PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : II-3
Semester : Satu
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar serta Indikator
|
KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL (KKM)
|
|||||
Kriteria Penentuan KKM
|
KKM
|
KKM Mata Pelajaran
|
||||
Kompleksitas
|
Daya Pendukung
|
Intake siswa
|
KD
|
SK
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1. Menyimak
Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengar (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)tentang :الساعة
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah
dan ujaran (kata, frase, atau kalimat)dalam suatu konteks wacana lisan
tentang: الساعة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi
dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentana”as-sa’ah” yang
meliputi bilangan bertingkat.
1.3 Memberi
tanggapan/respon pad aide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog
sederhana tentang “as-sa’ah”yang meliputi bilangan bertingkat.
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita,
serta bertanya jawab tentang “as-sa’ah”
2.1 Menyampaikan
informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan
bercerita tentang “as-sa’ah”dengan menggunakan media gambar/alat peraga dan
menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.
2.2 Melakukan Tanya
jawab dengan lancar dan tepat tentang “as-sa’ah”dengan menggunakan alat
peragadan berstruktur kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.
3. Membaca
Memahami berbagai ragam
teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi atau
nonfiksi melalui kegiatan membaca,menganalisa dan menemukan pokok pikiran
tentang:الساعة
3.1 Membaca nyaring,
melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan
intonasi yang bertema : الساعة
dengan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.
3.2 Mengidentifikasi
kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang “as-sa’ah”dan
menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
3.3 Menemukan informasi
dari wacana tulis sederhana tentang”as-sa’ah”
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi baik fiksi atau nonfiksi
melalui kegiatan menulis tentang “as-sa’ah”
4.1 Menulis pragraf
sederhana tentang “as-sa’ah”dengan menggunakan struktur kalimat bilangan
bertingkat.
1. Menyimak
Memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengar (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)tentang:أنشطتي فى المدرسة
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata,
frase, atau kalimat)dalam suatu konteks wacana lisan tentang: أنشطتي فى المدرسة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi
dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentana”أنشطتي فى المدرسة”
yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada’+khabar+maf’ul
bih)
1.3 Memberi
tanggapan/respon pad aide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog
sederhana tentang “أنشطتي فى المدرسة”yang meliputi kalimat berstruktur jumlah
ismiyah.
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran,gagasan,
perasaan,pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya
jawab tentang: أنشطتي فى
المدرسة
2.1 Menyampaikan informasi
secara lisan tentang أنشطتي فى المدرسة Yang tepat dan benar dengan menggunakan
kalimat jumlah ismiyah (mubtada’+ khabar+ maf’ul bih).
2.2 Melakukan dialog sederhana
tentang
أنشطتي فى المدرسة dengan tepat dan
dengan menggunakan jumlah ismiyah.
2.3 Menjelaskan tentang أنشطتي فى المدرسة melalui kegiatan bercerita dengan tepat
dan benar dengan menerapkan jumlah ismiyah.
3. Membaca
Memahami berbagai teks tulis
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana ,baik fiksi atau nonfiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي فى المدرسة
3.1 Membaca nyaring,melafalkan huruf
hijaiyah ,kata,frase,kalimat dengan ucapan, tekanan,dan intonasi yang bertema
tentang أنشطتي فى المدرسة
Dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’+khabar+maf’ul
bih)
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, atau
kalimat dalam wacana tertulis tentang أنشطتي فى المدرسة dan menerapkan jumlah ismiyah.
3.3 Menemukan informasi dari
wacana tertulis sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran,gagasan,perasaan ,pengalaman dan informasi,baik fiksi atau nonfiksi
melalui kegiatan menulis tentang أنشطتي فى المدرسة
4.1 Menulis paragraph sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة dengan menggunakan struktur kalimat
jumlah ismiyah (mubtada’ +khabar + maf’ul bih)
4.2 Menulis kegiatan disekolah
dengan menggunakan jumlah ismiyah.
1. Menyimak
Memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengar tentang أنشطتي فى البيت
1.1 Mengidentifikasi bunyi
huruf hijaiyah dan ujaran dalam suatu teks wacana lisan tentang أنشطتي فى البيت Dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang أنشطتي فى البيت
yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
1.3 Memberikan tanggapan pada
ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang أنشطتي فى البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah
fi’liyah.
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran,gagasan,
melalui kegiatan bercerita dan Tanya jawab tentang أنششطتي فى البيت
2.1 Menyampaikan informasi
secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat tentang أنشطتي فى البيت dengan menggunakan media dan menerapkan
jumlah fi’liyah
2.2 Berbicara tentang أنشطتي فى البيتdengan tepat dan
benar menggunakan jumlah fi’liyah
2.3 Bercerita dengan
menggunakan media gambar aktivitas dirumah dengan tepat dan benar menggunakan
kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
3. Membaca
Memahami berbagai teks tulis
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi ataupun nonfiksi
melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي فى البيت:
3.1 Membaca nyaring,melafalkan
huruf hijaiyah ,kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
bertema tentang أنشطتي فى البيتdengan menggunakan
jumlah fi’liyah.
3.2 Mengidentifikasi kata,frase,atau
kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan dirumah dengan menggunakan
kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
3.3 Menemukan informasi dari
wacana tulis sederhana tentang أنشطتي فى البيت Dengan menerapkan jumlah fi’liyah
4. Menulis
mengungkapkan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman, dan informasi baik fiksi atau nonfiksi melalui
kegiatan meringkas dan menulis tentang: أنشطتي فى البيت
4.1 Menulis jadwal kegiatan
harian dirumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
4.2 Menulis pragraf sederhana
tentang kegiatan sehari-hari dirumah dengan menggunakan jumlah ismiyah.
|
60
60
60
55
55
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
55
55
55
60
60
60
60
60
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
55
55
55
55
55
60
60
60
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
|
58,3
58,3
58,3
56,6
56,6
60,0
60,0
60,0
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
56,6
56,6
56,6
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
|
58,3
56,6
60,0
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
56,6
58,3
58,3
|
58,1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
KKM Mata Pelajaran
|
|
|
Kepala MTsN
Rukoh Guru Bidang Studi
(Zulkifli, S.Ag. M.pd) (Susita,
S.Ag)
Nip : 19720625 199903 1 005 Nip
: 19731111 199905 2 001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : II-3
Semester : Dua
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar serta Indikator
|
KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL (KKM)
|
|||||
Kriteria Penentuan KKM
|
KKM
|
KKM Mata Pelajaran
|
||||
Kompleksitas
|
Daya Pendukung
|
Intake siswa
|
KD
|
SK
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1. Menyimak
Memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan (bentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang: الهواية
1.1 Mengidentifikasi bunyi
huruf hijaiyah dan ujaran (kata,frasa,atau kalimat) dalam suatu konteks
wacana lisan tentang الهوايةDengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat
berstruktur fi’il mudari + masdar sarih.
1.2 Menemukan informasi dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentangالهواية Dengan menggunakan fi’il mudhari + masdar
sarih
1.3 Memberikan tanggapan pada
ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهواية Dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari + masdar
sarih
2. Berbicara
Mengungkapakan pikiran,
gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita dan
tanya jawab tentang الهواية
2.1 Bercerita tentang الهواية Dengan lancer dan tepat
2.2 Melakukan wawancara dengan
orang lain tentang الهواية
3. Membaca
Memahami berbagai ragam teks
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi atau nonfiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang الهواية
3.1 Membaca kata, frase,dan
kalimat tentangالهواية dengan ucapan,tekanan
intonasi yang bertema dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari +
masdar sarih
3.2 Mengidentifikasi
kata,frase,dan kalimat dalam wacana tertulis tentangالهواية dengan mengggunakan fi’il mudhari + masdar
sarih
3.3 Menemukan informasi dari
wacana tertulis sederhana tentangالهواية dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il
mudhari + masdar sarih
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran,gagasan, perasaan, pengalaman
dan informasi baik fiksi ataupun
nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang الهواية :
4.1 Menulis paragraph sederhana tentang الهواية dari beberapa teman
sekelas
4.2 Menulis beberapaالهواية Yang disenangi
1. Menyimak
Memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan (bentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang : المهنة
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata,frasa,atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهنة Dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur
fi’il mudari dan kata an, lan, li (أن, لن, لى )
1.2 Menemukan informasi dari
berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang المهنة Dengan
menggunakan fi’il mudhari dan kata an,
lan, li (أن ,
لن, لى )
1.3 Memberikan tanggapan pada
ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهنة Dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari dan kata
an, lan, li ( أن,
لن, لى )
2. Berbicara
Mengungkapkan berbagai teks
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi atau nonfiksi pikiran,
melalui kegiatan membaca, menganalisis,
dan menemukanpokok pikiran tentang المهنة:
2.1 Bercerita tentangالمهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il
mudhari dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى
2.2 Melakukan Tanya jawab
dengan orang lain tentang المهنة secara tepat dan benar dengan
menggunakan kalimat berstruktur fi’il dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى )
3. Membaca
Memahami berbagai ragam teks
dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi atau nonfiksi melalui
kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang المهنة:
3.1 Membaca kata, frase,dan kalimat tentangالمهنة dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema
dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari dan kata an, lan, li
( أن, لن, لى )
3.2 Mengidentifikasi
kata,frase,dan kalimat dalam wacana tertulis tentangالمهنة dengan mengggunakan fi’il mudhari dan kata an,
lan, li (
أن, لن, لى )
3.3 Menemukan informasi dari
wacana tertulis sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur
fi’il mudhari dan kata an, lan, li
( أن, لن, لى )
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran,gagasan, perasaan, pengalaman
dan informasi baik fiksi ataupun
nonfiksi melalui kegiatan menulis tentangالمهنة
4.1 Menulis paragraph sederhana tentang jenis-jenisالمهنة dengan menggunakan
kalimat berstruktur fi’il mudhari dan
kata an, lan, li ( أن,
لن, لى )
4.2 Menulis profesi anggota keluarga siswa dengan
menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari
dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى )
|
60
60
60
55
55
65
65
60
60
60
60
60
60
55
60
60
60
60
55
55
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
55
55
55
55
55
60
60
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
55
|
58,3
58,3
58,3
56,6
56,6
61,6
61,6
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
58,3
56,6
58,3
58,3
58,3
58,3
56,6
56,6
|
58,3
56,6
60,5
58,3
58,3
57,4
58,3
56,6
|
58,0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
KKM Mata Pelajaran
|
|
Mengetahui, Menyetujui, Banda Aceh, 26 November 2010
Guru
Bidang Studi Kepala Sekolah Mahasiswa Praktikan
(Susita, S.Ag) (Zulkifli,
S.Ag M.Pd) (Wazir Syah)
NIP. 19731111 199905 2 001
NIP.
19720625 199903 1 005 NIM. 220716584
NO
|
NIS
|
NAMA
SISWA/I
|
L/P
|
NILAI
ANGKA
|
NILAI
HURUF
|
KETERANGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH:
|
L :
|
|
||||
P :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar