View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)=== MAN 2 SIGLI----- II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                              : MAN 2 SIGLI
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KONSEP                                : الحديث الشريف
SUB. KONSEP                       : Hiwar / حوار
KELAS/SEMESTER               : XI/II
PERTEMUAN                         : II
WAKTU                                  : 20 MENIT


A. STANDAR KOMPETENSI :
1. mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang الحديث الشريف.
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1. Bercakap, Membaca dan Menulis dalam bahasa arab tentang  الحديث الشريف dengan struktur kalimat dasar yang mengandung المبتدأ والخبر .

C. HASIL BELAJAR
- Melakukan percakapan tentang الحديث الشريف dengan menggunakan 30 mufradat baru dan struktur kalimat dasar yang mengandung bentuk المبتدأ والخبر.                

D. INDIKATOR PENCAPAIAN
1.      Mengucapkan materi hiwar dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
2.      mendemonstrasikan materi hiwar dengan berpasangan.
                                              
E. MATERI POKOK
- Hiwar tentang الحديث الشريف dengan menggunakan 20 mufradat, seperti, كلام, لفظ, تقرير, المسجد, شريعة  dan struktur kalimat dasar yang mengandung bentuk المبتدأ والخبر seperti هو القرأن الكريم, الأساس الثاني . pertanyaan dengan menggunakan ماذا؟, هل, من أين.

F. PENGALAMAN BELAJAR
1.      Guru melafalkan hiwar didepan kelas dengan baik dan benar.
2.      Siswa menyimak dan melafalkan hiwar tersebut.
3.      Siswa memperagakan hiwar didepan kelas.


G. SKENARIO PEMBELAJARAN

No
Pengalaman belajar
Waktu
Metode Pembelajaran
1
2
3
4
1.








2.





3.










Kegiatan awal
Pendahuluan
-  Guru masuk dan memberi salam.
-  Guru tegur sapa dan mengabsen siswa.
-  Guru mengulang sekilas tentang pelajaran yang lalu.
-  Pengantar dan penjelasan tentang tujuan.


Kegiatan inti
- Konsep I :  - Guru melafalkan hiwar .
                    - Siswa mengulang dan meniru.
- Konsep II : - Siswa memperagakan hiwar didepan kelas dengan berpasangan .

Penutup
Rangkuman
-  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
-  Guru dan siswa  menyimpulkan materi.
Penilaian
- Siswa memperagakan hiwar didepan kelas.
Pengumuman
-  Guru memotivasi kepada siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.  


3 Menit







14 Menit







3 Menit









طـريــقة الإلقــائـــية






- طـريــقة المباشرة

- طـريــقة الإنـــتقائــية

- حل الــمشكلــة




طـريــقة الإسـتنـبـاط









H. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/ SUMBER BACAAN
a. Media :         - White board
- Spidol
- Meja dan Kursi
- Lembaran Penilaian hiwar.
- Lembaran  fotokopi materi hiwar.



b. Sumber Bahan
- Buku Bahasa Arab MA, kelas XI, Karangan Drs. Zaenuri siroj.
- GBPP
- Kamus


I. PENILAIAN
1.      Penilaian Proses :
- Dilaksanakan saat berlangsung proses belajar mengajar melalui lembaran pengamatan dan penilaian.
2.      Penilaian Hasil :       - Dilakukan setelah proses belajar mengajar.
3.      Soal-Soal :
- Bacalah hiwar di depan kelas.
- Dalami materi hiwar dengan seksama.


J. PEKERJAAN RUMAH (PROYEK)

- Hafalkan teks Hiwar tentang  الحديث الشريف di rumah.







Mengetahui                                                                   Pidie Jaya, 21 April 2011
Kepala MAN 2 Sigli Kota Meureudu               Guru Bidang Studi Bahasa arab



Drs. Abdussamad, M.Pd                                              Muhammad Tsabirin, S.Pd,I
NIP: 1967456217 00087645                                       NIP: 1976354112 00987112








ABSEN SISWA

NO
KEHADIRAN SISWA
KET
NAMA SISWA

























A
I
S
1
ARDAN QADRI




























2
AYUDI




























3
ASMAUL HUSNA




























4
ERNAWATI   




























5
FARIDA IRIANI




























6
NUR AZIZAH




























7
SHELI YULITA




























8
UBAIDILLAH




























9
ZAINUL USHRA













































































































































































































































































Note:    A = Alpa
I = Izin
S = Sakit














LEMBARAN PENGAMATAN DAN PENILAIAN


NO

NAMA SISWA
INSTRUMEN PENILAIAN
JUMLAH SCORE (NA/4=N)
SCORE / NILAI
Intonasi Suara
Penghayatan Isi Hiwar
Gaya Bercakap
Kelancaran Berbahasa
A
B
C
D
E
1
ARDAN QADRI










2
AYUDI










3
ASMAUL HUSNA










4
ERNAWATI          










5
FARIDA IRIANI










6
NUR AZIZAH










7
SHELI YULITA










8
UBAIDILLAH










9
ZAINUL USHRA
















































Note :   A = Istimewa                (86-100)
B = Bagus Sekali          (73-85)
C = Cukup                   (60-72)
D = Kurang Cukup       (33-59)
E = Kurang / Gagal       (1-32)


Tidak ada komentar: