View My Stats

Rabu, 01 Februari 2012

(PEDOMAN ANGKET DAN WAWANCARA SKRIPSI) - - - “Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Matematika Di MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2009/2010”.


ANGKET UNTUK SISWA
I.        IDENTITAS RESPONDEN
Nama   :
Kelas   :
II.     TUJUAN
Untuk mengetahui kompetensi guru matematika di MAN RUKOH Banda Aceh
III.   CARA PENGISIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar sesuai kenyataan yang terjadi selama ini terhadap guru matematika anda. Jawaban yang anda berikan tidak berpengaruh terhadap nilai mata pelajaran matematika.
  1. Menurut anda, bagaimana cara mengajar guru matematika anda?
a.    Sangat menyenangkan
b.    Menyenangkan
c.    Kurang menyenangkan
d.    Tidak menyenangkan
  1. Sebelum memulai pelajaran, apakah guru matematika anda sering mengaitkan pelajaran yang diajarkan dengan pelajaran sebelumnya?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Bagaimana suasana kelas ketika pelajaran matematika berlangsung?
a.    Menyenangkan
b.    biasa-biasa saja
c.    Tegang
d.    Ribut
  1. Bagaimana penguasaan materi guru matematika anda dalam memberikan pelajaran?
a.    Sangat menguasai
b.    Menguasai
c.    Kurang menguasai
d.    Tidak menguasai
  1. Bagaimana pemahaman anda terhadap materi yang disampaikan oleh guru matematika anda?
a.    Mudah
b.    Sedang
c.    Sukar
d.    Sangat sukar
  1. Apakah guru matematika anda berperan aktif pada saat mengajar?
a.    Selalu aktif
b.    Kadang aktif, kadang pula kurang aktif
c.    Sering kurang atif
d.    Tidak aktif
  1. Bagaimana model pembelajaran yang diterapkan oleh guru matematika anda?
a.    Sangat bervariasi
b.    Bervariasi
c.    Kurang bervariasi
d.    Tidak bervariasi
  1. Bagaimana guru matematika anda dalam hal memberikan tugas?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru matematika anda?
a.    Sangat baik
b.    Baik
c.    Kurang baik
d.    Tidak baik
  1. Apakah guru matematika anda sering membimbing anda pada saat menyelesaikan tugas-tugas matematika?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Dalam proses belajar mengajar apakah guru anda sering memberikan motivasi kepada anda?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Apakah guru matematika anda sering menggunakan alat peraga dalam Proses pembelajaran khususnya dalam materi ruang tiga dimensi?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Apakah anda mengerti pada saat guru matematika anda menjelaskan pelajaran?
a.    Sangat mengerti
b.    Mengerti
c.    Kurang mengerti
d.    Tidak mengerti
  1. Sewaktu proses belajar mengajar berlangsung, apakah guru matematika anda sering memusatkan perhatian anda terhadap pelajaran yang sedang diajarkan?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Apakah guru matematika anda sering melakukan evaluasi (penilaian) terhadap materi yang diajarkan?
a.    Selalu
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Hampir tidak pernah
  1. Setelah melaksanakan ulangan atau latihan, apakah guru matematika anda memeriksa dan mengembalikan kertas ulangan atau buku latihan anda?
a.    Selalu
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Menurut anda, apakah guru matematika anda mampu mengelola program belajar mengajar?
a.    Sangat mampu
b.    Mampu
c.    Kurang mampu
d.    Tidak mampu
  1. Bagaimana pengelolaan interaksi belajar mengajar di kelas dalam pembelajaran matematika?
a.    Sangat baik
b.    Baik
c.    Kurang baik
d.    Tidak baik
  1. Bagaimana sikap guru matematika anda jika ada diantara anda yang mengemukakan pendapatnya?
a.    Menerima dengan baik
b.    Menerima dengan biasa saja
c.    Kurang menerima
d.    Tidak menerima
  1. Bagaimana sikap guru matematika anda dalam memantau hasil belajar anda?
a.    Selalu memantau      
b.    Kadang-kadang memantau
c.    Kurang memantau
d.    Tidak memantau
  1. Bagaimana ketrampilan guru matematika anda dalam membuat pertanyaan-pertanyaan di kelas?
a.    Sangat baik
b.    Baik
c.    Kurang baik
d.    Tidak baik
  1. Bagimana persiapan mengajar guru matematika anda?
a.    Sangat baik
b.    Baik
c.    Kurang baik
d.    Tidak baik
  1. Apakah guru matematika anda sering menggunakan metode tanya jawab dalam proses belajar mengajar?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Sewaktu guru metamatika anda mengajar, apakah sering memberikan penguatan kepada anda tehadap hal-hal yang dianggap penting?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Bagaimana menurut anda cara guru matematika anda menjelaskan materi kepada anda?
a.    Sangat jelas
b.    Jelas
c.    Kurang jelas
d.    Tidak jelas
  1. Bagaimana guru matematika anda dalam menjelaskan materi, apakah sering menggunakan contoh-contoh atau ilustrasi?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Bagaimana guru matematika anda dalam menilai keja anda terhadap LKS?
a.    Menilai selalu denga memeriksanya
b.    Kadang-kadang menilai
c.    Tidak pernah menilai
d.    Menilai sesuka hati guru
  1. Apakah guru matematika anda sering memberikan balikan kepada anda setelah pelajaran berakhir?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah
  1. Setelah proses belajar mengajar berakhir, apakah guru matematika anda sering membuat kesimpulan terhadap materi yang telah diajarkan?
a.    Sangat sering
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Tidak pernah


PEDOMAN WAWANCARA UNTUK GURU BIDANG STUDI MATEMATIKA MAN MODEL BANDA ACEH
I.        IDENTITAS RESPONDEN
Nama   :
      Jabatan :
II.     TUJUAN
Untuk mengetahui kompetensi profesional guru matematika di MAN Model Banda Aceh.
III.   DAFTAR PERTANYAAN
  1. Sudah berapa lama bapak/ibu mengajar di sini?
  2. Apakah bapak/ibu dalam menjalankan proses pembelajaran berdasarkan kurukulum yang berlaku?
  3. Apakah bapak/ibu sebelum mengajar mempersiapkan bahan/materi yang akan diajarkan?
  4. Apakah bapak/ibu dalam proses belajar mengajar menggunakan media?
  5. Apakah bapak/ibu mengadakan evaluasi pada setiap akhir proses pembelajaran?
  6. Apakah bapak/ibu menguasai landasan kependidikan dalam menjalankan proses belajar mengajar?
  7. Apakah bapak/ibu ada terlibat dalam proses penyusunan kurikulum?
  8. Apakah bapak/ibu mengetahui karakteristik para peserta didik?
  9. Apakah bapak/ibu mengadakan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami masalah dalam proses pembelajaran?
  10. Apakah bapak/ibu ikut melaksanakan administrasi sekolah?
  11. Apakah bapak/ibu pernah mengikuti program-program pengembangan kompetensi guru?
  12. Apakah bapak/ibu pernah mengikuti seminar-seminar pendidikan yang diadakan?
  13. Apakah bapak/ibu pernah mengikuti penataran-penataran yang diadakan untuk guru?
  14. Apakah bapak/ibu pernah membuat hasil karya ilmiah?
  15. Apakah bapak/ibu pernah melakukan penelitian sederhana dalam bidang pendidikan?
  16. Bila pernah, apakah penelitian tersebut digunakan untuk perbaikan pembelajaran?
  17. Usaha apa yang bapak/ibu lakukan dalam meningkatkan kompetensi profesional?
  18. Kendala apa yang bapak/ibu alami dalam meningkatkan kompetensi profesional?






PEDOMAN WAWANCARA UNTUK KEPALA SEKOLAH
DI MAN MODEL BANDA ACEH
I.        IDENTITAS RESPONDEN
Nama   :
      Jabatan :
II.     TUJUAN
Untuk mengetahui kompetensi profesional guru matematika di MAN Model Banda Aceh.
III.   DAFTAR PERTANYAAN
  1. Bagaimana gambaran umum MAN Model beserta batas-batasnya?
  2. Bagaimana sejarah singkat berdirinya sekolah ini?
  3. Berapa jumlah tenaga pengajar di MAN Model dan berapa jumlah guru yang mengajar matematika?
  4. Berapa jumlah siswa/i MAN Model pada tahun ajaran 2010/2011?
  5. Apakah keadaan sarana dan prasarana serta fasilitas belanja yang tersedia di MAN Model sudah memadai?
  6. Usaha apa saja yang telah dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan?
  7. Bagaimana pendapat bapak tentang profesionalisme guru matematika?
  8. Apakah ada pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme guru matematika?
  9. Apa saja kendala yang dialami dalam meningkatkan profesionalisme guru matematika?
  10. Apakah fasilitas yang telah tersedia dimanfaatkan oleh guru dalam mengajarkan materi matematika kepada siswa?


Tidak ada komentar: