BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari paket program akademik Fakultas
Tarbiyah IAIN Ar-Raniry guna melatih dan mendidik mahasiswa calon guru menuju
pembangunan guru melalui Program Pendidikan Guru secara Profesional.
Untuk
mengenal lebih dekat dan langsung, dengan melakukan Praktek Pengalaman Lapangan
(PPL) merupakan suatu ukuran keberhasilan calon guru setelah mendapatkan
pengalaman mengajar sebagai bekal untuk tujuan yang telah tetap.
SMAN 12 Banda Aceh merupakan salah satu
lembaga pendidikan di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
(DEPDIKBUD) yang menampung mahasiswa praktikan dari Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh penetapan mahasiswa praktikan pada sekolah tersebut
dilaksanakan pada tanggal 06
Oktober 20110.
Dengan
demikian umum dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) berorientasi pada
kegiatan proses belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i calon guru, dimana
kegiatan ini mencakup dalam kegiatan belajar mengajar (teaching) baik itu terbimbing maupun mandiri dan tugas-tugas
keguruan lainnya (non-teaching)
sebagaimana yang dituntut dalam profesi keguruan yang bertujuan untuk kemajuan
dan keberhasilan pendidikan terhadap sasaran yang ingin dicapai dalam
pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu tercapainya kepribadian
seorang guru.
B. Tujuan
Adapun
tujuan umum dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah memberikan
kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk memperoleh pengalaman nyata dalam
mengaplikasikan teori pengelolaan kegiatan belajar mengajar dan memantapkan
sikap profesional keguruan selain dari pada itu profesional guru dalam hal
pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
Di
samping tujuan umum pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) juga
mempunyai tujuan khusus yaitu, dimana tujuan khusus ini dapat diklasifikasikan
atas 3 (tiga) kelompok :
1. Aspek Pengetahuan
Mahasiswa calon guru diharapkan untuk dapat
memiliki kemampuan pengetahuan teoritis yang berkaitan dengan belajar mengajar.
2. Aspek Keterampilan
Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki
keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek
lapangan teaching dan non-teaching.
3. Aspek Sikap
Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki komitmen
terhadap tugas-tugas profesional antara lain menyelesaikan diri dengan tuntutan
profesional yang semakin berkembang.
C. Waktu dan Tempat
Adapun
waktu pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama dua bulan yaitu
sejak tanggal 06 Oktober 2010 sampai dengan 10 Desember 2010, sedangkan tempat
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu di SMAN 12 Lampineung Banda Aceh.
BAB II
KEGIATAN –KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN
LAPANGAN (PPL)
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan
Tadris Pendidikan Agama (TPA) Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Tahun
Akademik 2010/2011
dilaksanakan mulai tanggal 06 Oktober 2010 sampai dengan 10 Desember 2010.
Pada
tanggal 06 November 2010 mahasiswa praktikan
diantar oleh Dosen Pembimbing (Supervisor),
Fatimah.ibd.M.Si ke SMAN 12 Banda Aceh dengan sambutan
penuh ramah tamah dari kepala sekolah, guru-guru dan siswa-siswi di sekolah
tersebut.
A. Observasi Lapangan
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai mata kuliah persyaratan di Fakultas
Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Observasi Lapangan dilakukan di SMAN 12 Banda Aceh
pada tanggal 06 November 2010 dengan terjun
langsung kelapangan, yaitu melihat langsung guru, siswa-siswi dan fasilitas
sekolah. Hal-hal yang diamati antara lain sebagai berikut :
a. Keadaan
Fisik Sekolah.
Saat
ini berada Fasilitas yang ada di sekolah SMA Negeri 12 Banda Aceh tersebut
antara lain :
1. Luas tanah : 9.998 m2
2. Jumlah ruang kelas : 19 ruang/kelas
3. Ukuran ruang kelas :
7 x 7 m2
4. Bangunan lain yang ada
a. Ruang kepala sekolah : 4 x 3
m2
b. Ruang dewan guru :
8 x 10 m2
c. Ruang Bimbingan Penyuluhan : 9 x 7 m2
d. Ruang tata usaha :
7 x 7 m2
e. Ruang perpustakaan : 7
x 10 m2
f. Aula tempat shalat :
7 x 10 m2
g. Ruang guru PPL :
8 x 10 m2
h. Ruang tunggu : 7 x 7 m2
i. Ruang waka sek :
4 x 3 m2
j. Ruang kurikulum :
7 x 7 m2
k. Ruang pengajaran : 9 X 7 m2
l. Ruang UKS : 10
x 9 m2
m. Ruang Osis
: 7 x 7 m2
n. Kantin : 10 x 10 m2
o. Toilet : 4 x 4
m2
5. Lapangan olah raga (jenis dan ukuran)
a. Lapangan Bola Volley : 25 x 25
m2
b. Lapangan basket :
25 x 25 m2
b. Keadaan Lingkungan Sekeliling Sekolah
1. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
adalah :
·
Sebelah depan :
Jalan T. Nyak Makam
·
Sebelah kanan :
Kantor BKPP NAD
·
Sebelah kiri :
Bekas Sekolah SMK N 2 Banda Aceh
·
Sebelah Belakang :
Kantor PDAM dan SMKK
2. Kondisi
lingkungan sekolah
Kondisi
lingkungan sekolah Sangat baik, nyaman, aman, dan tenang (tercakup dalam 6 K)
c. Fasilitas Sekolah
1. Perpustakaan
: 1 buah / permanen / baik
2. Ruang
belajar : 19 buah / permanen /
baik
3. Ruang
tata usaha : 1 buah / pemanen / baik
4. Ruang
BP : 1 buah / permanen / baik
5. Ruang
kurikulum : 1 buah / permanen / baik
6. Ruang
serbagguna : 1 buah / permanen / baik
7. Ruang
kepala sekolah : 1 buah / permanen / baik
8. Ruang
WaKa Sek : 1 buah / permanen /
baik
9. Ruang
dewan guru : 1 buah / permanen / baik
10. Ruang
guru PPL : 1 buah / permanen / baik
07. Ruang
tunggu : 1 buah / permanen /
baik
12. Ruang
Pengajaran : 1 buah / permanen / baik
13. Koperasi
atau kantin : 2 buah / permanen / baik
14. Toilet
: 4 buah /
permanen / baik
15. Múshala
: 1 buah / permanen / baik
16. Ruang
Osis : 1 buah / permanen /
baik
17. Ruang
percetakan :
1 buah / permanen / baik
18. Parkiran
: 1 buah / baik
d. Penggunaan Sekolah
Jumlah sekolah yang menggunakan sekolah ini : satu sekolah yaitu SMAN 12 Banda
Aceh
e. Guru dan Siswa
1. Jumlah guru : 57 Orang (42 guru tetap PNS, 7 guru Bantu, guru kontrak 1
orang dan 7 guru honorer)
2. Jumlah siswa
seluruhnya : 573 Orang , Laki-laki 282 orang
dan perempuan 313 orang.
2. Keadaan
lingkungan yang mengelilingi sekolah :
a. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
Ø Perumahan
masyarakat di sekeliling sekolah
Ø Perkantoran
Ø Stadion/
gedung olah raga
Ø Dan juga
sekolah-sekolah lain
b. Kondisi lingkungan sekolah
Berdasarkan hasil pengamatan kami, lingkungan
fisik dan fasilitas di SMAN 12 Banda Aceh butuh perkembangan baik dari segi
guru maupun sekolah itu sendiri untuk bisa bersaing di masa yang akan datang
untuk menciptakan generasi-generasi yang bermutu tinggi dan profesional.
f. Interaksi Sosial
a. Hubungan guru dengan kepala sekolah : Baik
b. Hubungan guru dengan guru : Baik
c. Hubungan guru, pegawai dan tata usaha : Baik
d. Hubungan guru dengan siswa : Harmonis
e. Hubungan secara keseluruhan : Baik
6. Tata Tertib
a. Untuk guru :
Ada
b. Untuk siswa :
Ada
c. Untuk Pegawai :
Ada
B. Pelatihan Keterampilan Mengajar Dan
Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing
Pelatihan
guru secara dinilai dengan melaksanakan observasi lapangan, yaitu mahasiswa
calon guru memperlihatkan, teknik dan metode yang digunakan guru pamong untuk
menilai siswa ketika kegiatan belajar mengajar-mengajar berlangsung. Dengan
syarat Silabus dan RPP sudah disiapkan agar dalam mengajar lebih terarah dan
sesuai dengan GBPP. Kegiatan yang di monitoring langsung oleh guru pamong
masing-masing, keterampilan mengajar dan tugas-tugas guru lainnya dilakukan
secara terbimbing adalah :
1. Membuat Rincian Minggu Efektif
2. Membuat Program Tahunan dan Program Semester
3. Membuat Silabus
4. Membuat Pemetaan Standar Kompetensi dan
Kompetensi Standar
5. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
6. Mengajar di kelas dengan jadwal sebagai
berikut
NO.
|
JAM
|
HARI / KELAS
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1
|
1
|
-
|
-
|
ü
|
|
-
|
-
|
2
|
2
|
-
|
-
|
ü
|
|
-
|
-
|
3
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
4
|
4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
5
|
5
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
ü
|
6
|
6
|
-
|
-
|
-
|
ü
|
-
|
ü
|
7
|
7
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
8
|
-
|
ü
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7. Melakukan evaluasi, mengabsen kehadiran siswa
8. Membantu memberikan bimbingan kepada siswa
yang mengalami kesulitan belajar atau bermasalah
Semua
kegiatan belajar dikonsultasikan dengan guru pamong mengenai cara membuat atau menyelesaikan masalah bimbingan dan sela-sela
waktu jam pelajaran.
Selain
kegiatan teaching, mahasiswa
praktikan juga melaksanakan kegiatan non-teaching
yang berlangsung di luar jam mengajar di kelas. Diantaranya, mengobservasi
kegiatan fisik sekolah, piket dan mengikuti kegiatan siswa.
C. Pelatihan Keterampilan Mengajar
Secara Mandiri Dilakukan Setelah Adanya Pelatihan Mengajar Secara Terbimbing
1. Kegiatan Teaching
Kegiatan
teaching merupakan salah satu
kegiatan calon guru yang harus dilaksanakan selama menjalankan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL), dimana mahasiswa praktikan melakukan kegiatan tatap muka dengan
siswa sesuai dengan jam pelajaran yang sudah ditentukan oleh guru pamong
masing-masing sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut guru
praktek harus mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang berhubungan
dengan kebutuhan mengajar diantaranya dengan menyusun Silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta media yang digunakan dalam menyampaikan
materi pembelajaran.
2. Kegiatan Non-Teaching
Selain
kegiatan teaching, guru praktikan
juga mempunyai tugas di luar jam pelajaran (non-teaching)
adapun kegiatan tersebut adalah :
a. Mengobservasi konsultasi dengan guru pamong
b. Mengadakan konsultasi dengan guru pamong
c. Menggantikan jam pelajaran untuk guru yang
tidak hadir
d. Melaksanakan piket yang telah ditentukan
jadwalnya
e. mengikuti nasehat rohani setiap hari Senin
Kegiatan-kegiatan
ini merupakan hal-hal yang sangat penting bagi seorang guru praktikan, karena
untuk melatih melaksanakan administrasi di sekolah yang kelak akan dijumpai
pada situasi bila nanti menjadi seorang guru.
D. Menyusun Laporan Akhir
Setelah
melaksanakan kegiatan belajar mengajar, maka guru praktikan harus membuat
sebuah laporan akhir tentang kegiatan yang telah dijalankan selama Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah praktikan. Hal ini merupakan kewajiban
penting untuk melengkapi salah satu syarat pelaksanaan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL).
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kegiatan-kegiatan
selama melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu meliputi :
1. Observasi Lapangan dilaksanakan pada Minggu
pertama setelah penetapan mahasiswa praktikan di antar supaya mengenal
sekaligus beradaptasi dengan lingkungan sekolah tersebut.
2. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan
suatu program mata kuliah yang harus dijalankan di lingkungan Fakultas
Tarbiyah, karena melalui kegiatan ini mahasiswa praktikan dapat memperoleh
pengalaman yang sangat banyak atas profesi yang akan dijalan kelak.
3. Pelatihan kegiatan mengajar dan tugas
keguruan lainnya secara terbimbing, kegiatan ini bertujuan agar calon guru
mengetahui cara mengajar, pengelolaan kelas dalam situasi belajar mengajar yang
baik.
4. Kegaitan mengajar secara langsung oleh
mahasiswa praktikan secara mandiri, kegiatan ini bertujuan agar calon guru
mendapat kesempatan langsung menerapkan apa yang harus diterapkan dalam
kegiatan belajar mengajar.
5. Kegiatan praktek mengajar ini bertujuan untuk
mendapat atau memperoleh nilai dari guru pamong dan merupakan umpan balik bagi
calon guru untuk keberhasilannya.
6. Kegiatan terakhir adalah menyusun Laporan
Akhir yang bertujuan untuk mendokumentasikan semua kegiatan-kegiatan yang
dilaksanakan selama praktikan.
B. Saran-saran
1. Mahasiswa calon guru hendaknya benar-benar
mempersiapkan diri dan mengikuti kegiatan PPL dengan sungguh-sungguh.
2. Sebaiknya pembekalan anak untuk mahasiswa
praktikan sudah diberikan pada saat Micro
Teaching, baik mengenai cara menyusun Silabus, Program Tahunan, Program
Semester dan RPP yang sesuai dengan KTSP guna untuk menghadapi masalah-masalah
yang akan timbul di lapangan nantinya, jangan cuma dasar-dasar keterampilan
saja.
3. Adanya informasi yang jelas dan persepsi yang sama antara pihak IDC dan guru
pamong yang terkait untuk membantu jalannya pelaksanaan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL).
4. Harapan kami kepada sekolah agar terus
melakukan perbaikan dari segala segi yang masih dianggap minim.
5. Harapan kami kepada sekolah agar menciptakan
kedisiplinan yang lebih baik lagi untuk menciptakan akhlak siswa yang lebih
baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar