RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini
pentingnya sikap rahmah (berkasih sayang), mengetahui hakikatnya serta mampu
menganalisa secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
-
Terbiasa
berakhlaq rahmah (berkasih sayang) dalam kehidupan sehari-hari.
-
Dapat
memberikan contoh akhlaq rahmah.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq rahmah
yang meliputi uraian materi:
-
Definisi akhlaq rahmah
-
Urgensi rahmah dan kedudukannya dalam Islam.
-
Pengaruh akhlaq rahmah dalam kehidupan.
- INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca materi
teks dengan benar
-
Mendeskripsikan
akhlaq rahmah dan urgensinya.
-
Menjelaskan
pentingnya akhlaq rahmah.
-
Menjelaskan pengaruh
akhlaq rahmah dalam kehidupan
-
Membaca dan
menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan sifat rahmah
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif rahmah.
- Menjelasakan pentingnya rahmah
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq rahmah.
- Menerjemahkan dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq rahmah.
- Mengetahui perintah Allah dan Rasul-Nya untuk berkasih sayang.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Memahami pengaruh rahmah dalam kehidupan.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4, ke-5,
ke-6 dan ke-7
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui contoh-contoh akhlaq rahmah seperti yang termaktub dalam hadits Nabi SAW.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menjelaskan ta’rif rahmah.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru membimbing untuk membaca dailil naqlli tentang
akhlaq rahmah serta menerjemahkanya.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru
menjelaskan tentang pengaruh akhlaq rahmah di dalam kehidupan.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru memberikan contoh akhlaq rahmah (kasih sayang) Rasulullah SAW
sebagaimana yang termaktub dalam shahih Bukhari.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru memberi penjelasan tentang kandungan hadits
Nabi SAW yang memuat keutamaan memiliki dasih sayang kepada binatang.
Guru membimbing siswa dalam mengambil kesimpulan dan
hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru memberi
penjelasan tentang kandungan hadits Nabi SAW yang memuat keutamaan memiliki
dasih sayang terhadap seorang ibu.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menguraikan tentang akhlaq rahmah yang dilakukan
Zainal Abidin Ali Bin Hussain RA. terhadap seseorang.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,01
Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
madrasah, Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Membiasakan dan
melatih diri dengan akhlaq ihsan, mengetahui hakikatnya serta mampu menganalisa
secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
-
Berupaya
mengamalkan dengan sungguh-sungguh akhlaq ihsan kepada Allah.
-
Terbiasa berakhlaq ihsan dengan sesama makhluq Allah dalam kehidupan.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq ihsan yang
meliputi uraian materi:
-
Definisi akhlaq ihsan
-
Urgensi ihsan dan kedudukannya dalam Islam.
-
Ihsan kepada Allah di dalam ibadah.
-
Ihsan kepada sesama makhluq Allah
-
Contoh-contoh perbuatan ihsan.
- INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca
materi teks dengan benar
-
Mendeskripsikan
akhlaq ihsan dan urgensinya.
-
Menjelaskan kedudukan
ihsan.
-
Menjelaskan akhlaq
ihsan kepada Allah dalam ibadah
-
Menjelasakan akhlaq
ihsan kepada sesama amkhluq Allah.
-
Memberi contoh
perbuatan ihsan yang telah dilakukan oleh Nabi dan salafus Shalih
-
Membaca dan
menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan ihsan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif ihsan.
- Menjelasakan pentingnya ihsan dan kedudukannya dalam Islam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq ihsan.
- Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang ihsan.
- Mengetahui perintah Allah tentang perbuatan Ihsan.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mendeskripsikan tentang akhlaq ihsan dalam ibadah.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4, ke-5,
ke-6 dan ke-7
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mendeskpisikan akhlaq ihsan di dalam muamalat (kepada orang tua, kerabat, anak yatim, fakir miskin, ibnu sabil, pembantu, binatang, dan pekerjaan).
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-8
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Memberikan contoh tentang akhlaq ihsan yang dilakukan oleh Nabi SAW dan salafus shalih.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
- Dapat membaca teks dengan benar.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab,
ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan ta’rif ihsan dan kedudukannya dalam Islam.
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna, dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru membimbing untuk membaca dailil naqlli tentang
akhlaq ihsan serta menerjemahkanya.
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru
menjelaskan tentang akhlaq ihsan di dalam ibadah.
c.
Kegiatan
akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang akhlaq ihsan kepada orang tua dan kerabat.
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan perbuatan ihsan kepada fakir miskin
dan anak yatim.
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru
menjelaskan tentang perbuatan
ihsan kepada ibnu sabil dan pembantu.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam mengambil hikmah.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru menguraikan tentang akhlaq ihsan kepada hewan dan
pekerjaan.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-8
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru memberikan contoh perbuatan ihsan yang dilakukan
nabi dan salafus shalih.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
8 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam
membaca teks berbahasa Arab.
-
Tugas individu
-
Tugas kelompok
-
Ulangan
-
Bentuk tagihan:
-
Laporan
Sukoharjo,01
Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
madrasah, Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : 1
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini
keutamaan sikap sidq, mengetahui hakikatnya serta mampu menganalisa secara
ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
-
Berupaya
mengamalkan dengan sungguh-sungguh akhlaq sidq.
-
Terbiasa
berakhlaq sidq dalam kehidupan.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq sidq yang
meliputi uraian materi:
-
Definisi akhlaq sidq dan urgensi sidq.
-
Dampak positif akhlaq sidq.
-
Sidq hadist, sidq muamalah, dll
-
Contoh-contoh perbuatan sidq.
- INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca
materi teks dengan benar
-
Mendeskripsikan
akhlaq sidq dan urgensinya.
-
Menjelaskan kedudukan
sidq.
-
Menjelaskan dampak
positif akhlaq sidq
-
Memberi contoh
perbuatan sidq yang telah dilakukan oleh Nabi dan salafus Shalih
-
Membaca dan
menjelaskan kandungan dalil naqli yang berkaitan dengan sidq
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif sidq.
- Menjelasakan pentingnya sidq dan kedudukannya dalam Islam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan akhlaq sidq..
- Memahami ayat-ayat tentang sidq.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui dampak positif akhlaq sidq.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4 dan
ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Memahami objek akhlaq sidq (perkataan, muamalat, dll).
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
Pertemuan ke-6 dan
ke-7
Setelah menjalankan KBM,
siswa diharapkan mampu:
- Memberikan contoh tentang akhlaq sidq yang dilakukan oleh Nabi SAW dan salafus shalih.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
- Dapat membaca dan memahami teks dengan benar.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan pentingnya akhlaq sidq.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru memerintah siswa agar membaca dailil naqlli
tentang akhlaq sidq
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru
menjelaskan tentang dampak positif akhlaq sidq.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang akhlaq sidq seorang muslim di dalamperkataan
dan pergaulan.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan perbuatan sidq ‘azm (tekad), janji
dan hal (aplikasi).
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
e. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f. Kegiatan inti
Guru memberi
contoh akhlaq sidq Rasulullah dan salafus shalih.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
g. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
h. Kegiatan inti
Guru memberikan contoh tentang ketelitian Imam Bukhori
di dalam memeriksa seorang rawi hadits dan contoh lainnya yang berkaitan
dengan sidq.
c. Kegiatan akhir
Guru memberi pertanyaan dan menyimpulkan materi.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
7 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,01
Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
madrasah, Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya bersikap sakha dan karam serta mampu
menganalisanya secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
-
Memahami arti
dan korelasi antara sakha dan karam.
-
Dapat
memberikan contoh sakha dan karam dengan benar.
-
Terbiasa untuk
bersikap sakha dan karam dalam kehidupan sehari-hari.
- MATERI PEMBELAJARAN
Akhlaq sakha dan karam.
- INDIKATOR
-
Siswa mampu membaca
materi teks dengan benar
-
Memahami mufrodat
yang terkandung dalam teks
-
Mampu menerjemahkan
materi teks
-
Memahami dan
menghayati sakha dan karam dan urgensinya dalam kehidupan sehari-hari
-
Memiliki keinginan
yang kuat untuk mengamalkannya
-
Siswa mengamalkan
kandungan bacaan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif sakha dan karam.
- Menjelasakan pentingnya sakha dan karam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-2, ke-3
dan ke-4
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan peranan iman dan amal shalih untuk mencegah sikap kikir dan bakhil.
- Membaca dan menghafal ayat-ayat tentang sifat manusia dan anjuran untuk bersikap sakha dan karam.
- Memahami kandungan ayat-ayat tentang sifat manusia dan anjuran untuk bersifat sakha dan karam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dalil naqli tentang kewajiban berinfaq dan keutamaan orang yang melakukannya (QS. Al-Munafiqun: 10 dan QS. Al-Lail : 5 – 11).
- Memahami kandungan ayat QS. Al-Munafiqun: 10 dan QS. Al-Lail : 5 – 11.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dalil naqli baik ayat Al-Quran maupun hadits tentang keutamaan akhlaq sakha dan karam.
- Memahami kandungan dalil naqli tentang keutamaan akhlaq sakha dan karam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-7
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca hadits tentang ancaman dan bahaya sikap kikir.
- Memahami kandungan hadits tentang bahaya dan ancaman sikap kikir.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
Pertemuan ke-8
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Menganalisa tanda-tanda perilaku sakha dan karam.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-9, ke-10
dan ke-11
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Memberikan contoh-contoh akhlaq sakha dan karam yang terdapat di dalam hadits, atsar dan sejarah ulama terdahulu.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi,
tanya jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan ta’rif sakha dan karam serta
pentingnya dalam kehidupan seorang muslim.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab,
menguasiamufrodat, menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam
mengapliksikannya dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang peranan iman dan amal
shalih didalam pencegahan terhadap sikap kikir dan bakhil.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru
menjelaskan tentang tafsir surat Al-Ma’arij 19 – 25.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang kandungan ayat Alquran Surat At-Taubah 103.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Siswa menggali informasi tentang Tafsir Surat Al-Hasyr : 9 lewat studi pustaka
denganbimbingan guru.
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
i. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
j. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli
tentang keutamaan sakha dan karam.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
k. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
l. Kegiatan inti
Guru menjelaskan tentang dalil naqli
ancaman dan bahaya sifat bakhil dan kikir.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-8
c. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d. Kegiatan inti
Guru menganalisis tanda-tanda perbuatan sakha dan
karam.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-9
a. Pendahuluan
Guru memberikan
apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru memberikan contoh perbuatan sakha dan karamnya
‘Aisyah Ra.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-10
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
b. Kegiatan inti
Guru memberikan
contoh sakha dan karamnya Abdullah Bin Amir.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-11
c. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d. Kegiatan inti
Guru memberikan
contoh sakha dan karam dalam kehidupan sahabat Usman Bin Affan dan Imam
Syafi’i.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
11 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,01
Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
madrasah, Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ................................
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MA PPMI ASSALAAM
MATA PELAJARAN : AKHLAQ
KELAS : XI
SEMESTER : 2
TAHUN : 2006/2007
- STANDAR KOMPETENSI
Memahami dan meyakini pentingnya tawadhu’ serta dibencinya sikap sombong
dan mampu menganalisanya secara ilmiah dan membiasakannya dalam kehidupan
sehari-hari.
- KOMPETENSI DASAR
-
Menyadari
pentingnya tawadhu’ dengan batasan-batasannya dan mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari.
-
Mengetahui
murka Allah kepada orang yang bersikap kibr serta mampu menghindarinya dalam
kehidupan sehari-hari.
- MATERI PEMBELAJARAN
Tawadhu’ dan
kesombongan dengan uraian meteri:
-
keutamaan tawadhu’ dan kenistaan sombong.
-
Tanda-tanda akhlaq tawadhu’
-
Contoh-contoh tawadhu’.
- INDIKATOR
- Siswa
mampu membaca teks dengan benar
- Memahami
keutamaan tawadhu’ dan kenistaan sombong
- Menjelaskan
tanda-tanda tawadhu’
- Menjelaskan
contoh-contoh tawadhu’
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengetahui ta’rif tawadhu’.
- Menjelasakan pengertian sombong.
- Menjelaskan keutamaan sikap tawadhu’.
Pertemuan ke-2
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Menjelaskan ancaman bagi orang-orang yang sombong di hari akhir.
- Membaca dan memahami hadits tentang ancaman bagi ornag yang sombong di hari akhir.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-3
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca QS. As-Syu’ara: 215 dan Al-Isra:37 tentang perintah berperilaku tawadhu’.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-4
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca QS. Al-Maidah: 54 tentang pujian Allah terhadap para wali-Nya yang memiliki perilaku tawadhu’ kepada sesama mereka.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-5
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan memahami QS. Al-Qashshash: 83 tentang pahala bagi orang yang tawadhu’.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-6
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan memahami hadits Nabi tentang perintah berperilaku tawadhu’.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada
Pertemuan ke-7
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Membaca dan memahami hadits Nabi tentang perintah menjauhi perbuatan sombong.
- Memahami materi teks dengan baik.
Pertemuan ke-8
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Mengidentifikasi tanda-tanda perilaku tawadhu’
- Memahami materi teks dengan baik.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
Pertemuan ke-9, ke-10
dan ke-11
Setelah menjalankan
KBM, siswa diharapkan mampu:
- Menganalisa contoh-contoh tawadhu’ yang dilakukan para salafus shalih.
- Memahami materi teks dengan baik.
- Mengetahui mufrodat setiap kata yang ada.
- METODE PEMBELAJARAN
Mengkaji kitab, ceramah, diskusi, tanya
jawab, dan penugasan.
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek yang dikembangkan
|
1
|
Pertemuan ke-1
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan ta’rif tawadhu’ serta keutamaannya
c. Kegiatan akhir
Guru menyimpulkan materi.
|
1 x 40
5
30
5
|
Terampil dalam membaca teks Bahasa Arab, menguasai mufrodat,
menguasai kandungan makna,dan memiliki kemampuan dalam mengapliksikannya
dalam kehidupan nyata.
|
2
|
Pertemuan ke-2
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang ancaman terhadap
orang-orang sombong dengan dalil.
Guru menyimpulkan materi.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
3
|
Pertemuan ke-3
a. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang tafsir
surat Al-Isra: 37 tentang berperilaku tawadhu’.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
4
|
Pertemuan ke-4
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Guru menjelaskan tentang kandungan ayat Alquran Surat At-Taubah 103.
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
5
|
Pertemuan ke-5
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
Siswa mendiskusikan tentang Tafsir Surat Al-Qosos: 83 tentang pahala orang
yang tawadhu’ dengan bimbingan guru.
Siswa mempresentasikan hasil studi pustakanya.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
6
|
Pertemuan ke-6
o. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
p. Kegiatan inti
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan.
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-7
r. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
s. Kegiatan inti
Guru menguraikan
tentang Hadist Nabi tentang perintah menjauhi sokap sombong.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-8
e. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f. Kegiatan inti
Guru mengindentifikasi
tanda-tanda perbuatan tawadhu’.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-9
c. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
d. Kegiatan inti
Guru memberikan
penjelasan tawadhu yang dilakukan oleh Abu Hurairah dan Umar Bin Abdul Aziz.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-10
e. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
f. Kegiatan inti
Guru memberikan
contoh tawadhu’nya Umar Bin Khathab dan Ali Bin Abi Thalib.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
|
Pertemuan ke-11
g. Pendahuluan
Guru memberikan apersepsi dan motivasi.
h. Kegiatan inti
Guru memberikan
contoh tawadhu’ yang dilakukan oleh Nabi SAW dan Anas Bin Malik Ra.
c. Kegiatan akhir
Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
|
1 x 40
5
30
5
|
|
- ALOKASI WAKTU
11 X 40 Menit
- SUMBER BELAJAR
-
Kitab Minhajul Muslim
-
Al-Quran dan
tafsirnya
-
Al-Hadits
-
Kitab-kitab akhlaq
lainnya yang relevan.
- PENILAIAN
Jenis penilaian:
-
Kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
- Tugas
individu
- Tugas
kelompok
- Ulangan
- Bentuk
tagihan:
Laporan
Sukoharjo,01
Juni 2007
Mengetahui,
Kepala
madrasah, Guru
Mata Pelajaran
Sigit
Rahardja, S.Si ................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar