View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU


MUHAMMAD TSABIRIN
220 818 011              -unit 1
TARJAMAH INDONESIA - ARAB


ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU
          Sebagaimana dalam berbagai bidang dalam kehidupan, islam juga telah tampil sebagai sebuah disiplin ilmu, yaitu ilmu keislaman. Disiplin ilmu keislaman mencakup ilmu kalam, ilmu hadits, filsafat, tasawuf, hukum islam, dan sebagainya.

Dalam hal ini islam sebenarnya mempunyai aspek teologi, aspek ibadah, aspek moral, aspek sejarah/ kebudayaan dan sebagainya. Islam juga sebagai agama yang mengajarkan perdamaian, toleransi, terbuka, kebersamaan, demokratis, adil, memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial kemasyarakatan, mengutamakan pencegahan daripada penyembuhan dalam bidang kesehatan dengan cara memperhatikan segi kesehatan jasmani, pakaian, makanan, tempat tinggal, lingkungan, dan sebagainya.

Islam juga telah tampil sebagai sebuah disiplin ilmu keislaman dengan berbagai cabangnya. Karakteristik islam yang demikian ideal itu masih belum seluruhnya dijumpai dalam kenyataan umatnya. Antara ajaran islam yang ideal dan kenyataan umatnya yang demikian itu, masih ada kesenjangan hal ini memerlukan pemecahan, antara lain dengan merumuskan kembali metode dan pendekatan dalam memahami islam.




الإسلام كنظام العلوم
كما الحال في كثير من مجالات الحياة، كما ظهرت الإسلام كنظام العلمية، وهي العلوم الإسلامية. وتشمل التخصصات الإسلامية علم الكلام، وعلوم الحديث والفلسفة والتصوف والشريعة الإسلامية، وإلى الأخر.

في هذه الحالة, كان الإسلام الواقع بجوانب التوحيدالله، وجوانب العبادة، والجوانب الأخلاقية، وجوانب من التاريخ / الثقافة والأخرى. الإسلام كدين يعلم السلم والتسامح والانفتاح والتضامن والديمقراطية، تملك لديها الحساسية للقضايا الاجتماعية، مع إعطاء الأولوية إلى الوقاية بدلا من العلاج في القطاع الصحي عن طريق إشعار من حيث الصحة البدنية والملبس والغذاء والمأوى، والبيئة ، وغيرها.

كما تم الإسلام ظهرت نظام العلوم الإسلامية مع مختلفة الفروع. خصائص طريقة اسلامية مثالية لا يزال لم تلب تماما في الواقع أماته. بين الشريعة الإسلامية المثالية وحقيقة الشعوبها من ذلك، ويكون هناك ثغرات تطلب حلولا، مثل بالإعادة صياغة الطريقة والمدخل  في فهم الإسلام.

Tidak ada komentar: