RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi bangun-bangun yang sama dan sebangun (kongruen).
Indikator : Menentukan syarat dan unsur yang sama dari dua bangun yang sama dan sebangun atau
kongruen.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasikan dua
bangun datar yang sama dan sebangun atau kongruen.
B.
Materi Pokok
Kesebangunan : Syarat dua bangun yang
sama dan sebangun (kongruen).
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, model
bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Memberi contoh dalam kehidupan
sehari-hari tentang dua bangun yang sama dan
sebangun.
2.
Menyampaikan indikator yang akan
disampaikan.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa diminta untuk melakukan
kegiatan yang langkah-langkahnya seperti pada buku halaman 15.
2.
Guru dan siswa mendiskusikan
tentang syarat-syarat bangun yang sama dan sebangun.
3.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal tentang bangun-bangun yang sama dan sebangun seperti yang terdapat
pada buku paket (karangan M Cholik, halaman 5, latihan 1, nomor 1 s.d 5).
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) dari
Buku Paket atau LKS.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Apakah kedua bangun
berikut sama dan sebangun (kongruen) ? Jelaskan !
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
bangun-bangun yang sama dan sebangun (kongruen).
Indikator : Menentukan
perbandingan antara ukuran pada model dengan ukuran sebenarnya.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menentukan unsur yang bersesuaian sebanding antara ukuran pada model dan ukuran
sebenarnya.
2. Siswa dapat menghitung ukuran salah satu unsur, jika unsur lain yang
sebenarnya diketahui.
B.
Materi Pokok
Foto
dan model berskala.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, Foto dan Model Berskala, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR..
2.
Menyampaikan indikator yang
ingin dicapai..
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
orang.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat:
a.
menentukan perbandingan
bagian-bagian yang berseuaian antara ukuran-ukuran sebenarnya dengan ukuran
pada model.
Panjang pada model Lebar pada model Tinggi pada model
Panjang sebenarnya Lebar sebenarnya Tinggi sebenarnya.
b.
melakukan kegiatan yang
langkah-langkahnya seperti pada buku
halaman 10 ( kegiatan siswa ).
3.
Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil
diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi.
4.
Siswa memberi contoh seperti soal 1-2 halaman 7-8.
5.
Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang
bangun-bangun yang sebangun, yang terdapat pada buku sumber (karangan M. Cholik
A., halaman 8-9 latihan 2 nomor
1 s.d 8).
1 s.d 8).
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
halaman 14 nomor 1, 2, dan 3.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
1. Sebuah foto dengan tinggi 8 cm dan lebar 6 cm diperbesar sehingga
lebarnya menjadi
21 cm. Hitunglah :
21 cm. Hitunglah :
a.
tinggi foto setelah diperbesar
b.
luas foto setelah diperbesar
c.
perbandingan antara luas foto
sebelumdiperbesar dengan setelah diperbesar.
2.
Sebuah lemari berukuran 120 cm x
50 cm x 180 cm, dibiuat model dengan panjang model 24 cm. Hitunglah :
a.
lebar dan tinggi pada model
b.
Perbandingan volume lemari
sebenarnya dengan volume pada model.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi bangun-bangun yang sama dan sebangun (kongruen).
Indikator : Menentukan syarat dua bangun datar yang
sebangun dan membuktikan dua bangun datar yang sebangun.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menentukan syarat dua bangun datar yang sebangun dan membuktikan dua bangun
datar yang sebangun.
B.
Materi Pokok
Syarat dua
bangun yang sebangun.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR
2.
Memberikan contoh bangun-bangun yang ada di sekitar kita
yang sebangun.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
orang.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat :
·
menyebutkan beberapa contoh
bangun yang sebangun, yang terdapat di dalam kelas atau dilingkungan sekolah.
·
melakukan
kegiatan yang langkah-langkahnya seperti
pada buku halaman 10 (kegiatan siswa).
3.
Masing-masing kelompok diminta menyampaikan
hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi.
4.
Siswa memberi contoh cara
membuktikan dua bangun yang sebangun.
5.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal tentang bangun-bangun yang sebangun, yang terdapat pada buku sumber
(karangan M. Cholik A., halaman 12 Latihan 3 Nomor 1 s.d 8).
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
halaman 14 nomor 1, 2, dan 3.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Diantara
bangun-bangun berikut ini, manakah yang sebangun dengan lapangan ring tinju
berukuran 5 m x 5 m ?
a.
karpet berukuran 4 m x 4 m,
b.
halaman buku berukuran 20 cm x
15 cm,
c.
persegi kecil pada buku berpetak.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi bangun-bangun yang sama dan sebangun
(kongruen).
Indikator : 1. Menentukan
panjang sisi pada dua bangun yang sama dan sebangun.
2. Menentukan
panjang sisi pada dua bangun yang sebangun.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghitung panjang sisi-sisi pada segitiga-segitiga yang sama dan
sebangun.
B.
Materi Pokok
1.
Panjang sisi pada dua bangun
yang sama dan sebangun (kongruen).
2.
Panjang sisi pada dua bangun
yang sebangun.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, model
bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR
2.
Mengingatkan kembali
tentang sisi-sisi yang sebanding dari dua bangun yang sebangun dan sisi-sisi
yang sama pada bangun yang sama dan sebangun.
3.
Memberikan contoh-contoh soal yang berhubungan dengan bangun
yang sebangun dan bangun yang sama dan sebangun.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa diberikan contoh seperti pada buku halaman 14 dan 15.
2.
Siswa
mengerjakan soal pada buku paket halaman 16, latihan 4 nomor 1 sampai dengan nomor
7.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkauman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
halaman 14 nomor 1, 2, dan 3.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
1.
Pada
gambar di atas, segi empat ABCD sama dan sebangun dengan segiempat PQRS.
Panjang AB = 12 cm, CD = 6 cm, PS = 10 cm, dan QR =
8 cm. Tentukan panjang AD, BC, SR, dan PQ!
2.
Pada
gambar di atas ∆ABC dan ∆PQR sama dan sebangun. Panjang AB
= 6 cm, AC =
8 cm dan panjang PQ = 12 cm. Hitunglah panjang BC, PR dan QR!
8 cm dan panjang PQ = 12 cm. Hitunglah panjang BC, PR dan QR!
3. Dua bangun berikut ini sebangun. Hitunglah
nilai a, b, dan c!
4. Jika persegi panjang luar dan persegi panjang
dalam pada gambar di bawah sebangun, hitunglah panjang persegi panjang yang
dalam !
|
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam peme-cahan
masalah.
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi bangun-bangun yang sama dan sebangun
(kongruen).
Indikator : Menyebutkan syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
menyebutkan syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun.
B.
Materi Pokok
Syarat dua
segitiga sama dan sebangun.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali tentang
syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun.
2.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kesebangunan segitiga.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru dan siswa membahas
syarat-syarat dua segitiga yang sama dan sebangun dan akibat panjang sisi,
besar sudut dari dua segitiga sama dan sebangun, seperti contoh pada halaman
17.
2.
Siswa mengerjakan soal halaman
18 latihan 5 nomor 1 sampai dengan 6, dengan bimbingan guru.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
1.
Sebutkan syarat-syarat dua
segitiga sama dan sebangun!
- Dua segitiga berikut ini sama dan sebangun. Tentukan nilai x!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
Indikator : 1. Menyebutkan
sifat-sifat dua segitiga sama dan sebangun.
2. Membuktikan dua segitiga sama dan sebangun.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat dua
segitiga sama dan sebangun
2. Siswa dapat membuktikan dua segitiga sama dan
sebangun.
B.
Materi Pokok
Syarat
dua segitiga sama dan sebangun (kongruen).
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali tentang
syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun.
2.
Guru menjelaskan tentang manfaat
pentingnya dua segitiga sama dan
sebangun untuk pembuktian rumus-rumus pada mata pelajaran lain dan pada
matematika sendiri.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok.
2.
Siswa melakukan kegiatan siswa yang langkah-langkahnya
seperti pada halaman 19 sampai dengan 24, untuk menentukan sifat-sifat dua
segitiga sama dan sebangun.
3.
Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil
diskusinya, dan siswa lain menanggapi.
4.
Siswa mencermati contoh-contoh penggunaan sifat-sifat dua
segitiga sama dan sebangun dengan bimbingan guru.
5.
Siswa
mengerjakan soal halaman 26 latihan 6, nomor 1 sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
1. Sebutkan
sifat-sifat dua segitiga sama dan
sebangun !
2.
Buktikan
bahwa ∆ABC dan ∆CDA sama dan sebangun!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
Indikator : Menghitung panjang sisi dan besar sudut pada dua segitiga
sama dan sebangun.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menghitung panjang sisi dan besar sudut pada dua segitiga sama dan sebangun.
B.
Materi Pokok
Panjang
sisi dan besar sudut pada segitiga yang sama dan sebangun.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1. Mengingatkan kembali tentang syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun.
2. Guru mengingatkan bahwa banyak kegiatan-kegiatan sehari-hari yang berkaitan
dengan bangun-bangun yang sama dan
sebangun.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing terdiri dari 3 – 5 anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan panjang sisi dan besar sudut
pada dua segitiga yang sama dan sebangun, seperti pada 1, 2, dan 3 pada buku
halaman 27 sampai dengan 29.
3.
Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil
diskusinya, dan siswa lain menang-gapi.
4.
Siswa mengerjakan soal halaman
29 dan 30 latihan 7, nomor ganjil.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal-soal
latihan 7 nomor genap.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Pada dansama dan sebangun, tentukan nilai p dan m !
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
Indikator : 1. Menyebutkan
syarat dua segitiga sebangun.
2. Membuktikan dua segitiga sebangun.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat membuktikan dua segitiga sebangun.
B.
Materi Pokok
1. Siswa dapat menyebutkan syarat segitiga
sebangun.
2. Syarat-syarat dua segitiga sebangun.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali tentang
syarat-syarat dua segitiga sebangun.
2.
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari tentang dua bangun yang sebangun.
3.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menye-lesaikan soal-soal
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kesebangunan.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa diberikan dua model
segitiga yang sebangun.
2.
Guru dan siswa mendiskusikan
tentang kesebangunan kedua segitiga tersebut dipandu guru dan siswa melakukan
kegiatan siswa seperti pada halaman 36.
3.
Guru membimbing menentukan
hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dan sudut-sudut yang
bersesuaian dari kedua segitiga tersebut dan menggunakan dalam menyelesaikan
soal.
4.
Siswa mengerjakan soal halaman
38 latihan 8 nomor 1 sampai dengan 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
soal-soal yang belum selesai dikerjakan atau soal buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
1.
Berdasarkan gambar
di atas, jelaskan bahwa ∆ABC dan ∆PQR sebangun !
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan
kongruen.
Indikator : Menghitung
panjang sisi dan besar sudut pada segitiga sebangun.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menghitung panjang sisi dan besar sudut pada segitiga sebangun.
B.
Materi Pokok
Menghitung
panjang sisi segitiga sebangun.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali tentang
syarat-syarat dua segitiga sebangun.
2.
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari tentang dua bangun yang sebangun.
3.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kese-bangunan.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing terdiri dari
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan panjang sisi dan besar sudut
pada dua segitiga yang sebangun seperti pada contoh 1-3 halaman 39 dan 41.
3.
Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil
diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi.
4.
Siswa mengerjakan latihan soal
halaman 41 latihan 9, nomor 1 sampai 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
soal-soal yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa halaman 43.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
a.
Mengapa kedua segitiga tersebut
sebangun ?
b.
Hitunglah panjang KL !
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
Indikator : 1. Menentukan
perbandingan pada segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring.
2. Menghitung panjang sisi, garis tinggi dan
bagian-bagian sisi miring.
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan perbandingan pada
segitiga siku-siku dengan garis tinggi ke sisi miring.
2. Siswa dapat menghitung panjang sisi, garis
tinggi dan bagian-bagian sisi miring.
B.
Materi Pokok
Segitiga sebangun pada segitiga siku-siku
dengan garis tinggi ke sisi miring.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, model
bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali tentang
sifat-sifat dan syarat-syarat dua segitiga sebangun.
2.
Penerapan segitiga sebangun pada
segitiga siku-siku dengan garis tinggi kesisi miring.
II.
Kegiatan Inti
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diberikan tugas menyebutkan perbedaan segitiga sebangun dan segitiga sama dan
sebangun.
2.
Guru bersama siswa membahas cara
menentukan perbandingan pada segitiga siku-siku
yang dibuat garis tinggi kesisi miring (hipotenusa) dan menggunakannya
dalam menyelesaikan soal.
3.
Siswa mengerjakan soal halaman
48 latihan 10, nomor 1 sampai dengan 6.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
soal-soal yang belum selesai dikerjakan dan soal buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Pada gambar di
atas, panjang KN = 25 cm dan LN = 10 cm. Hitunglah panjang LM
!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
Indikator : 1. Menentukan perbandingan pada segitiga dengan
garis sejajar salah satu sisinya.
2. Menghitung panjang sisi bagian-bagian sisi
dan garis sejajar segitiga.
Alokasi
Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan perbandingan pada
segitiga dengan garis sejajar salah satu sisinya.
2. Siswa dapat menghitung panjang sisi
bagian-bagian sisi dan garis sejajar segitiga.
B.
Materi Pokok
Segitiga sebangun pada segitiga dengan
garis-garis sejajar salah satu sisi.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, model bangun datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali tentang
sifat-sifat dan syarat-syarat dua segitiga sebangun.
2.
Penerapan segitiga sebangun pada
segitiga dengan garis-garis sejajar.
II.
Kegiatan Inti
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diberikan tugas menyebutkan perbedaan segitiga sebangun dan segitiga sama dan
sebangun.
2.
Guru bersama siswa membahas
perbandingan yang sama pada segitiga yang dibuat garis sejajar pada salah satu
sisi dan memotong kedua sisi lainnya dan menggunakan dalam menyelesaiakan soal.
3.
Siswa mengerjakan soal halaman
51 latihan 11, nomor 1 sampai dengan 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
soal-soal yang belum selesai dikerjakan dan soal buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Dari gambar di
atas, hitunglah panjang CA, AD, dan CE !
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam peme-cahan masalah.
Kompetensi Dasar : Menggunakan
konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan
dengan kesebangunan.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan.
B.
Materi Pokok
Penerapan
kesebangunan pada soal cerita.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, model bangun
datar, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1. Mengingatkan
kembali tentang sifat-sifat dan syarat-syarat dua segitiga sebangun.
2. Konsep kesebangunan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
II.
Kegiatan Inti
1.
Dengan teman sebangku, siswa
berdiskusi tentang hasil PR yang telah dikerjakan dirumah dengan bimbingan
guru.
2.
Beberapa siswa diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan siswa yang lain menanggapinya.
3.
Guru bersama-sama siswa membahas
soal-soal seperti yang ada pada contoh 1, 2, dan 3 pada halaman 53 dan 54.
4. Siswa mengerjakan soal halaman 55
latihan 12, nomor 1 sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR)
soal-soal yang belum selesai dikerjakan dan soal buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Sebuah foto
ditempelkan pada sehelai karton, yang berukuran 40cm x 60cm. Di sebelah atas,
kiri, dan kanan karton masih terdapat sisa karton yang lebarnya 5cm. Jika foto
dan karton sebangun, hitunglah lebar karton yang tersisa dibagian bawah foto !
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan
unsur-unsur tabung, kerucut.
2.
Menghitung panjang dan lebar jaring-jaring selimut tabung, dan garis
tinggi, panjang garis pelukis kerucut s² = t² + r²
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur
tabung, kerucut.
2.
Siswa dapat menghitung panjang dan
lebar jaring-jaring selimut tabung, dan
garis tinggi, panjang garis pelukis kerucut s² = t² + r²
B.
Materi Pokok
Unsur-unsur pada tabung dan
kerucut.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, Model tabung dan kerucut, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari tentang bangun ruang sisi lengkung.
2.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa diberikan model-model
tabung, kerucut, dan bola.
2.
Guru dan siswa mendiskusikan
tentang unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola.
3.
Guru membimbing menyebutkan
unsur-unsur , seperti jari-jari, diameter, tinggi, sisi, alas tabung, alas
kerucut dan bola.
4.
Guru bersama siswa membahas
jaring-jaring tabung dan luas selimut tabung.
5.
Guru bersama siswa membahas jaring-jaring kerucut.
6.
Menghitung
luas selimut tabung, tinggi, dan panjang garis pelukis kerucut, seperti contoh
1 dan 2 halaman 67 sampai 68.
7.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 69,
latihan 1 nomor 1 sampai 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) dari
buku paket dan tugas siswa halaman 68 dan 89 nomor 1 dan 2.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Sebuah kerucut,
diketahui panjang jari-jarinya adalah 7 cm dan tingginya adalah 25 cm. Untuk , hitunglah :
a.
panjang garis pelukisnya,
b.
luas selimutnya.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan
rumus luas selimut dan luas permukaan tabung.
2. Menghitung luas selimut dan luas permukaan
tabung.
3. Menghitung
unsur-unsur tabung jika diketahui
luasnya selimut dan luas permukaan tabung.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rumus luas
selimut dan luas permukaan tabung.
2. Siswa dapat menghitung luas
selimut dan luas permukaan tabung.
3. Siswa dapat menghitung unsur-unsur tabung jika
diketahui luasnya selimut dan luas permukaan tabung.
B.
Materi Pokok
Luas
permukaan tabung.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, Model tabung
dan kerucut, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari tentang bangun ruang tabung.
2.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan luas selimut dan luas permukaan tabung.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan luas sisi tabung menggunakan
model tabung yang telah disediakan oleh guru atau yang dibawa oleh siswa
sendidri.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Guru dan siswa membahas cara
menentukan luas sisi tabung, seperti pada contoh 1, 2, dan 3 halaman 71 daqn
72.
5.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 72 dan 73 , latihan 2 nomor 1
sampai 9.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal
yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa pada halaman 73.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
1.
Panjang jari-jari alas sebuah
tabung tanpa tutup 10,5 cm. Jika tinggi tabung 20 cm dan , hitunglah :
a. luas selimut tabung,
b. luas sisi tabung.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan
rumus luas selimut dan luas permukaan kerucut.
2. Menghitung luas selimut dan luas permukaan kerucut.
3. Menghitung
unsur-unsur kerucut jika diketahui
luasnya selimut dan luas permukaan kerucut.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rumus luas selimut
dan luas permukaan kerucut.
2. Siswa dapat menghitung luas selimut dan luas
permukaan kerucut.
3. Siswa dapat menghitung unsur-unsur tabung jika
diketahui luasnya selimut dan luas permukaan kerucut.
B.
Materi Pokok
Luas
permukaan kerucut.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, Model tabung
dan kerucut, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari tentang bangun ruang kerucut.
2.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan luas selimut dan luas permukaan kerucut.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan luas sisi tabung menggunakan
model kerucut yang telah disediakan oleh guru atau yang dibawa oleh siswa sendiri.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Guru dan siswa membahas cara
menentukan luas sisi tabung, seperti pada contoh 1-2 halaman 74 dan 75.
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman
76-77 , latihan 3 nomor 1 sampai 8.
76-77 , latihan 3 nomor 1 sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta
membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal
yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa pada halaman 76-77.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Diameter alas
suatu kerucut 18 cm dan tingginya 12 cm. dengan menggunakan , hitunglah :
a. panjang jari-jari alas,
b.
luas selimut kerucut.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami
Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan rumus luas permukaan bola.
2. Menghitung luas selimut dan
luas permukaan bola
3. Menghitung unsur-unsur bola jika
diketahui luas sisinya.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rumus luas sisi bola.
2. Siswa dapat menghitung
luas permukaan bola.
3. Siswa dapat menghitung unsur-unsur bola jika diketahui permukaan bola.
B.
Materi Pokok
Luas
permukaan bola.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, Model tabung, kerucut, dan Bola, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Memberikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari tentang bangun ruang bola.
2.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan luas
permukaan bola.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan luas permukaan menggunakan model bola yang telah disediakan
oleh guru atau yang dibawa oleh siswa sendiri, seperti kegiatan siswa halaman
77.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Guru dan siswa membahas cara
menentukan luas permukaan, seperti pada contoh 1-2 halaman 78 - 79.
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman
78-79 , latihan 4 nomor 1 sampai 8.
78-79 , latihan 4 nomor 1 sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal
yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa pada halaman 78-79.
E. Penilaian
Contoh
Instrumen
Hitunglah luas benda yang berbentuk belahan
bola dengan diameter 20 cm!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan rumus volume
tabung.
2. Menghitung volume
tabung.
3. Menghitung unsur-unsur tabung
jika diketahui volumenya.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rumus volume tabung.
2. Siswa
dapat menghitung volume tabung.
3. Siswa
dapat menghitung unsur-unsur tabung jika diketahui volumenya.
B.
Materi Pokok
Volume
tabung.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, Model tabung,
kerucut, dan Bola, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Mengingat
kembali tentang volume prisma, untuk menentukan volume tabung.
3.
Memperagakan cara menentukan volume tabung.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam beberapa
kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan volume tabung menggunakan
model prisma yang alasnya berbentuk segi enam beraturan telah disediakan oleh
guru atau yang dibawa oleh siswa sendidri.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Dengan demonstrasi, guru
menunjukkan cara menentukan volume tabung.
5.
Siswa diberikan contoh soal yang
berkaitan dengan volume tabung, seperti pada contoh 1, 2, da. 3 halaman 80 dan
81.
6.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman
81 dan 82 , latihan 5 nomor 1 sampai 9.
81 dan 82 , latihan 5 nomor 1 sampai 9.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal
yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa pada halaman 82.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Suatu tangki
berbentuk tabung berdiameter 2 m dengan tinggi 3,5 m. Dengan nilai , berapa literkah bensin yang dapat dimasukkan kedalam tangki
tersebut?
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan rumus volume
kerucut.
2. Menghitung volume kerucut.
3. Menghitung unsur-unsur kerucut jika diketahui volumenya.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rumus volume kerucut.
2. Siswa
dapat menghitung volume kerucut.
3. Siswa
dapat menghitung unsur-unsur kerucut jika diketahui volumenya.
B.
Materi Pokok
Volume kerucut.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, Model tabung,
kerucut, dan Bola, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Mengingat kembali tentang volume limas, untuk menentukan volume
kerucut.
3.
Memperagakan cara menentukan volume kerucut.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan volume kerucut menggunakan model yang telah disediakan oleh
guru atau yang dibawa oleh siswa sendidri melalui kegiatan siswa seperti pada
halaman 83.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Dengan demonstrasi, guru
menunjukkan cara menentukan volume kerucut.
5.
Siswa diberikan contoh soal yang
berkaitan dengan volume kerucut seperti pada contoh 1, 2, dan 3 halaman 86.
6.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 85 dan 10 , latihan 6 nomor 1
sampai 7.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) yaitu
buku paket halaman 85 dan 86 latihan 6 nomor 8, 9, dan 10.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Volume suatu
kerucut 1.256 cm3. Jika tinggi kerucut 15 cm dan , hitunglah panjang jari-jari alas kerucut itu!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : 1. Menyebutkan rumus volume
bola.
2. Menghitung volume bola.
3. Menghitung unsur-unsur bola jika
diketahui volumenya.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rumus volume bola.
2. Siswa
dapat menghitung volume bola.
3. Siswa
dapat menghitung unsur-unsur bola jika diketahui volumenya.
B.
Materi Pokok
Volume
bola.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, Model tabung,
kerucut, dan Bola, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingat kembali tentang luas
lingkaran dan luas bola.
2.
Kerucut banyak kita jumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5
anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan volume bola menggunakan model
setengah bola dan kerucut yang jari-jarinya sama panjang yang telah disediakan
oleh guru atau dibawa oleh siswa sendiri, dengan melakukan kegiatan seperti
pada halaman 86.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
4.
Dengan demonstrasi, guru
menunjukkan cara menentukan volume bola.
5.
Siswa diberikan contoh soal yang
berkaitan dengan volume bola.
6.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 88,
latihan 7 nomor 1 sampai 9.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal
yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa pada halaman 89.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Volume sebuah bola adalah , hitunglah panjang jari-jari bola tersebut!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut,
dan bola.
Indikator : Menentukan perubahan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola, jika salah satu
unsur berubah.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menghitung perubahan luas dan volume
tabung, kerucut, dan bola, jika salah satu unsur berubah.
B.
Materi Pokok
1. Perubahan Volume.
2. Perbandingan Volume.
3. Besar perubahan Volume.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, Model tabung, kerucut, dan Bola ,transparan dan OHP
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Mengingatkan kembali rumus volume tabung, kerucut, dan
bola.
2.
Perubahan
ukuran pada tabung, kerucut, dan bola akan mengakibatkan perubahan pula pada volumenya.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru dan sisiwa membahas
perbandingan volume tabung atau kerucut jika unsur- unsurnya diperbesar atau
diperkecil, seperti pada contoh 1, 2, dan 3 halaman 89 sampai 91.
2.
Guru bersama siswa membahas
perubahan volume tabung, kerucut dan bola jika unsur-unsurnya berubah
diperbesar atau diperkecil seperti pada contoh halaman 91.
3.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 92,
latihan 8 nomor 1 sampai 5.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR) soal
buatan guru.
E.
Penilaian
Contoh
Instrumen
Panjang
jari-jari sebuah bola adalah 6 cm. Jika panjang jari-jari bola tersebut
diperbesar menjadi 8 cm, tentukan :
a.
besar perubahan volume bola,
b.
perbandingan volume sebelum dan
sesudah diperbesar.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : Memahami
Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola.
Indikator : Menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah yang berkaitan
dengan luas dan volume dari tabung, kerucut, dan bola.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyelesaikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan volume
dari tabung, kerucut, dan bola.
B.
Materi Pokok
Penerapan
bangun ruang sisi lengkung.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku
Penunjang, Model tabung,
kerucut, dan Bola, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Mengingat kembali cara
menentukan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola.
3.
Banyak benda-benda sisi lengkung
di sekitar kita, seperti tabung, kerucut, dan bola yang harus diketahui luas
dan volumenya.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat memecahkan masalah atau soal yang
berhubungan dengan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola, seperti contoh 1
dan 2 halaman 93 dan 94.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
4.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 94
sampai 96, latihan 9 nomor 1 sampai 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan
guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR), soal
yang belum diselesaikan dan tugas siswa pada halaman 96.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
1.
Sebuah tangki air berbentuk
tabung dengan diameter 70 cm dan tingginya 150 cm. Tangki air tersebut diisi
air dengan kecepatan rata-rata 3,5 liter setiap menit. Hitunglah :
a.
volume tangki air,
b.
waktu yang diperlukan untuk
mengisi tangki air sampai penuh.
2.
Hitunglah luas
bahan yang diperlukan untuk membuat tenda seperti gambar berikut!
.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal,
serta penafsirannya.
Indikator : Mengumpulkan
data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus / tally.
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus /
tally.
B.
Materi Pokok
1. Pengertian Data.
2. Pengumpulan Data.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket,
Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Menyampaikan manfaat pengumpulan
data dan indikator pencapaiannya.
2.
Banyak dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari tentang data statistik, baik yang berupa daftar ataupun yang berupa
grafik.
3.
Menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat mengumpulkan data dengan mencacah,
mengukur, dan mencatat data dengan turus/ tally, yaitu melakukan kegiatan pada
halaman 104.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
4.
Siswa diberikan contoh buatan
guru.
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman 105, latihan 1 nomor 1 sampai 4.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR ).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Perhatikan data berikut:.
50, 55,
75, 65, 60, 65, 55, 80, 70, 60, 75, 85, 95, 85, 75, 80, 65, 85, 90, 85.
Buatlah
tabel skor dengan turus!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal,
serta penafsirannya.
Indikator : Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil,
terbesar, dan jangkauan data.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar, dan jangkauan
data.
B.
Materi Pokok
1. Mengurutkan Data.
2. Sampel dan Populasi.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1. Menyampaikan
hasil belajar dan indikator
pencapaiannya.
2. Menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan adalah model
pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1. Siswa
dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
2. Dengan
berdiskusi dalam kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat mengurutkan
data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar, dan jangkauan data.
3. Masing-masing
kelompok diminta menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain
menanggapi, serta guru membimbingnya.
4. Guru dan
siswa membahas pengertian populasi dan sampel.
5. Siswa
diberikan contoh buatan guru.
6. Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 108
dan 109, latihan 2 nomor 1 sampai 9.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR), soal
yang belum selesai dikerjakan.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Pak Ganda mengadakan tes
matematika, nilai perolehan siswa adalah sebagai berikut:
3 4 3
5 6 6 8 7 9 8
6 6 7 8 9 5 5 6 8 7
6 7 5
4 6 7 4 6 9 7
a.
Dengan data nilai tersebut buatlah tabel frekuensi
dengan rentang atau inter-val kelas berikut: 3 – 4; 5 – 6; 7 – 8; 9 – 10.
b.
Pada rentang atau interval mana nilai siswa paling
banyak?
c.
Berapa banyaknya siswa yang mendapatkan nilai 5 atau
lebih?
d.
Berapakah siswa yang mendapat nilai 7?
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal,
serta penafsirannya.
Indikator : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal
serta penafsirannya.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan rata-rata,
median, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
B.
Materi Pokok
1. Rata-rata hitung (mean)
2. Modus
3. Median (data tunggal)
4. Median data berkelompok (suplemen)
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan
OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran berikutnya.
3.
Menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan pengertian
rata-rata ( mean ), median, dan modus.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan rata-rata, median, dan modus
data tunggal serta penafsirannya, seperti pada contoh halaman 111 sampai 114
dan kegiatan siswa halaman 111 dan 114.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 115,
latihan 3 nomor 1 sampai 11.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Carilah rata-rata, median, dan modus dari masing-masing data
berikut!
a. Banyaknya jam
mengerjakan pekerjaan rumah setiap malam
1 2
3 2 3
3 2 3
1 4
b. Umur siswa putra kelas
2A di suatu SLTP adalah sebagai
berikut
13 12
14 12 11
12 13 14
13
13 14
11 12 12
13 11 11
c. Banyaknya siswa putri setiap kelas di suatu
SLTP adalah sebagai berikut
32 26
30 35 25
24 35 30
29 25
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal,
serta penafsirannya.
Indikator : Menentukan
jangkauan suatu data, jangkauan kuartil, dan jangkauan inter-kuartil.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan jangkauan
suatu data, jangkauan kuartil, dan jangkauan interkuartil.
B.
Materi Pokok
1. Jangkauan suatu data.
2. Jangkauan Kuartil.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan
OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR
2.
Menyampaikan manfaat pengumpulan
data dan indikator pencapaiannya.
3.
Menyampaikan materi pembelajaran yang akan dicapai dan
manfaatnya.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan cara menentukan
jangkauan dan jangkauan interkuartil.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan jangkauan suatu data, kuartil
atas, kuartil bawah, kuartil tengah, dan jangkauan interkuartil, seperti pada
contoh pada halaman 116, 117, dan 118 serta kegiatan siswa halaman 118.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 118 dan 119, latihan 4 nomor 1
sampai 6.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR ).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Hasil pengukuran berta badan dari 10
siswa SMP diperoleh data (dalam kg) sebagai
berikut :
45, 40, 48, 50,
47, 39, 42, 43, 55, 52.
a. Tentukan
kuartil bawah (Q1) dan kuartil atas (Q2)!
b. Hitunglah
jangkauan interkuartilnya!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, dan lingkaran.
Indikator : Menyajikan data dalam bentuk diagram lambang (piktogram)
dan dalam bentuk diagram batang.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyajikan data dalam bentuk diagram lambang dan batang dan membaca
diagramnya.
B.
Materi Pokok
Penyajian
data dalam bentuk diagram lambang dan batang dan membaca diagramnya.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Menyampaikan bahwa penyajian
data statistika dapat dinyatakan dalam bentuk diagram
2.
Banyak dijumpai di kantor-kantor,
televisi, majalah, data statistik disajikan dalam bentuk diagram.
3.
Penyajian data dalam bentuk
diagram, akan lebih mudah dibaca dan dipahami.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan cara membuat
diagram lambang dan diagram batang.
2.
Siswa dikondisikan dalam beberapa
kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat membuat diagram lambang (piktogram),
seterti contoh pada halaman 120 dan 121.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 124,
latihan 5 nomor 1 sampai 6.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR ).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Berikut
ini adalah data umur 20 siswa SMP Harapan Bangsa (dalam tahun).
13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13,
13, 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
Gambarlah diagram
batang dari data tersebut!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, dan lingkaran.
Indikator : Menyajikan data dalam bentuk diagram garis.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis.
B.
Materi Pokok
Penyajian
data dalam bentuk diagram garis dan membaca diagramnya.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Menyampaikan bahwa diagram garis
mudah dibaca datanya, sering digunakan untuk menyajikan suatu data, misalnya
diagram garis panas badan seseorang dirumah sakit dan lain-lain.
2.
Menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan cara membuat
diagram garis.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat membuat diagram garis, seperti contoh
pada halaman 122.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 124,
latihan 5 nomor 7, 8, dan 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR ).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Data di bawah
adalah data produksi kayu lapis Indonesia dari tahun 2000 sampai tahun 2006
dengan pembulatan ke ratus ribuan m³ terdekat. Buatlah diagram garisnya !
|
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menyajikan data
dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran.
Indikator : Menyajikan data
dalam bentuk diagram lingkaran.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram
lingkaran.
B.
Materi Pokok
Penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran dan membaca diagramnya.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Menyampaikan bahwa diagram
lingkaran mudah dibaca dan dipahami datanya, sering digunakan untuk menyajikan
data di kantor, di koran dan lain-lain.
2.
Menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan cara membuat
diagram lingkaran.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat membuat diagram lingkaran, seperti contoh
pada halaman 123.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 124 dan 125, latihan 5 nomor 9
dan 11.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR ) dan
tugas siswa halaman 126.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Dari hasil
pendataan di suatu kelurahan terdapat 200 orang siswa dengan data sebagai
berikut :
|
Pendidikan
|
Frekuensi
|
SD
SMP
SMA
SMK
|
40
60
90
10
|
Buatlah
diagram lingkarannya !
|
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : STATISTIKA
Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data.
Kompetensi
Dasar : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, dan lingkaran.
Indikator : Menyajikan data tunggal pada tabel frekuensi.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menyajikan data tunggal pada tabel frekuensi.
B.
Materi Pokok
Penyajian
data dengan daftar frekuensi (suplemen).
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Menyampaikan bahwa penyajian data yang banyak dapat dibuat tabel frekuensi agar
lebih mudah membaca datanya.
3.
Menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan cara membuat
daftar atau tabel frekuensi untuk data tunggal dan data kelompok.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat membuat daftar frekuensi data tunggal dan
data kelompok seperti contoh pada halaman 127 dan 128.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 129,
latihan 6 nomor 1 sampai 7.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Hasil
pengukuran panjang bayi yang baru lahir sampai cm terdekat adalah sebagai
berikut :
53 51
48 44 49
50 52 47
45 51 53
45 50 48
47 51 47
46 50 53
48 49 47
|
Buatlah daftar frekuensi dengan interval kelas 3
dimulai dari 44!
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : PELUANG
Memahami peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Dasar : Menentukan Ruang Sampel Suatu Kejadian.
Indikator : 1. Menentukan
frekuensi nisbi ( relatif ) dari beberapa percobaan.
2. Menentukan peluang suatu
kejadian.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan frekuensi nisbi
dan peluang.
2. Siswa dapat
menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan.
B.
Materi Pokok
Pengertian
Peluang : Frekuensi Nisbi dan Peluang.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Menyampaikan bahwa di dalam
pertandingan sepak bola sering dinyatakan peluang suatu kesebelasan dapat
menang, kalah, dan sebagainya.
2.
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
3.
Suatu kejadian tidak dapat ditentukan sebelumnya, untuk
menentukan peluang akan di pelajari sekarang.
II.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan cara
menentukan frekuensi nisbi ( relatif ) dan peluang.
2.
Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan
masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing, siswa
diharapkan dapat menentukan frekuensi nisbi dan peluang suatu kejadian, dengan
melaksanakan kegiatan siswa pada halaman 133 dan contoh halaman 1, 2, dan
3 halaman 134.
4.
Masing-masing kelompok diminta menyapaikan hasil diskusinya,
sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru membimbingnya.
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman 135, latihan 7 nomor 1 sampai 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Empat kartu As
dikocok, kemudian diambil satu kartu secara acak. Berapa peluang:
a.
As hati,
b.
As berwarna merah?
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : PELUANG
Memahami peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Dasar : Frekuansi Nisbi dan Peluang.
Indikator : 1.
Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel
suatu percobaan.
2. Menentukan ruang sampel dan titik sampel
suatu percobaan.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian ruang sampel,
titik sampel suatu percobaan.
2. Siswa dapat menentukan ruang sampel
dan titik sampel suatu percobaan.
B.
Materi Pokok
Ruang sampel dan titik sampel.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Menyampaikan hasil belajar dan indikator pencapaiannya.
3.
Menyampaikan model pembelajaran
yang akan digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
2.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan ruang sampel, dan titik sampel
suatu percobaan, dan menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata
titik sampelnya, seperti pada halaman 136 – 138 yaitu titik sampel dan ruang sampel
satu mata uang logam, sebuah dadu, gua mata uang logam, dua dadu, dan mata uang
dengan dadu.
3.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman 139, latihan 8 nomor 1 sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR ) soal
yang belum selesai dikerjakan dan tugas siswa halaman 140.
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Pada
percobaan mengetos tiga mata uang logam, tentukan :
a. ruang
sampelnya dengan menggunakan diagram pohon,
b. banyak titik
sampelnya.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : PELUANG
Memahami peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Dasar : Menentukan Peluang Suatu Kejadian.
Indikator : Menghitung peluang suatu kejadian majemuk.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghitung peluang suatu kejadian majemuk.
B.
Materi Pokok
Kejadian Majemuk.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan
OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Mengulang titik sampel dan ruang
sampel.
3.
Menginformasikan model
pembelajaran yang akan digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing Guru men-jelaskan rumus
menentukan peluang.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan peluang masing-masing titik
sampel pada ruang sampel suatu percobaan tiga mata uang logam dan dua dadu,
seperti contoh 1 dan 2 halaman 141 dan 142.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman 142, latihan 9 nomor 1 sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Dua uang logam
ditos bersama-sama. Tentukan peluang kejadian dari:
a.
muncul angka dan gambar,
b.
muncul kedua-duanya angka,
c.
muncul gambar.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : PELUANG
Memahami peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Dasar : Menentukan Peluang Suatu Kejadian.
Indikator : Menentukan batas-batas peluang, yaitu : kepastian,
kemustahilan, dan komple-men suatu kejadian.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menentukan batas-batas peluang, yaitu : kepastian, kemustahilan, dan
komplemen suatu kejadian.
B.
Materi Pokok
Batas-batas peluang.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan
OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Mengulang titik sampel dan ruang
sampel.
3.
Menginformasikan model
pembelajaran yang akan digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing Guru menjelaskan rumus
menentukan peluang.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan peluang suatu kejadian dan
komplemen suatu kejadian, seperti contoh 1, 2, dan 3 halaman 144 dan 145.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa
mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 145,
latihan 10 nomor 1 sampai 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Dua
buah dadu ditos bersama-sama. Tentukan peluang kejadian berikut :
a.
Muncul jumlah kedua mata dadu
adalah 7?
b.
Muncul jumlah kedua mata dadu bukan
7?
c.
Muncul mata dadu pertama
bilangan faktor dari 6?
d.
Muncul mata dadu pertama
bilangan bukan faktor dari 6?
e.
Muncul jumlah kedua mata dadu
berjumlah kurang dari 13?
f.
Muncul mata dadu kedua adalah
bilangan kurang dari 1?
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : PELUANG
Memahami peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Dasar : Menentukan Peluang Suatu Kejadian.
Indikator : Menentukan Frekuensi harapan suatu kejadian.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menentukan frekuensi harapan suatu kejadian.
B.
Materi Pokok
Frekuensi
harapan.
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Menyampaikan hasil belajar dan
indikator pencapaiannya.
3.
Menginformasikan model
pembelajaran yang akan digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru bersama siswa membahas
pengertian dan rumus frekuensi harapan.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Dengan berdiskusi dalam kelompok
masing-masing, siswa diharapkan dapat menentukan frekuensi suatu kejadian,
seperti contoh 1 dan 2 halaman 147 dan 148.
4.
Masing-masing kelompok diminta
menyapaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, serta guru
membimbingnya.
5.
Siswa mengerjakan
tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket halaman 148, latihan 11 nomor
1 sampai 10.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E.
Penilaian
Contoh Instrumen
Dalam
percobaan mengetos sebuah mata uang logam sebanyak 200 kali, berapa kalikah
diharapkan muncul gambar?
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
S e k o l a h :
SMP …………………………
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : PELUANG
Memahami peluang suatu kejadian.
Kompetensi
Dasar : Menentukan Peluang Suatu Kejadian.
Indikator : 1. Menentukan peluang kejadian majemuk A atau B.
2. Menentukan peluang kejadian majemuk A dan B.
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1.
Menentukan peluang kejadian majemuk A atau B.
2.
Menentukan peluang kejadian majemuk A dan B.
B.
Materi Pokok
1.
Dua Kejadian Majemuk A atau B (Suplemen).
2.
Dua Kejadian Majemuk A dan B (Suplemen).
C.
Media dan Sumber Pembelajaran
Buku
Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
I.
Pendahuluan
1.
Membahas PR.
2.
Menyampaikan hasil belajar dan
indikator pencapaiannya.
3.
Menginformasikan model
pembelajaran yang akan digunakan, yaitu model pembelajaran kooperatif.
II.
Kegiatan Inti
1.
Guru bersama siswa membahas
pengertian dan rumus frekuensi harapan.
2.
Siswa dikondisikan dalam
beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok
3 – 5 anak.
3 – 5 anak.
3.
Guru bersama siswa membahas
peluang kejadian saling lepas dan tidak saling lepas.
4.
Siswa membahas soal seperti 1-2
halaman 152, dengan bimbingan guru.
5.
Guru bersama siswa membahas
peluang kejadian A dan B atau kejadian saling bebas.
6.
Siswa membahas soal seperti 1-2
halaman 153-154, dengan bimbingan guru.
7. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang terdapat pada buku paket
halaman 152, latihan 12 nomor 1 sampai 8 dan halaman 154 , latihan 13 nomor 1
sampai 8.
III.
Penutup
1.
Dengan bimbingan guru, siswa
diminta membuat rangkuman.
2.
Siswa dan guru melakukan
refleksi.
3.
Guru memberikan tugas (PR).
E. Penilaian
Contoh Instrumen
1. Dari seperangkat kartu bridge, diambil sebuah
kartu secara acak. Hitunglah:
a.
P(King)
b.
P(As)
c.
P(King
atau As)
2. Dua keping mata uang logam ditos bersama-sama.
Tentukan peluang muncul:
a.
gambar dan angka,
b.
kedua-duanya gambar.
Memeriksa
/ Mengetahui
Kepala
SMP ............................
...................................
NIP.
...........................
|
|
Jakarta, …………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………..
NIP. ..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar