RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
MAN Darussalam
Mata
pelajaran : Bahasa Arab
Tahun
Ajaran : 2011/2012
Tema :
من حكم الصلاة
Sub. Tema :
Qiraah / القــراءة
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : I
(Pertama)
Alokasi waktu :
2
Jam Pelajaran (2 JP)
Standar
kompetensi 1. Siswa
memahami makna kata, mampu melafazhkannya, membaca dengan nyaring dan menulis
kata-kata, frase dan kalimat sempurna dan memahami makna interpersonal,
ideasional dan intekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks.
Kompetensi Dasar 1.3 Siswa mampu membaca, bercakap-cakap, menulis dalam
bahasa arab dengan menggunakan 20-25 kosa kata tentang من حكم الصلاة dengan struktur kalimat نعت + عطف .
Hasil
Belajar
- Melakukan interaksi
tanya jawab antara Siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru mengenai
maksud isi materi من
حكم الصلاة .
Indikator
Pencapaian
1. Membaca bahan qiraah من حكم الصلاة dengan lafazh dan intonasi yang baik dan benar.
2. Mengartikan kalimat dalam wacana من حكم الصلاة yang mengandung struktur kalimat نعت + عطف.
3. Menggunakan mufradat baru dan melakukan
tanya jawab dengan tepat sesuai dengan materi من حكم الصلاة .
4. Menyebutkan kalimat dalam wacana من حكم الصلاة yang mengandung struktur kalimat نعت + عطف.
Alokasi
waktu :
2 x 45 menit
Materi
Pokok
- Qiraah
tentang من حكم الصلاة
dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung نعت + عطف , seperti dalam kalimat ,
الصلاة الجميلة , الصلاة الصحيحة, مأموم والإمام dengan memakai tanda و untuk عطف dan ا ل untuk نعت .
Pengalaman
Belajar
1. Guru membacakan / memaparkan materi Qiraah didepan kelas dengan
baik dan benar.
2. Guru menerjemahkan qiraah
yang telah dibacakan.
3. Siswa menyimak dan membaca kembali bahan Qiraah.
4. Siswa mengulang kembali arti
Qiraah yang telah dibacakan oleh guru
5. Siswa menggunakan
mufradat baru yang sesuai dengan topik.
6. Siswa
menyebutkan beberapa kalimat yang mengandung نعت + عطف
.
Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat membacakan Qiraah/hiwar من حكم الصلاة dengan intonasi yang baik dan benar.
b.
Siswa dapat menggunakan fungsi struktur kalimat tentang نعت + عطف yang sesuai dengan materi من حكم الصلاة.
c.
Siswa dapat melakukan interaksi tanya jawab mengenai
struktur kalimat dan isi topik materi yang telah disampaikan oleh guru.
d.
Siswa mampu menyusun dan dapat menggunakan struktur kalimat نعت + عطف. dalam bentuk إنشاء موجه.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab , menulis. ceramah bervariasi, serta presentasi
perorangan.
Skenario
Pembelajaran
No
|
Pengalaman belajar
|
Waktu
|
Metode Pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
awal
Pendahuluan
- Guru masuk
dan memberi salam.
- Guru tegur
sapa dan mengabsen siswa.
- Guru
mengulang sekilas tentang pelajaran yang lalu.
- Pengantar
dan penjelasan tentang tujuan.
Kegiatan
inti
-
Konsep I : - Guru membacakan dan
menerjemahkan Qiraah.
- Siswa membaca sekaligus mengartikan kembali
Qiraah yang telah dibacakan oleh guru.
-
Konsep II :
-
Guru membacakan / memaparkan materi Qiraah didepan kelas dengan baik dan
benar.
- Guru menerjemahkan qiraah
yang telah dibacakan.
- Siswa menyimak dan membaca kembali bahan Qiraah.
- Siswa mengulang kembali
arti Qiraah yang telah dibacakan oleh guru
- Siswa menggunakan mufradat
baru yang sesuai dengan topik.
- Siswa menyebutkan beberapa
kalimat yang mengandung نعت + عطف
.
Penutup
Rangkuman
- Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
- Guru dan
siswa menyimpulkan materi.
Penilaian
- Siswa membacakan Qiraah perorangan di tempat duduk masing-masing.
Pengumuman
- Guru
memotivasi kepada siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi
salam.
|
10
Menit
25
menit
20 Menit
20
menit
15
Menit
|
طـريــقة الإلقــائـــية
-
طـريــقة المباشرة
- طـريــقة الإنـــتقائــية
- حل الــمشكلــة
طـريــقة الإسـتنـبـاط
|
Alat
dan Sumber Belajar
-
Buku Bahasa Arab
kurikulum 2004 kelas 2. Pengarang H.
Mahrus As’ad, M.Ag dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
-
Buku Bahasa Arab
kurikulum 2008 kelas 2. Pengarang Dr. D.
Hidayat. Penerbit PT. Karya Toha Putra Semarang. (Referensi tambahan sekaligus
pembanding),
-
Kitab ملخص القواعد
اللغة العربية ,
- Kamus,
- Buku tulis.
Penilaian
Teknik : Tes lisan dan
tulisan serta kecakapan
menyimak.
Bentuk
instrument : Pertanyaan lisan
dan tulisan
Contoh
instrument :
-
Test membaca
Qiraah mengenai topik من
حكم الصلاة yang ada di buku paket Bahasa Arab kurikulum
2004 kelas 2. Pengarang H. Mahrus As’ad,
M.Ag dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
Mengetahui, Oktober 2011
Pamong
Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
|
Praktikan
Muhammad Tsabirin
NIM: 220818011
|
|
|
Kepala MAN Darussalam
Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
.
LEMBARAN
PENGAMATAN DAN PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
INSTRUMEN PENILAIAN
|
JUMLAH SCORE (NA/4=N)
|
SCORE / NILAI
|
|||||||
Intonasi Suara
|
Penghayatan Isi Qiraah
|
Gaya membaca
|
Kelancaran Berbahasa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note : A = Istimewa (86-100)
B = Bagus Sekali (73-85)
C = Cukup (60-72)
D = Kurang Cukup (33-59)
E = Kurang / Gagal (1-32)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar