View My Stats

Jumat, 03 Februari 2012

(CONTOH INSTRUMENT PENELITIAN SKRIPSI) = =“Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika di SMP Negeri 2 Kota Bakti.


LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICA EDUCATION)

Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Kota Bakti
Kelas/Semester                        : ....................../Ganjil
Hari/Tanggal                             : ....................../...........................................................
Pertemuan ke-/No. RP             : ....................../...........................................................
Waktu                                      : ..................................................................................
Nama Guru                              : ..................................................................................
Materi Pokok                           : Barisan dan deret aritmetika
Sub Materi Pokok                    : ..................................................................................
Nama Pengamat/Observer        : ..................................................................................

A. Petunjuk : Berilah tanda cek (Ö ) pada kolom nilai yang sesuai menurut  penilaian Bapak/Ibu : 
                        1: berarti ”Tidak Baik”                                  4: berarti ” Baik”
                        2: berarti ”Kurang Baik”                               5: berati ”Sangat Baik”
                        3:berarti ”Cukup Baik”
B. Lembar Pengamatan :
No
Aspek yang diamati
Nilai
1
2
3
4
5
1.
Pendahuluan:
a.       Kemampuan memotivasi siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
b.      Kemampuan menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c.       Kemampuan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran





Nilai Rata-Rata

2.
Kegiatan Inti:
a.       Kemampuan membimbing siswa memahami masalah kontekstual pada LKS
b.      Kemampuan mengarahkan/membimbing siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal
c.       Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
d.      Kemampuan mendorong siswa untuk aktif belajar.

e.       Kemampuan memimpin diskusi kelas / menguasai kelas.
f.        Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
g.       Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
h.       Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan
               





Nilai Rata-Rata

3.
Penutup :
a.       Kemampuan mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan
b.      Kemampuan menegaskan hal-hal penting/intisari berkaitan dengan pembelajaran
c.       Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya kepada siswa/menutup pelajaran  






Nilai Rata-Rata





4.
Kemampuan mengelola waktu





Nilai Rata-Rata





5.
Suasana Kelas:
a.       Antusias Siswa
b.      Antusias Guru





Nilai Rata-Rata





Nilai rata-rata keseluruhan






C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer :
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kota Bakti, .......................
Pengamat/Observer





............................................

ANGKET RESPON SISWA TERHADAP PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIKA EDUCATIOAN)

Nama sekolah      :SMP Negeri 2 Kota Bakti                           Nama Siswa      :
Mata Pelajaran     : Matematika                                                Kelas/Semester :
Materi Pokok       : Barisan dan deret aritmetika                        Hari/Tanggal     :              
                              
Petunjuk:
1.      Berilah tanda cek (Ö ) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu sendiri tanpa dipengaruhi oleh siapapun.
2.      Pengisian angket ini tidak mempengaruhi nilai matematika sehingga kamu tidak perlu takut mengungkapkan pendapatmu yang sebenarnya.

No
Pertanyaan
Respon Siswa
Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a.       LKS
b.      Materi Pelajaran
c.       Tes Hasil Belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar










Baru
Tidak
2
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a.       Materi Pelajaran
b.      LKS
c.       Tes hasil belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar








Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?








Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
b.        Tes Hasil Belajar










Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.         LKS
b.        Tes hasil belajar












Komentar dan saran siswa.

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA

NAMA SEKOLAH                            : SMP Negeri 2 Kota Bakti
KELAS/SEMESTER                         : ...................../Ganjil
HARI/TANGGAL                             : ...................../..............................................
PERTEMUAN KE-/NO.RP              : ...................../..............................................
WAKTU                                             : ....................................................................
MATERI POKOK                             : Barisan dan deret aritmetika
SUB MATERI POKOK                    : ....................................................................
NAMA OBSERVER                         : ....................................................................

A.     Petunjuk
1.      Amatilah aktivitas siswa dalam kelompok sampel yang telah ditentukan sebelumnya (terdiri dari 2 siswa kelompok atas,2 siswa kelompok tengah dan 2 siswa kelompok bawah) selama kegiatan pembelajaran berlangsung
2.      Tulislah hasil pengamatan anda pada lembar pengamatan, dengan prosedur sebagai berikut:
  1. Setiap 4 menit, pengamat melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa. Kemudian 1 menit berikutnya menuliskan kode atau nomor kategori aktivitas siswa yang dominan.
  2. Kode/nomor kategori pengamatan ditulis secara berurutan sesuai dengan kejadian, pada baris dan kolom yang sesuai
  3. Pengamatan dilakukan sejak dimulai sampai berakhirnya pembelajaran   
3.      Kode/nomor kategori aktivitas siswa ditentukan sebagai berikut:
  1. Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru/teman
  2. Membaca/memahami masalah kontekstual di LKS
  3. Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
  4. Berinteraksi/membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau diskusi dalam kelas dan luar kelas
  5. Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman
  6. Menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur
  7. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (seperti: melamun, berjalan-jalan di luar kelompok belajarnya, membaca buku/mengerjakan tugas mata pelajaran lain, bermain-main dengan teman dan lain-lain).         


No
Nama Siswa
Kelompok
Pengamatan pada menit ke -....
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50
55
60
65
70
75
80
85
90
95
100
105
110
115
120
125
130
1

Atas


























2



























3

Tengah


























4



























5

Bawah


























6




























B.     Komentar dan saran Pengamat/Observer:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kota Bakti, ..............................
Pengamat/Observer









LEMBARAN KERJA SISWA II


Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Materi Pokok               : Barisan dan Deret
Waktu                          : 2 x 40 Menit


Kelompok        :                                                                                   Tanggal            :

1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

Tujuan Pembelajaran:

Siswa mampu menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.


Kerjakan soal-soal di bawah ini secara berkelompok.

Soal:
1.      Gedung pertunjukkan, banyak kursi pada baris pertama adalah 30 kursi, setiap baris berikutnya 2 kursi lebih banyak dari baris sebelumnya. Jika di dalam bioskop tersebut terdapat 15 barisan kursi, tentukan banyaknya kursi pada baris ke-6.








Pembahasan:

Dik       :
            Deret berbentuk : 30 + 32 + ....
            U1        = a = 30
            b          = U2 – U1
                        = ....  -30
            b          = ....
Dit        : U6 = ....?
Jawab :
            U6 = a + (n-1) b           U6 = ....
U6 = ... + (6-1) ....       
     = 30 + ( ... ) ....       Jadi, Banyaknya kursi pada baris ke-6 adalah .....
     = .... + ....   

2.      Selama 20 hari beruturut-turut, Nina menabung di celengan sebesar Rp. 1.000,00,- Rp. 1.100,00,- Rp. 1.200,00,- Rp. 1.300,00,- dan seterusnya. Tentukan tabungan Nina pada hari ke-12.
Pembahasan:

Dik       : Sebuah deret berbentuk :
            1000 + 1.100 + 1.200 + 1.300 + ...
            U1        = a = ....
            b          = U2 – U1
            b          = 1.100
            b          = ....

Dit        : U12 = ....?
Jawab :
            Un        = a + (n-1) b 
U...      = 1.000 + (12-1) ....    
U...                  = 1.000 + (.......) ....    
U12       = ...... + .......
U12       = ......

Jadi, tabungan Nina pada hari ke-12 adalah .....

3.      Ali seorang siswa sekolah menengah pertama, namun dia mempunyai kelemahan dalam penjumlahan, sehingga dia diberi tugas oleh guru untuk menjumlahkan bilangan 1-100. bagaimanakah cara menjumlah termudah untuk Ali?
Pembahasan:

Dik       : Sebuah deret berbentuk : 1 + 2 + 3 + .... + 100
            a          = ....
            b          = U2 – U1
            b          = .... 
            b          = ....

Dit        : S100 = ....?
Jawab :
            Un        = a + (n-1) b 
U100      = 1 + (.... -1) ....          
U100      = 1 + (....) ....  
U100      =  ....+ ....        
U100      = ......
Sn        = a + (a+Un)  
S100      = a + (.....+.....)  
S100      = ...... (.....)
S100      = ......

Jadi, Jumlah bilangan 1-100 adalah .....






































POST-TEST

Nama Pelajaran            : Matematika
Materi Pokok               : Barisan dan Deret Aritmetika
Kelas / Semester          : IX / I
Waktu                          : 90 Menit


Petunjuk Soal:

1.      Tulislah terlebih dahulu Nama dan Nis pada lemabaran jawaban yang disediakan.
2.      Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap paling mudah.
3.      Periksa kembali jawaban kamu selagi masih ada waktu.

Soal :

1.      Diketahui bilangan 5, 10, 15, 20, 25, ....
Tentukan suku pertama dan beda barisan bilangan tersebut.
2.      Diketahui deret 4 + 10 + 16 + 22 + .... tentukan U20.
3.      Dalam deret aritmetika diketahui U1 = 5 dan U7 = 29 tentukan besar bedanya. 
4.      Diketahui barisan bilangan 1, 7, 13, 19 ....
Tentukan jumlah 10 suku pertama dari barisan tersebut.
5.      Setiap bulan Pak Toni selalu menabung di bank. Bulan pertama, Pak Toni menabung sebesar Rp. 50.000,00- bulan kedua ia menabung sebesar Rp. 75.000,00,- bulan ketiga ia menabung sebesar Rp. 100.000,00,- Demikian seterusnya, ia selalu menabung lebih dari Rp. 25.000,00,- dari bulan sebelumnya.
Tentukan uang yang ditabungkan Pak Toni pada bulan ke-10.



















KUNCI JAWABAN SOAL POST-TEST



No
Kunci
Bobot
1.
Dik       : Barisan Deret.
              5, 10, 15, 20, 25 ....
Dit        : U1 dan b = ....?
Jawab : U1 = a = 5
            b = U2 – U1
            b =  10-15 = 5
Jadi, suku pertama (U1) = 5 dan b = 5


1
1
5
4
2
2
Jumlah
15
2.
Dik       : Deret Aritmetika.
            4 + 10 + 16 + 24,+ ....
            U1 = a = 4
            b          = U2 – U1
            b          = 10 – 4
            b          = 6
Dit        : U20  = ....?
Jawab : Un = a + (n-1) b
            Un        = a + (n-1) b
            U20       = 4 + (20-1) 6
            U20       = 4 + (19) 6
            U20       = 4 + 114 
            U20       = 118 
Jadi, suku ke-20 adalah 118


1
1
2
1
1
1
3
1
1
1
1
1
1
Jumlah
15
3.
Dik       : U1 = a = 5
              U7       = 29
              n          = 7 
Dit        : Beda .....?
Jawab :
            Un = a + (n-1) b
            29 = 5 + (7-1) b
            29 = 5 + (6) b
            29-5 = 6 b
              6 b = 29-5
              6 b = 24
                 b =
                  b = 4
Jadi, bedanya adalah 4
1
1
1
1
4
3
2
1
1
1
2
1

1

Jumlah
20
4.
Dik       : Barisan Bilangan  
            1, 7, 13, 19
            U1 = a = 1
            b          = U2 – U1
            b          = 7 – 1
            b          = 6
Dit        : S10  = ....?
Jawab:
            Sn =  (a+Un)           
            Un        = a + (n-1) b
            U10       = 1 + (10-1) 6
            U10       = 1 + (9) 6
            U10       = 1 + 54
            U10       = 55
Sehingga, S10  = (1+55)
                        = 5 (56)
                 S10  = 280

Jadi, jumlah 10 suku pertama adalah 280

1
1
1
1
1
1

4


2
2
2
1
1

3
2
1

1

Jumlah
25
5.
Dik       : Sebuah Deret : 50.000+75.000+100.000+..... 
            U1  = a = 50.000
            b          = 25.000
Dit        : Bulan ke-10 = ....?
Jawab: Un        = a + (n-1) b
            U10       = 50.000 + (10-1) 25.000
            U10       = 50.000 + (9) 25.000
                        = 50.000 + 225.000
            U10       = 275.000
Jadi, uang yang ditabung Pak Toni pada bulan ke-10 adalah Rp. 275.000

2
1
2
1
5
4
3
2
2

3

Jumlah
25








LEMBARAN KERJA SISWA I


Kelas / Semester          : IX / Ganjil
Materi Pokok               : Barisan dan Deret
Waktu                          : 2 x 40 Menit


Kelompok        :                                                                                   Tanggal            :

1.       
2.       
3.       
4.       
5.       

Tujuan Pembelajaran:

Siswa mampu menentukan jumlah suku ke-n barisan aritmetika.

Soal :

Kerjakan soal-soal di bawah ini secara berkelompok.

 
1. Sediakan beberapa gelas yang berbentuk sama!

2. Ukurlah tinggi satu gelas seluruhnya!

            Jawab:

Tinggi 1 gelas adalah......cm

3. Susunlah dua gelas dan ukur tingginya!
Jawab:
Tinggi 2 gelas adalah ....cm.
4.  Susunlah tiga gelas dan ukur tingginya!
     Jawab:
Tinggi 3 gelas adalah ....cm

5.      Tanpa menyusun, perkirakan tinggi 4 gelas!
    Jawab:
Tinggi 4 gelas adalah....cm
6.      Dengan menyusun 4 gelas ukurlah tingginya!
           Jawab:
      Tinggi 4 gelas adalah ....cm
7. Apakah perkiraan anda benar?
            Jawab:
            ...........................................................................................................
8. Dengan cara yang sama, berapakah tinggi 8 gelas, 10 gelas, dan 20 gelas?
            Jawab:
·        Tinggi 8 gelas adalah.........cm
·        Tinggi 10 gelas adalah.........cm
·        Tinggi 20 gelas adalah.........cm
9. Urutkan bilangan yang menyatakan tinggi susunan gelas untuk 1 gelas, 2                     gelas, 3 gelas sampai 8 gelas!
            Jawab:
Bilangan yang menyatakan tinggi susunan gelas dari 1 sampai 8  adalah....,....,....,....,....,.....,....,....;
10. Berapakah selisih diantara 2 suku yang berurutan pada barisan bilangan no.9   diatas!
Jawab:
Selisih barisan bilangan tersebut adalah .......
Info:

Un = suku ke-n                                       n = banyak suku                           
a    = U1 = suku pertama                       b = beda
 
 



11. Dapatkah anda menentukan suku pertama, kedua, ketiga,,,,sampai suku ke  delapan!
Jawab:
Suku pertama         =  U1 =....        Suku kelima                 = U5 =.....
Suku kedua            = U2 =.....        Suku keenam                = U6 =.....
Suku ketiga              = U3 =....        Suku ketujuh                = U7 =.....
Oval: Barisan Aritmetika adalah barisan bilangan yang mempunyai selisih dua suku yang berurutan selalu tetap.Suku keempat          = U4 =....        Suku kedelapan            = U8=......




12. Buatlah rangkuman tentang:
            a. Barisan Aritmetika adalah…………………………………………….
                ………………………………………………………………………..
            b. Beda dari suatu barisan aritmetika adalah……………………………..
            c. Rumus untuk mencari suku ke-n dari Barisan Aritmetika adalah          …..
                ………………………………………………………………………..
   Ket:……………………………………………………………………
                ………………………………………………………………………..
                ………………………………………………………………………..










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama sekolah              : MTsS Darul Ihsan Aceh Besar
Mata Pelajaran : Matematika
Materi                          : Teorema Pythagoras
Kelas / Semester          : II / I
Alokasi waktu              : 6 x 40 menit


A.     Standar Kompetensi
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
    
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
2.      Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan  Teorema Pythagoras

C.     Indikator
Ø      Menemukan Teorema Pythagoras
Ø      Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
Ø      Menghitung panjang diagonal pada bangun datar ,misalnya persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb

D.    Materi Pembelajaran
Teorema Pythagoras

E.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Ø      Menemukan Teorema Pythagoras
Ø      Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
Ø      Memecahkan masalah atau soal-soal yang berkaitan dengan Teorema  Pythagoras

F.      Metode Pembelajaran
Penemuan, diskusi atau tanya jawab dan belajar kelompok.

G.    Sumber Pembelajaran
a. Buku cetak
Ø      Buchori ,dkk, Jenius Matematika 2 untuk SMP / MTs kelas VIII (Semarang : Aneka Ilmu, 2005 )
Ø      Umi Salamah ,Membangun Kompetensi Matematika 2 untuk SMP / MTs kelas VIII, (Solo : PT.Wangsa Jatra Lestari , 2006 )
b. Media/alat :
    LKS
     Kertas berpetak


H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2 x 40 menit )

   Pendahuluan :
·        Tanya jawab tentang materi Teorema Pythagoras
·        Memotivasi siswa dengan mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari
·        Menyampaikan materi yang akan dibahas dan langkah-langkah pembelajaran


           Kegiatan inti :
·        Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok   terdiri dari 4-6 siswa dan bersifat heterogen
·        Guru membagikan LKS dan masing-masing kelompok di hadapannya telah tersedia kertas berpetak
·        Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam kelompok
·        Guru mengamati kelompok secara bergilir dan meminta siswa bekerja pada kelompok masing-masing
·        Guru mengarahkan / membimbing siswa yang mengalami kesulitan
·        Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya
·        Masing-masing kelompok menyajikan hasil belajar kelompoknya
·        Guru meminta siswa menanggapi hasil diskusi setiap kelompok


             Kegiatan penutup :
·        Menyimpulkan kembali materi yang telah dipelajari
·        Menanyakan kendala-kendala yang dihadapi siswa
·        Guru memberi tugas / pekerjaan rumah


Penilaian :
·        Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama        pembelajaran berlangsung
·        Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan
  

        2. Petemuan kedua ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan :
·        Mengingatkan kembali materi minggu lalu tentang Teorema    Pythagoras demgan cara melakukan tanya jawab
·        Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran





Kegiatan inti :
·        Gura membagi siswa dalam beberapa kelompok
·        Guru membagikan LKS
·        Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam LKS
·        Guru mengamati kelompok secara bergilir dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan
·        Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil belajar kelompok


Kegiatan penutup :
·        Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir
·        Guru memberi tugas / pekerjaan rumah


Penilaian :
·        Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
·        Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan


        3. Pertemuan Ketiga ( 2 x 40 menit )

             Pendahuluan :
·        Mengingat kembali materi minggu lalu dengan cara melakukan tanya jawab
·        Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran


            Kegiatan inti :
·        Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·        Guru membagikan LKS dan membimbing siswa untuk memahami masalah pada LKS
·        Guru membawa siswa ke luar kelas dengan memberi alat pengukuran untuk menyelesaikan masalah / soal secara berkelompok
·        Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam kelompok
·        Guru mengamati kerja kelompok di luar kelas dan membimbing siswa yang mwngalami kesulitan
·        Setelah siswa menyelesaikan kegiatan di luar kelas, guru meminta siswa  kembali ke kelas untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya
·        Guru meminta siswa untuk menanggapi hasil kerja setiap kelompok




Kegiatan penutup :
·        Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir
·        Menanyakan kendala-kendala yang dihadapi siswa
·        Memberi tugas / pekerjaan rumah


Penilaian :
·        Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
·        Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama sekolah              : SMP Negeri 2 Kota Bakti
Mata Pelajaran : Matematika
Materi                          : Barisan dan Deret Aritmetika
Kelas / Semester          : IX / I
Alokasi waktu              : 4 x 40 menit


A.     Standar Kompetensi
Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
    
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menentukan suku ke-n barisan aritmetika dan barisan geometri.
2.      Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
3.      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

C.     Indikator
Ø      Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmetika.
Ø      Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.

D.    Materi Pembelajaran
Barisan dan Deret Aritmetika.

E.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Ø      Menentukan jumlah suku ke-n barisan aritmetika.
Ø      Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.

F.      Metode Pembelajaran
Pendekatan            : Realistik
Metode                  : Diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    Sumber Pembelajaran
Ø      Lembaran Kerja Siswa dan buku paket.

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2 x 40 menit )

   Pendahuluan :
·        Tanya jawab tentang materi Barisan dan Deret Aritmetika.
·        Memotivasi siswa dengan mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari
·        Menyampaikan materi yang akan dibahas dan langkah-langkah pembelajaran
           Kegiatan inti :
·        Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dan bersifat heterogen
·        Guru membagikan LKS (berkaitan dengan realistik sehari-hari) dan masing-masing kelompok
·        Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam kelompok
·        Guru mengamati kelompok secara bergilir dan meminta siswa bekerja pada kelompok masing-masing
·        Guru mengarahkan / membimbing siswa yang mengalami kesulitan
·        Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya
·        Masing-masing kelompok menyajikan hasil belajar kelompoknya
·        Guru meminta siswa menanggapi hasil diskusi setiap kelompok

             Kegiatan penutup :
·        Menyimpulkan kembali materi yang telah dipelajari
·        Menanyakan kendala-kendala yang dihadapi siswa
·        Guru memberi tugas / pekerjaan rumah

Penilaian :
·        Penilaian proses: pengamatan terhadap aktivitas siswa selama        pembelajaran berlangsung
·        Penilaian produk: penilaian PR dan latihan-latihan
  
        2. Petemuan kedua ( 2 x 40 menit )

Pendahuluan :
·        Mengingatkan kembali materi minggu lalu tentang Barisan dan Deret Aritmetika dengan cara melakukan tanya jawab
·        Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan inti :
·        Gura membagi siswa dalam beberapa kelompok
·        Guru membagikan LKS
·        Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam LKS
·        Guru mengamati kelompok secara bergilir dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan
·        Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil belajar kelompok

Kegiatan penutup :
·        Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir
·        Guru memberi tugas / pekerjaan rumah

Penilaian :
·        Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
·        Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan










.......................................................

Tidak ada komentar: