LEMBAR
OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN
PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICA EDUCATION)
Nama Sekolah : SMP Negeri
2 Kota Bakti
Kelas/Semester : ....................../Ganjil
Hari/Tanggal :
....................../...........................................................
Pertemuan ke-/No. RP :
....................../...........................................................
Waktu :
..................................................................................
Nama Guru :
..................................................................................
Materi Pokok :
Barisan dan deret aritmetika
Sub Materi Pokok :
..................................................................................
Nama Pengamat/Observer :
..................................................................................
A. Petunjuk : Berilah tanda cek (Ö ) pada kolom nilai yang sesuai
menurut penilaian Bapak/Ibu :
1: berarti ”Tidak Baik” 4: berarti ”
Baik”
2: berarti ”Kurang
Baik” 5:
berati ”Sangat Baik”
3:berarti ”Cukup Baik”
B. Lembar Pengamatan :
No
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Pendahuluan:
a. Kemampuan memotivasi
siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
b. Kemampuan menghubungkan
pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c. Kemampuan menginformasikan
langkah-langkah pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|||||
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Kemampuan membimbing siswa
memahami masalah kontekstual pada LKS
b. Kemampuan
mengarahkan/membimbing siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal
c. Kemampuan mengoptimalkan
interaksi siswa dalam bekerja
d. Kemampuan mendorong siswa
untuk aktif belajar.
e. Kemampuan memimpin diskusi
kelas / menguasai kelas.
f.
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
g. Kemampuan mendorong siswa
untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
h. Kemampuan mengajukan dan
menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|||||
3.
|
Penutup :
a. Kemampuan mengarahkan
siswa untuk menarik kesimpulan
b. Kemampuan menegaskan
hal-hal penting/intisari berkaitan dengan pembelajaran
c. Kemampuan menyampaikan
judul sub materi berikutnya kepada siswa/menutup pelajaran
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan
mengelola waktu
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Suasana
Kelas:
a. Antusias Siswa
b. Antusias Guru
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata keseluruhan
|
|
|
|
|
|
C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer :
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kota Bakti, .......................
Pengamat/Observer
............................................
ANGKET RESPON SISWA TERHADAP PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RME (REALISTIC
MATHEMATIKA EDUCATIOAN)
Nama sekolah :SMP Negeri 2 Kota
Bakti Nama Siswa
:
Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester :
Materi Pokok : Barisan dan deret
aritmetika Hari/Tanggal :
Petunjuk:
1. Berilah tanda cek (Ö ) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu sendiri tanpa dipengaruhi oleh
siapapun.
2. Pengisian angket ini tidak
mempengaruhi nilai matematika sehingga kamu tidak perlu takut mengungkapkan
pendapatmu yang sebenarnya.
No
|
Pertanyaan
|
Respon Siswa
|
|
Senang
|
Tidak
|
||
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak
terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
|
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini
bagimu baru atau tidak?
a. Materi Pelajaran
b. LKS
c. Tes hasil belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
|
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk
mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?
|
|
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas
atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
b.
Tes Hasil Belajar
|
|
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan
penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.
LKS
b.
Tes hasil belajar
|
|
|
Komentar dan saran siswa.
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
NAMA SEKOLAH : SMP Negeri 2 Kota
Bakti
KELAS/SEMESTER :
...................../Ganjil
HARI/TANGGAL :
...................../..............................................
PERTEMUAN KE-/NO.RP :
...................../..............................................
WAKTU :
....................................................................
MATERI POKOK : Barisan dan deret aritmetika
SUB MATERI POKOK :
....................................................................
NAMA OBSERVER :
....................................................................
A.
Petunjuk
1. Amatilah aktivitas siswa
dalam kelompok sampel yang telah ditentukan sebelumnya (terdiri dari 2 siswa
kelompok atas,2 siswa kelompok tengah dan 2 siswa kelompok bawah) selama
kegiatan pembelajaran berlangsung
2. Tulislah hasil pengamatan
anda pada lembar pengamatan, dengan prosedur sebagai berikut:
- Setiap 4 menit, pengamat melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa. Kemudian 1 menit berikutnya menuliskan kode atau nomor kategori aktivitas siswa yang dominan.
- Kode/nomor kategori pengamatan ditulis secara berurutan sesuai dengan kejadian, pada baris dan kolom yang sesuai
- Pengamatan dilakukan sejak dimulai sampai berakhirnya pembelajaran
3. Kode/nomor kategori aktivitas
siswa ditentukan sebagai berikut:
- Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru/teman
- Membaca/memahami masalah kontekstual di LKS
- Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
- Berinteraksi/membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau diskusi dalam kelas dan luar kelas
- Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman
- Menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur
- Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (seperti: melamun, berjalan-jalan di luar kelompok belajarnya, membaca buku/mengerjakan tugas mata pelajaran lain, bermain-main dengan teman dan lain-lain).
No
|
Nama Siswa
|
Kelompok
|
Pengamatan pada menit ke -....
|
|||||||||||||||||||||||||
5
|
10
|
15
|
20
|
25
|
30
|
35
|
40
|
45
|
50
|
55
|
60
|
65
|
70
|
75
|
80
|
85
|
90
|
95
|
100
|
105
|
110
|
115
|
120
|
125
|
130
|
|||
1
|
|
Atas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
Tengah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
Bawah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Komentar dan saran
Pengamat/Observer:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kota Bakti, ..............................
Pengamat/Observer
LEMBARAN KERJA SISWA II
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Materi Pokok : Barisan
dan Deret
Waktu : 2 x
40 Menit
Kelompok : Tanggal
:
1.
2.
3.
4.
5.
Tujuan
Pembelajaran:
Siswa mampu
menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.
Kerjakan
soal-soal di bawah ini secara berkelompok.
Soal:
1. Gedung pertunjukkan, banyak
kursi pada baris pertama adalah 30 kursi, setiap baris berikutnya 2 kursi lebih
banyak dari baris sebelumnya. Jika di dalam bioskop tersebut terdapat 15
barisan kursi, tentukan banyaknya kursi pada baris ke-6.

Pembahasan:
Dik :
Deret berbentuk : 30 + 32
+ ....
U1 = a = 30
b = U2 – U1
= .... -30
b = ....
Dit : U6 = ....?
Jawab :
U6 = a + (n-1)
b U6 = ....
U6 = ... + (6-1) ....
= 30 +
( ... ) .... Jadi, Banyaknya kursi
pada baris ke-6 adalah .....
= ....
+ ....
2. Selama 20 hari
beruturut-turut, Nina menabung di celengan sebesar Rp. 1.000,00,- Rp.
1.100,00,- Rp. 1.200,00,- Rp. 1.300,00,- dan seterusnya. Tentukan tabungan Nina
pada hari ke-12.
Pembahasan:
Dik : Sebuah deret berbentuk :
1000 + 1.100 + 1.200 +
1.300 + ...
U1 = a = ....
b = U2 – U1
b = 1.100
b = ....
Dit : U12 = ....?
Jawab :
Un = a + (n-1) b
U... = 1.000
+ (12-1) ....
U... = 1.000 + (.......) ....
U12 =
...... + .......
U12 =
......
Jadi, tabungan Nina pada hari ke-12 adalah .....
3. Ali seorang siswa sekolah
menengah pertama, namun dia mempunyai kelemahan dalam penjumlahan, sehingga dia
diberi tugas oleh guru untuk menjumlahkan bilangan 1-100. bagaimanakah cara
menjumlah termudah untuk Ali?
Pembahasan:
Dik : Sebuah deret berbentuk : 1
+ 2 + 3 + .... + 100
a = ....
b = U2 – U1
b = ....
b = ....
Dit : S100 = ....?
Jawab :
Un = a + (n-1) b
U100 =
1 + (.... -1) ....
U100 =
1 + (....) ....
U100 = ....+ ....
U100 =
......
Sn =
a + (a+Un)

S100 =
a + (.....+.....)

S100 =
...... (.....)
S100 =
......
Jadi, Jumlah bilangan 1-100 adalah .....
POST-TEST
Nama Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Barisan
dan Deret Aritmetika
Kelas / Semester : IX / I
Waktu : 90
Menit
Petunjuk Soal:
1. Tulislah terlebih dahulu
Nama dan Nis pada lemabaran jawaban yang disediakan.
2. Kerjakan terlebih dahulu
soal-soal yang kamu anggap paling mudah.
3. Periksa kembali jawaban kamu
selagi masih ada waktu.
Soal :
1. Diketahui bilangan 5, 10,
15, 20, 25, ....
Tentukan suku pertama dan beda barisan bilangan
tersebut.
2. Diketahui deret 4 + 10 + 16
+ 22 + .... tentukan U20.
3. Dalam deret aritmetika
diketahui U1 = 5 dan U7 = 29 tentukan besar bedanya.
4. Diketahui barisan bilangan
1, 7, 13, 19 ....
Tentukan jumlah 10 suku pertama dari barisan
tersebut.
5. Setiap bulan Pak Toni selalu
menabung di bank. Bulan pertama, Pak Toni menabung sebesar Rp. 50.000,00- bulan
kedua ia menabung sebesar Rp. 75.000,00,- bulan ketiga ia menabung sebesar Rp.
100.000,00,- Demikian seterusnya, ia selalu menabung lebih dari Rp. 25.000,00,-
dari bulan sebelumnya.
Tentukan uang yang ditabungkan Pak Toni pada bulan
ke-10.
KUNCI JAWABAN SOAL POST-TEST
No
|
Kunci
|
Bobot
|
1.
|
Dik : Barisan Deret.
5, 10, 15, 20, 25 ....
Dit : U1 dan b = ....?
Jawab : U1
= a = 5
b = U2 – U1
b = 10-15 = 5
Jadi, suku
pertama (U1) = 5 dan b = 5
|
1
1
5
4
2
2
|
Jumlah
|
15
|
|
2.
|
Dik : Deret Aritmetika.
4 + 10 + 16 + 24,+ ....
U1 = a = 4
b =
U2 – U1
b =
10 – 4
b =
6
Dit : U20 = ....?
Jawab : Un = a + (n-1) b
Un = a + (n-1) b
U20 =
4 + (20-1) 6
U20 =
4 + (19) 6
U20 =
4 + 114
U20 =
118
Jadi, suku
ke-20 adalah 118
|
1
1
2
1
1
1
3
1
1
1
1
1
1
|
Jumlah
|
15
|
|
3.
|
Dik : U1 = a = 5
U7 = 29
n = 7
Dit : Beda .....?
Jawab :
Un = a + (n-1) b
29 = 5 + (7-1) b
29 = 5 + (6) b
29-5 = 6 b
6 b = 29-5
6 b = 24
b =
![]()
b = 4
Jadi, bedanya
adalah 4
|
1
1
1
1
4
3
2
1
1
1
2
1
1
|
Jumlah
|
20
|
|
4.
|
Dik : Barisan Bilangan
1, 7, 13, 19
U1 = a = 1
b =
U2 – U1
b =
7 – 1
b =
6
Dit : S10 = ....?
Jawab:
Sn =
![]()
Un = a + (n-1) b
U10 =
1 + (10-1) 6
U10 =
1 + (9) 6
U10 =
1 + 54
U10 =
55
Sehingga, S10 =
![]()
= 5 (56)
S10 = 280
Jadi, jumlah 10
suku pertama adalah 280
|
1
1
1
1
1
1
4
2
2
2
1
1
3
2
1
1
|
Jumlah
|
25
|
|
5.
|
Dik : Sebuah Deret : 50.000+75.000+100.000+.....
U1 = a = 50.000
b =
25.000
Dit : Bulan ke-10 = ....?
Jawab: Un = a + (n-1) b
U10 =
50.000 + (10-1) 25.000
U10 =
50.000 + (9) 25.000
= 50.000 + 225.000
U10 =
275.000
Jadi, uang yang
ditabung Pak Toni pada bulan ke-10 adalah Rp. 275.000
|
2
1
2
1
5
4
3
2
2
3
|
Jumlah
|
25
|
LEMBARAN KERJA SISWA I
Kelas / Semester : IX /
Ganjil
Materi Pokok : Barisan
dan Deret
Waktu : 2 x
40 Menit
Kelompok : Tanggal
:
1.
2.
3.
4.
5.
Tujuan
Pembelajaran:
Siswa mampu
menentukan jumlah suku ke-n barisan aritmetika.
Soal :
Kerjakan
soal-soal di bawah ini secara berkelompok.
|
2. Ukurlah tinggi satu gelas seluruhnya!
Jawab:
Tinggi 1 gelas adalah......cm
3. Susunlah dua gelas dan ukur tingginya!
Jawab:
Tinggi 2 gelas adalah ....cm.
4. Susunlah
tiga gelas dan ukur tingginya!
Jawab:
Tinggi 3 gelas adalah ....cm
5. Tanpa menyusun, perkirakan
tinggi 4 gelas!
Jawab:
Tinggi 4 gelas adalah....cm
6. Dengan menyusun 4 gelas
ukurlah tingginya!
Jawab:
Tinggi
4 gelas adalah ....cm
7. Apakah perkiraan anda
benar?
Jawab:
...........................................................................................................
8. Dengan cara yang sama, berapakah tinggi 8 gelas,
10 gelas, dan 20 gelas?
Jawab:
·
Tinggi 8 gelas adalah.........cm
·
Tinggi 10 gelas adalah.........cm
·
Tinggi 20 gelas adalah.........cm
9. Urutkan
bilangan yang menyatakan tinggi susunan gelas untuk 1 gelas, 2 gelas, 3 gelas sampai 8
gelas!
Jawab:
Bilangan
yang menyatakan tinggi susunan gelas dari 1 sampai 8 adalah....,....,....,....,....,.....,....,....;
10.
Berapakah selisih diantara 2 suku yang berurutan pada barisan bilangan
no.9 diatas!
Jawab:
Selisih barisan bilangan
tersebut adalah .......
|
11.
Dapatkah anda menentukan suku pertama, kedua, ketiga,,,,sampai suku ke delapan!
Jawab:
Suku pertama =
U1 =.... Suku
kelima = U5 =.....
Suku kedua = U2 =..... Suku keenam = U6 =.....
Suku ketiga
= U3 =.... Suku
ketujuh = U7 =.....

12. Buatlah rangkuman tentang:
a.
Barisan Aritmetika adalah…………………………………………….
………………………………………………………………………..
b.
Beda dari suatu barisan aritmetika adalah……………………………..
c.
Rumus untuk mencari suku ke-n dari Barisan Aritmetika adalah …..
………………………………………………………………………..
Ket:……………………………………………………………………
………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : MTsS Darul
Ihsan Aceh Besar
Mata Pelajaran : Matematika
Materi :
Teorema Pythagoras
Kelas / Semester : II / I
Alokasi waktu : 6 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah.
B.
Kompetensi Dasar
1. Menggunakan Teorema
Pythagoras dalam pemecahan masalah
2. Memecahkan masalah pada
bangun datar yang berkaitan dengan Teorema
Pythagoras
C.
Indikator
Ø
Menemukan Teorema Pythagoras
Ø
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
Ø
Menghitung panjang diagonal pada bangun datar ,misalnya persegi, persegi panjang,
belah ketupat, dsb
D.
Materi Pembelajaran
Teorema Pythagoras
E.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Ø
Menemukan Teorema Pythagoras
Ø
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga
siku-siku
Ø
Memecahkan masalah atau soal-soal yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
F.
Metode Pembelajaran
Penemuan, diskusi atau tanya jawab dan belajar
kelompok.
G.
Sumber Pembelajaran
a. Buku cetak
Ø
Buchori ,dkk, Jenius Matematika 2 untuk SMP / MTs kelas VIII (Semarang :
Aneka Ilmu, 2005 )
Ø
Umi Salamah ,Membangun Kompetensi Matematika 2 untuk SMP / MTs kelas VIII,
(Solo : PT.Wangsa Jatra Lestari , 2006 )
b. Media/alat :
•
LKS
• Kertas berpetak
H.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2 x 40 menit )
Pendahuluan :
·
Tanya jawab tentang materi Teorema Pythagoras
·
Memotivasi siswa dengan mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan
sehari-hari
·
Menyampaikan materi yang akan dibahas dan langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan inti :
·
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dan bersifat heterogen
·
Guru membagikan LKS dan masing-masing kelompok di hadapannya telah tersedia
kertas berpetak
·
Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam kelompok
·
Guru mengamati kelompok secara bergilir dan meminta siswa bekerja pada
kelompok masing-masing
·
Guru mengarahkan / membimbing siswa yang mengalami kesulitan
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya
·
Masing-masing kelompok menyajikan hasil belajar kelompoknya
·
Guru meminta siswa menanggapi hasil diskusi setiap kelompok
Kegiatan penutup :
·
Menyimpulkan kembali materi yang telah dipelajari
·
Menanyakan kendala-kendala yang dihadapi siswa
·
Guru memberi tugas / pekerjaan rumah
Penilaian :
·
Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
·
Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan
2. Petemuan kedua ( 2 x 40 menit )
Pendahuluan :
·
Mengingatkan kembali materi minggu lalu tentang Teorema Pythagoras
demgan cara melakukan tanya jawab
·
Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan inti :
·
Gura membagi siswa dalam beberapa kelompok
·
Guru membagikan LKS
·
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam LKS
·
Guru mengamati kelompok secara bergilir dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil belajar kelompok
Kegiatan penutup :
·
Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir
·
Guru memberi tugas / pekerjaan rumah
Penilaian :
·
Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran
berlangsung
·
Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan
3. Pertemuan Ketiga ( 2 x 40 menit )
Pendahuluan
:
·
Mengingat kembali materi minggu lalu dengan cara melakukan tanya jawab
·
Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan inti :
·
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
·
Guru membagikan LKS dan membimbing siswa untuk memahami masalah pada LKS
·
Guru membawa siswa ke luar kelas dengan memberi alat pengukuran untuk
menyelesaikan masalah / soal secara berkelompok
·
Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam kelompok
·
Guru mengamati kerja kelompok di luar kelas dan membimbing siswa yang
mwngalami kesulitan
·
Setelah siswa menyelesaikan kegiatan di luar kelas, guru meminta siswa kembali ke kelas untuk menyajikan hasil kerja
kelompoknya
·
Guru meminta siswa untuk menanggapi hasil kerja setiap kelompok
Kegiatan penutup :
·
Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir
·
Menanyakan kendala-kendala yang dihadapi siswa
·
Memberi tugas / pekerjaan rumah
Penilaian :
·
Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran
berlangsung
·
Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama sekolah : SMP Negeri
2 Kota Bakti
Mata Pelajaran : Matematika
Materi : Barisan dan Deret Aritmetika
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Memahami barisan dan deret bilangan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1. Menentukan suku ke-n barisan
aritmetika dan barisan geometri.
2. Menentukan jumlah n suku
pertama deret aritmetika dan deret geometri.
3. Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret.
C. Indikator
Ø
Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmetika.
Ø
Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.
D. Materi Pembelajaran
Barisan dan Deret Aritmetika.
E. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
Ø
Menentukan jumlah suku ke-n barisan aritmetika.
Ø
Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika.
F. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Realistik
Metode :
Diskusi, tanya jawab dan penugasan
G. Sumber Pembelajaran
Ø
Lembaran Kerja Siswa dan buku paket.
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2 x 40 menit )
Pendahuluan :
·
Tanya jawab tentang materi Barisan dan Deret Aritmetika.
·
Memotivasi siswa dengan mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan
sehari-hari
·
Menyampaikan materi yang akan dibahas dan langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
inti :
·
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari
4-6 siswa dan bersifat heterogen
·
Guru membagikan LKS (berkaitan dengan realistik sehari-hari) dan
masing-masing kelompok
·
Guru menjelaskan langkah-langkah kerja dalam kelompok
·
Guru mengamati kelompok secara bergilir dan meminta siswa bekerja pada
kelompok masing-masing
·
Guru mengarahkan / membimbing siswa yang mengalami kesulitan
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya
·
Masing-masing kelompok menyajikan hasil belajar kelompoknya
·
Guru meminta siswa menanggapi hasil diskusi setiap kelompok
Kegiatan penutup :
·
Menyimpulkan kembali materi yang telah dipelajari
·
Menanyakan kendala-kendala yang dihadapi siswa
·
Guru memberi tugas / pekerjaan rumah
Penilaian :
·
Penilaian proses: pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung
·
Penilaian produk: penilaian PR dan latihan-latihan
2.
Petemuan kedua ( 2 x 40 menit )
Pendahuluan :
·
Mengingatkan kembali materi minggu lalu tentang Barisan dan Deret
Aritmetika dengan cara melakukan tanya jawab
·
Menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan inti :
·
Gura membagi siswa dalam beberapa kelompok
·
Guru membagikan LKS
·
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam LKS
·
Guru mengamati kelompok secara bergilir dan membimbing siswa yang mengalami
kesulitan
·
Guru meminta setiap kelompok untuk menyajikan hasil belajar kelompok
Kegiatan penutup :
·
Guru dan siswa membuat kesimpulan akhir
·
Guru memberi tugas / pekerjaan rumah
Penilaian :
·
Penilaian proses : pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran
berlangsung
·
Penilaian produk : penilaian PR dan latihan-latihan
.......................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar