Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Semester : 1
Standar Kompetensi : ALJABAR
1.
Memahami bentuk aljabar,
relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Melakukan operasi
aljabar.
|
Faktorisasi Suku Aljabar.
· Menjelaskan
pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
· Menyelesaikan
operasi bentuk aljabar.
|
· Menjelaskan
pengertian koefisien, variabel, konstanta, pangkat atau eksponen, derajat,
suku satu, suku dua, suku tiga, dan suku-suku sejenis.
· Mendiskusikan
cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan dan pembagian suku
sejenis dan suku tidak sejenis pada bentuk aljabar.
· Mendiskusikan
cara menyelesaikan operasi perkalian (perkalian
suku satu dengan suku dua serta perkalian suku dua dengan suku dua) dan perpangkatan
pada bentuk aljabar.
|
· Menyelesaikan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada bentuk aljabar.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Tentukan
koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar!Adakah suku sejenisnya?
2. Tentukan
hasil dari:
a.
b.
c.
d.
e.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku
paket (Buku Matematika SMP dan MTs Jilid 2 ESIS Untuk Kelas VIII, disusun
oleh Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih) hal. 1-3, 4-15.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menyelesaikan
operasi pecahan dalam bentuk aljabar.
|
· Mendiskusikan
cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
· Mendiskusikan
cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
|
· Menyelesaikan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
· Menyederhanakan
pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Selesaikanlah.
a.
b.
c.
d.
e.
2. Sederhanakanlah.
a.
b.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 26-37.
· Buku
referensi lain
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.2. Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.
|
· Menentukan
faktor-faktor suku aljabar.
|
· Memfaktorkan
bentuk aljabar yang mempunyai FPB.
· Memfaktorkan
bentuk aljabar selisih kuadrat.
· Memfaktorkan
bentuk dan
· Memfaktorkan
bentuk , jika atau .
|
· Menguraikan
bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya (memfaktorkan bentuk aljabar).
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Faktorkan bentuk aljabar berikut!.
a.
b.
c.
d.
e.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 15-25, 38, 39-40.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
·
OHP
|
|
Faktorisasi Suku Aljabar.
· Menjelaskan
pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
· Menyelesaikan
operasi bentuk aljabar.
· Menyelesaikan
operasi pecahan dalam bentuk aljabar.
· Menentukan
faktor-faktor suku aljabar.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan faktorisasi suku aljabar, yaitu mengenai
pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, cara menyelesaikan operasi bentuk
aljabar, operasi pecahan dalam bentuk aljabar., serta cara menentukan
faktor-faktor suku aljabar.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi faktorisasi suku aljabar, yaitu pengertian
koefisien, variabel, dan konstanta, cara menyelesaikan operasi bentuk
aljabar, operasi pecahan dalam bentuk aljabar., serta cara menentukan faktor-faktor suku aljabar.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan
ganda.
.
|
1. Tentukan
bentuk penjabaran dari !
2. Bentuk mempunyai ...
a. 4
faktor c. 4 suku
b. 3
faktor d. 3 suku
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 1-40.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.3. Memahami
relasi dan fungsi.
|
Fungsi.
· Menjelaskan
pengertian relasi.
· Menyatakan
relasi.
· Menjelaskan
pengertian fungsi (pemetaan).
|
· Menjelaskan
pengertian relasi dan menyebutkan contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyatakan
relasi dengan menggunakan diagram panah, himpunan pasangan berurutan, dan
diagram Cartesius.
· Menjelaskan
pengertian fungsi (pemetaan) dan membuat sebuah fungsi yang ada dalam
kehidupan sehari-hari.
· Menjelaskan
pengertian prapeta dan peta (bayangan).
· Mengidentifikasi
relasi yang merupakan fungsi.
· Menentukan
domain (daerah asal), kodomain (daerah kawan), dan range (daerah hasil) dari
suatu fungsi.
· Menggambar
diagram panah dari himpunan pasangan berurutan yang merupakan relasi antara dua
himpunan dan merupakan fungsi.
|
· Membuat
contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
· Menyatakan
relasi.
· Menentukan
domain, kodomain, dan range suatu fungsi.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Buatlah
relasi antara anggota dua himpunan dalam kehidupan di sekitarmu!
2. Diketahui dan . Buatlah diagram panah yang menunjukkan relasi “faktor dari“ dari himpunan A ke himpunan B!
3. Perhatikan
digram panah berikut!
A B
· r
p ·
· s
· t
q · · u
Tentukan domain, kodomain, dan
rangenya!
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 41-42, 42-47, 48-50.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.4. Menentukan
nilai fungsi.
|
· Menghitung
nilai fungsi.
|
· Mengenal
notasi fungsi, aturan fungsi atau rumus fungsi, serta persamaan fungsi.
· Menentukan
nilai suatu fungsi dalam tabel fungsi.
· Menyusun
suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui.
|
· Menghitung
nilai fungsi.
· Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan
data fungsi diketahui.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
Diketahui fungsi f : .
a. Tentukan
bayangan dari -2, -1, 0, 1, 2, 3!
b. Tentukan p jika
!
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 52-56.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.5. Membuat
sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius.
|
· Menggambar
grafik fungsi.
|
· Menentukan
semua pasangan terurut dari suatu fungsi.
· Menggambar
grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada
sistem koordinat Cartesius.
|
· Menentukan
pasangan terurut fungsi kemudian menggambar diagram Cartesiusnya.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
Diketahui himpunan P = dan Q = . Relasi dari P ke Q adalah l “lebih dari“.
a. Gambarlah
diagram panah relasi itu! Apakah relasi itu merupakan fungsi?
b. Buatlah
himpunan pasangan berurutannya!
c. Gambarlah
diagram Cartesiusnya!
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 50-52.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Fungsi.
· Menjelaskan
pengertian relasi.
· Menyatakan
relasi.
· Menjelaskan
pengertian fungsi (pemetaan).
· Menghitung
nilai fungsi.
· Menggambar
grafik fungsi.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan fungsi, yaitu mengenai
pengertian relasi, cara menyatakan
relasi, pengertian fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan
menggambar grafik fungsi.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai fungsi, yaitu mengenai pengertian relasi, cara menyatakan relasi, pengertian
fungsi (pemetaan), cara menghitung nilai fungsi, dan menggambar grafik fungsi.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan ganda.
|
1. Diketahui, dengan domain {-2, -1, 0, 1, 2, 3}. Tentukan range fungsi
tersebut!
2. Diketahui dengan. Jika , maka = …
a. 1 c. 5
b. 3
d. 7
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· paket hal.
41-56, 56, 57-59.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
1.6. Menentukan
gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
|
Persamaan Garis Lurus.
· Mengenal
persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan
persamaan garis y = mx atau y = mx + c, c0, jika gambar garis diketahui.
|
· Mengenal
dan menggambar garis dengan persamaan y = mx, m = gradien.
· Mengenal
dan menggambar garis dengan persamaan y = mx + c, c = konstanta, c0.
· Menemukan
cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik.
|
· Mengenal
persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan
persamaan garis lurus jika gambar garis diketahui.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Gambarlah
garis dengan persamaan berikut!
y = -4x + 2
2. Gambarlah
garis yang melalui titik berikut, kemudian tentukan persamaan garisnya!
a. A(0, 6) dan B(6, 0)
b. P(-3, 2) dan Q(0, 4)
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 61-69, 70-72.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Mengenal
dan menentukan gradien.
|
· Mengenal
pengertian gradien.
· Menentukan
gradien garis yang melalui titik pusat dan satu titik.
· Menentukan
gradien garis yang melalui dua titik.
· Menentukan
gradien garis yang sejajar sumbu X.
· Menentukan
gradien garis yang sejajar sumbu Y.
· Menentukan
gradien garis-garis yang sejajar.
· Menentukan
gradien garis-garis yang saling tegak lurus.
· Menentukan
gradien garis yang berbentuk ax + by + c = 0.
|
· Mengenal
pengertian gradien dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
Jika sudut kemiringan suatu jalan 45o,
berapakah gradien jalan itu?
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 72-82.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menentukan
persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
· Menentukan
persamaan garis yang melalui satu titik dengan gradien tertentu.
· Menentukan
persamaan garis yang melalui dua titik.
· Menentukan
persamaan garis yang melalui satu titik dan sejajar dengan garis lain.
· Menentukan
persamaan garis yang melalui satu titik dan tegak lurus garis lain.
· Menentukan
kedudukan dua garis.
· Menentukan
koordinat titik potong.
|
· Menentukan
persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
·
Tugas individu.
|
· Uraian
singkat.
|
1. Tentukan
persamaan garis dengan gradien 2 dan melalui titik (-3, 5)!
2. Tentukan
koordinat titik potong antara garis dengan persamaan 3x + 2y = 4 dan 2x + y = 6.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 82-88, 89-91.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Persamaan Garis Lurus.
· Mengenal
persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel.
· Menentukan
persamaan garis y = mx atau y = mx + c jika gambar
garis diketahui.
· Mengenal
dan menentukan gradien.
· Menentukan
persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, yaitu
mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara menentukan
persamaan garis y = mx atau y = mx + c jika gambar garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien,
serta cara menentukan persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai persamaan garis lurus,
yaitu mengenai persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel, cara
menentukan persamaan garis y = mx atau y = mx + c jika gambar
garis diketahui, mengenal dan menentukan gradien, serta cara menentukan
persamaan garis dan koordinat titik potong dua garis.
|
● Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan ganda.
|
1. Tentukan
persamaan garis dengan gradien dan melalui titik (-2, 3)!
2. Koordinat
titik potong garis -2x + y + 2 = 0 dengan sumbu X
dan sumbu Y berturut-turut adalah
….
a. (2, 0) dan
(0, -1)
b. (-2, 0)
dan (0, -1)
c. (1, 0) dan
(0, -2)
d. (-2 ,0)
dan (0, 1)
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 61, 92, 93-95.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Semester : 1
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua
variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Menyelesaikan sistem persamaan linear
dua variabel.
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel.
· Mengingat
persamaan linear satu variabel.
· Mengenal
persamaan linear dua variabel.
· Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan linear dua variabel dan menggambar grafik.
· Mengenal sistem persamaan linear dua variabel.
· Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear dua variabel.
|
· Mengingat persamaan linear satu
variabel (PLSV).
· Mengenal
pengertian persamaan linear dua variabel (PLDV), menyelesaikannya, serta menggambar grafiknya.
· Mengenal
pengertian sistem persamaan linear dua variabel.(SPLDV).
· Menyelesaikan
SPLDV berturut-turut dengan metode grafik, substitusi, dan eliminasi.
|
· Menyebutkan
perbedaan PLDV dan SPLDV.
· Menentukan
himpunan penyelesaian dari SPLDV berturut-turut dengan metode grafik,
substitusi, dan eliminasi.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Apa perbedaan antara persamaan linear
dua variabel (PLDV) dengan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)?
2. Tentukan
penyelesaian SPLDV berikut ini.
|
6 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket (Buku Matematika SMP dan MTs
ESIS Untuk Kelas VIII, disusun oleh Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti
Lastiningsih) hal. 97-112.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
2.2
Membuat model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
· Mengubah
masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV.
|
·
Membuat model matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan SPLDV.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Keliling persegi panjang adalah 30 cm dan panjangnya 6 cm lebih panjang
dari lebarnya. Tulislah model matematikanya.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 113-115.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
2.3 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel dan penafsirannya.
|
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua variabel.
|
· Mencari
penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika berbentuk
SPLDV.
|
· Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan SPLDV dan penafsirannya
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Jumlah dua bilangan adalah 48. Empat kali bilangan pertama ditambah tiga
kali bilangan kedua adalah 20. Tentukan kedua bilangan itu.
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 113-115.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menyelesaikan sistem persamaan non
linear dua variabel.
|
· Mengenal
bentuk sistem persamaan non linear dua variabel.
· Mengubah
bentuk sistem persamaan non linear dua variabel menjadi bentuk SPLDV,
kemudian menyelesaikannya.
|
· Menyelesaikan sistem persamaan non
linear dua variabel.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Tentukan penyelesaiannya! (x0, y0)
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 115-118.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel.
· Mengingat
persamaan linear satu variabel.
· Mengenal persamaan linear dua variabel.
· Menentukan himpunan penyelesaian persamaan
linear dua variabel dan menggambar grafik.
· Mengenal sistem persamaan linear dua
variabel.
· Menentukan penyelesaian sistem persamaan
linear dua variabel.
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua variabel.
· Menyelesaikan sistem persamaan non
linear dua variabel.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel dan sistem persamaan non linear dua variabel.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sistem persamaan linear dua variabel
dan sistem persamaan non linear dua variabel.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan ganda.
.
|
1.
Jika
harga 4 kaos dan 3 celana adalah Rp395.000,00 dan harga 2 kaos dan 2 celana
adalah Rp230.000,00, tentukan harga 1 kaos dan 4 celana!
2.
Nilai
x yang memenuhi sistem persamaan:
adalah…..
a.
5 c. 7
b.
6 d. 8
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 97-119, 120-121, 122.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Semester : 1
Standar Kompetensi : GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
3.1. Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi
segitiga siku-siku.
|
Teorema Pythagoras.
·
Menemukan Teorema
Pythagoras.
·
Menemukan kebalikan
Teorema Pythagoras.
·
Mengenal tripel Pythagoras.
|
· Memahami
manfaat atau kegunaan Teorema
Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari.
· Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan
persegi-persegi.
· Menuliskan
rumus Teorema Pythagoras pada segitiga
siku-siku.
· Menyelidiki
apakah suatu segitiga merupakan segitiga siku-siku dengan menggunakan
kebalikan Teorema Pythagoras.
· Menyelidiki
apakah tiga buah bilangan yang diberikan merupakan tripel Pythagoras.
|
·
Menemukan Teorema
Pythagoras.
·
Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika
dua sisi lain diketahui.
·
Menemukan kebalikan
Teorema Pythagoras.
·
Mengenal tripel Pythagoras.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1.
Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah
a cm, b cm, dan panjang sisi miring adalah c
cm, maka tuliskan hubungan antara a, b,
dan c.
2.
Panjang salah satu sisi siku-siku adalah 16 cm
dan panjang sisi miring adalah 20 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku
yang lain.
3.
Selidikilah apakah segitiga berikut merupakan segitiga
siku-siku. Jelaskan.
4 cm 7 cm
8 cm
4. Selidikilah
apakah bilangan 5, 7, dan 9 merupakan tripel
Pythagoras.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
(Buku Matematika SMP dan MTs ESIS Untuk Kelas VIII, disusun oleh Tatag Yuli
Eko Siswono dan Netti Lastiningsih) hal. 123-132.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
|
·
Menerapkan Teorema Pythagoras.
|
· Menerapkan Teorema Pythagoras
pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa.
|
·
Menghitung perbandingan
sisi sisi segitiga siku-siku dengan sudut istimewa (salah satu sudutnya
adalah
).
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Tentukan nilai x:
2 cm x
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 133-134, 137.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
3.2.
Memecahkan masalah pada bangun datar yang
berkaitan dengan Teorema Pythagoras.
|
· Menerapkan Teorema Pythagoras.
|
·
Mencari perbandingan
sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan Teorema Pythagoras.
· Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menghitung panjang
diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat,
dsb.
|
·
Menghitung perbandingan
sisi-sisi segitiga siku-siku.
·
Menghitung
panjang diagonal, sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang,
belah ketupat, dsb.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1.
Tentukan
nilai x pada segitiga siku-siku di
bawah ini:
x
x
2.
Suatu
persegi panjang mempunyai panjang 9 cm dan lebar 7 cm. Tentukan panjang
diagonalnya.
|
4 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 132-138.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|||
|
Teorema Pythagoras.
·
Menemukan Teorema
Pythagoras.
·
Menemukan kebalikan
Teorema Pythagoras.
·
Mengenal tripel Pythagoras.
· Menerapkan Teorema Pythagoras.
|
·
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan
dengan Teorema Pythagoras.
|
·
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan
materi mengenai Teorema Pythagoras.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan ganda.
.
|
1.
Sebuah
tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran 8a m 12a
m. Jika panjang diagonalnya 1.500 m, tentukan keliling tanah itu!
2.
Ali
menyeberang sungai yang lebarnya 15 m. Jika Ali terbawa arus sejauh 8 m, maka
jarak yang ditempuh untuk menyeberangi sungai adalah ….
a. 17 m c. 19 m
b. 18 m d. 20 m
|
2 ´ 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 123-138, 138, 139-141, 142.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Semester : 2
Standar Kompetensi : GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran
serta ukurannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Menentukan
unsur dan bagian-bagian lingkaran.
|
Lingkaran.
· Mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
|
· Mengenal
pengertian lingkaran dan menyebutkan benda-benda di sekitar kita yang
berbentuk lingkaran.
· Mendiskusikan
unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model (gambar
ilustrasi).
|
· Menyebutkan
unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Perhatikan lingkaran berikut.
A
· O
B
Disebut apakah garis AB?
|
2 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
(Buku Matematika SMP dan MTs ESIS Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh
Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih) hal. 143-147.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.2. Menghitung
keliling dan luas lingkaran.
|
· Menentukan
nilai Phi ().
· Menentukan
keliling lingkaran.
· Menentukan
luas lingkaran.
|
· Menyimpulkan
nilai Phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran.
· Menemukan
rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga.
· Menggunakan
rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah.
|
· Menemukan
nilai Phi.
· Menentukan
rumus keliling dan luas lingkaran.
· Menghitung
keliling dan luas lingkaran.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d). Berapakah nilai ?
2. Sebutkan :
a. Rumus
keliling lingkaran yang berjari-jari m.
b. Rumus luas
lingkaran yang berjari-jari n.
3. Hitunglah
:
a. keliling
lingkaran dengan diameter 10 cm.
b. luas
lingkaran dengan jari-jari 3 cm.
|
6 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 147-150, 150-155, 156-161.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.3. Menggunakan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
|
· Mengenal
sudut pusat dan sudut keliling.
|
· Mengamati
hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama.
· Menghitung
besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama.
|
· Mengenal
hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama.
· Menentukan
besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Jika sudut A adalah sudut pusar dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan
hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur
yang sama.
2. Berapa
besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 161-166.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Mengenal
hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat.
|
· Menghitung
panjang busur, luas juring dan tembereng.
· Menemukan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
· Menentukan
panjang busur, luas juring dan tembereng.
· Menggunakan
hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Di dalam
lingkaran dengan jari-jari 7 cm,
terdapat sudut pusar yang besarnya . Hitunglah:
a.
Panjang busur kecil.
b.
Luas juring kecil.
2. Gambar di
bawah ini adalah penampang pipa yang digenangi air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang permukaan air
pada pipa adalah 10 cm. Berapakah
tinggi air dari dasar pipa
dan luas penampang
air itu ? 10 cm
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 166-171.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.4. Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran.
|
Garis Singgung Lingkaran.
· Mengenal
garis singgung lingkaran.
· Menemukan
sifat-sifat garis singgung lingkaran.
· Menyebutkan
syarat kedudukan dua lingkaran.
· Mengenal
garis singgung persekutuan dua lingkaran.
|
· Mengenal
pengertian garis singgun pada suatu lingkaran dan titik singgung lingkaran.
· Mempelajari
sifat-sifat garis singgung lingkaran.
· Mengamati
sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik
pusat.
· Menyebutkan
syarat kedudukan dua lingkaran.
· Mencermati
garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
|
· Menemukan
sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik
pusat.
· Mengenali garis
singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Perhatikan gambar!
O
· P
Q
Berapakah besar sudut P? Mengapa?
2. Perhatikan
gambar!
A K
B
P ·
· Q
L
Disebut apakah:
a. Garis AB?
b. GAris KL?
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 185-186, 186-189, 190-193.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Melukis
garis singgung lingkaran.
· Menghitung
panjang garis singgung persekutuan.
· Menghitung
panjang sabuk lilitan minimal yang menghubung- kan dua lingkaran.
|
· Melukis garis
singgung lingkaran melalui titik yang terletak:
-
pada lingkaran
-
di luar lingkaran
· Melukis garis
singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran.
· Menghitung
panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
· Menghitung
panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
|
·
Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan
luar.
· Menghitung panjang sabuk lilitan minimal
yang menghubung-kan dua lingkaran.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Panjang jari-jari dua
lingkaran masing-masing 5 cm dan 2 cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10
cm, berturut-turut berapakah panjang garis singgung persekutuan dalam dan
persekutuan luar?
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 193-199, 200-203, 204-211.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
4.5. Melukis lingkaran dalam dan lingkaran
luar suatu segitiga.
|
Lingkaran.
· Melukis
lingkaran dalam dan luar segitiga.
|
· Menggunakan
jangka dan penggaris untuk lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
· Menghitung
jari-jari lingkaran dalam serta luar segitiga.
|
· Melukis
lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah:
a. Lingkaran dalam segitiga
b. Lingkaran luar segitiga.
|
2 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 171-177.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Melukis
lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.
|
· Memahami
cara melukis lingkaran jika diketahui
tiga titik berbeda yang tidak segaris.
|
· Melukis
lingkaran jika diketahui tiga titik yang tidak segaris.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
Buatlah lingkaran yang melalui titik-titik P, Q, R berikut!
· R
P ·
· Q
|
2 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 177-178.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Lingkaran dan Garis Singgung Lingkaran.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan lingkaran dan garis singgung
lingkaran.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai lingkaran dan garis singgung lingkaran.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan ganda.
.
|
1. Seekor anjing yang terikat pada suatu
pancang dialtih untuk berlari mengitari halaman. Suatu hari anjing itu
berlari mengelilingi halaman 30
kali dengan tali yang mengencang sepanjang 5 m. Apabila tali dianggap terus
mengencang setiap kali berputar, berapa meter jarak yang ditempuh anjing itu?
2. Segitiga ABC memiliki sisi-sisi 12 cm, 5 cm, dan 13 cm. Panjang
jari-jari lingkaran dalamnya adalah …
a. 2 cm
c. 6 cm
b. 4 cm d. 8 cm
3. Panjang
garis singgung persekutuan luar dua lingkaran 15 cm. Jika panjang jari-jarinya
masing-masing 10 cm dan 2 cm, jarak kedua pusat lingkaran itu adalah .....
a. 17 cm c. cm
b. cm d.
16 cm
|
2 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 143-183, 185-211.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Silabus
Jenjang : SMP dan MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Semester : 2
Standar Kompetensi : GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
5. Mamahami sifat-sifat kubus, balok,
prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1. Mengidentifi-kasi
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya.
|
Kubus, Balok, Prisma dan Limas Tegak.
· Mengenal unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas
tegak.
|
· Menyebutkan
benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus, balok, prisma,
dan limas tegak.
· Mendiskusikan
unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas dengan menggunakan model.
|
· Menyebutkan
unsur-unsur kubus, balok, prisma,
dan limas: titik sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal
ruang, bidang diagonal, tinggi.
|
· Tugas
individu.
|
· Uraian singkat.
|
W
V
S
R
T U
P Q
Perhatikan balok PQRS-TUVW. Sebutkan titik
sudut, rusuk-rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang
diagonalnya.
|
2 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
(Buku Matematika SMP dan MTs ESIS Untuk Kelas VIII Semester 2, disusun oleh
Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih) hal. 213-217 dan 237-242
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
5.2. Membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas.
|
· Menggambar
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Merancang
jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Membuat
jaring-jaring kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Buatlah gambar jaring-jaring kubus yang
panjang rusuknya 5 satuan.
2. Buatlah gambar jaring-jaring prisma
segitiga tegak ABC.DEF dengan
panjang sisi-sisi segitiga 3 cm, 4 cm, dan 5 cm, serta tinggi 6 cm.
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 217-218 dan 242-245.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
5.3. Menghitung
luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas.
|
· Menghitung
luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Mencari
rumus luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
· Menggunakan
rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas
tegak.
|
· Menggunakan rumus untuk
menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Hitunglah luas permukaan dari sebuah
balok yang panjang, lebar, dan tingginya berukuran 45 cm, 15 cm, dan 12 cm.
2. Hitunglah luas permukaan dari sebuah prisma
ABCD.EFGH dengan sisi alas
berbentuk jajargenjang dengan ukuran 4 cm dan 5 cm, serta tinggi prisma
adalah 8 cm.
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket hal. 219-226 dan 246-254.
· Buku referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
· Menemukan
dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Mencari
rumus volume kubus, balok, prisma dan limas tegak.
· Menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Menggunakan
rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Tugas individu.
|
· Uraian singkat.
|
1. Hitunglah
volume kubus yang panjang rusuknya adalah 4 cm.
2. Hitunglah
volume limas tegak sisi empat dengan alasnya berbentuk persegi dengan panjang
sisi 9 cm dan tinggi limas 8 cm.
|
4 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 226-231 dan 255-263.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
|
Kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
· Mengenal unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas
tegak.
· Menggambar
kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
· Menghitung
luas permukaan (sisi) kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
· Menemukan
dan menghitung volume kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kubus, balok, prisma tegak, dan
limas tegak, yaitu mengenai unsur-unsur , cara menggambar, menghitung luas
permukaan dan volume dari kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kubus, balok, prisma tegak, dan limas
tegak, yaitu mengenai unsur-unsur , cara menggambar, menghitung luas
permukaan dan volume dari kubus, balok, prisma tegak, dan limas tegak.
|
· Ulangan
harian.
|
· Uraian
singkat.
· Pilihan ganda.
|
1. Ukuran
sebuah batu bata adalah 10 cm 12 cm 25 cm. Berapa banyak batu bata
yang akan dibutuhkan untuk membuat sebuah dinding dengan tinggi 1,75 m, tebal
12 cm, dan panjang 60 m ? (abaikan ketebalan semen).
2. Luas sisi
limas dengan alas persegi adalah 384 . Panjang rusuk alasnya 12 m. Tinggi limas itu adalah ….
a. 6 m c. 10 m
b. 8 m d. 12 m
|
2 × 40
menit.
|
Sumber:
· Buku paket
hal. 213-268.
· Buku
referensi lain.
Alat:
· Laptop
· LCD
· OHP
|
Jakarta,…………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar