View My Stats

Selasa, 21 Februari 2012

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) SMAN 12


BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang Masalah
            Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari paket program akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry guna melatih dan mendidik mahasiswa calon guru menuju pembangunan guru melalui Program Pendidikan Guru secara Profesional.
            Untuk mengenal lebih dekat dan langsung, dengan melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu ukuran keberhasilan calon guru setelah mendapatkan pengalaman mengajar sebagai bekal untuk tujuan yang telah tetap.
            SMAN 12 Banda Aceh merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD) yang menampung mahasiswa praktikan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Banda Aceh penetapan mahasiswa praktikan pada sekolah tersebut dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 20110.
            Dengan demikian umum dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) berorientasi pada kegiatan proses belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i calon guru, dimana kegiatan ini mencakup dalam kegiatan belajar mengajar (teaching) baik itu terbimbing maupun mandiri dan tugas-tugas keguruan lainnya (non-teaching) sebagaimana yang dituntut dalam profesi keguruan yang bertujuan untuk kemajuan dan keberhasilan pendidikan terhadap sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu tercapainya kepribadian seorang guru.

B.  Tujuan
            Adapun tujuan umum dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengaplikasikan teori pengelolaan kegiatan belajar mengajar dan memantapkan sikap profesional keguruan selain dari pada itu profesional guru dalam hal pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
            Di samping tujuan umum pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) juga mempunyai tujuan khusus yaitu, dimana tujuan khusus ini dapat diklasifikasikan atas 3 (tiga) kelompok :
      1.   Aspek Pengetahuan
Mahasiswa calon guru diharapkan untuk dapat memiliki kemampuan pengetahuan teoritis yang berkaitan dengan belajar mengajar.
      2.   Aspek Keterampilan
Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktek lapangan teaching dan non-teaching.
      3.   Aspek Sikap
Mahasiswa calon guru diharapkan memiliki komitmen terhadap tugas-tugas profesional antara lain menyelesaikan diri dengan tuntutan profesional yang semakin berkembang.

C.  Waktu dan Tempat
            Adapun waktu pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama dua bulan yaitu sejak tanggal 06 Oktober 2010 sampai dengan 10 Desember 2010, sedangkan tempat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu di SMAN 12 Lampineung Banda Aceh.









BAB II
KEGIATAN –KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN
LAPANGAN (PPL)

            Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan Tadris Pendidikan Agama (TPA) Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Tahun Akademik 2010/2011 dilaksanakan mulai tanggal 06 Oktober 2010 sampai dengan 10 Desember 2010.
            Pada tanggal  06 November 2010 mahasiswa praktikan diantar oleh Dosen Pembimbing (Supervisor), Fatimah.ibd.M.Si ke SMAN 12 Banda Aceh dengan sambutan penuh ramah tamah dari kepala sekolah, guru-guru dan siswa-siswi di sekolah tersebut.

A.  Observasi Lapangan
            Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai mata kuliah persyaratan di Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Observasi Lapangan dilakukan di SMAN 12 Banda Aceh pada tanggal 06 November 2010 dengan terjun langsung kelapangan, yaitu melihat langsung guru, siswa-siswi dan fasilitas sekolah. Hal-hal yang diamati antara lain sebagai berikut :
      a.  Keadaan Fisik Sekolah.
      Saat ini berada Fasilitas yang ada di sekolah SMA Negeri 12 Banda Aceh tersebut antara lain :
            1.   Luas tanah                                                 : 9.998 m2
2.      Jumlah ruang kelas                                    : 19 ruang/kelas
            3.   Ukuran ruang kelas                                   : 7 x 7 m2
            4.   Bangunan lain yang ada
                  a.   Ruang kepala sekolah                         : 4 x 3 m2
                  b.   Ruang dewan guru                              : 8 x 10 m2
                  c.   Ruang Bimbingan Penyuluhan           : 9 x 7 m2
                  d.   Ruang tata usaha                                 : 7 x 7 m2
                  e.   Ruang perpustakaan                            : 7 x 10 m2            
                  f.    Aula tempat shalat                                    : 7 x 10 m2
                  g.   Ruang guru PPL                                 : 8 x 10 m2
                  h.   Ruang tunggu                                           : 7 x 7 m2
                  i.    Ruang waka sek                                  : 4 x 3 m2
                  j.    Ruang kurikulum                                : 7 x 7 m2
                  k.   Ruang pengajaran                               : 9 X 7 m2
                  l.    Ruang UKS                                        : 10 x 9 m2
                  m.  Ruang Osis                                          : 7 x 7 m2
                  n.   Kantin                                                       : 10 x 10 m2
                  o.   Toilet                                                   :  4  x 4 m2
            5.   Lapangan olah raga (jenis dan ukuran)
                  a.   Lapangan Bola Volley                        : 25 x 25 m2
                  b.   Lapangan basket                                 : 25 x 25 m2
      b.   Keadaan Lingkungan Sekeliling Sekolah
            1.   Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah adalah :
·         Sebelah depan       : Jalan T. Nyak Makam
·         Sebelah kanan       : Kantor BKPP NAD
·         Sebelah kiri           : Bekas Sekolah SMK N 2 Banda Aceh
·         Sebelah Belakang : Kantor PDAM dan SMKK
            2.   Kondisi lingkungan sekolah
      Kondisi lingkungan sekolah Sangat baik, nyaman, aman, dan tenang (tercakup dalam 6 K)
      c.   Fasilitas Sekolah
1.   Perpustakaan                                       : 1 buah / permanen / baik
            2.   Ruang belajar                                      : 19 buah / permanen / baik
            3.   Ruang tata usaha                                 : 1 buah / pemanen / baik
            4.   Ruang BP                                            : 1 buah / permanen / baik
            5.   Ruang kurikulum                                : 1 buah / permanen / baik
            6.   Ruang serbagguna                               : 1 buah / permanen / baik
            7.   Ruang kepala sekolah                         : 1 buah / permanen / baik
            8.   Ruang WaKa Sek                                     : 1 buah / permanen / baik
            9.   Ruang dewan guru                              : 1 buah / permanen / baik
            10. Ruang guru PPL                                 : 1 buah / permanen / baik
            07. Ruang tunggu                                           : 1 buah / permanen / baik
            12. Ruang Pengajaran                               : 1 buah / permanen / baik
            13. Koperasi atau kantin                           : 2 buah / permanen / baik
            14. Toilet                                                   : 4 buah / permanen / baik
            15. Múshala                                               : 1 buah / permanen / baik
            16. Ruang Osis                                          : 1 buah / permanen / baik
            17. Ruang percetakan                                     : 1 buah / permanen / baik
            18. Parkiran                                               : 1 buah / baik

      d.   Penggunaan Sekolah
Jumlah sekolah yang menggunakan  sekolah ini : satu sekolah yaitu SMAN 12 Banda Aceh

      e.   Guru dan Siswa
1.      Jumlah guru : 57 Orang (42 guru tetap PNS, 7 guru Bantu, guru kontrak 1 orang dan 7 guru honorer)
2.      Jumlah siswa seluruhnya   : 573 Orang , Laki-laki 282 orang dan perempuan 313 orang.

2.   Keadaan lingkungan yang mengelilingi sekolah :
            a.   Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
                  Ø   Perumahan masyarakat di sekeliling sekolah
                  Ø   Perkantoran
                  Ø   Stadion/ gedung olah raga  
                  Ø   Dan juga sekolah-sekolah lain
            b.   Kondisi lingkungan sekolah
Berdasarkan hasil pengamatan kami, lingkungan fisik dan fasilitas di SMAN 12 Banda Aceh butuh perkembangan baik dari segi guru maupun sekolah itu sendiri untuk bisa bersaing di masa yang akan datang untuk menciptakan generasi-generasi yang bermutu tinggi dan profesional.

      f.    Interaksi Sosial
            a.   Hubungan guru dengan kepala sekolah                   : Baik
            b.   Hubungan guru dengan guru                                   : Baik
            c.   Hubungan guru, pegawai dan tata usaha                 : Baik
            d.   Hubungan guru dengan siswa                                  : Harmonis
            e.   Hubungan secara keseluruhan                                  : Baik

      6.   Tata Tertib
            a.   Untuk guru                                                               : Ada
            b.   Untuk siswa                                                             : Ada
            c.   Untuk Pegawai                                                        : Ada

B.  Pelatihan Keterampilan Mengajar Dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing
            Pelatihan guru secara dinilai dengan melaksanakan observasi lapangan, yaitu mahasiswa calon guru memperlihatkan, teknik dan metode yang digunakan guru pamong untuk menilai siswa ketika kegiatan belajar mengajar-mengajar berlangsung. Dengan syarat Silabus dan RPP sudah disiapkan agar dalam mengajar lebih terarah dan sesuai dengan GBPP. Kegiatan yang di monitoring langsung oleh guru pamong masing-masing, keterampilan mengajar dan tugas-tugas guru lainnya dilakukan secara terbimbing adalah :
      1.   Membuat Rincian Minggu Efektif
      2.   Membuat Program Tahunan dan Program Semester
      3.   Membuat Silabus
      4.   Membuat Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar
      5.   Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
      6.   Mengajar di kelas dengan jadwal sebagai berikut

NO.
JAM
HARI / KELAS
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
1
1
-
­-
ü   

-
-
2
2
-
-
ü   

-
-
3
3
-
-
-
-
-
ü  
4
4
-
-
-
-
-
ü  
5
5
-
-
-
ü   
-
ü  
6
6
-
-
-
ü   
-
ü  
7
7
-
ü   
-
-
-
-
8
8
-
ü   
-
-
-
-

      7.   Melakukan evaluasi, mengabsen kehadiran siswa
      8.   Membantu memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau bermasalah

            Semua kegiatan belajar dikonsultasikan dengan guru pamong mengenai cara membuat atau  menyelesaikan masalah bimbingan dan sela-sela waktu jam pelajaran.
            Selain kegiatan teaching, mahasiswa praktikan juga melaksanakan kegiatan non-teaching yang berlangsung di luar jam mengajar di kelas. Diantaranya, mengobservasi kegiatan fisik sekolah, piket dan mengikuti kegiatan siswa.

C.  Pelatihan Keterampilan Mengajar Secara Mandiri Dilakukan Setelah Adanya Pelatihan Mengajar Secara Terbimbing
      1.   Kegiatan Teaching
      Kegiatan teaching merupakan salah satu kegiatan calon guru yang harus dilaksanakan selama menjalankan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), dimana mahasiswa praktikan melakukan kegiatan tatap muka dengan siswa sesuai dengan jam pelajaran yang sudah ditentukan oleh guru pamong masing-masing sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar tersebut guru praktek harus mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan mengajar diantaranya dengan menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta media yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran.

      2.   Kegiatan Non-Teaching
      Selain kegiatan teaching, guru praktikan juga mempunyai tugas di luar jam pelajaran (non-teaching) adapun kegiatan tersebut adalah :
            a.   Mengobservasi konsultasi dengan guru pamong
            b.   Mengadakan konsultasi dengan guru pamong
            c.   Menggantikan jam pelajaran untuk guru yang tidak hadir
            d.   Melaksanakan piket yang telah ditentukan jadwalnya
            e.   mengikuti nasehat rohani setiap hari Senin

            Kegiatan-kegiatan ini merupakan hal-hal yang sangat penting bagi seorang guru praktikan, karena untuk melatih melaksanakan administrasi di sekolah yang kelak akan dijumpai pada situasi bila nanti menjadi seorang guru.

D.  Menyusun Laporan Akhir
            Setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar, maka guru praktikan harus membuat sebuah laporan akhir tentang kegiatan yang telah dijalankan selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah praktikan. Hal ini merupakan kewajiban penting untuk melengkapi salah satu syarat pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).







BAB III
PENUTUP


A.  Kesimpulan         
            Kegiatan-kegiatan selama melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu meliputi :
      1.   Observasi Lapangan dilaksanakan pada Minggu pertama setelah penetapan mahasiswa praktikan di antar supaya mengenal sekaligus beradaptasi dengan lingkungan sekolah tersebut.
      2.   Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program mata kuliah yang harus dijalankan di lingkungan Fakultas Tarbiyah, karena melalui kegiatan ini mahasiswa praktikan dapat memperoleh pengalaman yang sangat banyak atas profesi yang akan dijalan kelak.
      3.   Pelatihan kegiatan mengajar dan tugas keguruan lainnya secara terbimbing, kegiatan ini bertujuan agar calon guru mengetahui cara mengajar, pengelolaan kelas dalam situasi belajar mengajar yang baik.
      4.   Kegaitan mengajar secara langsung oleh mahasiswa praktikan secara mandiri, kegiatan ini bertujuan agar calon guru mendapat kesempatan langsung menerapkan apa yang harus diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.
      5.   Kegiatan praktek mengajar ini bertujuan untuk mendapat atau memperoleh nilai dari guru pamong dan merupakan umpan balik bagi calon guru untuk keberhasilannya.
      6.   Kegiatan terakhir adalah menyusun Laporan Akhir yang bertujuan untuk mendokumentasikan semua kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama praktikan.




B.  Saran-saran
      1.   Mahasiswa calon guru hendaknya benar-benar mempersiapkan diri dan mengikuti kegiatan PPL dengan sungguh-sungguh.
      2.   Sebaiknya pembekalan anak untuk mahasiswa praktikan sudah diberikan pada saat Micro Teaching, baik mengenai cara menyusun Silabus, Program Tahunan, Program Semester dan RPP yang sesuai dengan KTSP guna untuk menghadapi masalah-masalah yang akan timbul di lapangan nantinya, jangan cuma dasar-dasar keterampilan saja.
      3.   Adanya informasi yang jelas dan  persepsi yang sama antara pihak IDC dan guru pamong yang terkait untuk membantu jalannya pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).
      4.   Harapan kami kepada sekolah agar terus melakukan perbaikan dari segala segi yang masih dianggap minim.
      5.   Harapan kami kepada sekolah agar menciptakan kedisiplinan yang lebih baik lagi untuk menciptakan akhlak siswa yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: