Silabus
Sekolah : SMA
..............................
Kelas /
Semester : XII (Dua belas) / I
(Satu)
Mata
Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi: 1. Menerapkan konsep dan
prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
|
1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang
secara umum.
|
Gejala dan Ciri-ciri Gelombang
|
·
Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal.
·
Mengkaji literatur untuk membedakan karakteristik gelombang mekanik
dan elektromagnetik.
·
Meneunjukkan sifat-sifat umum gelombang (pemantulan, pembiasan,
superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi) melalui
percobaan.
·
Merumuskan persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan
energi) melalui diskusi kelas.
|
-
Mengidentifikasi karakteristik gelombang
transversal dan gelombang longitudinal.
-
-
Mengidentifikasi karakteristik gelombang
mekanik dan gelombang elektromagnetik.
-
Menyelidiki sifat-sifat gelombang
(pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi,, difraksi, polarisasi dan
dispersi) serta penerapannnya dalam kehidupan sehari-hari.
-
Mengidentifikasi persamaan gelombang
berjalan dan gelombang stasioner.
|
Tes
tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
isian
Tes uraian
Tes PG
Tes uraian
|
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus
arah rambatan gelombang dinamakan ....
Apakah perbedaan
antara gelombang mekanik dan
elektromagnetik? Berikan contohnya masing-masing.
Gelombang y1
dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m.
Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal
perambatan, maka posisi y2 jika interferensi
konstruktif adalah ....
A. 2 dan 1,8 m D. 2 dan 2,05 m
B. 2 dan 1,9 m E. 2 dan 2,15 m
C. 2 dan 1,75 m
Sebuah tali bermassa 100
g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3
dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar
5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.
|
8x40’
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl.3A (Esis)
h. 1-44, buku
referensi yang relevan dan lingkungan
|
|||||||||||||||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Materi
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||||||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.
|
Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang
Elektromagnetik
|
· Melakukan
percobaan atau pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya,
resonansi, interferensi, dan efek Doppler).
· Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi (
termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literatur.
· Melakukan
percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi,
difraksi, dan lain-lain)
|
-
Mendeskripsikan
gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi
-
Mendeskripsikan
gejala dan ciri gelombang cahaya
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
urain
Tes
isian
Tes
PG
|
Sebuah kereta
api sedang bergerak mendekati stasiun dengan laju 31,8 m/s. Kereta tersebut
membunyikan sirine dengan frekuensi 136 Hz. Berapakah frekuensi yang
didengar oleh anak yang sedang duduk di stasiun?
Intensitas bunyi
dapat ditingkatkan dengan cara ....
Busa sabun tampak berwarna-warni bila terkena sinar
matahari merupakan
peristiwa ....
A. difraksi D. polarisasi
B. dispersi E.
Interferensi
C. refraksi
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan
MA Jl. 3A (Esis)
h. 45-88, buku
referensi yang relevan, dan lingkungan.
|
||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||||||||||||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang
bunyi dan cahaya dalam teknologi.
|
Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang
Elektromagnetik
|
·
Melakukan kajian literatur pemanfaatan
bunyi dan gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai
sumber.
· Memaparkan
pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literatur (misalnya pada NDT
atau USG).
·
Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam
teknologi (misalnya pada teknologi mesin
fotokopi, CD, OHP dan scanner).
|
-
Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi.
- Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes
PG
Tes uraian
Tugas rumah
|
Warna biru di langit terjadi karena cahaya matahari
mengalami ....
A. difraksi
D dispersi
B. refraksi
E. polarisasi C. interferensi
C.
Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam
pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan
laju
20 cm/s.
-
Berapakah
frekuensi ultrasonik yang diterima oleh darah?
-
Berapakah
frekuensi yang diterima sumber?
Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang
elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian.
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl.3A (Esis)
h. 44-88, buku
referensi yang relevan, dan lingkungan.
|
||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai
penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||||||
2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan
listrik, fluks, potensial listrik, dan energi potensial listrik serta
penerapannya pada keping sejajar.
|
Hukum Coulomb, Hukum Gauss, Potensial Listrik,
dan Kapasitor
|
·
Mengidentifikasi
karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara
klasikal.
·
Merumuskan
gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi
mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas.
· Melakukan
kajian literatur tentang hubungan antara energi potensial listrik dengan
medan listrik dan potensial listrik.
·
Menghitung
gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor
rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah.
|
-
Mendeskripsikan
gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik.
-
Mengaplikasikan
hukum Coulomb dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan
kontinyu.
-
Memformulasikan
energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya , medan listrik, dan
potensial listrik.
-
Memformulasikan
prinsip kerja kapasitor keping sejajar.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes
PG
Tes uraian
Tes isian
Tugas rumah
|
Jari-jari lintasan elektron terdalam pada atom besi
adalah 1,5x10-12 m.
besar gaya Coulomb antara inti besi (q = 26e)
dan elektron dilintasan terdalam adalah ....
A. 4 x 10-14 N D. 2,7 x 10-3 N
B. 6 x 10-8 N E. 7 x 10-2 N
C. 1 x 10-4 N
Bola konduktor yang berdiameter
d = 15 cm membawa muatan
netto q = 6,4 μC yang tersebar merata di permukaan. Tentukan medan
listrik pada jarak 5 cm dari pusat bola dan 17 cm dari permukaan bola.
Sebuah cincin tipis berjari-jari
24 cm mengandung muatan yang terdistribusi kontinyu
sebesar
350 nC. Pada jarak 28 cm tepat di depan sumbu
cincin, terdapat muatan uji sebesar 85 nC. Besarnya energi yang dibutuhkan
untuk memindahkan muatan uji ini sejauh 57 cm dari posisi mula-mula
adalah ....
Buatlah artikel tentang pemanfaatan kapasitor dalam
peralatan elektronika.
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3A (Esis)
h. 107-112, buku
referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.
|
|||||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||||||
2.2. Menerapkan induksi magnetik dan gaya
magnetik pada beberapa produk teknologi.
|
Kemagnetan, Hukum Biot-Savart, dan Hukum Ampere
|
·
Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi
karakteristik medan listrik di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik.
·
Memformulasikan kuat medan magnetik dan
gaya magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas.
·
Merancang dan membuat motor listrik
sederhana secara berkelompok.
|
- Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat
berarus.
]
-
Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat
berarus dan muatan bergerak.
-
Menerapkan prinsip induksi magnetik dan
gaya magnetik dalam teknologi.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes
PG
Tes
uraian
Tugas
rumah
|
Besarnya kuat medan
magnet yang dihasilkan pada jarak 1 cm oleh kawat lurus yang dialiri arus
sebesar 12 A adalah ....
A. 2,4 x 10-4
T D. 2,4 x 10-5 T
B. 1,8 x 10-4
T E. 1,2 x 10-5
T
C. 1,4 x 10-4
T
C.
Sebuah
muatan positif 0,2 C bergerak dengan laju 2 m/s dalam medan magnet yang
besarnya 5 Wb/m2. Arah kecepatan itu sejajar dengan arah medan
magnet. Tentukan besarnya gaya yang dialami muatan tersebut.
Buatlah
artikel tentang aplikasi gaya Lorentz pada produk teknologi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3A (Esis)
h.143-190, buku
referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.
|
|||||||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||||||
2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan
arus bolak-balik serta penerapannya.
|
GGL Induksi, Induktansi, dan Arus Bolak-Balik
|
·
Mendemonstrasikan karakteristik induksi
elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik.
·
Mendiskusikan
formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik
pengukurannya.
· Melakukan
kajian literatur tentang arus
induksi dan ggl induksi.
·
Menghitung
ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta parameter arus bolak-balik dalam berbagai
pemecahan masalah.
|
- Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik.
- Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada
teknologi.
- Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl
induksi.
- Memformulasikan konsep arus dan tegangan
bolak-balik.
|
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
uraian
Uji
petik kerja produk
Tes
isian
Tes
PG
|
Sebuah kumparan
yang terdiri dari 100 lilitan mempunyai jari-jari 5 cm dan hambatan 25 Ω.
Hitunglah laju perubahan medan magnet agar menghasilkan arus sebesar 4 A.
Eksperimen membuat dinamo mini (Proyek Ilmiah h.197).
Kumparan kawat dengan jari-jari 5 cm
diletakkan tegak lurus pada suatu medan magnet yang fluksnya berubah dari 1,5
Wb/m2 menjadi 2,1 Wb/m2 dalam waktu ½ Π menit. GGL yang
terjadi pada kumparan adalah ....
Sebuah kumparan memiliki hambatan
R = 1 Ω dan
induktansi L = 0,3 H.
Arus listrik dalam kumparan jika
dihubungkan dengan tegangan
20 volt DC adalah ....
A. 10 A D. 28,6 A
B. 15,4 A E. 30 A
C. 20 A
|
12x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3A (Esis)
h. 191-246, buku
referensi yang relevan, alat dan bahan
praktikum
|
|||||||||||||||
........................,.........................
Mengetahui
Kepala SMA .................
Guru Mata Pelajaran
.....................................
.....................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar