View My Stats

Rabu, 01 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SD Negeri 52 Banda Aceh Mata Pelajaran : SAINS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 : SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran    : SAINS
Kelas / Semester  : VI / I
Waktu                   : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal      : Jum’at, 21 November 2008

A.     STANDAR KOMPETENSI
·        Benda dan sifat yang mengalami saling berhubungan antara suhu, sifat hantar dan kegunaannya.

B.     KOMPETENSI DASAR
·        Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantar dan paras

C.     INDIKATOR
·        Membuat daftar nama-nama alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifar konduktor dan isolator.

D.    TUJUAN PEMBALAJARAN
·        Mengetahui dan dapat membedakan alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor dan isolator.

E.     MATERI POKOK
·        Pemilihan benda berdasarkan kemampuan penghanar panas.

F.      METODE PEMBELAJARAN
·        Ceramah                                  - Pemberian tugas
·        Tanya jawab
G.    ALAT / SUMBER BAHAN
·        Alat                              : Setrika, sudip, pemanasan air, sendok, dan lain-lain
·        Sumber bahan              : Buku Sains Geneca exact

H.    LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN

NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
·        Apersepsi
·        Tanya jawab mengenai konduktor
10

2.
Kegiatan Inti
·        Mengamati benda-benda yang ada didepan kelas
·        Membagi kelompok untuk melakukan percobaan
·        Menulis hasil pengamatan / percobaan
·        Memepresentasikan
·        Menyelesaikan LKS

10
10
15
5
15

3.
Kegiatan Akhir
·        Menyimpulkan meteri pelajaran
·        Memberi tugas (PR)

5

JUMLAH
70 Menit


I.   PENILAIAN
- Lembaran pengamatan                                    - Hasil
- Keaktifan                                                       - LKS
- Kerja sama                                                    - PR
- Tanggung Jawab       
                       
Mengetahui
Guru Pamong



(SITI MARYAM)
NIP. 131 976 522

Banda Aceh, 21 November 2008
Mahasiswa PPL


(KARNILA)
NIM. 0606404010133




Masukkan hasil pengamatan mu kedalam tabel berikut ini. Berilah tanda cek (√) dikolom yang sesuai !

NO
BENDA
KONDUKTOR
ISOLATOR
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Sendok
Kawat
Batu
Pemanas air
Setrika
Rol
Pensil
Sudip
Uang logam
lilin
-
-
-
-
-
-
-
-
-

LKS

1.      Benda apa saja yang bersifat kondukor dan benda apa saja yang bersifat isolator ?

2.      Bahan apa yang digunakan untuk membuat konduktor dan isolator ?

            Jawab

1.      -  Benda yang bersifat konduktor seperti, kuali (yang terbuat dari logam atau besi semuanya), piring, kaca.
-   Benda yang bersifat isolator seperti, sudip kayu, dan gelas plastik


2.      Bahan yang digunakan untuk membuat konduktor seperti logam dan kaca, sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat isolator seperti, plastik dan kayu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                          : SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran             : IPS
Kelas / Semester           : VI / I
Waktu                            : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal               : Rabu,  03 Desember 2008

A.     STANDAR KOMPETENSI
·        Hak dan kewajiban warga Negara terhadap pemerintah

B.     KOMPETENSI DASAR
·        Menggunakan hak dan kewajiban warga Negara

C.     INDIKATOR
·        Menceritakan tentang hak dan kewajiban warga Negara terhadap pemerintah, disekolah, rumah dan jalan raya

D.    TUJUAN PEMBALAJARAN
·        Mengetahui dan dapat membedakan alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor dan isolator.

Materi POKOK              
            Dapat mengerti tentang hak dan kewajiban yang bertanggung jawab, dan dapat berlatih menghargai hak dan kewajiban warga Negara.

E.     METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, memeberi LKS, memberi masukan

F.      METODE PEMBELAJARAN
·        Alat                              : Buku, Papan tulis, spidol
·        Sumber                        : Buku Lingkungan Sosial 4


G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
Tanya jawab hak dam kewajiban terhadap warga Negara, pemerintah disekolah, rumah dan jalan raya.

Kegiatan inti
Menerangkan / Menyabutkan, mengagambarkan hak dan kewajiban warga Negara
-         Siswa membicarakan tentang hak dan kewajiban jadi warga Negara yang baik, disekolah, rumah, dan jalan raya, dan dapat berlatih menghargai hak dan kewajiban Negara
-         Penguatan hasil diskusi
-         Evaluasi soal

Kegiatan Akhir
Memberi tugas

H.    PENILAIAN
- Proses                  - Keaktifan
                                    - Kerja sama, tanggung jawab



Mengetahui
Guru Pamong



FERA YUSNITA
NIP. 989 014 543
Banda Aceh, 03 Desember 2008
Mahasiswa PPL



RIZKAL
NIM. 060640401016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                          : SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran             : PENJASKES
Kelas / Semester           : II / I
Waktu                            : 2 x 3 Menit
Hari / Tanggal               : Rabu,  12 November 2008

A.     STANDAR KOMPETENSI
·        Mempraktikkan gerak dasar kedalam permainan sederhana aktifitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya.

B.     KOMPETENSI DASAR
·        Mempraktikan gerakan dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, satu nilai spotivitas, kejujuran, kerja sama, toleransi, dan percaya  diri.

C.     INDIKATOR
·        Mempraktikkan gerak dasar jalan dengan berbagai langkah arah dan kecepatan

D.    TUJUAN PEMBALAJARAN
·        Dapat melakukan gerak dasar jalan dengan berbagai langkah arah dan kecepatan

E.   MATERI POKOK
·        Konsep arah
·        Gerak dasar lokomotor

F.      ALAT DAN SUMBER BAHAN
·        Alat                  : Lapangan
·        Sumber bahan


G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBERLAJARAN
NO
URAIAN DAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan
·        Menyiapkan berhitung, berdo’a
·        Pemanasan
·        Membagi kelompok
5
10
5

2.
Kegiatan Inti
·        Melakukan jalan kedepan
·        Bejalan kesamping kiri dan samping kanan
·        Melakukan jalan ditempat
·        Melakukan latihan gerak jalan
·        Melakukan gerakan melompat kedepan dengan ayunan lengan
·        Melakukan permainan ular tangga

10
10
15
15
10

15

3.
Kegiatan Akhir
·        Menjelaskan kembali meteri yang telah diajarkan
·        Bernyanyi bersama-sama

5
5

JUMLAH
105 Menit


H.    PENILAIAN 
-         Pengamatan
-         Performance (ujuk kerja)

I.       PRODUK SISWA

Mengetahui
Guru Pamong



(M. YAZID)
NIP. 390 020 713
Banda Aceh, 12 November 2008
Mahasiswa PPL



(KARNILA)
NIM. 0606404010133




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                             : SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran                : MATEMATIKA
Kelas / Semester              : V (lima) / I (satu)
Waktu                               : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)
Hari / Tanggal                  : Senin, 01 Desember 2008

A.     STANDAR KOMPETENSI
·        Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

B.     KOMPETENSI DASAR
·        Menghitung luas-luas trapesium dan layang-layang

C.     INDIKATOR
·        Menghitung luas trapesium

D.    TUJUAN PEMBALAJARAN
·        Siswa dapat menghitung luas trapesium

E.   MATERI POKOK
·        Pengukuran luas bangun datar

F.   ALAT / SUMBER
- Alat                     : Penggaris / Rol
- Sumber Belajar    :
- Buku yang relavan (Matematika kelas V (lima)) Erlangga 2006
- KTSP




G.    METODE PEMBELAJARAN
·        Tanya jawab
·        Inkuiri (Penemuan)
·        Penugasan

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
·        Tanya jawab tentang bangun datar
5 menit
klasikal
2.
Kegiatan Inti
·        Siswa menggambarkan bangun datar trapesium beserta dengan ukuran sisi dan tinggi yang ditetapkan oleh siswa ke papan tulis
·        Siswa menghitung luas Trapesium berdasarkan rumus (L. Trap

15 menit


20 menit
20 menit
Individu


Individu
klasikal
3.
Kegiatan Akhir
·        Kesimpulan
·        Memberi Tugas/Pr

10 Menit
Klasikal
klasikal
JUMLAH
70 Menit


I.       PENILAIAN HASIL DAN PROSES
* Hasil                    : Latihan dan PR
* Proses                 : Keaktifan, tanggung jawab.












Soal

            Kerjakanlah soal berikut !

1.      Hitunglah luas bangun Trapesium di bawah ini !
       25 cm







10 cm
 





                                                                            


50 cm
 






2.      Sebuah bangun datar trapesium dengan ukuran sis 15 cm dan 10 cm, tinggi 10 cm., tentukan luasnya !










Mengetahui
Guru Pamong



(Raihan Adriani, A.ma.Pd)
NIP. 130 989 402
Banda Aceh, 01 Desember 2008
Mahasiswa PPL



(Dedi Rahmadi)
NIM. 06064040400217
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                : MATEMATIKA
Kelas / Semester              : V / I
Waktu                               : 1 x Pertemuan (2 x 39 Menit)
Hari / Tanggal                  : Kamis, 13 November 2008

A. STANDAR kOMPETENSI
:
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah
B. KOMPETENSI DASAR
:
Menjelaskan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecrpatan
C. INDIKATOR
:
Menentukan satuan waktu jarak dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
:
Siswa mampu menentukan jarak dan kecepatan
E. MATERI POKOK
:
Jarak dan kecepatan
F. ALAT / SUMBER
:
Buku paket “Matematika 5” penerbit Erlangga

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
·        Apersepsi
10 menit
klasikal
2.
Kegiatan Inti
·        Menjelaskan tentang materi
·        Membuat contoh soal, dan menyuruh siswa menyelesaikan
·        Pembagian kelompok dan mengerjakan LKS
·        Pemanjangan hasil

15 menit
10 menit

10 menit
5   menit

Klasikal
Klasikal

Kelompok
kelompok
3.
Kegiatan Akhir
·        Menyimpulkan materi
·        Pemberian tugas (PR)

5 Menit
5 Menit
Klasikal
klasikal
JUMLAH
70 Menit

H. PENILAIAN          : Tes lisan
                                       Tes tulisan

I. PRODUK SISWA  : Latihan dan performance



Mengetahui
Guru Bidang Study



(RAIHAN ADRIANI, A.Ma. Pd)
NIP. 130 989 402
Banda Aceh, 13 November 2008
Mahasiswi PPL



(CUT ROSNIATI)
NIM. 0664410231



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Kerjakan soal-soal dibawah ini !

1.      Bila jarak 120 km dan kecepatan 40 km/jam, maka waktu tempuh adalah ?
2.      Bila waktu tempuh 5 jam dan kecepatan rata-rata 50 km/jam maka jarak tempuh adalah ?
3.      Bila waktu tempuh 5 jam dan kecepatan 200 km/jam, maka jarak yang ditempuh adalah ?
4.      Doni mengendarai sepeda motor selama 3 jam, jarak yang ditempuh 75 km, berapakah kecepatan rata-rata ?

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                : PEJJASKES
Kelas / Semester              : III/I
Waktu                               : 3 x 35 menit
Hari / Tanggal                  : Senin, 15 Desember 2008

A. STANDAR kOMPETENSI
:
Melakukan perjalanan diperkampungan sekitar sekolah dengan memperhatikan faktor keselamatan diri dan orang lain dan memiliki pengetahuan / konsep serta nilai yang terkandung didalamnya.

B. KOMPETENSI DASAR
:
Melakukan perjalanan diperkampungan sekitar sekolah

C. INDIKATOR
:
·        Membuat denah jalan yang dilalui di perkampungan
·        Bemain bebas diperkampungan sekitar sekolah

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
:
Siswa mengenal lingkungan perkampungan disekitar sekolah.

E. MATERI POKOK
:
Perkampungan disekitar sekolah

F. ALAT / SUMBER
Alat        :
Sumber : KTSP 2004, Pendidikan jasmani





G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN

WAKTU
SISWA

1.
Kegiatan Awal
·        Menyiapkan
·        Apersepsi
15 menit
kelas

2.
Kegiatan Inti
·        Melakukan perjalanan mengelilingi perkampungan disekitar sekolah
·        Melakukan pengenalan lingkungan perkampungan sekitar
·        Membuat denah jalan yang dilalui
Text Box: Lhong raya 






·        Melakukan permainan bola kasti

30 menit

25 menit

25 menit









  20 menit

siswa

siswa

kelas









    Siswa

3.
Kegiatan Akhir
·        Penjelasan kembali materi yang diajarkan
·        Kesehatan (kebersihan anggota tubuh)

10 Menit
10 Menit
Kelas
Siswa

JUMLAH
160 Menit










G. PENILAIAN
* Pengamatan
* Performance (unjuk kerja)

H. PRODUK SISWA

Mengetahui
Guru Bidang Studi



(M. YAZID, S.Pd)
NIP. 390 020 713

Banda Aceh, 15 Desember 2008
Mahasiswi PPL



(FADLINA)
NIM. 0606404010143
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                          : SD Negeri 52 Banda Aceh
Mata Pelajaran             : IPS
Kelas / Semester           : V (lima)  I (satu)
Waktu                            : 2 x 3 Menit
Hari / Tanggal               : Rabu,  19 November 2008

A.     STANDAR KOMPETENSI
·        Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu, Budha dan Islam keragaman kenampakan alam dan suku serta kegiatan ekonomi Indonesia

B.                 KOMPETENSI DASAR
·        Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

C.                 INDIKATOR
·        Menunjukkan pada peta penyebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia

D.                TUJUAN PEMBALAJARAN
·        Siswa mampu membaca peta dengan baik dan benar

E.   MATERI POKOK
·        Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

F.  ALAT / BAHAN / SUMBER
a.       Alat                        : Media gambar
b.      Sumber bahan        : Buku IPS terpadu, erlangga KTSP 06






G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
·        Apersepsi
·        Tanya jawab tentang keragaman dan suku bangsa
10 menit
Kelas
2.
Kegiatan Inti
·        Penjelasan Keragaman suku bangsa di Indonesia
·        Siswa membaca peta dan menyebutkan suku-suku yang terdapat tiap-tiap provinsi yang ada pada peta
·        Memberi LKS
·        Meminta anak secara individu untuk menggambar peta
·        Mengumpulkan hasil kerja siswa

15 menit
10 menit

10 menit
5   menit

Kelas Kelas

Kelas
Kelas
3.
Kegiatan Akhir
·        Pemanjangan
·        PR
·        Revleksi

5 Menit

kelas
JUMLAH
70 Menit


H. PENILAIAN
* Lisan
* Tulisan



Mengetahui
Guru Bidang Studi



(FERA YUSNITA)
NIP. 989 014 545

Banda Aceh, 19 November 2008
Guru  PPL



(TITI ELIDA)
NIM. 0606404010061


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                : IPS
Hari / Tanggal                  : Kamis, 27 November 2008
Kelas / Semester              : VI / I
Waktu                               : 3 x 35

A. STANDAR kOMPETENSI
:
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kemampuan alam dan keadaan social Negara-negara di Asia Tenggara

B. KOMPETENSI DASAR
:
Mengindetinfikasi benua-benua

C. INDIKATOR
:
Mengidentifikasi ciri khas Negara besar di setiap benua

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
:
Siswa dapat menyebutkan nama-nama Negara di Asia Tenggara

E. MATERI POKOK
:
Benua-benua

F. ALAT / SUMBER BELAJAR
Alat        : Peta Asia Tenggara
Sumber : KTSP buku IPS terpadu kelas VI hal 56 penerbit Erlangga

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
·        Apersepsi
·        Tanya jawab tentang benua
25 menit
Kelas
2.
Kegiatan Inti
·        Penjelasan tentang nama-nama benua dan samudra
·        Siswa mengamati peta Asia Tenggara
·        Siswa menyebutkan nama-nama Negara yang terdapat di Asia Tenggara
·        Mengisi LKS

25 menit
10 menit

10 menit
15 menit

Kelas
Individu

Kelas
Individu
3.
Kegiatan Akhir
·        Kesimpulan
·        Memberikan PR

5 menit
5 menit
kelas
JUMLAH
105 Menit


H. PENILAIAN
Tes Lisan (Tanya jawab)
Tes Tulisan (Mengisi LKS)

NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA
NO
NEGARA
IBU KOTA
BENTUK PEMERINTAHAN
MATA UANG
1.
Indonesia
Jakarta
Republik
Rupiah
2.
Malaysia
Kuala Lumpur
………………….
………………….
3.
Singapura
Singapura
………………….
………………….
4.
Thailand
Bangkok
………………….
………………….
5.
Myanmar
Noypyintow
………………….
………………….
6.
Kamboja
Phnom Penh
………………….
………………….
7.
Laos
Vientiane
………………….
………………….
8.
Vietnam
Hanoi
………………….
………………….
9.
Filipina
………………….
………………….
………………….
10.
Brunai Darussalam
………………….
………………….
………………….
11.
Timor Leste
………………….
………………….
………………….

Mengetahui
Guru Bidang Studi



(FERA YUNITA)
NIP. 989 014 543

Banda Aceh, 27 November 2008
Mahasiswi  PPL



(FADLINA)
NIM. 0606404010143









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           : V / I
Jenjang Pendidikan       : SD
Waktu                            : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal               : Selasa/ 11 November 2008

A.     STANDAR KOMPETENSI
·        Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas

B.                 KOMPETENSI DASAR
·        Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

C.                 INDIKATOR
·        Siswa mampu menulis puisi

D.                TUJUAN PEMBALAJARAN
·        Siswa bisa menghasilkan karya puisi dengan kata yang tepat

E.   MATERI POKOK
·        Puisi

F.  ALAT / BAHAN / SUMBER
a.       Alat                        : Contoh-contoh puisi
b.      Sumber belajar       : -  KTSP
  - Buku : Aku Cinta Bahasa Indonesia, untuk SD kelas V sarana, hal 63-17





G. METODE
- Diskusi
- Ceramah
- Demonstrasi

H. PENGALAMAN BELAJAR
I.  Kegiatan Awal
-    Apersepsi
-    Tanya Jawab

II  Kegiatan Inti
-         Menjelaskan cara membuat puisi
-         Memberi contoh-contoh puisi
-         Siswa menanggapi contoh-contoh puisi  yang diberikan
-         Siswa menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
-         Siswa membaca karya puisi didepan kelas
-         Memberi latihan

III Kegiatan Akhir
-         Memberi tugas rumah

I. PENILAIAN           : Proses Dan Hasil

J. PRODUK SISWA : Performance Siswa, Latihan Dan PR



Mengetahui
Guru Pamong



(AINAL MARDIAH)
NIP. 130 465 225

Banda Aceh, 11 November 2008
Mahasiswa  PPL



(RENI)
NIM. 0606404010145


               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                : PENJESKES
Kelas / Semester              : V / I
Waktu                               : 1 x Pertemuan (3x 35 Menit)
Hari / Tanggal                  : Jum’at, 12 Desember 2008

A. STANDAR kOMPETENSI
:
Mempraktekkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan control yang baik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

B. KOMPETENSI DASAR
:
Mempraktekkan latihan lengan dan pelemasan dan yang benar sebelum memulai aktivitas senam serta nilai percaya diri

C. INDIKATOR
:
Latihan lengan dengan sikap lilin

D. MATERI POKOK
:
Latihan senam peregangan dan ketangkasan (lanjutan)

E. TUJUAN PEMBELAJARAN
:
Siswa mampu melakukan senam peregangan dan ketangkasan.

F. ALAT / SUMBER
:
Buku paket Penjaskes

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO
URAIAN KEGIATAN
PENGELOLAAN
WAKTU
SISWA
1.
Kegiatan Awal
·        Apersepsi
·        Pemanasan
15 menit
klasikal
2.
Kegiatan Inti
·        Melakukan gerakan guling depan dengan sikap permulaan jongkok
·        Melakukan gerakan guling depan dengan sikap permulaan berdiri
·        Melakukan gerakan lari dilajutkan dengan guling ke depan
·        Melakukan gerakan-gerakan estaje.

15 menit

10 menit

10 menit

20   menit

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal
3.
Kegiatan Akhir
·        Menjelaskan kembali materi yang telah diajarkan
·        Tanya jawab
·        Pendinginan

5 Menit
5 Menit
15 Menit
Klasikal Klasikal
klasikal
JUMLAH
105 Menit

H. PENILAIAN          : - Pengamatan
                                       - performance (Unjuk Kerja)

I. PRODUK SISWA  :



Mengetahui
Guru Bidang Study



(M. Yazid.S.Pd)
NIP. 390 020 713
Banda Aceh, 13 November 2008
Mahasiswi PPL



(CUT ROSNIATI)
NIM. 0664410231


B. SARAN-SARAN

             Menurut pengmatan praktikan selama pelaksanaan PPL di Sekolah Dasar Negeri 52 Peunyeurat Banda Aceh yang perlu diperhatikan adalah :
1.      Sarana dan prasarana yang telah ada harus dipelihara dan ditingkatkan lagi agar proses belajar dapat berlangsung lebh baik lagi.
2.      Anak-anak yang mendapat masalah atau konflik harus diberi motivasi atau dilakukan suatu bimbingan atau penyuluhan agar-anak tersebut termotivasi untuk belajar
3.      Bagi mahasiswa (i) yang mengambil mata kuliah PPL, harus betul-betul mempersiapkan diri sebaik mungkin terhadap semua disiplin ilmu yang ditekun.
4.      Kunjungan dosen pembimbing harus lebih ditingkakan lagi demi membantu memcahkan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa (i) PPL.
5.      Tanggung jawab pendidikan terhadap anak didik janganlah diserahkan kepada anak didik semata-mata, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama antara lembaga pendidikan, pemerintah dan keluarga.
6.      Proses Pelaksanaan Progam Pelangalaman Lapangan (PPL), mahasiswa (i) PPL mempergunakan atau memamfaatkan waktu sebaik-baiknya, karena PPL adalah pengalaman yang sangat berguna dalam mengembangkan profesionalnya sebagai seorang guru.

JADWAL MENGAJAR TERBIMBING (DEDI RAHMADI)


HARI / TANGGAL
MATA PELAJARAN
KELAS
GURU BIDANG STUDI
Kamis, 30 Oktober 2008
IPA
V
SITI MARYAM
Kamis, 26 November 2008
IPA
IV
SITI MARYAM
Senin, 10 November 2008
IPA
VI
SITI MARYAM
Rabu, 05 November 2008
PPKN
IV
DAHNIAR
Kamis, 06 November 2008
IPA
IV
SITI MARYAM
Rabu, 12 November 2008
B. INDONESIA
V
AINAL MARDIAH
Senin, 17 November 2008
B. INDONESIA
IV
AINAL MARDIAH
Rabu, 19 November 2008
IPS
IV
FERA YUSNITA
Kamis, 20 November 2008
B. INDONESIA
IV
AINAL MARDIAH
Jum’at, 20 November 2008
MATEMATIKA
IV
SURIANI, S. Pd


JADWAL MENGAJAR MANDIRI

HARI / TANGGAL
MATA PELAJARAN
KELAS
GURU BIDANG STUDI
Senin, 25 November 2008
B. INDONESIA
VI
AINAL MARDIAH
Kamis, 27 November 2008
IPS

FERA YUSNITA
Kamis, 2 November 2008
MATEMATIKA
V
RAIHAN ADRIANI
Jum’at, 28 November 2008
PENJAS
VI
M. YAZID
Senin, 01 Desember 2008
MATEMATIKA
V
RAIHAN ADRIANI
Selasa, 02 Desember 2008
IPA
IV
SITI MARYAM
Rabu, 0  Desember 2008
IPS
V
FERA YUSNITA
Rabu, 0  Desember 2008
IPS
VI
FERA YUSNITA
Kamis, 0  Desember 2008
PPKN
IV
DAHNIAR
Kamis, 12 Desember 2008
PPKN
III
DAHNIAR
Kamis, 12 Desember 2008
B. INGGRIS
IV
NURULAINI
Sealsa, 17 Desember 2008
MATEMATIKA
VI
SURIANI, S. Pd
Jum’at, 20 Desember 2008
PPKN
VI
DAHNIAR
Senin, 25 Desember 2008
IPA
IV
SITI MARYAM
Jum’at, 21 Desember 2008
PENJAS
V
M. YAZID


JADWAL MENGAJAR TERBIMBING (CUT ROSNIATI)


HARI / TANGGAL
MATA PELAJARAN
KELAS
GURU BIDANG STUDI
Rabu, 29 Oktober 2008
B. INDONESIA
V
AINAL MARDIAH
Senin, 02 November 2008
MATEMATIKA
V
RAIHAN ADRIANI, A. Ma. Pd
Rabu, 06 November 2008
IPS
IV
FERA YUSNITA
Kamis, 06 November 2008
SAINS
IV
SITI MARYAM
Jum’at, 07 November 2008
PPKN
III
DAHNIAR
Senin, 10 November 2008
MATEMATIKA
IV
SURIANI, S. Pd
Selasa, 11 November 2008
B. INDONESIA
VI
AINAL MARDIAH
Rabu, 12 November 2008
B. INDONESIA
III
SURIANI, S. Pd
Kamis, 20 November 2008
B. INDONESIA
IV
AINAL MARDIAH
Jum’at, 14 November 2008
SAINS
VI
SITI MARYAM


JADWAL MENGAJAR MANDIRI

HARI / TANGGAL
MATA PELAJARAN
KELAS
GURU BIDANG STUDI
Selasa, 18 November 2008
B. INDONESIA
III
DARMIATI
Kamis, 13 November 2008
MATEMATIKA
V
RAIHAN ADRIANI, A. Ma. Pd
Kamis, 20 November 2008
SAINS
IV
SITI MARYAM
Sabtu, 22 November 2008
PPKN
VI
DAHNIAR
Senin, 24 Desember 2008
SAINS
V
SITI MARYAM
Kamis, 27 Desember 2008
SAINS
III
DARMIATI
Selasa, 02 Desember 2008
MATEMATIKA
III
DARMIATI
Kamis, 04 Desember 2008
B. INGGRIS
V
NURUL AINI
Jum’at, 05 Desember 2008
B. INGGRIS
IV
NURUL AINI
Kamis, 11 Desember 2008
B. INGGRIS
VI
NURUL AINI
Selasa, 16 Desember 2008
SBK
V
RAIHAN ADRIANI, A. Ma. Pd
Rabu, 17 Desember 2008
PPKN
IV
DAHNIAR
Kamis, 18 Desember 2008
IPS
III
FERA YUSNITA
Jum’at, 12 Desember 2008
PENJASKES
V
M. YAZID, S. Pd
Senin, 15 Desember 2008
MATEMATIKA
VI
DURIANI, S. Pd


JADWAL MENGAJAR TERBIMBING (CUT ROSNIATI)


HARI / TANGGAL
MATA PELAJARAN
KELAS
GURU BIDANG STUDI
Rabu, 05 Oktober 2008
MATEMATIKA
III
SURIANI, S. Pd
Kamis, 05 November 2008
IPS
III
FERA YUSNITA
Kamis, 04 November 2008
SAINS
IV
SITI MARYAM
Rabu, 03 November 2008
IPS
IV
FERA YUSNITA
Rabu, 17 November 2008
IPS
IV
FERA YUSNITA
Rabu, 16 November 2008
PPKN
VI
DAHNIAR
Selasa, 16 November 2008
PPKN
V
DAHNIAR
Rabu, 16 November 2008
PPKN
IV
DAHNIAR
Senin, 01 Desember 2008
B. INDONESIA
IV
AINAL MARDIAH
Sabtu, 12 Desember 2008
PENJAS
IV
M. YAZID
Sabtu, 15 Desember 2008
PENJAS
IV
M. YAZID


JADWAL MENGAJAR MANDIRI

HARI / TANGGAL
MATA PELAJARAN
KELAS
GURU BIDANG STUDI
Selasa, 18 November 2008
MATEMATIKA
III

Kamis, 20 November 2008
B. INDONESIA
IV

Kamis,
PENJAS
VI
M. YAZID
Senin,
PENJAS
III
M. YAZID
Senin, 20 November 2008
MATEMATIKA
III

Jum’at, 21 November 2008
PPKN
VI

Selasa, 25 November 2008
SAINS
IV
SITI MARYAM
Rabu, 26  November 2008
IPS
V
RAIHAN ADRIANI, A. Ma. Pd
Jum’at, 28 November 2008

V

Senin, 01 Desember 2008
MATEMATIKA
IV
RAIHAN ADRIANI, A. Ma. Pd
Selasa, 02 Desember 2008
SAINS
IV
RAIHAN ADRIANI, A. Ma. Pd
Kamis, 04 Desember 2008
B. ARAB
IV

Sabtu, 06 Desember 2008
KETERAMPILAN
III

Selasa, 20 Desember 2008
PPKN
V
DAHNIAR


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
            Praktek Pengalaman Lapangan Laporan (PPL), berlangsung di SD 52 Peunyeurat Banda Aceh, kegiatan PPL ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan yang berlangsung sejak tanggal 16 Oktober   sampai dengan 10 Januari 2009.
            Adapun tujuan kegiatan dari PPL ini adalah untuk mendapatkan Pengalaman mengajar langsung di Sekolah Dasar, serta mampu berinteraksi dengan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung didalam kelas.
            Berkenan dengan perencanaan proses kegiatan prektikan melakukan observasi dengan berdasarkan diskusi sesame teman. Praktekan, guru kelas, kepala SDN 25 Banda Aceh, perencanaan pengajaran disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku sekarang di Sekolah Dasar yaitu Kurikulum Tingkar Kesatuan Pembelajaran (KTSP), materi pelajaran yang disampaikan pada setiap pertemuan berdasarkan buku pegangan yang diberikan sekolah.
            Sebelum praktikan mengajar, terlebih dahulu praktikan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelahjaran (PPL) dan melakukan diskusi dengan guru kelas, pelaksanaan mengajar yang telah direncanakan menurut jadwal dan materi pembahasan yang telah disetujui dan disepakati dengan guru pamong atau guru kelas masing-masing pada pelaksanaan proses belajar mengajar pada praktikan memiliki metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, sehingga dapat lebih aktif dalam proses kegiatan belajar, baik secara emosional, fisik maupun secara social. Apabila ada masalah didalam proses kegiatan belajar mengajar, praktikan menanggapi langsung masalah tersebut dalam memecahkan persoalan didalam kelas bersama-sama dengan siswa.
B. TUJUAN
            Adapun tujuan yang diharapkan setelah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah memberikan keterampilan khusus dalam proses belajar mengajar agar praktikan mampu :
  1. Untuk menyusun suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tingkar Sekolah Dasar.
  2. Untuk mengembangkan dan menerapkan proses strategi belajar mengajar agar siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.
  3. Menguasai kelas, sehingga guru praktikan dapat menciptakan suasana yang lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar.
  4. Mengalisis pengalaman belajar dan meneruskan temuan tentang kasus yang ada di Sekolah Dasar.

Tidak ada komentar: