View My Stats

Jumat, 03 Februari 2012

(BAHAN DAN ALAT PENDUKUNG UNTUK INSTRUMENT PENELITIAN SKRIPSI) (2) = =PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI TABUNG DI KELAS VIII MTsS DARUSSYARI’AH 2007/2008


PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
PADA MATERI TABUNG

Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas                          : VIII
Pertemuan ke             : III
Nama Siswa
RPP 1
Kategori Kegiatan
1
2
3
4
5
6
7
Jmlh
Azizah
2
2
9
1
1
1
0
16
Raudhah
2
2
7
1
3
1
0
16
Nofril Nanda Riski
2
0
7
3
3
0
1
16
Dina Rauzana
2
2
8
1
2
1
0
16
Jothy Mia Risky
 2
1
7
2
2
1
0
16
Munanjar
2
   4
6
1
2
0
1
16
Jumlah
12
11
44
9
13
4
3
96
Persentase (%)
12,5
11,45
45,83
9,37
13,54
4,16
3,12



            Berdasarkan tabel diatas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktifitas siswa untuk masing-masing kategori pada rencana pembelajaran ketiga juga belum efektif, dikarenakan ada kategori aktivitas siswa yang masih diluar waktu ideal, aktivitas tersebut adalah:
1.  Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah (aktivitas no.3)
      Tingginya aktivitas siswa pada pertemuan ke III ini dalam menyelesaikan masalah karena dalam peretemuan ini siswa diberikan tes akhir.
2.       Membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau diskusi kelas (aktivitas no.4)
Banyaknya siswa yang tidak membandingkan jawaban dalam kelompok karena mereka tidak mau hasil kerjanya diketahui oleh orang lain.
3.       Menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur (aktivitas no.6)
Siswa megerjakan soal tes.]

4.   Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (aktivitas no.7)
Perilaku yang tidak relevan ini terjadi karena banyak siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal bertanya pada siswa lain.

     



PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
PADA MATERI TABUNG

Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas                          : VIII
Pertemuan ke             : II
Nama Siswa
RPP 1
Kategori Kegiatan
1
2
3
4
5
6
7
Jmlh
Azizah
2
2
5
4
1
2
0
16
Raudhah
2
3
4
3
2
2
0
16
Nofril Nanda Riski
2
2
3
4
3
1
1
16
Dina Rauzana
2
2
4
5
2
1
0
16
Jothy Mia Risky
 2
2
3
6
2
1
0
16
Munanjar
3
   2
2
4
3
2
0
16
Jumlah
13
13
21
26
13
9
1
96
Persentase (%)
13,54
13,54
21,18
26,04
13,54
9,37
1,04



            Berdasarkan tabel diatas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktifitas siswa untuk masing-masing kategori pada rencana pembelajaran kedua juga belum efektif, dikarenakan masih ada aktivitas siswa yang masih diluar waktu ideal, aktivitas tersebut adalah:
1.  Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah (aktivitas no.3)
      Berdasarkan pengamatan di lapangan, banyaknya siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal yang ada pada LKS maupun pada tes akhir disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa pada materi sebelumnya, sehingga mereka kewalahan untuk menyelesaikan soal berikutnya. Selain itu siswa juga sangat tergantung pada contoh soal yang telah diberikan sebelumnya, sehingga bila ada soal yang sedikit melenceng dari contoh soal (dibolak-balek), maka siswa tidak bisa menyelesaikan soal tersebut.
    








PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
PADA MATERI TABUNG

Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas                          : VIII
Pertemuan ke             : I
Nama Siswa
RPP 1
Kategori Kegiatan
1
2
3
4
5
6
7
Jmlh
Azizah
2
2
4
2
5
1
0
16
Raudhah
1
2
4
1
6
2
0
16
Nofril Nanda Riski
2
2
4
2
3
1
2
16
Dina Rauzana
2
3
2
1
4
0
4
16
Jothy Mia Risky
2
3
5
2
3
1
0
16
Munanjar
6
   2
0
1
1
0
6
16
Jumlah
15
14
19
9
22
5
12
96
Persentase (%)
15,62
14,58
19,79
9,37
22,91
5,20
12,5



            Data hasil pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran tabung pada pertemuan pertama belum efektif, dikarenakan ada beberapa aktivitas siswa yang masil diluar waktu ideal, aktivitas tersebut adalah:
1. Membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau kelas (aktivitas no.4)
    Menurut pengamatan, siswa dalam setiap kelompok tidak ingin hasil kerja kelompoknya diketahui oleh kelompok lain, sehingga tidak terjadinya diskusi antar kelompok. Tetapi ketika guru menyuruh perwakilan dari satu kelompok untuk maju kedepan, disinilah siswa membandingkan jawaban kelompoknya.
2. Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman. (aktivitas no.5)
     ini disebabkan kurangnya motivasi dari guru bahwa keberhasilan  kelompok lebih diutamakan. Dengan demikian akan adanya diskusi antar anggota kelompok.

3. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (aktivitas no.7)
     Berdasarkan pengamatan dari pengamat, salah satu sebabnya karena matematika masuk pada jam 07.45 tetapi siswa baru datang semua pada jam 07.55, sehingga ada yang telat untukbergabung dalam kelompok. Selain itu seharusnya guru telah membagi kelompok sebelum pelajaran tersebut di mulai atau seharis sebelumnya sehingga tidak membuang waktu.







Hasil Pengamatan Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran
            Hasil pengamatan kemampuan guru selama pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:
Aspek yang diamati
RPP 01
RPP 02
RPP 03
Ratarata
Kegiatan Pendahuluan




1.   Kemampuan memotivasi siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran

4
5
4
5
2.   Kemampuan menghubungkan pelajaran saat ini dengan pelajaran sebelumnya/membahas PR

4
4
4
4


3.   kemampuan mengimformasikan langkah-langkah pembelajaran.


4
4
4
4
Kegiatan Inti




4.   kemampuan menjelaskan soal/masalah kontekstual

4
4
4
4
5.   Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberi bantuan terbatas.

3
4
4
3,5
6.   Kemampuan mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah

4
4
4
4
7.   Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja.

4
4
4
4
8.   Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan jawaban dengan temannya.

4
4
4
4
9. Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas

4
4
5
5
10.   Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa.

4
4
4
4
11.   Kemampuan mengarahkan siswa menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika.

3
4
4
3,5
12.   Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya, mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan.

4
4
5
5
13.   Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan.

4
4
4
4
Kegiatan Penutup




14.   Kemampuan menegaskan hal-hal penting/intisari berkaitan dengan pembelajaran

4
5
4
5
15.   Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya dan memberikan PR/menutup pelajaran.

4
4
4
4
16.   Kemampuan mengelola waktu.

3
4
4
3,5
17.   Antusias siswa

4
4
5
5
18.   Antusias Guru

4
4
5
5
Rata-rata
3,83
4,11
4,22

Sumber: Hasil olah data

Berdasarkan tabel di atas terlihat bahwa setiap aspek yang diamati dalam mengelola pembelajaran dari tiga kali pertemuan yang diamati oleh pengamat termasuk dalam kategori baik dan cukup Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Quantum Teaching adalah  efektif









HASIL PENGAMATAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING



Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah
Mata Pelajaran          : Matematika            
Materi Pokok             :Luas Permukaan dan Volume Tabung       
Kelas                          : II-2
Pertemuan                  : I

No
Aspek Yang Diamati
RPP I

Pendahuluan

1.
Kemampuan memotivasi siswa/ mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
4
2.
Kemampuan menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
4
3.
Kemampuan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran
4

Kegiatan Inti

4.
Kemampuan menjelaskan soal/masalah kontekstual
5
5.
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberikan bentuan terbatas
3
6.
Kemampuan mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
4
7.
Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
4
8.
 Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
4
9.
Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
4
10.
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
4
11.
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
3
12.
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
4
13.
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan    
4

Kegiatan Penutup

14
Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan pembelajaran.
3
15
Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran   
3

Lain-lain

16.
Kemampuan mengelola waktu
4
17.
Antusian siswa
4
18.
Antusias guru
4
Rata-rata
3,83










HASIL PENGAMATAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING



Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah
Mata Pelajaran          : Matematika            
Materi Pokok             :Unsur-unsur tabung dan luas selimut tabung                     
Kelas                          : II-2

No
Aspek Yang Diamati
RPP I

Pendahuluan

1.
Kemampuan memotivasi siswa/ mengkomunikasikan tujuan pembelajaran.
5
2.
Kemampuan menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
4
3.
Kemampuan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran
4

Kegiatan Inti

4.
Kemampuan menjelaskan soal/masalah kontekstual
4
5.
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberikan bentuan terbatas
5
6.
Kemampuan mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
4
7.
Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
4
8.
 Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
3
9.
Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
4
10.
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
4
11.
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
5
12.
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
3
13.
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan    
4

Kegiatan Penutup

14
Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan pembelajaran.
5
15
Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran   
5

Lain-lain

16.
Kemampuan mengelola waktu
3
17.
Antusian siswa
4
18.
Antusias guru
4
Rata-rata
4,11
























Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran
            Data hasil pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran selama tiga kali tatap muka dinyatakan dengan persentase. Pengamatan dilakukan oleh dua orang pengamat sejak dimulai hingga berakhir kegiatan pembelajaran. Pengamat mencatat aktivitas dominan siswa setiap 5 menit. Data tersebut secara singkat dalam tabel berikut ini.
No

Kategori pengamatan
Persentase Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran (%)
Persenta
se rata-rata (%)
Waktu Ideal
Toleransi 5%
RPP I
RPP II
RPP III
1
Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru/teman
15,62
13,54
12,5
13,88
13%
7%P18%
2
Membaca/memahami masalah kontekstual di LKS
14,58
13,54
11,45

13,19

10%
5P15%
3
Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
19,79
21,18
45,83
28,93
27%
22%P32%
4
Membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau diskusi kelas
9,37
26,04
9,37
14,92
30%
25%P35%
5
Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman
22,91
13,54
13,54
16,63
10%
5%P15%
6
Menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur
5,20
9,37
4,16
6,24
10%
5%P15%
7
Perilaku yang tidak relevan dengan KBM
12,5
1,04
3,12
5,55
0%
0%P5%

Berdasarkan tabel di atas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktivitas siswa dalam pembelajaran  maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa untuk masing-masing kategori pada setiap RPP adalah tidak efektif.










Revisi Rencana Pembelajaran  I
Aktifitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu (menit)
Ket
Pendahuluan

5

·         Guru membuka pelajaran dan meminta siswa untuk menyiapkan buku dan alat tulis.


·         Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana awal siswa dengan cara:
a.       Tanya jawab guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya tabung dengan cara menunjukkan pulpen/spidol (media tabung)


b.       Mengajukan pertanyaan tentang bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan siswa khususnya bangun ruang yang berbentuk tabung.

·         Siswa mendengarkan guru dan diikuti sambil membuka buku dan menyiapkan alat tulis


a.Siswa mendengar dan memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan cara menjawab pertanyaan dari guru


 b.Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung yang ada disekitar lingkungan siswa.

Fase I:
Tumbuhkan
Kegiatan Inti

65

·      Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok yang telah dibagikan guru sehari sebelumnya dan guru mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut
.
·        Guru meminta siswa untuk mengamati alat peraga yang disajikan, dan meminta siswa untuk mengiris tabung yang terbuat dari karton berdasarkan rusuk-rusuk tertentu sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari sisi lain.
·        Siswa menuju kelompok masing-masing dan mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru.


·        Siswa mengerjakan sesuai petunjuk.
15
Fase II:  Alami
·        Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS bila siswa mengalami kesulitan.

·         Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan idenya dalam menyebutkan unsur-unsur tabung, dan luas selimut tabung dengan berdiskusi kelompok
·           Siswa membahas materi  yang sedang dipelajari bersama-sama dalam kelompok.
·           Siswa berdiskusi dalam kelompok
24
Fase III : Namai
·          Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya

·          Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk memperesentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
·          Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·          Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak sesuai.
6
Fase IV : Demonstrasikan.




·         Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama.


·         Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang hasil yang diperoleh siswa



·         Guru meminta siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali secara benar,  sederhana dan sistematis

·            Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru dipelajari sebanyak dua soal.


·         Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/ belum bisa dipecahkan.
·        Siswa mencatat beberapa  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·         Siswa merangkum materi


·         Siwa mengerjakan soal secara individual.
25
Fase V : Ulangi
·         Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.

·         Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil

2
Fase VI : Rayakan
Penutup

2

·         Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·         Guru meminta siswa agar mengatur meja kelompok sebelum masuk ruang pada pertemuan selanjutnya.




Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.

















Lampiran 7

Rencana Pembelajaran  I
Aktifitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu (menit)
Ket
Pendahuluan

5

·         Guru membuka pelajaran dan meminta siswa untuk menyiapkan buku dan alat tulis.



·         Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana awal siswa dengan cara:
a.       Menyampaikan tujuan pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya tabung dengan cara menunjukkan pulpen/spidol (media tabung)


b.       Mengajukan pertanyaan tentang bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan siswa.

·         Siswa mendengarkan guru dan diikuti sambil membuka buku serta menyiapkan alat tulis

·         Siswa mendengar dan memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan kegunaan materi yang akan dipelajari



·         Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dengan menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung.

Fase I:
Tumbuhkan
Kegiatan Inti

65

·         Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok belajar dan guru mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut
.
·         Guru meminta siswa untuk mengamati alat peraga yang disajikan, dan meminta siswa untuk mengiris tabung yang terbuat dari karton berdasarkan rusuk-rusuk tertentu sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari sisi lain.
·         Siswa menuju kelompok masing-masing dan mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru.
·         Siswa mengerjakan sesuai petunjuk.
15
Fase II:  Alami
·        Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS bila siswa mengalami kesulitan.

·         Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan idenya dalam menyebutkan unsur-unsur tabung, dan luas selimut tabung.
·           Siswa membahas materi  yang sedang dipelajari bersama-sama dalam kelompok.
·           Siswa berdiskusi dalam mengemukakan ide dalam suatu kelompok
24
Fase III : Namai
·         Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya

·        Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat memperesentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
·         Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·         Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak sesuai.

6
Fase IV : Demonstrasikan.




·         Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama.


·         Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang hasil yang diperoleh siswa



·         Guru meminta siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali secara benar,  sederhana dan sistematis

·            Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru dipelajari sebanyak dua soal.


·         Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/ belum bisa dipecahkan.
·        Siswa mencatat beberapa  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·         Siswa merangkum materi


·         Siwa mengerjakan soal secara individual.
25
Fase V : Ulangi
·         Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.

·         Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil

2
Fase VI : Rayakan
Penutup

2

·         Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·         Guru meminta siswa agar mengatur meja kelompok sebelum masuk ruang pada pertemuan selanjutnya.




Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.













Lampiran 13
Rencana Pembelajaran III
Aktifitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu (menit)
Ket
Pendahuluan

8

·         Guru membuka pelajaran dengan meminta seorang siswa untuk mengerjakan satu soal didepan sehingga akan membuat siswa mengingat materi yang lalu dan memudahkannya dalam materi selanjutnya yaitu menggunakan rumus luas selimut, permukaan, dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari. .

·         Siswa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru.
·         Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan.

·         Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya jawab.

Fase I:
Tumbuhkan
Kegiatan Inti

22

·         Guru mengarahkan siswa untuk dapat menggunakan rumus-rumus tabung yang telah dipelajari sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru memberikan contoh soal dalam menerapkan rumus-rumus tabung tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

·         Guru memberikan beberapa soal penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
    

·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.


·         Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru.
·         Siswa mulai mengerjakan soal secara individu.


Fase II:  Alami
·        Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan soal

·           Siswa bertanya jika ada yang belum dipahami

Fase III : Namai
·         Guru meminta pada siswa untuk menyiapkan hasil kerjanya.

·         Guru meminta siswa untuk mengerjakan di depan. Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume tabung.
·         Setiap siswa menyiapkan hasil kerjanya.
·         Siswa yang lain mengoreksi bila ada yang salah.
.


Fase IV : Demonstrasikan.




·         Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.
·         Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil


Fase VI : Rayakan
Penutup

50

·         Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai materi tabung sebanyak lima soal

·         Siswa mulai mengerjakan soal yang diberikan guru secara individu..



Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.














Revisi Rencana Pembelajaran II
Aktifitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu (menit)
Ket
Pendahuluan

10

·         Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari dengan meminta seorang siswa untuk menyebutkan unsur-unsur yang menyusun tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung
·         Guru kembali menjelaskan bagaimana menyelesaikan soal jika yang diketahui jari-jari atau diameter lingkaran dan memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya, sehingga akan membantu siswa dalam pembelajaran selanjutnya.
·         Guru menjelaskan pentingnya mengetahui luas permukaan dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dan menggambar kembali jaring-jaring tabung.

·         Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan.





·         Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya jawab.

Fase I:
Tumbuhkan
Kegiatan Inti

65

·         Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok.

·         Guru mengarahkan siswa untuk menemukan luas permukaan dan volume tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang kurang jelas.


·         Siswa menuju kelompok masing-masing.
·         Siswa mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru


·         Siswa mulai mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan bertanya jika ada yang kurang jelas.
5
Fase II:  Alami
·        Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS bila siswa mengalami kesulitan dan memberi sedikit waktu khusus untuk bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada pertemuan sebelumnya.
·        Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali informasi baru sehingga dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume tabung.
·           Siswa membahas LKS bersama-sama dalam kelompok.



·            Setiap siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing
23
Fase III : Namai
·         Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya
]
·         Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat mempresentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.




·         Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume tabung.
·         Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·         Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak sesuai.
·         Siswa mengerjakan soal bersama-sama dalam kelompok.

15
Fase IV : Demonstrasikan.




·      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan.


·     Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama dan memberi sedikit waktu khusus untuk bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada pertemuan sebelumnya.

·         Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang hasil yang diperoleh siswa dan membimbing siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali secara benar,  sederhana dan sistematis
·         Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru dipelajari sebanyak dua soal.
·         Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/ belum bisa dipecahkan.
·        Siswa mencatat beberapa  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama





·         Siswa merangkum materi



·         Siswa mengerjakan soal secara individual.
25
Fase V : Ulangi
·         Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal dengan baik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.
·         Siswa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil

2
Fase VI : Rayakan
Penutup

5

·         Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·         Guru memberikan soal-soal latihan rumah

·         Siswa mencatat soal-soal latihan rumah.



Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.

















Lampiran 10
Rencana Pembelajaran II
Aktifitas Guru
Aktivitas Siswa
Waktu (menit)
Ket
Pendahuluan

10

·         Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari dengan meminta seorang siswa untuk menyebutkan unsur-unsur yang menyusun tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung.
·         Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya, sehingga akan membantu siswa dalam pembelajaran selanjutnya.
·         Guru menjelaskan pentingnya mengetahui luas permukaan dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dan menggambar kembali jaring-jaring tabung.

·         Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan.

·         Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya jawab.

Fase I:
Tumbuhkan
Kegiatan Inti

65

·         Guru mengarahkan siswa untuk menemukan luas permukaan dan volume tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang kurang jelas.

    

·         Siswa mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru


·         Siswa mulai mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan bertanya jika ada yang kurang jelas.
5
Fase II:  Alami
·        Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS bila siswa mengalami kesulitan.
·        Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali informasi baru sehingga dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume tabung.
·           Siswa membahas LKS bersama-sama dalam kelompok.
·            Setiap siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing
23
Fase III : Namai
·         Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya

·         Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat mempresentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.




·         Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume tabung.
·         Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya.
·         Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak sesuai.
·         Siswa mengerjakan soal bersama-sama dalam kelompok.

15
Fase IV : Demonstrasikan.



·         Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan.


·         Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama.


·         Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang hasil yang diperoleh siswa dan membimbing siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali secara benar,  sederhana dan sistematis

·         Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru dipelajari sebanyak dua soal.

·         Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/ belum bisa dipecahkan.
·        Siswa mencatat beberapa  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama
·         Siswa merangkum materi




·         Siswa mengerjakan soal secara individual.
25
Fase V : Ulangi
·         Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.


·         Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil

2
Fase VI : Rayakan
Penutup

5

·         Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya
·         Guru memberikan soal-soal latihan rumah

·         Siswa mencatat soal-soal latihan rumah.



Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.












Tabel  Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan III
No
Nama Siswa
Nilai
Ketuntasan Belajar
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa 4
Siswa 5
Siswa 6
Siswa 7
Siswa 8
Siswa 9
Siswa 10
Siswa 11
Siswa 12
Siswa 13
Siswa 14
Siswa 15
Siswa 16
Siswa 17
Siswa 18
Siswa 19
Siswa 20
Siswa 21
Siswa 2
Siswa 23
Siswa 24
Siswa 25
Siswa 26
Siswa 27
Siswa 28
Siswa 29
Siswa 30
Siswa 31
Siswa 32
Siswa 33
Siswa 34
Siswa 35
Siswa 36
Siswa 37
50
100
80
60
85
70
100
50
100
85
90
75
100
90
85
90
90
75
90
85
30
100
75
95
45
90
75
75
60
25
50
50
75
90
30
75
85
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas

           









Tabel  Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan II
No
Nama Siswa
Nilai
Ketuntasan Belajar
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa 4
Siswa 5
Siswa 6
Siswa 7
Siswa 8
Siswa 9
Siswa 10
Siswa 11
Siswa 12
Siswa 13
Siswa 14
Siswa 15
Siswa 16
Siswa 17
Siswa 18
Siswa 19
Siswa 20
Siswa 21
Siswa 2
Siswa 23
Siswa 24
Siswa 25
Siswa 26
Siswa 27
Siswa 28
Siswa 29
Siswa 30
Siswa 31
Siswa 32
Siswa 33
Siswa 34
Siswa 35
Siswa 36
Siswa 37
60
100
75
60
90
70
100
60
100
85
100
75
100
90
100
90
90
100
90
90
40
100
75
95
40
90
75
100
60
25
40
60
85
90
40
70
100
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas

           







Tabel  Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan I
No
Nama Siswa
Nilai
Ketuntasan Belajar
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
Siswa 1
Siswa 2
Siswa 3
Siswa 4
Siswa 5
Siswa 6
Siswa 7
Siswa 8
Siswa 9
Siswa 10
Siswa 11
Siswa 12
Siswa 13
Siswa 14
Siswa 15
Siswa 16
Siswa 17
Siswa 18
Siswa 19
Siswa 20
Siswa 21
Siswa 2
Siswa 23
Siswa 24
Siswa 25
Siswa 26
Siswa 27
Siswa 28
Siswa 29
Siswa 30
Siswa 31
Siswa 32
Siswa 33
Siswa 34
Siswa 35
Siswa 36
Siswa 37
40
100
75
70
90
100
100
40
100
100
100
75
100
100
100
90
90
100
90
90
40
100
75
90
40
90
75
100
40
25
40
100
100
90
100
90
90
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tidak Tuntas
Tidak Tuntas
Tidak Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas
Tuntas

            Berdasarkan data diatas didapat 7 orang siswa belum tuntas, jadi ketuntasan klasikal belum tuntas juga. Karena ketuntasan klasikal akan tercapai berdasarkan KKM di sekolah yaitu  85%, sedangkan di kelas tersebut ketuntasan klasikal baru mencapai 81,08%







RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
                                               
Nama sekolah   : MTs Darussyari’ah                    
Mata Pelajaran  : Matematika        
Materi Pokok     :Luas permukaan tabung dan volume tabung                             
Kelas                  : II-2           
Pertemuan          : II
No
Aspek Yang Direspon
Respon Siswa
Persentase


Senang
Tidak
Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a.       LKS
b.      Materi Pelajaran
c.       Tes Hasil Belajar
d.      Suasana Pembelajaran di kelas
e.       Cara guru mengajar
  



34
33
26
32

35



3
4
11
5

2



91,89
89,19
70,27
86,49

94,59



8,11
10,81
29,73
13,51

5,41



Baru
Tidak
Baru
Tidak
2
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a.       Materi Pelajaran
b.      LKS
c.       Tes hasil belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar



27
32
33
30
30




10
5
4
7
7



72,97
86,49
89,19
81,08
81,08



27,03
13,51
10,81
18,92
18,92


Berminat
Tidak
Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?



34



3



91,89



8,11


Jelas
Tidak
Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
b.        Tes Hasil Belajar




31
30




6
7




83,78
81,08




16,22
18,92


Tertarik
Tidak
Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.         LKS
b.        Tes hasil belajar





34
33







3
4





91,89
89,19





8,11
10,81

           








RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
                                               
Nama sekolah   : MTs Darussyari’ah                    
Mata Pelajaran  : Matematika        
Materi Pokok     :menghitung unsur-unsur tabung jika volume diketahui             
Kelas                  : II-2           
Pertemuan          : III
No
Aspek Yang Direspon
Respon Siswa
Persentase


Senang
Tidak
Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a.       LKS
b.      Materi Pelajaran
c.       Tes Hasil Belajar
d.      Suasana Pembelajaran di kelas
e.       Cara guru mengajar
  



35
34
28
32

35



2
3
9
5

2



94,59
   91,89
75,67
86,49

94,59



5,41
8,11
24,32
13,51

5,41



Baru
Tidak
Baru
Tidak
2
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a.       Materi Pelajaran
b.      LKS
c.       Tes hasil belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar



27
33
32
32
33



10
4
5
5
4



72,97
89,19
86,49
86,49
89,19



27,03
10,81
13,51
13,51
10,81



Berminat
Tidak
Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?

35



2


94,59


5,41




Jelas
Tidak
Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
b.        Tes Hasil Belajar




31

32




6

5




83,78

86,49




16,22

13,51


Tertarik
Tidak
Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.         LKS
b.        Tes hasil belajar





33
31





4
6





89,19
83,78





10,81
16,22


















RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
                                               
Nama sekolah   : MTs Darussyari’ah                    
Mata Pelajaran  : Matematika        
Materi Pokok     :Unsur-unsur tabung dan luas selimut tabung                             
Kelas                  : II-2           
Pertemuan          : I
No
Aspek Yang Direspon
Respon Siswa
Persentase


Senang
Tidak
Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a.       LKS
b.      Materi Pelajaran
c.       Tes Hasil Belajar
d.      Suasana Pembelajaran di kelas
e.       Cara guru mengajar
  



33
37
30
31

36



4
0
7
6

1



89,19
100
81,08
83,78

97,29



10,81
0
18,29
16,22

2,70



Baru
Tidak
Baru
Tidak
2
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a.       Materi Pelajaran
b.      LKS
c.       Tes hasil belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar



27
33
34
19
26




10
4
3
18
11



72,97
89,19
91,89
51,35
70,27



27,03
10,81
8,11
48,65
29,73


Berminat
Tidak
Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?



35



2



94,59



5,41


Jelas
Tidak
Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
b.        Tes Hasil Belajar




30
32




7
5




81,08
86,49




18,29
13,51


Tertarik
Tidak
Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.         LKS
b.        Tes hasil belajar





33
34







4
3





89,19
91,89





10,81
8,11

            Dari angket respon siswa yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran I untuk materi tabung dengan model pembelajaran Quantum Teaching maka respon siswa belum dapat dikatakan positif karena ada salah satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon kurang baik dari siswa.

RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
                                               
Nama sekolah   : MTs Darussyari’ah                    
Mata Pelajaran  : Matematika        
Materi Pokok     :Luas permukaan tabung dan volume tabung                             
Kelas                  : II-2           
Pertemuan          : II
No
Aspek Yang Direspon
Respon Siswa
Persentase


Senang
Tidak
Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
f.        LKS
g.       Materi Pelajaran
h.       Tes Hasil Belajar
i.         Suasana Pembelajaran di kelas
j.        Cara guru mengajar
  



34
33
26
32

35



3
4
11
5

2



91,89
89,19
70,27
86,49

94,59



8,11
10,81
29,73
13,51

5,41



Baru
Tidak
Baru
Tidak
2
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
f.        Materi Pelajaran
g.       LKS
h.       Tes hasil belajar
i.         Suasana Pembelajaran
j.        Cara guru mengajar



27
32
33
30
30




10
5
4
7
7



72,97
86,49
89,19
81,08
81,08



27,03
13,51
10,81
18,92
18,92


Berminat
Tidak
Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?



34



3



91,89



8,11


Jelas
Tidak
Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
c.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
d.        Tes Hasil Belajar




31
30




6
7




83,78
81,08




16,22
18,92


Tertarik
Tidak
Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
c.         LKS
d.        Tes hasil belajar





34
33







3
4





91,89
89,19





8,11
10,81

            Dari angket respon siswa yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran II untuk materi tabung dengan model pembelajaran Quantum Teaching maka respon siswa belum juga dapat dikatakan positif karena ada salah satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon kurang baik dari siswa.

RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
                                               
Nama sekolah   : MTs Darussyari’ah                    
Mata Pelajaran  : Matematika        
Materi Pokok     :                  
Kelas                  : II-2           
Pertemuan          : III
No
Aspek Yang Direspon
Respon Siswa
Persentase


Senang
Tidak
Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di   kelas
e. Cara guru mengajar
  



35
34
28
32

35



2
3
9
5

2



94,59
   91,89
75,67
86,49

94,59



5,41
8,11
24,32

13,51

5,41



Baru
Tidak
Baru
Tidak
2
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
k.      Materi Pelajaran
l.         LKS
m.     Tes hasil belajar
n.       Suasana Pembelajaran
o.      Cara guru mengajar



27
32
33
30
30




10
5
4
7
7



72,97
86,49
89,19
81,08
81,08



27,03
13,51
10,81
18,92
18,92


Berminat
Tidak
Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?



34



3



91,89



8,11


Jelas
Tidak
Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
e.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
f.          Tes Hasil Belajar




31
30




6
7




83,78
81,08




16,22
18,92


Tertarik
Tidak
Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
e.         LKS
f.          Tes hasil belajar





34
33







3
4





91,89
89,19





8,11
10,81

            Dari angket respon siswa yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran II untuk materi tabung dengan model pembelajaran Quantum Teaching maka respon siswa belum juga dapat dikatakan positif karena ada salah satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon kurang baik dari siswa.