View My Stats

Rabu, 01 Februari 2012

LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI


LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN
DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI


Nama Sekolah      : MAN 2 Banda Aceh
Kelas/Semester     : …………./Ganjil
Hari/Tanggal         : …………/…………..
Pertemuan ke        :
Waktu                  :………………………
Nama Guru           : ……………………...
Materi Pokok       : ……………………...
Sub Pokok Materi: ………………………
Nama Pengamat    : ………………………

A. Petunjuk
Berilah tanda cek (√ ) pada kolom nilai yang sesuai menurut penilaian Bapak/Ibu:
        1 : berarti ”Tidak Baik”                                 4 : berarti ”Baik”
        2 : berarti ”Kurang Baik”                              5 : berarti ”Sangat Baik”
        3 : berarti ”Cukup Baik”











B. Lembar Pengamatan:
No
Aspek yang diamati
Nilai
1
2
3
4
5
1.
Pendahuluan:

a.      Kemampuan memotivasi siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
b.      Kemampuan menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c.      Kemampuan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran.






Nilai Rata-Rata

2.
Kegiatan Inti:
a.       Kemampuan menjelaskan soal
b.      Kemampuan bertanya kepada siswa bagaimana menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberikan bantuan terbatas.

c.       Kemampuan mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
d.      Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
e.       Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
f.        Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang materi yang dipelajari
g.       Kemampuan menyajikan masalah/soal semenarik mungkin
h.       Kemampuan mengalokasikan waktu yang tepat kepada siswa untuk mengeksplorasikan masalah
i.         Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya dan menjawab pertanyaan
j.        Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan siswa





Nilai Rata-Rata


3.
Penutup:
a.       Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari
b.      Kemampuan dalam memberikan pujian dan refoircment kepada siswa
c.       Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya, memberikan PR kepada siswa dan menutup pelajaran


       


Nilai Rata-Rata


4.
Kemampuan Mengelola Waktu





Nilai Rata-Rata


5.
Suasana Kelas
a.       Siswa aktif dalam bertanya tentang materi pembelajaran
b.      Siswa aktif dalam mengoreksi hasil kerja individu teman sekelompoknya
c.       Siswa aktif tanya jawab dan memberikan pendapat dalam diskusi kelompok
d.      Adanya interaksi tanya jawab antara guru dan siswa






Nilai Rata-Rata


Nilai Rata-Rata Keseluruhan












C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

BandaAceh,……………..
Pengamat/Observer


…………………………..

Tidak ada komentar: