View My Stats

Sabtu, 21 Januari 2012

التوجيه وأهداف التربية الإسلامية


MUHAMMAD TSABIRIN
220 818 011 / TBA 08
TARJAMAH INDONESIA-ARAB

D. ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
د. التوجيه وأهداف التربية الإسلامية

Dalam buku Tahsilussa’adah dan At-Taubih ‘Ala Sabilissa’adah, Al-Farabi menyebutkan bahwa untuk memperoleh ilmu harus ditempuh dengan dua jalan, yaitu pertama dengan Pengajaran dan kedua Pendidikan. Dengan pengajaran mengantarkan agar anak didik dapat mencapai ilmu-ilmu Teoritis, sedangkan dengan pendidikan para siswa dicetak menjadi orang yang menguasai ilmu-ilmu pengetahuan praktis, untuk memperoleh keutamaan praktis dapat ditempuh dengan tutur kata yang baik serta penjelasan yang menyakinkan dan dengan keharusan belajar.

في الكتاب التحصيل السعادة  و الكتاب التوبيح على سبيل السلام ، الفارابي يقول ان لاكتساب المعرفة لا بد من التوصل من قبل اثنــين من الطرق ، وهي الأولى مع الثانية التدريس والتعليم. ويمكن من خلال تــوفير التعليم للطلاب لـــتحقيق العلوم النظرية ، بــينما مع طلاب التعليم المطبوعة الذين يتقنون علوم المعرفة العملية ، للحصول على الفضيلة العملية التي يتم التوصل إليها وقال والكلمة الـــطيبة وتــفســيرا مقنعا ، ومع ضرورة التعلم.


            Lebih lanjut, imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa Tujuan pendidikan bukan hanya menekankan pada aspek ukhrawi saja melainkan juga harus mengandung kepentingan-kepentingan dunia seperti Kebudayaan, Peradaban, Kebendaan, dan juga Pendayagunaan Manfaat untuk memilih bidang studi yang sesuai dengan bidang Pendidikan.
كذلك ، قال إمام الغزالي أن الغرض من التعليم ليس فقط تــؤكد الأوخراوي  الجانب ولكن أيضا يجب أن تحتوي على مصالح العالم مثل الحضارة والثــقافة والمادة ، وكذلك فوائد الكفاءة لتــحديــد الحقل المناسب للدراسة في مجال التــربية والتعليــم.
 

            Pendidikan islam berorientasi membentuk pribadi-pribadi manusia yang bertujuan jasmaniah (Al-Ahdaf Al-Jismiyyah), Tujuan Rohani/Spiritual (Al-Ahdaf Al-Ruhaniyyah), dan tujuan Mental (Al-Ahdaf Al-Aqliyyah). Tujuan Rohani merupakan peningkatan jiwa dari kesetiaannya yang hanya kepada Allah semata dan melaksanakan moralitas Islam yang telah diteladankan kedalam tingkah laku dan sepak Terjang kehidupan Nabi Muhammmad SAW. Dengan berdasarkan pada cita-cita ideal dalam Al-Qur’an.

تعليم الإسلام المنحى لتشكيل بالبشر تهدف البدنية (الأهـــداف الجسميـــة) ، الهدف الروحي / الروحية (الأهـــداف الروحانـــية الأهـــداف عــقلـــية) ، والغرض العقلية (الأهـــداف عــقلـــية). الهدف من ذلك هو تـــحسين الروحي روح الولاء فـــقط لله وحده وتنفيذ الأخلاق الإسلامية التي تتمثل في سلوك ركلة اندفع وحياة النبي محمد ، عليه الصلاة والسلام. مع استنادا إلى الــمثل في القرآن الكريم.


Pribadi  islam sangat mementingkan pendidikan yang bertujuan menguatkan hubungan antara manusia dan Allah. Apapun yang dipelajari oleh anak didik, hendaklah jangan berlawanan dengan konsep yang berlandaskan kepada tauhid ini. Tauhid sendiri merupakan inti semua agama yang diturunkan Allah kepada manusia, tuhan itu tetap berkuasa ketika tauhid itu dilupakan orang. Konsep Tauhid inilah yang menekankan  bahwa kekuasaan mesti dihormati dalam kurikulum islam.

نعلق أهمية كبيرة على التعليم الإسلامي الـــــخاص التي تهدف إلى تعزيز العلاقة بين الإنـــسان والله. وعلم أيا من قبل الطلاب ، لا يــــنبغي أن تتعارض مع مفهوم التوحيد وبناء على هذا. التوحيد في حد ذاته هو جوهر جميع الأديان الذي كشف الله للإنسان ، والله هو لا يـــزال في السلطة عندما تم نسيان التوحيد. مفهوم التوحيد هو التأكيد على وجوب احترام السلطة في المنهج الإسلامي.

            Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan, mengingat islam adalah agama yang lengkap dan universal, tersingkap berbagai masalah, baik yang menyangkut dengan Aqidah, Syari’ah, Muamalah, Ibadah, Akhlak, Sosial Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi dan juga Pendidikan. Agama islam yang bersifat universal memiliki tatacara, tata nilai yang mengatur totalitas kehidupan termasuk sosial kemasyarakatan. Karena itu masyarakat yang islami menyakini bahwa pendidikan yang diharapkan dan dipercayai adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan cara-cara yang Islami, sesuai dengan asas filosofi dan budaya Islam. Masyarakat muslim memiliki.

وهذا هو المهم أن نلاحظ ، على اعتبار أن الإسلام هو دين كامل وشامل ، وكشف مشاكل مــــختلفة ، سواء ذات الصلة إلى المـــجلس الاقــــتصادي العقيدة والشريعة و العاملة ، الـــعبادة والأخلاق والاجتماعية والسياسية والـــثـقافية ، والاجتماعية والــتـــعليمية. دين الإسلام التي هي حقوق عالمية لهذا الاجراء ، والقيم التي تحكم مجمل الحياة الاجتماعية بما في ذلك. لذلك ، الناس الذين يؤمنون ومن المتوقع أن التربية الإسلامية ويـــعتقد أن التعليم الذي عقده الطرق الإسلامية ، وفقا لــــمبادئ الفلسفة والـــثقافة الإسلامية. المجتمعات ومسلم     

Tidak ada komentar: