View My Stats

Selasa, 21 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM MATA PELAJARAN : AKHLAQ


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH       : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN       : AKHLAQ
KELAS                         : XI
SEMESTER                  : 1
TAHUN                         : 2006/2007

  1. STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya sikap rahmah (berkasih sayang), mengetahui hakikatnya serta mampu menganalisa secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. KOMPETENSI DASAR
-       Terbiasa berakhlaq rahmah (berkasih sayang) dalam kehidupan sehari-hari.
-       Dapat memberikan contoh akhlaq rahmah.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq rahmah yang meliputi uraian materi:
-       Definisi akhlaq rahmah
-       Urgensi rahmah dan kedudukannya dalam Islam.
-       Pengaruh akhlaq rahmah dalam kehidupan.

  1. INDIKATOR
-    Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
-    Mendeskripsikan akhlaq rahmah dan urgensinya.
-    Menjelaskan pentingnya akhlaq rahmah.
-    Menjelaskan pengaruh akhlaq rahmah dalam kehidupan
-    Membaca dan menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan sifat rahmah

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui ta’rif rahmah.
  2. Menjelasakan pentingnya rahmah
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq rahmah.
  2. Menerjemahkan dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq rahmah.
  3. Mengetahui perintah Allah dan Rasul-Nya untuk berkasih sayang.
  4. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Memahami pengaruh rahmah dalam kehidupan.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4, ke-5, ke-6 dan ke-7
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui contoh-contoh akhlaq rahmah seperti yang termaktub dalam hadits Nabi SAW.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
  3. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.


  1. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek yang dikembangkan
1
Pertemuan ke-1
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif rahmah.
c.     Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30

5
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2
Pertemuan ke-2
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru membimbing untuk membaca dailil naqlli tentang akhlaq rahmah serta menerjemahkanya.
c.     Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30



5

3
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
   Guru menjelaskan tentang pengaruh akhlaq rahmah di dalam kehidupan.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30


5

4
Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru memberikan contoh akhlaq rahmah (kasih sayang) Rasulullah SAW sebagaimana yang termaktub dalam shahih Bukhari.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30


5

5
Pertemuan ke-5
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru memberi penjelasan tentang kandungan hadits Nabi SAW yang memuat keutamaan memiliki dasih sayang kepada binatang.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil kesimpulan dan hikmah.
1 x 40
5

30





5

6
Pertemuan ke-6
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru memberi penjelasan tentang kandungan hadits Nabi SAW yang memuat keutamaan memiliki dasih sayang terhadap seorang ibu.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
1 x 40
5


30




5


Pertemuan ke-7
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru menguraikan tentang akhlaq rahmah yang dilakukan Zainal Abidin Ali Bin Hussain RA. terhadap seseorang.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
1 x 40
5


30



5



  1. ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit

  1. SUMBER BELAJAR
-          Kitab Minhajul Muslim
-          Al-Quran dan tafsirnya
-          Al-Hadits
-          Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

  1. PENILAIAN
Jenis penilaian:
-    Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
-    Tugas individu
-    Tugas kelompok
-    Ulangan
-    Bentuk tagihan:
Laporan


                                                            Sukoharjo,01 Juni 2007
                                                                        Mengetahui,
Kepala madrasah,                                             Guru Mata Pelajaran



Sigit Rahardja, S.Si                                           ................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH       : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN       : AKHLAQ
KELAS                         : XI
SEMESTER                  : 1
TAHUN                         : 2006/2007

  1. STANDAR KOMPETENSI
Membiasakan dan melatih diri dengan akhlaq ihsan, mengetahui hakikatnya serta mampu menganalisa secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. KOMPETENSI DASAR
-       Berupaya mengamalkan dengan sungguh-sungguh akhlaq ihsan kepada Allah.
-       Terbiasa berakhlaq ihsan dengan sesama makhluq Allah dalam kehidupan.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq ihsan yang meliputi uraian materi:
-               Definisi akhlaq ihsan
-       Urgensi ihsan dan kedudukannya dalam Islam.
-       Ihsan kepada Allah di dalam ibadah.
-       Ihsan kepada sesama makhluq Allah
-       Contoh-contoh perbuatan ihsan.

  1. INDIKATOR
-    Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
-    Mendeskripsikan akhlaq ihsan dan urgensinya.
-    Menjelaskan kedudukan ihsan.
-    Menjelaskan akhlaq ihsan kepada Allah dalam ibadah
-    Menjelasakan akhlaq ihsan kepada sesama amkhluq Allah.
-    Memberi contoh perbuatan ihsan yang telah dilakukan oleh Nabi dan salafus Shalih
-    Membaca dan menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan ihsan

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui ta’rif ihsan.
  2. Menjelasakan pentingnya ihsan dan kedudukannya dalam Islam.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq ihsan.
  2. Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang ihsan.
  3. Mengetahui perintah Allah tentang perbuatan Ihsan.
  4. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mendeskripsikan tentang akhlaq ihsan dalam ibadah.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4, ke-5, ke-6 dan ke-7
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mendeskpisikan akhlaq ihsan di dalam muamalat (kepada orang tua, kerabat, anak yatim, fakir miskin, ibnu sabil, pembantu, binatang, dan pekerjaan).
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
  3. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-8
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Memberikan contoh tentang akhlaq ihsan yang dilakukan oleh Nabi SAW dan salafus shalih.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
  3. Dapat membaca teks dengan benar.
  1. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek yang dikembangkan
1
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif ihsan  dan kedudukannya dalam Islam.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
1 x 40
5


30


5
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2
Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru membimbing untuk membaca dailil naqlli tentang akhlaq ihsan serta menerjemahkanya.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
1 x 40
5


30



5

3
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
   Guru menjelaskan tentang akhlaq ihsan di dalam ibadah.
c.     Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
1 x 40
5


30


5

4
Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang akhlaq ihsan kepada orang tua dan kerabat.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
1 x 40
5

30


5

5
Pertemuan ke-5
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan perbuatan ihsan kepada fakir miskin dan anak yatim.
  1. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
1 x 40
5


30


5

6
Pertemuan ke-6
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang perbuatan ihsan kepada ibnu sabil dan pembantu.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
1 x 40
5

30




5


Pertemuan ke-7
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru menguraikan tentang akhlaq ihsan kepada hewan dan pekerjaan.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-8
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru memberikan contoh perbuatan ihsan yang dilakukan nabi dan salafus shalih.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
1 x 40
5


30



5

  1. ALOKASI WAKTU
8 X 40 Menit

  1. SUMBER BELAJAR
-      Kitab Minhajul Muslim
-      Al-Quran dan tafsirnya
-      Al-Hadits
-      Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

  1. PENILAIAN
Jenis penilaian:
-      Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
-      Tugas individu
-      Tugas kelompok
-      Ulangan
-      Bentuk tagihan:
-      Laporan
                                                            Sukoharjo,01 Juni 2007
                                                                        Mengetahui,
Kepala madrasah,                                             Guru Mata Pelajaran


Sigit Rahardja, S.Si                                           ................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH       : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN       : AKHLAQ
KELAS                         : XI
SEMESTER                  : 1
TAHUN                         : 2006/2007

  1. STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini keutamaan sikap sidq, mengetahui hakikatnya serta mampu menganalisa secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. KOMPETENSI DASAR
-       Berupaya mengamalkan dengan sungguh-sungguh akhlaq sidq.
-       Terbiasa berakhlaq sidq dalam kehidupan.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq sidq yang meliputi uraian materi:
-       Definisi akhlaq sidq dan urgensi sidq.
-       Dampak positif akhlaq sidq.
-       Sidq hadist, sidq muamalah, dll
-       Contoh-contoh perbuatan sidq.

  1. INDIKATOR
-    Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
-    Mendeskripsikan akhlaq sidq dan urgensinya.
-    Menjelaskan kedudukan sidq.
-    Menjelaskan dampak positif akhlaq sidq
-    Memberi contoh perbuatan sidq yang telah dilakukan oleh Nabi dan salafus Shalih
-    Membaca dan menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan sidq

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui ta’rif sidq.
  2. Menjelasakan pentingnya sidq dan kedudukannya dalam Islam.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq sidq..
  2. Memahami ayat-ayat tentang sidq.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui dampak positif akhlaq sidq.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4 dan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Memahami objek akhlaq sidq (perkataan, muamalat, dll).
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
  3. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-6 dan ke-7
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Memberikan contoh tentang akhlaq sidq yang dilakukan oleh Nabi SAW dan salafus shalih.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
  3. Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.


  1. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek yang dikembangkan
1
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan pentingnya akhlaq sidq.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30


5
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2
Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru memerintah siswa agar membaca dailil naqlli tentang akhlaq sidq
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30


5

3
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
   Guru menjelaskan tentang dampak positif akhlaq sidq.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30


5

4
Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang akhlaq sidq seorang muslim di dalamperkataan dan pergaulan.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30



5

5
Pertemuan ke-5
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan perbuatan sidq ‘azm (tekad), janji dan hal (aplikasi).
  1. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
1 x 40
5


30


5

6
Pertemuan ke-6
e.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f.     Kegiatan inti
Guru memberi contoh akhlaq sidq Rasulullah dan salafus shalih.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30


5


Pertemuan ke-7
g.    Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
h.     Kegiatan inti
Guru memberikan contoh tentang ketelitian Imam Bukhori di dalam memeriksa seorang rawi hadits dan contoh lainnya yang berkaitan dengan sidq.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
1 x 40
5


30





5



  1. ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit

  1. SUMBER BELAJAR
-          Kitab Minhajul Muslim
-          Al-Quran dan tafsirnya
-          Al-Hadits
-          Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

  1. PENILAIAN
Jenis penilaian:
-    Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
-    Tugas individu
-    Tugas kelompok
-    Ulangan
-    Bentuk tagihan:
Laporan


                                                            Sukoharjo,01 Juni 2007
                                                                        Mengetahui,
Kepala madrasah,                                             Guru Mata Pelajaran



Sigit Rahardja, S.Si                                           ................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH       : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN       : AKHLAQ
KELAS                         : XI
SEMESTER                  : 2
TAHUN                         : 2006/2007

  1. STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya bersikap sakha dan karam serta mampu menganalisanya secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. KOMPETENSI DASAR
-       Memahami arti dan korelasi antara sakha dan karam.
-       Dapat memberikan contoh sakha dan karam dengan benar.
-       Terbiasa untuk bersikap sakha dan karam dalam kehidupan sehari-hari.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq sakha dan karam.

  1. INDIKATOR
-    Siswa mampu membaca materi teks dengan benar
-    Memahami mufrodat yang terkandung dalam teks
-    Mampu menerjemahkan materi teks
-    Memahami dan menghayati sakha dan karam dan urgensinya dalam kehidupan sehari-hari
-    Memiliki keinginan yang kuat untuk mengamalkannya
-    Siswa mengamalkan kandungan bacaan

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui ta’rif sakha dan karam.
  2. Menjelasakan pentingnya sakha dan karam.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2, ke-3 dan ke-4
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Menjelaskan peranan iman dan amal shalih untuk mencegah sikap kikir dan bakhil.
  2. Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang sifat manusia dan anjuran untuk bersikap sakha dan karam.
  3. Memahami kandungan ayat-ayat tentang sifat manusia dan anjuran untuk bersifat sakha dan karam.
  4. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dalil naqli tentang kewajiban berinfaq dan keutamaan orang yang melakukannya (QS. Al-Munafiqun: 10 dan QS. Al-Lail : 5 – 11).
  2. Memahami kandungan ayat QS. Al-Munafiqun: 10 dan QS. Al-Lail : 5 – 11.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dalil naqli baik ayat Al-Quran maupun hadits tentang keutamaan akhlaq sakha dan karam.
  2. Memahami kandungan dalil naqli tentang keutamaan akhlaq sakha dan karam.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-7
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca hadits tentang ancaman dan bahaya sikap kikir.
  2. Memahami kandungan hadits tentang bahaya dan ancaman sikap kikir.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
Pertemuan ke-8
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Menganalisa tanda-tanda perilaku sakha dan karam.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-9, ke-10 dan ke-11
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Memberikan contoh-contoh akhlaq sakha dan karam yang terdapat di dalam hadits, atsar dan sejarah ulama terdahulu.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.


  1. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek yang dikembangkan
1
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif sakha dan karam serta pentingnya dalam kehidupan seorang muslim.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30

5
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasiamufrodat, menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2
Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang peranan iman dan amal shalih didalam pencegahan terhadap sikap kikir dan bakhil.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30


5

3
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
   Guru menjelaskan tentang tafsir surat Al-Ma’arij 19 – 25.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30

5

4
Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang kandungan ayat Alquran Surat At-Taubah 103.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30


5

5
Pertemuan ke-5
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Siswa menggali informasi tentang Tafsir  Surat Al-Hasyr : 9 lewat studi pustaka denganbimbingan guru.
  1. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
1 x 40
5

30


5

6
Pertemuan ke-6
i.      Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
j.      Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli tentang keutamaan sakha dan karam.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-7
k.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
l.      Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli ancaman dan bahaya sifat bakhil dan kikir.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-8
c.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d.    Kegiatan inti
Guru menganalisis tanda-tanda perbuatan sakha dan karam.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-9
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru memberikan contoh perbuatan sakha dan karamnya ‘Aisyah Ra.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30


5


Pertemuan ke-10
a.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b.    Kegiatan inti
Guru memberikan contoh sakha dan karamnya Abdullah Bin Amir.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30


5


Pertemuan ke-11
c.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d.    Kegiatan inti
Guru memberikan contoh sakha dan karam dalam kehidupan sahabat Usman Bin Affan dan Imam Syafi’i.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30


5



  1. ALOKASI WAKTU
11 X 40 Menit

  1. SUMBER BELAJAR
-          Kitab Minhajul Muslim
-          Al-Quran dan tafsirnya
-          Al-Hadits
-          Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

  1. PENILAIAN
Jenis penilaian:
-    Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
-    Tugas individu
-    Tugas kelompok
-    Ulangan
-    Bentuk tagihan:
Laporan


                                                            Sukoharjo,01 Juni 2007
                                                                        Mengetahui,
Kepala madrasah,                                             Guru Mata Pelajaran



Sigit Rahardja, S.Si                                           ................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH       : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN       : AKHLAQ
KELAS                         : XI
SEMESTER                  : 2
TAHUN                         : 2006/2007

  1. STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya tawadhu’ serta dibencinya sikap sombong dan mampu menganalisanya secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. KOMPETENSI DASAR
-       Menyadari pentingnya tawadhu’ dengan batasan-batasannya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
-       Mengetahui murka Allah kepada orang yang bersikap kibr serta mampu menghindarinya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
Tawadhu’ dan kesombongan dengan uraian meteri:
-       keutamaan tawadhu’ dan kenistaan sombong.
-       Tanda-tanda akhlaq tawadhu’
-       Contoh-contoh tawadhu’.

  1. INDIKATOR
- Siswa mampu membaca teks dengan benar
- Memahami keutamaan tawadhu’ dan kenistaan sombong
- Menjelaskan tanda-tanda tawadhu’
- Menjelaskan contoh-contoh tawadhu’

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengetahui ta’rif tawadhu’.
  2. Menjelasakan pengertian sombong.
  3. Menjelaskan keutamaan sikap tawadhu’.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Menjelaskan ancaman bagi orang-orang yang sombong di hari akhir.
  2. Membaca dan memahami hadits tentang ancaman bagi ornag yang sombong di hari akhir.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca QS. As-Syu’ara: 215 dan Al-Isra:37 tentang perintah berperilaku tawadhu’.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca QS. Al-Maidah: 54 tentang pujian Allah terhadap para wali-Nya yang memiliki perilaku tawadhu’ kepada sesama mereka.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dan memahami QS. Al-Qashshash: 83 tentang pahala bagi orang yang tawadhu’.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dan memahami hadits Nabi tentang perintah berperilaku tawadhu’.
  2. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
Pertemuan ke-7
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Membaca dan memahami hadits Nabi tentang perintah menjauhi perbuatan sombong.
  2. Memahami materi teks dengan baik.
Pertemuan ke-8
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Mengidentifikasi tanda-tanda perilaku tawadhu’
  2. Memahami materi teks dengan baik.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-9, ke-10 dan ke-11
Setelah menjalankan KBM, siswa diharapkan mampu:
  1. Menganalisa contoh-contoh tawadhu’ yang dilakukan para salafus shalih.
  2. Memahami materi teks dengan baik.
  3. Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.


  1. METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek yang dikembangkan
1
Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif tawadhu’ serta keutamaannya
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan materi.
1 x 40
5


30


5
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat, menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
2
Pertemuan ke-2
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang ancaman terhadap orang-orang sombong dengan dalil.
  1. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan materi.
1 x 40
5

30


5

3
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
   Guru menjelaskan tentang tafsir surat Al-Isra: 37 tentang berperilaku tawadhu’.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5


30



5

4
Pertemuan ke-4
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang kandungan ayat Alquran Surat At-Taubah 103.
  1. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30


5

5
Pertemuan ke-5
  1. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
  1. Kegiatan inti
Siswa mendiskusikan tentang Tafsir  Surat Al-Qosos: 83 tentang pahala orang yang tawadhu’ dengan bimbingan guru.
  1. Kegiatan akhir
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
1 x 40
5

30


5

6
Pertemuan ke-6
o.    Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
p.    Kegiatan inti
  1. Guru menjelaskan Hadits Nabi tentang perintah berperilaku tawadu’.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-7
r.      Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
s.     Kegiatan inti
Guru menguraikan tentang Hadist Nabi tentang perintah menjauhi sokap sombong.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-8
e.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f.     Kegiatan inti
Guru mengindentifikasi tanda-tanda perbuatan tawadhu’.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30

5


Pertemuan ke-9
c.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d.    Kegiatan inti
Guru memberikan penjelasan tawadhu yang dilakukan oleh Abu Hurairah dan Umar Bin Abdul Aziz.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30


5


Pertemuan ke-10
e.     Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f.     Kegiatan inti
Guru memberikan contoh tawadhu’nya Umar Bin Khathab dan Ali Bin Abi Thalib.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30


5


Pertemuan ke-11
g.    Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
h.     Kegiatan inti
Guru memberikan contoh tawadhu’ yang dilakukan oleh Nabi SAW dan Anas Bin Malik Ra.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
1 x 40
5

30


5



  1. ALOKASI WAKTU
11 X 40 Menit

  1. SUMBER BELAJAR
-          Kitab Minhajul Muslim
-          Al-Quran dan tafsirnya
-          Al-Hadits
-          Kitab-kitab akhlaq lainnya yang relevan.

  1. PENILAIAN
Jenis penilaian:
-    Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
-    Tugas individu
-    Tugas kelompok
-    Ulangan
-    Bentuk tagihan:
Laporan


                                                            Sukoharjo,01 Juni 2007
                                                                        Mengetahui,
Kepala madrasah,                                             Guru Mata Pelajaran



Sigit Rahardja, S.Si                                           ................................



Tidak ada komentar: