LEMBAR KERJA SISWA
(LKS I)
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi ini,
siswa diharapkan dapat:
1. Menyatakan
definisi pertidaksamaan kuadrat
2. Menyatakan contoh pertidaksamaan kuadrat
3. Menyatakan
contoh yang bukan pertidaksamaan kuadrat
Materi
Pokok : Pertidaksamaan Kuadrat
Kelas : X
Kelompok :
Anggota : 1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk:
1.
Tuliskan nama anggota
kelompok pada tempat yang telah disediakan!
2.
Kerjakan soal-soal berikut
ini sendiri dan tidak berdiskusi dengan teman yang lain dalam waktu 30 menit!
3.
Setelah selesai,
diskusikanlah pekerjaanmu dengan temanmu dalam satu kelompok!
4.
Jika menurut kamu terdapat
kesalahan, tunjukkanlah dan bahas bersama temanmu sehingga di peroleh jawaban
yang benar!
5.
Diskusikan kesulitan yang
ditemui, jika dalam kelompokmu belum di peroleh jawabannya mintalah bantuan
guru, tetapi berusahalah semaksimal mungkin terlebih dahulu!
Contoh:
A
Jika
diketahui pertidaksamaan x2 + 6x – 5 < 0 , maka yang
termasuk
a.
Variabel adalah x
b.
Koefisien adalah 1 dan 6
c.
Konstanta adalah – 5 dan 0
1.
Berdasarka contoh bagian A, perhatikan bentuk-bentuk pertidaksamaan berikut ini:
i. ) x2 + 6x < 0 iii.
) 2p2 – 11p + 5 > 0
ii.) p2
+ 2p – 3 ≤ 0 iv. ) 3x2 – x – 2 ≥ 0
Dari setiap bentuk pertidaksamaan di atas, tentukan
manakah yang termasuk:
a.
Variabel
b.
Koefesien
c.
Konstanta
Jawab:
Untuk (i ) x2 + 6x < 0, maka:
a.
Variabelnya adalah ….
b.
Koefesiennya adalah …..dan ……..
c.
Konstantanya adalah ……. dan …….
Untuk (ii.) p2 + 2p – 3 ≤ 0, maka:
a.
Variabelnya adalah …..
b.
Koefesiennya adalah …… dan ……..
c.
Konstantanya adalah …… dan ……
Untuk (iii ) ……………………….., maka:
a.
Variabelnya adalah …..
b.
Koefesiennya adalah …… dan ………
c.
Konstantanya adalah …… dan ……..
Untuk (iv. )
………………………, maka:
a.
Variabelnya adalah …..
b.
Koefesiennya adalah …… dan ………
c.
Konstantanya adalah …… dan ……
Berdasarkan setiap pertidaksamaan pada poin 1 terdapat
variabel yang pangkat tertingginya 2.dan contoh di atas merupakan contoh bentuk
pertidaksamaan kuadrat.
kesimpulan:
pertidaksamaan kuadrat adalah ……………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
misalkan: koefisien dari x2 adalah a, koefisien dari x adalah b dan konstanta adalah c, maka
bentuk umum pertidaksamaan kuadrat dalam variabel x adalah:
i.
ax2+
bx + c < 0
ii.
ax2+
+ c ….. 0
iii.
…..+ bx + …..
…. 0
iv.
……+ ……+ c ≥ ….
Dengan a, b, c bilangan-bilangan real dan a
≠ 0
2. Berdasarkan soal no. 1, jawablah soal dibawah ini:
a. x2 + 3x+ 5 < 0 merupakan contoh pertidaksamaan kuadrat. Jelaskan
mengapa demikian!
Jawab:
................................................................................................................................... ........... ………………………………………………………………………………
b. x + 3 > 0 bukan merupakan contoh pertidaksamaan kuadrat.
Jelaskan mengapa demikian!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
c. tuliskan 3 contoh bentuk pertidaksamaan kuadrat.
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d. tuliskan 3 contoh yang bukan bentuk pertidaksamaan
kuadrat.
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS II)
Tujuan Pembelajaran:
setelah mempelajari materi ini,
siswa diharapkan dapat:
- menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan sketsa grafik fungsi kuadrat
- menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
Materi
Pokok : Pertidaksamaan Kuadrat
Kelas : X
Kelompok :
Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk:
1.
tuliskan nama anggota
kelompok pada tempat yang telah disediakan!
2.
kerjakan soal-soal berikut
ini sendiri dan tidak berdiskusi dengan teman yang lain dalam waktu 30 menit!
3.
setelah selesai,
diskusikanlah pekerjaanmu dengan temanmu dalam satu kelompok!
4.
jika menurut kamu terdapat
kesalahan, tunjukkanlah dan bahas bersama temanmu sehingga di peroleh jawaban
yang benar!
5.
diskusikan kesulitan yang
ditemui, jika dalam kelompokmu belum di peroleh jawabannya mintalah bantuan
guru, tetapi berusahalah semaksimal mungkin terlebih dahulu!
Contoh: A
seorang
anak menendang bola melewati pagar rumahnya. Ketinggian bola diukur dari puncak
pagar rumah (h), sebagai fungsi waktu (t), dan puncak pagar ditetapkan sebagai titik
acuan h(t) = 0. Fungsi dapat dinyatakan oleh
h(t)
= - 5t2 + 5t, dengan
h dalam meter dan t dalam detik.
Lukislah sketsa grafik fungsi kuadrat h(t)
= - 5t2 + 5t, dengan t sebagai sumbu mendatar dan h
sebagai sumbu tegak.
Jawab:
untuk
menggambar grafik ketinggian bola, h(t), yang diukur dari puncak pagar
maka:
·
kurva memotong sumbu t, syarat h(t) = 0
h(t)
= 0
- 5t2 + 5t = 0
5t (- t + 1) = 0
5t = 0 atau – t + 1 = 0
t = 0 atau – t = - 1
t = 1
titik potong kurva
dengan sumbu t adalah (0, 0) dan (1, 0)
·
kurva memotong sumbu h(t), syarat t = 0
h(t)
= - 5t2 + 5t
h(t)
= 0
titik
potong kurva dengan dengan sumbu h(t) adalah (0, 0)
·
sumbu simetri:
ts
=
·
titik puncak:
h(t)
=
koordinat
titik puncak adalah
gambar
grafik ketinggian bola yang diukur dari puncak pagar terhadap waktu t.
h (meter)
sb simetri
|
0 1 t (detik)
h < 0
Gambar
A
1. Berdasarkan
contoh bagian A di atas, Jawablah pertanyaan di bawah ini:
a. tulislah
pernyataan aljabar jika ketinggian bola melebihi puncak pagar dan jika ketinggian
bola berada di bawah puncak pagar.
Jawab:
b. berdasarkan gambar
A di atas, apakah maksud dari keadaan ketinggian bola yang melebihi puncak
pagar dan keadaan ketinggian bola yang berada di bawah puncak pagar?
Jawab:
Perhatikan kembali
gambar A, pada waktu 0, 5 detik bola berada pada ketinggian (h) meter
(ketingian maksimum). Pada waktu lebih dari 0, 5 detik ketinggian mulai bola
menurun, sampai pada waktu 1 detik ketinggian bola nol (0). Ketinggian bola
diukur dari puncak pagar.
c. berdasarkan
gambar A dan soal no. b, kapankah ketinggian bola melebihi puncak pagar dan ketinggian bola di bawah puncak pagar?
Jawab:
dari
permasalahan di atas ternyata grafik fungsi kuadrat dapat digunakan untuk
menentukan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat.
2. Dengan
menggunakan sketsa grafik fungsi kuadrat, carilah himpunan penyelesaian dari
pertidaksamaan kuadrat – 2x2 + 5x + 3 £ 0
Jawab:
Untuk
menggambar grafik fungsi kuadrat f(x)
= – 2x2 + 5x + 3, maka
·
Titik potong dengan sumbu x, syarat y = 0
y =
0
–
2x2 + 5x + 3 = 0
(-
2x - ….) (…. – 3) = 0
-
2x - …. = 0 atau x – 3 = 0
......
= ….. atau ...... = 3
x
= atau ….
= ….
Titik
potongnya adalah (…., 0) dan (…., 0)
·
Titik potong dengan sumbu y, syarat x = 0
y = – 2x2 + 5x + 3
y
= ….. + 5(0) + ….
y
= …..
titik
potong dengan sumbu y adalah ( …., ….)
·
Koordinat titik puncak
p =
p =
p = ( )
gambar
grafik fungsi kuadrat
|
|
Himpunan
penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
– 2x2 + 5x + 3 £ 0 adalah
HP
=
3. Tentukan
himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat x2 – 4x + 4 >0
Jawab
:
·
Titik potong dengan sumbu x, syarat y = 0
x2
– 4x + 4 = 0
( … - …..)2 = ….
x = …..
karena hanya memiliki satu titik potong dengan
sumbu x yaitu (…., ….) maka grafik menyinggung sumbu x
·
Titik potong dengan sumbu y, syarat ………..
y
= x2 – 4x + 4
y = …… - …… + ….
y = ……
titik potong dengan sumbu y adalah (…., ….)
|
y …
|
y < ….
HP
=
4.
Dengan menggunakan grafik
fungsi kuadrat, tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan berikut:
a. x2
– 4x – 5 ≤ 0
jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b. 2x2
+ 11x + 5 ≤ 0
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS III)
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
siswa diharapkan dapat:
1. menyelesaikan
pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan garis bilangan
2. menentukan himpunan
penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat
Materi
Pokok : Pertidaksamaan Kuadrat
Kelas : X
Kelompok :
Anggota :
1.
2.
3.
4.
5.
Petunjuk:
1. tuliskan nama anggota kelompok pada tempat yang telah disediakan!
2. kerjakan soal-soal berikut ini sendiri dan tidak berdiskusi dengan teman
yang lain dalam waktu 30 menit!
3. setelah selesai, diskusikanlah pekerjaanmu dengan temanmu dalam satu
kelompok!
4. jika menurut kamu terdapat kesalahan, tunjukkanlah dan bahas bersama
temanmu sehingga di peroleh jawaban yang benar!
5. diskusikan kesulitan yang ditemui, jika dalam kelompokmu belum di
peroleh jawabannya mintalah bantuan guru, tetapi berusahalah semaksimal mungkin
terlebih dahulu!
1. Selesaikan
pertidaksamaan kuadrat x2 + x- 6 < 0
Jawab:
untuk
menyelesaikan pertidaksamaan di atas ganti simbol ketidaksamaan (<) dengan
tanda sama dengan (=), sehingga diperoleh persamaan kuadrat ………………………. kemudian tentukan akar-akar persamaan
kuadratnya.
Jawab:
Langkah
1
Carilah
nilai titik kritis (jika ada) dari pertidaksamaan x2+ x – 6 <
0
x2
+ x- 6 = 0
(
….. + …..) (….. - ……) = 0
x
+ …. = 0 atau x - …. = ….
x
= ….. atau x =……
Langkah
2
Gambarlah
nilai titik kritis yang diperoleh di langkah 1 pada garis bilangan.
x = - 3 x = 2
-5
-4 -3 -2 -1
0 1 2 3 4
Gambar 1. a
Akar-akar
penyelesaian persamaan membagi garis bilangan menjadi tiga interval yaitu x
< …….; ……< x <…..; dan x > …..serta tanda ketidaksamaannya tidak
memuat tanda “ = “ maka – 3 dan 2 bukanlah penyelesaian dari x2 +
x- 6 < 0.
Langkah
3
Tentukan
nilai interval yang diperoleh pada
langkah 2 dengan cara mengambil nilai uji yang berada pada masing-masing
interval.
Untuk
interval x < - 3 diambil sembarang bilangan x yang kurang dari – 3, yaitu –
4, - 5, -6, - 7, …… misalnya diambil nilai uji x = - 4
Untuk
interval – 3 < x < 2 diambil sembarang bilangan x diantara – 3 dan 2.
misalnya diambil nilai uji x = 0
Unuk
interval x > ….. diambil …………………………………………………
Untuk
lebih mudah buatlah dalam bentuk tabel berikut:
tabel
1
Interval
|
Nilai
uji
|
Nilai
x2 + x – 6
|
x
< -3
|
x
= - 4
|
(-
4)2 + (- 4) – 6 = 6 > 0
|
-3
< x < 2
|
x
= ….
|
………………….
|
x
> 2
|
x
= ….
|
………………….
|
Berdasarkan
tabel 1 , tanda-tanda interval ditulis
pada interval yang sesuai seperti gambar di bawah ini:
x2 + x - 6 > 0
x2 + x - 6 <
0 x2 + x - 6 > 0
- 3 2
Gambar 1. b
Dari
gambar 1. b di atas dan dari tabel 1, interval yang memenuhi pertidaksamaan
kuadrat
x2
+ x – 6 < 0 adalah
…………..
Jadi
himpunan penyelesaiannya adalah
2. Tentukan
himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat x2 – 4x + 3 ≤ 0
Jawab:
Langkah
1
Carilah
nilai titik kritis (jika ada) dari pertidaksamaan x2 – 4x + 3 ≤ 0
x2
– 4x + 3 = 0
(……
….) (….. …..) = 0
…….
= 0 atau ….. = 0
Langkah
2
Gambarlah
nilai titik kritis dari langkah 1 pada garis bilangan
Gambar 2. a
Gambar
2. a tersebut membagi garis bilangan menjadi 3 interval yaitu:
…………………………………………………………………………………
Langkah
3
Tentukan
nilai interval dengan mensubtitusikan nilai uji dalam tiap interval.
Tabel
2
iterval
|
Nilai
uji
|
Nilai
x2 – 4x + 3
|
……..
|
…….
|
……………..
|
………
|
…….
|
………………
|
……..
|
…….
|
……………..
|
Berdasarkan tabel 2 di atas, nilai interval dituliskan
pada interval-interval yang sesuai.
Gambar 2, b
dari
gambar 2. b di atas, interval yang memenuhi pertidaksamaan
x2
– 4x + 3 ≤ 0 adalah
………
himpunan
penyelesaiannya adalah
3. Carilah
himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan x2 – 2x > - 1 degan
menggunakan garis bilangan.
Jawab:
Ubah
bentuk pertidaksamaan x2 – 2x > - 1 ke bentuk baku (ruas
kanan jadikan nol).
x2
– 2x > - 1
………………………..
kedua ruas ditambah 1
……………………..
Nilai-nilai
titik kritis pertidaksamaan.
x2
– 2x + 1 = 0
(………..)
(………..) = 0
….
_ … = 0 atau …. _ …. = 0
x
= ….. atau x = ….
Gambar
garis bilangan
- 2 -1
0 1 2 3
Gambar 3. a
Karena
titik kritisnya hanya satu yaitu x = ……., garis bilangan terbagi atas 2
interval yaitu x < ……… dan x > ………
Tanda
interval ditentukan dengan mengambil nilai uji, seperti dalam tabel di bawah
ini:
tabel 3
interval
|
nilai
uji
|
nilai
x2 – 2x + 1
|
x
< …..
|
x
= …..
|
……………………..
|
x
> …..
|
x
= …..
|
…………………….
|
nilai-nilai
interval yang telah ditentukan dalam tabel 3 di atas dituliskan pada
interval-interval yang sesuai. Seperti pada gambar garis bilangan berikut.
Ingat:
hanya memilki satu titik kritis
Gambar 3. b
interval
yang memenuhi pertidaksamaan kuadrat x2 – 2x + 1>0 adala x
< …… atau x > ……
jadi
himpunan penyelesaiannya .
4. Dengan
menggunakan garis bilangan, tentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
kuadrat berikut:
a. x2
– 3x – 10 ≤ 0
b.
x2 – 4x + 3 ≥ 0
jawab:
a.
x2 – 3x – 10 ≤ 0
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
b. x2
– 4x + 3 ≥ 0
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar