View My Stats

Selasa, 21 Februari 2012

RENCANA AGENDA DIVISI KEROHANIAN



RENCANA AGENDA DIVISI KEROHANIAN




A.    Kegiatan keagamaan


Kegiatan keagaamaan merupakan suatu yang sangat urgen dalam kehidupan kita sehari – hari, karena tanpa agama masa depan kita dunia akhirat akan gelap dan suram,untuk menjauhkan diri kita dari kegelapan tersebut tentunya kita semua membutuhkan pembinaan dan solusi yang baik tentang nilai-nilai agama,yang mampu menghapus atau menjauhkan diri kita dari fenomena yang sangat menakutkan tersebut.
            Setelah kami bermusyawah sesama anggota dan kawan-kawan,ternyata muncullah  solusi serta tawaran-tawaran untuk membuat beberapa program yang mungkin bisa kita implementasikan  dalam organisasi kita,diantaranya:

1.           pelatihan "tajhiz manyat"

yaitu suatu pekerjaan yang diwajibkan kepada kita umat islam (fardhu kifayah) yang mencakup memandikan,mengafankan,menyalatkan,serta menguburkan, jika tidak ada salah seorang diantara kita yang melakukan sungguh akan berdosa kita semua.  Karena mengingat sangat minimnya orang yang mampu melaksanakan kewajiban"tajhiz manyat,maka kami berupaya untuk melaksanakan acara tersebut,dan perlu kita kita ketahui bersama bahwa pekerjaan itu bukanlah hanya untuk tgk imum kampung saja,kita semua juga harus mampu melakukannya,dan mampu menerapkan ketika dibutuhkan oleh masyarakat khususnya meurahdua, dalam maksud guna untuk mempersiapkan generasi selanjutnya.
2.           kajian rutin mingguan
 Pada hakikatnya,ilmu agama adalah sasaran serta kewajiban utama kita dalam hidup didunia ini untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat,namun sekarang sudah banyak orang menganggap dunia adalah segala-galanya. tiada arti kekayaan,rumah mewah,bila tidak mampu kita menjaganya, begitu juga dalam hal ibadah tiada arti kita shalat sementara kotoran atau najis masih lengket ditubuh kita tiada mengerti cara menghilangkannya, hukum syara' tidak boleh di anggap sepele.
Oleh karena itu,kami menganggap penting jika kita adakan kajian rutin dalam sepekan sekali, dengan tema yang berbeda,misalnya : minggu pertama bab thaharah,ke 2 bab shalat,puasa,nikah dan seterusnya. untuk mengulang kaji pelajaran agama yang sudah pernah kita pelajari dulu mungkin ada yang terlupakan atau belum pernah kita dapatkan sama sekali, juga menambahkan ilmu kita yang baru. 

3.     Perlombaan untuk anak-anak/santri santriwan atau siswa-i meurahdua

             Adapun acara yang  kami anggap perlu kita adakan yaitu: azan,hafal surat pendek,ngaji tilawah,cerdas cermat dan lain-lain. Tujuannya untuk membangkitkan dan mengembangkan semangat anak-anak kita dalam belajar dengan sungguh-sunguh, serta untuk melihat kecerdasan kemampuan mereka masing-masing. Tanpa kita membuat acara seperti ini maka kita susah melihat jumlah persentase bakat anak-anak kita khususnya di lingkungan perdesaan meurahdua.

Tidak ada komentar: