RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MAN 2 SIGLI
MATA PELAJARAN :
BAHASA ARAB
KONSEP :
قــواعــد النحوية
SUB. KONSEP :
إن وأخــواتها
KELAS/SEMESTER :
XI/II
PERTEMUAN :
I
WAKTU :
20 MENIT
A. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami
Wacana tertulis dalam Bahasa Arab berbentuk Uraian atau teks bacaan tentang قــواعــد النحوية
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1. Mengidentifikasi
bentuk dan Tema wacana Tentang قــواعــد النحوية mengenai إن
وأخــواتها secara tepat dan benar.
C. HASIL BELAJAR
- Mengutarakan jenis-jenis/macam-macam
bentuk إن وأخــواتها secara tepat dan benar dalam bentuk kalimat maupun
uraian. Yang Mengandung unsur- unsur kata إن, أن, لعل,
كأن, ليت, لكن,
D. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Membuat kalimat dengan kata-kata yang berkenaan dengan إن وأخــواتها dengan baik dan benar.
2. Menuliskan contoh kalimat إن وأخــواتها
secara perorangan ke depan kelas.
3. Menggunakan إن وأخــواتها dalam
bentuk kalimat yang Efektif.
E. MATERI POKOK
- Penggunaan إن وأخــواتها dalam bentuk kalimat secara sempurna.
F. PENGALAMAN BELAJAR
1. Guru melafalkan materi dengan
baik dan benar.
2. Siswa mengikuti materi tersebut
yang telah diucapkan Guru.
3. Siswa menggunakan dan memilih
kata-kata yang sesuai dalam materi tersebut dalam kalimat yang baik dan benar.
G. SKENARIO PEMBELAJARAN
No
|
Pengalaman belajar
|
Waktu
|
Metode Pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan awal
Pendahuluan
- Guru masuk dan memberi salam.
- Guru tegur sapa dan mengabsen
siswa.
- Guru mengulang sekilas tentang
pelajaran yang lalu.
- Pengantar dan penjelasan
tentang tujuan.
Kegiatan inti
- Konsep I : - Guru menerangkan
materi إن
وأخــواتها
- Siswa merespon dan
melafalkannya dengan baik.
- Konsep II : - Siswa memilih dan
menggunakan إن
وأخــواتها dalam bentuk kalimat yang baru.
Penutup
Rangkuman
- Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
- Guru menyimpulkan materi.
Penilaian
- Murid menggunakan إن وأخــواتها
dalam kalimat baru
Pengumuman
- Guru memotivasi kepada siswa
untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.
|
5 Menit
10 Menit
5 Menit
|
طـريــقة الإلقــائـــية
- طـريــقة المباشرة
- طـريــقة الإنـــتقائــية
- طـريــقة الإستقـرائــية
- حل الــمشكلــة
طـريــقة الإسـتنـبـاط
|
H. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/ SUMBER BACAAN
a. Media : - White board
- Spidol
- Meja dan Kursi
- Lembar
Penilaian
- Kertas Plano yang
Berisikan Materi.
b. Sumber Bahan
- Buku Bahasa Arab MA, kelas XI, Karangan
Drs. Zaenuri siroj.
- GBPP
- Kamus
I. PENILAIAN
1. Penilaian Proses :
- Dilaksanakan saat berlangsung
proses belajar mengajar melalui lembaran pengamatan.
2. Penilaian Hasil : - Dilakukan setelah proses belajar
mengajar.
3. Soal-Soal :
- Setiap siswa
maju ke papan tulis untuk menuliskan :
“Buatlah sebuah contoh dalam kalimat baru dengan
menggunakan إن وأخــواتها yang baik dan benar ?”
J. PEKERJAAN RUMAH (PROYEK)
- Tolong
Tuliskan penggunaan إن وأخــواتها dalam bentuk kalimat yang Baru sebanyak 10 Kalimat.
Mengetahui Pidie
Jaya, 31 maret 2011
Kepala MAN 2 Sigli Kota Meureudu Guru
Bidang Studi Bahasa arab
Drs. Abdussamad, M.Pd Muhammad Tsabirin, S.Pd,I
NIP: 1967456217 00087645 NIP:
1976354112 00987112
ABSEN SISWA
NO
|
KEHADIRAN SISWA
|
KET
|
|||||||||||||||||||||||||||
NAMA SISWA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
I
|
S
|
|
1
|
ARDAN QADRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
AYUDI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ASMAUL HUSNA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ERNAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
FARIDA IRIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
NUR AZIZAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SHELI YULITA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
UBAIDILLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
ZAINUL USHRA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note: A = Alpa
I = Izin
S = Sakit
LEMBARAN
PENGAMATAN DAN PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
PENGAMATAN DAN PENILAIAN
|
KET. NILAI
|
||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
1
|
ARDAN QADRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
AYUDI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ASMAUL HUSNA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ERNAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
FARIDA IRIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
NUR AZIZAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
SHELI YULITA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
UBAIDILLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
ZAINUL USHRA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note : A = Istimewa
B = Bagus Sekali
C = Cukup
D = Kurang Cukup
E = Kurang / Gagal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar