RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas / Semester : VI / I
Waktu :
2 x 35 Menit
Hari / Tanggal : Jum’at, 21 November 2008
A. STANDAR KOMPETENSI
·
Benda dan sifat yang mengalami
saling berhubungan antara suhu, sifat hantar dan kegunaannya.
B. KOMPETENSI DASAR
·
Menjelaskan alasan pemilihan benda
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantar dan paras
C. INDIKATOR
·
Membuat daftar nama-nama alat
dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifar konduktor dan isolator.
D. TUJUAN PEMBALAJARAN
·
Mengetahui dan dapat membedakan
alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor dan
isolator.
E. MATERI POKOK
·
Pemilihan benda berdasarkan
kemampuan penghanar panas.
F. METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah - Pemberian tugas
·
Tanya jawab
G. ALAT / SUMBER BAHAN
·
Alat : Setrika, sudip, pemanasan air,
sendok, dan lain-lain
·
Sumber bahan : Buku Sains Geneca exact
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
·
Tanya jawab mengenai konduktor
|
10
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Mengamati benda-benda yang ada
didepan kelas
·
Membagi kelompok untuk melakukan
percobaan
·
Menulis hasil pengamatan /
percobaan
·
Memepresentasikan
·
Menyelesaikan LKS
|
10
10
15
5
15
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Menyimpulkan meteri pelajaran
·
Memberi tugas (PR)
|
5
|
|
JUMLAH
|
70 Menit
|
|
I. PENILAIAN
- Lembaran pengamatan - Hasil
- Keaktifan -
LKS
- Kerja sama -
PR
- Tanggung Jawab
Mengetahui
Guru Pamong
(SITI MARYAM)
NIP. 131 976 522
|
Banda Aceh, 21 November
2008
Mahasiswa PPL
(KARNILA)
NIM. 0606404010133
|
Masukkan hasil
pengamatan mu kedalam tabel berikut ini. Berilah tanda cek (√) dikolom yang sesuai !
NO
|
BENDA
|
KONDUKTOR
|
ISOLATOR
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Sendok
Kawat
Batu
Pemanas air
Setrika
Rol
Pensil
Sudip
Uang logam
lilin
|
√
√
√
√
√
-
-
√
√
-
|
-
-
-
-
√
√
√
-
-
√
|
LKS
1.
Benda apa saja yang bersifat kondukor dan
benda apa saja yang bersifat isolator ?
2.
Bahan apa yang digunakan untuk membuat
konduktor dan isolator ?
Jawab
1.
-
Benda yang bersifat konduktor seperti, kuali (yang terbuat dari logam
atau besi semuanya), piring, kaca.
-
Benda yang bersifat isolator seperti,
sudip kayu, dan gelas plastik
2.
Bahan yang digunakan untuk membuat
konduktor seperti logam dan kaca, sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat
isolator seperti, plastik dan kayu
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VI / I
Waktu : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal : Rabu, 03 Desember 2008
A. STANDAR KOMPETENSI
·
Hak dan kewajiban warga Negara
terhadap pemerintah
B. KOMPETENSI DASAR
·
Menggunakan hak dan kewajiban
warga Negara
C. INDIKATOR
·
Menceritakan tentang hak dan
kewajiban warga Negara terhadap pemerintah, disekolah, rumah dan jalan raya
D. TUJUAN PEMBALAJARAN
·
Mengetahui dan dapat membedakan
alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor dan
isolator.
Materi POKOK
Dapat
mengerti tentang hak dan kewajiban yang bertanggung jawab, dan dapat berlatih
menghargai hak dan kewajiban warga Negara.
E. METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, memeberi LKS, memberi masukan
F. METODE PEMBELAJARAN
·
Alat : Buku, Papan tulis, spidol
·
Sumber : Buku Lingkungan Sosial 4
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Tanya jawab hak dam kewajiban terhadap warga Negara, pemerintah
disekolah, rumah dan jalan raya.
Kegiatan inti
Menerangkan / Menyabutkan, mengagambarkan hak dan kewajiban warga Negara
-
Siswa membicarakan tentang hak dan
kewajiban jadi warga Negara yang baik, disekolah, rumah, dan jalan raya, dan
dapat berlatih menghargai hak dan kewajiban Negara
-
Penguatan hasil diskusi
-
Evaluasi soal
Kegiatan Akhir
Memberi tugas
H. PENILAIAN
- Proses - Keaktifan
-
Kerja sama, tanggung jawab
Mengetahui
Guru Pamong
FERA YUSNITA
NIP. 989 014 543
|
Banda Aceh, 03
Desember 2008
Mahasiswa PPL
RIZKAL
NIM. 060640401016
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : II / I
Waktu :
2 x 3 Menit
Hari / Tanggal : Rabu, 12
November 2008
A. STANDAR KOMPETENSI
·
Mempraktikkan gerak dasar kedalam
permainan sederhana aktifitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya.
B. KOMPETENSI DASAR
·
Mempraktikan gerakan dasar jalan,
lari dan lompat dalam permainan sederhana, satu nilai spotivitas, kejujuran,
kerja sama, toleransi, dan percaya diri.
C. INDIKATOR
·
Mempraktikkan gerak dasar jalan
dengan berbagai langkah arah dan kecepatan
D. TUJUAN PEMBALAJARAN
·
Dapat melakukan gerak dasar jalan
dengan berbagai langkah arah dan kecepatan
E. MATERI
POKOK
·
Konsep arah
·
Gerak dasar lokomotor
F. ALAT DAN SUMBER BAHAN
·
Alat : Lapangan
·
Sumber bahan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBERLAJARAN
NO
|
URAIAN DAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan
·
Menyiapkan berhitung, berdo’a
·
Pemanasan
·
Membagi kelompok
|
5
10
5
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Melakukan jalan kedepan
·
Bejalan kesamping kiri dan
samping kanan
·
Melakukan jalan ditempat
·
Melakukan latihan gerak jalan
·
Melakukan gerakan melompat
kedepan dengan ayunan lengan
·
Melakukan permainan ular tangga
|
10
10
15
15
10
15
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Menjelaskan kembali meteri yang
telah diajarkan
·
Bernyanyi bersama-sama
|
5
5
|
|
JUMLAH
|
105 Menit
|
|
H. PENILAIAN
-
Pengamatan
-
Performance (ujuk kerja)
I. PRODUK SISWA
Mengetahui
Guru Pamong
(M. YAZID)
NIP. 390 020 713
|
Banda Aceh, 12
November 2008
Mahasiswa PPL
(KARNILA)
NIM. 0606404010133
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : V (lima) / I (satu)
Waktu :
2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)
Hari / Tanggal : Senin, 01 Desember 2008
A. STANDAR KOMPETENSI
·
Melakukan operasi hitung bilangan
bulat dalam pemecahan masalah
B. KOMPETENSI DASAR
·
Menghitung luas-luas trapesium dan
layang-layang
C. INDIKATOR
·
Menghitung luas trapesium
D. TUJUAN PEMBALAJARAN
·
Siswa dapat menghitung luas
trapesium
E. MATERI
POKOK
·
Pengukuran luas bangun datar
F.
ALAT / SUMBER
- Alat : Penggaris
/ Rol
- Sumber Belajar :
- Buku yang relavan (Matematika kelas V (lima)) Erlangga 2006
- KTSP
G. METODE PEMBELAJARAN
·
Tanya jawab
·
Inkuiri (Penemuan)
·
Penugasan
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Tanya jawab tentang bangun datar
|
5
menit
|
klasikal
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Siswa menggambarkan bangun datar
trapesium beserta dengan ukuran sisi dan tinggi yang ditetapkan oleh siswa ke
papan tulis
·
Siswa menghitung luas Trapesium
berdasarkan rumus (L. Trap
|
15
menit
20
menit
20
menit
|
Individu
Individu
klasikal
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Kesimpulan
·
Memberi Tugas/Pr
|
10
Menit
|
Klasikal
klasikal
|
JUMLAH
|
70 Menit
|
|
I. PENILAIAN HASIL DAN PROSES
* Hasil : Latihan dan PR
* Proses :
Keaktifan, tanggung jawab.
Soal
Kerjakanlah
soal berikut !
1. Hitunglah luas bangun Trapesium di bawah ini !
25 cm
|
|||
|
2.
Sebuah bangun datar trapesium dengan
ukuran sis 15 cm dan 10 cm, tinggi 10 cm., tentukan luasnya !
Mengetahui
Guru Pamong
(Raihan Adriani, A.ma.Pd)
NIP. 130 989 402
|
Banda Aceh, 01
Desember 2008
Mahasiswa PPL
(Dedi Rahmadi)
NIM. 06064040400217
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : V / I
Waktu :
1 x Pertemuan (2 x 39 Menit)
Hari / Tanggal : Kamis, 13 November 2008
A. STANDAR kOMPETENSI
|
:
|
Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
B. KOMPETENSI DASAR
|
:
|
Menjelaskan
masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecrpatan
|
C. INDIKATOR
|
:
|
Menentukan
satuan waktu jarak dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
|
:
|
Siswa mampu
menentukan jarak dan kecepatan
|
E. MATERI POKOK
|
:
|
Jarak dan
kecepatan
|
F. ALAT / SUMBER
|
:
|
Buku paket
“Matematika 5” penerbit Erlangga
|
|
||
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
|
10
menit
|
klasikal
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Menjelaskan tentang materi
·
Membuat contoh soal, dan
menyuruh siswa menyelesaikan
·
Pembagian kelompok dan
mengerjakan LKS
·
Pemanjangan hasil
|
15
menit
10
menit
10
menit
5 menit
|
Klasikal
Klasikal
Kelompok
kelompok
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Menyimpulkan materi
·
Pemberian tugas (PR)
|
5
Menit
5
Menit
|
Klasikal
klasikal
|
JUMLAH
|
70 Menit
|
|
H. PENILAIAN : Tes
lisan
Tes tulisan
I. PRODUK SISWA : Latihan dan performance
Mengetahui
Guru Bidang Study
(RAIHAN ADRIANI, A.Ma. Pd)
NIP. 130 989 402
|
Banda Aceh, 13
November 2008
Mahasiswi PPL
(CUT ROSNIATI)
NIM. 0664410231
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Kerjakan soal-soal dibawah ini !
1.
Bila jarak 120 km dan kecepatan 40 km/jam,
maka waktu tempuh adalah ?
2.
Bila waktu tempuh 5 jam dan kecepatan
rata-rata 50 km/jam maka jarak tempuh adalah ?
3.
Bila waktu tempuh 5 jam dan kecepatan 200
km/jam, maka jarak yang ditempuh adalah ?
4.
Doni mengendarai sepeda motor selama 3
jam, jarak yang ditempuh 75 km, berapakah kecepatan rata-rata ?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PEJJASKES
Kelas / Semester : III/I
Waktu :
3 x 35 menit
Hari / Tanggal : Senin, 15 Desember 2008
A. STANDAR kOMPETENSI
|
:
|
Melakukan
perjalanan diperkampungan sekitar sekolah dengan memperhatikan faktor
keselamatan diri dan orang lain dan memiliki pengetahuan / konsep serta nilai
yang terkandung didalamnya.
|
||||
B. KOMPETENSI DASAR
|
:
|
Melakukan
perjalanan diperkampungan sekitar sekolah
|
||||
C. INDIKATOR
|
:
|
·
Membuat denah jalan yang dilalui
di perkampungan
·
Bemain bebas diperkampungan
sekitar sekolah
|
||||
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
|
:
|
Siswa mengenal
lingkungan perkampungan disekitar sekolah.
|
||||
E. MATERI POKOK
|
:
|
Perkampungan
disekitar sekolah
|
||||
F. ALAT / SUMBER
Alat
:
Sumber : KTSP 2004, Pendidikan jasmani
|
||||||
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
||||||
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
||||
WAKTU
|
SISWA
|
|||||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Menyiapkan
·
Apersepsi
|
15
menit
|
kelas
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
·
Melakukan perjalanan
mengelilingi perkampungan disekitar sekolah
·
Melakukan pengenalan lingkungan
perkampungan sekitar
·
Membuat denah jalan yang dilalui
·
Melakukan permainan bola kasti
|
30
menit
25
menit
25
menit
20 menit
|
siswa
siswa
kelas
Siswa
|
|||
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Penjelasan kembali materi yang
diajarkan
·
Kesehatan (kebersihan anggota
tubuh)
|
10
Menit
10
Menit
|
Kelas
Siswa
|
|||
JUMLAH
|
160 Menit
|
|
||||
G. PENILAIAN
* Pengamatan
* Performance
(unjuk kerja)
H. PRODUK SISWA
Mengetahui
Guru Bidang Studi
(M. YAZID, S.Pd)
NIP. 390 020 713
|
Banda Aceh, 15
Desember 2008
Mahasiswi PPL
(FADLINA)
NIM. 0606404010143
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : V (lima) I (satu)
Waktu :
2 x 3 Menit
Hari / Tanggal : Rabu, 19
November 2008
A. STANDAR KOMPETENSI
·
Menghargai berbagai peninggalan
dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu, Budha dan Islam
keragaman kenampakan alam dan suku serta kegiatan ekonomi Indonesia
B.
KOMPETENSI
DASAR
·
Menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya di Indonesia
C.
INDIKATOR
·
Menunjukkan pada peta penyebaran
daerah asal suku bangsa di Indonesia
D.
TUJUAN
PEMBALAJARAN
·
Siswa mampu membaca peta dengan
baik dan benar
E. MATERI
POKOK
·
Keragaman suku bangsa dan budaya
di Indonesia
F.
ALAT / BAHAN / SUMBER
a.
Alat :
Media gambar
b.
Sumber bahan : Buku IPS terpadu, erlangga KTSP 06
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
·
Tanya jawab tentang keragaman
dan suku bangsa
|
10
menit
|
Kelas
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Penjelasan Keragaman suku bangsa
di Indonesia
·
Siswa membaca peta dan
menyebutkan suku-suku yang terdapat tiap-tiap provinsi yang ada pada peta
·
Memberi LKS
·
Meminta anak secara individu
untuk menggambar peta
·
Mengumpulkan hasil kerja siswa
|
15
menit
10
menit
10
menit
5 menit
|
Kelas
Kelas
Kelas
Kelas
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Pemanjangan
·
PR
·
Revleksi
|
5
Menit
|
kelas
|
JUMLAH
|
70 Menit
|
|
H. PENILAIAN
* Lisan
* Tulisan
Mengetahui
Guru Bidang Studi
(FERA YUSNITA)
NIP. 989 014 545
|
Banda Aceh, 19 November
2008
Guru PPL
(TITI ELIDA)
NIM. 0606404010061
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPS
Hari / Tanggal : Kamis, 27 November 2008
Kelas / Semester : VI / I
Waktu :
3 x 35
A. STANDAR kOMPETENSI
|
:
|
Memahami
perkembangan wilayah Indonesia,
kemampuan alam dan keadaan social Negara-negara di Asia Tenggara
|
B. KOMPETENSI DASAR
|
:
|
Mengindetinfikasi
benua-benua
|
C. INDIKATOR
|
:
|
Mengidentifikasi
ciri khas Negara besar di setiap benua
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
|
:
|
Siswa dapat
menyebutkan nama-nama Negara di Asia Tenggara
|
E. MATERI POKOK
|
:
|
Benua-benua
|
F. ALAT / SUMBER BELAJAR
Alat : Peta Asia Tenggara
Sumber : KTSP buku
IPS terpadu kelas VI hal 56 penerbit Erlangga
|
||
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
·
Tanya jawab tentang benua
|
25
menit
|
Kelas
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Penjelasan tentang nama-nama
benua dan samudra
·
Siswa mengamati peta Asia
Tenggara
·
Siswa menyebutkan nama-nama
Negara yang terdapat di Asia Tenggara
·
Mengisi LKS
|
25
menit
10
menit
10
menit
15
menit
|
Kelas
Individu
Kelas
Individu
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Kesimpulan
·
Memberikan PR
|
5 menit
5
menit
|
kelas
|
JUMLAH
|
105 Menit
|
|
H. PENILAIAN
Tes Lisan (Tanya
jawab)
Tes Tulisan
(Mengisi LKS)
NEGARA-NEGARA ASIA
TENGGARA
NO
|
NEGARA
|
IBU KOTA
|
BENTUK PEMERINTAHAN
|
MATA UANG
|
||
1.
|
Indonesia
|
Jakarta
|
Republik
|
Rupiah
|
||
2.
|
Malaysia
|
Kuala Lumpur
|
………………….
|
………………….
|
||
3.
|
Singapura
|
Singapura
|
………………….
|
………………….
|
||
4.
|
Thailand
|
Bangkok
|
………………….
|
………………….
|
||
5.
|
Myanmar
|
Noypyintow
|
………………….
|
………………….
|
||
6.
|
Kamboja
|
Phnom Penh
|
………………….
|
………………….
|
||
7.
|
Laos
|
Vientiane
|
………………….
|
………………….
|
||
8.
|
Vietnam
|
Hanoi
|
………………….
|
………………….
|
||
9.
|
Filipina
|
………………….
|
………………….
|
………………….
|
||
10.
|
Brunai Darussalam
|
………………….
|
………………….
|
………………….
|
||
11.
|
Timor
Leste
|
………………….
|
………………….
|
………………….
|
||
Mengetahui
Guru Bidang Studi
(FERA YUNITA)
NIP. 989 014 543
|
Banda Aceh, 27
November 2008
Mahasiswi PPL
(FADLINA)
NIM. 0606404010143
|
|||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / I
Jenjang Pendidikan : SD
Waktu :
2 x 35 Menit
Hari / Tanggal : Selasa/ 11 November 2008
A. STANDAR KOMPETENSI
·
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi
bebas
B.
KOMPETENSI
DASAR
·
Menulis puisi bebas dengan pilihan
kata yang tepat
C.
INDIKATOR
·
Siswa mampu menulis puisi
D.
TUJUAN
PEMBALAJARAN
·
Siswa bisa menghasilkan karya
puisi dengan kata yang tepat
E. MATERI
POKOK
·
Puisi
F.
ALAT / BAHAN / SUMBER
a.
Alat :
Contoh-contoh puisi
b.
Sumber belajar : - KTSP
- Buku : Aku
Cinta Bahasa Indonesia,
untuk SD kelas V sarana, hal 63-17
G. METODE
- Diskusi
- Ceramah
- Demonstrasi
H. PENGALAMAN BELAJAR
I. Kegiatan Awal
- Apersepsi
- Tanya Jawab
II Kegiatan Inti
-
Menjelaskan cara membuat puisi
-
Memberi contoh-contoh puisi
-
Siswa menanggapi contoh-contoh puisi yang diberikan
-
Siswa menulis puisi bebas dengan pilihan
kata yang tepat
-
Siswa membaca karya puisi didepan kelas
-
Memberi latihan
III Kegiatan
Akhir
-
Memberi tugas rumah
I. PENILAIAN : Proses Dan Hasil
J. PRODUK SISWA : Performance Siswa,
Latihan Dan PR
Mengetahui
Guru Pamong
(AINAL MARDIAH)
NIP. 130 465 225
|
Banda Aceh, 11 November
2008
Mahasiswa PPL
(RENI)
NIM. 0606404010145
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : PENJESKES
Kelas / Semester : V / I
Waktu :
1 x Pertemuan (3x 35 Menit)
Hari / Tanggal : Jum’at, 12 Desember 2008
A. STANDAR kOMPETENSI
|
:
|
Mempraktekkan
berbagai bentuk senam ketangkasan dengan control yang baik dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya.
|
B. KOMPETENSI DASAR
|
:
|
Mempraktekkan
latihan lengan dan pelemasan dan yang benar sebelum memulai aktivitas senam
serta nilai percaya diri
|
C. INDIKATOR
|
:
|
Latihan lengan
dengan sikap lilin
|
D. MATERI POKOK
|
:
|
Latihan senam
peregangan dan ketangkasan (lanjutan)
|
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
|
:
|
Siswa mampu
melakukan senam peregangan dan ketangkasan.
|
F. ALAT / SUMBER
|
:
|
Buku paket
Penjaskes
|
|
||
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
|
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
PENGELOLAAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
·
Pemanasan
|
15
menit
|
klasikal
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Melakukan gerakan guling depan dengan sikap permulaan
jongkok
·
Melakukan gerakan guling depan dengan sikap permulaan
berdiri
·
Melakukan gerakan lari dilajutkan dengan guling ke
depan
·
Melakukan gerakan-gerakan estaje.
|
15
menit
10
menit
10
menit
20 menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Menjelaskan kembali materi yang
telah diajarkan
·
Tanya jawab
·
Pendinginan
|
5
Menit
5
Menit
15
Menit
|
Klasikal
Klasikal
klasikal
|
JUMLAH
|
105 Menit
|
|
H. PENILAIAN : -
Pengamatan
- performance (Unjuk Kerja)
I. PRODUK SISWA :
Mengetahui
Guru Bidang Study
(M. Yazid.S.Pd)
NIP. 390 020 713
|
Banda Aceh, 13
November 2008
Mahasiswi PPL
(CUT ROSNIATI)
NIM. 0664410231
|
B. SARAN-SARAN
Menurut
pengmatan praktikan selama pelaksanaan PPL di Sekolah Dasar Negeri 52
Peunyeurat Banda Aceh yang perlu diperhatikan adalah :
1.
Sarana dan prasarana yang telah ada harus
dipelihara dan ditingkatkan lagi agar proses belajar dapat berlangsung lebh
baik lagi.
2.
Anak-anak yang mendapat masalah atau
konflik harus diberi motivasi atau dilakukan suatu bimbingan atau penyuluhan
agar-anak tersebut termotivasi untuk belajar
3.
Bagi mahasiswa (i) yang mengambil mata
kuliah PPL, harus betul-betul mempersiapkan diri sebaik mungkin terhadap semua
disiplin ilmu yang ditekun.
4.
Kunjungan dosen pembimbing harus lebih
ditingkakan lagi demi membantu memcahkan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa
(i) PPL.
5.
Tanggung jawab pendidikan terhadap anak
didik janganlah diserahkan kepada anak didik semata-mata, akan tetapi merupakan
tanggung jawab bersama antara lembaga pendidikan, pemerintah dan keluarga.
6.
Proses Pelaksanaan Progam Pelangalaman
Lapangan (PPL), mahasiswa (i) PPL mempergunakan atau memamfaatkan waktu
sebaik-baiknya, karena PPL adalah pengalaman yang sangat berguna dalam
mengembangkan profesionalnya sebagai seorang guru.
JADWAL
MENGAJAR TERBIMBING (DEDI RAHMADI)
HARI / TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
GURU BIDANG STUDI
|
Kamis, 30
Oktober 2008
|
IPA
|
V
|
SITI MARYAM
|
Kamis, 26
November 2008
|
IPA
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Senin, 10
November 2008
|
IPA
|
VI
|
SITI MARYAM
|
Rabu, 05
November 2008
|
PPKN
|
IV
|
DAHNIAR
|
Kamis, 06
November 2008
|
IPA
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Rabu, 12
November 2008
|
B. INDONESIA
|
V
|
AINAL MARDIAH
|
Senin, 17
November 2008
|
B. INDONESIA
|
IV
|
AINAL MARDIAH
|
Rabu, 19
November 2008
|
IPS
|
IV
|
FERA YUSNITA
|
Kamis, 20
November 2008
|
B. INDONESIA
|
IV
|
AINAL MARDIAH
|
Jum’at, 20
November 2008
|
MATEMATIKA
|
IV
|
SURIANI, S. Pd
|
JADWAL
MENGAJAR MANDIRI
HARI / TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
GURU BIDANG STUDI
|
Senin, 25
November 2008
|
B. INDONESIA
|
VI
|
AINAL MARDIAH
|
Kamis, 27
November 2008
|
IPS
|
|
FERA YUSNITA
|
Kamis, 2
November 2008
|
MATEMATIKA
|
V
|
RAIHAN ADRIANI
|
Jum’at, 28 November
2008
|
PENJAS
|
VI
|
M. YAZID
|
Senin, 01
Desember 2008
|
MATEMATIKA
|
V
|
RAIHAN ADRIANI
|
Selasa, 02
Desember 2008
|
IPA
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Rabu, 0 Desember 2008
|
IPS
|
V
|
FERA YUSNITA
|
Rabu, 0 Desember 2008
|
IPS
|
VI
|
FERA YUSNITA
|
Kamis, 0 Desember 2008
|
PPKN
|
IV
|
DAHNIAR
|
Kamis, 12
Desember 2008
|
PPKN
|
III
|
DAHNIAR
|
Kamis, 12
Desember 2008
|
B. INGGRIS
|
IV
|
NURULAINI
|
Sealsa, 17
Desember 2008
|
MATEMATIKA
|
VI
|
SURIANI, S. Pd
|
Jum’at, 20
Desember 2008
|
PPKN
|
VI
|
DAHNIAR
|
Senin, 25
Desember 2008
|
IPA
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Jum’at, 21
Desember 2008
|
PENJAS
|
V
|
M. YAZID
|
JADWAL
MENGAJAR TERBIMBING (CUT ROSNIATI)
HARI / TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
GURU BIDANG STUDI
|
Rabu, 29 Oktober
2008
|
B. INDONESIA
|
V
|
AINAL MARDIAH
|
Senin, 02
November 2008
|
MATEMATIKA
|
V
|
RAIHAN
ADRIANI, A. Ma. Pd
|
Rabu, 06
November 2008
|
IPS
|
IV
|
FERA YUSNITA
|
Kamis, 06
November 2008
|
SAINS
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Jum’at, 07
November 2008
|
PPKN
|
III
|
DAHNIAR
|
Senin, 10
November 2008
|
MATEMATIKA
|
IV
|
SURIANI, S. Pd
|
Selasa, 11
November 2008
|
B. INDONESIA
|
VI
|
AINAL MARDIAH
|
Rabu, 12
November 2008
|
B. INDONESIA
|
III
|
SURIANI, S. Pd
|
Kamis, 20
November 2008
|
B. INDONESIA
|
IV
|
AINAL MARDIAH
|
Jum’at, 14
November 2008
|
SAINS
|
VI
|
SITI MARYAM
|
JADWAL
MENGAJAR MANDIRI
HARI / TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
GURU BIDANG STUDI
|
Selasa, 18
November 2008
|
B. INDONESIA
|
III
|
DARMIATI
|
Kamis, 13
November 2008
|
MATEMATIKA
|
V
|
RAIHAN
ADRIANI, A. Ma. Pd
|
Kamis, 20
November 2008
|
SAINS
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Sabtu, 22
November 2008
|
PPKN
|
VI
|
DAHNIAR
|
Senin, 24
Desember 2008
|
SAINS
|
V
|
SITI MARYAM
|
Kamis, 27
Desember 2008
|
SAINS
|
III
|
DARMIATI
|
Selasa, 02
Desember 2008
|
MATEMATIKA
|
III
|
DARMIATI
|
Kamis, 04
Desember 2008
|
B. INGGRIS
|
V
|
NURUL AINI
|
Jum’at, 05
Desember 2008
|
B. INGGRIS
|
IV
|
NURUL AINI
|
Kamis, 11
Desember 2008
|
B. INGGRIS
|
VI
|
NURUL AINI
|
Selasa, 16
Desember 2008
|
SBK
|
V
|
RAIHAN
ADRIANI, A. Ma. Pd
|
Rabu, 17
Desember 2008
|
PPKN
|
IV
|
DAHNIAR
|
Kamis, 18
Desember 2008
|
IPS
|
III
|
FERA YUSNITA
|
Jum’at, 12
Desember 2008
|
PENJASKES
|
V
|
M. YAZID, S. Pd
|
Senin, 15
Desember 2008
|
MATEMATIKA
|
VI
|
DURIANI, S. Pd
|
JADWAL
MENGAJAR TERBIMBING (CUT ROSNIATI)
HARI / TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
GURU BIDANG STUDI
|
Rabu, 05 Oktober
2008
|
MATEMATIKA
|
III
|
SURIANI, S. Pd
|
Kamis, 05
November 2008
|
IPS
|
III
|
FERA YUSNITA
|
Kamis, 04
November 2008
|
SAINS
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Rabu, 03
November 2008
|
IPS
|
IV
|
FERA YUSNITA
|
Rabu, 17
November 2008
|
IPS
|
IV
|
FERA YUSNITA
|
Rabu, 16
November 2008
|
PPKN
|
VI
|
DAHNIAR
|
Selasa, 16
November 2008
|
PPKN
|
V
|
DAHNIAR
|
Rabu, 16
November 2008
|
PPKN
|
IV
|
DAHNIAR
|
Senin, 01
Desember 2008
|
B. INDONESIA
|
IV
|
AINAL MARDIAH
|
Sabtu, 12
Desember 2008
|
PENJAS
|
IV
|
M. YAZID
|
Sabtu, 15
Desember 2008
|
PENJAS
|
IV
|
M. YAZID
|
JADWAL
MENGAJAR MANDIRI
HARI / TANGGAL
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS
|
GURU BIDANG STUDI
|
Selasa, 18
November 2008
|
MATEMATIKA
|
III
|
|
Kamis, 20
November 2008
|
B. INDONESIA
|
IV
|
|
Kamis,
|
PENJAS
|
VI
|
M. YAZID
|
Senin,
|
PENJAS
|
III
|
M. YAZID
|
Senin, 20 November
2008
|
MATEMATIKA
|
III
|
|
Jum’at, 21
November 2008
|
PPKN
|
VI
|
|
Selasa, 25
November 2008
|
SAINS
|
IV
|
SITI MARYAM
|
Rabu, 26 November 2008
|
IPS
|
V
|
RAIHAN
ADRIANI, A. Ma. Pd
|
Jum’at, 28
November 2008
|
|
V
|
|
Senin, 01
Desember 2008
|
MATEMATIKA
|
IV
|
RAIHAN
ADRIANI, A. Ma. Pd
|
Selasa, 02
Desember 2008
|
SAINS
|
IV
|
RAIHAN
ADRIANI, A. Ma. Pd
|
Kamis, 04
Desember 2008
|
B. ARAB
|
IV
|
|
Sabtu, 06
Desember 2008
|
KETERAMPILAN
|
III
|
|
Selasa, 20
Desember 2008
|
PPKN
|
V
|
DAHNIAR
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Praktek Pengalaman Lapangan Laporan
(PPL), berlangsung di SD 52 Peunyeurat Banda Aceh, kegiatan PPL ini
dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan yang berlangsung sejak tanggal 16
Oktober sampai dengan 10 Januari 2009.
Adapun tujuan kegiatan dari PPL ini
adalah untuk mendapatkan Pengalaman mengajar langsung di Sekolah Dasar, serta
mampu berinteraksi dengan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung
didalam kelas.
Berkenan dengan perencanaan proses
kegiatan prektikan melakukan observasi dengan berdasarkan diskusi sesame teman.
Praktekan, guru kelas, kepala SDN 25 Banda Aceh, perencanaan pengajaran disusun
berdasarkan kurikulum yang berlaku sekarang di Sekolah Dasar yaitu Kurikulum
Tingkar Kesatuan Pembelajaran (KTSP), materi pelajaran yang disampaikan pada
setiap pertemuan berdasarkan buku pegangan yang diberikan sekolah.
Sebelum praktikan mengajar, terlebih
dahulu praktikan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelahjaran (PPL) dan melakukan
diskusi dengan guru kelas, pelaksanaan mengajar yang telah direncanakan menurut
jadwal dan materi pembahasan yang telah disetujui dan disepakati dengan guru
pamong atau guru kelas masing-masing pada pelaksanaan proses belajar mengajar
pada praktikan memiliki metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan,
sehingga dapat lebih aktif dalam proses kegiatan belajar, baik secara
emosional, fisik maupun secara social. Apabila ada masalah didalam proses
kegiatan belajar mengajar, praktikan menanggapi langsung masalah tersebut dalam
memecahkan persoalan didalam kelas bersama-sama dengan siswa.
B. TUJUAN
Adapun tujuan yang diharapkan
setelah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah memberikan keterampilan
khusus dalam proses belajar mengajar agar praktikan mampu :
- Untuk menyusun suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tingkar Sekolah Dasar.
- Untuk mengembangkan dan menerapkan proses strategi belajar mengajar agar siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.
- Menguasai kelas, sehingga guru praktikan dapat menciptakan suasana yang lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar.
- Mengalisis pengalaman belajar dan meneruskan temuan tentang kasus yang ada di Sekolah Dasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar