MUHAMMAD
TSABIRIN
220
818 011 / TBA 08
TARJAMAH INDONESIA-ARAB
D. ARAH DAN
TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
د.
التوجيه وأهداف التربية الإسلامية
Dalam buku Tahsilussa’adah dan At-Taubih ‘Ala Sabilissa’adah, Al-Farabi menyebutkan
bahwa untuk memperoleh ilmu harus ditempuh dengan dua jalan, yaitu pertama
dengan Pengajaran dan kedua Pendidikan. Dengan pengajaran mengantarkan
agar anak didik dapat mencapai ilmu-ilmu Teoritis, sedangkan dengan pendidikan
para siswa dicetak menjadi orang yang menguasai ilmu-ilmu pengetahuan praktis,
untuk memperoleh keutamaan praktis dapat ditempuh dengan tutur kata yang baik
serta penjelasan yang menyakinkan dan dengan keharusan belajar.
في
الكتاب التحصيل السعادة و الكتاب التوبيح
على سبيل السلام ، الفارابي يقول ان لاكتساب المعرفة لا بد من التوصل من قبل
اثنــين من الطرق ، وهي الأولى مع الثانية التدريس والتعليم. ويمكن من خلال
تــوفير التعليم للطلاب لـــتحقيق العلوم النظرية ، بــينما مع طلاب التعليم
المطبوعة الذين يتقنون علوم المعرفة العملية ، للحصول على الفضيلة العملية التي
يتم التوصل إليها وقال والكلمة الـــطيبة وتــفســيرا مقنعا ، ومع ضرورة التعلم.
Lebih
lanjut, imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa Tujuan pendidikan bukan hanya
menekankan pada aspek ukhrawi saja melainkan juga harus mengandung kepentingan-kepentingan
dunia seperti Kebudayaan, Peradaban, Kebendaan, dan juga Pendayagunaan Manfaat untuk
memilih bidang studi yang sesuai dengan bidang Pendidikan.
كذلك
، قال إمام الغزالي أن الغرض من التعليم ليس فقط تــؤكد الأوخراوي الجانب ولكن أيضا يجب أن تحتوي على مصالح العالم
مثل الحضارة والثــقافة والمادة ، وكذلك فوائد الكفاءة لتــحديــد الحقل المناسب
للدراسة في مجال التــربية والتعليــم.
Pendidikan islam berorientasi
membentuk pribadi-pribadi manusia yang bertujuan jasmaniah (Al-Ahdaf Al-Jismiyyah),
Tujuan Rohani/Spiritual (Al-Ahdaf Al-Ruhaniyyah), dan tujuan Mental (Al-Ahdaf
Al-Aqliyyah). Tujuan Rohani merupakan peningkatan jiwa dari kesetiaannya yang
hanya kepada Allah semata dan melaksanakan moralitas Islam yang telah
diteladankan kedalam tingkah laku dan sepak Terjang kehidupan Nabi Muhammmad
SAW. Dengan berdasarkan pada cita-cita ideal dalam Al-Qur’an.
تعليم
الإسلام المنحى لتشكيل بالبشر تهدف البدنية (الأهـــداف الجسميـــة) ، الهدف
الروحي / الروحية (الأهـــداف الروحانـــية الأهـــداف عــقلـــية) ، والغرض
العقلية (الأهـــداف عــقلـــية). الهدف من ذلك هو تـــحسين الروحي روح الولاء فـــقط
لله وحده وتنفيذ الأخلاق الإسلامية التي تتمثل في سلوك ركلة اندفع وحياة النبي
محمد ، عليه الصلاة والسلام. مع
استنادا إلى الــمثل في القرآن الكريم.
Pribadi islam sangat mementingkan
pendidikan yang bertujuan menguatkan hubungan antara manusia dan Allah. Apapun
yang dipelajari oleh anak didik, hendaklah jangan berlawanan dengan konsep yang
berlandaskan kepada tauhid ini. Tauhid sendiri merupakan inti semua agama yang
diturunkan Allah kepada manusia, tuhan itu tetap berkuasa ketika tauhid itu
dilupakan orang. Konsep Tauhid inilah yang menekankan bahwa kekuasaan mesti dihormati dalam
kurikulum islam.
نعلق
أهمية كبيرة على التعليم الإسلامي الـــــخاص التي تهدف إلى تعزيز العلاقة بين
الإنـــسان والله. وعلم أيا من قبل الطلاب ، لا يــــنبغي أن تتعارض مع مفهوم
التوحيد وبناء على هذا. التوحيد في حد ذاته هو جوهر جميع الأديان الذي كشف الله
للإنسان ، والله هو لا يـــزال في السلطة عندما تم نسيان التوحيد. مفهوم
التوحيد هو التأكيد على وجوب احترام السلطة في المنهج الإسلامي.
Hal ini menjadi penting untuk
diperhatikan, mengingat islam adalah agama yang lengkap dan universal,
tersingkap berbagai masalah, baik yang menyangkut dengan Aqidah, Syari’ah, Muamalah,
Ibadah, Akhlak, Sosial Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi dan juga Pendidikan.
Agama islam yang bersifat universal memiliki tatacara, tata nilai yang mengatur
totalitas kehidupan termasuk sosial kemasyarakatan. Karena itu masyarakat yang islami
menyakini bahwa pendidikan yang diharapkan dan dipercayai adalah pendidikan
yang diselenggarakan dengan cara-cara yang Islami, sesuai dengan asas filosofi
dan budaya Islam. Masyarakat muslim memiliki.
وهذا
هو المهم أن نلاحظ ، على اعتبار أن الإسلام هو دين كامل وشامل ، وكشف مشاكل مــــختلفة
، سواء ذات الصلة إلى المـــجلس الاقــــتصادي العقيدة والشريعة و العاملة ، الـــعبادة
والأخلاق والاجتماعية والسياسية والـــثـقافية ، والاجتماعية والــتـــعليمية. دين
الإسلام التي هي حقوق عالمية لهذا الاجراء ، والقيم التي تحكم مجمل الحياة
الاجتماعية بما في ذلك. لذلك ، الناس الذين يؤمنون ومن المتوقع أن التربية
الإسلامية ويـــعتقد أن التعليم الذي عقده الطرق الإسلامية ، وفقا لــــمبادئ
الفلسفة والـــثقافة الإسلامية. المجتمعات
ومسلم
Tidak ada komentar:
Posting Komentar