RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
MAN Darussalam
Mata
pelajaran : Bahasa Arab
Tahun
Ajaran : 2011/2012
Tema :
من حكم الصلاة
Sub. Tema :
Qiraah / القــراءة
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : I
(Pertama)
Alokasi waktu :
2
Jam Pelajaran (2 JP)
Standar
kompetensi 1. Siswa memahami
makna kata, mampu melafazhkannya, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata,
frase dan kalimat sempurna dan memahami makna interpersonal, ideasional dan
intekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks.
Kompetensi Dasar 1.3 Siswa mampu membaca, bercakap-cakap, menulis dalam
bahasa arab dengan menggunakan 20-25 kosa kata tentang من حكم الصلاة dengan struktur kalimat نعت + عطف .
Hasil
Belajar
- Melakukan interaksi
tanya jawab antara Siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru mengenai
maksud isi materi من حكم
الصلاة .
Indikator
Pencapaian
1. Membaca bahan qiraah من حكم الصلاة dengan lafazh dan intonasi yang baik dan benar.
2. Mengartikan
kalimat dalam wacana من حكم
الصلاة yang mengandung struktur
kalimat نعت + عطف.
3. Menggunakan mufradat baru dan melakukan
tanya jawab dengan tepat sesuai dengan materi من حكم الصلاة .
4. Menyebutkan
kalimat dalam wacana من حكم
الصلاة yang mengandung struktur
kalimat نعت + عطف.
Alokasi
waktu : 2
x 45 menit
Materi
Pokok
- Qiraah tentang من حكم الصلاة dengan menggunakan 25-30 mufradat
baru dan struktur kalimat yang mengandung نعت + عطف , seperti dalam kalimat ,
الصلاة الجميلة , الصلاة الصحيحة, مأموم والإمام dengan memakai tanda و untuk عطف dan ا ل untuk نعت .
Pengalaman
Belajar
1. Guru
membacakan / memaparkan materi Qiraah didepan kelas dengan baik dan benar.
2. Guru menerjemahkan
qiraah yang telah dibacakan.
3. Siswa menyimak dan membaca kembali
bahan Qiraah.
4. Siswa mengulang
kembali arti Qiraah yang telah dibacakan oleh guru
5. Siswa menggunakan mufradat
baru yang sesuai dengan topik.
6. Siswa menyebutkan
beberapa kalimat yang mengandung نعت + عطف
.
Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa
dapat membacakan Qiraah/hiwar من حكم الصلاة dengan intonasi yang baik dan benar.
b. Siswa dapat menggunakan fungsi struktur
kalimat tentang نعت + عطف yang
sesuai dengan materi من حكم الصلاة.
c. Siswa dapat melakukan interaksi tanya
jawab mengenai struktur kalimat dan isi topik materi yang telah disampaikan
oleh guru.
d. Siswa
mampu menyusun dan dapat
menggunakan struktur kalimat نعت
+ عطف. dalam bentuk إنشاء
موجه.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab , menulis. ceramah bervariasi, serta presentasi
perorangan.
Skenario
Pembelajaran
No
|
Pengalaman
belajar
|
Waktu
|
Metode
Pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan awal
Pendahuluan
- Guru masuk dan memberi
salam.
- Guru tegur sapa dan
mengabsen siswa.
- Guru mengulang sekilas
tentang pelajaran yang lalu.
- Pengantar dan penjelasan
tentang tujuan.
Kegiatan inti
- Konsep I : - Guru membacakan dan menerjemahkan Qiraah.
- Siswa membaca sekaligus mengartikan kembali
Qiraah yang telah dibacakan oleh guru.
- Konsep II :
- Guru
membacakan / memaparkan materi Qiraah didepan kelas dengan baik dan benar.
- Guru menerjemahkan qiraah yang telah dibacakan.
- Siswa menyimak dan membaca kembali bahan Qiraah.
- Siswa mengulang kembali arti Qiraah yang telah
dibacakan oleh guru
- Siswa menggunakan mufradat baru yang sesuai dengan topik.
- Siswa menyebutkan beberapa kalimat yang mengandung نعت + عطف .
Penutup
Rangkuman
- Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
- Guru dan siswa menyimpulkan materi.
Penilaian
- Siswa membacakan Qiraah perorangan di tempat duduk masing-masing.
Pengumuman
- Guru memotivasi kepada
siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar
dan memberi salam.
|
10 Menit
25 menit
20
Menit
20 menit
15 Menit
|
طـريــقة
الإلقــائـــية
- طـريــقة المباشرة
- طـريــقة
الإنـــتقائــية
- حل الــمشكلــة
طـريــقة الإسـتنـبـاط
|
Alat
dan Sumber Belajar
-
Buku Bahasa Arab kurikulum 2004
kelas 2. Pengarang H. Mahrus As’ad, M.Ag
dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
-
Buku Bahasa Arab kurikulum 2008
kelas 2. Pengarang Dr. D. Hidayat.
Penerbit PT. Karya Toha Putra Semarang. (Referensi tambahan sekaligus
pembanding),
- Kitab
ملخص القواعد اللغة العربية ,
- Kamus,
- Buku tulis.
Penilaian
Teknik : Tes lisan dan
tulisan serta kecakapan
menyimak.
Bentuk
instrument : Pertanyaan lisan dan tulisan
Contoh
instrument :
-
Test membaca Qiraah mengenai
topik من حكم
الصلاة yang ada di buku paket Bahasa Arab kurikulum 2004
kelas 2. Pengarang H. Mahrus As’ad, M.Ag
dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
Mengetahui, Oktober
2011
Pamong
Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
|
Praktikan
Muhammad Tsabirin
NIM: 220818011
|
|
|
Kepala MAN Darussalam
Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
.
LEMBARAN PENGAMATAN DAN
PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
INSTRUMEN PENILAIAN
|
JUMLAH SCORE (NA/4=N)
|
SCORE / NILAI
|
|||||||
Intonasi Suara
|
Penghayatan Isi Qiraah
|
Gaya membaca
|
Kelancaran Berbahasa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note : A = Istimewa (86-100)
B = Bagus Sekali (73-85)
C = Cukup (60-72)
D = Kurang Cukup (33-59)
E = Kurang / Gagal (1-32)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar