View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

PROGRAM SEMESTER === MAN DARUSSALAM


PROGRAM SEMESTER

Nama Sekolah     : MAN Darussalam
Mata Pelajaran   : Bahasa Arab
Kelas / Semester : X / I dan II
Tahun Ajaran       : 2010 / 2011

NO
SK
NO
KD
Materi
Pokok
Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Bulan / Minggu
Ket

Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari

2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
2
3




من يوميا الطالب
           قراءة
           قواعد
          حوار
إنشاْء  

كتاب الله الخالد
قراءة
قواعد
حوار
           إنشاء 

الأعمال الصالحة
قراءة
قواعد
حوار
إنشاء   


محمد رسول لله
          قراءة
          قواعد
          حوار
         إنشاء


4 JP
2 JP
2 JP
2 JP


2 JP
2 JP
2 JP
2 JP


2 JP
2 JP
2 JP
2 JP


2 JP
2 JP
2 JP
2 JP


2


2



2




2
L
I
B
U
R

S
E
L
A
M
A

B
U
L
A
N

P
U
A
S
A
L
I
B
U
R

H
A
RI

RA
Y
A

I
DU
L

F
I
TR
I





2








2









2










2











2














2
















2
















2

















2





















2






















2



















2























2
U
L
A
N
G
A
N

U
M
U
M
K
E
G
I
A
T
A
N

E
K
S
T
R
A
K
U
R
I
K
U
L
E
R
H
A
R
I

L
I
B
U
R

S
E
M
E
S
T
E
R

&

B
E
S
A
R

Jumlah
34 JP
4
2
2
2


2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2

2













































Pamong



Hafnizar, S.Ag
NIP: 197205271999052001
Praktikan



Muhammad Iqbal
NIM: 220716779



Kepala MAN Darussalam



Mustafa S.Ag
NIP: 197012519999051001


                                                        































PROGRAM TAHUNAN


Nama Sekolah         : MAN Darussalam
Mata Pelajaran        : Bahasa Arab
Kelas / Semester     : X I dan II
Tahun Ajaran           : 2010 / 2011

Standar Kompetensi
(SK)
Kompetensi Dasar
(KD)
Alokasi Waktu
(JP)
Keterangan
Semester I
Menyimak
1.       Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang  
من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله

1.1             Mengidentifikasi bunyi, ujaran (Kata, Frasa atau Kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2             Menangkap makna dan gagasan atau berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
10 JP

Berbicara
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau     dialog tentang
 من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة,محمد رسول الله

2.1             Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.
2.2             Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
8 JP

Membaca
3..Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang

  من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله

2.3             Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar.
2.4             Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
2.5             Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
8 JP

Menulis
4.  Mengungkap informasi secara tertulis berbentuk paparan atau             dialog tentang
من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله

2.6             Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
2.7             Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa dan struktur yang benar
8 JP

Semester II
Menyimak
1.    Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang

غاية الايمان, العقيدة و العبادة فى القران, الحديث الشريف, نحن المسلمين




1.1             Mengidentifikasi bunyi, ujaran (Kata, Frasa atau Kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2             Menangkap makna dan gagasan atau berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
8 JP

Berbicara
2.     Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang
 غاية الايمان, العقيدة و العبادة فى القران, الحديث الشريف, نحن المسلمين

2.1       Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2       Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar
8 JP

Membaca
3.     Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang
 غاية الايمان, العقيدة و العبادة فى القران, الحديث الشريف, نحن المسلمين
3.1       Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar.
3.2       Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3       Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
8 JP

Menulis
4.     Mengungkap informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang
غاية الايمان, العقيدة و العبادة فى القران, الحديث الشريف, نحن المسلمين

4.1       Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2       Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa dan struktur yang benar
8 JP

Jumlah
32 JP



         Mengetahui, 28 November 2010


Pamong



Hafnizar, S.Ag
NIP: 197205271999052001
Praktikan



Muhammad Iqbal
NIM: 220716779

Kepala MAN Darussalam



   Mustafa, S.Ag
          NIP: 1970120519999051001







SILABUS

Nama Sekolah         : MAN Darussalam
Kelas/Program         : X/ 1 dan II
Mata Pelajaran        : Bahasa Arab
Semester                  : I (Satu)
Tahun Ajaran           : 2010 / 2011

Standar Kompetensi : Menyimak
1.      Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (Kata, Frasa atau Kalimat) dalam suatu konteks dengang tepat.

1.2  Menangkap makna dan gagasan atau berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
من يوميا الطالب




·      Mampu mengulangi ung-kapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar

·      Menjawab beberapa per-tanyaan tentang kan-dungan teks qiraah dengan benar
·      Mendengarkan materi nash dan materi hiwar
·      Mencari kata, frasa atau kalimat baru yang didengar.
·      Menyebutkan kembali kata, frasa atau kalimat yang didengar.
·      Membedakan dengan tepat kata yang diucapkan.
·      Menceritakan kembali isi teks.
·      Menjawab pertanyaan yang berhubungan teks
·      Menerjemahkan teks
Kuis
dan
Tes
Pertanya-an lisan dan perta-nyaan tulisan
أجب عن الأسنلة الأتية!
١. أذ هب إلى المد رسة في؟
٢. بعد الصلاة المغرب جماعة؟

الاجابة
١. الساعة السادسة
٢.أقرأ القران الكريم, ثم أتناول العشاء مع أسرتى

10 JP
·      Buku pegangan (Buku Paket)

·      Kamus



Standar Kompetensi : Berbicara
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
2.1       Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.

2.2       Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
كتاب الله الخالد

·      Mampu bertanya jawab secara berpasangan de-ngan menggunakan kata tanya yang disediakan
·      Mampu bertanya jawab secara berpasangan de-ngan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan.
·      Mampu bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan.
·      Mampu bertanya jawab secara berpasangan denan hiwar seperti contoh yang disediakan
·      Mengucapkan ujaran dengan benar.

·      Menggunakan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat


·      Mendemonstrasikan dialog di depan kelas


·      Memahami pengertian dari struktur kalimat yang dipelajari


·      Memberikan contoh kalimat sesuai struktur yang dipelajari
Kuis
dan
Tes
Pertanya-an lisan dan perta-nyaan tulisan

1- ماذا تفهم عن
 الموضوع كتاب
الله الخا لد   ؟
8 JP
·      Buku pegangan (Buku Paket)

·      Kamus











Standar Kompetensi : Membaca
3.        Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu

Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
3.1Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar.

3.2Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat.

3.3Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.
,الاعمال الصالحة
·      Mampu membaca nash qiraah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
·      Mampu menjawab bebe-rapa pertanyaan tentang kandungan teks qiraah.
·      Mampu menyatakan benar  صحيح atau salah  خطاء kalimat yang disediakan dari segi makna.
·      Mampu membetulkan pertanyaan-pertanyaan yang sah dari segi makna
·      Membaca teks dengan lafal yang benar.

·      Mengartikan teks qiraah.


·      Menjawab pertanyaan yang berhubungan teks.


·      Mencari mufradat baru yang sulit


·      Menceritakan isi kandungan teks.


·      Menentukan ide pokok cerita
Kuis
dan
Tes
Pertanya-an lisan dan perta-nyaan tulisan

1- إقرأ هذاه االقرءة
ثم أجب عن لآسلة ؟

ما هي الآعمال
الصا لحة ؟

2-أذكر مثالا
من عمال الصا لحة؟
8 JP
·      Buku pegangan (Buku Paket)

·      Kamus










Standar Kompetensi : Menulis
4.        Mengungkap informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang  من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
4.1Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.

4.2Mengungkapkan ga-gasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa dan struktur yang benar

محمد رسول الله
·      Mampu menjawab bebe-rapa pertanyaan untuk menyusun paragraf dengan struktur kalimat yang diprogramkan.
·      Melengkapi kalimat dengan memilih ungka-pan yang tepat.
·      Menyesuaikan paragraf yang disediakan dengan beberapa pelaku dhamir yang diprogramkan.
·      Menyusun kata-kata atau ungkapan-ungkapan acak menjadi kalimat.
·      Menyusun kalimat-kali-mat acak menjadi paragraph.
·      Membuat contoh kali-mat sederhana dari kosa kata yang berhu-bungan dengan materi.

·      Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna.


·      Menulis beberapa mufradat sesuai materi
Kuis
dan
Tes
Pertanya-an lisan dan perta-nyaan tulisan

1-     من هو محمد
رسول الله؟

2-     رتب هذاه
 الكلما ت
حتى تكون جملة
مفيدة؟
10 JP
·      Buku pegangan (Buku Paket)

·      Kamus

Pamong



Hafnizar, S.Ag
NIP: 197205271999052001
Praktikan



Muhammad Iqbal
NIM: 220716779
Kepala MAN Darussalam



   Mustafa, S.Ag
          NIP: 1970120519999051001

Tidak ada komentar: