View My Stats

Rabu, 01 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP - 1) SEKOLAH : MAN 2 BANDA ACEH MATA PELAJARAN: MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 1)

SEKOLAH                 : MAN 2 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER            : X/ 1
TAHUN AJARAN     : 2009-2010

A.    STANDAR KOMPETENSI      
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B.     KOMPETENSI DASAR
1.   Menggunakan sifat dan aturan tentang pertidaksamaan kuadrat.
2.   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.           
C.     INDIKATOR
 Memahami pengertian dari pertidaksamaan kuadrat
D.    ALOKASI WAKTU: 2x 40 menit
E.     MATERI PEMBELAJARAN: Pertidaksamaan Kuadrat
F.      SUMBER/ BAHAN PEMBELAJARAN
1.      Buku matematika untuk SMA kelas X, karangan Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga
2.      Buku matematika untuk kelas X yang relefan
3.      Lembar Kerja Siswa (LKS)


G.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat memahami pengertian pertidaksamaan kuadrat
2.      Siswa dapat menyatakan contoh pertidaksamaan kuadrat
3.      Siswa dapat menyatakan contoh yang bukan pertidaksamaan kuadrat
H.    STRATEGI PEMBELAJARAN
Model  : kooperatif tipe TAI
Metode: Tanya jawab, penemuan terbimbing, pemberian tugas, latihan
I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu
Ket
(menit)
1
2
3
4
Pendahuluan

10

·  Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
·  Siswa      memperhatikan penjelasan guru





Placement Test
·  Guru memperkenalkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI
·   Melalui tanya jawab, guru mengecek pemahaman awal siswa
·  Siswa berusaha menjawab pertanyaan guru
Kegiatan Inti

55

·  Guru menyuruh siswa duduk dalam kelompok yang telah dibagikan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan berbeda.
· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

Teams
·  Melalui Tanya jawab, guru mengingatkan siswa tentang persamaan kuadrat dan pertidaksamaan linear
· Siswa berusaha memberikan contoh persamaan kuadrat dan pertidaksamaan linear

Teaching Group
·  Guru meminta siswa melihat lagi LKS yang telah dibagikan pada pertemuan sebelumnya
·  Siswa menyelesaikan LKS secara individu

Student Creative
·  Guru mengamati kerja siswa dan member bantuan jika ada yang mengelami kesulitan



· Hasil kerja individu dibawa ke dalam kelompok yang telah dibagikan guru

Team Study
· Siswa mendiskusikan hasil belajarnya dengan cara saling mengoreksi dan memberikan masukan kepada teman sekelompok

Team study
·  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

Team Study
·  Jika ada yang belum mengerti, siswa mengajukan pertanyaan

Teaching Group
Penutup

15

·  Guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan
· Siswa dengan batuan guru berusaha membuat kesimpulan

Teaching Group
·  Guru memberi penghargaan kapada kelompok terbaik


Team score and Team Recognition
· Guru memberi penegasan untuk materi yang dipelajari
·  Siswa mendengar penjelasan dari guru

Whole-Class Units
· Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa
· Siswa menyelesaikan soal kuis

Fact Test

J.       PENILAIAN
1.      Penilaian proses
2.      Penilaian hasil belajar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 2)

SEKOLAH                 : MAN 2 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER            : X/ 1
TAHUN AJARAN     : 2009-2010

A.    STANDAR KOMPETENSI      
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B.     KOMPETENSI DASAR
1.   Menggunakan sifat dan aturan tentang pertidaksamaan kuadrat.
2.   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.           
C.     INDIKATOR
 Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan sketsa grafik fungsi kuadrat.
D.    ALOKASI WAKTU: 2 x 40 menit
E.     MATERI PEMBELAJARAN: Pertidaksamaan Kuadrat
F.      SUMBER/ BAHAN PEMBELAJARAN
1.      Buku matematika untuk SMA kelas X, karangan Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga
2.      Buku matematika untuk kelas X yang relefan
3.      Lembar Kerja Siswa (LKS)

G.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan sketsa grafik fungsi kuadrat.
2.      Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
H.    STRATEGI PEMBELAJARAN
Model  : kooperatif tipe TAI
Metode: Tanya jawab, penemuan terbimbing, pemberian tugas, latihan
I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu
Ket
(menit)
1
2
3
4
Pendahuluan

10

·  Guru mengulang sedikit tentang materi sebelumnya
·  Siswa bertanya jika materi sebelumnya masih kurang jelas

Teaching Group
·   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
·   Siswa mendengarkan penjelasan guru.


·  Guru memotivasi semua kelompok umtu lebih aktif berdiskusi dan lebih berani dalam bertanya agar hari ini       dapat lebih baik dari sebelumnya.



Kegiatan Inti

55

·   Guru menyuruh siswa duduk dalam kelompok yang telah dibagikan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan berbeda.
·   Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

Teams
·  Guru meminta siswa menyelesaikan  LKS yang telah digagikan pada pertemuan sebelumnya
·  Siswa menyelesaikan LKS secara individu

Student Creative

·   Jika ada yang belum dimengerti, siswa bertanya kepada teman sekelompok dan guru

Teaching Group
· Guru mengamati kerja siswa dan member bantuan jika ada yang mengelami kesulitan dan menjelaskan lagi bahwa tahapan siswa belajar individu dilakukan di rumah bukan disekolah


Teaching Group
·   Guru meminta siswa untuk tidak mengerjakan hal lain yang mengganggu jalannya proses diskusi
·   Hasil kerja individu dibawa ke dalam kelompok yang telah dibagikan guru dan siswa berusaha untuk tidak mengganggu dan ribut saat diskusi berlangsung

Team Study

·   Siswa mendiskusikan hasil belajarnya dengan cara saling mengoreksi LKS dan memberikan masukan kepada teman sekelompok


Team study

·   Siswa yang mengalami kesulitan dibimbing secara individu

Teaching Group
·   Guru meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

Team Study

·   Jika ada yang belum mengerti, siswa mengajukan pertanyaan

Teaching Group
Penutup

15

·  Guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan
·   Siswa dengan batuan guru  berusaha membuat kesimpulan

Teaching Group
·   Guru memberi penghargaan kapada kelompok terbaik


Team score and Team Recognition
·  Guru memberi penegasan untuk materi yang dipelajari
·   Siswa mendengar penjelasan dari guru

Whole-Class Units
·  Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa
·   Siswa menyelesaikan soal kuis

Fact Test


J.       PENILAIAN
1.      Penilaian proses
2.      Penilaian hasil belajar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 3)

SEKOLAH                 : MAN 2 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER            : X/ 1
TAHUN AJARAN     : 2009-2010

A.    STANDAR KOMPETENSI      
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B.     KOMPETENSI DASAR
1.   Menggunakan sifat dan aturan tentang pertidaksamaan kuadrat.
2.   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.           
C.     INDIKATOR
 Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan garis bilangan.
D.    ALOKASI WAKTU: 2 x 40 menit
E.     MATERI PEMBELAJARAN: Pertidaksamaan Kuadrat
F.      SUMBER/ BAHAN PEMBELAJARAN
1.      Buku matematika untuk SMA kelas X, karangan Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga
2.      Buku matematika untuk kelas X yang relefan
3.      Lembar Kerja Siswa (LKS)

G.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan garis bilangan.
2.      Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
H.    STRATEGI PEMBELAJARAN
Model  : kooperatif tipe TAI
Metode: Tanya jawab, penemuan terbimbing, pemberian tugas, latihan
I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Aktivitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu
Ket
(menit)
1
2
3
4
Pendahuluan

10

·  Guru mengulang sedikit tentang materi sebelumnya
·  Semua siswa diberi kesempatan yang sama untuk  bertanya jika materi sebelumnya masih kurang jelas

Teaching Group
·   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
·   Siswa mendengarkan penjelasan guru.


·  Guru memotivasi siswa  dan member dorongan agar hari ini       semua kelompok dapat lebih baik dari sebelumnya.



Kegiatan Inti

50

·   Guru menyuruh siswa duduk dalam kelompok yang telah dibagikan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan berbeda.
·   Siswa duduk dalam kelompok masing-masing

Teams
·  Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari secara rinci dan dengan penjelasan yang mudah dimengerti
·  Siswa menanyakan jika ada yang belum dimengerti

Student Creative

·   Jika ada yang belum dimengerti, siswa bertanya kepada guru tentang isi LKS yang telah dikerjakan dirumah

Teaching Group
· Guru mengamati kerja siswa dan member bantuan jika ada yang mengelami kesulitan


Teaching Group

·   Hasil kerja individu dibawa ke dalam kelompok yang telah dibagikan guru

Team Study

·   Siswa mendiskusikan hasil belajarnya dengan cara saling mengoreksi LKS dan memberikan masukan kepada teman sekelompok

Team study
·   Guru meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

Team Study

·   Jika ada yang belum mengerti, siswa mengajukan pertanyaan

Teaching Group
Penutup

20

·  Guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan
·   Siswa dengan batuan guru  berusaha membuat kesimpulan

Teaching Group
·   Guru memberi penghargaan kapada kelompok terbaik


Team score and Team Recognition
·  Guru memberi penegasan untuk materi yang dipelajari
·   Siswa mendengar penjelasan dari guru

Whole-Class Units
·  Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa
·   Siswa menyelesaikan soal kuis

Fact Test

J.       PENILAIAN
1.      Penilaian proses
2.      Penilaian hasil belajar






Tidak ada komentar: