View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)



PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Mata Pelajaran              : Bahasa Arab
Kelas                            : II-3
Semester                      : Satu

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Indikator
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Kriteria Penentuan KKM
KKM
KKM  Mata Pelajaran
Kompleksitas
Daya Pendukung
Intake siswa
KD
SK
1
2
3
4
5
6
7
1. Menyimak Memahami wacana lisan melalui kegiatan    mendengar (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)tentang :الساعة  
 1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat)dalam suatu konteks wacana lisan tentang: الساعة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentana”as-sa’ah” yang meliputi bilangan bertingkat.
1.3 Memberi tanggapan/respon pad aide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang “as-sa’ah”yang meliputi bilangan bertingkat.


2.  Berbicara
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita, serta bertanya jawab tentang “as-sa’ah”
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat melalui kegiatan bercerita tentang “as-sa’ah”dengan menggunakan media gambar/alat peraga dan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.   
2.2 Melakukan Tanya jawab dengan lancar dan tepat tentang “as-sa’ah”dengan menggunakan alat peragadan berstruktur kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.


3.  Membaca
Memahami berbagai ragam teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana, baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan membaca,menganalisa dan menemukan pokok pikiran tentang:الساعة 
3.1 Membaca nyaring, melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang bertema : الساعة  dengan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat.
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang “as-sa’ah”dan menerapkan kalimat yang meliputi bilangan bertingkat
3.3 Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang”as-sa’ah”


4.  Menulis
Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang “as-sa’ah”
4.1 Menulis pragraf sederhana tentang “as-sa’ah”dengan menggunakan struktur kalimat bilangan bertingkat.

 



1. Menyimak
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengar (berbentuk gagasan atau dialog sederhana)tentang:أنشطتي فى المدرسة
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase, atau kalimat)dalam suatu konteks wacana lisan tentang: أنشطتي فى المدرسة dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
 1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentana”أنشطتي فى المدرسة yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah(mubtada’+khabar+maf’ul bih)
1.3 Memberi tanggapan/respon pad aide/gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang “أنشطتي فى المدرسة”yang meliputi kalimat berstruktur jumlah ismiyah.


2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran,gagasan, perasaan,pengalaman serta informasi melalui kegiatan bercerita dan bertanya jawab tentang:   أنشطتي فى المدرسة
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan tentang أنشطتي فى المدرسة  Yang tepat dan benar dengan menggunakan kalimat jumlah ismiyah (mubtada’+ khabar+ maf’ul bih).
2.2 Melakukan dialog sederhana tentang أنشطتي فى المدرسة  dengan tepat dan dengan menggunakan jumlah ismiyah.
2.3  Menjelaskan tentang  أنشطتي فى المدرسة   melalui kegiatan bercerita dengan tepat dan benar dengan menerapkan jumlah ismiyah.


 3. Membaca
Memahami berbagai teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana ,baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي فى المدرسة
 3.1 Membaca nyaring,melafalkan huruf hijaiyah ,kata,frase,kalimat dengan ucapan, tekanan,dan intonasi yang bertema tentang   أنشطتي فى المدرسة Dengan menerapkan kalimat berstruktur jumlah ismiyah (mubtada’+khabar+maf’ul bih)
 3.2 Mengidentifikasi kata, frase, atau kalimat dalam wacana tertulis tentang  أنشطتي فى المدرسة  dan menerapkan jumlah ismiyah.
3.3 Menemukan informasi dari wacana tertulis sederhana tentang  أنشطتي فى المدرسة


4.  Menulis
Mengungkapkan pikiran,gagasan,perasaan ,pengalaman dan informasi,baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang  أنشطتي فى المدرسة
 4.1 Menulis paragraph sederhana tentang  أنشطتي فى المدرسة dengan menggunakan struktur kalimat jumlah ismiyah (mubtada’ +khabar + maf’ul bih) 
4.2 Menulis kegiatan disekolah dengan menggunakan jumlah ismiyah.

 



1.  Menyimak
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengar tentang أنشطتي فى البيت 
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran dalam suatu teks wacana lisan tentang أنشطتي فى البيت Dengan cara mencocokkan dan membedakan  secara tepat.
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang أنشطتي فى البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah
1.3 Memberikan tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang  أنشطتي فى البيت yang meliputi kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.

2.  Berbicara
Mengungkapkan pikiran,gagasan, melalui kegiatan bercerita dan Tanya jawab tentang أنششطتي فى البيت
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal dan kalimat yang tepat tentang أنشطتي فى البيت  dengan menggunakan media dan menerapkan jumlah fi’liyah
2.2 Berbicara tentang   أنشطتي فى البيتdengan tepat dan benar menggunakan jumlah fi’liyah
2.3 Bercerita dengan menggunakan media gambar aktivitas dirumah dengan tepat dan benar menggunakan kalimat  berstruktur jumlah fi’liyah.

3.  Membaca
Memahami berbagai teks tulis dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi ataupun nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis dan menemukan pokok pikiran tentang أنشطتي فى البيت:
3.1 Membaca nyaring,melafalkan huruf hijaiyah ,kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema tentang    أنشطتي فى البيتdengan menggunakan jumlah fi’liyah.
3.2 Mengidentifikasi kata,frase,atau kalimat dalam wacana tertulis tentang kegiatan dirumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
3.3 Menemukan informasi dari wacana tulis sederhana tentang أنشطتي فى البيت Dengan menerapkan jumlah fi’liyah


4.  Menulis
mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, dan informasi baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan meringkas dan menulis tentang: أنشطتي فى البيت
4.1 Menulis jadwal kegiatan harian dirumah dengan menggunakan kalimat berstruktur jumlah fi’liyah.
4.2 Menulis pragraf sederhana tentang kegiatan sehari-hari dirumah dengan menggunakan jumlah ismiyah.





60



60



60








55




55










60



60


60








60










60



60



60










60


60


60









60




60



60







60


60









60


60


60






55



55

55








60


60



60








60

60








60



60



60








60




60










60



60


60








60










60



60



60










60


60


60









60




60



60







60


60









60


60


60






60



60

60








60


60



60








60

60










55



55



55








55




55










60



60


60








55










55



55



55










55


55


55









55




55



55







55


55









55


55


55






55



55

55








55


55



55








55

55



58,3



58,3



58,3








56,6




56,6










60,0



60,0


60,0








58,3










58,3



58,3



58,3










58,3


58,3


58,3









58,3




58,3



58,3







58,3


58,3









58,3


58,3


58,3






56,6



56,6

56,6








58,3


58,3



58,3








58,3

58,3













58,3













56,6

















60,0








58,3


















58,3
















58,3


















58,3










58,3















58,3












56,6















58,3










58,3















































































































































































58,1
1
2
3
4
5
6
7
KKM Mata Pelajaran


Guru Praktikan

(Wazir Syah)
NIM. 220716584
 
Mengetahui,                                                                  Banda Aceh, 26 November 2010
Kepala MTsN Rukoh                                                    Guru  Bidang Studi
                       

                                                     
(Zulkifli, S.Ag. M.pd)                                                  (Susita, S.Ag)
Nip : 19720625 199903 1 005                                                Nip : 19731111 199905 2 001
                                                                                                                                                






PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Mata Pelajaran              : Bahasa Arab
Kelas                            : II-3
Semester                      : Dua

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Indikator
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Kriteria Penentuan KKM
KKM
KKM  Mata Pelajaran
Kompleksitas
Daya Pendukung
Intake siswa
KD
SK
1
2
3
4
5
6
7
1.  Menyimak
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (bentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang: الهواية
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata,frasa,atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang  الهوايةDengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudari + masdar sarih.
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentangالهواية   Dengan menggunakan fi’il mudhari + masdar sarih
1.3 Memberikan tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang الهواية Dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari + masdar sarih

 
2.  Berbicara
Mengungkapakan pikiran, gagasan, perasaan, pengalaman, serta informasi melalui kegiatan bercerita dan tanya jawab tentang الهواية
2.1 Bercerita tentang الهواية Dengan lancer dan tepat 
2.2 Melakukan wawancara dengan orang lain tentang  الهواية


3.  Membaca
Memahami berbagai ragam teks dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang  الهواية
3.1 Membaca kata, frase,dan kalimat tentangالهواية  dengan ucapan,tekanan intonasi yang bertema dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari + masdar sarih
3.2 Mengidentifikasi kata,frase,dan kalimat dalam wacana tertulis tentangالهواية  dengan mengggunakan fi’il mudhari + masdar sarih
3.3 Menemukan informasi dari wacana tertulis sederhana tentangالهواية  dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari + masdar sarih


4.   Menulis
Mengungkapkan pikiran,gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi ataupun nonfiksi melalui kegiatan menulis tentang    الهواية :
4.1 Menulis paragraph sederhana tentang  الهواية  dari beberapa teman sekelas
4.2 Menulis beberapaالهواية   Yang disenangi
 
 

1.  Menyimak
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan (bentuk gagasan atau dialog sederhana) tentang : المهنة
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata,frasa,atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang المهنة Dengan tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudari dan kata an, lan, li (أن, لن, لى  )
1.2 Menemukan informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang المهنة Dengan menggunakan fi’il mudhari  dan kata an, lan, li (أن , لن, لى  )
1.3 Memberikan tanggapan pada ide yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang المهنة Dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )


2.  Berbicara
Mengungkapkan berbagai teks dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi atau nonfiksi pikiran, melalui kegiatan membaca, menganalisis,  dan menemukanpokok pikiran tentang المهنة:
2.1 Bercerita tentangالمهنة   secara tepat dan benar dengan  menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  
2.2 Melakukan Tanya jawab dengan orang lain tentang المهنة secara tepat dan benar dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )


3.  Membaca
Memahami berbagai ragam teks dalam bentuk gagasan atau dialog sederhana,baik fiksi atau nonfiksi melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan menemukan pokok pikiran tentang  المهنة:
3.1 Membaca kata, frase,dan kalimat tentangالمهنة  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang bertema dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )
3.2 Mengidentifikasi kata,frase,dan kalimat dalam wacana tertulis tentangالمهنة  dengan mengggunakan fi’il mudhari dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )
3.3 Menemukan informasi dari wacana tertulis sederhana tentang المهنة dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari  dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )


4.  Menulis
Mengungkapkan pikiran,gagasan, perasaan, pengalaman dan informasi  baik fiksi ataupun nonfiksi melalui kegiatan menulis tentangالمهنة
4.1 Menulis paragraph sederhana tentang jenis-jenisالمهنة  dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari  dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )
4.2 Menulis profesi anggota keluarga siswa dengan menggunakan kalimat berstruktur fi’il mudhari  dan kata an, lan, li ( أن, لن, لى  )






60



60


60











55
55









65



65



60









60

60






60




60


60











55


60










60



60


60









55


55




60



60


60











60
60









60



60



60









60

60






60




60
          

           60











60


60










60



60


60









60


60



55



55


55











55
55









60



60



55









55

55






55




55


55











55


55










55



55


55









55


55



58,3



58,3


58,3











56,6
56,6









61,6



61,6



58,3









58,3

58,3






58,3




58,3


58,3











56,6


58,3










58,3



58,3


58,3









56,6


56,6














58,3












56,6

















60,5











58,3














58,3














57,4

















58,3












56,6






















































































































58,0



1
2
3
4
5
6
7
KKM Mata Pelajaran

Mengetahui,                                                                  Menyetujui,                                                               Banda Aceh, 26 November 2010
Guru  Bidang Studi                                                         Kepala Sekolah                                                                    Mahasiswa Praktikan

                                                                                                                              

(Susita, S.Ag)                                                                (Zulkifli, S.Ag M.Pd)                                                 (Wazir Syah)
NIP. 19731111 199905 2 001                                         NIP. 19720625 199903 1 005                                       NIM. 220716584




                                   































           

NO
NIS
NAMA SISWA/I
L/P
NILAI ANGKA
NILAI HURUF
KETERANGAN
































JUMLAH:

L :

P :




Tidak ada komentar: