View My Stats

Sabtu, 22 Maret 2014

TOKOH PEMBAHARUAN Dr. HAMKA ==Tokoh Bidang Pendidikan Islam dan Sastra



TOKOH PEMBAHARUAN
Dr. HAMKA
Tokoh Bidang Pendidikan Islam dan Sastra

            Nama lengkap Abdul Malik Karim Amrullah (disingkat Hamka), lahir 1908. Selama masa pendidikan ia belajar agama dan bahasa Arab selain gemar membaca cerita. Sekolahnya tidak berhasil seperti yang diharpakan orang tuanya. Selanjutnya ia mengembara ke sumatera selatan, kemudian ke jawa dimana ia belajar pada Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Dengan kegigihannya dalam mencapai cita-cita, Hamka berhail melawat ke tanah suci makkah dan di sana ia suka membaca buku dan majalah arab.
            Sekembali dari makkah, hamka menetap sementara di minangkabau hingga tahun 1936 dengan menjadi guriu agama, di samping mengurusi organisasi muhammadiyah. Pada masa perang kemerdekaan, ia ikut bergrlya di minangkabau. Sejak tahun 1949, Hamka menetap di Jakarta dan mengajar agama pada berbagai perguruan tinggi Islam.
            Dalam buku karangannya ayahku, Hamka melukiskan perjuangan umat pada umum nya dan khususnya perjuangan ayah nya, Dr. H.A.Karim, yang oleh belanda ia inginkan ke sukabumi dan akhirnya meninggal dunia di Jakarta tanggal 2 juni 1945.
            Dalam alam pancasila, tampak usaha Hamka untuk mendudukan agama, khususnya agama islam, setepat-tepatnya dalam kehidupan bangsa Indonesia. Ia pun memberi petunjuk dan penerangan sebaik-baiknya kepada umat islam untuk berperan serta membangun bangsa dan masyarakat Indonesia.
            Hamka dapat gelar kehormatan (honoris Causa) dari universita Al-Azhar d kairo, mesir dalam bidang ilmu agama. Hamka dikenal sebangai penuis yang sangat produktif. Karya-karyanya antara lain: Tafsir Al-Azhar, Ayahku, Tenggelam kapal van der wijk, di bawah lindungan ka’bah, dan lain-lain..

Tidak ada komentar: