1. Sebuah kaleng minyak goreng berbentuk silinder berisi 6,93 liter dan
mempunyai tinggi 20 cm. berapakah jari-jari kaleng?
Lembaran Tes Akhir
Mata pelajaran :
Matematika
Materi :
Tabung
Kelas : VIII
Tahun Ajaran : 2007/2008
Soal : Tes
Akhir
Petunjuk:
2.
Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor induk pada lembar jawaban
3.
Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawab
4.
Dahulukan menjawab soal-soal yang anggap mudah
Kerjakanlah soal-soal berikut
secara lengkap!
1.
Panjang jari-jari alas sebuah tabung 9 cm
dan tingginya 17 cm.
Hitunglah luas
selimut tabung tersebut dengan = 3,14
a.
panjang jari-jari alasnya,
b.
luas permukaan tabung.
3. Diketahui sebuah tabung
berdiameter 7 cm dan luasnya 319 cm2. tentukan tinggi tabung
tersebut?
5. Hitunglah volume tabung dengan ukuran diameter alas 28 cm, dan tinggi
10 cm?
Soal:
1.
Panjang jari-jari alas sebuah tabung 9 cm
dan tingginya 17 cm.
Hitunglah luas selimut tabung
tersebut dengan = 3,14
b.
panjang jari-jari alasnya,
c.
luas permukaan tabung.
- Diketahui sebuah tabung berdiameter 7 cm dan luasnya 319 cm2. tentukan tinggi tabung tersebut?
3.
Hitunglah volume tabung dengan ukuran
diameter alas 28 cm, dan tinggi 10 cm?
4.
Sebuah kaleng minyak goreng berbentuk
silinder berisi 6,93 liter dan mempunyai tinggi 20 cm. berapakah jari-jari
kaleng?
Pertemuan kedua: 2 x 45 menit
Pendahuluan:
Tumbuhkan:
-
Guru meminta siswa untuk duduk
berdasarkan kelompok masing-masing.
-
Guru mengaitkan materi yang lalu
dengan materi yang akan dipelajari dengan meminta seorang siswa untuk
menunjukkan unsur-unsur yang menyusun tabung dan menggambar kembali
jaring-jaring tabung.
-
Guru menjelaskan pentingnya
mengetahui volum BRSL khususnya tabung dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti:
Alami:
-
Guru mengarahkan siswa untuk
menenmukan volum tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta
siswa mempelajari masalah tersebut.
-
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa jika ada yang kurang jelas.
Namai:
-
Guru membimbing siswa dalam
menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
-
Meminta masing-masing kelompok
bekerja sesuai dengan LKS dan menggali informasi baru sehingga dapat menemukan
rumus volum tabung.
Demonstrasikan:
-
Guru meminta setiap kelompok untuk
menyiapkan hasil kerja kelompok
-
Siswa mempresentasikan jawaban
berdasarkan hasil kerja kelompok di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain
diminta memberikan tanggapan.
-
Guru memberikan contoh soal
mengenai volum tabung dengan metode tanya jawab.
Ulangi:
-
Guru memberikan kesempatan pada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang sedang dijelaskan.
-
Guru membantu siswa untuk mengkaji
ulang hasil yang diperoleh siswa.
-
Guru membimbing siswa untuk
merangkum materi pelajaran.
Rayakan:
-
Guru memberikan pujian bagi
siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa-siswa yang dapat menyelesaikan
soal-soal dengan baik dan memberi motivasi bagi siswa yang belum berhasil.
Penutup:
-
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan meminta siswa untuk mengerjakan soal latihan yang ada pada buku siswa
untu melihat pemahaman siswa.
Penilaian
a. Aktivitas siswa dalam kelompok
b. Hasil kerja berupa tugas kelompok
c. Tugas individual.
PERTEMUAN I
LKS 01
Kelompok: Tanggal:
Topik:
Apa saja
unsur-unsur yang terdapat pada tabung dan menyebutkan pengertian tabung.
Tujuan:
Siswa melakukan
percobaan untuk mengetahui unsur-unsur pada tabung dan untuk mengetahui
pengertian tabung.
Petunjuk:
Gunakan tabung
yang terbuat dari karton untuk menentukan unsur-unsur pada tabung.
Apa yang kamu
lakukan:
1.
Diskusikan dengan temanmu bagaimana
langkah-langkah untuk mengetahui dan menentukan unsur-unsur yang ada pada
tabung.
2.
Tunjukkan langkah-langkah yang kamu
rencanakan pada gurumu!
3.
Kesimpulan apa yang kamu dapat mengenai
unsur-unsur yang menyusun tabung!
4.
Dari percobaan kelompok yang telah
dilakukan, sebutkan pengertian tabung!
LKS 02
Kelompok: Tanggal:
Topik:
Tersusun
dari apa saja jaring-jaring pada tabung.
Tujuan:
Untuk
menentukan dan melukis jaring-jaring pada tabung
Petunjuk:
Gunakan
tabung yang terbuat dari karton untuk menentukan jaring-jaring pada tabung.
Apa
yang kamu lakukan:
1.
tentukan titik pada tabung, yaitu pada
rusuk lengkung atas dan rusuk lengkung bawah.
2.
Kemudian diiris menurut titik tersebut sehingga tidak ada salah satu sisipun
yang terpisah dari sisi lain, dan direbahkan.
3.
Lukiskan hasil yang kamu dapat dan
kesimpulan apa yang diperoleh dari lukisan tersebut.
4.
Terdiri dari apa jaring-jaring tabung
tersebut. Adakah hubungan jaring-jaring tersebut dengan suatu bangun datar.
LKS 03
Kelompok: Tanggal:
Topik:
Menentukan
luas selimut dan luas permukaan tabung
Tujuan:
Menentukan
luas selimut dan luas permukaan tabung
Apa
yang kamu lakukan:
1.
Dari lukisan jaring-jaring tersebut,
tentukan bangun datar apa saja yang didapat?
2.
Kemudian dari bangun datar tersebut,
tentukan luas tiap bangun datar tersebut (ukuran bangun datar tersebut
diberikan oleh guru didepan).
3.
Apa hasil dan kesimpulan yang kamu dapat
dari percobaan yang telah kamu lakukan!
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA
NAMA SEKOLAH :
MTs Darussyari’ah Banda Aceh
KELAS/SEMESTER :
...................../GENAP
HARI/TANGGAL :
...................../..............................................
PERTEMUAN KE-/NO.RPP : ...................../..............................................
WAKTU :
....................................................................
MATERI POKOK :
TABUNG
SUB MATERI POKOK :
....................................................................
NAMA OBSERVER :
....................................................................
A. Petunjuk
1.
Amatilah aktivitas siswa dalam kelompok
sampel yang telah ditentukan sebelumnya (terdiri dari 1 siswa kelompok atas, 1
siswa kelompok sedang, dan 1 siswa kelompok bawah) selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
2.
Tulislah hasil pengamatan anda pada
lembar pengamatan, dengan prosedur sebagai berikut:
- Setiap 4 menit, pengamat melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa. Kemudian 1 menit berikutnya menuliskan kode atau nomor kategori aktivitas siswa yang dominan.
- Kode/nomor kategori pengamatan ditulis secara berurutan sesuai dengan kejadian, pada baris dan kolom yang sesuai.
- Pengamatan dilakukan sejak dimulai sampai berakhirnya pembelajaran.
3. Kode/nomor kategori
aktivitas siswa ditentukan sebaga berikut:
- Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru/teman
- Membaca/memahami masalah kontekstual di LKS
- Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
- Membandingkan jawaban dalam diskusi kelompok atau diskusi kelas
- Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru atau teman
- Menarik kesimpulan suatu konsep atau prosedur
- Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (seperti: melamun, berjalan-jalan di luar kelompok belajarnya, membaca buku/mengerjakan tugas mata pelajaran lain, bermain-main dengan teman dan lain-lain).
No
|
Nama Siswa
|
Kelompok
|
Pengamatan pada menit ke -....
|
|||||||||||||||
5
|
10
|
15
|
20
|
25
|
30
|
35
|
40
|
45
|
50
|
55
|
60
|
65
|
70
|
75
|
80
|
|||
1
|
|
Atas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
Tengah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
Bawah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Komentar dan saran
Pengamat/Observer:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................
Banda Aceh,
.................................................
Pengamat/Observer
............................................................................
Lampiran 5
LEMBAR OBSERVASI
KEMAMPUAN GURU MENGELOLA PEMBELAJARAN
QUANTUM TEACHING
Nama Sekolah : MTsS
Darussyaria’ah Banda Aceh
Kelas/Semester :
....................../Genap
Hari/Tanggal :
....................../...........................................................
Pertemuan ke-/No. RPP :
....................../...........................................................
Waktu :
..................................................................................
Nama Guru :
..................................................................................
Materi Pokok :
Tabung
Sub Materi Pokok :
..................................................................................
Nama Pengamat/Observer :
..................................................................................
A.
Petunjuk : Berilah tanda
cek ( ) pada kolom nilai yang
sesuai menurut penilaian Bapak/Ibu :
1: berarti Tidak Baik 4:
berarti Baik
2:
berarti Kurang Baik 5:berarti
sangat baik
3:berarti
Cukup Baik
B. Lembar Pengamatan :
No
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Pendahuluan:
a. Kemampuan memotivasi
siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
b. Kemampuan menghubungkan
pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
c. Kemampuan menginformasikan
langkah-langkah pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|||||
2.
|
Kegiatan
Inti:
a. Kemampuan menjelaskan
soal/langkah-langkah kerja dalam kelompok.
b. Kemampuan mengarahkan
siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberikan
bantuan terbatas
c. Kemampuan mengamati cara
siswa menyelesaikan soal/masalah
d. Kemampuan mengoptimalkan
interaksi siswa dalam bekerja
e. Kemampuan mendorong siswa
untuk membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok)
f.
Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas
g. Kemampuan menghargai
berbagai pendapat siswa
h. Kemampuan mengarahkan
siswa untuk menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang
konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika
i.
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau
menjawab pertanyaan
j.
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|||||
3.
|
Penutup :
a. Kemampuan menegaskan
hal-hal penting intisari berkaitan dengan pembelajaran.
b. Kemampuan menyampaikan judul
sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan
mengelola waktu
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Suasana
Kelas:
a. Antusias Siswa
b. Antusias Guru
|
|
|
|
|
|
Nilai Rata-Rata
|
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata keseluruhan
|
|
|
|
|
|
C. Saran dan Komentar Pengamat/Observer :
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Banda Aceh,
......................
Pengamat/Observer
Revisi LKS
LKS
|
Sebelum Revisi
|
Setelah Revisi
|
keterangan
|
LKS I
Hal 2
Hal 3
Hal 3
|
No. 5.
·
Info: selimut pada tabung…
No. 6
·
Panjang
selimut tabung =........=…....
Lebar selimut tabung = ……….=……
·
Sebelumnya tidak ada
·
Sebelumnya terdapat di LKS II
·
Soal-soal
a. soal
tentang unsur-unsur tabung tidak ada
|
·
Info: Lingkaran sisi alas tabung = lingkaran sisi tutup tabung.
Selimut pada
tabung….
Ingat: d = 2r
r
= d
·
Panjang selimut tabung = keliling lingkaran =……=……….(dalam bentuk
diameter).
Lebar selimut tabung = tinggi tabung =……
·
Luas selimut tabung juga bisa dinyatakan dalam bentuk diameter
Luas selimut tabung = ……=dt = d t
·
Info:
Jika r dan t adalah kelipatan 7 maka =, tetapi Jika r dan t bukan kelipatan 7 maka = 3,14
a.
sebutkan
unsur-unsur tabung pada gambar berikut:
|
|
LKS II
Hal 1
Hal 2
Hal 3
LKS I dan II
|
·
Lingkaran sisi alas = sisi tutup
·
Volume tabung dalam bentuk r
saja
·
Soal pada LKS no.2.b dihilangkan
·
Tidaka ada informasi atau
sejenis pengulangan tentang satuan volume.
Ada
beberapa soal yang tidak ada keterangan diketahui untuk setiap unsur yang ada
pada soal
|
·
Dipindahkan ke LKS I
·
Jika yang diketahui nilai d, maka:Volume tabung =…..=…
= ……
·
Ditambah informasi dengan
1 m =
100 cm
1 m3
= 100 cm3
1 cm3 = 0,001 l
1 dm3 =
1 l
1 l = 1000 ml
Adanya penambahan keterangan diketahui untuk setiap unsur
yang ada pada soal.
|
Tidak cukup waktu
Ini peneliti tambahkan karena setelah pengamatan pada saat
pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang tidak tau meletakkan nilai
setelah menuliskan rumusnya.
|
Revisi RPP
RPP
|
Sebelum revisi
|
Setelah revisi
|
Alasan revisi
|
Keterangan
|
RPP I
RPP II
|
Pendahuluan
Aktifitas Guru
·
Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana
awal siswa dengan cara:
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran Bangun Ruang Sisi….
b.
Mengajukan pertanyaan tentang bentuk
bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan siswa.
Aktifitas Siswa
·
Siswa mencoba menjawab
pertanyaan dari guru dengan menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung.
Kegiatan Inti
Aktifitas Guru
·
Guru mengelompokkan siswa dalam
kelompok belajar dan guru mengajukan…
·
Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan…
Sebelum Revisi
|
·
Guru memotivasi dan menggali
Pemahamana
awal siswa dengan cara:
a.Tanya
jawab guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran Bangun
Ruang Sisi …
b. Mengajukan pertanyaan tentang …khususnya bangun ruang yang
berbentuk tabung.
· Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk tabung yang ada
disekitar lingkungan siswa
·
Guru meminta siswa untuk bergabung
dalam kelompok yang telah dibagikan guru sehari sebelumnya dan guru
mengajukan…
·
Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan… luas selimut
tabung dengan berdiskusi kelompok
Setelah Revisi
|
·
Tidak adanya interaksi antara
guru dan siswa.
·
Mengkhususkan materi pelajaran
·
Siswa haruslah aktif bukan guru.
·
Kegiatan siswa harus jelas
sehingga pemakaian waktu efektif.
·
Adanya kerja sama kelompok
Alasan Revisi
|
Fase: tumbuhkan
Fase: Alami
Fase: Namai
Keterangan
|
|
Pendahuluan
Aktifitas Guru
·
Guru memberi kesempatan bertanya
kepada siswa tentang materi yang telah lalu
Kegiatan Inti
Aktifitas guru
·
Tidak ada perintah dari guru
untuk bergabung dengan kelompok masing-masing.
|
·
Guru kembali menjelaskan bagaimana menyelesaikan soal jika yang
diketahui jari-jari atau diameter lingkaran dan memberi …..
·
Guru meluangkan sedikit waktu
untuk memberi pengarahan kepada siswa yang belum tuntas pada RPP-1 dalam
rangka perbaikan.
·
Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok
|
Berdasarkan hasil revisi postest 1. banyak siswa yang
belum bisa megerjakan soal bila yang diketahui diameter lingkaran.
Karena masih ada siswa yang belum tuntas.
Siswa masih belajar dalam kelompok
|
Fase: Tumbuhkan
Fase: Alami
|
LEMBARAN VALIDITAS TES
Bidang Studi : Matematika
Materi : Tabung
Kelas : VIII
Petunjuk:
Berilah tanda silang (x) pada salah
satu alternatif skor validasi sesuai dengan penilaian anda, jika:
Skor 2 : Apabila
soal/tes sudah komunikatif dan sesuai dengan isi konsep yang akan diteliti.
Skor 1 : Apabila
soal/tes sudah komunikatif tetapi belum sesuai dengan isi konsep yang akan
diteliti.
Skor 0 : Apabila
soal/tes tidak komunikatif dan tidak sesuai dengan isi konsep yang akan
diteliti.
Validasi Soal:
Soal
Tes No.
|
Skor
Validasi
|
||
2
|
1
|
0
|
|
1
2
3
4
5
|
2
2
2
2
2
|
1
1
1
1
1
|
0
0
0
0
0
|
Banda
Aceh, 10 April 2008
Divalidasi
Oleh:
Nuralam,
M.Pd
NIP.132
130 911
Lampiran 6
RESPON SISWA TERHADAP PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
Nama sekolah : MTsS Darussyari’ah
Banda Aceh Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester :
Materi Pokok : Tabung Hari/Tanggal
:
Petunjuk:
1. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu sendiri tanpa dipengaruhi oleh
siapapun.
2. Pengisian angket ini tidak
mempengaruhi nilai matematika sehingga kamu tidak perlu takut mengungkapkan
pendapatmu yang sebenarnya.
No
|
|
Respon Siswa
|
|
|
|
Senang
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu merasa senang atau tidak
terhadap komponen pelajaran berikut ini?
a. LKS
b. Materi Pelajaran
c. Tes Hasil Belajar
d. Suasana Pembelajaran di
kelas
e. Cara guru mengajar
|
......................
......................
......................
......................
......................
|
......................
......................
......................
......................
......................
|
|
|
Baru
|
Tidak
|
2
|
Apakah komponen pembelajaran berikut ini
bagimu baru atau tidak?
a. Materi Pelajaran
b. LKS
c. Tes hasil belajar
d. Suasana Pembelajaran
e. Cara guru mengajar
|
......................
......................
......................
......................
......................
|
......................
......................
......................
......................
......................
|
|
|
Berminat
|
Tidak
|
3
|
Apakah kamu berminat atau tidak untuk
mengikuti pelajaran selanjutnya seperti yang baru saja kamu ikut?
|
......................
|
......................
|
|
|
Jelas
|
Tidak
|
4
|
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas
atau tidak bahasa yang digunakan dalam:
a.
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
b.
Tes Hasil Belajar
|
......................
......................
|
......................
......................
|
|
|
Tertarik
|
Tidak
|
5
|
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan
penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:
a.
LKS
b.
Tes hasil belajar
|
......................
......................
|
......................
......................
|
Komentar dan Saran Siswa :
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar