View My Stats

Rabu, 01 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH : MTsN Banda Aceh II MATA PELAJARAN : MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                          : MTsN Banda Aceh II
MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER          : VII (tujuh)/1
TAHUN PELAJARAN       : 2009/2010

Standar Kompetensi           : 1.Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan                                     penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar              : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan dan   mengenal sifat operasi bilangan bulat.

Indikator                              :        1.   Memberikan contoh bilangan bulat.
2.        Memberikan contoh penggunaan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
4.      Melakukan operasi tanbah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
5.      Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
6.      Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran desimal, persen dan permil.
7.      Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
8.      Menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat.

Alokasi Waktu                    : 12 jam pelajaran (6 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
a.  Siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat.
b. Siswa dapat menggunakan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
c.  Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
d. Siswa dapat melakukan operasi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
e.  Siswa dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
f.   Siswa dapat memberikan contoh macam-macam pecahan.
g.  Siswa dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
h.  Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan pecahan.
i.    Siswa dapat mengubah suatu bilangan ke dalam bentuk baku.

B.     Materi Ajar
a.  Bilangan bulat dan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
b. Operasi hitung pada bilangan bulat.
c.  Bilangan pecahan dan bentuknya.
d. Operasi hitung pada bilangan pecahan.
e.  Bentuk baku bilangan.
C.     Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas.

D.    Langkah-Langkah Kegiatan

Pertemuan pertama
Pendahuluan
      Apersepsi      : Mengingat kembali tentang himpunan bilangan.
Motivasi        :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
a.      Guru bersama-sama siswa mendiskusikan jenis bilangan pecahan dan pengertian pecahan.
b.      Guru membuat garis bilangan, guru menjelaskan bilangan pecahan pada garis bilangan.
c.      Guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa.
d.      Guru bersama-sama siswa mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke pecahan lain.
e.      Siswa diberikan tugas latihan.

Penutup
a.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.      Jika ada soal latihan yang belum selesai dijadikan Pr.


Pertemuan Kedua
Pendahuluan
Apersepsi      :  Membahas PR dan mengingat kembali pengertian bilangan.
Motivasi        : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat.

Kegiatan Inti
a.      Guru menjelaskan tentang materi:
Ø      Penjumlahan bilangan bulat positif  dengan positif, negative dengan negetif (bertanda sama).
Ø      Penjumlahan bilangan bulat berbeda tanda.
Ø      Melakukan pengurangan bilangan bulat.
Ø      Perkalian bilangan bulat yang bertanda sama.
Ø      Perkalian bilangan bulat yang berbeda tanda.
Ø      Melakukan pembagian bilangan bulat.
b.      Memberikan beberapa soal latihan dari buku sumber (termasuk operasi campuran).

Penutup
a.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.      PR soal yang belum terselesaikan.

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan
Apersepsi      : Membahas PR.
Motivasi        : Konsep kuadrat dan bilangan berpangkat untuk menunjang pelajaran lain.

Kegiatan Inti
a.      Mengingat kembali cara menghitung luas persegi yang diketahui sisinya.
b.      Bersama siswa mendiskusikan kuadrat, pangkat tiga, akar kuadrat, dan akar pangkat tiga suatu bilangan bulat yang bukan pecahan.
c.      Diberikan latihan soal dari buku sumber.
d.      Bersama siswa membahas sifat-sifat yang berlaku pada operasi bilangan bulat.
e.      Siswa mengerjakan soal-soal pilihan yang penyelesaiannya berkaitan dengan sifat-sifat operasi pada bilangan bulat.

Penutup
a.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.      Guru memberikan tugas rumah.

Pertemuan Keempat
Pendahuluan
Apersepsi      : Membahas PR.
Motivasi        : Manfaat materi yang akan dipelajari dapat membantu siswa menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kegiatan Inti
a.      Guru menggambarkan sebuah benda dipapan tulis dan dibagi menjadi beberapa bagian yang sama.
b.      Siswa diminta menyebutkan nilai satu bagian dari beberapa bagian yang sama.
c.      Bersama siswa mendefinisikan pengertian pecahan dan notasinya.
d.      Guru menjelaskan tentang pecahan sederhana, pecahan ekuivalen, dan bentuk-bentuk pecahan.
e.      Untuk mengecek pemahaman siswa diberikan beberapa soal latihan..

Penutup
a.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.      Guru memberikan tugas rumah.

Pertemuan Kelima
Pendahuluan
Apersepsi      :  Membahas PR
Motivasi        : Pentingnya operasi hitung bilangan pecahan dan kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti
a.      Mengingat kembali bilangan pecahan senilai.
b.      Mendiskusikan cara menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan.
c.      Memberikan penjelasan tentang cara membandingkan dua pecahan dan mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

Penutup
a.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.      Guru memberikan tugas rumah.

Pertemuan Keenam
Pendahuluan
Apersepsi      : Membahas PR
Motivasi        : Pentingnya materi yang akan dipelajari dan kaitannya dengan ilmu pengetahuan modern.

Kegiatan Inti
a.      Menjelaskan tentang bentuk baku dengan memberi contoh penggunaannya (misalnya menulis berat bumi, berat atom, dsb.)
b.      Dengan tanya jawab, siswa diminta pendapatnya dan memberikan contoh sendiri.
c.      Mengingat kembali pembulatan bilangan pecahan desimal.
d.      Untuk mengecek pemahaman diberikan soal.

Penutup
a.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.      Guru memberikan tugas rumah.

E.     Alat Dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, model garis bilangan.

F.      Penilaian
Teknik: tes tulis.
Bentuk instrument: tes isian dan tes uraian.
Contoh insttrumen:

1.    Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10.
     Jawab: ………………………………

2.  Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada  garis bilangan tersebut
     
           
      Jawab: …………………………………

3. Hitunglah
      a.  62-125 = …
      b.  (9+12)x6=……
Jawab: …………………………………

4. Letakkan tanda “<” atau “>” agar menjadi kalimat yang benar!
      a. -8 ... -13
      b.  4 ... -3
      c. -1 ...  0
Jawab: …………………………………

5.  Sederhanakanlah!
               
Jawab: …………………………………

6.  Tentukan taksiran ke angka puluhan terdekat!
     a. 47 x 24
     b. 4972 : 14
Jawab: ……………………………………

8. Selesaikanlah pecahan desimal tersebut!
     a. 2,0816  +  34,727
     b. 54,239  -  32,0562
     c. 5,532   -   13,07

9.  Berapakah:
     a.
               4
     b. 6
      Jawab: ……………………………………

10. Suatu pesawat berada pada ketinggian 200 meter di bawah puncak gunung, kemudian  pesawat tersebut terbang ketinggian 300 meter di atas puncak gunung. Berapa meter pesawat tersebut naik?
Jawab: ……………………………………

Pedoman Penskoran
No.
Jawaban
Skor
1.
5 bilangan bulat dari dari -3 sampai 10 adalah
( -2, -1, 1, 4, 5 )

5

2.

           
                  -1    0    1    2    3

5
3.

a.       62 - 125 = - 63
b.      ( 9 + 12) x 6 = 21 x 6 = 126


10
4.

a.       -8 > ( -13 )
b.      4 > ( -3 )
c.       c. -1 <  0
10

5.
  
20
6.
-6, -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4
5

7.
a.       47 x 24 = 50 x 20 = 1000
b.      4972 : 14 = 4970 : 10 = 497

10
8.
     a. 2,0816  +  34,727 = 36,8086
     b. 54,239  -  32,0562 = 22,1828
     c. 5,532   -   13,07 = -7,538

15
9.

a.     =  6
       4
b.  6       =  6 x 6 x 6 x 6 = 1296
10
10.
Di bawah puncak gunung dapat ditulis -200 m
Di atas puncak gunung dapat ditulis 300 m
Jadi, pesawat naik 300 – (-200) m = 500 m

10
Jumlah
100


         Menyetujui,                                                                Banda Aceh, 01 Oktober2009
      Guru Pamong                                                                       Guru Praktikan
     
  

      Susanti, S.Pd                                                                        Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                        NIM. 260616229


Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                          : MTsN Banda Aceh II
MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER          : VII (tujuh)/1
TAHUN PELAJARAN       : 2009/2010

Standar Kompetensi           : 1.Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan                   penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar              : 1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.

Indikator                              : 1.   Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pad bilangan bulat. 
2.  Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat (pengulangan).
3.   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung, tambah, kurang, kali atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

Alokasi Waktu                    : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
a.        Siswa dapat menemukan dan menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat (pengulangan).
b.      Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat dengan melibatkan pecahan dan mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

B.  Materi Ajar
a.        Sifat-sifat operasi pada bilangan bulat.
b.       Operasi hitung pada pecahan.

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas.

D.    Langkah-Langkah Kegiatan

Pertemuan pertama
  Pendahuluan
         Apersepsi         :  Mengingat kembali operasi penjumlahan dan perkalian bilangan bulat. 
Motivasi            :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.


Kegiatan Inti
a.       Dengan demonstrasi, guru mengingatkan cara menjumlah dan mengalikan dua bilangan bulat ( a + b dan a x b ).
b.      Siswa diminta menjumlahkan dan mengalikan b + a dan b x a.
c.       Siswa diminta memberikan contoh lain.
d.      Dengan bimbingan guru siswa diarahkan pada penemuan sifat:
1)      Komutatif terhadap penjumlahan dan perkalian
2)      Assosiatif terhadap penjumlahan dan perkalian
3)      Tertutup terhadap penjumlahan dan perkalian
e.       Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal.

Penutup
Ø      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
Ø      Siswa dan guru melakukan refleksi.
Ø      Guru memberikan tugas rumah.
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
Apersepsi      : 1. Membahas PR
                    2. Mengingat kembali operasi penjumlahan dan perkalian pada bilangan bulat
Motivasi        : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan sifat operasi hitung bilangan bulat.

Kegiatan Inti
Ø      Dengan tanya jawab, membahas sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan.
Ø       Untuk mengecek pemahaman siswa diberikan beberapa soal pilihan guru.

Penutup
Ø      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
Ø      Siswa dan guru melakukan refleksi.
Ø      Guru memberikan tugas rumah.

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan
Apersepsi      : 1. Membahas PR.
                       2. Mengingat kembali operasi hitung pada bilangan bulat dan sifat-sifatnya. 
Motivasi        : Menyampaikan pentingnya materi yang akan dipelajari dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kegiatan Inti
Ø      Guru menjelaskan materi tentang :
o       Penjumlahan pecahan yang penyebutnya sama dan/atau berbeda
o       Pengurangan pecahan yang penyebutnya sama dan/atau berbeda
o       Penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran
o       Mengalikan pecahan dengan pecahan atau pecahan campuran atau bilangan cacah
o       Pembagian pecahan
Ø      Untuk mengecek pemahaman siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku sumber.

Penutup :
Ø      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
Ø      Siswa dan guru melakukan refleksi.
Ø      Guru memberikan tugas rumah.

Pertemuan Keempat
Pendahuluan
Apersepsi      : 1. Membahas PR.
                       2. Mengingat kembali operasi hitung pada bilangan bulat dan pecahan
Motivasi        : Menjelaskan bagaimana menerapkan materi yang dipelajari, kaitannya dalam kejadian sehari-hari.
Kegiatan Inti :
Ø      Guru memberikan contoh masalah kejadian sehari-hari (yang penyelesaiannya berkaitan dengan operasi pada pecahan).
Ø      Siswa diminta untuk menyelesaikan bagaimana penyelesaiannya.
Ø      Untuk lebih memahami, siswa diberikan soal terpilih dari buku sumber.
Penutup :
Ø      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
Ø      Siswa dan guru melakukan refleksi.

E.  Alat Dan Sumber Belajar
Buku teks, benda/kertas sebagai model pecahan.

F.  Penilaian
Teknik: tes tulis.
Bentuk instrument: tes isian, tes uraian.

      Contoh instrument:
1. Apa pengertian dari pecahan?
    Jawab: .............................................

2. Isilah titik-titik di bawah ini:
    a. 9 + 6 =  .....
        6 + 9 =  .....
        Jadi 9 + 6 = .... + .....
    b. 3 x (5 x 4) = .....
        (3 x 5) x 4 = .....
        Jadi, 3 x (5 x 4) = (... x ....) x .. = ......
    c. -9 : 3 = .....
   Jawab: .............................................

3. Pada hari Minggu Adi memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Amri 17 butir. Hari Senin Adi memberi kelereng kepada  sebanyak 13 butir. Berapa banyak semua kelereng yang diberikan Adi kepada Aan, Amri dan Ade?
Jawab: .............................................

4. Untuk a = 18, b = -6, dan c = -3, maka nilai      a  x  b  .     adalah........
                                                                                               b  x  c 
    Jawab: .............................................

5. Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang.  Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?
Jawab: .............................................

6. Dalam suatu permainan, apabila menang diberi nilai 3 dan apabila seri diberi nilai (-1). Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 kali menang dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu adalah .....
   Jawab: .............................................

Pedoman penskoran
No.
Jawaban
Skor
1.

Pecahan adalah bilangan yang disajikan dalam bentuk    a .   dengan a, b anggota bilangan bulat dan
              b
b # 0
10
2.
    a. 9 + 6 = 15
        6 + 9 = 15
        Jadi, 9 + 6 = 6 + 9 = 15

    b. 3 x (5 x 4) = 60
       (3 x 5) x 4  = 60
       Jadi, 3 x (5 x 4) = (3 x 5) x 4 = 60

    c. -9 : 3 = -3

15
3.
Dik: Adi memberi kelereng kepada Aan 25 butir  dan kepada Amri 17 butir
         kemudian memberi lagi kepada Ade13 butir
Dit:  berapa banyak kelereng yang diberi?
Jawab:
            25 + 17 + 13 = 45
Jadi, Adi memberi kelereng semuanya sebanyak 45 butir.




20
4.

     a  x   b .       =       18  x  (-6) .
     b  x   c                    -6   x  (-3)
                         =       -108 .
                                       18
                         =       -6

10
5.
Dik: sebuah karung beras berisi 25 kg
         dibagi kepada 10 orang
Dit:  berapa kg beras masing-masing mendapatkannya?
Jawab:
            25 / 10 = 2,5
Jadi, masing-masing mendapatkan beras 2,5 kg
20
6.
Dik: nilai 3 apabila menang
        nilai (-1) apabila seri
        bermain 47 kali, 21 kali menang dan 3 kali seri
Dit:  berapakah total nilai regu tersebut?
Jawab:
            3 x 21 + 3 x (-1) = 63 + (-3)
                                       = 63 – 3
                                       = 60
Jadi, total nilai yang diperoleh 60 nilai

25
Jumlah
100


Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan


                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229




Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003





CONTOH PENILAIAN

                                 MATA PELAJARAN           : MATEMATIKA
                                 KELAS/SEMESTER             : VII / 1
                                 SATUAN PENDIDIKAN      : MTsN B. Aceh II
                                 STANDAR KOMPETENSI : BILANGAN
                                 WAKTU                                 : 2 X 40 Menit

1.      Memahami sifat-sfat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

SOAL
1.Tulislah bilangan bulat yang menggambarkan pernyataan berikut :
    a. Temperatur di ruang pendingin 14 derajad dibawah nol.
    b. Ani menabung  Rp. 10.000,-
2. Gambarlah garis bilangan yang menunjukkan :
    a. Bilangan bulat di antara -1 dan 3
    b. Bilangan bulat yang lebih dari sama dengan -2 tetapi kurang dari 7.
3. Tentukan bilangan kuadrat dan pangkat tiga yang kurang dari 150.
4. Tentukan nilai dari operasi berikut, dalam bentuk paling sederhana
a.                                                 c.
b.                                                 d.
5. Nyatakan pecahan campuran berikut sebagai pecahan sederhana
a.                                                                 b.
6. Nyatakan pecahan berikut sebagai bilangan bulat atau pecahan campuran
a.                                                                 b.
7. Tulislah bentuk baku berikut dalam bentuk umum
    a.                                                      b.
8.  93% siswa SMP Negeri 1 Denpasar tinggal di Denpasar. Berapa persen siswa yang   tidak tinggal di Denpasar?










Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan

     
  
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229


Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                          : MTsN Banda Aceh II
MATA PELAJARAN         : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER          : VII (tujuh)/1
TAHUN PELAJARAN       : 2009/2010



Standar kompetensi :    2. Memahami bentuk aljabar , persamaan dan pertidaksamaan            linier satu Variabel
Kompetensi dasar    :  2.1Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

Indikator                   : 1.   Menjelaskan pengertian  variabel, konstanta, faktor, suku     dan suku sejenis.

Alokasi waktu            : 2 jam pelajaran ( 1  pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis.

B. Materi ajar :  Bentuk aljabar

C. Metode Pembelajaran :
     Diskusi, penemuan, pemberian tugas

D. Langkah – langkah kegiatan :
     Pertemuan I
     Pendahuluan
     Apersepsi :

     Motivasi   : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan materi berikutnya                

      Kegiatan Inti :
a. Dengan dialog siswa diminta menyebutkan banyak buku yang dibawanya.
b. Guru mengarahkan siswa untuk  menemukan pengertian  variabel, konstanta, faktor, suku dan suku sejenis.
c. Siswa mengerjakan  latihan soal-soal tentang bentuk aljabar

Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
b. Guru dan siswa melakukan refleksi.
c. Guru memberikan tugas ( PR )


E. Alat dan Sumber Pelajaran  :
Buku teks, lingkungan.

F. Penilaian
     Teknik                     : tes lisan
     Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan.

1. Dari bentuk aljabar 5y + 8 , manakah yang merupakan variabel dan mana yang merupakan konstanta.

Bentuk instrument
1.            Jelaskan penertian dari:
a.       Variabel
b.       Koefisien
c.       Konstanta
Jawab: …………………

2.            Dari bentuk aljabar 5y + 8 , manakah yang merupakan variable, koefisien dan konstanta.?
               Jawab: …………………

3.            x – 5, manakah yang meruakan variabel dan mana yang merupakan konstanta?
Jawab: …………………

Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor
1
a.       Variabel adalah bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
b.      Koefisien adalah pengali suatu variabel
c.       konstanta adalah suku yang nilainya tetap

45
2
5y + 8
yang merupakan variable adalah x
yang merupakan koefisien adalah 5y
dan yang merupakan konstanta adalah 8

30
3

x – 5
x adalah variabel
- 5 adalah konstanta

25

Jumlah
100






Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan


                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229




Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi        : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan 
                                                Linier satu variabel.
Kompetensi dasar            : 2.2.Melakukan operasi pada bentuk aljabar.

Indikator                           : 1. Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi,dan
                                                Pangkat pada bentuk aljabar.
                                            2. Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk
                                                menyelesaikan soal.

Alokasi waktu                  : 6 jam pelajaran (3 pertemuan)

A. Tujuan pembelajaran  :
a.       Siswa dapat menggunakan operasi penjumlahan pada bentuk aljabar.
b.       Siswa dapat menggunakan operasi pengurangan pada bentuk aljabar.
c.       Siswa dapat menggunakan operasi perkalian pada bentuk aljabar.
d.       Siswa dapat menggunakan operasi pembagian pada bentuk aljabar.
e.       Siswa dapat menggunakan operasi peroangkatan pada bentuk aljabar.
f.         Siswa dapat menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal.

B. Materi ajar :
a.       Operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar.
b.      Operasi perkalian dan pembagian pada bentuk aljabar.
c.       Operasi pangkat pada bentuk aljabar.
d.      Operasi pecahan pada bentuk aljabar

C. Metode pembelajaran :
Diskusi kelompok, penemuan

D. Langkah-langkah kegiatan :
      Pertemuan I
      Pendahuluan
      Apersepsi : Membahas PR.
                         Mengingat kembali unsur-unsur bentuk kuadrat.
      Motivasi    : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa
                         Dalam menyelesaikan materi berikutnya.

      Kegiatan inti :
a.       Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan operasi bentuk
aljabar.
b.      Siswa diminta berpasangan dengan teman sebangkunya untuk menyelesaikan soal
tentang penyederhanaan bentuk aljabar.
c.       Beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya dan ditanggapi oleh teman yang lain.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       Guru memberikan tugas (PR).
      Pertemuan II
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali sifat assosiatif dan sifat distributif.
Motivasi   : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa
                   dalam menyelesaikan materi berikutnya.

Kegiatan inti:
a.       Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi apabila tidak
memungkinkan dibuat berpasangan dengan teman sebangku.
b.      Dengan berdiskusi dalam kelompok msing-masing siswa diharapkan dapat
Melakukan operasi hitung perkalian dan pangkat pada bentuk aljaba.
c.       Beberapa kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya sedangkan
kelompok yang lain menanggapinya.
d.      Guru membantu siswa untuk mendapatkan jawaban yang benar.
e.       Siswa mengerjakan soal latihan dan hasil pekerjaannya dikumpulkan.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       Guru memberikan tugas (PR).

Pertemuan III
Pendahuluan
Apersepsi   : mengingat kembali suku-suku sejenis dan sifat operasi hitung.
Motivasi     : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
                    siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kegiatan inti :
a.       Beberapa siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya sedangkan siswa yang lain memberi tanggapan.
b.      Guru membantu mengarahkan siswa untuk memperoleh jawaban yang benar.
     
      Penutup :
a    Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b    Guru dan siswa melakukan refleksi.
c    Guru memberikan tugas (PR).


E. Alat dan sumber belajar.
      Buku teks, lingkungan

F. Penilaian
      Teknik                          : Tes tulis
            Bentuk instrument         : Tes uraian. Bentuk instrument:

1. Sederhanakanlah bentuk-bentuk pada aljabar berikut ini!
    a. 4a + 2a
    b. -6p + 4p -3p
    Jawab: ………………………..

2. Tentukanlah jumlah dari 4p + 3 dan p - 5
    Jawab: ……………………….

3. Jumlahkan!
    9x – 8y + 4 dan -5x + 7y – 9
    Jawab: ……………………….

4. Kurangkanlah!
    -3x + 11y  dari  7x – 3y
    Jawab: ……………………….

5. Kalikanlah!
    8 (2x – 3y)
    Jawab: ……………………….

6. Bagikanlah!
    (9x – 6y) : 3
    Jawab: ……………………….

7. Dalam suatu permainan, seorang anak bermain sebanyak 5 kali dan memperoleh nilai sebagai berikut: -70, 90, -30, 40, dan -50. Hitumglah jumlah nilai yang diperoleh anak tersebut?
    Jawab: ……………………….
Pedoman penskoran
No.
Jawaban
Skor
1.
a. 4a + 2a =  ( 4 + 2)a
                 =  6a
b. -6p + 4p -3p  =  (-6 + 4 -3)p
                          =  -5 p

20
2.


(4p + 3) + (p – 5)  =   4p + 3 + p – 5
                              =  4p + p + 3 – 5
                              =  5p – 2

15

3.
9x -8y + 4 + (-5x) + 7y -9 =  9x + (-5x) -8y + 7y -9
                                          =  4x - y -5

15
4.


7x - 3y - ( -3x + 11 y) =  7x - 3y + 3x -11x
          =  7x + 3x – 3y – 11y
                                    =  10x – 14y

15
5.

8 (2x – 3y) =  (8 . 2x) – (8 . (-3y))
                   =  16x – 24y

15
6.

(9x – 6y) : 3 =  3 (3x – 2y) : 3
                     =  3x – 2y

10
7.
70 + 90 + (-30) + 40 + (-50) = -20

10
Jumlah
100


Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan

                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229


Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II


Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi              : 2. Memahami bentuk aljabar ,persamaan dan pertidaksamaan
                                                linier satu variabel.
Kompetensi Dasar                 : 2.3 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel.

Indikator                                 : 1. Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.
                                                  2. Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara
    ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan  yang sama                             
                                                  3. Menentukan penyelesaian PLSV.

Alokasi Waktu                       : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan )

A. Tujuan pembelajaran  : a. Siswa dapat menentukan PLSV dalam berbagai bentuk                                     dan variabel
b.Dapat menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara   ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama.
c. Siswa dapat menyelesaikan persamaan linier satu variabel.

B. Materi ajar                        : a. Persamaan linier satu variabel.

C. Metode pembelajaran :
         Diskusi kelompok, tanya jawab.

D. langkah-langkah kegiatan :
         Pertemuan I
         Pendahuluan
         Apersepsi  : Membahas PR
                             mengingat kembali tentang bentuk aljabar.
         Motivasi     : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
                             siswa dalam menyelesaikan materi berikutnya.
        
         Kegiatan inti :
a.       Guru mengkondisikan siswa dalam kelompok.
b.      Siswa diharapkan dapat mengenali PLSV.
         c.   Masing-masing kelompok mempresentasikan, sedang kelompok yang lain
               mengamati.
         d.   Siswa mengerjakan latihan.


         Penutup :
a.       Dengan bimbinga guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       Guru memberikan tugas ( PR ).

Pertemuan II
         Pendahuluan
         Apersepsi   : a. Membahas PR.
                             b. Mengingat kembali bentuk aljabar.
         Motivasi     : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
                             siswa dalam menyelesaikan materi berikutnya.

         Kegiatan inti :
         a.   Siswa dapat mengkondisikan dalam beberapa kelompok diskusi, apabila tidak
               memungkinkan dibuat berpasangan dengan teman sebangku.
         b.   Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat
               menentukan bentuk setara dari plsv.
         c.   Masing-masing kelompok mempresentasikan, sedang kelompok yang lain
               menanggapi.
         d.   Siswa mengerjakan soal latihan.

         Penutup :
a.   Dengan bimbinga guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas ( PR ).
Pertemuan III
         Pendahuluan
         Apersepsi   : a. Membahas PR.
                             b. Mengingat kembali bentuk setara dari PLSV.
         Mptivasi     : Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
                             siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

         Kegiatan inti :
         a.   Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi, apabila tidak
               memungkinkan dibuat berpasangan dengan teman sebangku.
         b.   Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat
               menyelesaikan satu PLSV.
         c.   Masing-masing kelompok mempresentasikan, sedang kelompok yang lain
               menanggapi.
         d.   Siswa mengerjakan soal latihan dan hasil pekerjaannya dikumpukan.

         Penutup :
a.   Dengan bimbinga guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas ( PR ).

E. Alat dan sumber belajar:
         Buku teks,

F. Penilaian
         Teknik                       : Tes lisan, tes tulis.
         Bentuk instrument      : Tes pilihan ganda, daftar pertanyaan, tes isian.
      Contoh instrument         :
      1.   Apa yang dimaksud dengan persamaan linear, dan berikan contohnya!
            Jawab:………………………….
      2.   Manakah pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan PLSV ?
            a. 2x = 5               
            b. 7y           
            c. 12a – 7 = 45     
            d. 3 + 2p = 42
            Jawab:………………………….
      3.   Manakah yang setara dengan -5x – 2 = 4?
            a. 5x - 2 = -4
            b. 10x + 4 = 8
            c. -10x – 4 = 8
            d. 10x – 4 = -8
            Jawab:………………………….
      4.   Tentukan pengganti dari variabel berikut sehingga menjadi kalimat yang benar!
             x – 18 = -3             
            Jawab:………………………….
      5.   Tentukan penyelesaian dari:
            a. x – 8 = 19                      
            b. 4x – 5 = 3x + 2
            Jawab:………………………….
      6.   Tentukan penyelesaian dari:
            3x = 15

Pedoman penskoran:
No.
Jawaban
Skor
1.
Persamaan adalah kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama dengan (=) dan variabelnya satu.
Contohnya: x + 7 + 18
15
2.
b. 7y, karena tidak ada tanda sama dengan (=).
10
3.

Persamaan yang setara dengan -5x-2 = 4 adalah
c. -10x – 4 = 8
10
4.
    x – 8 = -3                      
    x       = -3 + 8                       
    x       =  5
15
5.
a.           x – 8 = 19
      x – 8 + 8  = 19 + 8 ( kedua ruas ditambah 8, agar    ruas kiri tidak memuat 80)
                  x  = 27
      Jadi, penyelesaiannya: x = 27
b.          4x – 5 = 3x + 2
             4x – 5 + 5 = 3x + 2 + 5 ( kedua ruas ditambah 5)
                     4x = 3x + 7
             4x – 3x = 3x – 3x + 7 (kedua ruas dikurngi 3x)
                       x = 7
             Jadi, penyelesaiannya: x = 7
30
6.
              3x = 15
      1   .   3x = 15   .     1           ( kedua ruas dikalikan   1     )
       3                                 3                                                         3
                   x = 5
     Jadi, penyelesaiannya: x = 5
20
Jumlah
100



Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan


                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229


Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003















RENCANA    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar kompetensi         : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan
                                                linier satu variabel.
Kompetensi dasar            : 2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel.

Indikator                           : 1. Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.
                                            2. Menentukan bentuk setara dari Ptlsv dengan cara ditambah,
                                                dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bialngan yang
                                                sama.
                                            3. Menentukan penyelesaian PtLSV.

Alokasi waktu                  : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan )

A. Tujuan pembelajaran: a.   Siswa dapat menentukan PtLSV dalam berbagai bentuk                    danvariabel.
                                            b.siswa dapat menentukan bentuk setara dari PtLSV             
                                                cara ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan
                                                bilangan yang sama.
                                            c. Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan linier satu
                                                variabel.
          d. Siswa dapat menentukan menggambar grafik PtLSV     pada garis bilangan pada
                                                garis bilangan.

B. Materi Ajar                 :
a.         pertidaksamaan linier satu variabel

C. Metode Pembelajaran      :
Diskusi kelompok, tanya jawab.

D. Langkah-langkah Kegiatan :
         Pertemuan I
         Pendahuluan
         Apersepsi   : Membahas PR
                             Mengingat kembali tentang persaman linier satu variabel
         Motivasi     : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
                             siswa dalam menyelesaikan materi berikutnya.

         Kegiatan inti :
a.       Guru mengkondisikan siswa kedalam kelompok.
b.      Siswa diharapkan dapat mengenali PtLSV.
c.       Masing-masing kelompok mempresentasikan, sedang kelompok yang lain menanggapi.
d.      Siswa mengerjakan latihan.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       Guru memberikan tugas (PR).


Pertemuan II
Pedahuluan
         Apersepsi   : a. Membahas PR
                             b. Mengingat kembali tentang persaman linier satu variabel
         Motivasi     : apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
                             siswa dalam menyelesaikan materi berikutnya.

         Kegiatan inti :
e.       Guru mengkondisikan siswa kedalam kelompok.
f.        Siswa diminta mendiskusikan LKS, siswa diharapkan dapat mengenali PtLSV.
g.       Masing-masing kelompok mempresentasikan, sedang kelompok yang lain menanggapi.
h.       Siswa mengerjakan latihan.

Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas (PR).

Pertemuan III
Pendahuluan
Apersepsi   : a. Membahas PR.
                    b. Mengingat kembali berbagai bentul PtLSV.
Motivasi     : Apabila materi ini dikusai dengan baik, maka akan dapat membantu
                    siswa dalam menyelesaikan materi berikutnya.

Kegiatan inti :
a.       Dengan berdialok siswa diarahkan membuat PtLSV yang setara dengan cara kedua ruas ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
b.      Guru dan siswa membahas PtLSV yang setara jika kedua ruas dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama (jika dengan bilangan negatif tanda ketaksamaan dibalik.
c.       Dengan tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk mencari cara menyelesakan PtLSV, serta menggambar grafiknya pada garis biangan.
d.      Siswa mengerjakan soal latihan yang ada padaa buku pegangan.

Penutup :
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       Guru memberikan tugas.

E. Alat dan sumber belajar :
         Buku teks, garis bilangan.

F. Penilaian :
         Teknik                       : tes lisan, tes tulis
         Bentuk instrument      : daftar pertanyaan, tes pilihan ganda, tes esay berstruktur.

      Contoh instrument :
1.  Tulislah hubungan yang menyatakan bahwa pertidaksamaan linear!
     Jawab:..................................

2.  Mana saja diantara prertanyaan dibawah ini yang merupakan PtLSV ?
   a. 3a + 5 > 2                  
   b. -8a + 4 ≤ 5                
   c. 8x – 7 = 10
   d. 5y ≥ 10 
   e. –p = -5
Jawab:..................................
3.   Bentuk yang setara dengan 6x – 8 > 10 adalah:
      a. 5x – 7 > 9
      b. 6x + 8 > 10
      c. 3x – 4 > 5
      d. -3x + 4 > -5
Jawab:..................................

4.   Tentukan penyelesaian dari x – 5 > 1 untuk x variabel pada bilangan 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.
      Jawab:..................................

5.   Tentukan penyelesaian dari 4x – 2 < 5  + 3x untuk x variabel pada bilangan 2, 3, 4, 5, 6, ......, 9.
      Jawab:..................................

Pedoman penskoran
No.
Jawaban
Skor
1.
Hubungan yang menyatakan pertidaksamaan adalah <, <, > atau > dan variabel berpangkat satu.
15
2.
a. 3a + 5 > 2
b. -4h + 4a < 5
d. 5y > 10
30
 3.

Bentuk yang setara dengan 6x – 8 > 5 adalah
c. 3x – 4 > 5
15
  4.
        x -5 > 1
x – 5 + 5 > 1 + 5
            x > 6
penyelesaiannya adalah 7 dan 8
20
  5.

      4x – 2 < 5 + 3x
4x – 2 + 2 < 5 + 2 + 3x
            4x < 7 + 3x
    4x – 3x < 7 + 3x – 3x
              x < 7
penyelesaiannya adalah 2, 3, 4, 5, 6, dan 7

20
Jumlah
100

Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan


                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229




Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003

















CONTOH ULANGAN HARIAN

                                       Mata Pelajaran             : Matematika
                                       Kelas / Semester           : VII / 1
                                       Alokasi Waktu              : 2 x 40 Menit

Standar kompetensi      : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.

Petunjuk soal                   :
         Jawablah pertanyaan berikut !

SOAL :
1.   Dari bentuk aljabar 3x + 5, manakah yang merupakan variabel danmanakah yang merupakan konstanta ?

2.   Dari pernyataan berikut manakah yanag setara dengan -5x + 2 – 4 ?

3.   a.      Berapa banyak suku pada bentuk aljabar 5x3 | 2x2 | 42x | 10, sebutkan !
      b.   Tentukan koefisien pada suku-suku  tersebut diatas ?
      c.      Untuk x = 2 , berapakah nilai bentuk aljabar diatas ?

4.   Sederhanakanlah bentuk-bentuk berikut !
      a.      3a – 2b + 2c – 5a – 5b
      b.   32xy + 4x – 2y + 10y – 4x + 2y
      c.      3x – 3y – 3x – 4y
5.   Pada liburan tahun ini Ayah akan memberikan hadiah kepada Iwan , Andi , dan Ucok. Hadiah untuk Iwan 3 kali lebih banyak dari hadiah untuk Andi. Hadiah untuk Andi 2 kali dari hadiah untuk Ucok diberi hadiah 15 buah buku tulis dan 7 pensil , maka :
      a.      Hitungalh jumlah pensil iwan dan andi jika digabung !
      b.   Hitunlah jumlah buku iwn dan ucok jika digabung !
      c.      Hituglah jumlah pensil iwan , andi , dan ucok jika digabung !

Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan

                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                               NIM. 260616229


Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II


Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003
RENCANA    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar kompetensi         : 3. menggunakan bentuk aljabar , persamaan , dan pertidaksamaan linier dalam pemecahan masalah.

Kompetensi dasar            : 3.1. membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.

Indikator                           : 1. mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel.
                                            2. mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel.

Alokasi waktu                  : 4 jam pelajaran ( 2 pertemuan )

A. Tujuan pembelajaran :  a.    siswa dapat mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel
                                               b. siswa dapat mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel.

B. Materi ajar                  :
         a.  Persamaan linier satu variabel.
         b.   Pertidaksamaan linier satu variabel.

C. Metode pembelajaran :
         Diskusi kelompok, tanya jawab, dan pemodelan.

D. Langkah-langkah kegiatan          :
         Pertemuan I
      Pendahuluan
                           Apersepsi      : Memberikan cerita permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel.
         Motivasi        :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang terkait persamaan linier satu variabel.

         Kegiatan inti:
a.       Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. Tiap kelompok diberi satu masalah.
b.      Dengan berdiskusi masalah dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat :
-         Menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, serta hubungannya kalau ada.
-         Merumuskan model matematika dari permasalahan tadi.
c.       Kemudian masing-masing kelompok disuruh menyampaikan hasil diskusinya kelompok lain menanggapi.
d.      Dengan tanya jawab siswa diajak membahas beberapa soal cerita sampai merumuskan model matematikanya.

Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.

         Pertemuan  II
         Pendahuluan
         Apersepsi   : Mengingat kembali cara merumuskan model matematika berbentuk persamaan linier satu variabel dari permasalahan sehari-hari.
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaian masalah sehari-hari yang terkait pertidaksamaan linier satu variabel.

         Kegiatan inti :
a.       Dengan tanya jawab guru membimbing siswa untuk mengubah suatu permasalahan ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linier satu variabel.
b.      Siswa mengerjakan beberapa soal tentang merumuskan model matematika bentuk pertidaksamaan linier satu variabel.
c.       Siswa yang sudah selesai mengerjakan disuruh mengerjakan ke depan kelas.
        
         Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.       Guru memberikan tugas rumah tentang cara menyelesaikan persamaan linier satu variabel.

E. Alat dan Sumber Belajar :
         Buku teks, LKS, lingkungan.

F. Penilaian :
         Teknik                       : Tes tulis
         Bentuk instrument      : Tes  uraian

   Contoh instrument :
1.      Nyatakan kedalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel:
Dian membeli 3 kg gula dengan selembar uang dua puluh ribuan ,- dan menerima kembalian sebesar Rp. 3.500,-
            Jawab:..................................
   2.   Nyatakan kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu       variabel
         Umur Ita 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun
         Jawab:..................................

   3.   Jumlah dua bilangan ganjil berurutan adalah 36.
            a. Jika bilangan pertama adalah x, nyatakan bilangan kedua dalam x!
            b. Selesaikan persamaan tersebut!
            c. Tentukan kedua bilangan itu!
            Jawab:..................................

Pedoman Penskoran  
     
No.
Jawaban
Skor
1.

3x + 20.000 = - 3.500
30
2.

x + 5 > 20
30
3.



a. Bilangan pertama adalh x, maka bilangan kedua adalah x + 2
b. x + x + 2 = 36
    2x + 2     = 36
            2x   = 36
            2x   = 36 – 2
            2x   = 34
              x   = 17
c. Jadi, kedua bilangan itu adalah 17 dan 19

35
Jumlah
100

Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan


                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229



Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003
RENCANA    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi        : 3. Menggunakan bentuk aljabar persamaan , dan  pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar           : 3.2 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linier satu variabel.

Indikator                           : 1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persaman linier satu variabel.
                                            2. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksaaman linier satu variabel.

Alokasi Waktu                 : 4 Jam pelajaran ( 2 pertemuan }

A. Tujuan Pembelajaran: a. Siswa dapat menyelesaikan model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persaman linier satu variabel.
                                            b. Siswa dapat menyelesaikan model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pertidaksamaan linier satu variabel.

B. Materi Ajar
         a.   Persamaan linier satu variabel.
         b.   Pertidaksamaan linier satu variabel.

C. Metode Pembelajaran   :
         Diskusi kelompok tanya jawab, pemecahan masalah.

D. Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan I
            Pendahuluan
Apersepsi :  dengan tanya jawab guru mengingatkan cara menyelesaikan persamaan linier satu variabel , dan cara membuat model matematika dari rmasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan Persamaan linier satu variabel.

            Motivasi   : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu
Siswa dalam menyelesaikan masalah sehari – hari yang terkait  persamaan linier satu variabel


            Kegiatan Inti :
            a.Menjelaskan materi tentang :
Ø    Merumuskan model matematika dari permasalahan yang diberikan
Ø    Menyelesaikan model matematika yang berbentuk PLSV dari permasalahan tadi.
Ø    Merumuskan penyelesaian atau pemecahan masalah tersebut
b. menyarankan kepasa siswa untuk bertanya apabila ada materi yang tidak dimengerti.

Penutup
a.Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
b.Guru dan siswa melakukan refleksi.
Pertemuan II
            Pendahuluan
Apersepsi :  dengan tanya jawab guru mengingatkan cara menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel , dan cara membuat model matematika dari rmasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan Pertidaksamaan linier satu variabel.
            Motivasi   : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu
Siswa dalam menyelesaikan masalah sehari – hari yang terkait  pertidaksamaan linier satu variabel.

            Kegiatan Inti :
a.       Menjelaskan tentang bagaimana merumuskan model matematika dari permasalahan yang diberikan,Menyelesaikan model matematika yang berbentuk Pertidaksamaan Linier Satu Variabel dari permasalahan tadi.
b.      Memberikan soal-soal mengenai materi tersebut.
c.    membimbing siswa dalam menjawab soal.

Penutup
a.Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
b.Guru dan siswa melakukan refleksi.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks,  lingkungan

F. Penilaian
Teknik                     : tes tulis
Bentuk Instrumen     : tes pilihan ganda
        
Contoh instrument :
      Petunjuk : pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1.      Selesaikan permasalahan berikut ini!
Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp. 4. 000. Harga 1 buku adalah:
a).    Rp. 2. 000, 00
b).    Rp. 3. 000, 00
c).    Rp. 4. 000, 00
d).    Rp. 6. 000, 00
  Jawab:..................................

2.      Selesaikan permasalahan berikut!
Umur Candra 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur Candra sekarang:
a).                    Kurang dari 28 tahun
b).                   28 tahun
c).                    25 tahun
d).                   22 tahun
  Jawab:..................................

3.      Panjang sebuah persegi panjang 6 cm lebih dari lebarnya, dan kelilingnya kurang dari 40 cm. Jika lebarnya x cm, susunlah pertidaksamaan dalam x. Nilai x adalah:
a).    0 < x < 7
b).    1 < x ≤ 8
c).    8 ≥ x > 8
d).    x < 7
  Jawab:..................................

Pedoman penskoran

No.
Jawaban
Skor
1.

10.000 – 4000 = 6000
6000 : 2 = 3000
Maka harga 1 buku adalah b). Rp. 3.000
35
2.

Umur Chandra sekarang adalah
c).25 tahun
30
3.
Nilai x adalah
b). 1 < x  < 8
35

Jumlah
100

Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan

                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229


Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II


Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003
RENCANA    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi        : 3. Menggunakan bentuk aljabar persamaan , dan  pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar            : 3.3 menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.

Indikator                           : a. menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
                                            b. menentukan besar dan presentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Alokasi waktu                  : 4 jam pelajaran ( 2 pertemuan )

A. tujuan pembelajaran    : a. siswa dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai perunit dan nilai sebagian.
                                            b. siswa dapat menentukan besar dan presentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, buga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

B. Materi ajar                  :
         a.   Aritmatika sosial

C. Metode pembelajaran :
         Diskusi kelompok, demonstrasi dan penemuan.

D. Langkah-langkah kegiatan :
      Pertemuan I
         Pendahuluan
         Apersepsi   : Mengingat kembali tentang apa yang terjadi dalam proses perdagangan suatu barang.
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

         Kegiatan inti :
a.       Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan denganmasalah jual beli.
b.      Dengan berdialok,siswa diminta menyebutkan harga berbagai macam barang yang pernah mereka beli.
c.       Guru dan siswa mendiskusikan tentang nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.
d.      Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang nilai keseluruhan, nilai perunit, dan nilai sebagian.

Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas (PR).
     
      Pertemuan II
Pendahuluan
Apersepsi   : a.  Membahas PR
                       b. Mengingatkan kembali tentang materi yang sudah ipelajari dengan tanya jawab.
   Motivasi     : Materi ini banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

   Kegiatan inti   :
a.       Giuru membimbing siswa untuk memahami bahwa dalam suatu perdagangan, untung-rugi dapat dinyatakan dengan presentase.
b.      Dengan tanya jawab, siswa diarahkan cara menghitung presentase untung-rugi, menghitung rabat dan bunga tunggal.
c.       Siswa mendiskusikan dalam beberapa kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 3-5 orang.
d.      Dengan berdiskusi masalah dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat :
-         Menentukan presentase laba-rugi, harga jual-beli, rabat dan bunga tunggal dari soal-soal yang diberikan guru.
e.       Kemudian masing-masing kelompok disuruh menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi.

Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas (PR).

E. Alat dan sumber belajar
         Buku teks, uang, barang-barang yang diperjual belikan

F. Penilaian
         Teknik                       : Tes tulis.
         Bentuk instrument      : Tes uraian, pilihan ganda.

Contoh Instrument:
1.  Selesaikan!
Harga 1 lusin pensil adalah Rp. 18. 000, 00
a).       Berapakah harga 1 buah pensil?
b).         Berapakah harga 5 buah pensil?
      Jawab: ...................................

   2. Tentukan nilai p dan y pada perbandingan berikut!
        p        =       72
        5                  8
      Jawab: ...................................
   3. Seorang petani mempunyai makanan yang cukup untuk 60 ekor sapi selama 15 minggu. Kapan persediaan makanan akan habis, jika banyak sapi 50 ekor?
      Jawab:……………………….

4. Seorang pedagang, Pak rifki menjual sebuah televise seharga Rp. 1. 650. 000, 00. Dari penjualan itu Pak Rifki mengambil untung sebasar 10 %. Harga beli televise itu adalah :
a).    Rp. 1. 815. 000, 00
b).   Rp. 1. 600. 000, 00
c).    Rp. 1. 500. 000, 00
d).   Rp. 1. 485. 000, 00
      Jawab: ...................................


Pedoman Penskoran

No.
Jawaban
Skor
1.


1 lusin = 18.000, 00
1 lusin = 12 buah       
a. 1 buan pensil =        18.000, 00           =   1.500, 00
                                          12
b. 5 buah pensil =         5 x 1.500,00       =   7.500,00
25
2.


p           =          72
5                        8
 p x 8    =     5 x 72

 p          =      5   x    72
                           8
 p          =     45
25

3.
60 ekor        à      15 minggu
50 ekor        à       x
Karena berbalik harga, maka:

60        =        x.                                 x  =           60 . 15         =   18
50                 15                                                          50
25
4.

1.650.000,00          =     165.000,00
        10

Bukti, 165.000,00 x 10 = 1.650.000, 00

25
Jumlah
100

Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan


                                                                                   
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229



Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003





























RENCANA    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                             : MTsN B. Aceh II
MATA PELAJARAN            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER             : VII (Tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi        : 3. Menggunakan bentuk aljabar persamaan , dan  pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar            : 3.4 Menggunakan konsep perbandingan untuk pemecahan masalah.

Indikator                           : a. Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
                                            b. Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
                                            c. Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
                                            d. Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
Alokasi waktu                  : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan )

A. tujuan pembelajaran    : a. siswa dapat menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
                                            b. siswa dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai
                                            c. siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan perbandingan.
B. Materi ajar                  :
         a.   Perbandingan

C. Metode pembelajaran :
         Diskusi kelompok, demonstrasi dan penemuan.

D. Langkah-langkah kegiatan :
         Pertemuan I
         Pendahuluan
         Apersepsi   : Mengingat kembali tentang perbandingan suatu benda, baik dua benda tiga besaran atau lebih.
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

        Kegiatan inti :
a.       Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan masalah perbandingan
b.      Dengan berdialog, siswa diminta menyebutkan suatu benda untuk dibandingkan.
Guru dan siswa mendiskusikan tentang cara membandingkan besaran pengukuran.
c.       Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang perbandingan besaran pengukuran.

Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas (PR).


         Pertemuan II
Pendahuluan
Apersepsi   : a.  Membahas PR
                       b. Mengingatkan kembali tentang materi yang sudah pelajari dengan tanya jawab.
   Motivasi     : Materi ini banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  
   Kegiatan inti   :
a.       Guru membimbing siswa untuk memahami perbandingan senilai dan berbalik nilai.
b.      Dengan tanya jawab, siswa diarahkan cara membuat table, skala dan peta pada perbandingan senilai dan berbalik  nilai.
c.       Siswa mendiskusikan dalam beberapa kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 3-5 orang.
f.    Dengan berdiskusi masalah dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan   dapat :
-         Membuat table dan menentukan factor perbasaran dan pengecilan pada gambar berskala dari soal-soal yang diberikan guru.
g.    Kemudian masing-masing kelompok disuruh menyampaikan hasil diskusinya,   kelompok lain menanggapi.

Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas (PR).

      Pertemuan III
Pendahuluan
Apersepsi   : a.  Membahas PR
                       b. Mengingatkan kembali tentang materi yang sudah pelajari dengan tanya jawab.
   Motivasi     : Materi ini apabila sanggup dikuasai dengan baik maka permasalahan yang terjadi dalam suatu perbandingan mudah diselesaikan.
   Kegiatan inti     :
e.       Giuru membimbing siswa untuk memahami cara penyelesaian masalah yang melibatkan perbandingan.
f.        Dengan tanya jawab, siswa diarahkan cara memecahkan masalah.
g.       Siswa mendiskusikan dalam beberapa kelompok yang tiap kelompok terdiri dari 3-5 orang.
h.       Dengan berdiskusi masalah dalam kelompok masing-masing siswa diharapkan dapat :
-         Menyelesaiakan masalah yang melibatkan perbandingan.
f.        Kemudian masing-masing kelompok disuruh menyampaikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi.
Penutup
a.   Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.   Guru dan siswa melakukan refleksi.
c.   Guru memberikan tugas (PR).

E. Alat dan sumber belajar
         Buku teks, beberapa benda yang berbeda ukuran

F. Penilaian
         Teknik                       : Tes tulis.
         Bentuk instrument      : Tes uraian, pilihan ganda

      Contoh Instrumen:
1.  Tulislah rumus hubungan antara skala, jarak pada peta, dan jarak sebenarnya!
             Jawab: ...................................

2. Pada suatu peta tertulis = skala 1: 100. 000. Apakah arti skala 1: 100. 000 tersebut?
   Jawab: ...................................

3. Dua kota berjarak 120 km. Jika kedua kota itu digambar pada peta dengan skala  1 : 800.000. tentukan jarak kota tersebut dalam cm!
    Jawab: ...................................

4. Panjang sebuah papan tulis suatu kelas adalah (4x + 5) cm. Papan itu dipotong (2x – 2) cm dan sisanya p cm.
a.       Nyatakan p dalam x dalam bentuk yang paling sederhana1
b.      Bila x = 18, berapa panjang sisa papan?
            Jawab: ....................................

5. Seorang anak mengetik sebanyak 115 kata setiap 5 menit. Berapa banyak kata yang dapat ia ketik selama 30 menit?
    Jawab: ...................................

6. Jika a : b : 3 : 4 dan b : c : = 6 : 5, tentukan a : b : c!
    Jawab: .........................................




Pedoman penskoran

No.
Jawaban
Skor
1.


Skala =                Jarak pada peta  .
                           Jarak sebenarnya
Jarak pada peta    =        skala  x  jarak sebenarnya
Jarak sebenarnya =               Jarak pada peta .
                                                   Skala
20
2.
Artinya adalah pada peta tersebut perbandingannya antara 1 dengan 100.000
10

3.
Skala   1 : 800.000
Jarak kedua kota sebenarnya 120 km = 12.000.000 cm
Jarak kedua kota pada peta = skala x jarak

=           1            x 12.000.000 cm = 15 cm
        800.000
 Jadi, jarak kota tersebut dalam cm adalah 15 cm
20
4.
Dik: mengetik 115 kata setiap 5 menit
Dit:  berapa banyak kata yang diketik selama 30 menit?
Jawab:
             30 / 5 = 6
          =  115 x 6
          =   690 kata

20
5.
a. p   =  (4x + 5) – (2x-2)
         =  4x +5 – 2x + 2
         = 2x + 7

b. p   =  2 . 18 + 7
         = 36 + 7
         =  43
Jadi, panjang sisa papan adalah 43 cm
20
6.
a : b = 3 : 4                                   b : c = 6 : 5
        = 9 : 12                                         = 12 : 10
Jadi, a : b : c = 9 : 12 : 10

10
Jumlah
100









Menyetujui,                                                                    Banda Aceh, 01 Oktober2009
Guru Pamong                                                                      Guru Praktikan

     
  
Susanti, S.Pd                                                                       Saidatun Rahmi
NIP. 198206012005012007                                                NIM. 260616229



Mengetahui,
Kepala MTsN Banda Aceh II



Muzakkar Usman S.Ag, M.Pd
NIP. 196911091995031003

Tidak ada komentar: