RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 1)
SEKOLAH :
MAN 2 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER :
X/ 1
TAHUN AJARAN : 2009-2010
A. STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaaan
dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B. KOMPETENSI DASAR
1. Menggunakan sifat dan aturan tentang
pertidaksamaan kuadrat.
2. Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.
C. INDIKATOR
Memahami pengertian dari pertidaksamaan
kuadrat
D. ALOKASI
WAKTU: 2x 40 menit
E. MATERI
PEMBELAJARAN: Pertidaksamaan Kuadrat
F. SUMBER/
BAHAN PEMBELAJARAN
1. Buku
matematika untuk SMA kelas X, karangan Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga
2. Buku
matematika untuk kelas X yang relefan
3. Lembar Kerja
Siswa (LKS)
G. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat
memahami pengertian pertidaksamaan kuadrat
2. Siswa dapat
menyatakan contoh pertidaksamaan kuadrat
3. Siswa dapat
menyatakan contoh yang bukan pertidaksamaan kuadrat
H. STRATEGI
PEMBELAJARAN
Model : kooperatif tipe TAI
Metode:
Tanya jawab, penemuan terbimbing, pemberian tugas, latihan
I. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu
|
Ket
|
(menit)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
Pendahuluan
|
|
10
|
|
· Guru mengkomunikasikan tujuan
pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
|
· Siswa memperhatikan penjelasan
guru
|
|
Placement Test
|
· Guru memperkenalkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI
|
|||
· Melalui tanya
jawab, guru mengecek pemahaman awal siswa
|
·
Siswa berusaha menjawab pertanyaan guru
|
||
Kegiatan Inti
|
|
55
|
|
· Guru menyuruh siswa duduk dalam kelompok yang
telah dibagikan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan
berbeda.
|
· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing
|
|
Teams
|
· Melalui Tanya jawab, guru mengingatkan
siswa tentang persamaan kuadrat dan pertidaksamaan linear
|
· Siswa berusaha memberikan contoh persamaan kuadrat dan pertidaksamaan
linear
|
|
Teaching Group
|
· Guru meminta siswa melihat lagi LKS yang
telah dibagikan pada pertemuan sebelumnya
|
·
Siswa menyelesaikan LKS secara individu
|
|
Student Creative
|
· Guru mengamati kerja siswa dan member
bantuan jika ada yang mengelami kesulitan
|
· Hasil kerja individu dibawa ke dalam kelompok yang telah dibagikan guru
|
|
Team Study
|
· Siswa mendiskusikan hasil belajarnya
dengan cara saling mengoreksi dan memberikan masukan kepada teman sekelompok
|
|
Team study
|
|
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
|
|
Team Study
|
|
· Jika ada yang belum mengerti, siswa mengajukan pertanyaan
|
|
Teaching Group
|
|
Penutup
|
|
15
|
|
· Guru memfasilitasi siswa membuat
kesimpulan
|
· Siswa dengan batuan guru berusaha membuat kesimpulan
|
|
Teaching Group
|
· Guru memberi penghargaan kapada kelompok
terbaik
|
|
|
Team score and Team Recognition
|
· Guru memberi penegasan untuk materi yang
dipelajari
|
· Siswa mendengar penjelasan dari guru
|
|
Whole-Class Units
|
· Guru memberikan kuis secara individual
kepada siswa
|
· Siswa menyelesaikan soal kuis
|
|
Fact Test
|
J. PENILAIAN
1. Penilaian
proses
2. Penilaian
hasil belajar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 2)
SEKOLAH :
MAN 2 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER :
X/ 1
TAHUN AJARAN : 2009-2010
A. STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,
persamaaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B. KOMPETENSI DASAR
1. Menggunakan sifat dan aturan tentang
pertidaksamaan kuadrat.
2. Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.
C. INDIKATOR
Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan
kuadrat dengan menggunakan sketsa grafik fungsi kuadrat.
D. ALOKASI
WAKTU: 2 x 40 menit
E. MATERI
PEMBELAJARAN: Pertidaksamaan Kuadrat
F. SUMBER/
BAHAN PEMBELAJARAN
1. Buku
matematika untuk SMA kelas X, karangan Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga
2. Buku
matematika untuk kelas X yang relefan
3. Lembar Kerja
Siswa (LKS)
G. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan sketsa grafik fungsi kuadrat.
2. Siswa dapat menentukan
himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
H. STRATEGI
PEMBELAJARAN
Model : kooperatif tipe TAI
Metode:
Tanya jawab, penemuan terbimbing, pemberian tugas, latihan
I. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu
|
Ket
|
(menit)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
Pendahuluan
|
|
10
|
|
· Guru
mengulang sedikit tentang materi sebelumnya
|
· Siswa bertanya jika materi sebelumnya masih kurang
jelas
|
|
Teaching Group
|
·
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
|
· Siswa
mendengarkan penjelasan guru.
|
|
|
· Guru memotivasi semua kelompok
umtu lebih aktif berdiskusi dan lebih berani dalam bertanya agar hari
ini dapat lebih baik dari
sebelumnya.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
55
|
|
· Guru menyuruh siswa duduk dalam kelompok
yang telah dibagikan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan
berbeda.
|
· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing
|
|
Teams
|
· Guru
meminta siswa menyelesaikan LKS yang
telah digagikan pada pertemuan sebelumnya
|
· Siswa menyelesaikan LKS secara individu
|
|
Student Creative
|
|
·
Jika ada yang
belum dimengerti, siswa bertanya kepada teman sekelompok dan guru
|
|
Teaching Group
|
· Guru mengamati kerja siswa dan member bantuan jika
ada yang mengelami kesulitan dan menjelaskan lagi bahwa tahapan siswa belajar
individu dilakukan di rumah bukan disekolah
|
|
|
Teaching Group
|
·
Guru meminta siswa untuk tidak mengerjakan hal lain
yang mengganggu jalannya proses diskusi
|
· Hasil kerja
individu dibawa ke dalam kelompok yang telah dibagikan guru dan siswa
berusaha untuk tidak mengganggu dan ribut saat diskusi berlangsung
|
|
Team Study
|
|
· Siswa mendiskusikan hasil belajarnya dengan cara
saling mengoreksi LKS dan memberikan masukan kepada teman sekelompok
|
|
Team study
|
|
· Siswa yang mengalami kesulitan dibimbing
secara individu
|
|
Teaching Group
|
· Guru
meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
|
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas
|
|
Team Study
|
|
· Jika ada yang belum mengerti, siswa mengajukan
pertanyaan
|
|
Teaching Group
|
Penutup
|
|
15
|
|
· Guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan
|
· Siswa dengan batuan guru berusaha membuat kesimpulan
|
|
Teaching Group
|
· Guru memberi penghargaan kapada kelompok terbaik
|
|
|
Team score and Team Recognition
|
· Guru memberi penegasan untuk materi yang dipelajari
|
· Siswa mendengar penjelasan dari guru
|
|
Whole-Class Units
|
· Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa
|
· Siswa menyelesaikan soal kuis
|
|
Fact Test
|
J. PENILAIAN
1. Penilaian
proses
2. Penilaian
hasil belajar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 3)
SEKOLAH :
MAN 2 BANDA ACEH
MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER :
X/ 1
TAHUN AJARAN : 2009-2010
A. STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi,
persamaaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B. KOMPETENSI DASAR
1. Menggunakan sifat dan aturan tentang
pertidaksamaan kuadrat.
2. Melakukan manipulasi aljabar dalam
perhitungan yang berkaitan dengan pertidaksamaan kuadrat.
C. INDIKATOR
Menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan
kuadrat dengan menggunakan garis bilangan.
D. ALOKASI
WAKTU: 2 x 40 menit
E. MATERI
PEMBELAJARAN: Pertidaksamaan Kuadrat
F. SUMBER/
BAHAN PEMBELAJARAN
1. Buku
matematika untuk SMA kelas X, karangan Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga
2. Buku
matematika untuk kelas X yang relefan
3. Lembar Kerja
Siswa (LKS)
G. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan garis bilangan.
2. Siswa dapat menentukan
himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
H. STRATEGI
PEMBELAJARAN
Model : kooperatif tipe TAI
Metode:
Tanya jawab, penemuan terbimbing, pemberian tugas, latihan
I. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Waktu
|
Ket
|
(menit)
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
Pendahuluan
|
|
10
|
|
· Guru
mengulang sedikit tentang materi sebelumnya
|
· Semua siswa diberi kesempatan yang sama untuk bertanya jika materi sebelumnya masih kurang
jelas
|
|
Teaching Group
|
·
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa
|
· Siswa
mendengarkan penjelasan guru.
|
|
|
· Guru memotivasi siswa dan member dorongan agar hari ini semua kelompok dapat lebih baik dari
sebelumnya.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
50
|
|
· Guru menyuruh siswa duduk dalam kelompok
yang telah dibagikan. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan
berbeda.
|
· Siswa duduk dalam kelompok masing-masing
|
|
Teams
|
· Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari secara rinci dan dengan penjelasan
yang mudah dimengerti
|
· Siswa menanyakan jika ada yang belum dimengerti
|
|
Student Creative
|
|
· Jika
ada yang belum dimengerti, siswa bertanya kepada guru tentang isi LKS yang
telah dikerjakan dirumah
|
|
Teaching Group
|
· Guru mengamati kerja siswa dan member bantuan jika
ada yang mengelami kesulitan
|
|
|
Teaching Group
|
|
· Hasil kerja individu dibawa ke dalam kelompok yang
telah dibagikan guru
|
|
Team Study
|
|
· Siswa mendiskusikan hasil belajarnya dengan cara
saling mengoreksi LKS dan memberikan masukan kepada teman sekelompok
|
|
Team study
|
· Guru
meminta beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
|
· Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas
|
|
Team Study
|
|
· Jika ada yang belum mengerti, siswa mengajukan
pertanyaan
|
|
Teaching Group
|
Penutup
|
|
20
|
|
· Guru memfasilitasi siswa membuat kesimpulan
|
· Siswa dengan batuan guru berusaha membuat kesimpulan
|
|
Teaching Group
|
· Guru memberi penghargaan kapada kelompok terbaik
|
|
|
Team score and Team Recognition
|
· Guru memberi penegasan untuk materi yang dipelajari
|
· Siswa mendengar penjelasan dari guru
|
|
Whole-Class Units
|
· Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa
|
· Siswa menyelesaikan soal kuis
|
|
Fact Test
|
J. PENILAIAN
1. Penilaian
proses
2. Penilaian
hasil belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar