View My Stats

Selasa, 21 Februari 2012

Cara Alami Melembutkan Bibir dengan Madu

Cara Alami Melembutkan Bibir dengan Madu



September 13, 2009 Tinggalkan komentar Go to comments
Bibir anda terasa kering dan pecah-pecah? Anda tak perlu membeli peralatan kosmetik yang lebih mahal untuk mengatasinya. Cobalah menggunakan madu sebagai bagian dari kosmetik dan makanan anda.
Gunakan madu sebagai pengganti gula pada minuman yang anda sukai atau mengoleskannya pada roti sesuai selera anda. Madu memiliki kecenderungan untuk menempel pada bibir sehingga membuat bibir menjadi lembab, halus, dan lembut. Dengan bibir yang lembab, setiap sapuan lipstik di permukaan bibir akan terasa sangat halus dan warna yang dihasilkannya akan lebih berkilau.
Anda ingin memerahkan warna bibir anda secara alami? Oleskan madu setiap malam sebelum tidur kemudian bersihkan dengan air hangat pada pagi harinya. Hal ini akan membuat bibir anda menjadi merah alami. 



Memerahkan Bibir


Bibir yang terlihat sehat, segar dan kemerah-merahan adalah dambaan setiap wanita. Bibir yang halus dan merona makin menyempurnakan senyum indah anda selain gigi putih cemerlang. Maka produk lipstik selalu laris manis karena para wanita selalu ingin bibirnya berwarna segar merona. Namun ternyata, lipstik adalah salah satu faktor yang membuat bibir menjadi menghitam. Akan tampak bila seseorang yang sering memakai lipstik, pada saat tidak memakai lipstik, bibirnya terlihat pucat dan menghitam. Tips berikut sangat efektif untuk memerahkan bibir anda secara alami dan membuatnya lembut, bebas pecah-pecah, sehat dan segar.

1. Setiap sikat gigi, sikat juga bibir anda pelan-pelan dengan arah kekanan dan kekiri secara bergantian.

2. Belah tomat menjadi 2 bagian. Oleskan irisan tomat ke bibir anda selama 10-15 menit. Lakukan rutin 2-3 kali sehari selama seminggu. Bibir anda jadi halus dan bebas dari pecah-pecah.

3. Olesi bibir anda dengan madu setiap saat anda sempat dan setiap sebelum tidur, lakukan pijat-pijat ringan pada bibir anda. Madu bagus untuk melembapkan bibir dan memerahkan bibir secara alami.

4. Sering mengkonsumsi buah-buahan segar, terutama jeruk. Bibir aja terlihat segar tanpa perlu memakai pelembap.

5. Pakailah lipbalm / pelembap untuk bibir di siang hari untuk menjaganya tetap lembap dan tidak kering.

Memerahkan Bibir
Sapukan madu asli pada bibir tiap2 malam sebelum masuk tidur. Amalkan selalu. Bibir anda akan merah seperti memakai gincu.

atau

Bibir yang merah merekah membuat sang pemiliknya terlihat lebih manis saat tersenyum. Sayangnya tak semua orang dikaruniai bibir yang indah kemerahan. Lantas bagaimanakah memerahkan bibir yang kehitaman sehingga lebih indah dipandang mata?

Penyebab Bibir Menghitam:

Lantas apa saja yang membuat bibir menjadi menghitam?Seperti halnya kulit di sekujur tubuh, keindahan bibir juga dipengaruhi oleh hormon estrogen, yaitu hormon yang dapat membantu proses perbaikan dan pergantian kulit (regenerasi). Semakin bertambahnya usia, apalagi jika sudah memasuki usia menapouse, kadar estrogen menurun tajam sehingga proses regenerasi melemah, bahkan lama-kelamaan berhenti sama sekali. Tanpa regenerasi, maka kulit tidak bisa melindungi dan melembabkan sendiri, sehingga berangsur-angsur mengerut dan mengendur. Pada saat itulah bibir tampak kering dan hitam.

Kebiasaan merokok juga dapat mengurangi keindahan bibir.Proses penghitaman bibir akibat merokok memang terjadi secara langsung.Tetapi seiring waktu bibir yang tadinya terlihat merah ranum dan segar, lama-lama menjadi ungu kehitam-hitaman. Perubahan ini terjadi karena pada saat dihisap, panas rokok mengenai bibir sehingga sel-sel darah merah yang mati tadi akan memproduksi pigmen, yang kemudian tertimbun di bibir. Selain itu setiap hasil pembakaran pada ujung rokok akan menimbulkan karbon, yang juga akan menambah pekat warna bibir. Mengkonsumsi obat yang tidak cocok dan faktor keturunan juga membuat bibir hitam.

Kulit bibir tidak memiliki melanin yang melindungi kulit. Bibir dilapisi kulit tipis dan didalamnya terdapat membran selaput lendir transparan. Sehingga kulit bibir sangat sensitif dan tentu saja bila bahan asing yang tidak cocok bisa membuat warna bibir menjadi gelap. Bahan kimia seperti penggunaan kosmetik yang tidak cocok dan dermatitis kontak juga menyebabkan bibir menghitam. Contohnya penggunaan lipstik yang tidak cocok.Bahan yang tidak cocok yang terkandung dalam lipstik jika digunakan dalam waktu yang lama dapat membuat lama-kelamaan bibir menghitam. "Mencegahnya, bersihkan bibir setelah menggunakan lipstik dengan pembersih khusus bibir karena sisa-sisa lipstik yang tertinggal dapat membuat bibir tampak kehitaman. Sedangkan untuk menghindari dermatitis kontak, sebaiknya sebelum menggunakan lipstik yang baru dibeli, anda mencobanya terlebih dahulu pada kulit dibelakang telinga. Setelah itu diamkan selama 24 jam.Bila terasa gatal dan perih, berarti anda tidak cocok menggunakan lipstik tersebut.

Sebenarnya pemilik bibir hitam tidak perlu minder, karena saat ini bibir yang menghitam bisa dimerahkan dengan menggunakan krim, gel, atau salep. Sementara bibir yang menghitam karena bahan kosmetik, rokok, ataupun dermatitis kontak dapat dibantu pemulihannya dengan krim yang mengandung steroid sehingga warna bibir kembali merekah. Steroid dapat membantu memerahkan bibir yang menghitam.

TIPS MENJAGA BIBIR TETAP MERAH:

Sebelum warna bibir anda yang merah itu berubah menjadi gelap atau pucat, ada baiknya anda melakukan perawatan agar warna bibir anda tetap indah. Layaknya kulit wajah, kulit bibir juga perlu dirawat agar tetap menjadi cantik. Berikut ini Tipsnya:

*
Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran .
*
Jika anda merokok, segeralah berhenti.
*
Hindari pemakaian lipstik yang berlebihan. Dan jangan terlalu lama lipstik menempel di bibir.
*
Lipstik jangan sampai dibawa tidur, karena itu setelah beraktivitas selalu bersihkan bibir menggunakan pembersih.Ini penting untuk mensterilkan bibir dari bahan kimia lipstik.
*
Jangan sering menjilat bibir karena akan membuat bibir kering.
*
Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk siang hari .
*
Untuk menjaga kelembabanya, oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur malam.

Tips Lain2...
Sehabis gosok gigi, gosok pelan2 bibir dengan sikat gigi.Selain untuk membersihkan/menanggalkan sel2 lama juga untuk memperlancar peredaran darah di sekitar bibir.Setidaknya bisa menghilangkan kesan hitam
Cara mengolah ramuan herbal aromaterapi :

Bahan-bahan :
1/2 gelas olive oil ( minyak zaitun )
2 buah wortel yang telah diparut
10 lembar daun mint
5 kuntum bunga melati
5 kuntum bunga mawar

Cara membuat :
Campurkan semua bahan dalam satu wadah. Panaskan di atas air mendidih, aduk rata hingga keluar warna kuning.Diamkan selama 20-30 menit. Selanjutnya ramuan yang telah berubah jadi ekstrak oil di simpan dalam botol khusus.

Pemakaian :
Oleskan secara merata di area bibir sehabis mandi dan sebelum tidur. Ekstrak oil ini aman digunakan selama enam bulan.
Cara Pertama:
  1. Menggunakan minyak zaitun. Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam wadah kecil.
  2. Campurkan sedikit gula atau bisa diganti dengan madu ke dalam minyak zaitun.
  3. Bibir harus dalam keadaan bersih.
  4. Gosokkan secara perlahan dan merata pada bibir ramuan tersebut.
  5. Cara ini digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir.
  6. Kemudian bilas bibir dengan menggunakan air bersih
Cara Kedua:
  1. Menggunakan madu.
  2. Bibir harus dalam kondisi bersih.
  3. Usapkan madu secara merata ke seluruh permukaan bibir.
  4. Gunakan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur.
Selain dua cara tersebut di atas untuk selalu menjaga kesehatan bibir yang bisa kita lakukan:
  1. Jika anda perokok, segeralah berhenti merokok
  2. Jangan menggunakan lipstik secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama, sebaiknya bersihkan bibir dari lipstik sebelum tidur.
  3. Jangan terlalu sering menjilati bibir karena akan membuat bibir kering.
  4. Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk siang hari.
  5. Gunakan melembab bibir atau madu pada malam hari sewaktu tidur untuk menjaga kelembaban bibir.
  6. Dan yang terpenting perbanyaknya konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Tidak ada komentar: