View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Di MTsN RUKOH KOTA BANDA ACEH Darussalam, Banda Aceh

Laporan PPL

LAPORAN AKHIR
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
Di
MTsN RUKOH KOTA BANDA ACEH
Darussalam, Banda Aceh

Diajukan untuk Melengkapi Salah Satu Persyaratan
Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan





DISUSUN  OLEH :

NAMA                            : WAZIR SYAH
NIM                                : 220716584
FAKULTAS                    : TARBIYAH
JURUSAN                      : TBA (Bahasa Arab)




 






FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA ACEH
2010-2011


LEMBARAN PENGESAHAN
KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)



                                                    Menyetujui :


                  



   Supervisor                                                                 Guru Pamong



(Dra. Huaznah Husein)                                              (Susita S,Ag)
NIP. 19531230 197903 2                                            NIP. 19731111199905 2 001




Mengetahui,
Kepala Sekolah MTsN Rukoh



(Zulkifli S, Ag. M, pd)
       NIP. 19720625 199903 1 005










KATA PENGANTAR
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
            Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini. Solawat dan salam mari kita sampaikan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau sekalian.
            Penulisan laporan ini merupakan  salah satu syarat bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah sebagai bukti telah melaksanakan program  Praktek pengalaman Lapangan.
            Penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada :
1.      Bapak Zulkifli S,Ag. M,pd (Kepala Sekolah MTsN Rukoh)
2.      Ibu Dra. Huaznah Husein (Supervisor)
3.      Ibu Susita S,Ag (Guru Pamong)
4.      Seluruh Dewan guru MTsN Rukoh
5.      Seluruh teman-teman mahasiswa PPL di MTsN Rukoh periode 2010, mereka adalah:
                - Mubassir (PAI), Aceh Besar
                - Syafrizal (PAI), Aceh Selatan
                - Fitri Eviana (PAI), Abdya
                - Ratni Pratiwi(PAI), Aceh selatan
                - Jumrotul A’ini(TEN),Gayo lues.
                - Musthafa Kamal(TEN), Lhoksukun
                - Irwandi Reza Pahlevi(TFS),
                - Redi Irawan(TBL), Aceh Selatan
                - Cut Keumala wati(TBA),Sigli
                - Bob Rizal(TMA), Sampoiniet
`               - Ayuri Fitria sari(TMA), Abdya
                Mereka semua telah memberi inspirasi dan memotivasi serta arahan pada penulis hingga program tersebut dapat berjalan lancar.
Walaupun laporan ini telah selesai      namun penulis menyadari masih banyak kejanggalan dan kesalahan. Oleh sebab itu penulis mengharapkan koreksi dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca sehingga laporan ini nantinya lebih bermanfaat bagi kita semua…amiiin.
                Akhirnya hanya kepada ALLAH SWT jua kita bertawakkal diri semoga Rahmat, inayah dan kasih sayang-Nya selalu dilimpahkan kepada kita semua
                                                                                    Banda Aceh, 24 Oktober 2010

                                                                                                                                                                                                                                    Wazir Syah
                                                                                    NIM : 220716584



















DAFTAR ISI
KATA  PENGANTAR ……………………………………………………………………
DAFTAR  ISI ………………………………………………………………………………
DAFTAR  LAMPIRAN……………………………………………………………………

BAB I  PENDAHULUAN…….…………………….. ……………………………………..
            A. Latar Belakang ………………………………………………………………….
            B. Tujuan …………………………………………………………………………..

BAB II  KEGIATAN REAL TEACHING DAN NON TEACHING……………….....
            A. Observasi  Lapangan……………………………………………………………...
B. Pelatihan  Keterampilan  Mengajar  dan  Tugas-Tugas  Keguruan Lain- Lain  Secara  Terbimbing……………………………………………………………..
C. Pelatihan  Keterampilan  Mengajar  dan  Tugas-Tugas  Keguruan Lain- Lain Secara Mandiri……………………………………………………………………
            D. Ujian Praktek Mengajar dan Penyusunan Laporan Akhir…………………….

BAB III REFLEKSI TENTANG PENGALAMAN DALAM PELAKSANAAN PPL………………………………………………………………………………………….
A.  Refleksi Tentang Pelaksanaan Observasi Lapangan…………………………….     
B.   Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-      Tugas Keguruan Secara Terbimbing………………………………………….......
1.    Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan…………………………………………………………………
2.     Refleksi Tentang Pelatihan  Keterampilan  Mengajar  dan  Tugas-Tugas    Keguruan Lain-   Lain  Secara Mandiri…………………………………………
            3. Ujian Praktek Mengajar dan Penyusunan Laporan Akhir……………………..

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………………….
            A. Kesimpulan……………………………………………………………………….
            B. Saran………………………………………………………………………………

             







DAFTAR LAMPIRAN
v     Kalender Pendidikan
v     Rincian Minggu Efektif
v     Program Tahunan
v     Program semester
v     Silabus
v     Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM)
v     Kartu soal
v     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)






















BAB 1
MUQADDIMAH

A. Latar Belakang         
            Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam memiliki beberapa fakultas yang tunduk di bawah aktivitas akademiknya, yang salah satunya adalah Fakultas Tarbiyah.
            Sesuai dengan tujuan yang di harapkan oleh fakultas Tarbiyah, yaitu menciptakan tenaga-tenaga pendidik dan penggerak yang professional yang mampu dan cukup untuk menerapkan pengetahuan dalam berbagai lembaga pendidikan. Maka salah satu langkah yang di tempuh oleh Fakultas Tarbiyah untuk merealisasikan tujuan tersebut adalah menetapkan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Fakultas Tarbiyah, yaitu mata kuliah program Praktek Pengalaman Lapangan(PPL).
            Dalam mata kuliah PPL ini para praktikan dapat melatih diri dalam menerapkan kemampuan dan ilmu yang pernah di dapat selama kuliah. Dengan harapan setelah pelaksanaan PPL nantinya, mahasiswa praktikan tersebut menjadi tenaga siap pakai untuk tenaga pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan nantinya.
            Untuk melaksanakan kegiatan PPL tersebut, salah satu lembaga pendidikan yang memberikan tempat para mahasiswa praktikan Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry adalah MTsN Rukoh, yang pada tahun ajaran 2010/2011 ini menempatkan praktikan pada sekolah tersebut pada tangggal 04 Oktober 2010.
B. Tujuan
1. Tujuan Umum
a.   Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengaplikasikan teori dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
b.   Meningkatkan kompetensi professional guru dalam hal pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
c.   Mendorong para mahasiswa fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry untuk senantiasa terlibat dalam kegiatan professional, sebagai tolok ukur kemampuan professional guru.
d.   Memberikan pengalaman lapangan nyata sebagai usaha meningkatkan keterampilan, mengelola kegiatan belajar dan memantapkan sikap professional keguruan.
2. Tujuan Khusus
.           Tujuan khusus dapat diklasifikasikan atas tiga aspek yaitu aspek Kognitif (Pengetahuan), Afektif (Keterampilan), dan Psikomotor (Sikap).
a.       Aspek Kognitif (Pengetahuan)
Diharapkan mahasiswa calon guru dapat memiliki pengetahuan teoritis dan praktis yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.
b.      Aspek Afektif (Keterampilan)
Diharapkan mahasiswa dapat memiliki keterampilan untuk  mengaplikasikan pengetahuan teoritis kedalam praktek lapangan (terbimbing dan mandiri).
c.       Aspek Psikomotor (Sikap)
Diharapkan masiswa dapat memiliki komitmen terhahap tugas professional, antara lain : meningkatkan keahlian, menyesuaikan diri sesuai dengan tuntutan professional keguruan yang semakin berkembang  dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Adapun penyusunan laporan ini antara lain bertujuan untuk memberikan masukan-masukan dalam rangka mengevaluasi, pemberian nilai maupun teknik pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Masukan-masukan ini diharapkan bisa diaplikasikan dimasa mendatang. Baik dalam hal teknik maupun dalam materialnya menuju peningkatan profesionalisme mahasiswa praktikan dalam takaran real objektif.







BAB II
KEGIATAN REAL TEACHING DAN NON TEACHING

A. Almulahadzoh Almaidaniy (Observasi Lapangan)
            Almulahadhoh adalah kegiatan pemantauan/monitoring yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang sesuatu yang diamati.Dalam hal ini yang menjadi objek praktikan adalah lembaga pendidikan MTsN Rukoh dan dititik beratkan pada situasi dan kondisi sekolah. Kegiatan almulahadzoh ini dilak ukan pada minggu-minggu pertama pelaksanaan PPL. Menyangkut dengan objek pantauan adalah tentang kondisi sekolah, guru-guru, alat-alat pelajaran yang tersedia, jumlah siswa dan proses belajar mengajar, administrasi dan manajemen serta fasilitas  termasuk juga kebudayaan sekolah secara keseluruhan seperti kedisiplinan, dan lain sebagainya.
            Almulahadzoh (Observasi) merupakan kegiatan tahap awal pelaksanaan PPL, dan dengan adanya pelaksanaan observasi diharapkan setiap mahasiswa calon guru akan mengenal sekolah dari aspek fluktuatif. Sehingga dengan demikian praktikan benar-benar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi dan kondisi sekolah tempat dimana ia praktek. Observasi ini dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dan melakukan wawancara dengan pihak terkait seperti siswa, guru dan karyawan. Jika perihal yang diobservasi itu tidak dapat diamati secara langsung.
            Adapun hal-hal yang perlu diobservasi adalah kondisi sekolah, guru,sarana dan prasarana serta alat-alat yang tersedia. Observasi di lapangan yang dimaksudkan secara garis besar terbagi meenjadi 2 macam, yaitu :
1. Observasi Lapangan
            Adapun hal-hal yang di pantau melalui observasi lapangan ini adalah :
a. Keadaan /kondisi fisik sekolah
            b. Keadaan lingkungan yang mengelilingi sekolah
            c. Fasilitas sekolah
            d. Penggunaan sekolah
            e. Guru dan siswa
            f. Tata tertib
2. Observasi kegiatan belajar mengajar yang diamati
            Hal-hal yang dapat di pantau melalui observasi ini adalah :
            a. Cara guru membuka pelajaran
            b. Cara guru menyajikan pelajaran
            c. Cara guru menutup pelajaran
B. Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Lainnya Secara Terbimbing.
            Pelatihan keterampilan mengajar merupakan kegiatan inti yang sangat penting yang dilakukan oleh praktikan guna menerapkan ilmu dan keterampilanyang dimilikinya. Latihan ini dibina dan dibimbing langsung oleh guru pamong masing-masing. Keterampilan mengajar tugas-tugas  keguruan lainnya yang digolongkan kedalam kegiatan belajar mengajar ini meliputi :
1.      Membuat Program Tahunan
2.      Membuat Program Semester
3.      Membuat Program Pembelajaran
4.      Membuat Daftar Nilai Siswa
5.      Membantu Piket
6.      Membuat buku kegiatan harian
Selama berlangsungnya Praktek Pengalamam Lapangan (PPL). Di sekolah latihan, praktikan melakukan latihan mengajar dengan jadwal sebagai berikut :
NO
Jam
                                        Hari/Kelas
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
1
I






2
II
II-3





3
III
II-3





4
IV
I-4

II-1



5
V
I-4

II-1



6
VI






7
VII






8
VIII






9
IX
I-1

II-1
I-4



Jadwal mengajar tersebut adalah jadwal mengajar tetap yang dilaksanakan secara mandiri dan dibimbing langsung oleh guru pamong. Dan selama ini juga praktikan mengajar dikelas lain secara mandiri ketika ada kelas tidak ada gurunya. Hal ini sering dilakukan ketika praktikan bertugas sebagai piket atau pada saat praktikan tidak ada jadwal mengajar khusus.

C.   Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri.
                  Keterampilan mengajar dan tugas keguruan lainnya yang dilakukan secara mandiri artinya dalam pelaksanaan kegiatan mengajar, guru pamong berpartisipasi dalam memberikan arahan,bimbingan serta memberikan penilaian. Praktikan juga meningkatkan diri semampu mungkin sehingga materi pembelajaran yang disampaikan berjalan dengan baik dan kondisi kelas tetap terjaga. Keterampilan mengajar secara mandiri ini terdiri atas kegiatan non teaching, berupa:
      1. Mengobservasi kondisi fisik madrasah dan kegiatan belajar mengajar
      2. Membantu kerja piket madrasah
      3. Membantu proses kegiatan pembelajaran lainnya.
      Semua kegiatan yang telah dilakukan praktikan tersebut akan menjadi modal baginya kelak ketika menjadi seorang guru.

D. Ujian Praktek  Mengajar dan Menyusun Laporan Akhir
                  Ujian praktek mengajar yang dijalani oleh praktikan selaku calon guru adalah sebagai barometer untuk melihat dan mengetahui kualitas akhir pelatihan yang dilakukan. Ujian praktek ini terlebih dahulu harus dipersiapkan beberapa hal mengenai kegiatan belajar mengajar dan   alat yang  dibutuhkan dibawah pengawasan supervisor dan guru pamong, ujian praktek  mengajar yang dinilai mulai dari kesiapan mengajar, kemampuan mengajar, keterampilan menguasai kelas dan hubungan praktikan dengan para siswa.
                  Ujian praktek  mengajar dijalani oleh praktikan, yaitu pada saat akhir pelaksanaan PPL. Ujian ini akan dinilai oleh guru pamong. dimana guru pamong mengambil posisi di bagian belakang guna memantau dan menilai praktikan. Pada saat ini praktikan telah mempersiapkan berbagai kesiapan mengajar dengan bimbingan dan arahan dari guru pamong. Sumber-sumber bahan pembelajaran yang akan diajarkan dan dipergunakan sesuai dengan materi dan buku pegangan guru. Dalam hal ini ujian praktek mengajar didepan kelas tanpa didampingi guru pamong.
                  Mengenai laporan akhir ini, praktikan sebagai calon guru menyusunnya adalah merupakan barometer keberhasilan dalam menjalani latihan PPL, sekaligus berfungsi sebagai salah satu keberhasilan program ini dalam bentuk refleksi terhadap pengalaman mengajar selama ini.




                                                                                                














BAB III
REFLEKSI TENTANG PENGALAMAN DALAM PELAKSANAAN PPL
A. Refleksi tentang Pelaksanaan Observasi Lapangan
            Madrasah Tsanawiyah Negri Rukoh(MTsN Rukoh)merupakan salah satu sekolah tingkat menengah yang ada di Kota Banda Aceh. Selain letaknya strategis juga mudah dijangkau oleh transportasi umum. MTsN Rukoh ini terletak didesa Rukoh jln Lingkar Kampus IAIN Ar-Raniry  Kota Banda Aceh.
            Menyangkut interaksi sosial yang terbangun antar elemen berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan rintangan yang berarti, misalnya interaksi antara para guru dengan kepala sekolah, guru dengan siswa, dan guru dengan masyarakat sekitar. Pola tersebut telah menunjukkan hubungan ukhuwah dan keakraban yang penuh dengan nilai-nilai ukhuwah islamiyah yang terjalin antara mereka.
            Dan dari kegiatan observasi ini juga, praktikan  telah menghimpun sejumlah pengamatan,yaitu berupa :
1. Observasi tentang pengalaman lapangan.
a. Fisik Sekolah
Keadaan fisik sekolah secara umum sampai laporan ini praktikan susun, masih bagus dan layak pakai dengan ketentuan fasilitas sebagai berikut :
No
Sarana
Jumlah Ruang
Permanen/Semipermanen
Kondisi
Ket
1
Ruang kelas
15
Permanen
Baik

2
Ruang pustaka
1
Permanen
Baik

3
Musholla
1
Permanen
Baik

4
Ruang Kantor:





a. Kepala Sekolah
1
Permanen
Baik


b. Guru
1
Permanen
Baik


c. Administrasi
1
Permanen
Baik

5
Kamar mandi/WC
4
Permanen
Baik

6
Lapangan:





a. Lapangan Voly
1
Permanen
Baik


b. Lapanga Basket
1
Permanen
Baik

7
Koperasi
1
Permanen
Baik

8
Kantin
1
Permanen
Baik

    b. Lingkungan Sekolah
Keadaan lingkungan di sekitar sekolah sangat baik, dan hal itu sangat mendukung karena letaknya strategis.
            c. Guru dan Siswa
            1. Rincian guru dan pegawai lainnya
No
Ket Personil
Lk
Pr
Jumlah
Ket
1.
Guru tetap @
6
36
42

2.
Guru tidak tetap
    -
2
2

3.
Guru honorer
-
2
2

4.
Pegawai Tata Usaha
4
1
5

5,
Penjaga malam honor
1
-
1

            Keterangan :@.tidak termasuk kepala sekolah
2.Rincian Siswa/Siswi

Jumlah siswa/siswi


Rincian kelas
Lk
Pr
Jumlah
VII-I
9
18
27
VII-2
16
20
36
VII-3
19
14
33
VII-4
19
16
35
Jumlah
63
68
131
VIII-1
8
16
24
VIII-2
10
18
28
VIII-3
14
10
24
VIII-4
18
6
24
VIII-5
16
10
26
Jumlah
66
63
129
VIIII-1
8
18
26
VIIII-2
15
12
27
VIIII-3
16
10
26
VIIII-4
16
10
26
VIIII-5
16
9
25
Jumlah
71
59
130
TOTAL
200
190
390






d. Jalinan Interaksi Sosial
            Jalinan interaksi sosial antara guru dengan guru, guru dengan kepala sekolah, guru dengan  pegawai/karyawan, dan guru dengan para siswa/siswi MTsN Rukoh Banda Aceh.
B. Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan Cara Terbimbing.
1. Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan .
                        Pelaksanaan  pelatihan keterampilan mengajar lainnya telah dilalui praktikan sebagai calon guru. Dalam pelaksanaannya terasa tiada masalah begitu serius sehingga bisa menghambat baik dalam hal teori maupun praktek pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan.
2. Refleksi Tentang Pelaksanaan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan Secara Mandiri
                        Proses mengajar idealnya dimulai dari hal-hal yang belum diketahui sehingga tahu dan dimengerti, dan dari hal-hal menjadi hal-hal besar. Bagi mahasiswa calon guru, belajar mandiri merupakan salah satu tantangan yang sangat berguna untuk mengukur kemampuan yang telah dimilikinya. Berhasil atau tidaknya, tentunya hal tersebut tergantung sejauh mana mengaplikasikan ilmu yang diperoleh secara langsung di lapangan.
                        Dalam latihan mengajar mandiri ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa praktikan, diantaranya kurang mendapat perhatian  serta ada anggapan- anggapan terhadap mahasiswa/i praktikan.
Hal ini bisa disebabkan karena adanya kesan dari anak didik  bahwa guru praktikan belum ahli dalam hal mengajar. Tentunya hal ini akan berimplikasi pula pada mahasiswa praktikan calon guru, dan masalah seperti ini perlu mendapat perhatian lebih dari kepala sekolah dan bagian pengajaran khususnya serta para dewan guru umumnya agar untuk ke depan hal ini tidak terulang kembali.
3. Refleksi Tentang Pelaksaan Ujian Praktek dan Penyusunan Laporan  Akhir
                        Dalam pelaksanaan ujian praktek, praktikan tidak  mendapat kendala yang berarti, hal ini mungkin disebabkan  sebelum melaksanakan ujian praktek, mahasiswa calon guru lebih dahulu  membekali diri dengan bimbingan dan arahan dari guru pamong.
                        Sedangkan berkenaan dengan pembuatan laporan akhir tidak begitu mengalami hambatan yang berarti, sebab mahasiswa  calon guru telah dibekali dengan format pembuatan laporan. Sehingga baik bentuk maupun pola penyampaiannya  memiliki keseragaman sehingga permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa/i calon guru di sekolah praktikan dengan mudah akan terungkap dan bisa di cari jalan keluarnya.



















PROGRAM TAHUNAN

MADRASAH TsANAWIYAH NEGRI (MTsN ) RUKOH KOTA BANDA ACEH

Tahun Pelajaran 2010/2011




Mata Pelajaran     : Bahasa Arab




Tingkat                 : Madrasah Tsanawiyah



Kelas/Semester    : VIII-3










A. PENGHITUNGAN ALOKASI WAKTU







1. BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1


No.
Bulan
            Jumlah
      Jam Efektif


Minggu
Hari


1
Juli
2
17
 4   Jam Pelajaran


2
Agustus
1  
8
 2   Jam Pelajaran


3
September
2
10
 4   Jam Pelajaran


4
Oktober
4
26
 8   Jam Pelajaran


5
November
5
25
 10 Jam Pelajaran


6
Desember
4
26
 8   Jam Pelajaran


7
Januari
1
5
 2   Jam Pelajaran


Jumlah
19
117
 38 Jam  Pelajaran








2. BANYAKNYA MINGGU EFEKTIF SEMESTER 2



No.
Bulan
Jumlah
Jam


Minggu
Hari
Efektif


1
Januari
2
15
  4 Jam  Pelajaran


2
Februari
4
24
    8 Jam  Pelajaran


3
Maret
2
17
4 Jam Pelajaran


4
April
4
26
8 Jam Pelajaran


5
Mei
4
22
8 Jam Pelajaran


  6
Juni
2
15
4 Jam Pelajaran


7
Juli
-
-
-


Jumlah
18
119
36 Jam Pelajaran











Mengetahui,










Banda Aceh, 24 Oktober 2010

Kepala MTsN Rukoh

Guru Mata Pelajaran B. Arab









( Zulkifli. S, Ag. M, pd )
NIP. 19720625 199903 1 005
( Susita. S, Ag)
 Nip: 19731111 199905 2 001































































BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
            Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) secara keseluruhan berjalan dengan baik walaupun ada beberapa kesulitan dan hambatan itu hal yang biasa. Dan dalam melaksanakan kegiatan mengajar, praktikan selalu ada arahan dari guru pamong sehingga dalam penyampaian pelajaran kepada para siswa/i tidak banyak kendala.
            Di samping itu juga partisipasi dari para siswa/i tidak bisa dikesampingkan, sumbangsih mereka juga sangat berarti bagi praktikan hingga Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini bisa selesai. Kegiatan ini merupakan sebagai syarat untuk mempersiapkan profesionalime guru ke depan menjadi lebih baik.
B. Saran
            Untuk menghasilkan tenaga pendidik yang professional dan berkompetensi tentunya untuk menuju ke arah yang lebih baik maka harus bisa memberikan perhatian lebih untuk mereka yang  yang pasti akan menghasilkan generasi yang baik pula. Pola bimbingan  dan arahan baik dari supervisor maupun guru pamong yang telah dilakukan selama ini kepada praktikan PPL perlu ditingkatkan lagi.
            Menyangkut dengan fasilitas dan  media lainnya yang tersedia hendaknya pengelola pendidikan bisa menggunakan dan penjagaan dengan sebaik-baiknya. Adalah guru sebagai suri tauladan bagi siswa/i di sekolah maka bersikaplah sebagaimana seorang guru. Mudah-mudahan dengan adanya guru yang professional, fasilitas yang tersedia dan guru yang menjadi teladan bisa menghasilkan lulusan yang berkwalitas dan mengharumkan nama sekolah di masa yang akan datang    




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan pertama

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi                     :    فى الموضوع: أنشطتي فى المدرسة )  المفردات والاستماع (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
B.                                              Kompetisi Dasar  :
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran  (kata,frasa, atau   kalimat ) dalam suatu konteks wacana lisan tentang أنشطتي فى المدرسة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi dan member tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة yang meliputi jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
1.3 Memberikan tanggapan  pada gagasan yang terdapat pada wacana lisan tentang tema meliputi jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar + maf’ul bih)
C.                                             Indikator :
a. Mengulangi kata-kata yang telah didengar
b. mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dengar
c. Mengungkapkan kembali(bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar. 
D.                                             Tujuan Pembelajaran :
-mengidentifikasi aktivitas harian atau mingguan siswa di madrasah
E.                                              Materi Esensial :أنشطتي فى المدرسة (المفردات والاستماع)
فوزان تلميذ فى المدرسة الثانوية ويدرس دروسا كثيرة....
F.                                              Sumber Pembelajaran : buku paket, buku penunjang
G.                                             Model Pembelajaran   : Listening
H.                                             Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari
10 menit
2
Kegiatan inti
-Guru membacakan kosa kata dan menyuruh siswa untuk mengulangi apa yang telah didengar. 
-Guru membacakan materi pembelajaran dengan menyuruh siswa untuk mendengarkan dengan cermat
-Guru menjelaskan materi pembelajaran dan siswa memperhatikan dengan cermat
50 menit
3
Penutup
-Guru merangkum pelajaran
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
20 menit
   
   Mengetahui                                                          Banda Aceh, 02 November 2010              
    Guru Bidang Studi                                                   Mahasiswa Praktikan                             



     (Susita S,Ag)                                                                (Wazir Syah)                      
     Nip:197311111999905 2 001                                        Nim. 220716584
                                                   











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan kedua

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi              فى الموضوع: أنشطتي فى المدرسة ) التركيب والمحادثة (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       -Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya jawab sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
B.                                              Kompetisi Dasar  :
 -Menyampaikan informasi secara lisan tentang أنشطتي فى المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
- Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
-Menjelaskan tentang أنشطتي فى المدرسة melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
C.                                             Indikator :
- Siswa mampu mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dialogkan serta memahaminya.
- Siswa bisa berdialog dengan teman sekelasnya dengan baik dan benar.
D.                                             Tujuan Pembelajaran :
-Mengidentifikasi aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
E. Materi Esensial :أنشطتي فى المدرسة (جملة اسمية والمحادثة)
jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
F. Sumber Pembelajaran :
 buku paket, buku penunjang.
G. Model Pembelajaran : Mind mapping
H. Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan Pembelajaran

Guru
Siswa
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi



-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi
salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

-Siswa siap-siap dan menjawab salam






-siswa menjawab pertanyaan guru


10 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan pelajaran dengan semangat dan gamblang
-Siswa memperhatikan dengan seksama
60 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
-Siswa menjawab dengan tepat
10 menit
 
 Mengetahui,                                                                     Banda Aceh, 02 November 2010    
 Guru Bidang Studi                                                            Mahasiswa Praktikan                                   


     (Susita S,Ag)                                                                (Wazir Syah)                      
     Nip:197311111999905 2 001                                        Nim. 220716584
                                                           
                                               





           

                 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan ketiga

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi              فى الموضوع: أنشطتي فى المدرسة ) القراءة (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       -Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog  sederhana, baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي فى المدرسة
B.                                              Kompetisi Dasar  :
 -Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyah, frasa, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang bertema tentang أنشطتي فى المدرسة  dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
- Mengidentifikasi kata, frasa, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang أنشطتي فى المدرسة dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
-Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana  tentang أنشطتي فى المدرسة

C. Indikator :

- Siswa mampu mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dialogkan serta memahaminya.
- Siswa bisa menjawab berbagai pertanyaan tentang isi qiraah dengan baik dan benar.

D. Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)

Materi Esensial :
jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
 Sumber Pembelajaran :-buku paket, buku penunjang.
E. Model Pembelajaran : Mind mapping
F.Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

10 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan pelajaran dengan jelas dan siswa memperhatikannya.
60 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
10 menit

       Mengetahui,                                                               Banda Aceh, 02 November 2010    
       Guru Bidang Studi                                          Mahasiswa Praktikan                                   


     (Susita S,Ag)                                                                (Wazir Syah)                      
     Nip:197311111999905 2 001                                        Nim. 220716584
                                                           
                                               










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan keempat

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi            :           فى الموضوع: أنشطتي فى المدرسة )   الكتابة  (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       -Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya jawab sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
B.                                              Kompetisi Dasar :
 -Menuliskan pragraf sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada+khabar+maf’ul bih).
- Menulis kegiatan  siswa di sekolah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah ismiyah.

C.                                             Indikator :
- Siswa mampu menyalin kosa kata sesuai contoh
- Siswa bisa menyalin kata-kata menjadi kalimat, dan dari kalimat menjadi pragraf.

D.                                             Tujuan Pembelajaran :
-Mengidentifikasi aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)
E. Materi Esensial :
jumlah ismiyah (mubtada’ + khabar +maf’ul bih)

 F. Sumber Pembelajaran :
 -buku paket, buku penunjang.

G. Model Pembelajaran :
- as-sima’iyah asy-syafawiyah.



H. Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

10 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan pelajaran dan siswa memperhatikannya.
60 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
10 menit


       Mengetahui,                                                               Banda Aceh, 02 November 2010    
       Guru Bidang Studi                                          Mahasiswa Praktikan                                   


     (Susita S,Ag)                                                                (Wazir Syah)                      
     Nip:197311111999905 2 001                                        Nim. 220716584
                                                           
                                               





                             






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan kelima

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi              فى الموضوع: أنشطتي فى البيت ) المفردات و الاستماع (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       -Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengar (berbentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang أنشطتي فى المدرسة

B.  Kompetisi Dasar  :
- Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran dalam suatu teks wacana lisan tentang أنشطتي فى البيت Dengan cara mencocokkan dan membedakan  secara tepat.
-Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang أنشطتي فى البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
-Memberikan tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang  أنشطتي فى البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.

C.  Indikator :
      -Melafalkan/mengulangi kata atau kalimat yang telah didengar.
-Menyebutkan kembali kata-kata atau kalimat yang telah didengar
-Mengindentifikasi makna dari kata-kata atau kalimat yang telah didengar tentang tema
-Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
-Menyalin kembali kata-kata atau kalimat yang telah didengar
-Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi  wacana yang telah didengar

D. Tujuan Pembelajaran :
·    Mengulangi  kosa kata kerja yang terdapat pada wacana lisan/dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت.
·    Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan tema dengan mengunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
·    Mengulangi  kosa kata kerja yang terdapat pada wacana lisan/dialog sederhana tentangأنشطتي فى البيت .
·    Menjawab hal-hal yang berhubungan dengan tema dengan mengunakan jumlah fi’liyah
·    Menyebutkan kembali kosa kata kerja yang ada pada wacana lisan/diaolog tentang أنشطتي فى البيت
E. Materi Esensial :
أنشطتي فى البيت ( الاستماع  و الجملة الفعلية )   
F. Sumber Pembelajaran :- buku paket, buku penunjang.
B.                                             Model Pembelajaran : al-qiraah
C.                                             Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

10 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa memperhatikan
60 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
10 menit

       Mengetahui,                                                               Banda Aceh, 02 November 2010    
       Guru Bidang Studi                                          Mahasiswa Praktikan                                   


        (Susita S,Ag)                                                             (Wazir Syah)                      
        Nip:197311111999905 2 001                                     Nim. 220716584
                                                           
                                               







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan keenam

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi              فى الموضوع: أنشطتي فى البيت ) التركيب والمحادثة (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       -Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya jawab sederhana tentang أنشطتي فى البيت :

B.                                              Kompetisi Dasar  :
 -Menyampaikan informasi secara lisan tentang أنشطتي فى البيت dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
- Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت
-Menjelaskan tentang أنشطتي فى البيت melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan jumlah fi’liyah

C. Indikator :
-. Melafalkan/mengulangi kata atau kalimat yang telah didengar.
         -Menyebutkan kembali kata-kata atau kalimat yang telah didengar
       -Mengindentifikasi makna dari kata-kata atau kalimat yang telah didengar tentang  tema
·      Mengartikan kalimat-kalimat dengan tepat dan benar
·      Menyalin kembali kata-kata atau kalimat yang telah didengar
Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi  wacana yang telah didengar

D. Tujuan Pembelajaran :
-Mengidentifikasi aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan jumlah fi’liyah

E. Materi Esensial :
jumlah fi’liyah
F. Sumber Pembelajaran :
 buku paket, buku penunjang.
G. Model Pembelajaran : Mind mapping
H. Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

5 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan pelajaran dan siswa memperhatikannya.
50 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
5 menit

       Mengetahui,                                                               Banda Aceh, 02 November 2010    
       Guru Bidang Studi                                          Mahasiswa Praktikan                                   


        (Susita S,Ag)                                                             (Wazir Syah)                      
        Nip:197311111999905 2 001                                     Nim. 220716584
                                                           
                                               


                                         











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan ketujuh

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi              فى الموضوع: أنشطتي فى البيت ) القراءة (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       Memahami teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog, baik fiksi atau nonfiksi melalui   kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentanأنشطتي فى البيت
B.                                              Kompetisi Dasar  :
 -  Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang bertema tentang أنشطتي فى البيت dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
  - Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang أنشطتي فى البيت dan menerapkan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
 - Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang  أنشطتي فى البيت

C. Indikator :
-Melafalkan huruf-huruf hijaiyah /kata-kata dengan tepat dan benar sesuai dengan tanda bacaan
-Mengidentifikasi makna/ide pokok yang ada dalam wacana qiraah
-Mengidentifikasi tema yang ada dalam wacana
-Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi/bahan qiraah dengan tepat dan benar.
-Mengidentifikasi jumlah fi’liyah dengan tepat dan benar   
-Membedakan jenis  muzakkar dan muannats
-Membuat kesimpulan tentang isi qiraah sesuai dengan bahasa siswa.

D.Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan jumlah fi’liyah
E. Materi Esensial :
jumlah fi’liyah

F. Sumber Pembelajaran :
 buku paket, buku penunjang.

G. Model Pembelajaran : Al-qiraah

H. Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

10 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan pelajaran dan siswa konsentrasi pada pelajaran.
60 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
10 menit

       Mengetahui,                                                               Banda Aceh, 02 November 2010    
       Guru Bidang Studi                                          Mahasiswa Praktikan                                   


        (Susita S,Ag)                                                             (Wazir Syah)                      
        Nip:197311111999905 2 001                                     Nim. 220716584
                                                           
                                               


                                         





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) / DISAIN PEMBELAJARAN
pertemuan kedelapan

Mata Pelajaran      : Bahasa Arab
Kelas/Semester      : VIII-3/1
Tahun pelajaran    : 2010/2011
Materi              فى الموضوع: أنشطتي فى البيت ) الكتابة (
Alokasi waktu        : 2 x 40 menit

A.                                             Standar Kompetensi :
       -Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya jawab sederhana tentang أنشطتي فىى البيت

B.                                              Kompetisi Dasar  :
 -Menyampaikan informasi secara lisan tentangأنشطتي فى البيت  dengan lafal yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah (fi’il+fa’il+maf’ul bih)
- Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت  
-Menjelaskan tentang أنشطتي فى البيت  melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan jumlah fi’liyah

C. Indikator :
- Siswa mampu mengidentifikasi makna-makna kalimat yang telah di dialogkan serta memahaminya.
- Siswa bisa berdialog dengan teman sekelasnya dengan baik dan benar.

D. Tujuan Pembelajaran :
-Mengidentifikasi aktivitas siswa berdialog dengan temannya dalam kelas dengan menggunakan/menerapkan jumlah fi’liyah

E. Materi Esensial :
jumlah fi’liyah (fi’il + fa’il +maf’ul bih)

F. Sumber Pembelajaran : -buku paket, buku penunjang.

G. Model Pembelajaran : Mengarang
H. Rincian Proses Pembelajaran
No
Proses
Kegiatan pembelajaran
Tahapan waktu
1
Pendahuluan
a.motivasi
b.apersepsi
-Guru masuk ke dalam kelas dan memberi salam
-Guru menyapa siswa dan menertibkan kelas
-Guru menulis basmalah, mata pelajaran dan tanggal
-Guru menanyakan pelajaran yang telah di pelajari

10 menit
2
Kegiatan inti
- Guru menjelaskan pelajaran dan siswa memperhatikan dengan serius.
60 menit
3
Penutup
-Guru menanyakan materi pembelajaran kepada siswa untuk penilaian
-Guru mengucap salam dan keluar kelas.
10 menit

  Mengetahui,                                                            Banda Aceh, 02 November 2010      
Guru Bidang Studi                                                    Mahasiswa Praktikan



 (Susita S,Ag)                                                                (Wazir Syah)
    NIP. 19731111 199905 2 001                                     NIM.220716584               



                                          Menyetujui,
                                          Kepala Sekolah



                                      (Zulkifli,S.Ag M.Pd)
                                    NIP. 19720625 199903 1 005




































NILAI HASIL ULANGAN HARIAN MTsN RUKOH KOTA BANDA ACEH
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas                : VIII-3
Semester          : Satu
NO
NIS
NAMA SISWA/I
L/P
NILAI ANGKA
NILAI HURUF
KET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24





























AYU MIRANDA
CUT AWWALI R.
DAHLIA
FADHLI AL-MUTTAQIN
FARAH DIBA
HAFIDHUL FURQAN
HANUM KAUSARI
HUSNI MUBARAK
M. IKHTIRAMUDDIN
M. RIJALUL KIRAM
M. RIZAL FAHMI
MAULIDIA
MUHAMMAD HANIF
M. THAMFIDDIN
NAILIL MAGHFIRAH
NALIA
NANDA RAMUNA
RAZI AL-FATH
RIDHA AWALIN
RIZQI MAULANA
SABARI ASPEA
SADDAM
WAHID MUHARRAM
RAHMAD BUKHARI
P
P
P
L
P
L
P
L
L
L
L
P
L
L
P
P
P
L
L
L
L
L
L
L




20
20
30
80
-
80
50
80
80
50
70
30
95
-
50
30
10
20
10
60
90
30
60


D
D
D
A
-
A
D
A
A
D
B
D
A
-
D
D
D
D
D
C
A
D
C


JUMLAH:

L : 15

P : 9
Keterangan :
1. Sangat Baik : (85-100) = A
2. Baik              : (70-84) = B
3. Cukup           : (55-69) = C
4. Kurang          : (40-50) = D

Mengetahui,
Guru bidang studi





(Susita, S.Ag)
NIP.19731111 199905 2 001





Mengetahui,
Kepala MTsN Rukoh





(Zulkifli. S.Ag,M.Pd)
NIP:19720625 199903 1 005

BandaAceh,24 November 2010
Mahasiswa Praktikan





       (Wazir Syah)
       NIM. 220716584


Tidak ada komentar: