View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)===MAN 2 SIGLI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH                              : MAN 2 SIGLI
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KONSEP                                : قــواعــد النحوية
SUB. KONSEP                       : إن وأخــواتها
KELAS/SEMESTER               : XI/II
PERTEMUAN                         : I
WAKTU                                  : 20 MENIT


A. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami Wacana tertulis dalam Bahasa Arab berbentuk Uraian atau teks bacaan tentang قــواعــد النحوية

B. KOMPETENSI DASAR :
1.1. Mengidentifikasi bentuk dan Tema wacana Tentang   قــواعــد النحوية mengenai إن وأخــواتها       secara tepat dan benar.

C. HASIL BELAJAR
- Mengutarakan jenis-jenis/macam-macam bentuk إن وأخــواتها secara tepat dan benar dalam bentuk kalimat maupun uraian. Yang Mengandung unsur- unsur kata إن, أن, لعل, كأن, ليت, لكن,              

D. INDIKATOR PENCAPAIAN
1.      Membuat kalimat dengan  kata-kata yang berkenaan dengan إن وأخــواتها dengan baik dan benar.
2.      Menuliskan contoh kalimat إن وأخــواتها secara perorangan ke depan kelas.
3.      Menggunakan  إن وأخــواتها  dalam bentuk kalimat yang Efektif.
                                              
E. MATERI POKOK
- Penggunaan  إن وأخــواتها   dalam bentuk kalimat  secara sempurna.

F. PENGALAMAN BELAJAR
1.      Guru melafalkan materi dengan baik dan benar.



2.      Siswa mengikuti materi tersebut yang telah diucapkan Guru.
3.      Siswa menggunakan dan memilih kata-kata yang sesuai dalam materi tersebut dalam kalimat yang baik dan benar.

G. SKENARIO PEMBELAJARAN

No
Pengalaman belajar
Waktu
Metode Pembelajaran
1
2
3
4
1.








2.







3.










Kegiatan awal
Pendahuluan
-  Guru masuk dan memberi salam.
-  Guru tegur sapa dan mengabsen siswa.
-  Guru mengulang sekilas tentang pelajaran yang lalu.
-  Pengantar dan penjelasan tentang tujuan.


Kegiatan inti
- Konsep I :  - Guru menerangkan materi  إن وأخــواتها          
- Siswa merespon dan melafalkannya dengan baik.
- Konsep II : - Siswa memilih dan menggunakan  إن وأخــواتها       dalam bentuk kalimat yang baru.

Penutup
Rangkuman
-  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
-  Guru  menyimpulkan materi.
Penilaian
- Murid menggunakan    إن وأخــواتها   dalam kalimat baru
Pengumuman
-  Guru memotivasi kepada siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.  


5 Menit







10 Menit







5 Menit












طـريــقة الإلقــائـــية






- طـريــقة المباشرة

- طـريــقة الإنـــتقائــية

- طـريــقة الإستقـرائــية

- حل الــمشكلــة




طـريــقة الإسـتنـبـاط












H. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/ SUMBER BACAAN
a. Media :         - White board
- Spidol
- Meja dan Kursi
- Lembar Penilaian
- Kertas Plano yang Berisikan Materi.
b. Sumber Bahan
- Buku Bahasa Arab MA, kelas XI, Karangan Drs. Zaenuri siroj.
- GBPP
- Kamus


I. PENILAIAN
1.      Penilaian Proses :
- Dilaksanakan saat berlangsung proses belajar mengajar melalui lembaran pengamatan.
2.      Penilaian Hasil :       - Dilakukan setelah proses belajar mengajar.
3.      Soal-Soal :
- Setiap siswa maju ke papan tulis untuk menuliskan :
“Buatlah  sebuah contoh dalam kalimat baru dengan menggunakan إن وأخــواتها  yang baik dan benar ?”


J. PEKERJAAN RUMAH (PROYEK)

- Tolong Tuliskan penggunaan   إن وأخــواتها   dalam bentuk kalimat yang Baru sebanyak 10 Kalimat.



Mengetahui                                                                   Pidie Jaya, 31 maret 2011
Kepala MAN 2 Sigli Kota Meureudu               Guru Bidang Studi Bahasa arab



Drs. Abdussamad, M.Pd                                              Muhammad Tsabirin, S.Pd,I
NIP: 1967456217 00087645                                       NIP: 1976354112 00987112






ABSEN SISWA

NO
KEHADIRAN SISWA
KET
NAMA SISWA

























A
I
S
1
ARDAN QADRI




























2
AYUDI




























3
ASMAUL HUSNA




























4
ERNAWATI   




























5
FARIDA IRIANI




























6
NUR AZIZAH




























7
SHELI YULITA




























8
UBAIDILLAH




























9
ZAINUL USHRA













































































































































































































































































Note:    A = Alpa
I = Izin
S = Sakit
















LEMBARAN PENGAMATAN DAN PENILAIAN

NO
NAMA SISWA
PENGAMATAN DAN PENILAIAN
KET. NILAI













A
B
C
D
E
1
ARDAN QADRI


















2
AYUDI


















3
ASMAUL HUSNA


















4
ERNAWATI   


















5
FARIDA IRIANI


















6
NUR AZIZAH


















7
SHELI YULITA


















8
UBAIDILLAH


















9
ZAINUL USHRA



















































































































































































Note :   A = Istimewa
B = Bagus Sekali
C = Cukup
D = Kurang Cukup
E = Kurang / Gagal




Tidak ada komentar: