ANGKET RESPON SISWA TERHADAP PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN OPEN-ENDED
Nama sekolah : MTsS Darul Ihsan
Siem Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester :
Materi Pokok : persegi panjang Hari/Tanggal
:
Petunjuk:
1. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu sendiri tanpa dipengaruhi oleh
siapapun.
2. Pengisian angket ini tidak mempengaruhi nilai
matematika sehingga kamu tidak perlu takut mengungkapkan pendapatmu yang
sebenarnya.
No
|
|
Respon Siswa
|
|
|
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak
terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di
kelas
e. Cara guru mengajar
|
|
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini
bagimu baru atau tidak?
a. Materi Pelajaran
b. LKS
c. Tes hasil belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
|
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk
mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?
|
|
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas
atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
b.
Tes Hasil Belajar
|
|
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan
penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.
LKS
b.
Tes hasil belajar
|
|
|
Komentar dan Saran Siswa :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lembaran Pretest
Mata pelajaran :
Matematika
Materi :
persegi panjang
Kelas :
VII
Tahun Ajaran : 2008/2009
Soal :
Pretest
Petunjuk:
1.
Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar
jawaban yang telah disediakan
2.
Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
3.
Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah
Soal:
- Hitunglah keliling persegi panjang yang berukuran panjang 10 cm dan lebar 6 cm?
- Tentukanlah luas daerah persegi panjang pada gambar dibawah ini
|
5
cm
C 8 cm D
- Lantai sebuah ruangan berbentuk persegi panjang dengan panjang nya 4 m dan lebar 3 m. Jika lantai ruangan tersebut akan dipasangi keramik berbentuk persegi yang panjang sisinya 20 cm. Berapa banyak keramik yang diperlukan untuk menutupi ruangan tersebut?
Kunci jawaban pretest
No
|
Penyelesaian
|
Bobot
|
1
|
Dik: K =
96 cm
l =
20 cm
Dit : hitunglah panjangnya?
Jawab:
K = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 X 20
96 = 2 p + 40
2 p = 56
P =
P = 28
Jadi panjangnya adalah 28
|
2
2
2
5
2
2
2
3
3
2
5
|
Jumlah
|
30
|
|
2.
|
Dik : P = 8 Cm
l = 5 Cm
Dit : Tentukan Luasnya ?
Jawab :
L =
= 8 5
= 40
Jadi luasnya adalah 40
|
3
3
3
8
3
3
7
|
Jumlah
|
30
|
No
|
Penyelesaian
|
Bobot
|
3.
|
Dik: p = 4
m = 400 cm
l
=
3 m = 300 cm
Dit : berapa
keramik yang diperlukan?
Jawab:
Banyak keramik menurut
ukuran panjang
400 : 20 = 20 keramik
Banyak keramik menurut
ukuran lebar
300 : 20 = 15 keramik
Jadi banyak keramik yang
diperlukan adalah
20 X 15 = 300 keramik
|
3
3
3
8
8
15
|
|
Jumlah
|
40
|
LEMBARAN KERJA
SISWA
Kelas / Semester : VII /
Genap
Materi Pokok : persegi
panjang
Waktu : 2 x
40 Menit
Kelompok : Tanggal
:
1.
2.
3.
4.
5.
Topik :
1. Menemukan rumus
keliling persegi panjang.
2. Menemukan rumus luas
persegi panjang.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa dapat menemukan rumus keliling persegi panjang.
2.
Siswa dapat menemukan rumus luas persegi panjang.
Petunjuk :
Menemukan rumus keliling dan luas persegi
panjang
1. Sediakan alat
peraga berupa segi empat yang terbuat
karton
2. Amatilah alat
peraga yang disajikan!
Benda-benda
tersebut adalah berbentuk ……………..
3. Gambarkan hasil
nya, kemudian tentukan titik pada persegi panjang tersebut.
4. perhatikan
gambar tersebut, dapatkah kamu menemukan rumus keliling dan luas pesegi
panjang !
· keliling suatu
persegi panjang adalah jumlah sisi-sisi bangun tersebut,karena persegi panjang
mempunyai sepasang sisi yang sama panjang yaitu panjang dan lebar, jika :
p
= panjang
l = lebar
maka
: K = .... + .... + .... +....
K = 2 .... +
2....
K = 2 (....+....)
jadi
keliling persegi panjang adalah ...................
· luas daerah
suatu persegi panjang adalah hasil perkalian dari ukuran panjang dan lebar
persegi panjang tersebut. jika :
p
= panjang
l = lebar
maka
: L = .....x.....
jadi
keliling persegi panjang adalah ...................
Kerjakan soal-soal berikut :
1.
perhatikan gambar dari alat peraga yang telah
dibagikan pada masing – masing kelompok , hitunglah keliling dan luas dari
persegi panjang tersebut?
jawab
Dik : p = ......
l
=........
Dit : a. hitunglah keliling persegi
panjang...?
b. hitunglah
luas persegi panjang...?
penyelesaian :
a.
keliling persegi panjang
keliling =..................
keliling = 2 (.... +......)
k = 2 (....+......)
k = ................
b.
Luas persegi panjang
Luas = ...............
Luas = .......x.....
L = ..............
2.
Perhatikan tabel dibawah ini.
kerjakanlah kegiatan ini secara berkelompok.Gunakan rumus Luas
persegipanjang kemudian salin
dan lengkapilah tabel dibawah ini :
Persegipanjang
|
Panjang
|
Lebar
|
Luas
|
A
B
C
D
|
.................
.................
................
.................
|
.....................
.....................
...................
...................
|
12
40 c
24 d
60
|
3. Diketahui sebuah
persegi panjang memiliki lebar 3 meter
sedangkan panjangnya 4 meter. hitunglah keliling persegi panjang tersebut ?
jawab :
§
Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dik: p = 4 m = .... cm
l
=
3 m = .... cm
Dit
:hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2
l
K = 2 (......cm +.....cm)
K = ........cm +.........cm
K = .........cm
jadi keliling nya adalah .........cm
§
Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik: p = 4 m = .... dm
l
=
3 m = .... dm
Dit
:hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2
l
K = 2 (......dm +.....dm)
K = ........dm +.........dm
K = .........dm
jadi keliling nya adalah .........dm
LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN
GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN
PENDEKATAN OPEN-ENDED
Nama Sekolah : MTsS Darul Ihsan Siem
Kelas/Semester :
....................../Genap
Hari/Tanggal :
....................../...........................................................
Pertemuan ke-/No. RP :
....................../...........................................................
Waktu :
..................................................................................
Nama Guru :
..................................................................................
Materi Pokok : SEGI EMPAT
Sub Materi Pokok :
..................................................................................
Nama
Pengamat/Observer :
..................................................................................
A. Petunjuk : Berilah tanda cek ( Ö ) pada kolom nilai yang sesuai menurut
penilaian Bapak/Ibu :
1:
berarti ”Tidak Baik” 4:
berarti ” Baik”
2:
berarti ”Kurang Baik” 5: berati ”Sangat
Baik”
3:berarti
”Cukup Baik”
B. Lembar Pengamatan :
No
|
Aspek
yang diamati
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Pendahuluan:
a.
Kemampuan
memotivasi siswa/mengomunikasikan tujuan pembelajaran
b.
Kemampuan
menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c.
Kemampuan
menginformasikan langkah-langkah pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|||||
2.
|
Kegiatan Inti:
a.
Kemampuan
menjelaskan soal.
b.
Kemampuan
mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan
memberikan bantuan terbatas
c.
Kemampuan
mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
d.
Kemampuan
mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
e.
Kemampuan
mendorong siswa untuk membandingkan jawabannya dengan jawaban temannya
(dengan teman kelompok)
f.
Kemampuan memimpin
diskusi kelas/menguasai kelas
g.
Kemampuan
menghargai berbagai pendapat siswa
h.
Kemampuan
mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang
konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
i.
Kemampuan
mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab
pertanyaan
j.
Kemampuan
mengajukan dan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|||||
3.
|
Penutup :
a.
Kemampuan
menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan pembelajaran.
b.
Kemampuan
menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup
pelajaran.
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan
mengelola waktu
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Suasana Kelas:
a.
Antusias Siswa
b.
Antusias Guru
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata keseluruhan
|
|
|
|
|
|
C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Aceh Besar, ......................
Pengamat/Observer
kunci jawaban
Kelas / Semester : VII /
Genap
Materi Pokok : persegi
panjang
Waktu : 2 x
40 Menit
Kelompok : Tanggal
:
1.
2.
3.
4.
5.
Topik :
1. Menemukan rumus
keliling persegi panjang.
2. Menemukan rumus luas
persegi panjang.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa dapat menemukan rumus keliling persegi panjang.
2.
Siswa dapat menemukan rumus luas persegi panjang.
Petunjuk:
Menemukan rumus keliling dan luas persegi
panjang
1. Sediakan alat
peraga berupa segi empat yang terbuat
karton
2. Amatilah alat
peraga yang disajikan!
Benda-benda
tersebut adalah berbentuk ……………..
3. Gambarkan hasil
nya, kemudian tentukan titik pada persegi panjang tersebut.
4. Perhatikan gambar, dapatkah kamu menemukan rumus
keliling dan luas pesegi panjang !
· keliling suatu
persegi panjang adalah jumlah sisi-sisi bangun tersebut,karena persegi panjang
mempunyai sepasang sisi yang sama panjang yaitu panjang dan lebar, jika :
p
= panjang
l = lebar
maka
: K = p + l + p + l.
K = 2 p + 2 l
K = 2 ( p + l)
jadi
keliling persegi panjang adalah K = 2 ( p + l)
· luas daerah
suatu persegi panjang adalah hasil perkalian dari ukuran panjang dan lebar
persegi panjang tersebut. jika :
p
= panjang
l = lebar
maka
: L = p x l
jadi
keliling persegi panjang adalah L = p x l
Kerjakan soal-soal berikut :
1. perhatikan gambar dari alat
peraga yang telah dibagikan pada masing – masing kelompok , hitunglah keliling
dan luas dari persegi panjang tersebut?
jawab
Dik : p = 20 cm
l
= 10 cm
Dit : a. hitunglah keliling persegi
panjang...?
b. hitunglah
luas persegi panjang...?
penyelesaian :
a.
keliling persegi panjang
K = 2 ( p + l )
K = 2 ( 20 + 10)
K = 40
+ 20
K = 60 cm
jadi keliling nya adalah 60 cm
b.
Luas persegi panjang
L =
p x l
L =
20 x 10
L = 200
Jadi Luas nya adalah 200
2. jawab:
Jawaban siswa dengan variasi (1)
Persegipanjang
|
Panjang
|
Lebar
|
Luas
|
A
B
C
D
|
6 m
10 cm
8 dm
15 cm
|
2 m
4 cm
3 dm
4 cm
|
12
40 c
24 d
60
|
Jawaban siswa dengan variasi (2)
Persegipanjang
|
Panjang
|
Lebar
|
Luas
|
A
B
C
D
|
4 m
8 dm
6 dm
10 cm
|
3 m
5 dm
4 dm
6 cm
|
12
40 c
24 d
60
|
3. Diketahui sebuah
persegi panjang memiliki lebar 3 meter
sedangkan panjangnya 4 meter. hitunglah keliling persegi panjang tersebut ?
jawab :
§
Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dik: p = 4 m = 400 cm
l
=
3 m = 300 cm
Dit
:hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2
l
K = 2 ( 400 cm + 300 cm)
K = 800 cm + 600 cm
K = 1400 cm
jadi keliling nya adalah 1400 cm
§
Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik: p = 4 m = 40 dm
l
=
3 m = 30 dm
Dit
:hitunglah keliling persegi panjang ?
penyelesaian
K = 2 p + 2
l
K = 2 ( 40 dm + 30 dm)
K = 80 dm + 60 dm
K = 140 dm
jadi keliling nya
adalah 140 dm
1. Suatu
persegipanjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar
persegipanjang tersebut?
Jawaban siswa dengan variasi 1
L = p × l
48 = p × l
Jadi p = 8 dan l = 6
sehingga 8 × 6 = 48.
Jawaban siswa dengan variasi 2:
L = p × l
48 = p × l
Jawaban yang benar adalah p = 12
cm dan l = 4 cm
karena 12 cm × 4 cm = 48 cm 2
Jawaban siswa dengan variasi 3:
L = p × l
48 = p × l
48
|
|
p
|
l
|
8
|
6
|
12
|
4
|
24
|
2
|
Jadi, bila p= 8 cm maka l =
6 cm
Bila p = 12 cm maka l = 4
cm
Bila p = 24 cm maka l = 2
cm.
- diketahui sebuah persegi panjang mempunyai lebar 5 cm, tentukanlah panjang dan luas daerah yang mungkin dari persegi panjang tersebut?
- luas suatu persegi panjang adalah 72. berapa keliling persegi panjang yang mungkin?
Dik: K = 96
cm
l =
20 cm
Dit : hitunglah panjangnya?
Jawab:
K = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 l
96 = 2 p + 2 X 20
96 = 2 p + 40
2 p = 56
P =
P = 28
- sebuah persegi panjang luasnya 36 dan kelilingnya 26 cm. setiap sisi persegi panjang tersebut adalah bilangan bulat. berapakah panjang dan lebar persegi panjang tesebut?
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi
Pokok : Persegi Panjang
Waktu :
2 x 40 menit
.
Kelompok : Tanggal
:
1.
2.
3.
4.
5.
Topik :
- Unsur-unsur tabung.
- Luas selimut tabung.
Tujuan :
- Siswa dapat melakukan percoban untuk mengetahui unsur-unsur tabung.
- Siswa dapat melukis jaring-jaring tabung.
- Siswa dapat menemukan rumus luas selimut tabung
Petunjuk :
Unsur-unsur
tabung
1. Amatilah alat
peraga yang disajikan!
Benda tersebut adalah berbentuk ……………..
2. Tentukan titik
pada tabung tersebut, yaitu pada rusuk lengkung atas dan rusuk lengkung bawah,
kemudian diiris menurut titik
tersebut sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari sisi lain,
dan direbahkan. Kemudian gambarkan hasilnya dibawah ini:
3. Gambar tersebut adalah gambar…………………………………….
4. Dari gambar di
atas, dapat diketahui bahwa tabung terdiri dari beberapa bagian:
………………………,………………………………….., dan……………………
|
Menemukan rumus
luas selimut tabung
5. Gambar jaring-jaring tabung dihalaman 1
terdiri dari tiga bangun datar, yaitu :
a.
…………….
b.
……………
c.
…………….
6.
Dapatkah
kamu menemukan rumus luas selimut tabung!
Dengan ukuran : Panjang
selimut tabung = keliling lingkaran =
…….
=……..(dalam bentuk
diameter)
Lebar selimut tabung = tinggi
tabung = ……..
Jadi:
Luas selimut tabung = Luas ………….
= ………x………..
= ………x………..
= ………………..
Luas selimut tabung juga bisa dinyatakan dalam bentuk diameter
Luas selimut tabung = ………= x d x t
|
Kerjakan
soal-soal berikut secara lengkap!
1.
Sebutkan unsur-unsur tabung
pada Gambar berikut ?
2. Hitunglah luas tutup tabung
berikut :
a. Tabung berjari-jari 7 cm dan tinggi 4 cm,
dengan =
Jawab :
r = ….., t =
….., dengan =
Luas tutup tabung = luas lingkaran
= ………..
= …….x ….
= …………..
b. Tabung berdiameter 16 cm dan tinggi 10 cm
jawab :
d = ….., t = ……..
luas tutup tabung = luas
lingkaran
= ……… …… = ……..x ……
= ……………..
3.
Hitunglah luas selimut tabung yang
berdiameter 10 cm dan tinggi 12 cm
jawab :
d = ….., t = ……..
Luas selimut
tabung = ……..……… ……
= ……x.….x…....x.....
= …………………….
Lembaran Pretest
Mata pelajaran :
Matematika
Materi :
persegi panjang
Kelas :
VII
Tahun Ajaran : 2008/2009
Soal :
Pretest
Petunjuk:
1.
Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar
jawaban yang telah disediakan
2.
Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
3.
Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah
Soal:
- keliling suatu persegi panjang adalah 48 cm dan lebarnya 10 cm. hitunglah panjangnya?
- Tentukanlah luas daerah persegi panjang pada gambar dibawah ini
|
5
cm
C 8 cm D
- lantai sebuah ruangan berbentuk persegi panjang dengan panjang nya 4 m dan lebar 3 m. lantai ruangan tersebut akan dipasngi keramik berbentuk persegi yang panjang sisinya 30 cm. berapa banyak keramik yang dibutuhkan untuk menutupi ruangan tersebut?
Kunci jawaban pretest
No
|
Pennyelesaian
|
Bobot
|
1
|
Dik: K =
48 cm
l =
10 cm
Dit : hitunglah panjangnya?
Jawab:
K = 2 p + 2 l
48 = 2 p + 2 l
48 = 2 p + 2 X 10
48 = 2 p + 20
2 p = 28
P =
P = 14
Jadi panjangnya adalah 14
|
|
Jumlah
|
|
|
2.
|
Dik : P = 8 Cm
l = 5 Cm
Dit : Tentukan Luasnya ?
Jawab :
L =
= 8 5
= 40
Jadi luasnya adalah 40
|
1
1
2
1
1
1
3
1
|
|
|
1
1
1
1
1
|
Lembaran Tes
Mata pelajaran :
Matematika
Materi : persegi
panjang
Kelas : VII
Tahun Ajaran : 2008/2009
Soal :
postest
Petunjuk:
1. Tulislah terlebih dahulu
nama dan nomor induk pada lembar jawaban yang telah disediakan
2. Periksalah dan bacalah
soal-soal sebelum anda menjawab
3. Dahulukan menjawab soal-soal
yang dianggap mudah
Soal:
- Suatu persegi panjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar persegipanjang tersebut?
- sebuah ruangan kelas berbentuk persegi panjang berukuran 4 X 8 meter, jika lantai ruangan itu akan dipasangi keramik. berapa keping keramik yang diperlukan untuk menutupi ruangan tersebut?
- suatu persegi panjang diketahui kelilingnya 40 cm. tentukanlah ukuran panjang dan lebar yang mungkin?
- keliling suatu persegi panjang adalah 12 cm. tentukan luas daerah yang mungkin dari persegi panjang tersebut?
- sebuah persegi panjang luasnya 36 dan kelilingnya 26 cm. setiap sisi persegi panjang tersebut adalah bilangan bulat. berapakah panjang dan lebar persegi panjang tesebut?
Kunci jawaban postest:
No
|
Penyelesaian
|
Bobot
|
||||||||||
1.
|
Jawaban siswa
dengan variasi 1
Dik : L =
48 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang
Jawab :
L = p
× l
48 = p
× l
Jadi p
= 8 dan l = 6
sehingga 8 × 6 = 48 cm.
Jawaban siswa
dengan variasi 2:
Dik : L =
48 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang
Jawab:
L = p
× l
48 = p
× l
Jawaban
nya p = 12 cm dan l = 4
cm
karena 12 cm × 4 cm = 48 cm
Jawaban siswa
dengan variasi 3:
Dik : L =
48 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang
Jawab :
L = p
× l
48 = p
× l
Jadi,
bila p= 8 cm maka l = 6 cm
Bila p
= 12 cm maka l = 4 cm
Bila p =
24 cm maka l = 2 cm.
Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dengan keramik ukuran 20x20 cm
Dik: p = 8
m = 800 cm
l = 4 m
= 400 cm
S = 20 cm
Dit : berapa
keramik yang diperlukan?
Jawab:
Banyak keramik menurut ukuran panjang
800 : 20 = 40 keramik
Banyak keramik menurut ukuran lebar
400 : 20 = 20 keramik
Jadi banyak keramik yang diperlukan
adalah
40 X 20= 800 keramik
Jawabansiswa dengan variasi (2)
Dengan keramik ukuran 40x40 cm
Dik: p =
8 m = 800 cm
l = 4 m
= 400 cm
S = 40 cm
Dit : berapa
keramik yang diperlukan?
Jawab:
Banyak keramik menurut ukuran panjang
800 : 40 = 20 keramik
Banyak keramik menurut ukuran lebar
400 : 40 = 10 keramik
Jadi banyak keramik yang diperlukan
adalah
20 X 10= 200 keramik
Jawaban siswa
dengan variasi 1
Dik : L =
40 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang ?
Jawab :
K = 2 ( p
+ l )
40 =2
( p + l)
40 =
2 (12 + 8 )
40 = 24 + 16
40 = 40
Jadi p
= 12 cm dan l = 8 cm.
Jawaban siswa
dengan variasi (2)
Dik : L =
40 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang ?
Jawab :
K = 2 ( p +
l )
40 =2 ( p + l)
40 = 2 (13 + 7 )
40 = 26 + 14
40 = 40
Jadi p = 13 cm dan l =
7 cm.
Jawaban siswa dengan variasi 1
Dik : L =
40 cm
Dit : panjang dan lebar persegi panjang ?
Jawab :
K = 2 ( p +
l )
40 =2 ( p + l)
40 = 2 (14 + 6 )
40 = 28 + 12
40 = 40
Jadi p = 14 cm dan l =
6 cm.
|
|
Lembaran postest
Mata pelajaran :
Matematika
Materi : persegi
panjang
Kelas : VII
Tahun Ajaran : 2008/2009
Soal :
postest
Petunjuk:
1. Tulislah terlebih dahulu
nama dan nomor induk pada lembar jawaban yang telah disediakan
2. Periksalah dan bacalah
soal-soal sebelum anda menjawab
3. Dahulukan menjawab soal-soal
yang dianggap mudah
Soal:
- Suatu persegi panjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar persegipanjang tersebut?
- sebuah ruangan kelas berbentuk persegi panjang berukuran 4 X 8 meter, jika lantai ruangan itu akan dipasangi keramik. berapa keping keramik yang diperlukan untuk menutupi ruangan tersebut?
- suatu persegi panjang diketahui kelilingnya 40 cm. tentukanlah ukuran panjang dan lebar yang mungkin?
- Diketahui sebuah persegi panjang memiliki panjang 6 m sedangkan lebarnya adalah 4 m. hitunglah luas persegipanjang tersebut ?
4. Jawaban siswa dengan variasi (1)
Dik: p = 6 m
l = 4 m
Dit :hitunglah luas persegi
panjang ?
Penyelesaian
L = p x l
L = 6 m x 4 m
L = 24
Jadi luas nya
adalah 24
Jawaban siswa dengan variasi (2)
Dik: p = 6 m = 600 cm
l
=
4 m = 400 cm
Dit :hitunglah luas persegi
panjang ?
Penyelesaian
L = p x l
L = 600 cm x 400 cm
L = 240.000
Jadi luas nya
adalah 240.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar