RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MAN 2 SIGLI
MATA PELAJARAN :
BAHASA ARAB
KONSEP :
الحديث الشريف
SUB. KONSEP :
Hiwar / حوار
KELAS/SEMESTER :
XI/II
PERTEMUAN :
II
WAKTU :
20 MENIT
A. STANDAR KOMPETENSI :
1. mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang الحديث الشريف.
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1. Bercakap,
Membaca dan Menulis dalam bahasa arab tentang
الحديث الشريف dengan struktur kalimat dasar yang mengandung المبتدأ والخبر .
C. HASIL BELAJAR
- Melakukan
percakapan tentang الحديث الشريف dengan menggunakan 30 mufradat baru dan struktur kalimat dasar
yang mengandung bentuk المبتدأ والخبر.
D. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Mengucapkan materi hiwar dengan
lafal dan intonasi yang baik dan benar.
2. mendemonstrasikan materi hiwar
dengan berpasangan.
E. MATERI POKOK
- Hiwar tentang الحديث الشريف
dengan menggunakan 20 mufradat, seperti, كلام, لفظ,
تقرير, المسجد, شريعة dan struktur kalimat dasar yang mengandung
bentuk المبتدأ والخبر seperti هو القرأن الكريم, الأساس الثاني . pertanyaan dengan
menggunakan ماذا؟,
هل, من أين.
F. PENGALAMAN BELAJAR
1. Guru melafalkan hiwar didepan
kelas dengan baik dan benar.
2. Siswa menyimak dan melafalkan
hiwar tersebut.
3. Siswa memperagakan hiwar didepan
kelas.
G. SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Pengalaman belajar
|
Waktu
|
Metode Pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan awal
Pendahuluan
- Guru masuk dan memberi salam.
- Guru tegur sapa dan mengabsen
siswa.
- Guru mengulang sekilas tentang
pelajaran yang lalu.
- Pengantar dan penjelasan
tentang tujuan.
Kegiatan inti
- Konsep I : - Guru melafalkan
hiwar .
- Siswa
mengulang dan meniru.
- Konsep II : - Siswa
memperagakan hiwar didepan kelas dengan berpasangan .
Penutup
Rangkuman
- Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
- Guru dan siswa menyimpulkan materi.
Penilaian
- Siswa memperagakan hiwar
didepan kelas.
Pengumuman
- Guru memotivasi kepada siswa
untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.
|
3 Menit
14 Menit
3 Menit
|
طـريــقة الإلقــائـــية
- طـريــقة المباشرة
- طـريــقة الإنـــتقائــية
- حل الــمشكلــة
طـريــقة الإسـتنـبـاط
|
H. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/ SUMBER BACAAN
a. Media : - White board
- Spidol
- Meja dan Kursi
- Lembaran
Penilaian hiwar.
- Lembaran fotokopi materi hiwar.
b. Sumber Bahan
- Buku Bahasa Arab MA, kelas XI, Karangan
Drs. Zaenuri siroj.
- GBPP
- Kamus
I. PENILAIAN
1. Penilaian Proses :
- Dilaksanakan saat berlangsung
proses belajar mengajar melalui lembaran pengamatan dan penilaian.
2. Penilaian Hasil : - Dilakukan setelah proses belajar
mengajar.
3. Soal-Soal :
- Bacalah hiwar di depan kelas.
- Dalami materi hiwar dengan
seksama.
J. PEKERJAAN RUMAH (PROYEK)
- Hafalkan teks
Hiwar tentang الحديث الشريف di rumah.
Mengetahui Pidie
Jaya, 21 April 2011
Kepala MAN 2 Sigli Kota Meureudu Guru
Bidang Studi Bahasa arab
Drs. Abdussamad, M.Pd Muhammad Tsabirin, S.Pd,I
NIP: 1967456217 00087645 NIP:
1976354112 00987112
ABSEN SISWA
NO
|
KEHADIRAN SISWA
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||||
NAMA SISWA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
I
|
S
|
|
1
|
ARDAN QADRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
AYUDI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ASMAUL HUSNA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ERNAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
FARIDA IRIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
NUR AZIZAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SHELI YULITA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
UBAIDILLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
ZAINUL USHRA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note: A = Alpa
I = Izin
S = Sakit
LEMBARAN
PENGAMATAN DAN PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
INSTRUMEN PENILAIAN
|
JUMLAH SCORE
(NA/4=N)
|
SCORE / NILAI
|
|||||||
Intonasi Suara
|
Penghayatan Isi Hiwar
|
Gaya Bercakap
|
Kelancaran Berbahasa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
ARDAN QADRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
AYUDI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ASMAUL HUSNA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ERNAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
FARIDA IRIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
NUR AZIZAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SHELI YULITA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
UBAIDILLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
ZAINUL USHRA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note : A = Istimewa (86-100)
B = Bagus Sekali (73-85)
C = Cukup (60-72)
D = Kurang Cukup (33-59)
E = Kurang / Gagal (1-32)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar