase
|
||
|
|
Senang
|
Tidak
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di
kelas
e. Cara guru mengajar
|
33
37
30
31
36
|
4
0
7
6
1
|
89,19
100
81,08
83,78
97,29
|
10,81
0
18,29
16,22
2,70
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a. Materi Pelajaran
b. LKS
c. Tes hasil belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
27
33
34
19
26
|
10
4
3
18
11
|
72,97
89,19
91,89
51,35
70,27
|
27,03
10,81
8,11
48,65
29,73
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
seperti yang baru saja kamu ikut?
|
35
|
2
|
94,59
|
5,41
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
dalam:
a.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
b.
Tes Hasil Belajar
|
30
32
|
7
5
|
81,08
86,49
|
18,29
13,51
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.
LKS
b.
Tes hasil belajar
|
33
34
|
4
3
|
89,19
91,89
|
10,81
8,11
|
Dari angket respon siswa
yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran I untuk materi tabung
dengan model pembelajaran Quantum
Teaching maka respon siswa belum dapat dikatakan positif karena ada salah
satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon
kurang baik dari siswa.
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah : MTs
Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :Luas permukaan tabung dan volume tabung
Kelas : II-2
Pertemuan : II
No
|
Aspek Yang Direspon
|
Respon Siswa
|
Persentase
|
||
|
|
Senang
|
Tidak
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
ini?
f.
LKS
g. Materi Pelajaran
h. Tes Hasil Belajar
i.
Suasana Pembelajaran di kelas
j.
Cara guru mengajar
|
34
33
26
32
35
|
3
4
11
5
2
|
91,89
89,19
70,27
86,49
94,59
|
8,11
10,81
29,73
13,51
5,41
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
f.
Materi Pelajaran
g. LKS
h. Tes hasil belajar
i.
Suasana Pembelajaran
j.
Cara guru mengajar
|
27
32
33
30
30
|
10
5
4
7
7
|
72,97
86,49
89,19
81,08
81,08
|
27,03
13,51
10,81
18,92
18,92
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
seperti yang baru saja kamu ikut?
|
34
|
3
|
91,89
|
8,11
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
dalam:
c.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
d.
Tes Hasil Belajar
|
31
30
|
6
7
|
83,78
81,08
|
16,22
18,92
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
c.
LKS
d.
Tes hasil belajar
|
34
33
|
3
4
|
91,89
89,19
|
8,11
10,81
|
Dari angket respon siswa
yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran II untuk materi tabung
dengan model pembelajaran Quantum
Teaching maka respon siswa belum juga dapat dikatakan positif karena ada
salah satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon
kurang baik dari siswa.
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah : MTs
Darussyari’ah
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok :
Kelas : II-2
Pertemuan : III
No
|
Aspek Yang Direspon
|
Respon Siswa
|
Persentase
|
||
|
|
Senang
|
Tidak
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di kelas
e. Cara guru mengajar
|
35
34
28
32
35
|
2
3
9
5
2
|
94,59
91,89
75,67
86,49
94,59
|
5,41
8,11
24,32
13,51
5,41
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
k. Materi Pelajaran
l.
LKS
m. Tes hasil belajar
n. Suasana Pembelajaran
o. Cara guru mengajar
|
27
32
33
30
30
|
10
5
4
7
7
|
72,97
86,49
89,19
81,08
81,08
|
27,03
13,51
10,81
18,92
18,92
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
seperti yang baru saja kamu ikut?
|
34
|
3
|
91,89
|
8,11
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
dalam:
e.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
f.
Tes Hasil Belajar
|
31
30
|
6
7
|
83,78
81,08
|
16,22
18,92
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar
dan letak gambar), yang terdapat dalam:
e.
LKS
f.
Tes hasil belajar
|
34
33
|
3
4
|
91,89
89,19
|
8,11
10,81
|
Dari angket respon siswa yang diisi
oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran II untuk materi tabung dengan
model pembelajaran Quantum Teaching maka
respon siswa belum juga dapat dikatakan positif karena ada salah satu komponen
peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon kurang baik dari
siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar