RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN : 2006/2007
A.
STANDAR
KOMPETENSI
Membiasakan dan
melatih diri dengan akhlaq husnul khulq, mengetahui hakikatnya serta mampu
menganalisa secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
KOMPETENSI
DASAR
-
Berupaya
mengamalkan dengan sungguh-sungguh berakhlaq husnul khulq sehari-hari.
- Terbiasa berakhlaq husnul khulq kepada Allah dan
kepada sesama makhluq Allah dalam kehidupan.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
Akhlaq husnul khulq yang meliputi uraian materi:
-
Definisi khulq, definisi akhlaq, husnul khulq, dan akhlaq sayyiah.
-
Cara memperoleh akhlaq yang baik.
-
Husnul khulq kepada Allah.
-
Husnul khulq kepada sesama makhluq Allah
-
Pendapat para salaf tentang husnul khulq.
D.
INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca
materi teks dengan benar
-
Mendeskripsikan
akhlaq husnul khulq dan urgensinya.
-
Menjelaskan sebab-sebab
memperoleh husnul khulq.
-
Menjelaskan akhlaq
husnul khulq kepada Allah dan kepada sesama makhluq Allah.
-
Membaca dan
menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan husnul khulq
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif, khulq dan khulq hasan.
- Mengetahui cara untuk merubah perilaku agar sesuai dengan akhlaq mulia.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang husnul khulq.
- Mengetahui perintah Allah tentang perbuatan Husnul khulq.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui hadits Nabi tentang keutamaan akhlaq mulia.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4, ke-5,
dan ke-6
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mendeskpisikan pendapat para salafus shalih tentang akhlaq husnul.
- Mengetahui ciri-ciri orang-orang yang berakhlaq mulia.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan ta’rif husnul khulq dan tabi’at manusia dalam keterpengaruhan
akhlaqnya dari pendidikan yang dialaminya.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelasakan tentang macam-macam contoh akhlaq
hasanah.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah dan
kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dampak akhlaq yang tidak
terdidik.
Guru menjelaskan ayat-ayat Al-Quran yang menerangkan
tentang akhlaq mulia.
c.
Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.Kegiatan inti
Guru menjelaskan hadits-hadits Rasululullah yang berkaitan dengah
berakhlaq mulia.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan tentang pendapat salafus shalih
dalam husnul khulq.
c.
Kegiatan
akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru
menjelaskan tentang tanda-tanda
husnul khulq menurut Al-Hasan
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
H.
ALOKASI WAKTU
6 X 40 Menit
I.
SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
J.
PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,
01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ...................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Membiasakan dan
melatih diri dengan akhlaq malu (dengan landasan Al-Quran dan Hadist), mampu
mengaitkan malu dengan iman, mampu menganalisisnya secara ilmiah dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
- KOMPETENSI DASAR
·
Terbiasa dengan
akhlaq malu dan iffah.
·
Memahami korelasi
antara malu dengan iman
·
Dapat menempatkan
diri kapan harus malu dan pada kondisi apa malu itu terlarang
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq malu yang merupakan salah satu
cabang iman.
- INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca materi teks dengan
benar
-
Memahami mufrodat
yang terkandung dalam teks
-
Mampu menerjemahkan
materi teks
-
Memahami dan
menghayati kandungan/inti sari dari sifat malu
-
Memiliki keinginan
yang kuat untuk mengamalkannya
-
Siswa mengamalkan
kandungan bacaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa
diharapkan mampu:
- Mengetahui keharusan malu bagi seorang muslim.
- Mengetahui hadits-hadits Rasulullah yang berkaitan dengan sifat malu.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui hal-hal yang dapat merusak bahkan membatalakan sifat malu.
- Mengetahui hadits yang berkenaan dengan malu adalah bagian dari iman.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui cara menjadikan Rasulullah sebagai uswatun hasanah khususnya dalam sifat malu.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui korelasi yang erat antara malu dengan iman.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui kisah seorang wanita yang memiliki akhlaq malu.
- Dapat mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Meyakini bahwa Allah lebih berhak untuk dimalui daripada makhluqNya.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
d.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
e.
Kegiatan
inti
- Guru menjelaskan keharusan malu bagi seorang muslim.
- Guru menjelaskan hadits-hadits Rasulullah yang
berkaitan dengan sifat malu.
f.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan hadits yang menjelaskian bahwa malu adalah bagian dari iman dan hal-hal
yang dapat merusak bahkan membatalakan sifat malu.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah dan
kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang cara menjadikan Rasulullah sebagai uswatun hasanah khususnya dalam
sifat malu.
d.
Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
d.Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
e.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan hadits-hadits Rasululullah yang berkaitan dengah
berakhlaq mulia.
f.
Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan hikmah dari kisah seorang wanita
yang memiliki akhlaq malu.
c.
Kegiatan
akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
c.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan bahwa Allah lebih
berhak untuk dimalui daripada makhluqNya.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
6 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,
01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Sigit Rahardja, S.Si ...................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 1
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya sikap
sabar dan tabah fi dzatiLlah, mampu menganalisanya secara ilmiah dan
mengamalkannya delam kehidupan sehari-hari
- KOMPETENSI DASAR
-
Termotivasi untuk
bersungguh-sungguh dalam memiliki sifat sabar dan tabah fi dzatiLlah sehebat
apapun cobaan
-
Terbiasa untuk
bersabar dalam kehidupan sehari-hari
-
Dapat bersikap tabah
dalam menanggung cobaan dan ujian Allah
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq sabar dan tabah dalam mengalami
cobaan.
- INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca materi teks dengan
benar
-
Memahami mufrodat
yang terkandung dalam teks
-
Mampu menerjemahkan
materi teks
-
Memahami dan
menghayati kandungan/inti sari sabar dan tabah dalam menempuh ujian
-
Memiliki keinginan
yang kuat untuk mengamalkannya
-
Siswa mengamalkan kandungan bacaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa
diharapkan mampu:
- Mengetahui keharusan sabar bagi seorang muslim.
- Mengetahui hadits-hadits Rasulullah yang berkaitan dengan sifat sabar.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui hal-hal yang dapat merusak bahkan membatalakan sifat sabar.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui dalil Al-Quran yang menjelaskan perintah sabar.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Memahami ta’rif tabah.
- Mengetahui ciri-ciri orang-orang yang tabah.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui contoh kesabaran dan keteguhan Rasulullah SAW.
- Dapat mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-6 dan
ke-7
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui contoh kesabaran dan ketabahan Khabab Bin Art.
- Memahami keutamaan ketabahan dan keteguhan Muslim.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan keharusan sabar bagi seorang muslim.
- Guru menjelaskan hadits-hadits Rasulullah yang
berkaitan dengan sifat sabar.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan hal-hal yang dapat merusak bahkan membatalkan sifat sabar.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah dan
kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan dalil Al-Quran yang
menjelaskan perintah sabar.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan ta’rif tabah dan ciri-ciri
orang-orang yang tabah.
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan contoh kesabaran dan keteguhan
Rasulullah SAW.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa untuk mengambil hikmah dari
peristiwa tersebut.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan kesabaran dan ketabahan Khabab Bin Art
dan dari kisah umat terdahulu.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru membimbing siswa untuk mengadakan diskusi tentang
kesabaran dan ketabahan.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,
01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ...................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya
bersikap tawakkal dan percaya diri yang sesuai dengan ajaran Islam, mampu menganalisanya
secara ilmiah, dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
·
Mengetahui
pemahaman tawakkal yang salah yang dipahami orang selama ini.
·
Memahami arti
tawakkal yang sesungguhnya dalam Islam.
·
Memahami hukum
sebab akibat yang sesuai dengan syara’ dan I’timad ‘ala nafsy dengan benar.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq tawakkal dan
I’timad ‘ala nafsy.
- INDIKATOR
Siswa mampu membaca materi teks dengan
benar
- Memahami
mufrodat yang terkandung dalam teks
- Mampu
menerjemahkan materi teks
- Memiliki
keinginan yang kuat untuk mengamalkannya
-
Siswa mengamalkan
kandungan bacaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui pemahaman yang salah terhadap tawakka
- Mengetahui ta’rif tawakkal yang benar.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui aplikasi tawakkal seorang muslim.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui pandangan seorang muslim tentang al-asbab (kausalitas).
- Dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4 dan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui contoh-contoh tawakkal dalam peristiwa hijrah Rasulullah SAW.
- Dapat mengambil I’tibar dari ikhtiar Rasulullah dalam peristiwa tersebut.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif dan batasan I’ttimad ‘ala nafsy.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-7
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui dan memahami dalil naqli tawakkal.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- METODE PEMBELAJARAN
-
Membaca dan
menerjemahkan teks kitab Minhajul Muslim hal. 116-118.
-
Menjelaskan isi kandungan teks yang berkaitan dengan sabar dan tabah.
-
Mengkaji dan menelaah hikmah kesabaran dan ketabahan.
-
Mendemonstrasikan
kemampuan membaca siswa
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan tentang pemahaman yang salah
terhadap tawakkal dan ta’rif tawakkal yang benar.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
Terampil dalam membaca teks berbahasa Arab,
menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan kemampuan dalam
mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
|
2
|
Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru
menjelaskan tentang aplikasi tawakkal seorang muslim.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang pandangan seorang muslim
tentang al-asbab (kausalitas).
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang contoh-contoh tawakkal dalam peristiwa hijrah
Rasulullah SAW dan cara pengambilan i’tibar dari ikhtiar Rasulullah dalam
peristiwa tersebut.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang contoh-contoh tawakkal
dalam peristiwa hijrah Rasulullah SAW dan cara pengambilan i’tibar dari
ikhtiar Rasulullah dalam peristiwa tersebut.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
e.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan tentang ta’rif dan batasan I’ttimad ‘ala nafsy.
g.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
7
|
Pertemuan ke-7
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli tawakkal
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40 menit
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
- ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
yang relevan
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
-
Tugas individu
-
Tugas kelompok
-
Ulangan
Bentuk tagihan:
- Laporan
Sukoharjo,
01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ...................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya
bersikap al-itsar dan hubbul khair yang sesuai dengan ajaran Islam, mampu
menganalisanya secara ilmiah, dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
·
Mengetahui pemahaman al-itsar dan hubbul khair
·
Memahami arti al-itsar
dan hubbul khair yang sesungguhnya dalam Islam.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq al-itsar
dan hubbul khair.
- INDIKATOR
Siswa mampu membaca materi teks dengan
benar
- Memahami
mufrodat yang terkandung dalam teks
- Mampu
menerjemahkan materi teks
- Memiliki
keinginan yang kuat untuk mengamalkannya
- Siswa
mengamalkan kandungan bacaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif al-itsar dan hubbul khair.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui aplikasi al-itsar dan hubbul khair seorang muslim.
- Mengetahui dalil naqli al-itsar dan hubbul khair.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui iftiqar manusia terhadap Allah.
- Mengetahui dalil naqli itsar.
- Mengetahui pentingnya akhlaq itsar bagi seorang Muslim.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui contoh-contoh al-itsar dan hubbul khair dalam peristiwa darun nadwah.
- Dapat mengambil I’tibar peristiwa tersebut.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui contoh al-itsar dan hubbul khair riwayat hudzaifah al-‘adawy.
- Dapat mengambil I’tibar dari peristiwa tersebut.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui dalil naqli riwayat syaikhani tentang itsar dan hubbul khair.
- Mengetahui dan mengambil I’tibar dari cerita Basyar Bin Harits.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- METODE PEMBELAJARAN
-
Membaca dan
menerjemahkan teks kitab Minhajul Muslim hal. 116-118.
-
Menjelaskan isi
kandungan teks yang berkaitan dengan al-itsar dan hubbul khair.
-
Mengkaji dan menelaah hikmah kesabaran dan ketabahan.
-
Mendemonstrasikan
kemampuan membaca siswa
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif al-itsar dan hubbul khair .
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
2
|
Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru
menjelaskan tentang aplikasi al-itsar dan hubbul khair seorang muslim.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang pandangan seorang muslim
tentang al-asbab (kausalitas).
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang contoh-contoh al-itsar dan hubbul khair dalam
peristiwa hijrah Rasulullah SAW dan cara pengambilan i’tibar dari ikhtiar
Rasulullah dalam peristiwa tersebut.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang contoh-contoh al-itsar dan
hubbul khair dalam peristiwa hijrah Rasulullah SAW dan cara pengambilan i’tibar dari
ikhtiar Rasulullah dalam peristiwa tersebut.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli
riwayat syaikhani tentang itsar dan hubbul khair serta pengambilan I’tibar
dari cerita Basyar Bin Harits.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
6 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
yang lainnya
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
Bentuk tagihan:
-
Laporan
Sukoharjo,
01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ...................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya
bersikap ‘adl dan i’tidal yang
sesuai dengan ajaran Islam, mampu menganalisanya secara ilmiah, dan
membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
-
Berupaya
mengamalkan dengan sungguh-sungguh akhlaq ‘adl dan i’tidal kepada Allah.
-
Terbiasa
berakhlaq ‘adl dan i’tidal dengan sesama makhluq Allah dalam kehidupan.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq ‘adl dan
i’tidal yang meliputi uraian materi:
-
Definisi akhlaq ‘adl dan i’tidal
-
Urgensi ‘adl dan i’tidal dan kedudukannya dalam Islam.
-
‘Adl dan i’tidal kepada Allah di dalam ibadah.
-
‘Adl dan i’tidal kepada sesama makhluq Allah
-
Contoh-contoh perbuatan ‘adl dan i’tidal.
- INDIKATOR
· Siswa
mampu membaca materi teks dengan benar
· Memahami
mufrodat yang terkandung dalam teks
· Mampu
menerjemahkan materi teks
·
Memahami dan menghayati makna ‘adl
dan i’tidal
·
Memiliki keinginan yang kuat untuk mengamalkannya
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif ‘adl dan i’tidal.
- Menjelasakan pentingnya ‘adl dan i’tidal dan kedudukannya dalam Islam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq ‘adl dan i’tidal..
- Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang ‘adl dan i’tidal.
- Mengetahui perintah Allah tentang perbuatan ‘adl dan i’tidal.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan memahami akhlaq ‘adl dan I’tidal sesuai dengan hadits Nabi SAW.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengambil hikmah dari kisah Umar Bin Khattab ra.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
1.
Mengetahui
hikmah sikap ‘adl yang dapat menentramkan jiwa.
2.
Mengetahui
mufrodat setiap kata yang ada
3.
Dapat membaca
teks dengan benar.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif I’tidal.
- Mengetahui urgensi I’tidal.
- Dapat membaca teks dengan benar.
Pertemuan ke-7 dan
ke-8
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui korelasi antara I’tidal dan istiqomah.
- Memahami dan menghafal dalil naqli yang berkenaan dengan istiqomah.
- Dapat membaca teks dengan benar.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif ‘adl dan i’tidal dan kedudukannya dalam Islam.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru membimbing untuk membaca dailil naqlli tentang
akhlaq ‘adl dan i’tidal serta menerjemahkanya.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan dalil naqli tentang akhlaq ‘adl dan
i’tidal.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang akhlaq ‘adl dan i’tidal
dari kisah Umar Bin Khattab ra.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan perbuatan ‘adl yang dapat
menentramkan jiwa.
c. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-6
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan ta’rif dan urgensi I’tidal.
c.
Kegiatan
akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
a.
Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.
Kegiatan
inti
Guru menjelaskan korelasi antara I’tidal dan
istiqomah.
Guru menjelaskan dan meminta santri untuk memahami
dan menghafal dalil naqli yang berkenaan dengan istiqomah.
c.
Kegiatan
akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,
01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ...................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar