Media Pembelajaran Bahasa Arab
Penggunaan
BEBERAPA JENIS Media
Dalam pembelajaran
ِإنَّ وأَخَواتهَا
DISUSUN
OLEH :
KELOMPOK VII
MUHAMMAD TSABIRIN ( 220 818 011 )
ABDURRAHMAN ( 220 818 010 )
MISWAR MUHAMMAD ( 220
817 956 )
DOSEN PEMBIMBING :
Drs. HILMI, M.Ed
FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN BAHASA ARAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JAMI’AH AR-RANIRY
SURIEN-BANDA ACEH
2011M/1432H
KATA
PENGANTAR
بِــسْـمِ اللهِ الرَّحْـمَنِ الرَّحِـيْمِ
Puji dan
syukur kami panjatkan kehadirat Allah
SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini
tepat pada waktunya. Kemudian shalawat dan salam kami sanjungkan ke pangkuan
Nabi Besar Muhammad SAW, yang dengan izin Allah
telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam yang penuh dengan ilmu
pengetahuan.
Adapun tujuan dari pembuatan makalah
ini adalah sebagai salah satu bahan penunjang materi pembelajaran “Media Pembelajaran Bahasa Arab”. Melalui
makalah ini kami mencoba memberikan gambaran mengenai “Penggunaan Beberapa Jenis Media Dalam Pembelajaranإن وأخواتها ” dari beberapa sumber yang berbeda.
Ucapan terima kasih kami ucapkan
kepada Bapak Drs. Hilmi, M.Ed, atas kesediaan beliau untuk menjadi Dosen
Pembimbing kami, dan kepada teman-teman sekalian yang selalu membantu dalam
proses pembuatan makalah ini.
Kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca
semua. Sebagai manusia biasa, kami meminta maaf atas ketidaksempurnaan makalah
ini. Oleh karena itu pula, kritik dan saran dari para pakar, senior, teman
sejawat, dan pembaca lainnya akan kami terima dengan senang hati.
Wassalam
(Penulis)
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN
........................................................................................
1
BAB II PEMBAHASAN
:
PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS
MEDIA DALAM
PEMBELAJARANإن وأخواتها ............................................................2
1. Jenis
media...........................................................................................2
2. Sasaran
Media......................................................................................4
3. Tujuan
Media.......................................................................................4
4. Manfaat
Media.....................................................................................5
5. Langkah-Langkah Pembelajaran
Media..............................................6
6. Kelebihan dan Kekurangan
Media.......................................................7
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ...............................................................................................8
B. Saran..........................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................9
BAB I
PENDAHULUAN
Istilah media berasal dari
bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti
perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.
Istilah pembelajaran lebih
menggambarkan usaha guru
untuk membuat belajar para siswanya. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti
jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Kegiatan belajar
hanya akan berhasil jika si belajar secara aktif mengalami sendiri proses
belajar. Seorang guru tidak dapat mewakili belajar siswanya. Seorang siswa
belum dapat dikatakan telah belajar hanya karena ia sedang berada dalam satu
ruangan dengan guru yang sedang mengajar.
Media pembelajaran adalah
media yang digunakan
dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana
pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai
penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili
guru menyajikan informasi belajar kepada siswa. Jika program media itu
didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan
oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.
Peranan media yang semakin
meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi,
masih banyak tugas guru yang lain seperti: memberikan perhatian dan bimbingan
secara individual kepada siswa yang selama ini kurang mendapat perhatian.
Kondisi ini akan terus terjadi selama guru menganggap dirinya merupakan sumber
belajar satu-satunya bagi siswa. Jika guru memanfaatkan berbagai media
pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi peran dengan media. Peran guru
akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan
kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar. Untuk itu guru lebih
berfungsi sebagai penasehat, pembimbing, motivator dan fasilitator dalam
Kegiatan Belajar mengajar.
BAB II
PEMBAHASAN
Penggunaan
BEBERAPA JENIS Media
Dalam pembelajaran
ِإنَّ وأَخَواتهَا
1.
JENIS MEDIA إنَّ وأَخَواتها
Dalam bagian ini, penulis akan
mengutarakan beberapa jenis media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab
mengenai ِإنَّ
وأَخَواتهَا , media yang digunakan diantaranya:
1). Komputer
Komputer adalah hasil teknologi modern yang membuka kemungkinan yang besar sebagai
alat pendidikan. Dewasa ini komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam
bidang pendidikan dan latihan. Komputer berperan sebagai manajer dalam proses
pembelajaran yang dikenal dengan Computer-Managed Instruction (CMI). Ada pula
peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar; pemanfaatannya meliputi
penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya. Modus ini
dikenal sebagai pengajaran dengan bantuan komputer (Computer-assisted
Instruction-CAI). CAI mendukung pengajaran dan pelatihan akan tetapi ia
bukanlah penyampai utama materi pelajaran. Komputer dapat menyajikan informasi
dan tahapan lainnya disampaikan bukan dengan media komputer.
Dalam hal ini dalam
mempresentasikan suatu bahan atau suatu hal yang ingin dipertontonkan, penulis
ingin memadukan pembelajaran إنَّ وأَخَواتهَا dalam bentuk tulisan software, yang kemudian dikolaborasikan
dengan media pada point berikut ini.
2). Infokus(proyektor)
Infokus termasuk salah satu
media pembelajaran. Perpaduan Pengunaan antara infokus dan komputer dalam
pembelajaran merupakan aplikasi teknologi dalam pendidikan. Pada dasarnya
teknologi dapat menunjang proses pencapaian tujuan pendidikan. Namun sementara
ini, komputer sebagai produk teknologi khususnya di sekolah-sekolah kurang
dimanfaatkan secara optimal, hanya sebatas word processing saja. Kini yang
perlu diperhatikan adalah bagaimana menjadikan teknologi (komputer) dapat
bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.
Dalam penggunaan media tehnologi ini,
infokus sangat berperan dalam menampilkan suatu bahan materi atau gambar.
Apalagi infokus bisa memperbesar dan memperkecil ukuran tampilan yang akan kita
presentasikan. Dalam bagian ini, pembelajaran bahasa arab mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ
sangat diprioritaskan
demi kelancaran dan kemantapan dalam transfer materi pelajaran. Bukan hanya
dalam pelajaran bahasa arab saja, tetapi juga untuk semua pelajaran yang ada
disekolah.
3). Beberapa lembar karton
Media pembelajaran selanjutnya
adalah lembaran karton-karton. Dimana karton-karton ini bila kita tinjau sangat
sering digunakan, baik para guru, maupun para calon guru. Dan lain-lainnya.
Lembaran karton ini dalam pembelajaran إنَّ وأَخَواتهاَ digunakan sebagai alat untuk
mempresentasikan bahan atau materi yang belum tertampilkan dilayar infokus,
oleh karena itu dengan adanya lembaran karton ini, semua bahan yang tersajikan
bisa terlengkapi dan terwakili
4). Kartu-kartu
Media
pembelajaran terakhir yang kita gunakan dalam pembelajaran bahasa arab mengenaiإنَّ وأَخَواتهاَ
adalah kartu-kartu. Media ini sangat sering
dan tidak kalah tingkat penggunaannya dengan media karton, yang mana biasanya
kedua-duanya dibarengi secara bersamaan. Akan tetapi hal tersebut dilakukan
dengan tujuan demi tercapainya tujuan pembelajaran dalam suatu pelajaran, bukan
hanya bahasa arab tetapi juga pelajaran-pelajaran lainnya
Kartu-kartu tersebut berisikan kata-kata mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ
, setiap kartunya
tertuliskan kata-kata yang berbeda dan juga warna yang berbeda, agar dalam
memainkan kartu ini peserta didik tidak langsung bosan ketika mempraktekkannya.
Kemudian setiap kartu tersebut tertuliskan bagian-bagian dari susunan kalimat
mengenai إنَّ
وأَخَواتهاَ diantaranya
seperti isim inna, khabar inna dan huruf-hurur إنَّ وأَخَواتهاَ. Kriteria permainan
ini sangat menarik. Pertama para siswa dibagikan menjadi 4
kelompok, kemudian setiap kelompok dibagikan sejumlah kartu-kartu yang
berisikan materi yang telah teracak. Kedua, setiap
kelompok menyusun kartu tersebut menjadi bentuk kalimat sempurna yang kemudian
diurutkan dengan rapi diatas meja didepan kelas. Ketiga,
hasil dari susunan kartu tadi dikoreksi oleh kelompok lain, yang istilahnya
sistem rolling. Dibagian inilah para siswa bertanya mengenai pembelajaran إنَّ وأَخَواتهاَ
kepada gurunya secara aktif, dan semuanya sangat berperan dan terlibat dalam
masalah tersebut. Yang pada akhirnya, guru memberikan solusi atau jalan keluar
dari permasalahan yang ada dalam materi إنَّ وأَخَواتهاَ tadi. Dengan adanya
ini. Maka tercapailah target pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan
menyenangkan, atau disebut juga denhgan istilah PAKEM.
2.
SASARAN MEDIA إنَّ وأَخَواتها
Sasaran
media pembelajaran bahasa arab mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ diatas adalah untuk
siswa madrasah ’aliyah (MAN) kelas 2. karena bersesuaian dengan kurikulum yang
sedang diterapkan.
3.
TUJUAN PEMBELAJARAN
إنَّ
وأَخَواتها
a.
Dengan adanya pembelajaran إنَّ وأَخَواتها , siswa dapat mengenali jenis-jenis huruf إنَّ وأَخَواتها .
b.
Siswa dapat
melafalkan bentuk-bentuk إنَّ وأَخَواتها .
c.
Siswa dapat
menggunakan إنَّ وأَخَواتها dalam bentuk kalimat dengan baik dan benar.
d.
Siswa mampu
mentransfer ilmunya mengenai إنَّ وأَخَواتها ke
sesama temannya didalam kelas.
e.
Dan lain-lain.
4.
MANFAAT MEDIA إنَّ وأَخَواتها
a.
Manfaat media infokus dan komputer
1) Mampu menghemat waktu dan biaya.
2) Dapat merekam hasil belajarantara
siswa dan guru mengenai materi إنَّ وأَخَواتها (record keeping).
3) Memeriksa dan memberikan skor
hasil belajar secara otomatis.
3) Juga mampu memberikan preskripsi
atau saran siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran bahasa arab mengenai إنَّ وأَخَواتها.
4) Dapat mengintegrasikan komponen
warna, musik dan animasi grafik (graphic animation) menyebabkan komputer mampu
menyampai-kan informasi dan pengetahuan dengan tingkat realisme yang tinggi.
b.
Manfaat media karton dan kartu-kartu
1) Membangkitakan ide-ide atau gagasan-gagasan
yang bersifat konseptual, sehingga mengurang kesalahpahaman siswa dalam
mempelajari materi mengenai إنَّ وأَخَواتها .
3) Memberikan
pengalaman-pengalaman nyata yang merangsang aktivitas diri sendiri untuk
belajar.
4) Dapat
mengembangkan jalan pikiran yang berkelanjutan.
5) Menyediakan
pengalaman-pengalaman yang tidak mudah didapat melalui materi-materi yang lain
dan menjadikan proses belajar mendalam dan beragam.
5.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN MEDIA إنَّ وأَخَواتها
1). Kegiatan
Pendahuluan
·
Appersepsi
- Guru memberikan salam dan membaca doa
- Guru mengecek
kehadiran siswa
- Guru
mengevaluasi materi pertemuan yang lalu.
2). Kegiatan
Inti
a.
Siswa menyimak penjelasan guru
mengenai materi yang akan
diajarkan.
b. Guru menempelkan karton di
papan tulis mengenai materi إنَّ وأَخَواتها .
c. Guru menayangkan materi
melalui laptop yang kemudian ditancapkan layarnya ke dinding melalui infokus.
d. Guru menyebutkan beberapa huruf إنَّ وأَخَواتها kemudian siswa mengikuti
untuk menyebutkannya
e. Guru membagikan para siswa menjadi 4 kelompok.
f. Guru membagikan sejumlah acakan kartu yang berisikan
kata-kata إنَّ وأَخَواتها .
g.
Setiap kelompok menyusun kartu-kartu tersebut menjadi sebuah kalimat إنَّ وأَخَواتها
yang sempurna.
h.
Hasil susunan kartu tadi disusun diatas meja didepan kelas.
i.
Hasil susunan dari setiap kelompok diperiksa oleh kelompok lain (sistem
Rolling)
j.
Guru membantu kelompok siswa yang
mengalami keesulitan mengenai إنَّ وأَخَواتها .
3). Kegiatan
Penutup
a. Siswa menarik kesimpulan dari materi yang bertajuk إنَّ وأَخَواتها.
b.
Guru memberikan penguatan kesimpulan
tentang إنَّ
وأَخَواتها .
c. Guru memberikan
motivasi dan nasehat.
d. Guru keluar dan memberikan
salam.
6.
KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN MEDIA إنَّ وأَخَواتها
a.
Kelebihan dan Kekurangan infokus dan komputer
kelebihannya: - kemampuan dalam
memberikan feedback dengan segera segera mengenai إنَّ وأَخَواتها.
-
Memungkinkan
siswa untuk dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya
masing-masing dalam memahami pengetahuan dan informasi yang disajikan.
-
Mampu menghemat
waktu dan biaya dan mampu memberikan preskripsi atau saran siswa untuk
melakukan kegiatan belajar mengenai
Kekurangannya: - Membuat para guru repot.
-
Membutuhkan listrik yang terus menerus.
-
Menimbulkan sifat individual diantara siswa.
-
Hanya sepintas gambar yang tidak nyata.
b.
Kelebihan dan Kekurangan media karton dan kartu-kartu
kelebihannya: - Membantu mempermudah siswa dalam
belajar mengenai إنَّ وأَخَواتها .
-
Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi konkret)
-
Pembelajaran lebih efesien dan efektif dalam kelas.
-
Membutuhkan biaya yang lumayan murah.
-
Pengadaannya
tidak sulit.
Kelemahannya: - Medianya
tidak bertahan lama.
-
Hanya berunsur
visual
-
Membutuhkan skill
khusus dalam pembuatannya agar menarik.
-
Membuat siswa
bosan dan sangat terbatas dengan ukuran huruf yang ada (statis).
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN :
1.
Media merupakan
sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan,
dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar dalam
dirinya.
2.
Kemp dan Dayton
(dalam Depdiknas, 2003) mengemukakan, Secara umum, manfaat media dalam proses
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dan siswa sehingga
kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
3.
Pada saat ini
media pembelajaran mempunyai fungsi :
a)
Membantu
mempermudah siswa dalam belajar.
b)
Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi
konkret).
c)
Menarik perhatian
siswa lebih besar (jalannya pelajaran tidak membosankan).
d)
Semua indra murid
dapat diaktifkan. Kelemahan satu indra dapat diimbangi oleh kekuatan indra
lainnya.
e)
Lebih menarik
perhatian dan minat murid dalam belajar.
f)
Dapat
membangkitkan dunia teori dengan realitanya.
B. SARAN :
Dengan adanya makalah ini diharapkan pada guru, termasuk
calon guru agar lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Selain itu
guru juga harus mengikuti kemajuan teknologi yang semakin canggih guna
menunjang suksesnya pembelajaran yang ia bawakan.
DAFTAR PUSTAKA
Abbas, Siradjuddin. 2006. I’tiqad
Ahlussunnah Wal Jamaah. Jakarta Selatan: Pustaka Tarbiyah.
Djamarah, syaiful bahri. 2002. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa
Arab. Bandung: Humaniora.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya
Bakti.
Muhammad Yusuf, Mahir Isma’il Shobry. 1999. Min al-Wasa’il
al-Ta’limiyah ila Tehnolojiya al-Ta’lim. Riyadh: Maktabah Syuqry.
Musthafa Badran, dkk.1983, Al-Wasail al-Ta’limiyah, Kairo:
Maktabah al-Nahdliyahal-Mishriyah.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif, Cetakan
Pertama. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Sadiman, Arief S., Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2002. Media
Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Cetakan Kelima.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar