View My Stats

Minggu, 29 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan pendidikan : MAN Darussalam Mata pelajaran : Bahasa Arab Tahun Ajaran : 2011/2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan pendidikan     : MAN Darussalam
Mata pelajaran          : Bahasa Arab
Tahun Ajaran : 2011/2012
Tema                           : من حكم الصلاة
Sub. Tema                  : Qiraah / القــراءة
Kelas/Semester          : XI       / 1
Pertemuan                  : I (Pertama)
Alokasi waktu            : 2 Jam Pelajaran (2 JP)
           

Standar kompetensi 1.  Siswa memahami makna kata, mampu melafazhkannya, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase dan kalimat sempurna dan memahami makna interpersonal, ideasional dan intekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks.

Kompetensi Dasar 1.3 Siswa mampu membaca, bercakap-cakap, menulis dalam bahasa arab dengan menggunakan 20-25 kosa kata tentang من حكم الصلاة   dengan struktur kalimat نعت + عطف  .

Hasil Belajar             
- Melakukan interaksi tanya jawab antara Siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru mengenai maksud isi materi من حكم الصلاة .

Indikator Pencapaian
                                    1.    Membaca bahan qiraah من حكم الصلاة dengan lafazh dan intonasi yang baik dan benar.
2.     Mengartikan kalimat dalam wacana من حكم الصلاة   yang mengandung struktur kalimat نعت + عطف.
                                    3.    Menggunakan mufradat baru dan melakukan tanya jawab dengan tepat sesuai dengan materi من حكم الصلاة   .
4.     Menyebutkan kalimat dalam wacana من حكم الصلاة   yang mengandung struktur kalimat نعت + عطف.


Alokasi waktu                   : 2 x 45 menit

Materi Pokok
- Qiraah tentang من حكم الصلاة dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung نعت + عطف , seperti dalam kalimat , الصلاة الجميلة , الصلاة الصحيحة, مأموم والإمام  dengan memakai tanda و untuk عطف dan ا ل untuk نعت .

Pengalaman Belajar
1.   Guru membacakan / memaparkan materi Qiraah didepan kelas dengan baik dan benar.
2. Guru menerjemahkan qiraah yang telah dibacakan.
3. Siswa menyimak dan membaca kembali bahan Qiraah.
4. Siswa mengulang kembali arti Qiraah yang telah dibacakan oleh guru
5. Siswa menggunakan mufradat baru yang sesuai dengan topik.
6. Siswa menyebutkan beberapa kalimat yang mengandung نعت + عطف  .

Tujuan Pembelajaran
a.     Siswa dapat membacakan Qiraah/hiwar من حكم الصلاة dengan intonasi yang baik dan benar.
b.    Siswa dapat menggunakan fungsi struktur kalimat tentang نعت + عطف yang sesuai dengan  materi من حكم الصلاة.
c.     Siswa dapat melakukan interaksi tanya jawab mengenai struktur kalimat dan isi topik materi yang telah disampaikan oleh guru.
d.    Siswa mampu menyusun dan dapat menggunakan struktur kalimat نعت + عطف. dalam bentuk إنشاء موجه.


Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab , menulis. ceramah bervariasi, serta presentasi perorangan.

Skenario Pembelajaran
No
Pengalaman belajar
Waktu
Metode Pembelajaran
1
2
3
4
1.
















2.





3.


Kegiatan awal
Pendahuluan
-   Guru masuk dan memberi salam.
-   Guru tegur sapa dan mengabsen siswa.
-   Guru mengulang sekilas tentang pelajaran yang lalu.
-   Pengantar dan penjelasan tentang tujuan.

Kegiatan inti
- Konsep I :  - Guru membacakan dan menerjemahkan Qiraah.
 - Siswa membaca sekaligus mengartikan kembali Qiraah yang telah dibacakan oleh guru.
- Konsep II :
- Guru membacakan / memaparkan materi Qiraah didepan kelas dengan baik dan benar.
- Guru menerjemahkan qiraah yang telah dibacakan.
- Siswa menyimak dan membaca kembali bahan Qiraah.
- Siswa mengulang kembali arti Qiraah yang telah dibacakan oleh guru
- Siswa menggunakan mufradat baru yang sesuai dengan topik.
- Siswa menyebutkan beberapa kalimat yang mengandung نعت + عطف  .


Penutup
Rangkuman
-   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
-   Guru dan siswa  menyimpulkan materi.
Penilaian
- Siswa membacakan Qiraah  perorangan di tempat duduk masing-masing.
Pengumuman
-   Guru memotivasi kepada siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.  


10 Menit






25 menit


20 Menit

20 menit





15 Menit





طـريــقة الإلقــائـــية




- طـريــقة المباشرة


- طـريــقة الإنـــتقائــية

- حل الــمشكلــة




طـريــقة الإسـتنـبـاط



Alat dan Sumber Belajar
-         Buku Bahasa Arab kurikulum 2004 kelas 2.  Pengarang H. Mahrus As’ad, M.Ag dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
-         Buku Bahasa Arab kurikulum 2008 kelas 2.  Pengarang Dr. D. Hidayat. Penerbit PT. Karya Toha Putra Semarang. (Referensi tambahan sekaligus pembanding),
-      Kitab ملخص القواعد اللغة العربية , 
-     Kamus,
-      Buku tulis.

Penilaian
Teknik                               : Tes lisan dan tulisan serta kecakapan menyimak.
Bentuk instrument  : Pertanyaan lisan dan tulisan
Contoh instrument  :

-         Test membaca Qiraah mengenai topik من حكم الصلاة yang ada di buku paket Bahasa Arab kurikulum 2004 kelas 2.  Pengarang H. Mahrus As’ad, M.Ag dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.




Mengetahui,     Oktober 2011
Pamong



Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
Praktikan



Muhammad Tsabirin
NIM: 220818011





Kepala MAN Darussalam



Muntasyir, S.Ag, MA
        NIP: 19710106 1999905 1 001












 .
LEMBARAN PENGAMATAN DAN PENILAIAN
NO

NAMA SISWA
INSTRUMEN PENILAIAN
JUMLAH SCORE (NA/4=N)
SCORE / NILAI
Intonasi Suara
Penghayatan Isi Qiraah
Gaya membaca
Kelancaran Berbahasa
A
B
C
D
E
1











2











3











4











5











6











7











8











9











10












































































































Note :   A = Istimewa                (86-100)
B = Bagus Sekali           (73-85)
C = Cukup                    (60-72)
D = Kurang Cukup        (33-59)
E = Kurang / Gagal       (1-32)

Tidak ada komentar: