RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL
MAN DARUSSALAM
TAHUN AKADEMIK
2011/2012
( RPP )
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas : XI
Disusun oleh :
MUHAMMAD
TSABIRIN
Mahasiswa Fakultas
Tarbiyah
Jurusan Tadris Bahasa Arab
NIM : 220 818 011

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA
ACEH
2011/2012 M / 1433 H
DISTRIBUSI WAKTU
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan
Pendidikan : MAN Darussalam
Kelas /
Semester : XI / I
Tahun Ajaran :
2011/2012
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata, frase dan kalimat dalam suatu konteks
wacana lisan sederhana.
1.2 Menemukan
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan.
1.3 Merespons gagasan yang terdapat pada wacana lisan.
|
10 JP
4 JP
2 JP
|
2
|
2.1 Melakukan
dialog sederhana dengan lancer, tepat dan benar melalui kegiatan berbicara.
2.2 Menyampaikan
informasi lisan dengan baik dan benar.
|
8 JP
8 JP
|
3
|
3.1 Membaca
nyaring dengan melafazkan huruf hijaiyah dan ujaran kata dengan menggunakan
kalimat yang sudah ditentukan.
3.2 Menemukan
makna atau gagasan dari wacana dengan mengggunakan struktur kalimat dengan
benar.
|
10 JP
6 JP
|
4
|
4.1 Menulis
dan melengkapi huruf-huruf hijaiyah, kata, frase, dan kalimat dengan baik dan benar.
4.2 Menulis
paragraph sederhana dengan struktur kalimat yang sudah ditentukan.
|
6 JP
8 JP
|
5
|
5.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata, frase dan kalimat dalam suatu konteks
wacana lisan sederhana.
5.2 Menemukan
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan.
5.3 Merespons gagasan yang terdapat pada wacana lisan.
|
8 JP
2 JP
4 JP
|
|
Jumlah
|
76
JP
|
Mengetahui,
Guru Pamong
Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
|
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan
Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011
|
Menyetujui
Kepala MAN
Darussalam
Muntasyir,
S.Ag, MA
Nip.
197101061999051001
|
PERHITUNGAN
MINGGU DAN JAM EFEKTIF
Nama Sekolah :
MAN Darussalam
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
XI/1
Tahun Ajaran :
2011/2012
Jumlah Jam Perminggu : 4
jam Pelajaran (4JP)
No
|
Bulan
|
Minggu yang tersedia
(A)
|
Minggu yang tidak efektif (B)
|
Jumlah minggu efektif (A-B)
|
Keterangan
|
|||
|
|
Minggu
|
JP
|
Minggu
|
JP
|
Minggu
|
JP
|
|
1
|
Juli
|
4
|
16
|
1
|
4
|
3
|
12
|
|
2
|
Agustus
|
5
|
20
|
5
|
20
|
-
|
-
|
Libur puasa Ramadhan
|
3
|
September
|
4
|
16
|
-
|
0
|
4
|
16
|
|
4
|
Oktober
|
4
|
16
|
-
|
0
|
4
|
16
|
|
5
|
November
|
5
|
20
|
1
|
4
|
4
|
16
|
|
6
|
Desember
|
4
|
16
|
-
|
0
|
4
|
16
|
|
7
|
Januari
|
4
|
16
|
3
|
12
|
1
|
4
|
Pergantian semester
|
|
Jumlah
|
30
|
120
|
10
|
40
|
20
|
80
|
|
Minggu atau jam-jam yang tidak efektif digunakan untuk:
1.
Libur puasa/hari raya :
6 minggu
2.
Ujian semester ganjil :
2 minggu
3.
Kegiatan ekstra kurikuler : 1
minggu
4.
Libur semester ganjil :
1 minggu
10 minggu
Jumlah minggu efektif 23 minggu :
20 x 4 JP= 80
Ujian mid semester :
4 JP
Proses pembelajaran :
80 JP - 4 JP= 76 JP
Mengetahui,
Guru Pamong
Muntasyir, S.Ag, M.A
Nip. 197101061999051001
|
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan
Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011
|
Menyetujui
Kepala MAN
Darussalam
Muntasyir,
S.Ag, M.A
Nip.
197101061999051001
|
PROGRAM SEMESTER | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Nama Sekolah :MAN Darussalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : Bahasa Arab | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas / Semester : XI / I | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahun Ajaran : 2011/2012 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NO.SK | NO.KD | Materi Pokok Pembelajaran | Alokasi Waktu | Bulan / Minggu | Ket | |||||||||||||||||||||||||||||
Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember | Januari | ||||||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||||
1 | البطل المسلم | 16 JP | ORIENTASI SEKOLAH | LIBUR PUASA RAMADHAN DAN HARI RAYA IDULFITRI | HARI RAYA IDUL ADHA | UJIAN SEMESTER | EXTRA KURIKULER | |||||||||||||||||||||||||||
1,1 | قراءة | 6 JP | 4 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||||
1,2 | تركيب | 4 JP | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||||
1,3 | حوار | 4 JP | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
1,4 | إنشاء | 2 JP | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2 | أساس الإسلام | 16 JP | ||||||||||||||||||||||||||||||||
2,1 | قراءة | 6 JP | 2 | 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||
2,2 | تركيب | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2,3 | حوار | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
2,4 | إنشاء | 2 JP | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3 | من حكم الصلاة | 16 JP | ||||||||||||||||||||||||||||||||
3,1 | قراءة | 6 JP | 2 | 4 | ||||||||||||||||||||||||||||||
3,2 | تركيب | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3,3 | حوار | 2 JP | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
3,4 | إنشاء | 4 JP | ||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | صوم رمضان | 14 JP | ||||||||||||||||||||||||||||||||
4,1 | قراءة | 4 JP | 2 | 2 | ||||||||||||||||||||||||||||||
4,2 | تركيب | 2 JP | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4,3 | حوار | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
4,4 | إنشاء | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
5 | الإسلام دين الفطرة | 14 JP | ||||||||||||||||||||||||||||||||
5,1 | قراءة | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
5,2 | تركيب | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
5,3 | حوار | 4 JP | 4 | |||||||||||||||||||||||||||||||
5,4 | إنشاء | 2 JP | 2 | |||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah | 76 JP | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 2 | ||||||||||||||
Mengetahui | Tungkob, 22 November 2011 | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Pamong | Praktikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Muntasyir, S.Ag, MA | Muhammad Tsabirin | |||||||||||||||||||||||||||||||||
NIP: 19710106 1999905 1 001 | NIM: 220818011 | |||||||||||||||||||||||||||||||||
Menyetujui | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala MAN Darussalam | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
Muntasyir, S.Ag, MA | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
NIP: 19710106 1999905 1 001 |
PROGRAM
TAHUNAN
MADRASAH
ALIYAH NEGERI DARUSSALAM
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Satuan
Pendidikan : MAN Darussalam
Kelas / Semester : XI / I dan II
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
ALOKASI
WAKTU (JP)
|
KETERANGAN
|
||
SEMESTER
I
|
|||||
Menyimak
1.
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan
mengenai :
البطل
المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم
رمضان, الإسلام دين الفطرة.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.
1.2 Menangkap
makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
|
8
JP
|
|
||
Berbicara
2.
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah
ditentukan mengenai :
البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم
الصلاة, صوم رمضان, الإسلام دين الفطرة.
|
2.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.
2.2
Melakukan dialog sesuai konteks dengan
tepat dan lancar.
|
8
JP
|
|
||
Membaca
3.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan
mengenai :
البطل المسلم,
أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم
رمضان, الإسلام دين الفطرة.
|
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan
wacana tulis dengan tepat.
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat.
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis secara tepat.
|
8
JP
|
|
||
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog
mengenai :
البطل المسلم,
أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم
رمضان, الإسلام دين الفطرة.
|
4.1
Menulis kata, frase atau kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat.
4.2
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan
menggunakan kata, frase dan struktur yang benar.
|
7
JP
|
![]() |
||
Menyimak
5.
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan
mengenai :
البطل المسلم,
أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم
رمضان, الإسلام دين الفطرة.
|
5.1
Mengidentifikasi bunyi, Ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks
dengan tepat.
5.2
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara
tepat.
|
7
JP
|
|
||
SEMESTER II
|
|||||
Berbicara
6.
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah
ditentukan mengenai :
الشباب والعمل,
أبو بكر الصديق, لقمان الحكيم, تمرينات عامة.
|
6.1 Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.
6.2
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal
yang tepat.
6.3
Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
|
10 JP
|
|
||
Membaca
7.
memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan
mengenai :
الشباب والعمل,
أبو بكر الصديق, لقمان الحكيم, تمرينات عامة.
|
7.1
Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat
dan benar.
7.2
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar.
7.3
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.
|
12
JP
|
|
||
Menulis
8.
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog yang
sudah ditentukan mengenai :
الشباب والعمل,
أبو بكر الصديق, لقمان الحكيم, تمرينات عامة.
|
8.1
Menulis kata, Frase dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
dan benar.
8.2
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan
menggunakan kata, frase dan struktur yang benar.
|
16
JP
|
|
||
Jumlah
|
38
JP
|
|
Mengetahui,
Guru Pamong
Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
|
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan
Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011
|
Menyetujui
Kepala
MAN Darussalam
Muntasyir,
S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
|
SEMESTER : I
No.
|
Pokok
Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
البطل
المسلم
-
قراءة
-
قواعد ()
-
حوار
-
إنشاْء
|
16 JP
|
|
2
|
أساس
الإسلام
-
قراءة
-
قواعد ()
-
حوار
-
إنساء
|
16 JP
|
|
3
|
من حكم
الصلاة
-
قراءة
-
قواعد ()
-
حوار
-
إنشاء
|
16 JP
|
|
4
|
صوم رمضان
-
قراءة
-
قواعد ()
-
حوار
-
إنشاء
|
14 JP
|
|
|
الإسلام
دين الفطرة
-
قراءة
-
قواعد ()
-
حوار
-
إنشاء
|
14 JP
|
|
|
Jumlah
|
76 JP
|
|
SEMESTER : II
No.
|
Pokok
Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1
|
غاية
الإيمان
-
قراءة
-
قواعد (تصريف
فعل الماضي والمضارع ومصدره)
-
حوار
-
إنشاْء
|
8 JP
|
|
2
|
العقيدة
والعبادات في القرءآن
-
قراءة
-
قواعد (أدوات
الجر الكثيرة الورود ومعانيها)
-
حوار
-
إنساء
|
8 JP
|
|
3
|
الحديث
الشريف
-
قراءة
-
قواعد (المبتدأ
والخبر: المفرد وشبه الجملة والجملة الفعلية)
-
حوار
-
إنشاء
|
10 JP
|
|
4
|
نحن
المسلمين
-
قراءة
-
قواعد (الخبر
المقدم)
-
حوار
-
إنشاء
|
8 JP
|
|
Jumlah
|
34 JP
|
|
Mengetahui, Tungkob, 22 November 2011
Pamong
Muntasyir,
S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
|
Praktikan
Muhammad
Tsabirin
NIM: 220818011
|
Menyetujui :
Kepala
MAN Darussalam
Muntasyir,
S.Ag, MA
NIP:
19710106 1999905 1 001
SILABUS
MADRASAH
ALIYAH NEGERI DARUSSALAM
Nama Sekolah : MAN Darussalam
Kelas/Program : XI / I dan II
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Semester : I (Satu)
Tahun : 2011 / 2012
Standar kompetensi : Menyimak
1. Memahami informasi lisan
berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم
الصلاة, صوم رمضان, الإسلام دين الفطرة
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.
1.2 Menangkap makna dan gagasan
atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
|
البطل المسلم
(أن والفعل)
|
· Melafalkan
atau membedakan bunyi huruf hijaiyah dalam suatu teks bacaan sederhana.
· Menulis
kembali kata, frase atau kalimat yang didengar.
· Menggunakan
kata baru yang didengar dalam melengkapi kalimat.
· Mengartikan
kalimat dengan tepat dan benar.
· Mengungkapkan
intisari dari wacana lisan yang didengarkan.
|
· Mendengarkan
materi nash dan materi hiwar.
· Mencari
kata, frase, atau kalimat baru yang didengar.
· Menyebutkan
kembali kata, frasa atau kalimat yang didengar.
· Membedakan
dengan tepat kata yang diucapkan.
· Menceritakan
kembali isi teks (Nash).
· Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
· Menerjemahkan
teks dengan baik dan benar.
|
Kuis dan Test
|
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
|
أجب عن الأسئلة
الأتية!
> من هو
البطل المسلم !
> أذكر بعض بطل المسلم ؟
الإجابة
> البطل
المسلم هو الذي يجاهد فى سبيل الله و لإن الإسلام دينهم.
> بعضهم أبو
بكر الصديق و عمار نب خطاب.
|
16 JP
|
· Buku
pegangan (buku paket)
· Kamus
·
Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
· Buku
tulis (Notebook)
|
Standar
kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan
berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم
الصلاة, صوم رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
dengan lafal yang tepat.
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
|
أساس الإسلام
(الفاعل والمفعول به)
|
· Mengucapkan
ujaran dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Melafalkan
hiwar dengan baik dan benar.
· Melakukan
dialog dengan lancar dan benar.
· Menjawab
pertabyaan yang berhubungan dengan hiwar.
· Menyampaikan
deskripsi secara lisan sesuai teks.
· Memberikan
contoh kalimat sesuai struktur yang dipelajari.
|
· Mengucapkan
ujaran dengan benar.
· Menggunakan
ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Mendemonstrasikan
dialog didepan kelas.
· Memahami
pengertian dari struktur kalimat yang dipelajari.
· Memberikan
contoh kalimat sesuai struktur yang dipelajari.
· Menyampaikan
deskripsi hiwar secara lisan.
· Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan hiwar.
· Menceritakan
secara lisan isi dari media gambar yang disediakan.
|
Kuis dan Test
|
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
|
- حول
الجملة الإسمية الى جملة الفعلية :
> الله يأمر
المسلمين بأن يعبده
> المسلمين
يقرأون القرأن الكريم فى المسجد
الإجابة
> يأمر الله المسلمين بأن يعبده
> يقرأ
المسلمين القرأن الكريم فى المسجد
|
16 JP
|
· Buku
pegangan (buku paket)
· Kamus
·
Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)
|
Standar
kompetensi : Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan
wacana tulis dengan tepat.
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat.
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis secara tepat.
|
من حكم الصلاة
(النعت والعطف بالواو)
|
· Melafalkan
teks qiraah dengan fasih dan benar.
· Membaca
teks qiraah dengan baik dan benar.
· Menggunakan
mufradat baru yang terdapat dalam teks.
· Menentukan
tema suatu teks.
· Menemukan
ide pokok setiap paragraf.
· Menerjemahkan
teks qiraah.
· Menjawab
pertanyaan yang tersedia dalam buku paket.
|
· Membaca
teks dengan lafal yang benar.
· Mengartikan
teks qiraah.
· Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
· Mencari
mufradat baru yang sulit.
· Menceritakan
isi kandungan teks.
· Menentukan
ide pokok cerita.
|
Kuis, wawancara dan Test
|
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
|
ضع نعتا مناسبة
فى مكان فارغ !
> يجب علينا
أن نعمل . . . ونترك عملا . . .
> الصلاة
. . . واجبة على كل مسلم
الإجابة
> يجب علينا
أن نعمل عملا صالحا ونترك عملا سيأت
> الصلاة
المفروضة واجبة على كل مسلم.
|
16 JP
|
· Buku
pegangan (buku paket)
· Kamus
·
Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)
|
Standar kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara
tertulis berbentuk paparan atau dialog mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Menulis kata, frase atau kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frase dan struktur yang
benar.
|
صوم رمضان
(الإضافة) (المضاف والمضاف إليه)
|
· Menuliskan
kata, frasa atau kalimat dengan tanda baca dan tata bahasa yang baik dan
benar.
· Menjawab
pertanyaan dengan benar.
· Menyusun
kata menjadi kalimat yang benar.
· Membuat
kalimat dari kosakata yang berhubungan dengan materi.
· Menulis
karangan secara insya’ Muwajjah.
|
· Membuat
contoh kalimat sederhana dari kosakata yang berhubungan dengan materi.
· Menyusun
kata acak menjadi kalimat sempurna.
· Mengisi
form / kolom identitas.
· Membuat
karangan Muwajjah sesuai dengan isi materi.
· Menuliskan
beberapa mufradat sesuai dengan materi.
|
Kuis, wawancara dan Test
|
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
|
=ترجم إلى اللغة العربية :
Orang islam
membayar zakat fitrah pada malam hari raya
=
عيّن فى هذه النص, كم مواقع الإضافية !!!
أمر الرسول الصائمين فى رمضان بأن
يكثروا العبادة, مثل صلاة التراويح و قراءة القرأن والصدقة و غيرها, لأن الله
يضاعف الثواب فيه أضعاف مضاعفة.
=. كم فاعل فى النص؟ :. .
الإجابة
=
يؤدى المسلمون زكاة الفطرة ليلة العيد
=
الثانية
=
ثالثة
|
14 JP
|
· Buku
pegangan (buku paket)
· Kamus
·
Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)
|
Standar
kompetensi : Menyimak
5. Memahami informasi lisan
berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم
الصلاة, صوم رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Mengidentifikasi bunyi, Ujaran (kata, frase atau
kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.
5.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari
berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
|
الإسلام دين الفطرة
(المزيد بحرف واحد)
|
· Melafalkan
atau membedakan bunyi huruf hijaiyah dalam suatu teks bacaan sederhana.
· Menulis
kembali kata, frase atau kalimat yang didengar.
· Menggunakan
kata baru yang didengar dalam melengkapi kalimat.
· Mengartikan
kalimat dengan tepat dan benar.
· Mengungkapkan
intisari dari wacana lisan yang didengarkan.
|
· Mendengarkan
materi nash dan materi hiwar.
· Mencari
kata, frase, atau kalimat baru yang didengar.
· Menyebutkan
kembali kata, frasa atau kalimat yang didengar.
· Membedakan
dengan tepat kata yang diucapkan.
· Menceritakan
kembali isi teks (Nash).
· Menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
· Menerjemahkan
teks dengan baik dan benar.
|
Kuis, wawancara dan Test
|
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
|
. أكتب الكلمة المناسبة فى النص الأتية :. . .
=وكذلك يامر الإسلام على الطاعة والتقوى بالله
و. . . . عن المعصية حتى . . . . نفسه و. .
.. به إلى الله تقريبا حقيقيا.
=الكلمة الثلاثى المزيد بحرف على وزن يُفَعِّلُ وهي .
. .
الإجابة
=يباعد/يزكّى/يــقرب
= يُقرِّب و يكرِّمُ
|
14 JP
|
· Buku
pegangan (buku paket)
· Kamus
·
Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)
|
Keterangan : 4 jam pelajaran (2x Pertemuan)
Evaluasi.
Mengetahui,
Guru Pamong
Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
|
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan
Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011
|
Menyetujui
Kepala MAN
Darussalam
Muntasyir,
S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : XI/ 1
Satuan pendidikan : MAN Darussalam
Tahun
Ajaran : 2011/2012
Alokasi waktu : 4x
pertemuan (8 JP)
Tema : البطل المسلم
Standar
kompetensi 1. Siswa
memahami makna kata, mampu melafazhkannya, membaca dengan nyaring dan menulis
kata-kata, frase dan kalimat sempurna dan memahami makna interpersonal,
ideasional dan intekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks
interaksional dan naratif yang disertai gambar.
Kompetensi Dasar 1.1 Siswa mampu bercakap-cakap,
membaca, menulis dalam bahasa arab dengan menggunakan 20-25 kosa kata tentang البطل المسلم dengan struktur kalimat dasar.
Indikator 1. Membaca bahan qiraah dengan lafazh dan
intonasi yang baik dan benar.
2. Menerjemahkan kalimat yang mengandung أن + فعل .
3. Menggunakan mufradat baru dan melakukan
tanya jawab denagn tepat dalam kalimat yang diprogramkan.
4. Menyusun
kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah yang mengandung أن + فعل.
Alokasi
waktu :
8 x 45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat
mendemonstrasikan qiraah/hiwar dengan intonasi yang benar.
b.
Siswa dapat
membedakan فاعل
+ المفعول به dalam qiraah.
c.
Siswa dapat mengartikan bahan bacaan dengan bahasa yang
baik.
d.
Siswa dapat
menjawab pertanyaan dengan tepat sesuai yang
terkandung di dalam teks.
e.
Siswa mampu menyusun kalimat sederhana dengan pola kalimat berstruktur فاعل+ مفعول به dan أن + فعل.
B.
Materi
Ajar
a.
القراءة
b.
تركيب
c.
الحوار
والمفردات
d.
إنشاء
الموجه
C.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab , ceramah bervariasi dan presentasi perorangan.
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
pertama
a.
Pendahuluan
Afersepsi
: Memberi salam dan membaca doa.
Ta’arruf guru dan siswa serta perkenalan tujuan materi
pembelajaran bahasa arab
Motivasi
: Giat-giatlah menghafal mufradat dan teruslah gunakan mufradat itu dalam
keseharian kalian.
b.
Kegiatan inti
a.
Siswa dan guru
berdialog tentang tujuan pembelajaran dan mengkaitkan materi yang akan
dipelajari denagn sejarah dan qiraah.
b.
Siswa dibagikan ke dalam beberapa kelompok antara 4-5
orang.
c.
Siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya untuk
memberi baris qiraah yang mengandung أن + فعل sedangkan guru sebagai fasilitator.
d.
Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil
diskusinya, sedangkan kelompok yang lain
menanggapinya.
e.
Guru memberikan feed back
(umpan balik) terhadap hasil diskusi dan ditegaskan bahwa yang
menyimpulkan adalah siswa.
f.
Siswa dimintai untuk mengerjakan latihan soal-soal yang
terdapat pada buku dalam bab البطل المسلم .
c.
Penutup
a.
Dengan bimbingan
guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.
Guru dan siswa
melakukan refleksi
c.
Siswa diberikan
PR
Pertemuan
kedua
a.
Pendahuluan
Afersepsi
: Membahas PR
Menanyakan materi yang sudah
dipelajari apa yang belum dipahami.
Motivasi
: Tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disampaikan.
b.
Kegiatan inti
a.
Guru menjelaskan
tentang qawaid attau qaidah yang menyangkut dengan أن + فعل.
b.
Memberi arahan
dan Tanya jawab dalam pemakaian أن + فعل المضارع serta hukumnya.
c.
Tanya jawab mengenai bentuk soal-soal yang memuat masalah
فعل +أن + فعل.
d.
Siswa ditegaskan
untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dibuku
paket
e.
Guru membacakan/menanyakan
soal sedangkan siswa menjawab dan mengartikannya.
c.
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.Guru
dan siswa melakukan refleksi
c.
Siswa diberikan PR
Pertemuan
Ketiga
a.
Pendahuluan
Afersepsi
: - mengingat kembali tentang fungsi أن + فعل.
-
Membahas PR
Motivasi
: Apabila materi ini dikuasai, maka akan dapat membantu siswa dalam
menyelesaikan pembahasan materi yang akan datang.
b.
Kegiatan inti
a.
Guru memperkenankan siswa untuk bercakap-cakap
di dalam kelas sedangkan yang lain mengarahkannya.
b.
Guru memanggil siswa untuk melakukan tanya jawab di depan
kelas dan yang lain mendengarkannya.
c.
Guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada siswa,
sedangkan siswa menjawabnya
d.
Siswa diminta
mengerjakan latuhan soal-soal yang ada di buku paket.
c.
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.Guru
dan siswa melakukan refleksi
c.
Siswa diberikan latihan dan tugas.
Pertemuan
Keempat
a.
Pendahuluan
Afersepsi
: -Membahas tugas yang telah dikerjakan.
-
Mengulang kembali tentang fungsi kalimat أن + فعل.
Motivasi
: Menjelaskan perbedaan antara bentuk الإضافة dan الوصفية,agar tidak terkecoh dalam menganalisa bentuk frase yang akan
dibuat.
b.
Kegiatan inti
a.
Guru menjelaskan
kandungan struktur qawaid الإضافة
dalam memecahkan soal-soal yang akan datang dan menerangkan الأمثلة lain dalam kalimat yang berbeda.
b.
Guru meminta
siswa untuk membuat contoh lain yang mudah dimengerti
c.
Guru menyuruh
siswa untuk menulis contoh kalimat yang ada didalam teks materi.
d.
Guru memperkenankan
beberapa orang siswa untuk mengerjakan hasil jawaban di papan tulis.
c.
Penutup
a.
Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat intisari berdasarkan materi yang
telah diajarkan.
b.Guru
dan siswa melakukan refleksi
E. Alat dan
Sumber Belajar
Buku
bahasa Arab kurikulum 2004,
Kitab
ملخص القواعد اللغة العربية , Kamus,
dan buku tulis.
F.
Penilaian
Teknik : Kuis dan tes serta wawancara.
Bentuk
instrument : Pertanyaan lisan
dan tulisan
Contoh
instrument : Terlampir
أجب
عن الأسئلة الأتية!
>
من هو البطل المسلم !
> أذكر بعض
بطل المسلم ؟
-
ترجم إلى اللغة العربية :
-Setiap pahlawan ingin mengusir penjajah dari negerinya.
- Orang orang islam senang
membaca al-qur’an setiap hari.
الإجابة
>
البطل المسلم هو الذي يجاهد فى سبيل الله و لإن الإسلام دينهم.
>
بعضهم أبو بكر الصديق و عمار نب خطاب.
> البطل كلهم يريدون أن
يخرجوا المستعمرة عن بلادهم.
>
المسلمون يفرحون أن يقرأوا القرأن الكريم كل يوم.
Mengetahui,
Guru
Pamong
Muntasyir,
S.Ag, MA
Nip.
197101061999051001
|
Tungkob,
22 November 2011
Guru
Praktikan
Muhammad
Tsabirin
Nim.
220 818 011
|
Menyetujui
Kepala MAN Darussalam
Muntasyir, S.Ag, MA
Nip.
197101061999051001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar