PROFIL MADRASAH ALIYAH NEGERI
(MAN)
DARUSSALAM
DEPARTEMEN
AGAMA KABUPATEN ACEH BESAR
(MAN) DARUSSALAM
KECAMATAN
DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan
mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta
berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan
(BSNP).
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional
pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar
proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan,
standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan
standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan
tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan
acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di
atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan
pendidikan madrasah pada khususnya, MAN Darussalam Aceh Besar sebagai lembaga
pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini madrasah
dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk
itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga madrasah dengan
berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar madrasah.
Dalam
dokumen ini dipaparkan tentang Kurikulum MAN Darussalam Aceh Besar, yang secara
keseluruhan mencakup:
1.
struktur
dan muatan kurikulum;
2.
beban
belajar peserta didik;
3.
kalender
pendidikan;
4.
silabus,
dan
5.
rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP).
B. VISI dan MISI
Perkembangan
dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
globalisasi yang sangat cepat; era
informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap
pendidikan memicu madrasah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. MAN
Darussalam Aceh Besar memiliki citra moral yang menggambarkan profil madrasah
yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi madrasah berikut:
VISI MAN
DARUSSALAM ACEH BESAR
Visi
tersebut di atas mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan
dengan memperhatikan potensi kekikinian, sesuai dengan norma dan harapan
masayarakat.
Untuk mewujudkannya, madrasah menentukan langkah-langkah
strategis yang dinyatakan dalam misi berikut:
MISI MAN
DARUSSALAM ACEH BESAR
C. Tujuan Madrasah
Tujuan madrasah sebagai bagian
dari tujuan pendidikan nasional adalah
meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
D. Standar Kompetensi Lulusan
Untuk mencapai standar mutu pendidikan
yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di madrasah mengacu pada Standar Kompetensi
Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP sebagai berikut ini.
1.
Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.
Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki
kekurangannya
3.
Menunjukkan
sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan
pekerjaannya
4.
Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
5.
Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku, ras,
dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
6.
Membangun
dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
7.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8.
Menunjukkan
kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10.
Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan
masalah kompleks
11.
Menunjukkan
kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12.
Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
13.
Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam
wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14.
Mengekspresikan
diri melalui kegiatan seni dan budaya
15.
Mengapresiasi
karya seni dan budaya
16.
Menghasilkan
karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17.
Menjaga
kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18.
Berkomunikasi
lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19.
Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20.
Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21.
Menunjukkan
keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22.
Menunjukkan
keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia
dan Inggris
23.
Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
E. Sasaran Program:
Kepala Madrasah dan
Para Guru serta dengan persetujuan Komite Madrasah menetapkan sasaran
program, baik untuk jangka pendek,
jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi
dan misi madrasah.
Sasaran Program
Madrasah
SASARAN PROGRAM 1 TAHUN
( 2011 / 2012 )
(Program Jangka Pendek) |
SASARAN PROGRAM 4 TAHUN
( 2011 / 2015 )
(Program Jangka Menengah) |
SASARAN PROGRAM 8 TAHUN
( 2011 / 2019 )
(Program Jangka Panjang) |
1.
Kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari
95%.
|
1. Kehadiran
Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 97%.
|
1. Kehadiran
Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 98 %.
|
2.
Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 5,0.
|
2. Target
pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 6,0.
|
2. Target
pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 7,0.
|
3.
10 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur USMU
maupun UMPTN.
|
3. 20
% lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur USMU maupun UMPTN.
|
3. 50
% lulusan dapat diterima di PTN baik melalui jalur USMU maupun UMPTN.
|
4.
50% peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik
dan benar.
|
4. 80%
peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
|
4. 100%
peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
|
5. Memiliki
ekstra kurikuler unggulan (PMR dan
Olah Raga)
|
5. Extra
kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat kabupaten
|
5. Ekstrakurikuler
unggulan dapat meraih prestasi tinggkat Provinsi
|
6. 25
% peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
|
6. 40 % peserta didik dapat aktif berbahasa
Inggris.
|
6. 60 % peserta didik dapat aktif berbahasa
Inggris.
|
7. 25
% peserta didik dapat aktif berbahasa Arab.
|
7. 40 % peserta didik dapat aktif berbahasa Arab.
|
7. 60 % peserta didik dapat aktif berbahasa Arab.
|
8. 50
% peserta didik dapat mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel
|
8. 75
% peserta didik dapat mengoperasikan program komputer (Microsoft Word , Excel, Power point dan
Internet).
|
8. 100
% peserta didik dapat mengoperasikan program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan
Internet).
|
9. 50%
peserta didik dapat mengikuti praktik IPA di laboratorium
|
9. 75%
peserta didik dapat mengikuti praktik IPA di laboratorium
|
9. 100%
peserta didik dapat mengikuti praktik IPA di laboratorium
|
10. Aktif
mengadakan kegiatan memperingati hari-hari besar Islam di lingkungan madrasah
|
10. Aktif
mengadakan PHBI di lingkungan madrasah
dan di lingkungan sekitar madrasah
|
10.Aktif
mengadakan PHBI di
lingkungan madrasah dan
di luar madrasah
|
Sasaran program tersebut
selanjutnya ditindaklanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan
oleh seluruh warga madrasah sebagai berikut:
1.
Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan
karyawan secara berkelanjutan;
|
|
2.
Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
|
|
3.
Melakukan kerjasama dengan pihak kabupaten dan
perusahaan yang ada di wilayah Aceh Besar untuk membantu pembiayaan bagi
peserta didik yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi untuk
melanjutkan ke perguruan tinggi;
|
|
4.
Membaca doa sebelum pelajaran dimulai, membaca surat
Yasin setiap Jum’at, peringatan hari
besar Islam, dan membentuk kelompok-kelompok pengajian peserta didik dan guru;
|
|
5.
Melaksanakan sholat dzuhur berjamaah
|
|
6.
Menjalin komunikasi yang baik
dengan berbagai pihak yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler seperti PMI,
ISKADA, ASYIFA;
|
|
7.
Kerjasama dengan Instansi
terkait atau pihak lain untuk pelaksanaan program madrasah;
|
|
8.
Peningkatan pemanfaatan laboratorium bahasa;
|
|
9.
Peningkatan pemanfaatan
laboratorium IPA;
|
|
10.
Peningkatan pemanfaatan
laboratorium komputer;
|
|
11.
Membentuk kelompok gemar Bahasa Inggris (English Club);
|
|
12.
Membentuk kelompok gemar Bahasa Arab (Arabic Club);
|
|
13.
Membentuk kelompok gemar Komputer;
|
|
14.
Membentuk kelompok belajar;
|
|
15.
Pengadaan buku penunjang;
|
|
16.
Mengintensifkan komunikasi
dan kerjasama dengan orang tua;
|
|
17.
Pelaporan kepada orang tua
secara berkala;
|
|
18.
Kerjasama dengan Bimafika
untuk penyelenggaraan Bimbingan Belajar.
|
|
II. KEADAAN DAN POTENSI MADRASAH
A. Sejarah Ringkas MAN Darussalam
Mengingat daerah Tungkob terletak berdampingan dengan
Perguruan Tinggi Universitas Syiahkuala (UNSYIAH) dan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ar-Ranniry serta Perguruan Tinggi Islam Teungku Chik Pantee Kulu,
maka tokoh masyarakat Tungkob
bermusyawarah untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang lebih tinggi dari
yang sudah ada di lingkungan tersebut ( MIN dan MTsN Tungkob).
Tahun 1984 berdirilah MAS Tungkob fillial MAN Montasik.
Selama lebih kurang enam tahun MAS Tungkob menggunakan gedung MTsN Tungkob, dan
pada tahun 1990 menggunakan gedung MIN Tungkob sebanyak 3 lokal. Pada tahun
1992 pemerintah memberi bantuan sebanyak empat lokal dan tahun 1995 MAS
Tungkob dinegerikan dan diubah namanya
menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Darussalam karena terletak di Kecamatan
Darussalam.
Akhirnya pada tahun ajaran 2002/2003 MAN Darussalam
mendapat bantuan gedung dari Kementerian Agama Republik Indonesia dengan
konstruksi lantai dua serta lengkap dengan fasilitas yang diperlukan.
B.
Lingkungan Madrasah
MAN Darussalam Aceh
Besar terletak di desa Tungkob, tepatnya di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh
Besar. Jumlah penduduk di Kecamatan Darussalam ini 20.755 jiwa (Sensus Penduduk
tahun 2005), terdiri dari laki-laki 10.163 jiwa dan perempuan 10.592 jiwa.
Sedangkan jumlah rumah tangga ada sebanyak 4.598 keluarga.
Dalam
bidang pendidikan sudah terdapat madrasah dari tingkat dasar, menengah dan
perguruan tinggi. Mutu pendidikan pada
umumnya masih rendah. Rendahnya pendidikan ini
berkaitan erat dengan mata pencaharian penduduk yang sebagian besar adalah
petani (63,43%), sisanya pedagang (11,46%) dan pegawai (25,11%).
C. Keadaan Madrasah
1. Sarana dan Prasarana.
a. Tanah dan Halaman
Tanah
madrasah sepenuhnya milik negara. Luas
areal madrasah terpadu Tungkob secara keseluruhannya 14.833 m2. Dengan
rincian luas tanah MAN 4.500 m2, MTsN 4.500 m2, MIN 4.500 m2,
dan Raudhatul Atfal 1.333 m2. Sekitar madrasah dikelilingi oleh
pagar sepanjang 155,8 m2.
Sebelah
Barat tanah Madrasah Terpadu Tungkob berbatasan dengan komplek keluarga Ibrahim
Ismail, di sebelah Timur berbatasan dengan jalan Pemuda dan sebelah Utara
berbatasan dengan irigasi dan tanah pekarangan milik Bapak M. Yusuf, sedangkan
sebelah Selatan berbatasan dengan jalan Tgk. Glee Iniem yang merupakan jalan
utama menuju lokasi madrasah.
Keadaan Tanah MAN
Darussalam Aceh Besar
Status
|
:
|
Milik Negara
|
Luas Tanah
|
:
|
14.833 m2 MAN
4500 m2
|
Luas Bangunan
|
:
|
5.559,72 m2
|
Pagar
|
:
|
155,8 m2
|
b. Gedung Madrasah
Bangunan
madrasah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang
kegiatan belajar memadai.
Keadaan
Gedung MAN Darussalam Aceh Besar
Luas Bangunan
|
5.559,72 m2
|
Baik
|
Ruang Kepala Madrasah
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
TU
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Guru
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Kelas
|
: 12
|
Baik
|
Ruang
Lab. IPA
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Lab. Bahasa
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Lab. Komputer
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Perpustakaan
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Bimpen
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
OSIM
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
UKS
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Keterampilan
|
: 1
|
Baik
|
Lapangan
Olahraga
|
: 1
|
Baik
|
Ruang
Serba Guna (Terpadu)
|
: 1
|
Baik
|
Musholla
(Terpadu)
|
: 1
|
Baik
|
2. Anggaran Madrasah.
Anggaran madrasah berasal dari
dana pemerintah dan dana yang dihimpun dari orang tua peserta didik. Setiap
peserta didik dikenai biaya Rp.20.000 - per bulan.
Sumber Dana Pendidikan MAN Darussalam Aceh Besar
Tahun Anggaran
|
Nama Dana
|
Sumber
|
Jumlah
(Rupiah)
|
2008
|
DIPA
& GAJI
|
APBN DEPAG
|
819.611.000
|
2009
|
DIPA & GAJI
|
APBN DEPAG
|
1.002.188.000
|
2010
|
DIPA & GAJI
|
APBN KEMENAG
|
1.936.310.000
|
2010
|
KOMITE
|
MASYARAKAT & KOMITE
MADRASAH
|
50.000.000
|
2011
|
DIPA & GAJI
|
APBN KEMENAG
|
2.267.253.000
|
Alokasi dana terutama
diperuntukkan guna menunjang kegiatan-kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler,
dan juga untuk memenuhi kelengkapan sarana belajar peserta didik.
D. Personil Madrasah
Struktur
Organisasi MAN Darussalam
Pimpinan madrasah yang pernah bertugas di MAN Darussalam Aceh Besar sejak awal berdirinya (1984) adalah:
NAMA
|
PERIODE
TUGAS
|
1. Drs. H.
Wardi A. Wahab
|
1984
- 1985
|
2. Drs.
Burhan Ali
|
1985
- 1989
|
3. A.
Djalil Mahmud
|
1989
- 2000
|
4. Drs.
Burhan Ali
|
2000
- 2002
|
5. Drs.
Uzair
|
2002
- 2005
|
6. Dra. Sri
Rahayuningsih
|
2005
- 2007
|
7. Mustafa,
S.Ag
|
2007
- 2011
|
8. Muntasyir, MA
|
2011
- ……
|
Jumlah
seluruh personil madrasah ada sebanyak 50 orang, terdiri atas guru 43 orang,
karyawan tata usaha 4 orang, bendahara 1 orang, karyawan pustaka 1 orang dan pesuruh
1 orang.
Keadaan Personil Madrasah
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
STATUS
|
1
|
Muntasyir, MA
|
Kepala Madrasah
|
PNS
|
2
|
Musdiyas, S.Pd
|
Wakamad Kurikulum / Guru Biologi
|
PNS
|
3
|
Zuhra S.Pd
|
Wakamad Kesiswaan/Guru Biologi
|
PNS
|
4
|
Dra. Yusnidawati
|
Wakamad Sarana/ Guru Qur’an Hadits
|
PNS
|
5
|
Drs. Sayuti
|
Wakamad Humas / Guru Bahasa Inggris
|
PNS
|
6
|
Dra. Cut Nuriza
|
Kepala Lab.IPA / Guru Fisika
|
PNS
|
7
|
Nuranifah, S.Ag
|
Kepala Lab. Bahasa / Guru Bahasa Inggris
|
PNS
|
8
|
Nurchaili, S.Pd., M.Kom
|
Kepala Lab. Komputer / Guru Kimia & TIK
|
PNS
|
9
|
Dra. Syarifah Fauzah
|
Guru Biologi
|
PNS
|
10
|
Dra. Nuraini Syammaun
|
Guru Sejarah
|
PNS
|
11
|
Dra. Khairina
|
Guru Ekonomi/ Akuntansi
|
PNS
|
12
|
Sufrida, S.Ag
|
Guru Bahasa Arab
|
PNS
|
13
|
Dra. Fauziah
|
Guru Kimia
|
PNS
|
14
|
Musdiyas, S.Pd
|
Guru Bahasa Indonesia
|
PNS
|
15
|
Rosdiana, S.Pd
|
Guru Bahasa Inggris
|
PNS
|
16
|
Mardiani, S.Pd
|
Guru Bahasa Indonesia
|
PNS
|
17
|
Dara Wahyuni S.Pd
|
Guru Matematika
|
PNS
|
18
|
Ratna Keumala, S.Pd
|
Guru Biologi
|
PNS
|
19
|
Nurfuadi, S.Ag
|
Guru Matematika
|
PNS
|
20
|
Hafnizar, S.Ag
|
Guru Bahasa Arab
|
PNS
|
21
|
Zainuddin, S.Ag
|
Guru Geografi
|
PNS
|
22
|
Fauziah, S.PdI
|
Guru Qur’an Hadits/Fiqh
|
PNS
|
23
|
Afnizar, SE
|
Guru Ekonomi/TIK
|
PNS
|
24
|
Kartina, S.Ag
|
Guru
Matematika
|
PNS
|
25
|
Dra. Nurlina
|
Guru Quran Hadits
|
PNS
|
26
|
Suryani ZN, S.Ag
|
Guru Fiqih
|
PNS
|
27
|
Zakiati, S.Ag
|
Guru Fisika
|
PNS
|
28
|
Zaini Surya, S.Pd
|
Guru Bimbingan Konseling
|
PNS
|
29
|
Maulizar, S.Pd
|
Guru Bahasa Indonesia
|
PNS
|
30
|
Erlindawati, S.Ag
|
Guru Fiqih
|
PNS
|
31
|
Dra. Nurmala, AW
|
Guru Fiqih
|
GTT
|
32
|
Rahmi Fonna, S.Pd.I.,MA
|
Guru Akidah Akhlak
|
GTT
|
33
|
Ruslaini, S.Pd
|
Guru Geografi
|
GTT
|
34
|
Erliana, S.Pd.I
|
Guru Bahasa Arab
|
GTT
|
35
|
Mauliza, S.Pd.I
|
Guru Mulok
|
GTT
|
36
|
Siti Maisarah, S.Pd
|
Guru Bahasa Indonesia
|
GTT
|
37
|
Ayu Wandira
|
Guru Antropologi
|
GTT
|
38
|
Yuslita, S.Pd
|
Guru Ekonomi
|
GTT
|
39
|
Fakhriatul Islami
|
Guru TIK
|
GTT
|
40
|
Muhammad Bahron
|
Guru TIK
|
GTT
|
41
|
Nana Erlina
|
Guru Matematika
|
GTT
|
42
|
Viki Gunawan
|
Guru Penjas
|
GTT
|
43
|
Junaidi
|
Guru Penjas
|
GTT
|
44
|
Mudasir, S.Ag
|
Bendahara
|
PNS
|
45
|
Razali
|
Kepala Tata Usaha
|
PNS
|
46
|
Efa Nelly Rahhayu
|
Staf TU
|
PTT
|
47
|
Fahrul Kamal
|
Staf TU
|
PTT
|
48
|
Husnul
|
Staf TU
|
PTT
|
49
|
Sumarni A. Md
|
Pegawai Pustaka
|
PTT
|
50
|
Darwin
|
Pesuruh
|
PTT
|
Dari
sejumlah guru, 69,77% yang berstatus guru PNS. Sisanya 30,23% Guru Tidak
Tetap (GTT).
E. Keadaan Peserta
Didik
1. Jumlah Peserta Didik
Jumlah
peserta didik pada tahun pelajaran 2011/2012
seluruhnya berjumlah 370 orang.
Penyebaran jumlah peserta didik antar kelas merata. Peserta didik di kelas X
ada sebanyak 4 rombongan belajar. Peserta didik pada program IPA, IPS, IPB, dan
IAG di kelas XI masing-masing terdiri dari satu rombongan belajar. Demikian
pula dikelas XII, kecuali untuk program IPA terdiri dari 2 rombongan belajar.
Sebagian besar
peserta didik berasal dari lokasi disekitar madrasah.
Jumlah
Peserta Didik Tahun 2011
Kelas
|
Jumlah |
Jumlah
|
|
Laki-laki
|
Wanita
|
||
X
|
54
|
76
|
130
|
XI-IPA
|
20
|
27
|
47
|
XI-IPS
|
8
|
35
|
43
|
XI-IPB
|
12
|
7
|
19
|
XI-IAG
|
18
|
4
|
22
|
XII-IPA
|
10
|
37
|
47
|
XII-IPS
|
7
|
16
|
23
|
XII-IPB
|
8
|
10
|
18
|
XII-IAG
|
14
|
7
|
21
|
JUMLAH
|
151
|
219
|
370
|
2. Keadaan Tidak
Naik Kelas dan Putus Sekolah /Droup Out
Peserta
didik yang tidak lulus, tidak naik kelas, pindah dan angka putus sekolah (Droup-Out) setiap tahunnya tertera pada
tabel berikut:
Tidak Naik
Kelas dan Putus Madrasah
Tahun
|
Kelas
|
Tidak
Naik
|
Pindah
Keluar
|
Pindah
Masuk
|
Putus
Madrasah/DO
|
Tidak Lulus
|
Pelajaran
|
||||||
2001 / 2002
|
I
II
III
|
-
-
-
|
4
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
2002 / 2003
|
I
II
III
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
2003 / 2004
|
I
II
III
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
2004 / 2005
|
X
XI
XII
|
1
2
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
1
2
-
|
-
-
5
|
2005/2006
|
X
XI
XII
|
-
5
-
|
6
1
2
|
-
-
-
|
10
6
-
|
-
-
12
|
2006/2007
|
X
XI
XII
|
1
2
-
|
2
1
-
|
5
5
8
|
1
2
1
|
-
-
4
|
2007/2008
|
X
XI
XII
|
-
5
-
|
6
1
2
|
-
-
-
|
10
6
-
|
-
-
61
|
2008/2009
|
X
XI
XII
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
2009/2010
|
X
XI
XII
|
8
-
-
|
5
5
4
|
-
-
-
|
6
1
2
|
-
-
-
|
2010/2011
|
X
XI
XII
|
3
-
-
|
-
-
-
|
-
3
1
|
-
-
-
|
-
-
3
|
Semakin meningkatnya angka
tidak lulus, tidak naik kelas dan putus sekolah peserta didik terutama
disebabkan karena masih kurangnya kesadaran
orang tua dan peserta didik
tentang arti pentingnya pendidikan,
selain juga karena faktor kesulitan ekonomi.
Untuk mengatasi kendala
ekonomi, madrasah telah mengupayakan berbagai bantuan dari berbagai pihak. Pada
tahun pelajaran 2011 hampir 50% peserta didik mendapatkan bantuan biaya yang
berupa beasiswa peserta didik.
Bea Peserta Didik
ASAL
BANTUAN
|
JUMLAH
PENERIMA
(peserta
didik)
|
BSM Tahun 2010
|
171
|
BSM Tahun 2011
|
169
|
3.
Output
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah
Pencapaian
nilai rata-rata UN dan UAM peserta dari tahun ke tahun cenderung mengalami
kenaikan. Namun demikian, peserta didik yang melanjutkan ke jenjang pendidikan
yang lebih tinggi, khususnya USMU atau UMPTN
ternyata kurang memuaskan.
Nilai
UN dan UAM Peserta Didik Tahun 2011
Nilai
|
UN
|
UAM
|
Tertinggi
|
9,80
|
9,11
|
Terendah
|
6,40
|
6,71
|
Rata-Rata
|
8,92
|
7,75
|
Lulusan
Tahun 2010-2011
|
||||
No
|
Melanjutkan
ke
|
Perempuan
|
Laki-laki
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
PTAIN
PTAIS
PTUN
PTUS
MELANJUTKAN PESANTREN
MENGANGGUR
TIDAK DIKETAHUI
|
21
1
7
2
1
6
6
|
46
4
3
2
1
5
19
|
Faktor
ekonomi keluarga dan kurangnya kesadaran terhadap pendidikan diduga menjadi
penghambat dalam kemajuan pendidikan di madrasah.
F. Orang Tua
Peserta Didik
Wilayah
Aceh Besar merupakan daerah pertanian yang luas. Sehingga
sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani yang rata-rata
berekonomi lemah.
Keadaan
Orang Tua Peserta didik
No
|
Pekerjaan
|
Jumlah
|
Prosentase
|
1.
|
Petani
|
159
|
54,45%
|
2.
|
Pedagang
|
62
|
21,23%
|
3.
|
PNS
|
19
|
6,51%
|
4.
|
Supir
|
7
|
2,40%
|
5.
|
Pegawai Swasta
|
6
|
2,05%
|
6.
|
Buruh Tidak Tetap
|
3
|
1,03%
|
7.
|
Nelayan
|
2
|
0,68%
|
8.
|
Lain-lain
|
34
|
11,64%
|
Keadaan orang tua peserta didik
sebagian besar (54,45%) memiliki mata pencaharian sebagai petani. Beberapa orang tua (21,23%) sebagai pedagang,
sebagian kecil orang tua peserta didik (6,51%) sebagai pegawai negeri, dan supir
(2,40%), pegawai swasta (2,05%), buruh tidak tetap (1,03%), nelayan (0,68%), serta sisanya (11,64%) mata pencaharian lainnya.
G. Kerjasama Madrasah
1.
Kerja sama dengan Orang Tua
Kerja sama dengan orang tua peserta didik
dilaksanakan melalui Komite Madrasah. Ada
lima peran orang tua dalam pengembangan madrasah, yaitu sebagai:
a.
donatur dalam menunjang kegiatan dan sarana madrasah,
namun belum berjalan optimal mengingat
kondisi ekonominya;
b.
mitra madrasah dalam pembinaan pendidikan;
c.
mitra dalam membimbing kegiatan peserta didik;
d.
mitra dialog dalam peningkatan kualitas pendidikan; dan
e.
sumber belajar.
2.
Kerja sama dengan Alumni.
Kerja
sama antara madrasah dengan alumni belum dapat digali secara maksimal.
3. Prestasi
yang pernah diraih/dicapai.
1)
Bidang Akademis : Tahun
Pelajaran 2005/2006
Juara I K3M bidang Matematika
Tahun Pelajaran 2006/2007
Juara II cerdas cermat Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry
Tahun Pelajaran 2007/2008
Juara I Olimpiade Bahasa Arab se-Aceh Besar
Juara III Olimpiade Matematika se-Aceh Besar
Juara II Olimpiade Biologi se-Aceh Besar
Juara I Olimpiade Ekonomi se-Aceh Besar
Tahun Pelajaran 2008/2009
Juara I Olimpiade Biologi se-Aceh Besar
Juara III Olimpiade TIK se-Aceh Besar
Tahun Pelajaran 2009/2010
Juara I Olimpiade TIK se-Aceh Besar
Juara I Olimpiade Biologi se-Aceh Besar
Juara II Olimpiade Biologi se-Aceh Besar
2)
Bidang
Non akademis : Tahun
Pelajaran 2002-2003
Juara
I lomba pidato bahasa Arab IAIN Ar-Raniry
Tahun Pelajaran
2004-2005
Juara
I MTQ Tingkat Aceh Besar dan Kota Banda Aceh
Juara
I puisi PMI
Juara
I cerdas cermat PMI
Juara
II rebana
Tahun Pelajaran 2006/2007
Juara I Anak Daerah se-Aceh Besar
Juara II puisi putri
Juara III puisi putra
Juara I tolak peluru
Juara I bulu tangkis putri
Juara III bulu tangkis putra
Juara II lempar lembing
Tahun Pelajaran 2007/2008
Juara I Remaja Putri Berprestasi se-Aceh Besar
Juara VII Remaja Putri Berprestasi se-Aceh
Tahun Pelajaran 2008/2009
Juara I PIK KRR se-Aceh Besar
Tahun Pelajaran 2009/2010
Juara I PIK KRR se-Aceh Besar
PROFIL MAN DARUSSALAM
Visi
Mewujudkan Madrasah sebagai pusat pendidikan untuk membentuk
manusia yang beriman, berakhlak mulia dan berilmu pengetahuan
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan yang berorientasi pada pengembangan
imtaq dan imtek
- Mengembangkan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti pentingnya korelasi antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum
1. Nama Madrasah : MAN DARUSSALAM
Kecamatan :
Darussalam
Kabupaten :
Aceh Besar
Provinsi :
Aceh
2. Sekolah Didirikan dengan SK
Menteri Agama RI
Nomor : SJ/BV/6544/95
Tanggal : 15 Desember 1995
3. Nomor Statistik Sekolah : 311110606006
4. Kode Anggaran : 10.03.01.3398
5. Kepala Madrasah
Nama : MUSTAFA, S.Ag
NIP. : 19701205 199905 1
001
Pangkat/Gol
Ruang : Pembina / IVa
Pendidikan : Sarjana Tarbiyah IAIN
6. Keadaan Guru
IJAZAH
|
JUMLAH
|
GOLONGAN
|
||||||
GT
|
GTT
|
III/a
|
III/b
|
III/c
|
III/d
|
IV/a
|
IV/b
|
|
S2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S1
|
30
|
10
|
2
|
2
|
2
|
1
|
23
|
|
D3/SM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Keadaan Pegawai
IJAZAH
|
JUMLAH
|
GOLONGAN
|
||||||
PT
|
PTT
|
II/a
|
II/b
|
II/c
|
II/d
|
III/a
|
III/b
|
|
S1
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
D3/SM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SLTA
|
5
|
|
2
|
|
|
|
1
|
2
|
SLTP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
Personil Sekolah
Jumlah seluruh personal
madrasah adalah sebanyak …… orang yang terdiri dari :
1. Guru tetap/PNS : 30
orang
2. Guru tidak tetap/honor : 10
orang
3 Guru BK :
1 orang
4. Pegawai tata usaha : 5 orang
5. Tekhnisi komputer : 1 orang
6. Petugas laboratorium IPA : 1 orang
7. Petugas UKS/PMR : 5 orang
8. Pustakawan : 1 orang
9. Satpam : 2 orang
10. Pegawai harian/pesuruh : 1 orang
8. Daftar nama dan jabatan personil madrasah
No
|
NAMA
|
NIP
|
GOL
|
JABATAN
|
STATUS
|
1
|
Mustafa, S.Ag
|
197012051999051001
|
IVa
|
Kepala
|
PNS
|
2
|
Musdiyas, S.Pd
|
197005011999051001
|
IVa
|
WK. Kurikulum
|
PNS
|
3
|
Zuhra, S.Pd
|
197010251999052001
|
IVa
|
WK. Kesiswaan
|
PNS
|
4
|
Drs. Sayuti
|
196103011987031006
|
IVa
|
WK. Humas
|
PNS
|
5
|
Dra. Yusnidawati
|
196409131992032010
|
IVa
|
WK. Sarprasar
|
PNS
|
6
|
Nurchaili,
S.Pd. M.Kom
|
197105171997032002
|
IVa
|
Koord. Lab. Kom
|
PNS
|
7
|
Dra. Cut Nuriza
|
196506201999052001
|
IVa
|
Koord. Lab. IPA
|
PNS
|
8
|
Dra.
Rosnilawati
|
196501211991032001
|
IVa
|
Ka. Pustaka
|
PNS
|
9
|
Nuranifah, S.Ag
|
197511051999052001
|
IVa
|
Koord. Lab. Bhs
|
PNS
|
10
|
Dra. Nuraini S.
|
195912311994032005
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
11
|
Dra. Sy. Fauzah
|
196702091992032004
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
12
|
Dra. Salriani
|
196304061999051001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
13
|
Dra. Nurlina
|
196604121999052001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
14
|
Dra. Fauziah
|
196512151999052001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
15
|
Sufrida, S.Ag
|
197002231999052001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
16
|
Hafnizar, S.Ag
|
197205271999052001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
17
|
Zakiati S.Ag
|
197311151999052001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
18
|
Dra. Khairina
|
196609241999052001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
19
|
Nurfuadi, S.Ag
|
197312011999032003
|
IIIc
|
Guru
|
PNS
|
20
|
Mardiani, S.Pd
|
197006202003122002
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
21
|
Fauziah, S.Pd.I
|
198102352006042003
|
IIIb
|
Guru
|
PNS
|
22
|
Afnizar, SE
|
197404012006042001
|
IIIb
|
Guru
|
PNS
|
23
|
Zainuddin,Spa
|
196708081999051001
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
24
|
Kartina,S.Ag
|
197604222005012005
|
IIIc
|
Guru
|
PNS
|
25
|
Suryani,
ZN.S.Ag
|
150425074
|
IIIa
|
Guru
|
PNS
|
26
|
Fitriani,SPdI
|
150298128
|
IIIa
|
Guru
|
PNS
|
27
|
Zaini
Surya,S.Pd
|
197710152009011009
|
IIIa
|
Guru
|
PNS
|
28
|
Dara
Wahyuni,SPd
|
196910091995122006
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
29
|
Ratna
Keumala,SPd
|
197108201997022003
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
30
|
Rosdiana,SPd
|
196409131992032010
|
IVa
|
Guru
|
PNS
|
31
|
Yusran
Yahya
|
195605071977031001
|
IIIb
|
KTU
|
PNS
|
32
|
Razali
|
196001081982031002
|
IIIa
|
Bendahara
|
PNS
|
33
|
Muchlis
|
198503271986031001
|
IIIb
|
Staf TU
|
PNS
|
34
|
Mudassir
|
197211132007011014
|
IIa
|
Staf TU
|
PNS
|
35
|
Fakhrul
Kamal
|
198007202009101001
|
IIa
|
Staf TU
|
PNS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. PENERIMAAM SISWA BARU
TAHUN
|
JUMLAH
|
JUMLAH
|
|
L
|
P
|
||
2006/2007
|
43
|
74
|
117
|
2007/2008
|
59
|
84
|
143
|
2008/2009
|
53
|
68
|
91
|
2009/2010
|
48
|
70
|
118
|
2010/2011
|
68
|
71
|
139
|
2011/212
|
53
|
75
|
128
|
10. DATA SISWA
Tahun Pelajaran 2010/2011
KELAS
|
PROGRAM STUDI
|
JUMLAH KELAS
|
L
|
P
|
JUMLAH SISWA
|
X
|
-
|
4
|
68
|
71
|
139
|
XI
|
IPB
|
1
|
7
|
10
|
17
|
IPA
|
2
|
10
|
37
|
47
|
|
IPS
|
1
|
5
|
15
|
20
|
|
MAK
|
1
|
14
|
6
|
20
|
|
XII
|
IPB
|
1
|
7
|
11
|
18
|
IPA
|
2
|
9
|
22
|
31
|
|
IPS
|
2
|
6
|
29
|
35
|
|
MAK
|
1
|
5
|
11
|
16
|
|
TOTAL
|
15
|
131
|
212
|
343
|
11. DATA KELULUSAN
TAHUN
|
PESERTA
|
JUMLAH
|
KELULUSAN
%
|
|
L
|
K
|
|||
2005/2006
|
39
|
43
|
82
|
85,37
|
2006/2007
|
9
|
25
|
91
|
97,30
|
2007/2008
|
36
|
68
|
104
|
86,60
|
2008/2009
|
16
|
51
|
67
|
80,6
|
2009/2010
|
48
|
91
|
141
|
100
|
2010/2011
|
27
|
68
|
95
|
97.99
|
12. DATA PRESTASI SISWA
NO
|
TAHUN
|
JENIS KEJUARAAN
|
TINGKAT
|
PRESTASI
|
1.
|
2004
|
Tennis meja (Pa)
|
Kabupaten
|
III
|
MTQ (Pa)
|
Provinsi
|
II
|
||
Matematika
|
Kabupaten
|
I
|
||
Rebana
|
Kabupaten
|
III
|
||
Volli Ball
|
Kabupaten
|
III
|
||
2.
|
2005
|
Bahasa Indonesia
|
Kabupaten
|
I
|
3.
|
2006
|
Puisi (Pa)
|
Kabupaten
|
III
|
Puisi (Pi)
|
Kabupaten
|
II
|
||
Bulu tangkis (Pi)
|
Kabupaten
|
I
|
||
Bulu tangkis ganda (Pa)
|
Kabupaten
|
III
|
||
Tenis meja (Pi)
|
Kabupaten
|
II
|
||
Lempar cakram
|
Kabupaten
|
I
|
||
Tolak Peluru
|
Kabupaten
|
I
|
||
4.
|
2007
|
Ekonomi
|
Kabupaten
|
I
|
Biologi
|
Kabupaten
|
II
|
||
Matematika
|
Kabupaten
|
III
|
||
Komputer
|
Kabupaten
|
I
|
||
Kimia
|
Kabupaten
|
I
|
||
Pidato
|
Kabupaten
|
Harapan III
|
||
Tenis meja
|
Kabupaten
|
I
|
||
Lomba Aanak Bangsa
|
Provinsi
|
II
|
||
Lomba Anak Daerah
|
Kabupaten
|
I
|
||
Paduan Suara
|
Kecamatan
|
I
|
||
5.
|
2008
|
Ekonomi
|
Kabupaten
|
|
Biologi
|
Kabupaten
|
II
|
||
Tenis meja Pa
|
Kabupaten
|
I
|
||
Deklamasi
Pa
|
Kabupaten
|
II
|
||
Deklamasi Pi
|
Kabupaten
|
II
|
||
Lomba Anak Bangsa
|
Kabupaten
|
II
|
||
Lempar Cakram
|
Kabupaten
|
I
|
||
Lempar lembing Pi
|
Kabupaten
|
I
|
||
Qira’atul Kutub
Pa
|
Kabupaten
|
III
|
||
Qira’atul kutub Pi
|
Kabupaten
|
II
|
||
Cerdas cermat
|
Kabupaten
|
II
|
||
Bulu tangkis Pi
|
kabupaten
|
II
|
||
Lomba Anak Daerah
|
Kabupaten
|
II
|
||
Paduan Suara
|
Kecamatan
|
I
|
||
6
|
2010
|
Voly Bool Pi
|
Kabupaten
|
II
|
Bulu tangkis Pa
|
Kabupaten
|
III
|
||
Lampar Lembing Pi
|
Kabupaten
|
I
|
||
Olympiade Kimia
|
Kabupaten
|
II
|
||
Olympiade Matematika
|
Kabupaten
|
III
|
||
Olympiade Kebumian
|
Kabupaten
|
II
|
||
Olympiade Fisika
|
Kabupaten
|
II
|
||
|
2011
|
Olympiade TIK
|
Kabupaten
|
I
|
Olympiade Biologi
|
Kabupaten
|
I
|
||
Olympiade Biologi
|
Kabupaten
|
III
|
13. DATA SARANA
a.
Luas Tanah : …………m2 Luas Bangunan……….m2
b. Ruang / Bangunan
NO.
|
RUANG
|
JUMLAH
|
LUAS m2
|
KET.
|
1.
|
Ruang Kelas
|
15
|
1080
|
|
2.
|
Ruang Guru
|
1
|
114
|
|
3.
|
Ruang Kepala
|
1
|
35
|
|
4.
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
48
|
|
5.
|
Ruang Bendahara
|
1
|
8,75
|
|
6.
|
Ruang BP Ruang
|
1
|
14
|
|
7.
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
96
|
|
8.
|
Ruang Lab. Komputer
|
1
|
168
|
|
9.
|
Ruang Lab. Bahasa
|
1
|
96
|
|
10.
|
Ruang Lab. IPA
|
1
|
72
|
|
11.
|
Ruang Keterampilan
|
1
|
72
|
|
12.
|
Mushalla
|
1
|
|
|
13.
|
Ruang Rapat
|
-
|
-
|
|
14.
|
Ruang OSIM
|
1
|
14
|
|
15.
|
Ruang UKS
|
1
|
14
|
|
16.
|
Ruang Koperasi
|
-
|
48
|
|
17.
|
Gudang
|
1
|
96
|
|
18.
|
KM/WC Guru
|
3
|
8
|
|
19.
|
KM/WC Siswa
|
6
|
24
|
|
20.
|
Rumah Dinas
|
1
|
36
|
|
14. LAIN-LAIN
1. Tempat Parkir
2. Kantin
3. Rumah Dinas
4. Lapangan Upacara
5. Lapangan Volly Ball/Basket
6. Taman
Darussalam,
11 Juli 2011
Kepala,
Mustafa,
S.Ag
Nip.
197012051999051001