ANGKET
UNTUK SISWA
I.
IDENTITAS RESPONDEN
Nama :
Kelas :
II.
TUJUAN
Untuk
mengetahui kompetensi guru matematika di MAN RUKOH Banda Aceh
III.
CARA PENGISIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar sesuai
kenyataan yang terjadi selama ini terhadap guru matematika anda. Jawaban yang anda berikan tidak berpengaruh
terhadap nilai mata pelajaran matematika.
- Menurut anda, bagaimana cara mengajar guru matematika anda?
a. Sangat menyenangkan
b. Menyenangkan
c. Kurang menyenangkan
d. Tidak menyenangkan
- Sebelum memulai pelajaran, apakah guru matematika anda sering mengaitkan pelajaran yang diajarkan dengan pelajaran sebelumnya?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Bagaimana suasana kelas ketika pelajaran matematika berlangsung?
a. Menyenangkan
b. biasa-biasa saja
c. Tegang
d. Ribut
- Bagaimana penguasaan materi guru matematika anda dalam memberikan pelajaran?
a. Sangat menguasai
b. Menguasai
c. Kurang menguasai
d. Tidak menguasai
- Bagaimana pemahaman anda terhadap materi yang disampaikan oleh guru matematika anda?
a. Mudah
b. Sedang
c. Sukar
d. Sangat sukar
- Apakah guru matematika anda berperan aktif pada saat mengajar?
a. Selalu aktif
b. Kadang aktif, kadang pula
kurang aktif
c. Sering kurang atif
d. Tidak aktif
- Bagaimana model pembelajaran yang diterapkan oleh guru matematika anda?
a. Sangat bervariasi
b. Bervariasi
c. Kurang bervariasi
d. Tidak bervariasi
- Bagaimana guru matematika anda dalam hal memberikan tugas?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Bagaimana pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru matematika anda?
a. Sangat baik
b. Baik
c. Kurang baik
d. Tidak baik
- Apakah guru matematika anda sering membimbing anda pada saat menyelesaikan tugas-tugas matematika?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Dalam proses belajar mengajar apakah guru anda sering memberikan motivasi kepada anda?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Apakah guru matematika anda sering menggunakan alat peraga dalam Proses pembelajaran khususnya dalam materi ruang tiga dimensi?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Apakah anda mengerti pada saat guru matematika anda menjelaskan pelajaran?
a. Sangat mengerti
b. Mengerti
c. Kurang mengerti
d. Tidak mengerti
- Sewaktu proses belajar mengajar berlangsung, apakah guru matematika anda sering memusatkan perhatian anda terhadap pelajaran yang sedang diajarkan?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Apakah guru matematika anda sering melakukan evaluasi (penilaian) terhadap materi yang diajarkan?
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Hampir tidak pernah
- Setelah melaksanakan ulangan atau latihan, apakah guru matematika anda memeriksa dan mengembalikan kertas ulangan atau buku latihan anda?
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Menurut anda, apakah guru matematika anda mampu mengelola program belajar mengajar?
a. Sangat mampu
b. Mampu
c. Kurang mampu
d. Tidak mampu
- Bagaimana pengelolaan interaksi belajar mengajar di kelas dalam pembelajaran matematika?
a. Sangat baik
b. Baik
c. Kurang baik
d. Tidak baik
- Bagaimana sikap guru matematika anda jika ada diantara anda yang mengemukakan pendapatnya?
a. Menerima dengan baik
b. Menerima dengan biasa saja
c. Kurang menerima
d. Tidak menerima
- Bagaimana sikap guru matematika anda dalam memantau hasil belajar anda?
a. Selalu memantau
b. Kadang-kadang memantau
c. Kurang memantau
d. Tidak memantau
- Bagaimana ketrampilan guru matematika anda dalam membuat pertanyaan-pertanyaan di kelas?
a. Sangat baik
b. Baik
c. Kurang baik
d. Tidak baik
- Bagimana persiapan mengajar guru matematika anda?
a. Sangat baik
b. Baik
c. Kurang baik
d. Tidak baik
- Apakah guru matematika anda sering menggunakan metode tanya jawab dalam proses belajar mengajar?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Sewaktu guru metamatika anda mengajar, apakah sering memberikan penguatan kepada anda tehadap hal-hal yang dianggap penting?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Bagaimana menurut anda cara guru matematika anda menjelaskan materi kepada anda?
a. Sangat jelas
b. Jelas
c. Kurang jelas
d. Tidak jelas
- Bagaimana guru matematika anda dalam menjelaskan materi, apakah sering menggunakan contoh-contoh atau ilustrasi?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Bagaimana guru matematika anda dalam menilai keja anda terhadap LKS?
a. Menilai selalu denga
memeriksanya
b. Kadang-kadang menilai
c. Tidak pernah menilai
d. Menilai sesuka hati guru
- Apakah guru matematika anda sering memberikan balikan kepada anda setelah pelajaran berakhir?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
- Setelah proses belajar mengajar berakhir, apakah guru matematika anda sering membuat kesimpulan terhadap materi yang telah diajarkan?
a. Sangat sering
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Tidak pernah
PEDOMAN WAWANCARA UNTUK GURU BIDANG STUDI
MATEMATIKA MAN MODEL BANDA ACEH
I.
IDENTITAS RESPONDEN
Nama :
Jabatan :
II. TUJUAN
Untuk mengetahui kompetensi
profesional guru matematika di MAN Model Banda Aceh.
III. DAFTAR PERTANYAAN
- Sudah berapa lama bapak/ibu mengajar di sini?
- Apakah bapak/ibu dalam menjalankan proses pembelajaran berdasarkan kurukulum yang berlaku?
- Apakah bapak/ibu sebelum mengajar mempersiapkan bahan/materi yang akan diajarkan?
- Apakah bapak/ibu dalam proses belajar mengajar menggunakan media?
- Apakah bapak/ibu mengadakan evaluasi pada setiap akhir proses pembelajaran?
- Apakah bapak/ibu menguasai landasan kependidikan dalam menjalankan proses belajar mengajar?
- Apakah bapak/ibu ada terlibat dalam proses penyusunan kurikulum?
- Apakah bapak/ibu mengetahui karakteristik para peserta didik?
- Apakah bapak/ibu mengadakan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami masalah dalam proses pembelajaran?
- Apakah bapak/ibu ikut melaksanakan administrasi sekolah?
- Apakah bapak/ibu pernah mengikuti program-program pengembangan kompetensi guru?
- Apakah bapak/ibu pernah mengikuti seminar-seminar pendidikan yang diadakan?
- Apakah bapak/ibu pernah mengikuti penataran-penataran yang diadakan untuk guru?
- Apakah bapak/ibu pernah membuat hasil karya ilmiah?
- Apakah bapak/ibu pernah melakukan penelitian sederhana dalam bidang pendidikan?
- Bila pernah, apakah penelitian tersebut digunakan untuk perbaikan pembelajaran?
- Usaha apa yang bapak/ibu lakukan dalam meningkatkan kompetensi profesional?
- Kendala apa yang bapak/ibu alami dalam meningkatkan kompetensi profesional?
PEDOMAN WAWANCARA UNTUK KEPALA SEKOLAH
DI MAN MODEL BANDA ACEH
I.
IDENTITAS RESPONDEN
Nama :
Jabatan :
II. TUJUAN
Untuk mengetahui kompetensi
profesional guru matematika di MAN Model Banda Aceh.
III. DAFTAR PERTANYAAN
- Bagaimana gambaran umum MAN Model beserta batas-batasnya?
- Bagaimana sejarah singkat berdirinya sekolah ini?
- Berapa jumlah tenaga pengajar di MAN Model dan berapa jumlah guru yang mengajar matematika?
- Berapa jumlah siswa/i MAN Model pada tahun ajaran 2010/2011?
- Apakah keadaan sarana dan prasarana serta fasilitas belanja yang tersedia di MAN Model sudah memadai?
- Usaha apa saja yang telah dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan?
- Bagaimana pendapat bapak tentang profesionalisme guru matematika?
- Apakah ada pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme guru matematika?
- Apa saja kendala yang dialami dalam meningkatkan profesionalisme guru matematika?
- Apakah fasilitas yang telah tersedia dimanfaatkan oleh guru dalam mengajarkan materi matematika kepada siswa?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar