Laporan PPL
LAPORAN
AKHIR
PRAKTEK
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
Di
MTsN
RUKOH KOTA BANDA ACEH
Darussalam, Banda Aceh
Diajukan
untuk Melengkapi Salah Satu Persyaratan
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan
DISUSUN OLEH :
NAMA : WAZIR SYAH
NIM : 220716584
FAKULTAS : TARBIYAH
JURUSAN : TBA (Bahasa Arab)
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA
ACEH
2010-2011
LEMBARAN
PENGESAHAN
KEGIATAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
Menyetujui
:
Supervisor Guru
Pamong
(Dra. Huaznah Husein) (Susita
S,Ag)
NIP. 19531230 197903 2 NIP.
19731111199905 2 001
Mengetahui,
Kepala Sekolah MTsN
Rukoh
(Zulkifli
S, Ag. M, pd)
NIP. 19720625 199903 1 005
KATA PENGANTAR
السلام
عليكم ورحمة الله وبركاته
Dengan mengucapkan puji dan syukur
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini.
Solawat dan salam mari kita sampaikan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW
beserta keluarga dan sahabat beliau sekalian.
Penulisan laporan ini merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa Fakultas
Tarbiyah sebagai bukti telah melaksanakan program Praktek pengalaman Lapangan.
Penulis mengucapkan terima kasih
banyak kepada :
1.
Bapak Zulkifli S,Ag. M,pd
(Kepala Sekolah MTsN Rukoh)
2.
Ibu Dra. Huaznah Husein
(Supervisor)
3.
Ibu Susita S,Ag (Guru Pamong)
4.
Seluruh Dewan guru MTsN Rukoh
5.
Seluruh teman-teman mahasiswa
PPL di MTsN Rukoh periode 2010, mereka adalah:
-
Mubassir (PAI), Aceh Besar
-
Syafrizal (PAI), Aceh Selatan
-
Fitri Eviana (PAI), Abdya
-
Ratni Pratiwi(PAI), Aceh selatan
-
Jumrotul A’ini(TEN),Gayo lues.
-
Musthafa Kamal(TEN), Lhoksukun
-
Irwandi Reza Pahlevi(TFS),
-
Redi Irawan(TBL), Aceh Selatan
- Cut Keumala wati(TBA),Sigli
-
Bob Rizal(TMA), Sampoiniet
` -
Ayuri Fitria sari(TMA), Abdya
Mereka
semua telah memberi inspirasi dan memotivasi serta arahan pada penulis hingga
program tersebut dapat berjalan lancar.
Walaupun laporan ini telah selesai namun penulis menyadari masih banyak
kejanggalan dan kesalahan. Oleh sebab itu penulis mengharapkan koreksi dan
saran yang sifatnya membangun dari para pembaca sehingga laporan ini nantinya
lebih bermanfaat bagi kita semua…amiiin.
Akhirnya
hanya kepada ALLAH SWT jua kita bertawakkal diri semoga Rahmat, inayah dan
kasih sayang-Nya selalu dilimpahkan kepada kita semua
Banda
Aceh, 24 Oktober 2010
Wazir Syah
NIM
: 220716584
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………………………
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………
BAB
I PENDAHULUAN…….…………………….. ……………………………………..
A. Latar Belakang
………………………………………………………………….
B. Tujuan
…………………………………………………………………………..
BAB
II KEGIATAN REAL TEACHING DAN NON
TEACHING……………….....
A. Observasi Lapangan……………………………………………………………...
B. Pelatihan
Keterampilan Mengajar dan
Tugas-Tugas Keguruan Lain-
Lain Secara Terbimbing……………………………………………………………..
C.
Pelatihan Keterampilan Mengajar
dan Tugas-Tugas Keguruan Lain- Lain Secara
Mandiri……………………………………………………………………
D. Ujian Praktek Mengajar dan
Penyusunan Laporan Akhir…………………….
BAB
III REFLEKSI TENTANG PENGALAMAN DALAM PELAKSANAAN
PPL………………………………………………………………………………………….
A. Refleksi
Tentang Pelaksanaan Observasi Lapangan…………………………….
B. Refleksi
Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas- Tugas Keguruan Secara Terbimbing………………………………………….......
1. Refleksi
Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan…………………………………………………………………
2. Refleksi Tentang Pelatihan Keterampilan
Mengajar dan Tugas-Tugas
Keguruan Lain- Lain Secara Mandiri…………………………………………
3. Ujian Praktek Mengajar dan
Penyusunan Laporan Akhir……………………..
BAB
VI KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………….
A.
Kesimpulan……………………………………………………………………….
B.
Saran………………………………………………………………………………
DAFTAR
LAMPIRAN
v Kalender
Pendidikan
v Rincian
Minggu Efektif
v Program
Tahunan
v Program
semester
v Silabus
v Kriteria
Ketuntasan Minimal(KKM)
v Kartu
soal
v Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
BAB 1
MUQADDIMAH
A. Latar Belakang
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ar-Raniry merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Nanggroe Aceh
Darussalam memiliki beberapa fakultas yang tunduk di bawah aktivitas
akademiknya, yang salah satunya adalah Fakultas Tarbiyah.
Sesuai dengan tujuan yang di
harapkan oleh fakultas Tarbiyah, yaitu menciptakan tenaga-tenaga pendidik dan
penggerak yang professional yang mampu dan cukup untuk menerapkan pengetahuan
dalam berbagai lembaga pendidikan. Maka salah satu langkah yang di tempuh oleh
Fakultas Tarbiyah untuk merealisasikan tujuan tersebut adalah menetapkan salah
satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Fakultas Tarbiyah,
yaitu mata kuliah program Praktek Pengalaman Lapangan(PPL).
Dalam mata kuliah PPL ini para
praktikan dapat melatih diri dalam menerapkan kemampuan dan ilmu yang pernah di
dapat selama kuliah. Dengan harapan setelah pelaksanaan PPL nantinya, mahasiswa
praktikan tersebut menjadi tenaga siap pakai untuk tenaga pendidikan di
lembaga-lembaga pendidikan nantinya.
Untuk melaksanakan kegiatan PPL
tersebut, salah satu lembaga pendidikan yang memberikan tempat para mahasiswa
praktikan Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry adalah MTsN Rukoh, yang pada tahun
ajaran 2010/2011 ini menempatkan praktikan pada sekolah tersebut pada tangggal
04 Oktober 2010.
B. Tujuan
1. Tujuan Umum
a.
Memberi kesempatan kepada
mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengaplikasikan teori dalam
pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
b.
Meningkatkan kompetensi
professional guru dalam hal pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
c.
Mendorong para mahasiswa
fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry untuk senantiasa terlibat dalam kegiatan
professional, sebagai tolok ukur kemampuan professional guru.
d.
Memberikan pengalaman lapangan
nyata sebagai usaha meningkatkan keterampilan, mengelola kegiatan belajar dan
memantapkan sikap professional keguruan.
2.
Tujuan Khusus
. Tujuan
khusus dapat diklasifikasikan atas tiga aspek yaitu aspek Kognitif (Pengetahuan),
Afektif (Keterampilan), dan Psikomotor (Sikap).
a.
Aspek Kognitif (Pengetahuan)
Diharapkan
mahasiswa calon guru dapat memiliki pengetahuan teoritis dan praktis yang
berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.
b.
Aspek Afektif (Keterampilan)
Diharapkan
mahasiswa dapat memiliki keterampilan untuk
mengaplikasikan pengetahuan teoritis kedalam praktek lapangan
(terbimbing dan mandiri).
c.
Aspek Psikomotor (Sikap)
Diharapkan
masiswa dapat memiliki komitmen terhahap tugas professional, antara lain :
meningkatkan keahlian, menyesuaikan diri sesuai dengan tuntutan professional
keguruan yang semakin berkembang dan
memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Adapun
penyusunan laporan ini antara lain bertujuan untuk memberikan masukan-masukan
dalam rangka mengevaluasi, pemberian nilai maupun teknik pelaksanaan PPL
mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Masukan-masukan ini diharapkan bisa
diaplikasikan dimasa mendatang. Baik dalam hal teknik maupun dalam materialnya
menuju peningkatan profesionalisme mahasiswa praktikan dalam takaran real
objektif.
BAB
II
KEGIATAN
REAL TEACHING DAN NON TEACHING
A. Almulahadzoh Almaidaniy
(Observasi Lapangan)
Almulahadhoh adalah kegiatan
pemantauan/monitoring yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang sesuatu
yang diamati.Dalam hal ini yang menjadi objek praktikan adalah lembaga
pendidikan MTsN Rukoh dan dititik beratkan pada situasi dan kondisi sekolah. Kegiatan
almulahadzoh ini dilak ukan pada minggu-minggu pertama pelaksanaan PPL.
Menyangkut dengan objek pantauan adalah tentang kondisi sekolah, guru-guru,
alat-alat pelajaran yang tersedia, jumlah siswa dan proses belajar mengajar,
administrasi dan manajemen serta fasilitas
termasuk juga kebudayaan sekolah secara keseluruhan seperti
kedisiplinan, dan lain sebagainya.
Almulahadzoh (Observasi) merupakan
kegiatan tahap awal pelaksanaan PPL, dan dengan adanya pelaksanaan observasi
diharapkan setiap mahasiswa calon guru akan mengenal sekolah dari aspek
fluktuatif. Sehingga dengan demikian praktikan benar-benar dapat mempersiapkan
diri untuk menghadapi situasi dan kondisi sekolah tempat dimana ia praktek.
Observasi ini dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan
dengan kegiatan belajar mengajar dan melakukan wawancara dengan pihak terkait
seperti siswa, guru dan karyawan. Jika perihal yang diobservasi itu tidak dapat
diamati secara langsung.
Adapun hal-hal yang perlu
diobservasi adalah kondisi sekolah, guru,sarana dan prasarana serta alat-alat
yang tersedia. Observasi di lapangan yang dimaksudkan secara garis besar
terbagi meenjadi 2 macam, yaitu :
1. Observasi Lapangan
Adapun
hal-hal yang di pantau melalui observasi lapangan ini adalah :
a. Keadaan /kondisi fisik
sekolah
b.
Keadaan lingkungan yang mengelilingi sekolah
c.
Fasilitas sekolah
d.
Penggunaan sekolah
e.
Guru dan siswa
f.
Tata tertib
2. Observasi kegiatan belajar mengajar yang
diamati
Hal-hal
yang dapat di pantau melalui observasi ini adalah :
a.
Cara guru membuka pelajaran
b.
Cara guru menyajikan pelajaran
c.
Cara guru menutup pelajaran
B. Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Lainnya
Secara Terbimbing.
Pelatihan keterampilan
mengajar merupakan kegiatan inti yang sangat penting yang dilakukan oleh
praktikan guna menerapkan ilmu dan keterampilanyang dimilikinya. Latihan ini
dibina dan dibimbing langsung oleh guru pamong masing-masing. Keterampilan
mengajar tugas-tugas keguruan lainnya
yang digolongkan kedalam kegiatan belajar mengajar ini meliputi :
1.
Membuat Program Tahunan
2.
Membuat Program Semester
3.
Membuat Program Pembelajaran
4.
Membuat Daftar Nilai Siswa
5.
Membantu Piket
6.
Membuat buku kegiatan harian
Selama
berlangsungnya Praktek Pengalamam Lapangan (PPL). Di sekolah latihan, praktikan
melakukan latihan mengajar dengan jadwal sebagai berikut :
NO
|
Jam
|
Hari/Kelas
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
||
1
|
I
|
|
|
|
|
|
|
2
|
II
|
II-3
|
|
|
|
|
|
3
|
III
|
II-3
|
|
|
|
|
|
4
|
IV
|
I-4
|
|
II-1
|
|
|
|
5
|
V
|
I-4
|
|
II-1
|
|
|
|
6
|
VI
|
|
|
|
|
|
|
7
|
VII
|
|
|
|
|
|
|
8
|
VIII
|
|
|
|
|
|
|
9
|
IX
|
I-1
|
|
II-1
|
I-4
|
|
|
Jadwal
mengajar tersebut adalah jadwal mengajar tetap yang dilaksanakan secara mandiri
dan dibimbing langsung oleh guru pamong. Dan selama ini juga praktikan mengajar
dikelas lain secara mandiri ketika ada kelas tidak ada gurunya. Hal ini sering
dilakukan ketika praktikan bertugas sebagai piket atau pada saat praktikan
tidak ada jadwal mengajar khusus.
C. Pelatihan
Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri.
Keterampilan
mengajar dan tugas keguruan lainnya yang dilakukan secara mandiri artinya dalam
pelaksanaan kegiatan mengajar, guru pamong berpartisipasi dalam memberikan
arahan,bimbingan serta memberikan penilaian. Praktikan juga meningkatkan diri
semampu mungkin sehingga materi pembelajaran yang disampaikan berjalan dengan
baik dan kondisi kelas tetap terjaga. Keterampilan mengajar secara mandiri ini
terdiri atas kegiatan non teaching, berupa:
1.
Mengobservasi kondisi fisik madrasah dan kegiatan belajar mengajar
2.
Membantu kerja piket madrasah
3.
Membantu proses kegiatan pembelajaran lainnya.
Semua
kegiatan yang telah dilakukan praktikan tersebut akan menjadi modal baginya
kelak ketika menjadi seorang guru.
D. Ujian Praktek
Mengajar dan Menyusun Laporan Akhir
Ujian
praktek mengajar yang dijalani oleh praktikan selaku calon guru adalah sebagai
barometer untuk melihat dan mengetahui kualitas akhir pelatihan yang dilakukan.
Ujian praktek ini terlebih dahulu harus dipersiapkan beberapa hal mengenai
kegiatan belajar mengajar dan alat
yang dibutuhkan dibawah pengawasan
supervisor dan guru pamong, ujian praktek
mengajar yang dinilai mulai dari kesiapan mengajar, kemampuan mengajar,
keterampilan menguasai kelas dan hubungan praktikan dengan para siswa.
Ujian
praktek mengajar dijalani oleh
praktikan, yaitu pada saat akhir pelaksanaan PPL. Ujian ini akan dinilai oleh
guru pamong. dimana guru pamong mengambil posisi di bagian belakang guna
memantau dan menilai praktikan. Pada saat ini praktikan telah mempersiapkan
berbagai kesiapan mengajar dengan bimbingan dan arahan dari guru pamong.
Sumber-sumber bahan pembelajaran yang akan diajarkan dan dipergunakan sesuai
dengan materi dan buku pegangan guru. Dalam hal ini ujian praktek mengajar
didepan kelas tanpa didampingi guru pamong.
Mengenai
laporan akhir ini, praktikan sebagai calon guru menyusunnya adalah merupakan
barometer keberhasilan dalam menjalani latihan PPL, sekaligus berfungsi sebagai
salah satu keberhasilan program ini dalam bentuk refleksi terhadap pengalaman
mengajar selama ini.
BAB III
REFLEKSI TENTANG PENGALAMAN DALAM
PELAKSANAAN PPL
A.
Refleksi tentang Pelaksanaan Observasi Lapangan
Madrasah Tsanawiyah Negri Rukoh(MTsN
Rukoh)merupakan salah satu sekolah tingkat menengah yang ada di Kota Banda
Aceh. Selain letaknya strategis juga mudah dijangkau oleh transportasi umum.
MTsN Rukoh ini terletak didesa Rukoh jln Lingkar Kampus IAIN Ar-Raniry Kota Banda Aceh.
Menyangkut interaksi sosial yang
terbangun antar elemen berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan rintangan
yang berarti, misalnya interaksi antara para guru dengan kepala sekolah, guru
dengan siswa, dan guru dengan masyarakat sekitar. Pola tersebut telah
menunjukkan hubungan ukhuwah dan keakraban yang penuh dengan nilai-nilai
ukhuwah islamiyah yang terjalin antara mereka.
Dan dari kegiatan observasi ini
juga, praktikan telah menghimpun
sejumlah pengamatan,yaitu berupa :
1.
Observasi tentang pengalaman lapangan.
a.
Fisik Sekolah
Keadaan
fisik sekolah secara umum sampai laporan ini praktikan susun, masih bagus dan
layak pakai dengan ketentuan fasilitas sebagai berikut :
No
|
Sarana
|
Jumlah Ruang
|
Permanen/Semipermanen
|
Kondisi
|
Ket
|
1
|
Ruang
kelas
|
15
|
Permanen
|
Baik
|
|
2
|
Ruang
pustaka
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
3
|
Musholla
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
4
|
Ruang
Kantor:
|
|
|
|
|
|
a.
Kepala Sekolah
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
|
b. Guru
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
|
c.
Administrasi
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
5
|
Kamar
mandi/WC
|
4
|
Permanen
|
Baik
|
|
6
|
Lapangan:
|
|
|
|
|
|
a.
Lapangan Voly
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
|
b.
Lapanga Basket
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
7
|
Koperasi
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
8
|
Kantin
|
1
|
Permanen
|
Baik
|
|
b. Lingkungan Sekolah
Keadaan
lingkungan di sekitar sekolah sangat baik, dan hal itu sangat mendukung karena
letaknya strategis.
c. Guru dan Siswa
1. Rincian guru dan pegawai lainnya
No
|
Ket Personil
|
Lk
|
Pr
|
Jumlah
|
Ket
|
1.
|
Guru
tetap @
|
6
|
36
|
42
|
|
2.
|
Guru
tidak tetap
|
-
|
2
|
2
|
|
3.
|
Guru
honorer
|
-
|
2
|
2
|
|
4.
|
Pegawai
Tata Usaha
|
4
|
1
|
5
|
|
5,
|
Penjaga
malam honor
|
1
|
-
|
1
|
|
Keterangan :@.tidak termasuk kepala
sekolah
2.Rincian Siswa/Siswi
|
Jumlah siswa/siswi
|
|
|
Rincian kelas
|
Lk
|
Pr
|
Jumlah
|
VII-I
|
9
|
18
|
27
|
VII-2
|
16
|
20
|
36
|
VII-3
|
19
|
14
|
33
|
VII-4
|
19
|
16
|
35
|
Jumlah
|
63
|
68
|
131
|
VIII-1
|
8
|
16
|
24
|
VIII-2
|
10
|
18
|
28
|
VIII-3
|
14
|
10
|
24
|
VIII-4
|
18
|
6
|
24
|
VIII-5
|
16
|
10
|
26
|
Jumlah
|
66
|
63
|
129
|
VIIII-1
|
8
|
18
|
26
|
VIIII-2
|
15
|
12
|
27
|
VIIII-3
|
16
|
10
|
26
|
VIIII-4
|
16
|
10
|
26
|
VIIII-5
|
16
|
9
|
25
|
Jumlah
|
71
|
59
|
130
|
TOTAL
|
200
|
190
|
390
|
d.
Jalinan Interaksi Sosial
Jalinan interaksi sosial antara guru
dengan guru, guru dengan kepala sekolah, guru dengan pegawai/karyawan, dan guru dengan para
siswa/siswi MTsN Rukoh Banda Aceh.
B.
Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas
Keguruan Cara Terbimbing.
1.
Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas
Keguruan .
Pelaksanaan pelatihan keterampilan mengajar lainnya telah
dilalui praktikan sebagai calon guru. Dalam pelaksanaannya terasa tiada masalah
begitu serius sehingga bisa menghambat baik dalam hal teori maupun praktek
pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan.
2.
Refleksi Tentang Pelaksanaan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan
Secara Mandiri
Proses mengajar idealnya
dimulai dari hal-hal yang belum diketahui sehingga tahu dan dimengerti, dan
dari hal-hal menjadi hal-hal besar. Bagi mahasiswa calon guru, belajar mandiri
merupakan salah satu tantangan yang sangat berguna untuk mengukur kemampuan
yang telah dimilikinya. Berhasil atau tidaknya, tentunya hal tersebut
tergantung sejauh mana mengaplikasikan ilmu yang diperoleh secara langsung di
lapangan.
Dalam latihan mengajar
mandiri ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa praktikan,
diantaranya kurang mendapat perhatian
serta ada anggapan- anggapan terhadap mahasiswa/i praktikan.
Hal
ini bisa disebabkan karena adanya kesan dari anak didik bahwa guru praktikan belum ahli dalam hal
mengajar. Tentunya hal ini akan berimplikasi pula pada mahasiswa praktikan
calon guru, dan masalah seperti ini perlu mendapat perhatian lebih dari kepala
sekolah dan bagian pengajaran khususnya serta para dewan guru umumnya agar
untuk ke depan hal ini tidak terulang kembali.
3.
Refleksi Tentang Pelaksaan Ujian Praktek dan Penyusunan Laporan Akhir
Dalam pelaksanaan ujian
praktek, praktikan tidak mendapat
kendala yang berarti, hal ini mungkin disebabkan sebelum melaksanakan ujian praktek, mahasiswa
calon guru lebih dahulu membekali diri
dengan bimbingan dan arahan dari guru pamong.
Sedangkan berkenaan
dengan pembuatan laporan akhir tidak begitu mengalami hambatan yang berarti,
sebab mahasiswa calon guru telah
dibekali dengan format pembuatan laporan. Sehingga baik bentuk maupun pola
penyampaiannya memiliki keseragaman
sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa/i calon guru di
sekolah praktikan dengan mudah akan terungkap dan bisa di cari jalan keluarnya.
PROGRAM TAHUNAN
|
||||||||||||||||||
MADRASAH TsANAWIYAH
NEGRI (MTsN ) RUKOH KOTA BANDA ACEH
|
||||||||||||||||||
Tahun Pelajaran 2010/2011
|
|
|
|
|||||||||||||||
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
|
|
|
|
|||||||||||||||
Tingkat : Madrasah Tsanawiyah
|
|
|
||||||||||||||||
Kelas/Semester : VIII-3
|
|
|
|
|||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||
A. PENGHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
|
||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||
1. BANYAKNYA MINGGU
EFEKTIF SEMESTER 1
|
|
|||||||||||||||||
No.
|
Bulan
|
Jumlah
|
Jam Efektif
|
|
||||||||||||||
Minggu
|
Hari
|
|
||||||||||||||||
1
|
Juli
|
2
|
17
|
4 Jam
Pelajaran
|
|
|||||||||||||
2
|
Agustus
|
1
|
8
|
2 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
3
|
September
|
2
|
10
|
4 Jam
Pelajaran
|
|
|||||||||||||
4
|
Oktober
|
4
|
26
|
8 Jam
Pelajaran
|
|
|||||||||||||
5
|
November
|
5
|
25
|
10
Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
6
|
Desember
|
4
|
26
|
8 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
7
|
Januari
|
1
|
5
|
2 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
Jumlah
|
19
|
117
|
38
Jam Pelajaran
|
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
2. BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 2
|
|
|
||||||||||||||||
No.
|
Bulan
|
Jumlah
|
Jam
|
|
||||||||||||||
Minggu
|
Hari
|
Efektif
|
|
|||||||||||||||
1
|
Januari
|
2
|
15
|
4
Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
2
|
Februari
|
4
|
24
|
8 Jam
Pelajaran
|
|
|||||||||||||
3
|
Maret
|
2
|
17
|
4 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
4
|
April
|
4
|
26
|
8 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
5
|
Mei
|
4
|
22
|
8 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
6
|
Juni
|
2
|
15
|
4 Jam Pelajaran
|
|
|||||||||||||
7
|
Juli
|
-
|
-
|
-
|
|
|||||||||||||
Jumlah
|
18
|
119
|
36 Jam Pelajaran
|
|
||||||||||||||
Mengetahui,
|
|
Banda
Aceh, 24 Oktober 2010
|
||||||||||||||||
Kepala MTsN Rukoh
|
|
Guru Mata
Pelajaran B. Arab
|
||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||
( Zulkifli. S, Ag. M,
pd )
NIP. 19720625 199903 1
005
|
( Susita.
S, Ag)
Nip: 19731111 199905 2 001
|
|||||||||||||||||
BAB IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
KESIMPULAN
Pelaksanaan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) secara keseluruhan berjalan dengan baik walaupun ada beberapa
kesulitan dan hambatan itu hal yang biasa. Dan dalam melaksanakan kegiatan
mengajar, praktikan selalu ada arahan dari guru pamong sehingga dalam penyampaian
pelajaran kepada para siswa/i tidak banyak kendala.
Di samping itu juga partisipasi dari
para siswa/i tidak bisa dikesampingkan, sumbangsih mereka juga sangat berarti
bagi praktikan hingga Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini bisa selesai. Kegiatan
ini merupakan sebagai syarat untuk mempersiapkan profesionalime guru ke depan
menjadi lebih baik.
B.
Saran
Untuk menghasilkan tenaga pendidik
yang professional dan berkompetensi tentunya untuk menuju ke arah yang lebih
baik maka harus bisa memberikan perhatian lebih untuk mereka yang yang pasti akan menghasilkan generasi yang
baik pula. Pola bimbingan dan arahan
baik dari supervisor maupun guru pamong yang telah dilakukan selama ini kepada
praktikan PPL perlu ditingkatkan lagi.
Menyangkut dengan fasilitas dan media lainnya yang tersedia hendaknya
pengelola pendidikan bisa menggunakan dan penjagaan dengan sebaik-baiknya.
Adalah guru sebagai suri tauladan bagi siswa/i di sekolah maka bersikaplah
sebagaimana seorang guru. Mudah-mudahan dengan adanya guru yang professional,
fasilitas yang tersedia dan guru yang menjadi teladan bisa menghasilkan lulusan
yang berkwalitas dan mengharumkan nama sekolah di masa yang akan datang
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan pertama
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi : فى الموضوع: أنشطتي
فى المدرسة ) المفردات والاستماع (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk gagasan atau dialog
sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
B.
Kompetisi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata,frasa, atau kalimat )
dalam suatu konteks wacana lisan tentang أنشطتي فى
المدرسة dengan cara
mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan
informasi dan member tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau
dialog sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة yang meliputi jumlah ismiyah (mubtada’
+ khabar + maf’ul bih)
1.3
Memberikan tanggapan pada gagasan yang
terdapat pada wacana lisan tentang tema meliputi jumlah ismiyah (mubtada’ +
khabar + maf’ul bih)
C.
Indikator :
a.
Mengulangi kata-kata yang telah didengar
b. mengidentifikasi
makna-makna kalimat yang telah di dengar
c.
Mengungkapkan kembali(bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar.
D.
Tujuan Pembelajaran :
-mengidentifikasi
aktivitas harian atau mingguan siswa di madrasah
E.
Materi Esensial :أنشطتي فى المدرسة (المفردات والاستماع)
فوزان
تلميذ فى المدرسة الثانوية ويدرس دروسا كثيرة....
F.
Sumber Pembelajaran : buku
paket, buku penunjang
G.
Model Pembelajaran : Listening
H.
Rincian Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
-Guru
membacakan kosa kata dan menyuruh siswa untuk mengulangi apa yang telah
didengar.
-Guru
membacakan
materi pembelajaran dengan menyuruh siswa untuk mendengarkan dengan cermat
-Guru
menjelaskan
materi pembelajaran dan siswa memperhatikan dengan cermat
|
50 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru merangkum
pelajaran
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
20 menit
|
Mengetahui Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan kedua
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi فى
الموضوع: أنشطتي فى المدرسة ) التركيب والمحادثة (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
-Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya
jawab sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
B.
Kompetisi Dasar :
-Menyampaikan informasi secara lisan tentang أنشطتي فى المدرسة
dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah
ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
-
Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
-Menjelaskan
tentang أنشطتي فى المدرسة melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan
menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
C.
Indikator :
- Siswa
mampu mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dialogkan serta
memahaminya.
- Siswa
bisa berdialog dengan teman sekelasnya dengan baik dan benar.
D.
Tujuan Pembelajaran :
-Mengidentifikasi
aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan
menggunakan/menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
E. Materi
Esensial :أنشطتي فى المدرسة (جملة اسمية والمحادثة)
jumlah
ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
F.
Sumber Pembelajaran :
buku paket, buku penunjang.
G. Model
Pembelajaran : Mind mapping
H. Rincian
Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
Guru
|
Siswa
|
Tahapan
waktu
|
||
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi
salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
-Siswa siap-siap dan
menjawab salam
-siswa
menjawab pertanyaan guru
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
pelajaran dengan semangat dan gamblang
|
-Siswa memperhatikan
dengan seksama
|
60 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
-Siswa menjawab dengan
tepat
|
10 menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan ketiga
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi فى
الموضوع: أنشطتي فى المدرسة ) القراءة (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
-Memahami
berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi atau nonfiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي فى المدرسة
B.
Kompetisi Dasar :
-Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyah,
frasa, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang bertema tentang أنشطتي فى المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah
ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
-
Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang أنشطتي فى المدرسة
dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul
bih).
-Menemukan
informasi dari wacana tulis sederhana
tentang أنشطتي فى المدرسة
C.
Indikator :
- Siswa
mampu mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dialogkan serta
memahaminya.
- Siswa
bisa menjawab berbagai pertanyaan tentang isi qiraah dengan baik dan benar.
D. Tujuan
Pembelajaran :
Mengidentifikasi
aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan
menggunakan/menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
Materi
Esensial :
jumlah
ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
Sumber Pembelajaran :-buku paket, buku
penunjang.
E. Model
Pembelajaran : Mind mapping
F.Rincian
Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
pelajaran dengan jelas dan siswa memperhatikannya.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
10 menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan keempat
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi : فى الموضوع: أنشطتي فى المدرسة ) الكتابة (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
-Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya
jawab sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
B.
Kompetisi Dasar :
-Menuliskan pragraf sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah
ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
-
Menulis kegiatan siswa di sekolah dengan
menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah.
C.
Indikator :
- Siswa
mampu menyalin kosa kata sesuai contoh
- Siswa
bisa menyalin kata-kata menjadi kalimat, dan dari kalimat menjadi pragraf.
D.
Tujuan Pembelajaran :
-Mengidentifikasi
aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan
menggunakan/menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
E. Materi
Esensial :
jumlah
ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
F. Sumber Pembelajaran :
-buku paket, buku penunjang.
G. Model
Pembelajaran :
-
as-sima’iyah asy-syafawiyah.
H. Rincian
Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
pelajaran dan siswa memperhatikannya.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
10 menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan kelima
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi فى
الموضوع: أنشطتي فى البيت ) المفردات و الاستماع (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
-Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengar (berbentuk gagasan atau dialog
sederhana) tentang أنشطتي فى المدرسة
B. Kompetisi Dasar :
-
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran dalam suatu teks wacana lisan
tentang أنشطتي فى البيت Dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
-Menemukan
informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang أنشطتي فى البيت yang
meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
-Memberikan
tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang أنشطتي فى البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
C. Indikator :
-Melafalkan/mengulangi kata atau
kalimat yang telah didengar.
-Menyebutkan
kembali kata-kata atau kalimat yang telah didengar
-Mengindentifikasi makna dari kata-kata atau kalimat yang
telah didengar tentang tema
-Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
-Menyalin kembali kata-kata atau kalimat yang telah
didengar
-Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar
D. Tujuan Pembelajaran :
·
Mengulangi kosa kata kerja yang terdapat pada wacana
lisan/dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت.
·
Menjawab
hal-hal yang berhubungan dengan tema dengan mengunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
·
Mengulangi kosa kata kerja yang terdapat pada wacana
lisan/dialog sederhana tentangأنشطتي فى البيت .
·
Menjawab
hal-hal yang berhubungan dengan tema dengan mengunakan jumlah
fi’liyah
·
Menyebutkan
kembali kosa kata kerja yang ada pada wacana lisan/diaolog tentang أنشطتي فى البيت
E.
Materi
Esensial :
أنشطتي
فى البيت ( الاستماع و الجملة الفعلية
)
F.
Sumber Pembelajaran :- buku paket, buku penunjang.
B.
Model Pembelajaran : al-qiraah
C.
Rincian Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
materi pelajaran dan siswa memperhatikan
|
60 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
10 menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan keenam
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi فى
الموضوع: أنشطتي فى البيت ) التركيب والمحادثة (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
-Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya
jawab sederhana tentang أنشطتي فى البيت :
B.
Kompetisi Dasar :
-Menyampaikan informasi secara lisan tentang أنشطتي فى البيت
dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah
fi’liyah
-
Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت
-Menjelaskan
tentang أنشطتي فى البيت melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan
menerapkan jumlah fi’liyah
C. Indikator
:
-.
Melafalkan/mengulangi kata atau kalimat yang telah didengar.
-Menyebutkan kembali kata-kata atau
kalimat yang telah didengar
-Mengindentifikasi
makna dari kata-kata atau kalimat yang telah didengar tentang
tema
·
Mengartikan
kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
·
Menyalin
kembali kata-kata atau kalimat yang telah didengar
Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar
D. Tujuan
Pembelajaran :
-Mengidentifikasi
aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan
jumlah fi’liyah
E. Materi
Esensial :
jumlah fi’liyah
F. Sumber
Pembelajaran :
buku paket, buku penunjang.
G. Model
Pembelajaran : Mind mapping
H. Rincian
Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
5
menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
pelajaran dan siswa memperhatikannya.
|
50 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
5
menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan ketujuh
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi فى
الموضوع: أنشطتي فى البيت ) القراءة (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
Memahami teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog,
baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan
pokok pikiran tentanأنشطتي فى البيت
B.
Kompetisi Dasar :
- Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyah,
kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang bertema tentang أنشطتي فى البيت dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
- Mengidentifikasi
kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang أنشطتي فى البيت dan
menerapkan kalimat berstruktur jumlah
fi’liyah
- Menemukan informasi
dari wacana tulis sederhana tentang أنشطتي فى البيت
C. Indikator
:
-Melafalkan
huruf-huruf hijaiyah /kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda
bacaan
-Mengidentifikasi
makna/ide pokok yang ada dalam wacana qiraah
-Mengidentifikasi
tema yang ada dalam wacana
-Menjawab
berbagai pertanyaan tentang isi/bahan qiraah dengan tepat dan benar.
-Mengidentifikasi
jumlah fi’liyah dengan tepat dan benar
-Membedakan
jenis muzakkar dan muannats
-Membuat
kesimpulan tentang isi qiraah sesuai dengan bahasa siswa.
D.Tujuan
Pembelajaran :
Mengidentifikasi
aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan
menggunakan/menerapkan jumlah fi’liyah
E. Materi
Esensial :
jumlah fi’liyah
F.
Sumber Pembelajaran :
buku paket, buku penunjang.
G. Model
Pembelajaran : Al-qiraah
H. Rincian Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
pelajaran dan siswa konsentrasi pada pelajaran.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
10 menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag) (Wazir Syah)
Nip:197311111999905 2 001 Nim. 220716584
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan kedelapan
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII-3/1
Tahun pelajaran : 2010/2011
Materi فى
الموضوع: أنشطتي فى البيت ) الكتابة (
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
-Mengungkapkan
pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya
jawab sederhana tentang أنشطتي فىى البيت
B.
Kompetisi Dasar :
-Menyampaikan informasi secara lisan tentangأنشطتي فى البيت dengan lafal yang tepat dan benar dengan
menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah (fi’il+fa’il+maf’ul bih)
-
Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت
-Menjelaskan
tentang أنشطتي فى البيت melalui kegiatan
bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan jumlah fi’liyah
C. Indikator
:
- Siswa
mampu mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dialogkan serta
memahaminya.
- Siswa
bisa berdialog dengan teman sekelasnya dengan baik dan benar.
D. Tujuan
Pembelajaran :
-Mengidentifikasi
aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan
menggunakan/menerapkan jumlah fi’liyah
E. Materi
Esensial :
jumlah fi’liyah
(fi’il
+ fa’il +maf’ul bih)
F. Sumber
Pembelajaran : -buku paket, buku penunjang.
G. Model
Pembelajaran : Mengarang
H. Rincian
Proses Pembelajaran
No
|
Proses
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Tahapan
waktu
|
1
|
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
|
-Guru
masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru
menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru
menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru
menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan
inti
|
- Guru menjelaskan
pelajaran dan siswa memperhatikan dengan serius.
|
60 menit
|
3
|
Penutup
|
-Guru menanyakan
materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam
dan keluar kelas.
|
10 menit
|
Mengetahui, Banda Aceh, 02 November 2010
Guru
Bidang Studi Mahasiswa Praktikan
(Susita S,Ag)
(Wazir Syah)
NIP. 19731111 199905 2 001 NIM.220716584
Menyetujui,
Kepala
Sekolah
(Zulkifli,S.Ag M.Pd)
NIP. 19720625 199903 1 005
NILAI HASIL ULANGAN HARIAN MTsN
RUKOH KOTA BANDA ACEH
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : VIII-3
Semester : Satu
NO
|
NIS
|
NAMA SISWA/I
|
L/P
|
NILAI ANGKA
|
NILAI HURUF
|
KET
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
|
|
AYU
MIRANDA
CUT
AWWALI R.
DAHLIA
FADHLI
AL-MUTTAQIN
FARAH
DIBA
HAFIDHUL
FURQAN
HANUM
KAUSARI
HUSNI
MUBARAK
M.
IKHTIRAMUDDIN
M.
RIJALUL KIRAM
M.
RIZAL FAHMI
MAULIDIA
MUHAMMAD
HANIF
M.
THAMFIDDIN
NAILIL
MAGHFIRAH
NALIA
NANDA
RAMUNA
RAZI
AL-FATH
RIDHA
AWALIN
RIZQI
MAULANA
SABARI
ASPEA
SADDAM
WAHID
MUHARRAM
RAHMAD
BUKHARI
|
P
P
P
L
P
L
P
L
L
L
L
P
L
L
P
P
P
L
L
L
L
L
L
L
|
20
20
30
80
-
80
50
80
80
50
70
30
95
-
50
30
10
20
10
60
90
30
60
|
D
D
D
A
-
A
D
A
A
D
B
D
A
-
D
D
D
D
D
C
A
D
C
|
|
JUMLAH:
|
L :
15
|
|
||||
P :
9
|
Keterangan :
1. Sangat Baik : (85-100)
= A
2. Baik : (70-84) = B
3. Cukup : (55-69) = C
4. Kurang : (40-50) = D
Mengetahui,
Guru
bidang studi
(Susita,
S.Ag)
NIP.19731111
199905 2 001
|
Mengetahui,
Kepala MTsN Rukoh
(Zulkifli. S.Ag,M.Pd)
NIP:19720625
199903 1 005
|
BandaAceh,24
November 2010
Mahasiswa
Praktikan
(Wazir Syah)
NIM. 220716584
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar