View My Stats

Jumat, 03 Februari 2012

CONTOH-CONTOH INSTRUMENT PENELITIAN BIDANG MATEMATIKA


ANGKET RESPON SISWA TERHADAP PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN OPEN-ENDED

Nama sekolah   : MTsS Darul Ihsan Siem                     Nama Siswa       :
Mata Pelajaran  : Matematika                                       Kelas/Semester :
Materi Pokok    : persegi panjang                                              Hari/Tanggal       :

Petunjuk:
1.      Berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu sendiri tanpa dipengaruhi oleh siapapun.
2.      Pengisian angket ini tidak mempengaruhi nilai matematika sehingga kamu tidak perlu takut mengungkapkan pendapatmu yang sebenarnya.

No

Respon Siswa


Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a.       LKS
b.      Materi Pelajaran
c.       Tes Hasil Belajar
d.      Suasana Pembelajaran di kelas
e.       Cara guru mengajar











Baru
Tidak
2




Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a.       Materi Pelajaran
b.      LKS
c.       Tes hasil belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar







Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?









Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
b.        Tes Hasil Belajar










Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.         LKS
b.        Tes hasil belajar











Komentar dan Saran Siswa :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................







Lembaran Pretest


Mata pelajaran             : Matematika
Materi                          : persegi panjang
Kelas                           : VII
Tahun Ajaran               : 2008/2009
Soal                             : Pretest


Petunjuk:
1.      Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar jawaban yang telah disediakan
2.      Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
3.      Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah

Soal:
  1. Hitunglah keliling persegi panjang yang berukuran panjang 10 cm dan lebar 6 cm?

  1. Tentukanlah luas daerah persegi panjang pada gambar dibawah ini


 
        A                                            B


                                                             5 cm

             
               C                   8 cm                D                                                                                

  1. Lantai sebuah ruangan berbentuk persegi panjang dengan panjang nya 4 m dan lebar 3 m. Jika lantai ruangan  tersebut akan dipasangi keramik berbentuk persegi yang panjang sisinya 20 cm. Berapa banyak keramik yang diperlukan untuk menutupi ruangan  tersebut?








Kunci jawaban pretest
No
Penyelesaian
Bobot

1

Dik:  K = 96 cm
         l =  20 cm
Dit : hitunglah panjangnya?
Jawab:
K = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 X 20
96 = 2 p + 40
2 p = 56
P =
P = 28

Jadi panjangnya adalah 28

2
2
2

5
2
2
2
3
3

2

         5
Jumlah
30

2.

Dik :  P = 8 Cm
          l  = 5 Cm
Dit : Tentukan Luasnya ?
Jawab :
L = 
   =  8  5
   =   40 
Jadi luasnya adalah 40

3
3
3

8
3
3
7
Jumlah
30

No
                            Penyelesaian
Bobot

3.











Dik:  p = 4 m = 400 cm
         l  =  3 m = 300 cm
Dit : berapa keramik yang diperlukan?
Jawab:
Banyak keramik menurut ukuran panjang
400 : 20 = 20 keramik
Banyak keramik menurut ukuran lebar
300 : 20 = 15 keramik
Jadi banyak keramik yang diperlukan adalah
20 X 15 = 300 keramik


3
3
3



8


8


15

Jumlah
40







                                LEMBARAN KERJA SISWA


Kelas / Semester          : VII / Genap
Materi Pokok               : persegi panjang
Waktu                          : 2 x 40 Menit


Kelompok        :                                                                                   Tanggal :

1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

Topik :
1.      Menemukan rumus keliling persegi panjang.
2.      Menemukan rumus luas persegi panjang.


Tujuan Pembelajaran:

1.      Siswa dapat menemukan rumus keliling persegi panjang.
2.      Siswa dapat menemukan rumus luas persegi panjang.


Petunjuk :
 Menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang
1.      Sediakan alat peraga berupa segi empat yang terbuat  karton
2.      Amatilah alat peraga yang disajikan!
Benda-benda tersebut adalah berbentuk ……………..
3.   Gambarkan hasil nya, kemudian tentukan titik pada persegi panjang tersebut.
4.  perhatikan gambar tersebut, dapatkah kamu menemukan rumus keliling dan luas pesegi panjang  !
     
·  keliling suatu persegi panjang adalah jumlah sisi-sisi bangun tersebut,karena persegi panjang mempunyai sepasang sisi yang sama panjang yaitu panjang dan lebar, jika :
p = panjang
l  = lebar   
maka : K =  .... + .... + .... +....
            K = 2 .... +  2....
            K = 2 (....+....)
jadi keliling persegi panjang adalah ...................

·  luas daerah suatu persegi panjang adalah hasil perkalian dari ukuran panjang dan lebar persegi panjang tersebut. jika :
p = panjang
l  = lebar   
maka : L = .....x.....
jadi keliling persegi panjang adalah ...................




Kerjakan soal-soal berikut :
1.      perhatikan gambar dari alat peraga yang telah dibagikan pada masing – masing kelompok , hitunglah keliling dan luas dari persegi panjang tersebut?
                        jawab
           Dik : p = ......
                    l =........             
      Dit : a. hitunglah keliling persegi panjang...?
                                 b. hitunglah luas persegi panjang...?
              penyelesaian :
                       a. keliling persegi panjang
 keliling =.................. 
 keliling = 2 (.... +......)
                                       k = 2 (....+......)
                                       k = ................
                        b. Luas persegi panjang
                                 Luas  = ...............
                                 Luas  = .......x.....
                                       L = ..............



2.      Perhatikan tabel dibawah ini.
kerjakanlah kegiatan ini secara berkelompok.Gunakan rumus Luas       
persegipanjang  kemudian salin dan lengkapilah tabel dibawah ini :

Persegipanjang
Panjang
Lebar
Luas
A
B
C
D
  .................
  .................

   ................

  .................
.....................
.....................

  ...................

  ...................
12 
 40 c
24 d
60
           

3.      Diketahui sebuah persegi panjang  memiliki lebar 3 meter sedangkan panjangnya 4 meter. hitunglah keliling persegi panjang tersebut ?
jawab :
§         Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dik:  p = 4 m = .... cm
                                 l  =  3 m = .... cm
Dit :hitunglah keliling persegi panjang ?



penyelesaian
K = 2 p + 2 l
     K = 2 (......cm +.....cm)
     K = ........cm +.........cm
     K = .........cm
     jadi keliling nya adalah .........cm

§         Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik:  p = 4 m = .... dm
                                 l  =  3 m = .... dm
Dit :hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2 l
     K = 2 (......dm +.....dm)
     K = ........dm +.........dm
     K = .........dm
jadi keliling nya adalah .........dm








LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN
PENDEKATAN  OPEN-ENDED

Nama Sekolah              : MTsS Darul Ihsan Siem
Kelas/Semester                        : ....................../Genap
Hari/Tanggal                             : ....................../...........................................................
Pertemuan ke-/No. RP             : ....................../...........................................................
Waktu                                      : ..................................................................................
Nama Guru                              : ..................................................................................
Materi Pokok                           : SEGI EMPAT
Sub Materi Pokok                    : ..................................................................................
Nama Pengamat/Observer        : ..................................................................................

A. Petunjuk : Berilah tanda cek ( Ö ) pada kolom nilai yang sesuai menurut  penilaian Bapak/Ibu : 
                        1: berarti ”Tidak Baik”                                  4: berarti ” Baik”
                        2: berarti ”Kurang Baik”                               5: berati ”Sangat Baik”
                        3:berarti ”Cukup Baik”
B. Lembar Pengamatan :
No
Aspek yang diamati
Nilai
1
2
3
4
5
1.
Pendahuluan:
a.       Kemampuan memotivasi siswa/mengomunikasikan tujuan pembelajaran
b.      Kemampuan menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c.       Kemampuan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran





Nilai Rata-Rata

2.
Kegiatan Inti:
a.       Kemampuan menjelaskan soal.
b.      Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberikan bantuan terbatas
c.       Kemampuan mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
d.      Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
e.       Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan jawabannya dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
f.        Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
g.       Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
h.       Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
i.         Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
j.        Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan               





Nilai Rata-Rata

3.
Penutup :
a.       Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan pembelajaran.
b.      Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran.  





Nilai Rata-Rata





4.
Kemampuan mengelola waktu





Nilai Rata-Rata





5.
Suasana Kelas:
a.       Antusias Siswa
b.      Antusias Guru





Nilai Rata-Rata





Nilai rata-rata keseluruhan






C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Aceh Besar, ......................
Pengamat/Observer






kunci jawaban

Kelas / Semester          : VII / Genap
Materi Pokok               : persegi panjang
Waktu                          : 2 x 40 Menit


Kelompok :                                                                              Tanggal :

1.       
2.       
3.       
4.       
5.       


Topik :
1.      Menemukan rumus keliling persegi panjang.
2.      Menemukan rumus luas persegi panjang.


Tujuan Pembelajaran:

1.      Siswa dapat menemukan rumus keliling persegi panjang.
2.      Siswa dapat menemukan rumus luas persegi panjang.

Petunjuk:
 Menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang
1.      Sediakan alat peraga berupa segi empat yang terbuat  karton
2.      Amatilah alat peraga yang disajikan!
Benda-benda tersebut adalah berbentuk ……………..
3.  Gambarkan hasil nya, kemudian tentukan titik pada persegi panjang tersebut.
4. Perhatikan gambar, dapatkah kamu menemukan rumus keliling dan luas pesegi panjang  !
     
·  keliling suatu persegi panjang adalah jumlah sisi-sisi bangun tersebut,karena persegi panjang mempunyai sepasang sisi yang sama panjang yaitu panjang dan lebar, jika :
p = panjang
l  = lebar   
maka : K =  p + l + p + l.
            K = 2 p +  2 l
            K = 2 ( p + l)
jadi keliling persegi panjang adalah K = 2 ( p + l)

·  luas daerah suatu persegi panjang adalah hasil perkalian dari ukuran panjang dan lebar persegi panjang tersebut. jika :
p = panjang
l  = lebar   
maka : L = p x l
jadi keliling persegi panjang adalah  L = p x l
Kerjakan soal-soal berikut :
1.      perhatikan gambar dari alat peraga yang telah dibagikan pada masing – masing kelompok , hitunglah keliling dan luas dari persegi panjang tersebut?
 jawab
           Dik : p = 20 cm
                    l = 10 cm
      Dit : a. hitunglah keliling persegi panjang...?
                                 b. hitunglah luas persegi panjang...?
              penyelesaian :
                       a. keliling persegi panjang
 K = 2 ( p + l ) 
 K = 2 ( 20 + 10)
                            K =  40 + 20
                            K = 60 cm
                           jadi keliling nya adalah 60 cm
                        b. Luas persegi panjang
                             L  = p x l
                             L = 20 x 10
                             L = 200  
                             Jadi Luas nya adalah 200

                           


2.      jawab:
Jawaban siswa dengan variasi (1)
Persegipanjang
Panjang
Lebar
Luas
A
B
C
D
6 m

10 cm

8 dm

15 cm
2 m

4 cm

3 dm

4 cm

12 
40 c
24 d
60


Jawaban siswa dengan variasi (2)
Persegipanjang
Panjang
Lebar
Luas
A
B
C
D
  4 m
  8 dm

6 dm

10 cm
3 m
5 dm

4 dm

6 cm
12 
40 c
24 d
60


3.      Diketahui sebuah persegi panjang  memiliki lebar 3 meter sedangkan panjangnya 4 meter. hitunglah keliling persegi panjang tersebut ?
jawab :

§         Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dik:  p = 4 m = 400 cm
                                 l  =  3 m = 300 cm
Dit :hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2 l
     K = 2 ( 400 cm + 300 cm)
     K = 800 cm + 600 cm
     K = 1400 cm
     jadi keliling nya adalah 1400 cm

§         Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik:  p = 4 m = 40 dm
                                 l  =  3 m = 30 dm
Dit :hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2 l
     K = 2 ( 40 dm + 30 dm)
     K = 80 dm + 60 dm
     K = 140 dm
jadi keliling nya adalah 140 dm







1. Suatu persegipanjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar persegipanjang tersebut?

Jawaban siswa dengan variasi 1
L = p × l
48 = p × l
Jadi p = 8 dan l = 6 sehingga 8 × 6 = 48.

Jawaban siswa dengan variasi 2:
L = p × l
48 = p × l
Jawaban yang benar adalah p = 12 cm dan l = 4 cm
 karena 12 cm × 4 cm = 48 cm 2

Jawaban siswa dengan variasi 3:
L = p × l
48 = p × l
48
p
l
8
6
12
4
24
2

Jadi, bila p= 8 cm maka l = 6 cm
Bila p = 12 cm maka l = 4 cm
Bila p = 24 cm maka l = 2 cm.
  1. diketahui sebuah persegi panjang  mempunyai  lebar 5 cm,  tentukanlah panjang dan luas daerah yang mungkin dari persegi panjang tersebut?
  2. luas suatu persegi panjang adalah 72. berapa keliling persegi panjang yang mungkin?



Dik:  K = 96 cm
         l =  20 cm
Dit : hitunglah panjangnya?
Jawab:
K = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 X 20
96 = 2 p + 40
2 p = 56
P =
P = 28






  1. sebuah persegi panjang luasnya 36 dan kelilingnya 26 cm. setiap sisi persegi panjang tersebut adalah bilangan bulat. berapakah panjang dan lebar persegi panjang tesebut? 







LEMBAR KERJA SISWA 1 



                                                Kelas/Semester            : VII/Genap
                                                Materi Pokok               : Persegi Panjang
Waktu                          : 2 x 40 menit
.                                                                                                                                              
Kelompok :                                                                                                      Tanggal :
13 menit1.
2.
3.
4.
5.                                                                                

Topik :
  1. Unsur-unsur tabung.
  2. Luas selimut tabung.
Tujuan :
  1. Siswa dapat melakukan percoban untuk mengetahui unsur-unsur tabung.
  2. Siswa dapat melukis jaring-jaring tabung.
  3. Siswa dapat menemukan rumus luas selimut tabung
 Petunjuk :
Unsur-unsur tabung
1.      Amatilah alat peraga yang disajikan!
      Benda tersebut adalah berbentuk ……………..
2.   Tentukan titik pada tabung tersebut, yaitu pada rusuk lengkung atas dan rusuk lengkung bawah, kemudian diiris menurut titik tersebut sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari sisi lain, dan direbahkan. Kemudian gambarkan hasilnya dibawah ini:



3.   Gambar tersebut adalah gambar…………………………………….
4.      Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa tabung terdiri dari beberapa bagian: ………………………,………………………………….., dan……………………
Tabung adalah……………
 
Jadi :
        

Menemukan rumus luas selimut tabung
5.       Gambar jaring-jaring tabung dihalaman 1 terdiri dari tiga bangun datar, yaitu :
a.       12 menit…………….                                               
b.      ……………
c.       …………….                                                                       


Oval Callout:  
d = 2r
r =  d
 




6.      Dapatkah kamu menemukan rumus luas selimut tabung!             
Dengan ukuran : Panjang selimut tabung = keliling lingkaran = …….
                                                                  =……..(dalam   bentuk diameter)
                              Lebar selimut tabung  = tinggi tabung = ……..
Jadi:
Luas selimut tabung = Luas ………….
                                  = ………x………..
                                        = ………x………..
                                        = ………………..

Luas selimut tabung juga bisa dinyatakan dalam bentuk diameter
Luas selimut tabung = ………= x d x t
Info:
       Jika r dan t adalah kelipatan 7 maka  = , tetapi
       Jika r dan t bukan kelipatan 7 maka  = 3,14
 
                                                 = d t





Kerjakan soal-soal berikut secara lengkap!
1.      Sebutkan unsur-unsur tabung pada Gambar berikut ?





2.      Hitunglah luas tutup tabung berikut :
15 menita. Tabung berjari-jari 7 cm dan tinggi 4 cm, dengan  =
    Jawab :
      r = …..,                       t = ….., dengan =
      Luas tutup tabung = luas lingkaran
                                    = ………..
                                    = …….x ….
                                    = …………..

b. Tabung berdiameter 16 cm dan tinggi 10 cm
      jawab :
      d = …..,                       t = ……..
      luas tutup tabung = luas lingkaran                     
= ……… ……                                                                                         = ……..x ……     
     = ……………..     
3.      Hitunglah luas selimut tabung yang berdiameter 10 cm dan tinggi 12 cm
      jawab :
      d = …..,                       t = ……..
      Luas selimut tabung = ……..……… ……
                                       = ……x.….x…....x.....
                                             = …………………….







Lembaran Pretest


Mata pelajaran             : Matematika
Materi                          : persegi panjang
Kelas                           : VII
Tahun Ajaran               : 2008/2009
Soal                             : Pretest


Petunjuk:
1.      Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar jawaban yang telah disediakan
2.      Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
3.      Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah

Soal:
  1. keliling suatu persegi panjang adalah 48 cm dan lebarnya 10 cm. hitunglah panjangnya?

  1. Tentukanlah luas daerah persegi panjang pada gambar dibawah ini


 
        A                                            B


                                                             5 cm

             
               C                   8 cm                D                                                                                

  1. lantai sebuah ruangan berbentuk persegi panjang dengan panjang nya 4 m dan lebar 3 m. lantai ruangan  tersebut akan dipasngi keramik berbentuk persegi yang panjang sisinya 30 cm. berapa banyak keramik yang dibutuhkan untuk menutupi ruangan  tersebut?














Kunci jawaban pretest

No
Pennyelesaian
Bobot

1

Dik:  K = 48 cm
         l =  10 cm
Dit : hitunglah panjangnya?
Jawab:
K = 2 p + 2 l
48 = 2 p + 2 l
48 = 2 p + 2 X 10
48 = 2 p + 20
2 p = 28
P =
P = 14

Jadi panjangnya adalah 14


Jumlah


2.

Dik :  P = 8 Cm
          l  = 5 Cm
Dit : Tentukan Luasnya ?
Jawab :
L = 
   =  8  5
   =   40 
Jadi luasnya adalah 40

1
1
2
1
1
1
3
1

1
1
1
1
1










Lembaran Tes

Mata pelajaran             : Matematika
Materi                          : persegi panjang
Kelas                           : VII
Tahun Ajaran               : 2008/2009
Soal                             : postest


Petunjuk:
1.      Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar jawaban yang telah disediakan
2.      Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
3.      Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah


Soal:
  1. Suatu persegi panjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar persegipanjang tersebut?

  1. sebuah ruangan kelas berbentuk persegi panjang berukuran  4  X 8 meter, jika lantai ruangan itu akan dipasangi keramik. berapa keping keramik yang diperlukan untuk menutupi ruangan tersebut?


  1. suatu persegi panjang diketahui kelilingnya 40 cm. tentukanlah ukuran panjang dan lebar yang mungkin?

  1. keliling suatu persegi panjang adalah 12 cm. tentukan luas daerah yang mungkin dari persegi panjang tersebut?

  1. sebuah persegi panjang luasnya 36 dan kelilingnya 26 cm. setiap sisi persegi panjang tersebut adalah bilangan bulat. berapakah panjang dan lebar persegi panjang tesebut? 









Kunci jawaban postest:

No
                            Penyelesaian
Bobot
1.





















Jawaban siswa dengan variasi 1
Dik : L =  48 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang
Jawab :
L = p × l
48 = p × l
Jadi p = 8 dan l = 6
 sehingga 8 × 6 = 48 cm.

Jawaban siswa dengan variasi 2:
Dik : L =  48 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang
Jawab:
L = p × l
48 = p × l
Jawaban nya  p = 12 cm dan l = 4 cm
 karena 12 cm × 4 cm = 48 cm
Jawaban siswa dengan variasi 3:
Dik : L =  48 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang
Jawab :
L = p × l
48 = p × l
48
P
l
8
6
12
4
24
2

Jadi, bila p= 8 cm maka l = 6 cm
Bila p = 12 cm maka l = 4 cm
Bila p = 24 cm maka l = 2 cm.

Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dengan keramik ukuran 20x20 cm
Dik:  p = 8 m = 800 cm
         l  =  4 m = 400 cm
         S  = 20 cm
Dit : berapa keramik yang diperlukan?
Jawab:
Banyak keramik menurut ukuran panjang
800 : 20 = 40 keramik
Banyak keramik menurut ukuran lebar
400 : 20 = 20 keramik
Jadi banyak keramik yang diperlukan adalah
40 X 20= 800 keramik

Jawabansiswa dengan variasi (2)
Dengan keramik ukuran 40x40 cm
Dik:  p = 8 m = 800 cm
         l  =  4 m = 400 cm
         S  = 40 cm
Dit : berapa keramik yang diperlukan?
Jawab:
Banyak keramik menurut ukuran panjang
800 : 40 = 20 keramik
Banyak keramik menurut ukuran lebar
400 : 40 = 10 keramik
Jadi banyak keramik yang diperlukan adalah
20 X 10= 200 keramik
Jawaban siswa dengan variasi 1
Dik : L =  40 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang ?
Jawab :
K = 2 ( p  +  l )
40 =2 ( p  +  l)
 40 = 2 (12 + 8 )
40 = 24 + 16
40 = 40
Jadi p = 12 cm dan l = 8 cm.

Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik : L =  40 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang ?
Jawab :
K = 2 ( p  +  l )
40 =2 ( p  +  l)
 40 = 2 (13 + 7 )
40 = 26 + 14
40 = 40
Jadi  p = 13 cm dan l = 7 cm.

    Jawaban siswa dengan variasi 1
Dik : L =  40 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang ?
Jawab :
K = 2 ( p  +  l )
40 =2 ( p  +  l)
 40 = 2 (14 + 6 )
40 = 28 + 12
40 = 40
Jadi p = 14  cm dan l = 6 cm.



                
                
               














Lembaran postest

Mata pelajaran             : Matematika
Materi                          : persegi panjang
Kelas                           : VII
Tahun Ajaran               : 2008/2009
Soal                             : postest


Petunjuk:
1.      Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar jawaban yang telah disediakan
2.      Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
3.      Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah


Soal:
  1. Suatu persegi panjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar persegipanjang tersebut?

  1. sebuah ruangan kelas berbentuk persegi panjang berukuran  4  X 8 meter, jika lantai ruangan itu akan dipasangi keramik. berapa keping keramik yang diperlukan untuk menutupi ruangan tersebut?

  1. suatu persegi panjang diketahui kelilingnya 40 cm. tentukanlah ukuran panjang dan lebar yang mungkin?

  1. Diketahui sebuah persegi panjang  memiliki panjang 6 m sedangkan lebarnya adalah 4 m. hitunglah luas persegipanjang tersebut ?








4. Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dik:  p = 6 m
                  l  =  4 m
Dit :hitunglah luas persegi panjang ?
Penyelesaian
L = p x  l
L = 6 m x  4 m
L = 24
Jadi luas nya adalah 24

Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik:  p = 6 m = 600 cm
         l  =  4 m = 400 cm
Dit :hitunglah luas persegi panjang ?
Penyelesaian
L = p x  l
L = 600 cm x  400 cm
L = 240.000
Jadi luas nya adalah 240.000

















Tidak ada komentar: