Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 1
Standar Kompetensi : BILANGAN
1.
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dan pecahan.
|
Bilangan Bulat.
· Mengenal
bilangan
negatif.
|
· Mengenal
jenis-jenis bilangan bulat beserta contohnya.
· Mengidentifikasi
besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.
· Menentukan
letak bilangan bulat pada sebuah garis bilangan.
|
· Memberikan
contoh bilangan bulat.
· Menentukan
letak bilangan bulat dalam garis
bilangan.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Perhatikan daftar berikut:
-60,
10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.
a. Tulislah bilangan bulat positifnya.
b. Tulislah bilangan bulat negatifnya.
c. Manakah yang bukan bilangan bulat positif
maupun negatif.
2. Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah
garis bilangan.
a.
-6, 5, -8, 0, 1
b. -1,
-2, 3, 4, 10
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
(Buku Matematika SMP dan MTs Untuk
Kelas VII Semester Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menjumlahkan
bilangan bulat.
· Mengurangkan
bilangan bulat.
· Mengalikan
bilangan bulat.
· Membagi
bilangan bulat.
|
· Mendiskusikan cara melakukan operasi
penjumlahan pada bilangan bulat:
-
Menggunakan garis bilangan untuk menentukan
jumlah bilangan bulat.
-
Menggunakan model koin untuk menentukan jumlah
bilangan bulat.
· Mendiskusikan cara melakukan operasi
pengurangan pada bilangan bulat:
-
Menghitung hasil pengurangan bilangan bulat
menggunakan garis bilangan atau model koin.
· Mengenal sifat-sifat pada operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
· Mendiskusikan cara melakukan operasi
perkalian dan pembagian pada bilangan bulat termasuk operasi campuran.
· Menentukan
sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan
positif dengan negatif.
|
·
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. -14 – (-20)
c. 3 ´ (-7 + 10)
d. 18 : (-3)
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 6-11, 11-16, 16-19,
19-21.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
·
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat
tiga
bilangan bulat.
|
· Mendiskusikan
cara menaksir hasil perhitungan dari operasi perkalian dan pembagian bilangan
bulat dengan terlebih dahulu melakukan pembulatan terhadap bilangan tersebut.
· Menghitung
kuadrat dan akar kuadrat bilangan bulat dengan dan tanpa kalkulator.
· Menghitung
pangkat tiga dan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan dan tanpa
kalkulator.
|
· Menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
·
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Hitunglah.
a. Kuadrat dari (-20)
b.
c.
d.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 21-23, 23-31, 31-38
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Bilangan Bulat.
· Mengenal bilangan negatif.
· Menjumlah,
mengurang, mengali, dan membagi
bilangan bulat.
· Menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
· Menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan
bulat.
|
· Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan bilangan bulat, yaitu mengenai bilangan negatif, cara
menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir
hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan
pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga
bilangan bulat.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai bilangan bulat, yaitu bilangan negatif dan cara menjumlahkan,
mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian dan pembagian
bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
.
|
1. Dalam suatu permainan, bila menang diberi
nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain
sebanyak 47 kali, 21 menang, dan 3
kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu
adalah ....
2. Sederhanakanlah bentuk perkalian 3 ´ 3 ´ 3 ´ 5 ´ 5 ´ 5 menjadi bentuk
pangkat tiga, kemudian hitunglah.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 1-38.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Bilangan
Pecahan.
· Mengingat bilangan pecahan.
· Mengenal
pecahan biasa dan campuran.
· Mengenal
pecahan yang senilai.
· Mengurutkan
pecahan.
· Mengubah
pecahan biasa menjadi pecahan campuran
dan sebaliknya.
· Mengenal
persen dan permil.
· Mengenal
bilangan desimal.
|
· Mendiskusikan
jenis-jenis bilangan pecahan (bilangan pecahan biasa, campuran, desimal,
persen, dan permil) beserta contohnya.
· Mendiskusikan
bilangan pecahan yang senilai.
· Mengurutkan
pecahan dan menentukan letak pecahan tersebut pada garis bilangan.
· Mengubah bentuk pecahan biasa menjadi
pecahan campuran, dan sebaliknya.
|
· Memberikan
contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa,
campuran, desimal, persen, dan permil.
· Mengurutkan
pecahan.
· Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Tulislah
sebagai pecahan
biasa.
2. Tulislah sebagai pecahan
campuran.
3. Tulislah dalam persen dan permil.
4. Urutkan pecahan-pecahan berikut dari yang terkecil.
a.
b.
5. Ubahlah pecahan dalam bentuk desimal.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 39-42, 42-45, 45-49, 50-53, 54-56, 56-62, 62-68.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menyelesaikan
operasi hitung pecahan.
· Menyelesaikan
operasi hitung bilangan desimal.
· Menyelesaikan
perpangkatan pecahan.
· Menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku.
· Menaksir
hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
· Melakukan operasi hitung penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan desimal.
· Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
· Menuliskan suatu bilangan ke dalam bentuk
baku (bentuk ilmiah).
· Mendiskusikan cara membulatkan
bilangan pecahan sampai satu atau
dua desimal.
· Menaksir hasil operasi hitung
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dan bilangan
desimal.
|
· Menyelesaikan
operasi hitung: penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan pecahan dan bilangan desimal.
· Menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku.
· Menaksir
hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Hitunglah:
a.
b.
c.
16,7 + 4,25
d.
5,8 – 4,37
e.
2. Tulislah dalam
bentuk baku.
a. 0,00000007051
b. 25,6
3.
Taksirlah.
a.
b.
c.
1,39 + 0,69
d.
72,3 : 8,7
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 69-83, 84-90, 90-92, 92-93, 94-98, 99-102.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Bilangan
Pecahan.
· Mengingat bilangan pecahan.
· Mengenal pecahan biasa dan campuran.
· Mengenal pecahan yang senilai.
· Mengurutkan
pecahan.
· Mengubah
pecahan biasa menjadi pecahan campuran
dan sebaliknya.
· Mengenal
persen dan permil dan bilangan desimal.
· Menyelesaikan
operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
· Menyelesaikan
perpangkatan pecahan.
· Menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku.
· Menaksir
hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan bilangan pecahan, yaitu mengenai
pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan pecahan, mengubah
pecahan biasa menjadi pecahan campuran
dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi
hitung pecahan , bilangan desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan
bilangan pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan
bilangan desimal.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bilangan pecahan, yaitu
mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang senilai, mengurutkan
pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi
pecahan campuran dan sebaliknya, persen, permil, bilangan desimal,
menyelesaikan operasi hitung pecahan , bilangan desimal, dan perpangkatan
pecahan, menuliskan bilangan
pecahan bentuk baku, dan menaksir hasil operasi hitung pecahan dan
bilangan desimal.
|
· Ulangan harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
|
1.
Jika , berapakah nilai d ?
2. Berapakah 9 + 18 : 4,5 ?
a. 6 c. 31,5
b. 13
d. 36
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 39-102.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.2. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.
|
· Bilangan bulat dan bilangan pecahan.
|
· Mendiskusikan
sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian pada
bilangan bulat dan pecahan.
· Mendiskusikan
cara menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
bilangan bulat dan pecahan
|
· Menemukan dan
menggunakan sifat-sifat operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian pada bilangan bulat dan pecahan untuk menyelesaikan masalah.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Isilah titik-titik berikut ini.
a. -9 + 3 = ....
b.
3 + (-9) = ....
Jadi, -9 + 3 =
.... + ....
2. a.
2 (4 5) = ....
b.
(2 4) 5 = ....
Jadi, 2 (4 5) =
( .... ....) .... = ....
3. Mino mempunyai sebuah bilangan bulat.
Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan
itu sendiri. Tentukan nilai blangan tersebut.
4. Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang
pendingin bersuhu . Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 6 jam dikeluarkan dari
ruang pendingin?
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 10-11, 14, 17-18, 31-33, 69-98.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 1
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Mengenali bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya.
|
Aljabar dan Aritmetika Sosial.
· Mengenal bentuk aljabar.
· Memodelkan
pernyataan menjadi bentuk aljabar.
· Menjelaskan
pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.
|
· Memahami
pengertian bentuk aljabar.
· Menuliskan
suatu pernyataan ke dalam bentuk aljabar dan memodelkannya dalam ubin aljabar.
· Menuliskan
kalimat atau pernyataan yang mungkin dari suatu bentuk aljabar.
· Mengenal
variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis
sebagai penyusun atau komponen dari bentuk
aljabar.
|
· Menjelaskan
pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku
tak sejenis.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Dari bentuk aljabar
, tentukan koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs hal.
103-105, 105-107, 108-109.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
2.2. Melakukan operasi pada bentuk aljabar.
|
· Menyelesaikan
operasi bentuk aljabar.
· Menyelesaikan
operasi bentuk pecahan aljabar.
|
·
Melakukan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar.
·
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk
menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar.
·
Menyederhanakan bentuk aljabar.
·
Melakukan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat) pada pecahan aljabar dengan
penyebut suku tunggal.
· Menyederhanakan
hasil operasi pecahan aljabar.
|
·
Menyelesaikan operasi hitung (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar) pada bentuk aljabar dan
pecahan aljabar dengan penyebut suku tunggal menggunakan sifat-sifat operasi
hitung.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Hitunglah.
a. 4 + (-6)
b. -14 – (-20)
c. 3 ´ (-7 + 10)
d. 18 : (-3)
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 109-119, 120-124.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Aljabar dan Aritmetika Sosial.
· Mengenal
· bentuk
aljabar.
· Memodelkan
pernyataan menjadi bentuk aljabar.
· Menjelaskan
pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.
· Menyelesaikan
operasi bentuk aljabar.
· Menyelesaikan
operasi bentuk pecahan aljabar.
· Memecahkan
masalah yang melibatkan bentuk aljabar.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan aljabar dan aritmetika sosial,
yaitu mengenai bentuk aljabar, memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar,
pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis, menyelesaikan operasi
bentuk aljabar dan pecahan aljabar, dan cara memecahkan masalah yang
melibatkan bentuk aljabar.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai bentuk aljabar, memodelkan pernyataan
menjadi bentuk aljabar, pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis,
menyelesaikan operasi bentuk aljabar dan pecahan aljabar, dan cara memecahkan
masalah yang melibatkan bentuk aljabar.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian singkat.
· Pilihan ganda.
.
|
1. Sebuah tabung berisi 3 liter campuran
alkohol – air 20%. Berapa liter campran alkohol – air 70% harus ditambahkan
agar campuran itu menjadi campuran alkohol – air 40%.
2. Nilai jika adalah ….
a. 45 c. 21
b. -15 d. 39
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 103-124.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
2.3.
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel.
· Mengenal kalimat terbuka.
· Mengenal persamaan linear satu variabel:
- Menentukan
bentuk setara dari PLSV
- Menentukan
penyelesaian dari PLSV
|
· Mengenal
kalimat terbuka.
· Mendiskusikan
persamaan linear satu variabel (PLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Mendiskusikan
cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,
dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
· Menentukan
penyelesaian dari suatu PLSV dengan
cara menutup suku yang memuat variabel, menggunakan model ubin, menyetarakan
persamaan dan menyederhanakannya, dan menentukan rumus.
|
· Mengenal PLSV dalam berbagai bentuk dan
variabel.
·
Menentukan
bentuk setara dan penyelesaian dari PLSV.
|
·
Tugas individu.
|
· Daftar
pertanyaan.
· Uraian
singkat.
|
1. Manakah yang merupakan PLSV?
a.
x + 3
b.
y – 3x
= 0
c.
3x – 6 = 9
d.
a + 4 = 18
2. Tulislah lima persamaan lain yang setara
dengan:
a.
4 - 2x = 6
b.
x + 7 = 10
3. Carilah penyelesaian dari persamaan di
bawah ini dengan cara yang mudah.
a. 64 = n + 34
b.
5 – 3p = 9 – p
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 145-146, 146-155.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
2.4. Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
· Mengenal pertidaksamaan linear satu variabel:
- Menentukan
penyelesaian dari PtLSV
|
· Menyatakan
dengan lisan dan tertulis kejadian sehari-hari yang terkait dengan masalah
pertidaksamaan.
· Menggunakan
notasi
· Mendiskusikan
pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) dalam berbagai bentuk dan
variabel.
· Mendiskusikan
cara menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah,
dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
· Menentukan
penyelesaian dari pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV), kemudian
menggambarkan garis bilangan yang menunjukkan penyelesaiannya.
|
· Mengenal
PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan
bentuk setara dan penyelesaian dari PtLSV.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Manakah yang merupakan PtLSV?
a.
–2a + 5 –1
b.
3x – 7 = 10
c.
5a + 2 > 4
d.
–p = –3
2. Tulislah lima persamaan lain yang setara
dengan 3x – 8 > -2.
3. Carilah penyelesaian dari pertidaksamaan
erikut da gambarlah penyelesaiannya pada garis bilangan.
a.
7k + 3 > 4k – 2
b.
4 – 2(x +
1) < 0
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 159-165.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 1
Standar Kompetensi : ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Membuat
model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Persamaan dan
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
|
· Mendiskusikan model matematika.
· Mengubah masalah ke dalam model
matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.
|
·
Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear
satu variabel.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Nyatakanlah ke dalam model matematika.
Umur Ibu Suri tiga kali umur Asih. Ibu Suri 24 tahun lebih tuda dari
Asih.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 156-159.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
|
·
Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
·
Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan
linear satu variabel.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Nyatakanlah ke dalam model matematika.
Sebuah bilangan dikalikan 2 kemudian ditambah 15, hasilnya akan lebih
besar dari 20.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 165-167.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
3.2. Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel.
|
· Mengenal
persamaan linear satu variabel (PLSV):
- Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan PLSV
|
·
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model
matematika berbentuk persamaan linear satu variabel.
|
·
Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan
persamaan linear satu variabel.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Alison dan Keli mempunyai uang sebanyak Rp350.000,00.
Jika uang Keli 4 kali lebih banyak dari uang Alison, berapa jumlah uang
Alison dan Keli masing-masing?
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 156-159.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Mengenal
pertidaksamaan linear satu variabel
(PtLSV):
- Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan PtLSV
|
·
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model
matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel.
|
·
Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Umur Thomas adalah x
tahun dan umur Gary 4 tahun lebih tua. Jumlah umur mereka kurang dari 24.
Berapakah umur Thomas?
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 165-167, 167-170.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
·
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
|
· Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
|
· Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai
persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
|
1.
Penyelesaian dari 7 – 3(y - 2) = 19 adalah …
2. Penyelesaian dari m + 8 -5 adalah ....
a. m > -5
b. m
3
c. m
-13
d. m
13
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 145-167, 167-170.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam
pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana.
|
Aljabar dan Aritmetika Sosial.
· Menerapkan operasi aljabar dalam kegiatan
ekonomi.
|
·
Melakukan simulasi aritmetika sosial tentang kegiatan ekonomi
sehari-hari (jual beli).
·
Mendiskusikan pengertian dan cara menghitung nilai keseluruhan, nilai
per unit, dan nilai sebagian.
· Mendiskusikan
dan menghitung besar dan persentase untung, rugi,
harga pembelian, harga penjualan,
rabat, bruto, tara, netto, pajak, serta bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.
|
·
Menggunakan operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Asra membeli 6 lusin pensil seharga Rp90.000,00. Berapa
rupiah harga 6 pensil?
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 125-139, 140-144.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
3.4. Menggunakan perbandingan untuk pemecahan
masalah.
|
Perbandingan.
· Mengenal
perbandingan.
· Mengenal
skala.
·
Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
· Mengenal
perbandingan senilai.
· Mengenal
perbandingan berbalik nilai.
·
Memecahkan masalah perbandingan.
|
· Mendiskusikan
pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
· Menyebutkan
contoh-contoh gambar berskala.
· Mengidentifikasi
faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
· Melakukan
penghitungan faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
· Mendiskusikan
perbandingan senilai dan berbalik nilai.
· Menyebutkan
contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan
berbalik nilai.
· Menggunakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai untuk menyelesaikan soal/masalah
sehari-hari.
|
· Menjelaskan
pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
· Menghitung
faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
· Memberikan
contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan senilai dan berbalik
nilai.
· Menyelesaikan
soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Pada peta propinsi Jambi
tertulis:
skala 1: 5.200.000. Apakah arti
skala 1 : 5.200.000 tersebut ?
2. Pagar yang tingginya 150 cm
mempunyai panjang bayangan 3 m. Bila panjang bayangan sebuah tiang bendera
3,5 m, tetukan faktor pengecilannya.
3. Jika sebuah kaos harganya Rp 25.000,00, maka 2 buah kaos
harganya Rp50.000,00. Pernyataan tersebut merupakan:
a. Perbandingan senilai.
b. Perbandingan berbalik nilai.
4. Sebuah truk dapat mengangkut
gula sebanyak 356 karung. Satu karung gula beratnya 50 kg. Jika satu karung
beras beratnya 40 kg, berapa karung beras yang dapat diangkut oleh truk
tersebut?
|
6 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 171-174, 174-180, 181-183,
184-188, 189-192, 192-194, 194-198..
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
·
Perbandingan
|
· Melakukan ulangan berisi materi yang
berkaitan dengan pebandingan.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai perbandingan.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
.
|
1. Skala dari model gedung adalah 1 : 200. Jika tinggi gedung pada model itu
12,5 cm, maka tinggi gedung sebenarnya adalah ...
2. Perbandingan luas dua
lingkaran adalah 9 : 16. Perbandingan keliling kedua lingkaran itu adalah
....
a. 3 : 4
b. 9 : 16
c. 6 : 8
d. 12 : 20
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 171-198.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 2
Standar Kompetensi : ALJABAR
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Memahami pengertian dan notasi himpunan,
serta penyajiannya.
|
Himpunan.
· Mengenal
himpunan.
|
· Mendiskusikan
masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.
· Menyebutkan
anggota dan bukan anggota suatu himpunan.
· Menyatakan notasi himpunan.
· Mengenal
himpunan berhingga dan tak berhingga.
· Membedakan
himpunan kosong, nol, serta notasinya.
· Mendiskusikan
pengertian himpunan semesta, serta menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan semesta.
|
· Menyatakan
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
· Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan.
· Menyatakan
notasi himpunan.
· Mengenal
himpunan berhingga dan tak berhingga.
· Mengenal
himpunan kosong dan nol serta notasinya.
· Mengenal
pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Di dalam kelasmu,
sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.
2. Di dalam kelasmu, ada
himpunan siswa yang mempunyai satu kakak. Sebutkan anggota-anggotanya dan
sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.
3. Nyatakan dalam notasi himpunan: himpunan
bilangan asli antara 2 dan 11.
4. Manakah yang merupakan himpunan kosong?
0 atau {0} atau atau .
5. Tentukan tiga himpunan semesta yang
mungkin untuk himpunan A = {0, 2, 4, 6, …}.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk
Kelas VII Semester 2 hal. 199-205.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.2. Memahami konsep himpunan bagian.
|
· Menentukan himpunan bagian.
|
· Mendiskusikan
pengertian himpunan bagian.
· Mengidentifikasi
himpuan bagian suatu himpunan.
· Menentukan
banyak himpunan bagian dari suatu himpunan.
· Menemukan rumus banyak himpunan bagian
suatu himpunan.
|
· Menentukan
himpunan bagian dari suatu himpunan.
· Menentukan
banyak himpunan bagian suatu himpunan.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Tulislah semua himpunan bagian dari
himpunan K = {3, 4, 5}.
2. Tulislah banyaknya
himpunan bagian dari himpunan Q = {Nama bulan dengan awalan J}.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 206-209.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.3. Melakukan
operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan.
|
· Menentukan irisan dan gabungan dari dua
himpunan.
|
· Mendiskusikan
pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.
· Menuliskan
irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan.
· Menuliskan
notasi irisan dua himpunan.
· Menuliskan
notasi gabungan dua himpunan.
|
· Menjelaskan
pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Jika A = {a, b, c} dan B =
{b, c, d}, maka A B = ...
A B = ....
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 209-213.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menentukan komplemen suatu himpunan.
|
· Mendiskusikan
pengertian kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya.
· Menuliskan
kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya.
· Menuliskan
notasi kurang suatu himpunan dari
himpunan lainnya.
· Mendiskusikan
komplemen suatu himpunan.
· Menuliskan
komplemen suatu himpunan.
· Menuliskan
notasi komplemen suatu himpunan.
|
· Menjelaskan
kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya.
· Menjelaskan
komplemen suatu himpunan.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Jika A
= Himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, dan B = Himpunan bilangan ganjil kurang dari 0, maka
2. Tentukan komplemen dari
A
= himpunan bilangan prima antara
20 dan 50.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 213-214
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn.
|
· Mengenal diagram Venn.
|
· Mendiskusikan
cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram.
· Menggambar
diagram Venn untuk berbagai himpunan.
· Menggunakan
diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan.
· Menggunakan
diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan.
|
· Menyajikan
irisan atau gabungan dua himpunan dengan diagram Venn.
· Menyajikan
komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Misalkan
himpunan semesta S = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}. Diketahui A =dan E = {2, 4, 6}, maka buatlah diagram Venn dari .
2. Gambarlah satu diagram Venn untuk
menyajikan dari himpunan .
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 205-206, 209-214.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.5. Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah.
|
· Menyelesaikan
masalah yang menggunakan konsep himpunan.
|
· Menggunakan
diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
· Menyelesaikan
masalah sehari-hari dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Terdapat 25 siswa perempuan yang dikelompokkan menurut pilihan kesukaan
“menjahit“ atau “memasak“. Ternyata terdapat 18 siswa perempuan suka menjahit, 13
suka memasak, dan 12 suka keduanya. Berapa siswa perempuan yang tiak suka
menjahit dan memasak?
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 215-218, 218-222.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Himpunan.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan himpunsn.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai himpunan.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
.
|
1. Dalam satu kelompok siswa, 12 siswa gemar voli, 16 siswa gemar
tennis, dan 11 siswa gemar kedua-duanya. Banyak siswa yang tidak gemar
Matematika dan Sains adalah….
2. Q
adalah himpunan bilangan prima antara 1 dan 19. Banyak anggota Q adalah …
a.
6 c. 8
b.
7 d. 9
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 199-218, 218-222..
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 2
Standar Kompetensi : GEOMETRI
5.
Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut,
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis
sudut.
5.2. Memahami sifat-sifat sudut yang
terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan
dengan garis lain.
|
· Garis dan
Sudut.
· Mengenal
sudut.
· Mengukur
dan menggambar sudut.
· Membedakan
jenis sudut.
· Menyelesai-kan
masalah yang melibatkan satuan sudut.
· Mengenal
hubungan antar sudut.
· Menjelaskan
kedudukan dua garis.
· Menggambar
garis sejajar.
· Membagi
garis menjadi n sama panjang.
· Menemukan
sifat-sifat garis dan sudut.
|
· Mengenal
sudut.
· Mendiskusikan
satuan sudut yang sering digunakan.
· Melakukan
pengukuran dan penggmabaran terhadap sudut
dengan menggunakan busur derajat.
· Mendiskusikan
jenis-jenis sudut.
· Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut.
· Mengenal
sudut yang masing-masing saling berpenyiku, berpelurus, dan bertolak
belakang.
· Mendiskusikan
kedudukan dua garis pada masalah kontekstual.
· Menggambar
garis sejajar.
· Membagi
garis menjadi n sama panjang.
· Mengidentifikasi
kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain.
· Mendiskusikan
kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan
sifat-sifat sudut yang terjadi.
· Menyelesaikan
soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar
dipotong oleh garis lain.
|
· Mengenal
satuan sudut yang sering digunakan.
· Mengukur
besar sudut dan menggambar sudut dengan menggunakan busur derajat.
· Menjelaskan
perbedaan jenis sudut (sudut lancip, siku-siku, tumpul, dan lurus).
· Menyelesai-kan
masalah yang melibatkan satuan sudut.
· Mengenal
hubungan antar sudut.
· Menjelaskan
kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan, garis
vertikal dan garis horizontal) melalui benda konkrit.
· Menemukan
sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain.
· Menggunakan
sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal.
|
· Tugas individu.
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
· Uraian
singkat.
|
1. Apakah satuan yang digunakan utuk
mengukur besar sudut?
2. Ukurlah besar sudut berikut dengan
menggunakan busur derajat.
3. Jenis
sudut apakah gambar sudut pada contoh instrumen no. 3 di atas?
4. Perhatikan gambar di bawah. Jika besar , tentukan besar .
D
x +
3x B C
A
1. Perhatikan gambar di bawah ini.
J
K
P
M L
N
Sebutkan:
a.
Pasangan sudut yang saling
bertolak belakang.
b.
Pasangan sudut yang saling
berpenyiku.
c.
Pasangan sudut yang saling
berpelurus.
2. Dari masalah kontekstual ini, manakah yang
menunjukkan konsep sejajar?
a.
Tapak 2 ban delman di pasir.
b.
Jalan layang.
c.
Dua jalan yang bertemu di
persimpangan.
3. Perhatikan gambar di bawah ini.
5 6
1 2 8
7
3
4
Dari gambar tersebut, sudut-sudut manakah
yang sama besar?
4. Tentukan besar sudut yang belum diketahui
dari gambar ini, dan jelaskan.
|
4 ´ 40
menit.
6 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk Kelas VII Semester 2, hal. 224-237..
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
Sumber:
· Buku
paket hal. 243-250, 250-252, 252-255,
255-256, 257-263.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
5.3. Melukis sudut.
|
· Melukis
dan membagi sudut.
|
·
Melukis sudut dengan menggunakan busur, jangka,
penggaris, dan pensil.
·
Melukis sudut ,, , dan dengan menggunakan busur, jangka,
penggaris, dan pensil.
·
Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang
penggaris berbentuk segitiga siku-siku.
|
·
Melukis sudut yang besarnya diketahui dengan
menggunakan busur dan jangka.
·
Melukis sudut ,, , dan .
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
· Lukislah
sudut KLM berikut.
K
M
L
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 237-238, 240-241, 241-243.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
5.4. Membagi sudut.
|
· Melukis
dan membagi sudut.
|
· Menggunakan
penggaris, jangka, dan pensil untuk membagi sudur menjadi dua bagian sama
besar.
|
· Membagi
sudut menjadi dua bagian sama besar.
|
· Tugas
individu.
|
· Uraian singkat.
|
· Bagilah sudut ABC berikut menjadi dua sudut yang sama besar.
B
A
C
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 238-239, 264, 265-269, 270.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
|
· Garis dan
Sudut.
· Mengenal
sudut.
· Mengukur
dan menggambar sudut.
· Membedakan
jenis sudut.
· Menyelesai-kan
masalah yang melibatkan satuan sudut.
· Mengenal
hubungan antar sudut.
· Menjelaskan
kedudukan dua garis.
· Menggambar
garis sejajar.
· Membagi
garis menjadi n sama panjang.
· Menemukan
sifat-sifat garis dan sudut.
· Melukis
dan membagi sudut.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sudut, mengukur dan menggambar sudut,
membedakan jenis sudut, menyelesaikan masalah yang melibatkan satuan sudut,
mengenal hubungan antar sudut, menjelaskan kedudukan dua garis, menggambar
garis sejajar, membagi garis menjadi n
sama panjang, menemukan sifat-sifat garis dan sudut, serta melukis dan
membagi sudut.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai garis dan sudut.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
.
|
1. Gunakan jangka untuk menggambar yang besarnya , kemudian buatlah sehingga (tanpa busur derajat).
2. Pasangan sudut yang sehadap adalah ....
1
2
5 6
3
7 4
8
a.
b.
c.
d.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 224-263, 264-270.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 2
Standar Kompetensi : GEOMETRI
6.
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
6.1 Mengidentifi-kasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya.
|
Segitiga dan Segi Empat.
· Menemukan
jenis-jenis segitiga.
· Menggunakan
hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.
|
· Mendiskusikan
jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya (segitiga siku-siku, lancip,
tumpul) dengan menggunakan model segitiga.
· Mendiskusikan
jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya (segitiga sembarang, sama kaki,
sama sisi) dengan menggunakan model segitiga.
· Menyelidiki
berapa derajat jumlah sudut dalam segitiga, serta jumlah sudut luar segitiga.
|
· Menjelaskan
jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Diketahui segitiga dengan besar tiap-tiap
sudutnya , dan . Segitiga apakah itu?.Jelaskan.
2. Dari segitiga PQR diketahui sisi PQ = QR.
Segitiga PQR merupakan segitiga
......
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs Untuk
Kelas VII Semester 2, hal. 284, 285-290.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
6.2. Mengidentifi-kasi sifat-sifat persegi
panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
|
· Mengingat
segi empat.
· Mengidentifi-kasi
sifat-sifat segi empat.
|
· Mengenal
bentuk bangun datar seperti jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah
ketupat, trapesium, dan layang-layang.
· Menggunakan
lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi
panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya.
· Mendiskusikan
sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya.
|
· Menjelaskan
pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium,
dan layang-layang menurut sifatnya.
· Menjelaskan
sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Persegi
merupakan belah ketupat dengan sifat khusus. Berdasarkan pernyataan tersebut, buatlah pengertian
persegi.
2. Tulislah
nama bangun datar yang sesuai dengan sifat berikut. Jawaban dapat lebih dari
satu.
a.
Sisi yang berhadapan sama panjang.
b.
Sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar.
c.
Diagonal-diagonalnya membagi 2 sama panjang.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 271-274, 274-283.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
6.3. Menghitung
keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
· Menghitung
keliling dan luas segi empat dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
· Menghitung
keliling dan luas segitiga dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
· Menghitung
keliling dan luas bangun datar dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
· Menemukan
rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang
sisinya.
· Menemukan
luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak (satuan luas).
· Menemukan
luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang.
· Menemukan
luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan
menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang.
· Menggunakan
rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan
masalah.
|
· Menurunkan
rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat.
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan
luas bangun segitiga dan segi empat.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Tentukan luas dan kelilng segi empat
berikut.
5 cm
8 cm
2.
Tentukan luas dan keliling segitiga berikut.
6,4 cm 4 cm
5 cm
3. Diagram di bawah ini menunjukkan taman
berbentuk segitiga.
6 m 10 m
10 m
Tutik ingin memberi pupuk ke seluruh tanah di
tamannya. Satu bungkus pupuk dapat digunakan untuk memupuki 8 m2.
Berapa
bungkus pupuk yang akan diperlukan Tutik?
|
6 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal.300-307, 307-312, 312-320.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis
bagi, garis berat, dan garis sumbu.
|
· Melukis
garis.
· Melukis
segitiga.
· Melukis
garis pada segitiga.
· Menyelidiki
segitiga sama kaki dan sama sisi.
|
· Menggunakan
penggaris, jangka, dan busur derajat untuk melukis garis tegak lurus, garis
bagi sudut, dan sumbu ruas garis.
· Menggunakan
penggaris, jangka, dan busur untuk
melukis segitiga, jika diketahui:
- Ketiga sisinya
- Dua sudut dan satu sudut
apitnya
- Satu sisi dan dua sudut
· Menggunakan
penggaris dan jangka untuk melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan
garis sumbu suatu segitiga.
· Menggunakan
penggaris, jangka, dan busur derajat untuk melukis segitiga sama kaki dan
segitiga sama sisi.
|
· Melukis segitiga
yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan
dua sudut.
· Melukis garis tinggi, garis
bagi, garis berat, dan garis sumbu suatu segitiga.
· Melukis
segitiga sama kaki dan segitiga sama sisi.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Lukislah sebuah segitiga jika diketahui
besar 2 sudutnya adalah dan 80o ,
dan satu sisinya adalah 5 cm.
2. Diketahui sebuah segitiga PQR dengan sisi 6 cm, 8 cm, dan 9 cm. Lukislah semua garis tinggi, garis bagi, garis
berat, dan garis sumbu segitiga tersebut.
3. Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 4 cm dan AB =
3 cm.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 290-293, 293-297, 297-299, 299-300, 321, 322-325, 325, 326.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
|
Segitiga dan Segi Empat.
|
· Melakukan ulangan berisi materi
yang berkaitan dengan segitiga dan segi empat.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai segitiga dan segi
empat.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
|
1. Diketahui layang-layang OABC dengan O(0, 0), A(8, 5), B(8, 3), dan C(5, 8). Tentukan luas laying-layang itu.
2. Sebuah segitiga siku-siku mempunyai alas
dan tinggi yang sama dengan panjang dan lebar suatu persegi panjang.
Perbandingan kelilingnya adalah ….
a. Keliling segitiga sama besar
b. Keliling
persegi panjang lebih besar.
c. Kelilingnya sama
d. Tidak dapat dijelaskan
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket hal. 271-326.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar