View My Stats

Jumat, 03 Februari 2012

(CONTOH INSTRUMENT PENELITIAN SKRIPSI) = =PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI TABUNG DI KELAS VIII MTsS DARUSSYARI’AH 2007/2008


1.      Sebuah kaleng minyak goreng berbentuk silinder berisi 6,93 liter dan mempunyai tinggi 20 cm. berapakah jari-jari kaleng?

Lembaran Tes Akhir
Mata pelajaran             : Matematika
Materi                          : Tabung
Kelas                           : VIII
Tahun Ajaran               : 2007/2008
Soal                             : Tes Akhir

Petunjuk:
2.      Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar jawaban
3.      Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
4.      Dahulukan menjawab soal-soal yang anggap mudah

Kerjakanlah soal-soal berikut secara lengkap!
1.      Panjang jari-jari alas sebuah tabung 9 cm dan tingginya 17 cm.
Hitunglah luas selimut tabung tersebut dengan = 3,14
a.       panjang jari-jari alasnya,
b.      luas permukaan tabung.
3.   Diketahui sebuah tabung berdiameter 7 cm dan luasnya 319 cm2. tentukan tinggi tabung tersebut?
5.      Hitunglah volume tabung dengan ukuran diameter alas 28 cm, dan tinggi 10 cm?



Soal:
1.      Panjang jari-jari alas sebuah tabung 9 cm dan tingginya 17 cm.
Hitunglah luas selimut tabung tersebut dengan = 3,14
b.      panjang jari-jari alasnya,
c.       luas permukaan tabung.
  1. Diketahui sebuah tabung berdiameter 7 cm dan luasnya 319 cm2. tentukan tinggi tabung tersebut?
3.      Hitunglah volume tabung dengan ukuran diameter alas 28 cm, dan tinggi 10 cm?
4.      Sebuah kaleng minyak goreng berbentuk silinder berisi 6,93 liter dan mempunyai tinggi 20 cm. berapakah jari-jari kaleng?








Pertemuan kedua: 2 x 45 menit
Pendahuluan:
 Tumbuhkan:                
-        Guru meminta siswa untuk duduk berdasarkan kelompok masing-masing.
-        Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari dengan meminta seorang siswa untuk menunjukkan unsur-unsur yang menyusun tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung.
-        Guru menjelaskan pentingnya mengetahui volum BRSL khususnya tabung dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti:
Alami:
-        Guru mengarahkan siswa untuk menenmukan volum tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut.
-        Guru memberikan kesempatan kepada siswa jika ada yang kurang jelas.
Namai:
-        Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
-        Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali informasi baru sehingga dapat menemukan rumus volum tabung.
Demonstrasikan:
-        Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil  kerja kelompok
-        Siswa mempresentasikan jawaban berdasarkan hasil kerja kelompok di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain diminta memberikan tanggapan.
-        Guru memberikan contoh soal mengenai volum tabung dengan metode tanya jawab.
Ulangi:
-        Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang sedang dijelaskan.
-        Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang hasil yang diperoleh siswa.
-        Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran.
Rayakan:
-        Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal dengan baik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.


Penutup:
-        Guru mengakhiri pembelajaran dengan meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan yang ada pada buku siswa untu melihat pemahaman siswa.
Penilaian
a. Aktivitas siswa dalam kelompok
b. Hasil kerja berupa tugas kelompok
c. Tugas individual.








PERTEMUAN I
LKS 01

Kelompok:                                                                  Tanggal:
Topik:
Apa saja unsur-unsur yang terdapat pada tabung dan menyebutkan pengertian tabung.

Tujuan:
Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui unsur-unsur pada tabung dan untuk mengetahui pengertian tabung.

Petunjuk:
Gunakan tabung yang terbuat dari karton untuk menentukan unsur-unsur pada tabung.

Apa yang kamu lakukan:
1.      Diskusikan dengan temanmu bagaimana langkah-langkah untuk mengetahui dan menentukan unsur-unsur yang ada pada tabung.
2.      Tunjukkan langkah-langkah yang kamu rencanakan pada gurumu!
3.      Kesimpulan apa yang kamu dapat mengenai unsur-unsur yang menyusun tabung!
4.      Dari percobaan kelompok yang telah dilakukan, sebutkan pengertian tabung!







LKS 02

Kelompok:                                                                              Tanggal:

Topik:
Tersusun dari apa saja jaring-jaring pada tabung.

Tujuan:
Untuk menentukan dan melukis jaring-jaring pada tabung

Petunjuk:
Gunakan tabung yang terbuat dari karton untuk menentukan jaring-jaring pada tabung.

Apa yang kamu lakukan:
1.      tentukan titik pada tabung, yaitu pada rusuk lengkung atas dan rusuk lengkung bawah.
2.      Kemudian diiris menurut titik tersebut sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari sisi lain, dan direbahkan.
3.      Lukiskan hasil yang kamu dapat dan kesimpulan apa yang diperoleh dari lukisan tersebut.
4.      Terdiri dari apa jaring-jaring tabung tersebut. Adakah hubungan jaring-jaring tersebut dengan suatu bangun datar.








LKS 03

Kelompok:                                                                              Tanggal:

Topik:
Menentukan luas selimut dan luas permukaan tabung

Tujuan:
Menentukan luas selimut dan luas permukaan tabung

Apa yang kamu lakukan:
1.      Dari lukisan jaring-jaring tersebut, tentukan bangun datar apa saja yang didapat?
2.      Kemudian dari bangun datar tersebut, tentukan luas tiap bangun datar tersebut (ukuran bangun datar tersebut diberikan oleh guru didepan).
3.      Apa hasil dan kesimpulan yang kamu dapat dari percobaan yang telah kamu lakukan!
  













LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA

NAMA SEKOLAH                            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
KELAS/SEMESTER                         : ...................../GENAP
HARI/TANGGAL                             : ...................../..............................................
PERTEMUAN KE-/NO.RPP            : ...................../..............................................
WAKTU                                             : ....................................................................
MATERI POKOK                             : TABUNG
SUB MATERI POKOK                    : ....................................................................
NAMA OBSERVER                         : ....................................................................

A.     Petunjuk
1.      Amatilah aktivitas siswa dalam kelompok sampel yang telah ditentukan sebelumnya (terdiri dari 1 siswa kelompok atas, 1 siswa kelompok sedang, dan 1 siswa kelompok bawah) selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
2.      Tulislah hasil pengamatan anda pada lembar pengamatan, dengan prosedur sebagai berikut:
  1. Setiap 4 menit, pengamat melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa. Kemudian 1 menit berikutnya menuliskan kode atau nomor kategori aktivitas siswa yang dominan.
  2. Kode/nomor kategori pengamatan ditulis secara berurutan sesuai dengan kejadian, pada baris dan kolom yang sesuai.
  3. Pengamatan dilakukan sejak dimulai sampai berakhirnya pembelajaran.    
3.      Kode/nomor kategori aktivitas siswa ditentukan sebaga berikut:
  1. Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru/teman
  2. Membaca/memahami masalah kontekstual di LKS
  3. Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
  4. Membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau diskusi kelas
  5. Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman
  6. Menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur
  7. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (seperti: melamun, berjalan-jalan di luar kelompok belajarnya, membaca buku/mengerjakan tugas mata pelajaran lain, bermain-main dengan teman dan lain-lain).        


No
Nama Siswa
Kelompok
Pengamatan pada menit ke -....
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50
55
60
65
70
75
80
1

Atas
















2

Tengah
















3

Bawah

















B.     Komentar dan saran Pengamat/Observer:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................



Banda Aceh, .................................................
Pengamat/Observer

............................................................................





Lampiran 5

LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN
QUANTUM TEACHING

Nama Sekolah              : MTsS Darussyaria’ah Banda Aceh
Kelas/Semester                        : ....................../Genap
Hari/Tanggal                             : ....................../...........................................................
Pertemuan ke-/No. RPP           : ....................../...........................................................
Waktu                                      : ..................................................................................
Nama Guru                              : ..................................................................................
Materi Pokok                           : Tabung
Sub Materi Pokok                    : ..................................................................................
Nama Pengamat/Observer        : ..................................................................................

A. Petunjuk : Berilah tanda cek (         ) pada kolom nilai yang sesuai menurut  penilaian Bapak/Ibu :  
                        1: berarti Tidak Baik                                      4: berarti  Baik
2: berarti Kurang Baik                                   5:berarti sangat baik
3:berarti Cukup Baik
B. Lembar Pengamatan :
No
Aspek yang diamati
Nilai
1
2
3
4
5
1.
Pendahuluan:
a.       Kemampuan memotivasi siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
b.      Kemampuan menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c.       Kemampuan menginformasikan langkah-langkah pembelajaran





Nilai Rata-Rata

2.
Kegiatan Inti:
a.       Kemampuan menjelaskan soal/langkah-langkah kerja dalam kelompok.
b.      Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberikan bantuan terbatas
c.       Kemampuan mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah
d.      Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja
e.       Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
f.        Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
g.       Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa
h.       Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
i.         Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan
j.        Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan               





Nilai Rata-Rata

3.
Penutup :
a.       Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan pembelajaran.
b.      Kemampuan menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran   





Nilai Rata-Rata





4.
Kemampuan mengelola waktu





Nilai Rata-Rata





5.
Suasana Kelas:
a.       Antusias Siswa
b.      Antusias Guru





Nilai Rata-Rata





Nilai rata-rata keseluruhan






C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Banda Aceh,


 ......................
Pengamat/Observer






Revisi LKS
LKS
Sebelum Revisi
Setelah Revisi
keterangan
LKS I
Hal 2













Hal 3



















Hal 3
No. 5.
·     Info: selimut pada tabung…






No. 6
·     Panjang selimut tabung =........=…....

Lebar selimut tabung = ……….=……



·     Sebelumnya tidak ada








·     Sebelumnya terdapat di LKS II











·      Soal-soal
a. soal tentang unsur-unsur tabung tidak ada

·     Info: Lingkaran sisi alas tabung = lingkaran sisi tutup tabung.
    Selimut pada tabung….

Ingat: d = 2r
          r = d

·     Panjang selimut tabung = keliling lingkaran =……=……….(dalam bentuk diameter).
    Lebar selimut tabung = tinggi     tabung =……

·     Luas selimut tabung juga bisa dinyatakan dalam bentuk diameter
    Luas selimut tabung = ……=dt                                                                  = d t

·     Info:
Jika r dan t adalah kelipatan 7 maka  =, tetapi Jika r dan t bukan kelipatan 7 maka  = 3,14






a.         sebutkan unsur-unsur tabung pada gambar berikut:
















































LKS II
Hal 1

Hal 2





Hal 3












LKS I dan II

·        Lingkaran sisi alas = sisi tutup



·        Volume tabung dalam bentuk r saja





·        Soal pada LKS no.2.b dihilangkan



·        Tidaka ada informasi atau sejenis pengulangan tentang satuan volume.






Ada beberapa soal yang tidak ada keterangan diketahui untuk setiap unsur yang ada pada soal
·        Dipindahkan ke LKS I



·       Jika yang diketahui nilai d, maka:Volume tabung =…..=…
                                           = ……   
  

·        Ditambah informasi dengan
Ingat!!
1 m    = 100 cm
1 m3   = 100 cm3
1 cm3 = 0,001 l
1 dm3 = 1 l
1 l      = 1000 ml

Adanya penambahan keterangan diketahui untuk setiap unsur yang ada pada soal.

                              










Tidak cukup waktu











Ini peneliti tambahkan karena setelah pengamatan pada saat pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang tidak tau meletakkan nilai setelah menuliskan rumusnya.












 Revisi RPP

RPP
Sebelum revisi
Setelah revisi
Alasan revisi
Keterangan
RPP I










































RPP II
Pendahuluan
Aktifitas Guru
·     Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana awal siswa dengan cara:
a.       Menyampaikan tujuan pembelajaran Bangun Ruang Sisi….


b.      Mengajukan pertanyaan tentang bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan siswa.
Aktifitas Siswa
·        Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dengan menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung.

Kegiatan Inti
Aktifitas Guru
·     Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok belajar dan guru mengajukan…




·     Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan…



Sebelum Revisi


·     Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana awal siswa dengan cara:
a.Tanya jawab guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran Bangun Ruang Sisi …


b. Mengajukan  pertanyaan tentang …khususnya bangun ruang yang berbentuk tabung.



·  Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung yang ada disekitar lingkungan siswa




·     Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok yang telah dibagikan guru sehari sebelumnya dan guru mengajukan…


·     Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan… luas selimut tabung dengan berdiskusi kelompok

Setelah Revisi



·    Tidak adanya interaksi antara guru dan siswa.







·     Mengkhususkan materi pelajaran






·     Siswa haruslah aktif bukan guru.







·     Kegiatan siswa harus jelas sehingga pemakaian waktu efektif.



·     Adanya kerja sama kelompok




Alasan Revisi
Fase: tumbuhkan



























Fase: Alami







Fase: Namai





Keterangan

Pendahuluan
Aktifitas Guru
·        Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi yang telah lalu












Kegiatan Inti
Aktifitas guru
·        Tidak ada perintah dari guru untuk bergabung dengan kelompok masing-masing.


·        Guru kembali menjelaskan bagaimana menyelesaikan soal jika yang diketahui jari-jari atau diameter lingkaran dan memberi …..
·        Guru meluangkan sedikit waktu untuk memberi pengarahan kepada siswa yang belum tuntas pada RPP-1 dalam rangka perbaikan.



·        Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok


Berdasarkan hasil revisi postest 1. banyak siswa yang belum bisa megerjakan soal bila yang diketahui diameter lingkaran.

Karena masih ada siswa yang belum tuntas.







Siswa masih belajar dalam kelompok


Fase: Tumbuhkan
















Fase: Alami










LEMBARAN VALIDITAS TES

Bidang Studi     : Matematika
          Materi             :  Tabung
          Kelas               : VIII

Petunjuk:
            Berilah tanda silang (x) pada salah satu alternatif skor validasi sesuai dengan penilaian anda, jika:
Skor 2 :   Apabila soal/tes sudah komunikatif dan sesuai dengan isi konsep yang akan diteliti.
Skor 1 :   Apabila soal/tes sudah komunikatif tetapi belum sesuai dengan isi konsep yang akan diteliti.
Skor 0 :   Apabila soal/tes tidak komunikatif dan tidak sesuai dengan isi konsep yang akan diteliti.
Validasi Soal:
Soal Tes No.

Skor Validasi
2
1
0
1
2
3
4
5
2
2
2
2
2
1
1
1
1
1
0
0
0
0
0

                                                                                    Banda Aceh, 10 April 2008
                                                                                    Divalidasi Oleh:



                                                                                    Nuralam, M.Pd
                                                                                    NIP.132 130 911










Lampiran 6

RESPON SISWA TERHADAP PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

Nama sekolah   : MTsS Darussyari’ah Banda Aceh                   Nama Siswa       :
Mata Pelajaran  : Matematika                                       Kelas/Semester :
Materi Pokok    : Tabung                                                          Hari/Tanggal       :
Petunjuk:
1.      Berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu sendiri tanpa dipengaruhi oleh siapapun.
2.      Pengisian angket ini tidak mempengaruhi nilai matematika sehingga kamu tidak perlu takut mengungkapkan pendapatmu yang sebenarnya.
No

Respon Siswa


Senang
Tidak
1
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a.       LKS
b.      Materi Pelajaran
c.       Tes Hasil Belajar
d.      Suasana Pembelajaran di kelas
e.       Cara guru mengajar



......................
......................
......................
......................
......................




......................
......................
......................
......................
......................



Baru
Tidak
2




Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?
a.       Materi Pelajaran
b.      LKS
c.       Tes hasil belajar
d.      Suasana Pembelajaran
e.       Cara guru mengajar


......................
......................
......................
......................
......................



......................
......................
......................
......................
......................



Berminat
Tidak
3
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?


......................



......................



Jelas
Tidak
4
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.         Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 
b.        Tes Hasil Belajar



......................
......................



......................
......................


Tertarik
Tidak
5
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.         LKS
b.        Tes hasil belajar




......................
......................





......................
......................


Komentar dan Saran Siswa :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................













Tidak ada komentar: