PROGRAM SEMESTER
Nama
Sekolah : MAN Darussalam
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : X / I dan II
Tahun
Ajaran : 2010 / 2011
NO
SK
|
NO
KD
|
Materi
Pokok
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Bulan / Minggu
|
Ket
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
Januari
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2
|
3
|
|
||||||||||||
|
|
من يوميا
الطالب
قراءة
قواعد
حوار
إنشاْء
كتاب الله
الخالد
قراءة
قواعد
حوار
إنشاء
الأعمال
الصالحة
قراءة
قواعد
حوار
إنشاء
محمد رسول
لله
قراءة
قواعد
حوار
إنشاء
|
4
JP
2 JP
2 JP
2 JP
2 JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
2
JP
|
2
|
2
|
2
|
2
|
L
I
B
U
R
S
E
L
A
M
A
B
U
L
A
N
P
U
A
S
A
|
L
I
B
U
R
H
A
RI
RA
Y
A
I
DU
L
F
I
TR
I
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
U
L
A
N
G
A
N
U
M
U
M
|
K
E
G
I
A
T
A
N
E
K
S
T
R
A
K
U
R
I
K
U
L
E
R
|
H
A
R
I
L
I
B
U
R
S
E
M
E
S
T
E
R
&
B
E
S
A
R
|
|
|||||||||||||
Jumlah
|
34 JP
|
4
|
2
|
2
|
2
|
|
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
|
|
|
|
|||||||||||||||
Pamong
Hafnizar, S.Ag
NIP: 197205271999052001
|
Praktikan
Muhammad Iqbal
NIM: 220716779
|
|
|
Kepala MAN Darussalam
Mustafa S.Ag
NIP: 197012519999051001
PROGRAM
TAHUNAN
Nama
Sekolah : MAN Darussalam
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : X I dan II
Tahun
Ajaran : 2010 / 2011
Standar
Kompetensi
(SK)
|
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Alokasi Waktu
(JP)
|
Keterangan
|
Semester
I
|
|||
Menyimak
1.
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang
من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال
الصالحة ,محمد رسول الله
|
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (Kata, Frasa
atau Kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2
Menangkap makna dan gagasan atau berbagai
bentuk wacana lisan secara tepat.
|
10 JP
|
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang
من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال
الصالحة,محمد رسول الله
|
2.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara
lisan dengan lafal yang tepat.
2.2
Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat
dan lancar.
|
8 JP
|
|
Membaca
3..Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog
tentang
من يوميا الطالب, كتاب
الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله
|
2.3
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat
dan wacana tulis dengan benar.
2.4
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat
2.5
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis secara tepat
|
8 JP
|
|
Menulis
4. Mengungkap informasi secara tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang
من
يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله
|
2.6
Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat.
2.7
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa dan struktur yang benar
|
8 JP
|
|
Semester II
|
|||
Menyimak
1.
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang
غاية الايمان, العقيدة و العبادة فى القران,
الحديث الشريف, نحن المسلمين
|
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (Kata, Frasa
atau Kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2
Menangkap makna dan gagasan atau berbagai
bentuk wacana lisan secara tepat.
|
8 JP
|
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang
غاية الايمان,
العقيدة و العبادة فى القران, الحديث الشريف, نحن المسلمين
|
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat
secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan
tepat dan lancar
|
8 JP
|
|
Membaca
3.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog tentang
غاية الايمان,
العقيدة و العبادة فى القران, الحديث الشريف, نحن المسلمين
|
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata,
kalimat dan wacana tulis dengan benar.
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana
secara tepat
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide
wacana tulis secara tepat
|
8 JP
|
|
Menulis
4.
Mengungkap informasi secara tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang
غاية الايمان, العقيدة و العبادة فى القران,
الحديث الشريف, نحن المسلمين
|
4.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan
huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat
secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa dan struktur
yang benar
|
8 JP
|
|
Jumlah
|
32 JP
|
|
Mengetahui, 28 November 2010
Pamong
Hafnizar, S.Ag
NIP: 197205271999052001
|
Praktikan
Muhammad Iqbal
NIM: 220716779
|
Kepala
MAN Darussalam
Mustafa, S.Ag
NIP: 1970120519999051001
SILABUS
Nama
Sekolah : MAN Darussalam
Kelas/Program : X/ 1 dan II
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : I (Satu)
Tahun
Ajaran : 2010 / 2011
Standar Kompetensi :
Menyimak
1.
Memahami informasi lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang من يوميا
الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (Kata, Frasa atau Kalimat) dalam suatu konteks dengang tepat.
1.2 Menangkap
makna dan gagasan atau berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
|
من يوميا الطالب
|
·
Mampu mengulangi ung-kapan-ungkapan hiwar yang
diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar
·
Menjawab beberapa per-tanyaan tentang
kan-dungan teks qiraah dengan benar
|
· Mendengarkan
materi nash dan materi hiwar
· Mencari
kata, frasa atau kalimat baru yang didengar.
· Menyebutkan
kembali kata, frasa atau kalimat yang didengar.
· Membedakan
dengan tepat kata yang diucapkan.
· Menceritakan
kembali isi teks.
· Menjawab
pertanyaan yang berhubungan teks
· Menerjemahkan
teks
|
Kuis
dan
Tes
|
Pertanya-an
lisan dan perta-nyaan tulisan
|
أجب عن
الأسنلة الأتية!
١. أذ هب إلى
المد رسة في؟
٢. بعد
الصلاة المغرب جماعة؟
الاجابة
١.
الساعة السادسة
٢.أقرأ
القران الكريم, ثم أتناول العشاء مع أسرتى
|
10 JP
|
· Buku
pegangan (Buku Paket)
· Kamus
|
Standar
Kompetensi : Berbicara
2.
Mengungkapkan informasi secara
lisan berbentuk paparan atau dialog tentang من
يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat
secara lisan dengan lafal yang tepat.
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan
tepat dan lancar.
|
كتاب الله الخالد
|
·
Mampu bertanya jawab secara berpasangan
de-ngan menggunakan kata tanya yang disediakan
· Mampu
bertanya jawab secara berpasangan de-ngan menggunakan struktur kalimat yang
diprogramkan.
· Mampu
bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif
yang diprogramkan.
· Mampu
bertanya jawab secara berpasangan denan hiwar seperti contoh yang disediakan
|
· Mengucapkan
ujaran dengan benar.
· Menggunakan
ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Mendemonstrasikan
dialog di depan kelas
· Memahami
pengertian dari struktur kalimat yang dipelajari
· Memberikan
contoh kalimat sesuai struktur yang dipelajari
|
Kuis
dan
Tes
|
Pertanya-an
lisan dan perta-nyaan tulisan
|
1- ماذا تفهم عن
الموضوع كتاب
الله الخا لد ؟
|
8 JP
|
· Buku
pegangan (Buku Paket)
· Kamus
|
Standar Kompetensi :
Membaca
3.
Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog tentang من يوميا الطالب, كتاب
الله الخالد,الاعمال الصالحة ,محمد رسول الله
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar.
3.2Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat.
3.3Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.
|
,الاعمال الصالحة
|
·
Mampu membaca nash qiraah dengan makhraj serta
intonasi yang baik dan benar
·
Mampu menjawab bebe-rapa pertanyaan tentang
kandungan teks qiraah.
·
Mampu menyatakan benar صحيح atau salah خطاء kalimat yang disediakan dari segi makna.
·
Mampu membetulkan pertanyaan-pertanyaan yang
sah dari segi makna
|
· Membaca
teks dengan lafal yang benar.
· Mengartikan
teks qiraah.
· Menjawab
pertanyaan yang berhubungan teks.
· Mencari
mufradat baru yang sulit
· Menceritakan
isi kandungan teks.
· Menentukan
ide pokok cerita
|
Kuis
dan
Tes
|
Pertanya-an
lisan dan perta-nyaan tulisan
|
1- إقرأ هذاه االقرءة
ثم أجب عن لآسلة ؟
ما هي الآعمال
الصا لحة ؟
2-أذكر مثالا
من عمال الصا لحة؟
|
8 JP
|
· Buku
pegangan (Buku Paket)
· Kamus
|
Standar
Kompetensi : Menulis
4.
Mengungkap informasi secara
tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang من يوميا الطالب, كتاب الله الخالد,الاعمال
الصالحة ,محمد رسول الله
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1Menulis
kata, frasa dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2Mengungkapkan
ga-gasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata,
frasa dan struktur yang benar
|
محمد رسول الله
|
·
Mampu menjawab bebe-rapa pertanyaan untuk
menyusun paragraf dengan struktur kalimat yang diprogramkan.
·
Melengkapi kalimat dengan memilih ungka-pan
yang tepat.
·
Menyesuaikan paragraf yang disediakan dengan
beberapa pelaku dhamir yang diprogramkan.
·
Menyusun kata-kata atau ungkapan-ungkapan acak
menjadi kalimat.
·
Menyusun kalimat-kali-mat acak menjadi
paragraph.
|
· Membuat
contoh kali-mat sederhana dari kosa kata yang berhu-bungan dengan materi.
· Menyusun
kata acak menjadi kalimat sempurna.
· Menulis
beberapa mufradat sesuai materi
|
Kuis
dan
Tes
|
Pertanya-an
lisan dan perta-nyaan tulisan
|
1- من
هو محمد
رسول الله؟
2- رتب
هذاه
الكلما ت
حتى تكون
جملة
مفيدة؟
|
10 JP
|
· Buku
pegangan (Buku Paket)
· Kamus
|
Pamong
Hafnizar, S.Ag
NIP: 197205271999052001
|
Praktikan
Muhammad Iqbal
NIM: 220716779
|
Kepala
MAN Darussalam
Mustafa, S.Ag
NIP: 1970120519999051001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar