View My Stats

Selasa, 07 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : MTsN Tungkob Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas/Semester : VIII / II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkob
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Reading
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit
Standar Kopetensi     :
11.  Memahami makna dalam essay pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar     :

11.2          Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

Indikator        :
      Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan
      Mengidentifikasi berbagai makna teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan
      Mengidentifikasikan kata-kata sulit
      Mengidentifikasikan pemahaman tentang isi teks

       I.      Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat membaca teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan dengan nyaring
      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai makna teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan
      Siswa dapat mengidentifikasikan kata-kata sulit
      Siswa dapat memahami isi teks

    II.      Materi Ajar
Contoh teks announcement dan iklan


ANNOUNCEMENT OF
THE RATIFICATION OF THE FINANCIAL REPORT
FOR THE FINANCIAL YEAR 2010
PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.
No. FST. CSC/015/P/V/2011

In accordance with article 68 paragraph 4 of low No. 40 year 2007 on limited liability companies. The board of Directors of PT Bank Mandiri (persero) Tbk. (here in after refer to as the “Company”, having its domicile in Jakarta, here by announces that the Company’s Annual General Meeting of Shareholders, which was convened on Monday, 23 May 2011 has ratified the Company’s financial Statements for the financial year 0f  2010, which has been audited by the public Accountant office of Tanudiredja, Wibisana and Partners – member of price water house Coopers Global Networks and has been published on 31 March 2011, without any modification nor note thereto.

Jakarta, 25 May 2011
PT Bank Mandiri (persero) Tbk.
Board of Directors


Iklan
           
Sunlake Hotel
Jl. Danau Permai Raya Blok C-1Sunter,
North Jakarta 14350
T: 021-6509969
F: 021-6509970

·        20% discount on published rates
·        15% discount on F&B, including alcoholic beverages

Cannot be used in conjunction with special offers or promotions

Valid from April 1, 2011- April 1, 2012


 III.      Metode Pembelajaran
      Modeling
      Contextual Learning (CTL)

 IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
      Greeting (mengucapkan salam)
      Checking Attendant List (memeriksa absen)
      Memotivasi siswa dengan tanya jawab berbagai hal tentang materi
B.     Kegiatan Inti

Pertemuan 1
·         Guru menjelaskan materi yang sedang diajarkan
·         Guru membaca teks pengumuman dan siswa menyimaknya
·         Guru menyuruh siswa membaca teks pengumuman
·         Guru menanyakan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks pengumuman
               
     Pertemuan 2
·         Guru membimbing siswa cara membuat teks pengumuman
·         Siswa dapat membuat kembali teks yang berbentuk pengumuman


Pertemuan 3
·         Guru membaca teks yang berbentuk iklan
·         Guru menjelaskan materi tentang teks iklan
·         Guru menyuruh siswa membaca teks iklan
·         Guru menanyakan kata – kata sulit yang terdapat dalam teks iklan
·         Guru membimbing siswa cara membuat teks pengumuman
·         Siswa dapat membuat kembali teks yang berbentuk iklan


C.    Kegiatan Akhir
      Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
      Guru menanyakan kesulitan siswa
      Menutup pelajarn dengan salam

    V.      Alat/Bahan/Sumber Ajar
      Buku teks yang relevan/ Jakarta Post

 VI.      Penilaian
Teknik                         : Tes Lisan dan Tes Tulis
Bentuk Instrumen       :
                                                            Look for the information from the texs

Nilai siswa = 











Rubric Penilaian:

NO.
URAIAN
SKOR
1
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tatabahasa kurang tepat
Tidak menjawab
5
4
2
0
2
Setiap jawaban benar
Setiap jawaban salah / tidak dijawab
5
0



Mengetahui                                                                                          Banda Aceh, Mei 2011
Guru Pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                   










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkop
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit
Skill                             : Listening
Standar Kopetensi     : 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat/sekitar

Kompetensi Dasar     : 7.1. Merespon makna yang terdapat dalam percakan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara  akurat, lancar, dan berterima untuk berinterakksi dengan lingkunggan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, member, menolak barang, dan meminta, memberi dan menolak pendapat, dan menawarkan/menerima/menolak sesuatu

Indikator        : - Merespon dengan benar tindak tutur, meminta, memberi, menolak jasa,
   meminta, memberi, menolak barang
    Merespon dengan benar tindak tutur, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat
    Merespon dengan benar tindak tutur menawarkan, meminta, menolak sesuatu

 I.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
      Merespon ungkapan memintadan member jasa / barang/pendapat
      Merespon ungkapan menolak jasa / barang/pendapat
      Memahami cara meminta,memberi dan menolak jasa / barang/pendapat

11. Materi Pembelajaran

            To complain, we can use the following expression:
            Netral :
­   I want to complain about…….
­   I’m sorry to say this, but……..
In formal :
      I’m fed up with….
      You’re always….
Formal :
      I’m not at all satisfied….

To give advice, we can use the following expression :
Netral :
      Think you should……
      If I were you, I would….
Informal :
      You would better….
      Why don’t you……..
      Just…..
Formal :
      My advice would be…..

111. Strategi Pembelajaran
a.      Model pembelajaran adalah example Non example
b.      Metode pembelajaran adalah Contextual Teaching Learning
c.       Pendekatan kontektual

1V langkah-langkah pembelajaran
Ø  Kegiatan awal petemuan I,II,III
·         Greeting
·         Mengabsen
·         Brainstorming topic
Ø  Kegiatan inti

Pertemuan I
·         Guru dan siswa dapat memperdengar dialog tentang meminta, memberi, dan menolak jasa
·         Tanya jawab tentang berbagai hal ungkapan yang telah didengar
·         Siswa dapat memahami ungkapan tentang meminta, memberi,menolak barang

Pertemuan 2
·         Merespon ungkapan tentang dialog meminta,memberi, dan menolak jasa
·         Guru menjelaskan tentang makna dan tindak tutur, meminta, memberi, dan mengingkari informasi, meminta, member dan menolak pendapat.
·         Siswa mendengarkannya

Pertemuan 3
·         Guru dan siswa mengulang sedikit materi pembelajaran sebelumnya
·         Guru mendengar kembali dua dialog dan meminta siswa untuk melengkapi kata yang rumpang didalam dialog tersebut

Ø  Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan kegiatan materi belajar
·         Guru menanyakan kesulitan siswa dalam PBM
·         Guru menanyakan kepada siswa dalam hal ungkapan-ungkapan diatas

V. Sumber Belajar
            Buku “ effectife English”

VI. Penilaian
a.      Teknik             : tes tulis dan lisan
b.      Bentuk                        : pertanyaan tulisan dan lisan
c.       Instrument       : Listen and complete the dialogue using the words in the list and then      demonstrate it !

Pains                well                 Injured                        broke
Injury              operated          accident           medicine
Down              pills


Doctor : Good evening. Sir, what can I do for you ?
Patient : I am not feeling …. (1) doctor.
Doctor : What’s the matter ?
Patient : I’ve got …. (2) in my chest and a head ache
Doctor : Please lie …. (3) I’ll examine you
Patient : All right
Doctor : Have you ever got an …. (4) ?
Patient : Yes, Doctor. There months ago. I …. (5)
               My left shoulder and was ….. (6)
Doctor : Was the …. (7) serious ?
Patient : No, not serious but the surgeon …. (8) on my shoulder
Doctor : I’ll give you …. (9) take two …. (10)
              Twice and one the teaspoon of the syrup three times a day
Patient : Thank you, Doctor, Good bye
Doctor : Good bye

s
No
Uraian
skor
1
Pemahaman menyimak (listening Comprehension)
·         Memahami ujaran lawan bicara
·         Cukup memahami ujaran lawan bicara
·         Kurang memahami ujaran lawan bicara
·         Tidak memahami ujaran lawan bicara
-           






Mengetahui                                                                                          Banda Aceh, mei 2011
Guru pamong,                                                                                       Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                  









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkob
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Listening
Alokasi Waktu           : 4  x 40 menit

Standar Kopetensi     :
7.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar     :
7.2Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (berasosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan, dan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapn telepon
Indikator        :
      Merespon dengan benar ungkapan meminta, memberi persetujuan
      Merespon dengan benar ungkapan mengawali dan menutup percakapan
      Merespon dengan benar ungkapan mengawali dan menutup percakapan ditelepon

       I.      Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat memahami ungkapan meminta, memberi persetujuan
      Siswa dapat memahami ungkapan mengawali dan menutup percakapan
      Siswa dapat memahami ungkapan mengawali dan menutup percakapan ditelepon

    II.      Materi Ajar

·         Pertemuan 1
·         Memberikan ungkapan meminta, memberi persetujuan
Misalnya:
      A         : Excuse me. May I sit here?
      B         : Yes, of course, please...
      A         : Thank you.


·         Pertemuan 2
·         Percakapan yang memuat ungkapan tentang mengawali dan menutup percakapn di telepon
Misalnya:
Shanti  : Hello..!
Dona   : Hello, this is Dona. Could I speak to Nurul, please?
Shanti  : Hi, Dona. Just a moment, please ... Mom, where is Nurul?
Mom    : I think she’s going out with Bertha
Shanti  : Hello? Sorry, Dona. She’s not in.
Dona   : Oh
Shanti  : Mom said she was going out with Bertha
Dona   : With Bertha?
Shanti  : Yeah
Dona   : Ok. Can I leave a message?
Shanti  : Sure
Dona   : Could you ask her to call me back?
Shanti  : She has your phone number, doesn’t she?
Dona   : Yes, she does
Shanti  : All right. I’II tell her when she arrives
Dona   : Thanks a lot. Bye...
Shanti  : Bye

 III.      Metode Pembelajaran
      Contextual Teaching Learning (CTL)

 IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
      Greeting (mengucapkan salam)
      Checking Attendant List (memeriksa absen)
      Memotivasi siswa dengan tanya jawab berbagai hal tentang materi
B.     Kegiatan Inti
Pertemuan 1
·         Guru membaca percakapan tentang meminta, memberi persetujuan.
·         Guru menjelaskan isi percakapan tentang meminta, memberi  persetujuan
·         Guru menyuruh siswa membaca percakapan tentang meminta, memberi persetujuan dengan mempraktikkannya didepan kelas
Pertemuan 2
·         Guru membaca percakapan yang memuat ungkapan tentang mengawali dan menutup percakapan telepon
·         Guru menjelaskan isi percakapan yang memuat ungkapan tentang mengawali dan menutup percakapan telepon
·         Guru menyuruh siswa membaca percakapan yang memuat ungkapan tentang mengawali dan menutup percakapan telepon dengan mempraktikkan didepan kelas

C.    Kegiatan Akhir
·         Menyimpulkan materi yang telah dibahas
·         Guru menanyakan kesulitan siswa tentang materi yang dibahas
·         Menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
    V.      Alat/Bahan/Sumber Ajar
      Materi/buku teks yang relevan/buku paket “Let’s Study English – English on Sky-English is Fun”
      White board
      Boardmarker
      Buku tulis

§  Penilaian
a)      Teknik                   : Tes Lisan dan Tes Tulis
b)      Bentuk Instrumen : Isian
c)      Contoh Intrumen  :

Can you place the vowels in the blanks to complete the sentences?
The E’s and A’s are missing from this sentence.
1.      _ wh_l_s          h_ _ts  nin_    tim_s   minit_
All the vowels are missing now (A, E, I, O, U, Y)
2.      G_d     d_ _s   th_       w_rk,   b_t       w_       p_ _     th_       d_ct_r
3.      _f         th_       w_rld   w_r_    fl_t,     _t         w_ _ld b_        c_v_r_d
b_        w_t_r   tw_      m_l_s   d_ _ p.
4.   Th_      _n_t_d St_t_s  h_s       tw_c_  _s         m_n_   r_d_ _s  _s       _t
      h_s       p_ _pl_
5.   _n        _v_r_g_,          th_       h_ _v_ _st       b_b_ _s            _r_       b_rn     _n        M_ _
6.   _c_      c_v_rs  _b_ _t  t_n       p_rc_nt            _f         th_       _ _rth

1.      Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2.      Jumlah skor maksimal  6 x 5 = 30      
3.      Nilai maksimal = 10
4.      Nilai Siswa =






d)     Rubrik Penilaian

Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0


Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,   Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,



Mawaddah Warahmah,M.Pd                                                                Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                     




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkop
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Listening
Alokasi Waktu           : 4  x 40 menit

Standar Kopetensi     :
8.      Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar     :
8.1Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Indikator        :
·         Merespon berbagai informasi yang terdapat dalam teks berbentuk notice
·         Mengidentifikasi informasi dalam peta berdasarkan rekaman
·         Mengidentifikasi penekanan pada pengucapan must dan can

       I.      Tujuan Pembelajaran  :
·         Melengkapi teks dengan memilih jawaban berdasarkan rekaman
·         Mengikuti rute pada peta berdasarkan informasi
·         Mengidentifikasi penekanan pada pengucapan must dan can

    II.      Materi Ajar
·        Gambar tentang notice
·        Rekaman dan script teks tentang notice
·        Gambar dan peta yan berkaitan dengan teks notice
·         Rekaman dan script kalimat yang mendapat penekanan dalam pengucapan must dan can

“Must” dan “Have to”

Arti dari “must” dan “have to” itu sebenarnya sama. Tapi makna dalam penggunaan kalimatnya berbeda lho. Must berarti harus atau wajib, tapi keharusan atau kewajiban itu datangnya dari si speaker alias orang yang ngomong itu sendiri.
Contoh:
ü  I must submit this assignment before tomorrow.
Di kalimat ini, si speaker bilang kalau dia harus mengumpulkan tugasnya sebelum besok. Nah, keinginan untuk mengumpulkan tugasnya itu datangnya dari dia sendiri alias inisiatif pribadi tanpa adanya paksaan dari orang lain.
Sedangkan “have to”, keharusan atau kewajiban itu sumbernya dari luar si speaker. Bisa jadi karena adanya paksaan atau tekanan orang lain. Bisa juga karena adanya peraturan yang memang mengharuskan untuk melakukan kewajiban atau keharusan itu.
Contoh:
ü  We have to come to school before 7.
Di kalimat ini speakernya bilang kalau kita harus tiba di sekolah sebelum jam 7. “Harus” di sini maknanya sama saja dengan “kewajiban”, karena memang peraturan di sekolah mengharuskan kita untuk datang tidak terlambat.

 III.      Metode Pembelajaran
·         Contextual Teaching Learning (CTL)

 IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
o   Kegiatan Awal pertemuan I,II,III,IV
      Greeting (mengucapkan salam)
      Checking Attendant List (memeriksa absen)
      Memotivasi siswa dengan tanya jawab berbagai hal tentang materi
o   Kegiatan inti

Pertemuan 1
·         Merespon berbagai informasi yang tedapat didalam teks notice
·         Mengikuti rute pada teks berdasarkan informasi
·         Guru mengulangi kembali materi yang sudah diberikan kepada siswa
·         Mengidentifikasi informasi dalam teks notice


Pertemuan 2
·         Mengidentifikasi penekanan pada pengucapan must dan can
·         Mendengarkan kalimat dengan penekanan pada pengucapan must dan can
·         Menentukan apakah pengucapan must dan can dalam kalimat mendapat penekanan atau tidak
·         Mengulangi pengucapan kata-kata tersebut sesuai dengan pelafalannya
·         Berdiskusi dengan seluruh kelas tentang jawaban yang tepat
·         Feed back (member tahu jawaban yang benar
C.    Kegiatan akhir
·        Menanyakan kesulitan siswa
·        Menyimpulkan materi pembelajaran

    V.      Alat/Bahan/Sumber Ajar
Materi/buku teks yang relevan



 VI.      Penilaian
a)      Teknik                      : Teks tertulis
b)     Bentuk Instrumen    : Isian
c)      Contoh Intrumen     :
d)     Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10   
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =

e)      Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah 
2
1
0





Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,   Mei 2011
Guru pamong.                                                                                      Guru Praktikan,



Mawaddah Warahmah,M.Pd                                                                Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                       




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs                   : MTsN Tungkob
Kelas/Semester           : VIII / 2
Aspek/Skill                 : Listening
Alokasi Waktu           : 6  x 40 menit
Standar Kompetensi :
8.      Memahami   makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar     :
8.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
Indikator                                :
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam  teks monolog narrative.
·         Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative.


1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Menentukan makna kata dan menggunakan dalam kalimat
b.      Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar
c.       Merespon ungkapan – ungkapan yang terkait materi.

2.      Materi Pembelajaran
Teks monolog  narrative   

The Smartest Parrot
 Once upon time, a man had wonderful parrot. There was no other parrot like it. the parrot could say every word, excep one word, the parrot would would naot say the name of the place where it was born. The name of the place was Catano.
The man felt exceted  having the smartest parrot but he could not understand why the parrot would not say Catano. The man tried to teach the bird to say Catano however the bird kept not saying the word.
      At the first, the man was very nice to the bird but then he got very angry. You stupid bird!. Pointed the man to the parrot. Why can’t you say the word? Say Catano! Or I will kill you” the man  said angrily. Although he tried hard to teach, the parrot would not say it. then the man got so angry and shouted to the bird over and over; “say Catano on I’ll kill you. The bird kept not say the word of Catano.
      One day, after he had  been trying so many times to make the bird say Catano. The man really got very angry. He could  not bear it. he picked the parrot and threw it into the chicken house. There were four old chickens for next dinner “you are as stupit as the chickens. Just stay with them” said the man angrily. Then he continued to humble; “you know, I will cut the chicken for my meal. Next it will be your turn, I will eat you too, stupid parrot.” After that he left the chicken house.
      The next day, the man came back to the chicken house. He opened the door and was very surprice. He could not believe what he saw at the chicken house. There were three death chickens on the floor. At the moment, the parrot was standing  proudly and screaming at the last old chicken; “say Catano or I’ll kill you.”   


a.       Grammar Practice
·         Penjelasan bentuk komparatif tidak teratur

3.      Metode Pembelajaran
·        Model pembelajaran adalah Example Non Example
·        Metode pembelajaran adalah Contextual Teaching Learning
·        Pendekatan Kontekstual

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan Awal pertemuan I,II,
·         Greeting
·         Chcking attendance
·         Brain storming
·         Telling the student about the topic.
      b.Kegiatan Inti
        
pertemuan 1
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam  teks monolog narrative
·         Tanya jawab berbagai hal terkait/ topic yang akan dibahas
·         Mendengarkan teks yang dibaca oleh guru
        
Pertemuan 2
·         Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative
·         Guru mengulang kembali untuk membaca teks narrative
·         Menentukan makna kosakata dalam teks
·         Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar

Pertemuan 3
·   Guru mengajarkan teks recount
·   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks recount
·   Mendengarkan teks yang dibaca oleh guru
·   Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang didengar

c.   Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan kegiatan materi belajar
·         Guru menanyakan kesulitan siswa dalam PBM
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa

5.      Sumber belajar
Buku ” functional English”

6.      Penilaian
a.       Teknik             : tes tertulis dan tes lisan
b.      Bentuk                        : pertanyaan lisan dan tulisan
c.       Instrument       :
·         Responding
·         Menceritakan kembali teks yang telah dibaca oleh guru.

b.      Pedoman Penilaian
Nilai Siswa =



Ketepatan pemahaman penggunaan ungkapan


standar
Skor= jawaban
Benar X10
Semua ungkapan dapat diisi dengan tepat
Memuaskan
100
4 ungkapan dapat diisi dengan tepat
Sangat baik
80
3 ungkapan dapat diisi dengan tepat
Baik
60
2 ungkapan dapat diisi dengan tepat
Cukup
40
1 ungkapan dapat diisi dengan tepat
Buruk
20





Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,   Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                       



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs                   : MTsN Tungkob
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII  / II
Aspek                         : Speaking
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit

Standar Kompetensi :9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi Dasar     : 9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional
(to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur, meminta, member, menolak jasa, meminta, membeli, menolak barang, meminta, member, dan mengingkari informasi, meminta, member, dan menolak pendapat dan menawarkan/ menerima/ menolak sesuatu

Indikator
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, dan menolak jasa
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta, member dan menolak barang
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi dan mengingkari informasi
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta, member dan menolak pendapat
·         Bertanya dan menjawab tentang menawarkan, menerima, menolak sesuatu


I.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta,memberi, dan menolak jasa
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta, member dan menolak barang
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta, memberi dan mengingkari informasi
·         Bertanya dan menjawab tentang meminta, member dan menolak pendapat
·         Bertanya dan menjawab tentang menawarkan, menerima, menolak sesuatu


II.                            Materi Pembelajaran
a.       Materi yang relevan
·         Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:

A: Where’s the supermarket?
B: It’s …. / Get straight on. Then take…

A: What nationality is Martin?
B: He is Scottish/American/English…

A: How far is it from London to Stratford?
B: its 92 miles

A: How big is Glenwood?
B: It’s a small town
A: What’s the weather like in Amsterdam?
B: It’s sunny but also changeable

A: Where’s Georgia going for her holiday?
B: She’s going….

 III.        Metode Pembelajaran
·        Modeling
·        Reflective

   IV.     Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan awal pertemuan I,II,III
·         Greeting (mengucapkan salam)
·         Checking Attendant List (memeriksa absen)
·         Tanya jawab tentang letak beberapa ruangan dalam lingkungan sekolah
·         Menyebutkan jenis cuaca yang sering terjadi
      b.kegiatan inti
           
            pertemuan 1
·         Guru memperlihatkan ungkapan-ungkapan tentang meminta, memberi, menolak jasa dan menolak barang
·         Tanya jawab tentang ungkapan meminta, memberi, menolak jasa, dan menolak barang

Pertemuan 2
·         Guru menjelaskan tentang ungkapan-ungkapan
·         Memerankan dialog di depan kelas tentang ungkapan-ungkapan
·         Siswa dapat merespon tentang ungkapan-ungkapan yang ditanyakan oleh guru

Pertemuan 3
·         Guru mengulang sedikit materi pembelajaran sebelumnya
·         Guru menyuruh siswa membuat percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan

c.   Kegiatan Penutup
·         Menanyakan kesulitan siswa
·         Menyimpulkan materi pembelajaran.

  V.          Sumber belajar
a.       Materi / Buku teks yang relevan
b.      Script percakapan / rekaman percakapan
   VI.     Penilaian
a.       Teknik             : tes lisan
b.      Bentuk                        : dialog
c.       Pedoman Penilaian
Jumlah skor maksimal keseluruhan                 :100
Nilai maksimal masing-masing dialog : 25     
c.       Rubrik Penilaian


Dialogue 1
Dialogue 2
Dialogue 3
Dialogue 4
Pronunciation
5
5
5
5
Delivery
10
10
10
10
Performance
10
10
10
10




Standar of Pronunciation:                                  Standar of Delivery and Performance:
Excellent
5
Very Good
4
Good
3
Average 
2
Poor
1
Excellent
10
Very Good
9
Good
8
Average 
7
Poor
≤6







Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,    Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                             Zurriati                   Nip.197512101999052001                                                                         Nim: 0606102050084                                                     














RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : MTsN Tunkop
Nama Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : VIII / II
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit
Skill                             : Speaking

1.      Standar Kompetensi
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.      Kompetensi Dasar
9.2 mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional( to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur, meminta, member, persetujuan, merespon pertanyaan, member perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
3.      Indicator
 Siswa dapat mengidentifikasikan :
·         Ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan dalam menanyakan kondisi seseorang.
4.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Memahami dan merespon ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapn dalam menanyakan kondisi seseorang.
5.      Materi Pembelajaran
Advising someone’s condition
Asking
      What’s the matter ?
      What’s wrong ?
      What’s the problem ?
      How long have you had this problem ?
      Are you having…..?
            Describing
      I have go a fever and………
      I have pain in…….
      I have got a terrible…..
      I feel exhausted…..
      I think I’m getting….
            Advising
      Maybe you should…..
      Why don’t you…..
      You would better…..
      You shouldn’t try to do…….
      If I were you, I would…..
6.      Strategi Pembelajaran
a.       Model pembelajaran adalah example Non example
b.      Metode pembelajaran adalah Communicative Approach
c.       Pendekatan kontekstual

7.      Langkah-langkah Pembelajaran
Ø  Kegiatan awal pertemuan I,II,III,IV
      Greeting
      Checking attendance
Ø  Kegiatan inti

Pertemuan 1
·         Memberikan materi tentang ungkapan mengawali atau menanyakan tentang member perhatian
·         Memahami dan merespon ungkapan mengawali, dan member penjelasan tentang keadaan seseorang
Asking
      What’s the matter ?
      What’s wrong ?
      What’s the problem ?
      How long have you had this problem ?
      Are you having…..?
            Describing
      I have go a fever and………
      I have pain in…….
      I have got a terrible…..
      I feel exhausted…..
      I think I’m getting….

Pertemuan 2
·         Memberikan ungkapan saran, atau nasehat dalam melihat kondisi seseorang
·         Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan ungkapan terkait materi/topic, tema yang dipilih
·         Menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi yang diucapkan guru
·         Latihan bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara berpasangan
·         Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan

            Advising
      Maybe you should…..
      Why don’t you…..
      You would better…..
      You shouldn’t try to do…….
      If I were you, I would….
Ø  Kegiatan akhir
      Guru menanyakan kesulitan siswa dalam proses belajar mengajar
      Guru member motivasi siswa untuk mengembangkan kemampuan “ speaking “ mereka.
      Sumber belajar
            Buku “selected materials for speaking”

    
      Penilaian
a.       Teknik         : tes lisan
b.      Bentuk        : bermain peran
c.       Instrument
Lengkapilah percakapan dibawah dengan ungkapan asking,describing, andadvising yang telah kamu pelajari, kemudian peragakanlah secara berpasangan.

A.    : you look pale. What’s the matter with you ?
B.     : ………………………………………..
A.    : have you seen a doctor ?
B.     :…………………………………….
A.    : how about if I take you there ?
B.     : ………………but…………….
A.    :don’t worry. I’m free today, I’m sure the doctor can help you.
d.      Pedoman penilaian : fluency, structure, pronunciation, intonation, and conformity.
    





10.Rubrik Penilaian


Aspek yang dinilai
          
skor



Nilai

1
2
3
4
5

1.      Fluency






2.      Accuracy






3.      Pronunciation






4.      Manner






5.      Content










Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,   Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                       







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkop
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Alokasi Waktu           : 4 x 40 menit
Skill                             : Speaking
Standar Kopetensi     :
10.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar     :
10.1    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Indikator        :
·         Mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan dan greeting card
·         Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai imformasi tentang teks fungsional, pendek berbentuk undangan dan greeting card


II.                Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
·         Mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan dan greeting card
·         Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks fungsional pendek berbentuk undangan dan greeting card
·         Mampu membuat teks fungsional pendek berbentuk undangan dan greeting card

111.     Materi Pembelajaran
            Contoh teks fungsional pendek berupa undangan :
           
Hi, friend, we’re having a
Weekend Camp

On Saturday to Sunday 21st-22nd may in Cibubur Campsite
At eight o’clock. If you’re between 12 to 15 come and join us.
Come with one or two friends, wear your scout uniform,
And bring necessary equipment.
                       

RSVP
Wc Committee
Jln. Hasanuddin 21, Cirebon



1V.Strategi Pembelajaran
a.       Model pembelajaran adalah example Non example
b.      Metode pembelajaran adalah Communicative Approach
c.       Pendekatan kontekstual


V. Langkah-Langkah Pembelajaran
Ø  Kegiatan awal pertemuan I,II,III
·         Greeting
·         Mengabsen siswa
·         Member motivasi kepada siswa
Ø  Kegiatan inti

Pertemuan 1
·         Mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.
·         Guru memberikan contoh teks fungsional pendek berbentuk undangan
·         Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks pendek berbentuk undangan
·         Menugaskan siswa membuat teks fungsional yang lainnya berupa undangan
·         Menugaskan siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan berdasarkan teks fungsional pendek berupa undangan yang telah disediakan

Pertemuan 2
·         Guru mengajarkan tentang teks greeting card
·         Guru memberikan contoh teks fungsional pendek berbentuk greeting card
·         Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks pendek berbentuk greeting card
·         Menugaskan siswa membuat teks fungsional yang lainnya berupa greeting card
·         Menugaskan siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan berdasarkan teks fungsional pendek berupa greeting card yang telah disediakan.

    Sumber Belajar
            Buku “ Effective English 2 pengarang Soegeng H S”.

    Penilaian
a.       Teknik                     : tes lisan
b.      Bentuk                    : Essay
c.       Contoh instrument

1.make a simple invited text with your friend and practice in front of class !

11.listen to the teacher and answer the question.
1.      Who sends this invitation letter ?
2.      What kind of invitation is it ?
3.      Where will the camping take place ?
4.      Who may join ?
5.      When will it happen ?
6.      How long will the camping take ?
7.      What should you bring to join the camping ?
8.      Does the writer ask for a reply ? how do you know ?

d.      Pedoman penilaian : fluency, structure, pronunciation, intonation, manner, and content

V11. Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai
          
skor



Nilai

1
2
3
4
5

1.      Fluency






2.      Accuracy






3.      Pronunciation






4.      Manner






5.      Content













Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,   Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                    


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkob
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Speaking
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit
Standar Kopetensi     :
10.Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar     :
10.2    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
Indikator        :
·         Siswa dapat melakukan dialog pendek sederhana dalam bentuk narrative dan recount
·         Siswa dapat mengungkapkan secara lisan tentang teks monolog berbentuk narrative dan recount

       III.      Tujuan Pembelajaran
·         Menceritakan kembali cerita narrative dan recount tersebut
·         Membuat dialog pendek sederhana berdasarkan narrative dan recount
·         Mengungkapkan secara lisan cirri-ciri teks monolog berbentuk narrative dan recount
·         Siswa mampu mengungkapkan pelajaran/nasehat yang dapat diambil dari cerita tersebut

       IV.      Materi Pembelajaran

The Ant and The Grasshopper


One autumn day, some ants were busy in the field. A grasshopper came along. “ what are you doing? Said the grasshopper. We are gathering food and preparing our home for the winter, the ants said. But why are you working so hard? Said the grasshopper. In such beautiful weather it is better to sing and to dance.” Winter came and the weather grew very cold. Snow covered the ground. The grasshopper was cold and hungry. He met some of the ants.
“ please give me same food,” he said, “ I am cold and I am hungry. What did you do last summer? The ants said. I sang and I dance, the grasshopper said. Then you can sing and dance now, said the ants.
“ we have nothing for you.


Class Picnic
Last Friday our school went to Centennial Park for a picnic
First our teachers marked the rolls and the we got on the buses. On the buses, everyone was chatting and eating. When we arrived at the park, some students played cricket, some played cards but others went for a walk with the teachers. At lunchtime, we sat together and had our picnic. Finally, at two o’clock we left for school.
We had a great day.


          V.      Metode Pembelajaran
·         Model pembelajaran adalah Example Non Example
·         Metode pembelajaran adalah Communicative approach
·         Contektual teaching Learning

       VI.      Langkah-langkah Pembelajaran
D.    Kegiatan Awal pertemuan I,II,III
      Greeting (mengucapkan salam)
      Checking Attendant List (memeriksa absen)
      Memotivasi siswa dengan tanya jawab berbagai hal tentang materi
E.     Kegiatan Inti

Pertemuan 1
·         Guru menjelaskan bagaimana bentuk teks narrative
·         Guru memberikan contoh dan membacakan teks narrative
·         Siswa menceritakan kembali teks yang telah dibacakan oleh guru didepan kelas
Pertemuan 2
·         Siswa  mengungkapkan secara lisan tentang teks monolog berbentuk narrative
·         Siswa membuat dan melakukan dialog pendek sederhana berbentuk teks narrative
·         Siswa dalam kelompok membuat sebuah dialog pendek berdasarkan teks narrative berjudul the Ant and the Grasshopper
·         Siswa mampu mengungkapkan pelajaran/nasehat yang dapat diambil dari cerita tersebut
Pertemuan 3
·         Guru mengajarkan teks berbentuk recount
·         Guru memberikan contoh dan membacakan teks berbentuk recount
·         Siswa mengungkapkan secara lisan tentang teks monolog berbentuk recount
·         Siswa membuat dan melakukan dialog pendek sederhana berbentuk recount
·         Siswa mampu mengungkapkan pelajaran nasehat yang dapat diambil dari cerita tersebut



F.     Kegiatan Akhir
·         Mereview kembali apa yang yang sudah dipelajari
·         Guru menanyakan kesulitan belajar siswa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa untuk mengembangkan ”speaking” mereka
·         Menyimpulkan materi bersama-sama dengan siswa.

    VII.      Alat/Bahan/Sumber Ajar
·         Materi/buku teks yang relevan/buku paket


 VIII.      Penilaian
·         Teknik                : Tes lisan
·         Bentuk               : Essay
·         Instrumen              :
1.      Retell the story that you know very well and practice in front of class
2.      Listen to the teacher and answer the question.
a)      What is the title of  this story?
b)      Were there any problem?
c)      Who was cold and hungry?
d)     What did the grasshopper do last summer?


·         Pedoman Penilaian: fluency, structure, pronunciation, intonation, manner,and content.



           
·         Rubrik Penilaian

  

Aspek yang dinilai
          
skor



Nilai

1
2
3
4
5

6.      Fluency






7.      Accuracy






8.      Pronunciation






9.      Manner






10.  Content








Mengetahui                                                                                          Banda Aceh, Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,



Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                      
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah             : MTsN Tungkop
Nama Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/semester            : VIII/II
Alokasi Waktu            : 6x40 menit
Skill                             : Reading


1.Standar Kompetensi
11. memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2.Kompetensi Dasar
11.1 membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan,tekanan, dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.

3.Indikator
·         Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional dan esei berbentuk recount dan narrative
·         Mengidentifikasi berbagai makna teks recount dan narrative

4. Tujuan Pembelajaran
    Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Membaca nyaring teks fungsional monolog dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang benar.
·         Merespon makna dalam teks monolog recount dan narrative
·         Menyebutkan cirri-ciri teks monolog berbentuk recount dan narrative

5.Materi Pembelajaran
   Contoh teks recount


Holiday
            Hello, friends. I will tell you about my experience. Well, last holiday my family and I went to karimun jawa island. We went there by a small ship from tanjung Mas, semarang. It took only a few hours. Arriving there, I was amazed by the island. It was really beautiful, you know. My family and I spend two days in the island. We did many things there. We went swimming on the beach and also diving in the sea. It was really a wonderful experience.

Contoh teks narrative:
Long ago on the top of Mount Kinabalu in Borneo, there lived a dragon. He owned a large and beautiful pearl. People believed that he controlled the weather with it.
The emperor of China heard this and wanted the pearl. He sent his two sons, Wee Ping and Wee San to Borneo to steal it. The princes, together with one hundred soldiers, set sail for Borneo in twelve sailing junks.
When they arrived in Borneo, The set out immediately to find the famous mountain. Their journey up the rugged slopes of Mount Kinabalu proved very difficult. The dragon guarded his cave very fiercely and killed many of their soldiers.
Then Wee San had a clever idea. He climbed a tall tree, so he could see the dragon’s cave. He noted what time the dragon left his cave to hunt for food and what time he returned  to it.
Next he ordered his men to make a fake pearl and a large kite. He waited until the dragon left his cave. Then he placed the fake pearl in a bag, slung it across his shoulder and flew up to the mountain-top on the kite. He exchanged the real pearl for the fake one and then his brother pulled his kite back to the ground.
The brothers quickly returned to their ships and set sail for China. They sailed safely home. The emperor was thrilled with the pearl and gave a big party to celebrate his sons’ return.


6.Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran adalah Example Non Example
2.      Metode pembelajaran adalah Contextual Teaching Learning
3.      Pendekatan kontekstual



7.Kegiatan Pembelajaran
Ø  Kegiatan Awal pertemuan I,II,III
·         Memberi salam
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melakukan apersepsi/brainstorming
Ø  Kegiatan Inti

Pertemuan 1
·         Guru menyajikan teks recount teks recount
·         Siswa mengulang membaca teks personal recount
·         Siswa melafazkan beberapa kosa kata sulit berdasarkan teks
·         Siswa menentukan makna kata didalam teks
·         Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan
·         Siswa dapat membuat contoh teks recount

Pertemuan 2
·         Guru menyajikan teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Siswa mengulang membaca teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Siswa melafazkan beberapa kosa kata sulit berdasarkan teks
·         Siswa menentukan makna kata didalam teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan
·         Siswa dapat membuat contoh teks fungsional pendek berbentuk surat



Pertemuan 3
·         Guru menyajikan teks fungsional pendek berbentuk teks narrative
·         Siswa mengulang membaca teks berbentuk narrative
·         Siswa melafazkan beberapa beberapa kosa kata sulit berdasarkan teks narrative
·         Siswa menentukan makna kata didalam didalam teks narrative
·         Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks narrative
·         Siswa dapat membuat contoh teks narrative
Ø  Kegiatan Penutup
·         Guru menyimpulkan materi pelajaran
·         Guru memberikan tugas berupa pekerjaan rumah (pr)
·         Guru menanyakan kesulitan siswa dalam proses belajar mengajar

8.Sumber Belajar
            Buku “Communicative and Meaningful English”

9.Penilaian
1.      Teknik                      : tulis
2.      Bentuk                     : isian singkat
3.      Instrument                :  answer the following question based on the text.
    Answer the question below!

1.What is the title of text?
2.Who are the actors in this story?
3.How  many days they are in karimun Jawa Island
4.How can they get there?
5.Where did they spend their holiday?

Pedoman Penilaian
·         Tiap nomor yang benar diberi nilai = 20
·         Nilai maksimal = 100
·         Nilai siswa = 

Rubrik Penilaian

No

skor
1
Soal benar
20
2
Soal salah/ tidak menjawab
0



Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,    Mei 2011
Guru pamong,                                                                                       Guru Praktikan,



Mawaddah Warahmah,M.Pd                                                                Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkob
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Reading
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit
Standar Kopetensi     :
11.  Memahami makna dalam essay pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar     :

11.2          Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

Indikator        :
      Membaca nyaring dan bermakna teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan
      Mengidentifikasi berbagai makna teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan
      Mengidentifikasikan kata-kata sulit
      Mengidentifikasikan pemahaman tentang isi teks

       I.      Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat membaca teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan dengan nyaring
      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai makna teks fungsional berbentuk pengumuman dan iklan
      Siswa dapat mengidentifikasikan kata-kata sulit
      Siswa dapat memahami isi teks

    II.      Materi Ajar
·         Let’s Study (hal 115) – English for Communications (hal 127)

·        MATERI
Contoh teks announcement dan iklan

ANNOUNCEMENT OF
THE RATIFICATION OF THE FINANCIAL REPORT
FOR THE FINANCIAL YEAR 2010
PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.
No. FST. CSC/015/P/V/2011

In accordance with article 68 paragraph 4 of low No. 40 year 2007 on limited liability companies. The board of Directors of PT Bank Mandiri (persero) Tbk. (here in after refer to as the “Company”, having its domicile in Jakarta, here by announces that the Company’s Annual General Meeting of Shareholders, which was convened on Monday, 23 May 2011 has ratified the Company’s financial Statements for the financial year 0f  2010, which has been audited by the public Accountant office of Tanudiredja, Wibisana and Partners – member of price water house Coopers Global Networks and has been published on 31 March 2011, without any modification nor note thereto.

Jakarta, 25 May 2011
PT Bank Mandiri (persero) Tbk.
Board of Directors


Iklan
           
Sunlake Hotel
Jl. Danau Permai Raya Blok C-1Sunter,
North Jakarta 14350
T: 021-6509969
F: 021-6509970

·        20% discount on published rates
·        15% discount on F&B, including alcoholic beverages

Cannot be used in conjunction with special offers or promotions

Valid from April 1, 2011- April 1, 2012


 III.      Metode Pembelajaran
      Modeling
      Contextual Learning (CTL)

 IV.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
      Greeting (mengucapkan salam)
      Checking Attendant List (memeriksa absen)
      Memotivasi siswa dengan tanya jawab berbagai hal tentang materi
B.     Kegiatan Inti

Pertemuan 1
·         Guru menjelaskan materi yang sedang diajarkan
·         Guru membaca teks pengumuman dan siswa menyimaknya
·         Guru menyuruh siswa membaca teks pengumuman
·         Guru menanyakan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks pengumuman
               
     Pertemuan 2
·         Guru membimbing siswa cara membuat teks pengumuman
·         Siswa dapat membuat kembali teks yang berbentuk pengumuman


Pertemuan 3
·         Guru membaca teks yang berbentuk iklan
·         Guru menjelaskan materi tentang teks iklan
·         Guru menyuruh siswa membaca teks iklan
·         Guru menanyakan kata – kata sulit yang terdapat dalam teks iklan
·         Guru membimbing siswa cara membuat teks pengumuman
·         Siswa dapat membuat kembali teks yang berbentuk iklan


C.    Kegiatan Akhir
      Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
      Guru menanyakan kesulitan siswa
      Menutup pelajarn dengan salam

    V.      Alat/Bahan/Sumber Ajar
      Buku teks yang relevan/ Jakarta Post

 VI.      Penilaian
Teknik                         : Tes Lisan dan Tes Tulis
Bentuk Instrumen       :
                                                            Look for the information from the texs
Nilai siswa = 
Rubric Penilaian:

NO.
URAIAN
SKOR
1
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tatabahasa kurang tepat
Tidak menjawab
5
4
2
0
2
Setiap jawaban benar
Setiap jawaban salah / tidak dijawab
5
0



Mengetahui                                                                                          Banda Aceh, mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                    

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTsN Tungkob
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Reading
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit
Standar Kopetensi     :
1.1Memahami makna dalam essay pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar     :

11.3          Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative.

Indikator        :
Siswa dapat mengidentivikasikan :
      Bermakna teks esei berbentuk recount dan narrative
      Berbagai makna teks recount dan narrative
      Tujuan komunikatif teks recount dan narrative
      Langkah retorika dan cirri kebahasan teks recount dan narrative


       I.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
      Membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk recount dan narrative
      Mengidentifikasi berbagai makna teks recount dan narrative
      Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks recount dan narrative
      Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks recount dan narrative
II.Materi Pembelajaran
     Contoh teks esei berbentuk recount


Ancidentally guilty

            Yesterday I took my dog for a walk, we went to the park near my house. It was still very earlyin the morning, so I didn’t see many people there. My dog and I played ‘throw and catch’.  First I threw it passing the bushes at bit far from us.
            Suddenly I hear someone screaming. Then a man walked out from the bushes with one hand on his head. It was my dad.
            I didn’t know that he was jogging in the park when I accidentally hit the stick to him.
            I couldn’t say anything but I knew  that I would pass some days without  pocket money.






Contoh teks berbentuk narrative:

It was a warm day in March. I was very excited. The day had finally come. I was in the rowing team for the Olympics. I got up very early and exercised as always. Then after breakfast I drove to Drummoyne. My team arrived and at last it was time to start.
Ready, set and the starting gun went off. We began in the third position and were slowly moving closer. There they were. We could see the second boat and then we did it.
We moved past. My arms were aching. My whole body was sore but we all rowed harder.
The first boat was just in front  I saw a dark shadow near the boat. I looked again. What was it? I was sure  it was the shape of a cigar. ‘Oh my  God’,  I thought, ‘I must be seeing things. A shark in Parramata River? Impossible!’
Just then I pulled my oar out of the water. ‘Oh no, why only half?’ I thought. Then I knew. I shouted to my team, ‘Shark! Shark!’ and suddenly we forgot the race. We rowed faster than ever back to shore. We made it. Phew, we were safe!


III.Strategi Pembelajaran
·         model pembelajaran adalah Example Non Example
·         metode pembelajaran adalah Contextual Teaching Learning
·         pendekatan Kontekstual


IV.langkah-langkah pembelajaran
Ø  kegiatan awal pertemuan I,II,III
·         greeting
·         berdo’a
·         checking attendance
·         brain storming
Ø  kegiatan inti

pertemuan 1
·         mendengarkan teks recount yang dibacakan guru
·         membaca nyaring teks  recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
·         guru menjelaskan berbagai makna teks recount
·         menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang dibaca

pertemuan 2
·         siswa dapat membuat kembali teks yang berbentuk recount
·         menentukan tujuan komunikatif teks recount  yang dibaca
·         menentukan langkah retorika dari teks recount yang dibaca
pertemuan 3
·         siswa mendengarkan teks narrative yang dibacakan guru
·         membaca nyaring teks narrative dengan ucapan dan intonasi yang benar
·         guru menjelaskan berbagai makna teks narrative
·         menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang dibaca
·         siswa dapat membuat kembali teks yang berbentuk narrative
·         menentukan tujuan komunikatif teks narrative yang dibaca
·         menentukan langkah retorika dari teks narrative yang dibaca

Ø  kegiatan akhir
·         menanyakan kesulitan siswa dalam PBM
·         guru menyimpulkan materi
·         memotivasi siswa untuk sering membaca cerita sederhana yang berbahasa inggris

V.Sumber Belajar
     Buku “English On Sky KTSP Standar Isi 2006

VI.Penilaian
a.       teknik                          : Tes Tulis
b.      bentuk                         : Essay
c.       contoh instrument      
jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
1.      what is the title of the text above?
2.      How  many paragraphs does this passage have?
3.      Did the writer see many people in the park?
4.      What does the word “we” in the first line refer to?
5.      Who walked out from the bushes with one hand on his head?
d.      Pedoman penilaian



         Nilai siswa = 


VII.Rubrik Penilaian

  
Pemahaman cerita(comprehension)

Standar
Skor
(jawaban benar x 10)
Semua pertanyaan dapat dijawab
Memuaskan
100
4 pertanyaan yang benar dijawab
Sangat baik
80
3 pertanyaan yang benar dijawab
Baik
60
2 pertanyaan yang benar dijawab
Cukup
40
1 pertanyaan yang benar dijawab
Buruk
20


Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,    Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                 
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : MTsN Tungkop
Nama Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : VIII/II
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit
Skill                             :  Writing

1.Standar Kompetensi
12. mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2.Kompetensi Dasar
12.1 mengunkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

3.Indikator
·         Menulis teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek.

4.Tujuan Pembelajaran
    Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Menulis teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Melengkapi teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk surat

5.Materi pembelajaran
    Contoh teks fungsional pendek berbentuk surat


56, Strathdene Rd
Birmingham
BRQ SHD
Tel. 021-472-8911
26 th November
Dear Bob,
I’m sorry I haven’t written for such a long time. How are you? We……

We have just moved house (see our new address above). It’s…

Sarah has just started school. She’s….
Otherwise, life is just the same. I get up, I go to work,
I eat, I sleep, I get up. Very exciting!
Anyway, write soon and….

Best wishes,

John
6.Strategi Pembeljaran
1.      Model pembelajaran adalah Example Non Example
2.      Metode pembelajaran adalah CTL (Contextual Teaching Learning)
3.      Pendekatan kontekstual

7.Langkah-Langkah Pembelajaran
Ø  Kegiatan awal pertemuan I,II,III
·         Greeting
·         Absence
·         Brain storming about the asking students question related to the topic
·         Telling the students about the topic.
Ø  Kegiatan inti

Pertemuan 1
·         Guru memberikan contoh  teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Membahas kata-kata yang sulit yang terdapat dalam surat
·         Siswa dapat melengkapi teks fungsional pendek berbentuk surat

Pertemuan 2
·         Meriview tujuan komunikatif dan cirri kebahasan teks fungsional pendek yang terkait materi
·         Membimbing siswa dalam membuat teks fungsional pendek berbentuk surat
·         Memberikan latihan pada siswa membuat teks fungsional berbentuk surat

Ø  Kegiatan akhir
·         Guru menanyakan kesulitan  siswa dalam PBM
·         Guru menyimpulkan materi bersama dengan siswa
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat teks fungsional yang sudah diberikan

8.Sumber Belajar
            Buku “Competence- Base English”

9.Penilaian

a.       Teknik             : tes tulis
b.      Bentuk                        : essay dan complition
c.       Contoh instrument
Make a letter to your friend and tell about experience in hospital or anything else.
d.      Pedoman penilaian :


                       
Nilai siswa = 
           



10.Rubrik Penilaian
           
           
No
Uraian
Skor

Ejaan tepat, tata bahasa tepat
3

Ejaan tepat, tata bahasa kurang
2

Ejaan kurang tepat, tata bahasa tepat
2

Ejaan dan tata bahasa kurang
1

Tidak menjawab
0




Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,   Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs                   : MTsN Tungkob
Kelas/Semester           : VIII / II
Aspek                         : Writing
Alokasi Waktu           : 6 x 40 menit

Standar Kompetensi :
12.  Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar     :
12.2          Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
Indikator        :
·         Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah retorika yang benar
·         Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks narrative

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Menulis teks pendek dan sederhana dalam bentuk narrative dengan langkah retorika yang benar
b.      Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks narrative

2.      Materi Pembelajaran
Contoh teks narrative

Once upon a time, there were two butterflies, teri and Roni. They were friends. Teri and Roni had the same crown.
One day, Kodi a frog, saw Teri and Roni quqrrelling . you took it!. Said Roni. No, I did not! Said Teri.
Hey, what’s the matter? Asked Kodi
Teri stole my crown! Said Roni
Yesterday, I still had my crown when she came to visit me, said Roni.
Today I cannot find the crown,! Look! She is wearing it!Roni shouted.
My mom gave me this crown, Teri explained.
Kodi suggested they all go to Roni’s house.
Where did you put it? Said Kodi to Roni.
I put it on the table, Roni answered.
They didn’t find the crown
My be it fell down, Kodi looked under the table. Nohing was there.
It was my favourite crown! Roni obbed.
I didn’t still yours, but if you like it so much, you can have mine, Teri gave Roni the crown.
It’s here!, Kdi saw the crown behind the curtain.
Roni stopped crying, thank God, Kodi found it!’ sorry, Teri, I accusedyou. I’m a terrible friend!, it’s okay, said Teri. Let’s say thanks to Kodi!.

3.      Metode Pembelajaran
·        Model pembelajaran adalah Example Non Example
·        Metode pembelajaran adalah CTL ( Contekstual Leaching Learning)
·        Pendekatan Kontekstual

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.   Kegiatan awal pertemuan I,II,III
·         Greeting
·         Absensi
·         Brain storming about the asking students question related to the topic.
·         Telling the students about the topic.

        b.kegiatan inti
         
            pertemuan 1
·         Guru memberikan contoh teks recount dan membagikan kepada siswa
·         Guru membaca dengan nyaring teks yang telah diberikan kepada siswa
·         Guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan teks
·         Guru menjelaskan struktur yang terdapat dalam teks
·         Guru menanyakan kata-kata sulit yang terdapat didalam teks
·         Guru mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks recount

Pertemuan 2
·         Guru mereview kembali teks recount
·         Siswa dapat menjelaskan kembali struktur yang terdapat dalam teks recount
·         Guru meminta siswa melengkapi teks rumpang recount
·         Guru meminta siswa untuk menulis kembali secara utuh teks recount tersebut
Pertemuan 3
·         Guru memberikan contoh teks narrative dan membagikan kepada siswa
·         Guru membaca nyaring teks narrative yang telah diberikan kepada siswa
·         Guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan teks
·         Guru menjelaskan struktur yang terdapat dalam teks
·         Guru menanyakan kata – kata sulit yang terdapat didalam teks
·         Guru meminta siswa untuk menulis kembali secara utuh teks narrative

c.   Kegiatan akhir
·         Guru menanyakan kesulitan siswa dalam PBM
·         Guru menugaskan siswa untuk menulis sebuah teks narrative yang pernah mereka ketahui
·         Guru menyimpulkan materi bersama siswa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa untuk sering membaca cerita sederhana dalam bahasa inggris.
5.      Sumber belajar
Buku ” Detik-Detik Nasional Ujian Bahasa Inggris”

6.      Penilaian
a.       Teknik             : Tes tertulis
b.      Bentuk                        : Essay
c.       Instrumen        :

Lengkapilah cerita ini dengan lengkap dan benar

Once upon a time, there were two butterflies, teri and Roni. They were friends. Teri and Roni…….the same crown.
One day, Kodi a frog, saw Teri and Roni quqrrelling . you …… it!. Said Roni. No, I did not! Said Teri.
Hey, what’s the matter? Asked Kodi
Teri stole my crown! Said Roni
Yesterday, I still had my……. when she came to visit me, said Roni.
Today I cannot find the crown,! Look! She ………..it!Roni shouted.
My mom gave me this crown, Teri explained.
Kodi suggested they all go to Roni’s house
Where……..put it? Said Kodi to Roni.
I put it on the table, Roni answered.
They didn’t….. the crown
My be it fell down, Kodi…… under the table. Nohing was there.
It was my……. crown! Roni obbed.
I didn’t still yours, but if you like it so much, you can have mine, Teri gave Roni the crown.
It’s here!, Kdi saw the crown …… the curtain.
Roni stopped crying, thank God, Kodi found it!’ sorry, Teri, I ……..you. I’m a terrible friend!, it’s okay, said Teri. Let’s say thanks to Kodi!.




d.      Pedoman Penilaian
Nilai maksimal masing-masing elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =











e.       Rubrik Penilaian                                             


pemahaman cerita(comprehension)


standar
Skor
(jawaban benar X 10)
9-10 semua pertanyaan dapat di jawab
Memuaskan
100
6-8 Pertanyaan yang benar dijawab
Baik
80
4-6 pertanyaan yang benar dijawab
Cukup
40-60
1-2 pertanyaan yang benar dijawab
buruk
20







Mengetahui                                                                                          Banda Aceh,    Mei 2011
Guru pamong,                                                                                      Guru Praktikan,


Mawaddah Warahmah, M.Pd                                                               Zurriati
Nip.197512101999052001                                                                   Nim: 0606102050084                                                     





















Tidak ada komentar: