RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
dan MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Indikator : 1. Memberikan
contoh bilangan bulat.
2.
Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
3.
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
4.
Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan
bulat.
5.
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar
kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
6.
Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis
bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan
permil.
7.
Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
8.
Mengurutkan
pecahan.
9.
Menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
10.
Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
11.
Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
Alokasi Waktu : 18 jam
pelajaran (9 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan
bulat.
b.
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
c.
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
d.
Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
e.
Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat
tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
f.
Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai
bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,
persen, dan permil.
g.
Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke
bentuk pecahan yang lain.
h.
Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.
i.
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung:
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
j.
Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan
bentuk baku.
k.
Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung
pecahan dan bilangan desimal.
B. Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu
mengenai:
a. Mengenal bilangan negatif.
b. Menjumlah, mengurang,
mengali, dan membagi bilangan bulat.
c. Menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
d. Menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan
bulat.
e. Mengingat bilangan pecahan.
f.
Mengenal pecahan biasa dan campuran.
g. Mengenal
pecahan yang senilai.
h. Mengurutkan
pecahan.
i.
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya.
j.
Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.
k. Menyelesaikan
operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
l.
Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
m. Menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku.
n. Menaksir
hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai contoh bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat
positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif)
dan cara menentukan letak bilangan bulat
dalam garis bilangan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan
materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII
Semester 1, hal. 1-6 mengenai mengenal bilangan negatif).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai contoh bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat
positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif)
dan cara menentukan letak bilangan bulat
dalam garis bilangan.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh penggunaan bilangan bulat, misalkan untuk mencatat suhu suatu
daerah yang dingin, posisi kapal selam dari permukaan laut, dsb.
d.
Peserta diminta untuk mencari contoh kegunaan lain
dari bilangan negatif.
e.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 3 mengenai penggunaan bilangan
negatif terkait dengan besar suhu udara dan kedalaman laut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 3-6 mengenai
bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta
bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan bulat dalam garis bilangan, pengurutan
bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.
g.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
beberapa jawaban soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku
paket pada hal. 3-6.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 3-6 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran, kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket,
yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 6-11
mengenai menjumlahkan bilangan bulat (dengan garis bilangan atau model koin),
hal. 11-16 mengenai mengurangkan bilangan bulat (dengan garis bilangan atau
model koin), hal. 16-19 mengenai mengalikan bilangan bulat, dan 19-21 mengenai
membagi bilangan bulat).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
(dengan garis bilangan atau model koin), perkalian, dan pembagian bilangan
bulat termasuk operasi campuran.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 6-7 mengenai cara menjumlahkan
bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan, hal. 8 mengenai cara menjumlahkan
bilangan bulat dengan model koin, hal. 12 dan 13 berturut-turut mengenai cara
mengurangkan bilangan bulat dengan bantuan garis bilangan dan model koin.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 7, 8 berturut-turut mengenai penjumlahan
bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, dan hal. 12,
13 berturut-turut mengenai pengurangan
bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 9-11 mengenai penjumlahan
bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat
pada operasi penjumlahan, hal. 14-16 mengenai pengurangan bilangan bulat dengan
menggunakan garis bilangan dan model koin, serta sifat-sifat pada operasi
pengurangan, juga mengenai pertanyaan terbuka, operasi campuran, dan pola
bilangan, hal. 17-18 mengenai perkalian bilangan bulat dan operasi pangkatnya,
dan hal. 20-21 mengenai pembagian bilangan bulat dan operasi pangkatnya,
kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban
soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 17 mengenai hasil perkalian dua bilangan
bulat yang bertanda sama dan berbeda tanda, hal. 19 dan 21 mengenai sifat
perkalian bilangan berpangkat pada blangan bulat, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
g.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 19.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 9-11, 14-16, 17-18, dan 20-21 yang
belum terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan
bulat, dan cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan
MTs Kelas VII Semester 1, hal.
21-23 mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan
hal. 23-31 mengenai cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan atau tanpa kalkulator, hal. 31-33
mengenai pemecahan masalah).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan
bulat, dan cara menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 22 mengenai cara menaksir hasil
perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan hal. 24 mengenai cara menghitung
akar kuadrat suatu bilangan bulat secara manual (tanpa kalkulator).
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 25, 26, dan 27 mengenai cara menghitung
kuadrat dan akar kuadrat suatu bilangan bulat.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 22-23 mengenai pembulatan
bilangan bulat serta menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, hal.
27-28 mengenai menghitung/menaksir kuadrat dan akar kuadrat bilangan bulat,
hal. 29-31 mengenai menghitung/menaksir pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat (dengan atau tanpa kalkulator), dan hal. 32-33
mengenai pemecahan masalah, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan,
dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan
bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 34.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 22-23, 27-28, dan 29-31 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas,
serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ pada hal. 35-38 dan “Portofolio“ pada
hal. 38.
Ø
Pertemuan
Keempat
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan,
dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan
bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat.
Kegiatan
Inti
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang bilangan pecahan.
Ø
Pertemuan
Kelima dan Keenam
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
(bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil), cara mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain, dan cara mengurutkan pecahan,
kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan:
buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas
VII Semester 1, hal. 40-42 mengenai mengingat bilangan pecahan,
hal. 42-45 mengenai mengenal pecahan biasa dan campuran, hal. 45-49 mengenai
mengenal pecahan yang senilai, hal. 50-53 mengenai mengurutkan pecahan, hal.
54-56 mengenai mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya,
hal. 56-60 mengenai mengenal persen dan permil, dan hal. 62-68 mengenai
mengenal bilangan desimal).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan
(bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil), cara mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain, dan cara mengurutkan pecahan.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 42-43 mengenai penulisan bilangan pecahan
yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diwarnai dan diraster, hal. 46
mengenai cara mencari pecahan yang senilai, hal. 47 mengenai cara
menyederhanakan suatu pecahan, hal. 50-51 mengenai cara mengurutkan pecahan,
hal. 54 mengenai cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan
sebaliknya, hal. 57-59 mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk persen
dan permil dan sebaliknya, dan hal. 63-66 mengenai cara mengubah pecahan biasa
ke dalam bentuk desimal, cara mengurutkan beberapa bilangan desimal menggunakan
garis bilangan, dan cara membulatkan bilangan desimal sampai satu dan dua
tempat desimal.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 42 mengenai bilangan pecahan, hal. 43 mengenai
penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar, hal. 47
mengenai penentuan pecahan yang senilai, hal. 52 mengenai mengurutkan pecahan,
hal. 54 mengenai mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan
sebaliknya, hal. 57-58 mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke dalam bentuk
persen dan permil dan sebaliknya, dan hal. 63-66 mengenai bilangan desimal
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 43-45 mengenai
penulisan bilangan pecahan yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang
diarsir, hal. 48-49 mengenai penentuan pecahan yang senilai, dan penyederhanaan
pecahan, hal. 52-53 mengenai pengurutan pecahan, hal. 55-56 mengenai pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan
campuran dan sebaliknya, hal. 60-62 mengenai penulisan suatu pecahan biasa ke
dalam bentuk persen dan permil dan sebaliknya, dan hal. 66-68 mengenai pengubahan
pecahan biasa atau campuran ke dalam bentuk desimal dan sebaliknya, pengubahan
suatu bilangan desimal dalam bentuk persen, pengurutan beberapa bilangan
desimal menggunakan garis bilangan, dan pembulatkn bilangan desimal sampai satu
dan dua tempat desimal, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 40-41 mengenai penulisan bilangan pecahan
yang ditunjukkan oleh suatu model gambar yang diwarnai/diraster, dan hal. 50-51
mengenai pengurutan pecahan, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
g.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 60.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 43-45, 48-49, 52-53, 60-62, dan
66-68 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan
Ketujuh dan Kedelapan
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan
materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas
VII Semester 1, hal. 69-83 mengenai cara menyelesaikan operasi
hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan pecahan,
hal. 84-90 mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan desimal, hal. 90-92 mengenai cara
menyelesaikan perpangkatan pecahan, hal. 92-93 mengenai cara menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku, serta hal. 94-98 mengenai cara menaksir hasil
operasi hitung pecahan dan bilangan desimal).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal, cara menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku, serta cara menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 69-71 mengenai cara menyelesaikan
penjumlahan dan pengurangan pecahan, hal. 75-76 mengenai cara menyelesaikan
perkalian pecahan, hal. 77 mengenai cara menyelesaikan pembagian pecahan, hal.
84 mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal,
hal. 87-88 mengenai cara menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan desimal,
hal. 92 mengenai cara menuliskan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, hal.
94-95 mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan,
hal. 95-96 mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian
pecahan, hal. 96 mengenai cara menaksir hasil operasi penjumlahan desimal, dan
hal. 97 mengenai cara menaksir hasil operasi perkalian dan pembagian desimal.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku hal. 69, 71, dan 72 mengenai penjumlahan dan pengurangan
pecahan, hal. 76 mengenai perkalian pecahan, hal. 77 mengenai pembagian
pecahan, hal. 84 mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, hal. 88
mengenai perkalian dan pembagian bilangan desimal, hal. 91 mengenai
perpangkatan pecahan dan desimal, hal. 93 mengenai penulisan bilangan desimal
ke dalam bentuk baku, hal. 94-95 mengenai penaksiran penjumlahan atau
pengurangan pecahan, hal. 95-96 mengenai penaksiran perkalian dan pembagian pecahan,
hal. 96 mengenai penaksiran penjumlahan atau pengurangan desimal, dan hal. 97
mengenai penaksiran perkalian dan pembagian desimal.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 72-74 mengenai penjumlahan
dan pengurangan pecahan, hal. 78-80 mengenai perkalian dan pembagian pecahan,
hal. 82-83 mengenai pemecahan masalah, hal. 84-87 mengenai penjumlahan dan
pengurangan desimal, hal. 88-90 mengenai perkalian dan pembagian bilangan
desimal, hal. 91-92 mengenai perpangkatan pecahan atau desimal, hal. 93
mengenai penulisan bilangan desimal ke dalam bentuk baku, hal. 97-98 mengenai
penaksiran hasil operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan desimal.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 74 mengenai perkalian pecahan.
g.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 82.
h. Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai pecahan biasa dan
campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa
menjadi pecahan campuran dan sebaliknya,
persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan
desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal untuk menghadapi
ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 99.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 72-74, 78-80, 82-83, 84-87, 88-90,
91-92, 93, dan 97-98.yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal
dari “Evaluasi Mandiri“ pada hal. 100-101 dan “Portofolio“ pada hal. 102.
Ø
Pertemuan
Kesembilan
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan
pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi
pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal,
menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan desimal, dan perpangkatan
pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal.
Kegiatan
Inti
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi mengenai
penggunaan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam
pemecahan masalah.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, karangan hal. 1-102.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, kuis, ulangan harian.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Perhatikan
daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.
a.
Tulislah bilangan bulat positifnya.
b.
Tulislah bilangan bulat negatifnya.
c. Manakah yang bukan bilangan bulat positif
maupun negatif.
2. Letakkan
bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.
a. -6, 5, -8, 0, 1
b. -1, -2, 3, 4, 10
3. Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. -14 – (-20)
c. 3 x (-7 + 10)
d. 18 : (-3)
4. Hitunglah.
a. Kuadrat dari (-20)
b.
c.
d.
5. Dalam
suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan
bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21
menang, dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....
6. Sederhanakanlah bentuk perkalian 3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.
7. Tulislah
sebagai pecahan biasa.
8. Tulislah
sebagai pecahan
campuran.
9. Tulislah dalam persen dan
permil.
10. Urutkan
pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil.
a.
b.
11. Ubahlah
pecahan dalam bentuk desimal.
12. Hitunglah:
a.
b.
c. 16,7 + 4,25
d. 5,8 –
4,37
e.
13. Tulislah
dalam bentuk baku.
a. 0,00000007051
b. 25,6
14. Taksirlah.
a.
b.
c. 1,39 + 0,69
d. 72,3 : 8,7
15. Jika , berapakah nilai ?
16. Berapakah 9 + 18 : 4,5 ?
a. 6
c. 31,5
b.
13 d. 36
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
Kompetensi
Dasar : 1.2. Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menemukan
dan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menemukan
dan menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.
B. Materi Ajar
Bilangan
Bulat dan Bilangan Pecahan.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai penemuan dan penggunaan sifat-sifat operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
untuk menyelesaikan masalah, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan
MTs Kelas VII Semester 1, hal. 10-11
mengenai menemukan sifat pada operasi penjumlahan bilangan bulat, hal. 14
mengenai menemukan sifat pada operasi pengurangan bilangan bulat, hal. 17-18
mengenai menemukan sifat pada operasi perkalian bilangan bulat, hal. 31-33
mengenai memecahkan masalah, dan hal. 69-98 mengenai menyelesaikan operasi
hitung pecahan dan bilangan desimal, menyelesaikan perpangkatan pecahan,
menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai penemuan dan penggunaan sifat-sifat operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
untuk menyelesaikan masalah.
c.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku hal. 10-11 mengenai
menemukan sifat pada operasi penjumlahan bilangan bulat, hal. 14 mengenai
menemukan sifat pada operasi pengurangan bilangan bulat, hal. 17-18 mengenai
menemukan sifat pada operasi perkalian bilangan bulat, hal. 32-33 mengenai memecahkan
masalah, serta hal. 72-74, 78-80, 82-93, 97-98, kemudian peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari
materi berikutnya, yaitu tentang aljabar dan aritmetika sosial.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
10-11, 14, 17-18, 31-33, dan 69-98.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Isilah titik-titik berikut ini.
a. -9 + 3 = ....
b. 3 + (-9) = ....
Jadi,
-9 + 3 = .... + ....
2. a. 2 (4
5) = ....
b. (2 4) 5
= ....
Jadi,
2 (4 5) = ( .... ....) .... = ....
3. Mino
mempunyai sebuah bilangan bulat. Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian
ditambah 7 menghasilkan bilangan itu sendiri. Tentukan nilai bilangan tersebut.
4. Daging
sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu . Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik setiap 1 jam. Berapakah suhu daging
sapi setelah 6 jam dikeluarkan dari ruang pendingin?
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
dan MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mengenali
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Indikator : Menjelaskan
pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku
tak sejenis.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku
tak sejenis.
B. Materi Ajar
Aljabar dan Aritmetika Sosial,
yaitu mengenai:
a. Mengenal
bentuk aljabar.
b. Memodelkan
pernyataan menjadi bentuk aljabar.
c. Menjelaskan
pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku,
suku sejenis, dan suku tak sejenis, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan
MTs Kelas VII Semester 1, hal.
103-105 mengenai mengenal bentuk aljabar, hal. 105-107 mengenai memodelkan
pernyataan menjadi bentuk aljabar, dan hal. 108-109 mengenai pengertian suku,
koefisien suku, dan suku sejenis).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku,
suku sejenis, dan suku tak sejenis.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 106 mengenai pemodelan suatu
pernyataan menjadi bentuk aljabar.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi
Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 104-105 mengenai pengenalan
terhadap bentuk aljabar, hal. 106-107 mengenai . pemodelan suatu pernyataan
menjadi bentuk aljabar, dan hal. 108-109 mengenai penentuan koefisien suku,
suku sejenis, dan suku tak sejenis dari suatu bentuk aljabar.
e.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
beberapa jawaban soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku
paket pada hal. 104-109.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 104-109 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
103-109.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
Dari bentuk aljabar , tentukan koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak
sejenis.
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP.
NIP.
Kompetensi
Dasar : 2.2. Melakukan
operasi pada bentuk aljabar.
Indikator : Menyelesaikan
operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan
akar) pada bentuk aljabar dan pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal
menggunakan sifat-sifat operasi hitung.
Alokasi Waktu : 6 jam
pelajaran (3 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat
menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan pecahan aljabar dengan penyebut suku
tunggal menggunakan sifat-sifat operasi hitung.
B. Materi Ajar
Aljabar dan Aritmetika Sosial,
yaitu mengenai:
a. Menyelesaikan
operasi bentuk aljabar.
b. Menyelesaikan
operasi bentuk pecahan aljabar.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama
dan Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan
pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi
hitung, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 109-119 mengenai menyelesaikan operasi
bentuk aljabar, hal. 120-122 mengenai menyelesaikan operasi bentuk pecahan
aljabar, hal. 123-124 mengenai memecahkan masalah yang melibatkan bentuk
aljabar).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan
pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi
hitung.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 110-111 mengenai cara menyelesaikan
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan ubin aljabar, hal. 114-115
mengenai cara menyederhanakan bentuk aljabar dengan menggunakan sifat komutatif,
asosiatif, atau distributif, hal. 117 mengenai cara menyelesaikan operasi kali,
bagi, pangkat, dan akar suku sejenis dan tidak sejenis, hal. 120-121 mengenai
cara menyelesaikan operasi bentuk pecahan aljabar, dan hal. 123 mengenai cara
menyelesaikan masalah yang melibatkan bentuk aljabar.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 114 mengenai penggunaan sifat distributif
untuk menyederhanakan suatu bentuk aljabar, hal. 115 mengenai penyederhanaan
bentuk aljabar.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 111-113 mengenai penggunaan
ubin aljabar untuk menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar,
hal. 115-116 mengenai penyederhanaan bentuk aljabar dengan menggunakan sifat
komutatif, asosiatif, atau distributif, hal. 118-119 mengenai penyelesaian
operasi penjumlahan, kali, bagi, pangkat, dan akar suku sejenis dan tidak
sejenis, hal. 121-122 mengenai penyelesaian operasi bentuk pecahan aljabar, dan
hal. 124 mengenai pemecahan masalah yang melibatkan bentuk aljabar, kemudian peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 109-110 mengenai penyelesaian penjumlahan
dan pengurangan bentuk aljabar dengan ubin aljabar, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
g.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 118, 121, dan 123.
h. Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai bentuk aljabar,
memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar, pengertian suku, koefisien suku,
dan suku sejenis, menyelesaikan operasi bentuk aljabar dan pecahan aljabar, dan
cara memecahkan masalah yang melibatkan bentuk aljabar, untuk menghadapi
ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 111-113, 115-116, 118-119, 121-122,
dan 124 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai bentuk aljabar, memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar,
pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis, menyelesaikan operasi bentuk
aljabar dan pecahan aljabar, dan cara memecahkan masalah yang melibatkan bentuk
aljabar.
Kegiatan
Inti
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang penerapan oprasi aljabar dalam kegiatan ekonomi.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
109-124.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, kuis, ulangan harian.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. –14 – (–20)
c. 3 ´ (–7 + 10)
d. 18 : (–3)
2.
Sebuah tabung berisi 3 liter
campuran alkohol – air 20%. Berapa liter campran alkohol – air 70% harus
ditambahkan agar campuran itu menjadi campuran alkohol – air 40%.
3.
Nilai jika adalah ….
a. 45 c. 21
b.
-15 d. 39
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
Kompetensi
Dasar : 2.3. Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel (PLSV).
Indikator : 1. Mengenal PLSV dalam berbagai bentuk dan
variabel.
2. Menentukan bentuk setara dan penyelesaian
dari PLSV.
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat mengenal PLSV dalam berbagai bentuk
dan variabel.
b.
Peserta didik dapat menentukan bentuk setara dan
penyelesaian dari PLSV.
B. Materi Ajar
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel, yaitu mengenai:
a. Mengenal
kalimat terbuka.
b. Mengenal
persamaan linear satu variabel:
-
Menentukan bentuk setara dari PLSV
-
Menentukan penyelesaian dari PLSV
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai persamaan linear satu variabel (PLSV) dalam berbagai
bentuk dan variabel serta cara menentukan bentuk setara dan penyelesaian dari
PLSV, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
146 mengenai mengenal kalimat terbuka, dan hal. 146-155 mengenai mengenal
persamaan linear satu variabel).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai persamaan linear satu variabel (PLSV) dalam berbagai
bentuk dan variabel serta cara menentukan bentuk setara dan penyelesaian dari
PLSV.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 148 mengenai cara menentukan
penyelesaian dari PLSV dengan menutup suku yang memuat variabel, hal. 149-150
mengenai cara menentukan penyelesaian dari PLSV dengan menggunakan model ubin,
hal. 151 mengenai cara menentukan penyelesaian dari PLSV dengan menyetarakan
persamaan dan menyederhanakannya, hal. 152 mengenai cara menentukan penyelesaian
dari PLSV dengan menentukan rumus.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 147 mengenai pengidentifikasian PLSV, hal. 148
mengenai penentuan bentuk setara dari PLSV, hal. 149 mengenai penentuan
penyelesaian dari PLSV dengan menutup suku yang memuat variabel.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 146 mengenai
pengidentifikasian apakah suatu kalimat merupakan kalimat terbuka atau tidak,
hal. 153-155 mengenai pengidentifikasian bentuk yang merupakan PLSV, penentuan penyelesaian dari PLSV dengan
menutup suku yang memuat variabel, menggunakan model ubin, menyetarakan persamaan
dan menyederhanakannya, dan dengan menentukan rumus, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 146-147 mengenai penulisan contoh dari
persamaan yang memiliki 1 atau lebih variabel dengan pangkat tertinggi dari
variabel ditentukan, dan hal. 152 mengenai penulisan suatu rumus dan penentuan
variabel dan bukan variabel dalam rumus tersebut serta penulisan kondisi dalam
kehidupan sehari-hari yang memerlukan rumus tertentu, kemudian peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
g.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 152.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 146 dan 153-155 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
146-155.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu, kuis.
Bentuk
Instrumen : uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Manakah yang
merupakan PLSV?
a. x + 3
b. y
– 3x = 0
c. 3x
– 6 = 9
d. a
+ 4 = 18
2. Tulislah
lima persamaan lain yang setara dengan:
a. 4 – 2x = 6
b. x +
7 = 10
3. Carilah
penyelesaian dari persamaan di bawah ini dengan cara yang mudah.
a. 64 = n
+ 34
b. 5 –
3p = 9 – p
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
Kompetensi
Dasar : 2.4. Menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV).
Indikator : 1. Mengenal PtLSV dalam berbagai bentuk dan
variabel.
2. Menentukan bentuk setara dan penyelesaian
dari PtLSV.
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat mengenal PtLSV dalam
berbagai bentuk dan variabel.
b. Peserta didik dapat menentukan bentuk setara
dan penyelesaian dari PtLSV.
B. Materi Ajar
Mengenal
pertidaksamaan linear satu variabel:
- Menentukan
penyelesaian dari PtLSV.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama dan
Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
- Membahas
PR.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel dan cara menentukan
bentuk setara dan penyelesaian dari PtLSV, kemudian antara peserta didik dan
guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika
SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
159-165 mengenai mengenal pertidaksamaan linear satu variabel).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel dan cara
menentukan bentuk setara dan penyelesaian dari PtLSV.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 160-161 mengenai cara membuat garis
bilangan yang menyatakan suatu pertidaksamaan dan hal. 162 mengenai cara
menentukan penyelesaian dari PtLSV dan membuat garis bilangan yang menunjukkan
penyelesaiannya.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 160-161 mengenai cara membuat garis bilangan
yang menyatakan suatu pertidaksamaan.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 163-165 mengenai
penentuan penyelesaian dari, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal.. 159 mengenai penentuan sebuah variabel
dan penulisan PtLSV untuk menyatakan beberapa kalimat yang diberikan, dan hal.
161-162 mengenai pembandingan setiap pasangan bilangan, kemudian peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 163-165 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
159-167.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Manakah
yang merupakan PtLSV?
a. –2a
+ 5 –1
b. 3x
– 7 = 10
c. 5a
+ 2 >4
d. –p
= –3
2. Tulislah
lima persamaan lain yang setara dengan 3x
– 8 > –2.
3. Carilah
penyelesaian dari pertidaksamaan erikut da gambarlah penyelesaiannya pada garis
bilangan.
a. 7k
+ 3 > 4k – 2
b. 4 –
2(x + 1) < 0
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala
Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
(Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar
Kompetensi : ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : 3.1. Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Indikator : 1. Mengubah masalah ke dalam model matematika
berbentuk persamaan linear satu variabel.
2. Mengubah
masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu
variabel.
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat mengubah masalah ke dalam
model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.
b. Peserta
didik dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan
linear satu variabel.
B. Materi Ajar
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara mengubah masalah ke dalam model matematika
berbentuk persamaan linear satu variabel, kemudian antara peserta didik dan
guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika
SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
156-159 mengenai memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara mengubah masalah ke dalam model matematika
berbentuk persamaan linear satu variabel.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 156-157 mengenai cara mengubah
masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 157-159 mengenai
pengubahan masalah ke dalam model matematika yang berkaitan dengan persamaan
linear satu variabel, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas beberapa jawaban soal tersebut.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 157-159 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara mengubah masalah ke dalam model matematika
berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel, kemudian antara peserta didik dan
guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika
SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal. 165-167
mengenai memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan
linear satu variabel).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara mengubah masalah ke dalam model matematika
berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 165 mengenai cara mengubah masalah
ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 166-167 mengenai pengubahan
masalah ke dalam model matematika yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
satu variabel, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
beberapa jawaban soal tersebut.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 166.
Penutup
a. Peserta didik
membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 167.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 166-167 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
156-159 dan 165-167.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Nyatakanlah
ke dalam model matematika.
Umur Ibu Suri tiga kali umur Asih. Ibu Suri 24
tahun lebih tuda dari Asih.
2. Nyatakanlah
ke dalam model matematika.
Sebuah bilangan dikalikan 2 kemudian ditambah
15, hasilnya akan lebih besar dari 20.
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
Kompetensi
Dasar : 3.2. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
Indikator : 1. Menyelesaikan model matematika suatu
masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
2. Menyelesaikan
model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu
variabel.
Alokasi Waktu : 6 jam
pelajaran (3 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menyelesaikan model
matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
b. Peserta
didik dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan linear satu variabel.
B. Materi Ajar
a. Mengenal
Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV):
-
Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan PLSV
b. Mengenal
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV):
-
Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan PtLSV
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan model matematika suatu masalah
yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel, kemudian antara peserta
didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku
Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
156-159 mengenai memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan model matematika suatu masalah
yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 156-157 mengenai cara memecahkan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 157-159 mengenai pemecahan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel, kemudian peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 157-159 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan
Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
- Membahas PR.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan model matematika suatu masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel, kemudian antara
peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
165-167 mengenai memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
pertidaksamaan linear satu variabel).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan model matematika suatu masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 165 mengenai cara memecahkan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 166-167 mengenai pemecahan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel,
kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban
soal tersebut.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 166.
f.
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali
materi mengenai persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk
menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 167.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 166-167 yang belum
terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ pada
hal. 168-170 dan “Portofolio“ pada hal. 170.
Ø
Pertemuan
Ketiga
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang menerapkan operasi aljabar dalam kegiatan ekonomi.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
145-167, 167-170.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, kuis, ulangan harian.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1.
Alison dan Keli mempunyai uang sebanyak
Rp350.000,00. Jika uang Keli 4 kali lebih banyak dari uang Alison, berapa
jumlah uang Alison dan Keli masing-masing?
2.
Umur Thomas adalah x tahun dan umur Gary 4 tahun lebih tua. Jumlah umur mereka kurang
dari 24. Berapakah umur Thomas?
3. Penyelesaian
dari 7 – 3(y – 2) = 19 adalah ….
4. Penyelesaian
dari m + 8 –5 adalah ....
a. m > –5
b. m 3
c. m –13
d. m 13
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________ _______________________
NIP. NIP.
Kompetensi
Dasar : 3.3. Menggunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana.
Indikator : Menggunakan
operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menggunakan
operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.
B. Materi Ajar
Aljabar dan Aritmetika Sosial:
- Menerapkan
operasi aljabar dalam kegiatan ekonomi.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan Kedua
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menggunakan operasi bentuk aljabar dalam
kegiatan ekonomi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
125-144 mengenai menerapkan operasi aljabar dalam kegiatan ekonomi).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai cara menggunakan operasi bentuk aljabar dalam
kegiatan ekonomi.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 126 mengenai cara menentukan nilai
keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian, hal. 127-128 mengenai cara
menentukan harga pembelian, harga penjualan, dan untung atau rugi, hal. 130-131
mengenai cara menentukan persentase untung atau rugi terhadap harga pembelian,
hal. 134 mengenai cara menentukan rabat (diskon), bruto, tara, neto, dan pajak,
dan hal. 137-138 mengenai cara menentukan bunga tunggal.
d.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 125-126 mengenai
simulasi aritmetika sosial dalam kehidupan sehari-hari , hal. 126-127 mengenai
penentuan nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian, hal. 129
mengenai penentuan harga pembelian, harga penjualan, dan untung atau rugi, hal.
132 mengenai penentuan persentase untung atau rugi terhadap harga pembelian,
hal. 136-137 mengenai penentuan rabat (diskon), bruto, tara, neto, dan pajak, dan
hal. 138-139 mengenai penentuan bunga tunggal, kemudian peserta didik dan guru
secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja
Aktif“ dalam buku paket hal 125 mengenai simulasi aritmetika sosial dalam
kehidupan sehari-hari, hal. 127 mengenai harga pembelian, harga penjualan, dan
untung atau rugi, hal. 133 mengenai penentuan rabat (diskon), bruto, tara,
neto, dan pajak, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
beberapa jawaban soal tersebut, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 131, 135-136.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 140.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 125-126, 126-127, 129, 132,
136-137, dan 138-139 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas, serta soal-soal
dari “Evaluasi Mandiri“ pada hal. 141-144 dan “Portofolio“ pada hal. 144.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
125-144.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu, kuis.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat.
Contoh Instrumen :
Asra membeli 6 lusin pensil seharga Rp90.000,00. Berapa
rupiah harga 6 pensil?
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
Kompetensi
Dasar : 3.4. Menggunakan
perbandingan untuk pemecahan masalah.
Indikator : 1. Menjelaskan
pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
2. Menghitung
faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
3. Memberikan
contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik
nilai.
4. Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
Alokasi Waktu : 8 jam
pelajaran (4 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian skala
sebagai suatu perbandingan.
b.
Peserta didik dapat menghitung faktor perbesaran
dan pengecilan pada gambar berskala.
c.
Peserta didik dapat memberikan contoh masalah
sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
d.
Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang
melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
B. Materi Ajar
Perbandingan:
-
Mengenal perbandingan.
-
Mengenal skala.
-
Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada
gambar berskala.
-
Mengenal perbandingan senilai.
-
Mengenal perbandingan berbalik nilai.
-
Memecahkan masalah perbandingan.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Ø
Pertemuan
Pertama, Kedua, dan Ketiga
Pendahuluan : - Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti
a.
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai pengertian skala sebagai suatu perbandingan, faktor
perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala, contoh masalah sehari-hari yang
merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai, dan cara menyelesaikan soal
yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai, kemudian antara
peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu
buku Matematika SMP dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
171-174 mengenai mengenal perbandingan, hal. 174 -180 mengenai mengenal skala,
hal. 181-183 mengenai menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar
berskala, hal. 184-186 mengenai mengenal perbandingan senilai, hal. 186-188
mengenai menyelesaikan masalah perbandingan senilai dengan mencari nilai satuannya,
hal. 189-192 mengenai menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan
berbalik nilai, dan hal 192-194 mengenai memecahkan masalah perbandingan).
b.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pengertian skala sebagai suatu perbandingan, faktor
perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala, contoh masalah sehari-hari yang
merupakan perbandingan senilai dan berbalik nilai, dan cara menyelesaikan soal
yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
c.
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada hal. 181-182 mengenai cara menghitung
faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala, hal. 185 mengenai
perbandingan senilai, hal. 186-187 mengenai cara menyelesaikan masalah
perbandingan senilai dengan mencari nilai satuannya, hal. 190-191 mengenai cara
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai, dan
hal 192-193 mengenai cara memecahkan masalah perbandingan.
d.
Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket hal. 176 mengenai skala dan hal. 185 mengenai
perbandingan senilai.
e.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 173-174 mengenai
perbandingan, hal. 177-180 mengenai skala, hal. 182-183 mengenai penghitungan
faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala, hal. 185-186 mengenai
perbandingan senilai, hal. 188 mengenai penyelesaian masalah perbandingan
senilai dengan mencari nilai satuannya, hal. 191-192 mengenai penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai, dan hal 193-194
mengenai pemecahan masalah perbandingan, kemudian peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 172 mengenai perbandingan, hal. 174
mengenai skala, hal. 181 mengenai penghitungan faktor perbesaran dan pengecilan
pada gambar berskala, hal. 184 mengenai perbandingan senilai, kemudian peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
g.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“
dalam buku paket hal. 176-177, 183, 187-188, dan 191.
h. Peserta
didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai perbandingan untuk
menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
Penutup
a. Peserta
didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b. Peserta
didik dan guru menyimak dan membahas “Refleksi Matematika“ pada hal. 194.
c. Peserta
didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang
Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 173-174, 177-180, 182-183, 185-186,
188, 191-192, 193-194 yang belum terselesaikan/dibahas
di kelas, serta soal-soal dari “Evaluasi Mandiri“ pada hal. 195-197 dan
“Portofolio“ pada hal. 198.
Ø
Pertemuan
Keempat
Pendahuluan : Memotivasi siswa agar
dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai perbandingan.
Kegiatan
Inti
a. Peserta
didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di
atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b. Peserta
didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c. Peserta
didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d. Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah
selesai.
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang himpunan.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika SMP
dan MTs Kelas VII Semester 1, hal.
171-198.
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu, kuis, ulangan harian.
Bentuk Instrumen :
uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Pada
peta propinsi Jambi tertulis: skala 1: 5.200.000.
Apakah arti skala 1 : 5.200.000
tersebut ?
2. Pagar
yang tingginya 150 cm mempunyai panjang bayangan 3 m. Bila panjang bayangan
sebuah tiang bendera 3,5 m, tetukan faktor pengecilannya.
3.
Jika sebuah kaos harganya Rp
25.000, maka 2 buah kaos harganya Rp50.000,00. Pernyataan tersebut merupakan:
a. Perbandingan senilai.
b. Perbandingan berbalik nilai.
4. Sebuah truk dapat mengangkut gula sebanyak
356 karung. Satu karung gula beratnya 50 kg. Jika satu karung beras beratnya 40
kg, berapa karung beras yang dapat diangkut oleh truk tersebut?
5. Skala
dari model gedung adalah 1 : 200. Jika tinggi gedung pada model itu 12,5 cm,
maka tinggi gedung sebenarnya adalah ...
6. Perbandingan
luas dua lingkaran adalah 9 : 16. Perbandingan keliling kedua lingkaran itu
adalah ....
a. 3 : 4
b. 9 : 16
c. 6 : 8
d. 12
: 20
Jakarta,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________
_______________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar