PEMBELAJARAN
INSYA’ DI MAN 2 SIGLI
Skripsi
Yang disusun oleh :
MUHAMMAD TSABIRIN
Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab
NIM: 220 818 011
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA
ACEH
2011
DAFTAR ISI
Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I : PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah Dan Rumusan Masalah
- Definisi Operasional
- Tujuan Penelitian
- Asas-Asas Penelitian dan Instrumen
- Ruang Lingkup Penelitian
- Metode Penelitian
BAB II : PENGERTIAN INSYA’
- Pentingnya Pembelajaran Insya’
- Tujuan Pembelajaran Insya’ dan Jenis-Jenisnya
- Metode-Metode Pembelajaran Insya’
- Media Pembelajaran Untuk Pengajaran Insya’
BAB III : PEMBELAJARAN INSYA’ DI MAN 2 SIGLI
- Gambaran Umum Tentang Penelitian Lapangan
- Jenis Metode Pembelajaran Insya’ Di MAN
- Media Pembelajaran Dalam Pengajaran Insya’
- Kecenderungan Dalam Pembelajaran Insya’
BAB IV : ANALISIS DATA DAN KEBENARAN SAMPEL
BAB V : PENUTUP
- Hasil Penelitian
- Saran-Saran
DAFTAR PUSTAKA
- Referensi Bahasa Arab
- Referensi Bahasa Indonesia
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah
Didalam bahasa arab, ada Empat kemahiran
yaitu: Kemahiran Mendengar, Berbicara, Membaca, dan Menulis. Kemahiran Menulis bahagian
dari empat kemahiran berbahasa yang harus dikuasai siswa dengan baik.
Tujuan
pembelajarannya adalah kemampuan siswa dalam menulis dan penghayatan dalam diri
mereka dengan baik serta benar. Sebagaimana perkataan Chaer, 1990. sesungguhnya
manfaat menulis sebuah karangan mengandung pengertian menghubungkan pikiran, Ide
dan perasaan dalam bentuk tulisan. Sekolah-sekolah sangat berpengaruh besar
untuk menjadikan siswa mengerti dalam penulisan Bahasa Arab dan menguasainya
dalam pikiran mereka dengan baik dan benar. Oleh karena itu, hal tersebut
sangat dituntut kepada para guru dalam pengalamannya dan kemahiran menulis
dalam Bahasa Arab.
Adapun
sekolah MAN 2 Sigli merupakan sekolah yang belum ada penerapan Metode-Metode
Pembelajaran yang baik. Karena para Guru Bahasa Arab di sekolah tersebut tidak
menggunakan metode pembelajaran yang benar dalam pelajran bahasa arab kapada
para siswa.
Hal
ini menjadikan siswa terasing dalam Berbahasa Arab, sebagaimana para guru yang
lemah dalam mengenalkan penggunaan metode-metode dan pengaruhnya dalam
penguasaan siswa , Pembentukan Rumusan masalah penelitiannya yaitu :
- Metode-Metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Insya’ di sekolah ini ?
- Apa saja kecenderungan Murid dalam pembelajaran insya’ ?
- Apa media pembelajaran untuk Pembelajaran Insya’ ?
B. Definisi Operasional
Sebelum mengarang Skripsi ini,
penulis ingin membahas sebagian maksud dalam penelitian beserta definisi istilah yang ada dalam judul ini
yaitu :
1. Pembelajaran
Kata
pembelajaran, kata dasarnya yaitu dari kata Belajar, yang artinya Mempelajari buku,
atau menjadikan buku sebagai Tuntunan dan Pelajaran.
Adapun
pengertian secara Istilah yaitu : Suatu proses belajar-mengajar, didalamnya melibatkan sejumlah guru dan
siswa-siswa, dimana penerapannya antara guru dan para siswa saling Berinteraksi
antara satu dengan yang lain untuk memberi keaktifan dalan sebuah kelas.
Pembelajaran insya’ yaitu suatu penerapan ilmu yang berisi metode khusus
beserta Medianya, yaitu Kata-Kata.
2. Insya’
Insya’ dalam bahasa arab bermakna Menumbuhkan, Menjadikan,
Membentuk, Mengarang, dan lainnnya. Adapun menurut istilah yaitu suatu ilmu
yang menerangkan kemampuan pengambilan makna, merangkai kata beserta Orientasinya
dengan pelafalan yang sesuai dengan kedudukannya.
3. Di MAN 2 Sigli
Merupakan sekolah ‘Aliyah Islam yang
bertempat di Meureudu dibawah kepemimpinan kementerian agama di Indonesia,
dimana tahap pembelajarannya ada tiga tahun, didalamnya meliputi tamatan MTsN
dan MTsS serta SMP. Maksud sekolah ‘Aliyah islam disini adalah salah satu
sekolah yang ada proses Belajar-mengajar di sekolah MAN 2 Sigli.
C. Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan Penelitian yang
ditujukan dalam Penulisan Skripsi ini adalah :
- Untuk mengenal Metode-Metode yang digunakan dalam Pembelajaran Insya’.
- Untuk mengetahui Kecenderungan Siswa dalam pembelajaran insya’ di MAN.
- Untuk mengetahui media pembelajaran didalam Pembelajaran Insya’.
D. Asas-Asas Penelitian dan Instrumennya
Adapun asas-asas Skripsi ini
didasari atas Kesuksesan dalam pembelajaran insya’ arab yang disepakati oleh
para Pakar Pendidikan dalam proses belajar mengajar. Dan juga hasil dari tujuan
ini tidak hanya memberi pengaruh pada proses belajar mengajar dalam
pembelajaran Insya’ bahkan dalam Bermufradat, Qawa’id nahwiyyah, pemikiran yang
terlintas dalam Hati.
Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah :
1. Metode-Metode yang digunakan
tidak Sesuai.
2. Kecenderungan belajar Siswa yang
masih sedikit.
3. Media Pembelajaran yang digunakan
dalam pembelajaran Insya’ tidak cukup, sebagaimana Anjuran Metode-Metode pembelajaran
modern (sekarang).
E. Ruang Lingkup Penelitian dan Sampel
Adapun ruang lingkup skripsi ini
yaitu siswa di sekolah ‘Aliyah,
jumlahnya 167 siswa, karena jumlah mereka sangat banyak, maka yang
diambil sampel penelitiannya adalah 20 % dari kelas dua yang berjumlah 34
siswa.
Pemilihan
sampel penelitian ini berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto:
“Apabila Subjeknya kurang dari 100
lebih baik diambil semuanya, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi.
Selanjutnya jika Subjeknya lebih dari 100 dapat diambil antara 10% - 15% atau
20% - 25% atau Lebih.
F. Metode Penelitian
Berjalannya metode penelitian dalam
skripsi ini didasari atas metode penelitian Kualitatif dan penelitian Kuantitatif,
dipadukan dalam sebuah Penelitian menjadi sejumlah data yang membutuhkan Penulisan
Skripsi ini atas Tiga Metode, yaitu :
1. Tinjauan Langsung (Observasi)
Dengan
adanya penelitian Observasi, akan memperoleh sejumlah Data Kuantitatif dari
pembelajaran Insya’.
2. Wawancara (Interview)
Untuk
mengenal dan mengetahui pembelajaran Insya’, keadaan Siswa, dan mengetahui
masalah yang dihadapi para Siswa.
3. Pembagian Angket
Adapun
metode pembuatan skripsi ini dan penulisannya berdasarkan penelitian yang telah
ditetapkan oleh IAIN Ar-Raniry, didalam bukunya yang bernama:
“Panduan Karya Tulis Ilmiah (Skripsi,
Tesis, Desertasi) IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Tahun 2004.”
DAFTAR
PUSTAKA
Abdul Chaer, Psikologistik (kajian
teoritis), Cetakan I (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), hal 33
IAIN Ar-Raniry, Panduan Karya
Tulis Ilmiah (Skripsi, Tesis, Desertasi), Ar-Raniry pers, Darussalam Banda
Aceh, 2004
Nurul Zuriah, Penelitian
Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Sosial, (Malang: Bayu Media, 2003), hal 56
Suharsimi Arikunto, Prosedur
Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, 1993, hal.107
Http://Baskoro
I. Blogspot.com/2006/06 “Konsep-Konsep Dasar Penelitian Tindakan” (TPK)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar