View My Stats

Senin, 06 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL MAN DARUSSALAM TAHUN AKADEMIK 2011/2012 ( RPP ) Mata Pelajaran : Bahasa Arab Kelas : XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GANJIL MAN DARUSSALAM
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
( RPP )



Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas : XI




Disusun oleh :


MUHAMMAD TSABIRIN
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah
Jurusan Tadris Bahasa Arab
NIM : 220 818 011















FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA ACEH
2011/2012 M / 1433 H













DISTRIBUSI WAKTU

Mata Pelajaran              : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan        : MAN Darussalam
Kelas / Semester : XI  / I
Tahun Ajaran               : 2011/2012
NO
KOMPETENSI DASAR
Alokasi Waktu
1
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata, frase dan kalimat dalam suatu konteks wacana lisan sederhana.
1.2 Menemukan informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan.
1.3 Merespons gagasan yang terdapat pada wacana lisan.
10 JP

4 JP
2 JP
2
2.1 Melakukan dialog sederhana dengan lancer, tepat dan benar melalui kegiatan berbicara.
2.2 Menyampaikan informasi lisan dengan baik dan benar.
8 JP

8 JP

3
3.1 Membaca nyaring dengan melafazkan huruf hijaiyah dan ujaran kata dengan menggunakan kalimat yang sudah ditentukan.
3.2 Menemukan makna atau gagasan dari wacana dengan mengggunakan struktur kalimat dengan benar.
10 JP

6 JP

4
4.1 Menulis dan melengkapi huruf-huruf hijaiyah, kata, frase, dan kalimat dengan  baik dan benar.
4.2 Menulis paragraph sederhana dengan struktur kalimat yang sudah ditentukan.
6 JP

8 JP

5
5.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran kata, frase dan kalimat dalam suatu konteks wacana lisan sederhana.
5.2 Menemukan informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan.
5.3 Merespons gagasan yang terdapat pada wacana lisan.
8 JP

2 JP
4 JP

Jumlah
76 JP

Mengetahui,
Guru Pamong


Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan


Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011


Menyetujui
Kepala MAN Darussalam


Muntasyir, S.Ag, MA
                                                   Nip. 197101061999051001
















PERHITUNGAN MINGGU DAN JAM EFEKTIF
Nama Sekolah                         : MAN Darussalam
Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
Kelas/Semester                        : XI/1
Tahun Ajaran                          : 2011/2012
Jumlah Jam Perminggu           : 4 jam Pelajaran (4JP)

No
Bulan
Minggu yang tersedia
(A)
Minggu yang tidak efektif (B)
Jumlah minggu efektif (A-B)
Keterangan


Minggu
JP
Minggu
JP
Minggu
JP

1
Juli
4
16
1
4
3
12

2
Agustus
5
20
5
20
-
-
Libur puasa Ramadhan
3
September
4
16
-
0
4
16

4
Oktober
4
16
-
0
4
16

5
November
5
20
1
4
4
16

6
Desember
4
16
-
0
4
16

7
Januari
4
16
3
12
1
4
Pergantian semester

Jumlah
30
120
10
40
20
80


Minggu atau jam-jam yang tidak efektif digunakan untuk:
1.      Libur puasa/hari raya               : 6 minggu
2.      Ujian semester ganjil               : 2 minggu
3.      Kegiatan ekstra kurikuler        : 1 minggu
4.      Libur semester ganjil               : 1 minggu
  10 minggu
Jumlah minggu efektif 23 minggu      : 20 x 4 JP= 80
Ujian mid semester                             : 4 JP
Proses pembelajaran                            : 80 JP - 4 JP= 76 JP





Mengetahui,
Guru Pamong



Muntasyir, S.Ag, M.A
Nip. 197101061999051001
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan



Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011





Menyetujui
Kepala MAN Darussalam



Muntasyir, S.Ag, M.A
                                                   Nip. 197101061999051001














PROGRAM SEMESTER




































Nama Sekolah      :MAN Darussalam



























Mata Pelajaran     : Bahasa Arab



























Kelas / Semester : XI / I



























Tahun Ajaran        : 2011/2012





























































NO.SK NO.KD Materi Pokok Pembelajaran Alokasi Waktu Bulan / Minggu Ket
Juli Agustus September Oktober November Desember Januari
1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
1   البطل المسلم 16 JP ORIENTASI SEKOLAH       LIBUR PUASA RAMADHAN DAN HARI RAYA IDULFITRI                   HARI RAYA IDUL ADHA               UJIAN SEMESTER EXTRA KURIKULER      
  1,1 قراءة 6 JP 4 2                                        
  1,2 تركيب 4 JP   2 2                                      
  1,3 حوار 4 JP     2                                      
  1,4 إنشاء 2 JP       2                                    
                                                   
2   أساس الإسلام 16 JP                                            
  2,1 قراءة 6 JP       2 4                                  
  2,2 تركيب 4 JP           4                                
  2,3 حوار 4 JP             4                              
  2,4 إنشاء 2 JP               2                            
                                                   
3   من حكم الصلاة 16 JP                                            
  3,1 قراءة 6 JP               2 4                          
  3,2 تركيب 4 JP                   4                        
  3,3 حوار 2 JP                     2                      
  3,4 إنشاء 4 JP                                            
                            2 2                    
4   صوم  رمضان 14 JP                                            
  4,1 قراءة 4 JP                       2 2                  
  4,2 تركيب 2 JP                         2                  
  4,3 حوار 4 JP                           4                
  4,4 إنشاء 4 JP                             4              
                                                   
5   الإسلام دين الفطرة 14 JP                                            
  5,1 قراءة 4 JP                               4            
  5,2 تركيب 4 JP                                 4          
  5,3 حوار 4 JP                                   4        
  5,4 إنشاء 2 JP                                     2      
Jumlah 76 JP   4 4 4           4 4 4 4 4 4 4 4 4   4 4 4 4 4 4 2          
























Mengetahui









Tungkob, 22 November 2011









Pamong













Praktikan















































































Muntasyir, S.Ag, MA







Muhammad Tsabirin









NIP: 19710106 1999905 1 001







NIM: 220818011

























































































































Menyetujui

























Kepala MAN Darussalam






























































































Muntasyir, S.Ag, MA






















        NIP: 19710106 1999905 1 001




























PROGRAM TAHUNAN
MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Satuan Pendidikan    : MAN Darussalam
Kelas / Semester         : XI  / I dan II
Tahun Ajaran           : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI (SK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
ALOKASI WAKTU (JP)
KETERANGAN
SEMESTER I
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
1.1  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.
1.2  Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
8 JP

Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.
2.2 Melakukan dialog sesuai  konteks dengan tepat dan lancar.

8 JP

Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat.
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat.
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.

8 JP

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog mengenai :
البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
4.1 Menulis kata, frase atau kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frase dan struktur yang benar.
7 JP



Keterangan
Tema 1 menggunakan struktur kalimat
Tema 2 menggunakan struktur kalimat
 



Menyimak
5. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
5.1 Mengidentifikasi bunyi, Ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.
5.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
7 JP

SEMESTER II
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
الشباب والعمل, أبو بكر الصديق, لقمان الحكيم, تمرينات عامة.
6.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.
6.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat.
6.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
 10 JP

Membaca
7. memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
الشباب والعمل, أبو بكر الصديق, لقمان الحكيم, تمرينات عامة.
7.1 Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar.
7.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar.
7.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.
12 JP

Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :
الشباب والعمل, أبو بكر الصديق, لقمان الحكيم, تمرينات عامة.
8.1 Menulis kata, Frase dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar.
8.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frase dan struktur yang benar.
16 JP

Jumlah
38 JP

Mengetahui,
Guru Pamong



Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan



Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011





Menyetujui
Kepala MAN Darussalam



Muntasyir, S.Ag, MA
                                                                     Nip. 197101061999051001





















SEMESTER : I
No.
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu
Keterangan
1
البطل المسلم
-         قراءة
-         قواعد ()
-         حوار
-         إنشاْء
16 JP

2
أساس الإسلام
-         قراءة
-         قواعد ()
-         حوار
-         إنساء
16 JP

3
من حكم الصلاة
-         قراءة
-         قواعد ()
-         حوار
-         إنشاء
16 JP

4
صوم  رمضان
-         قراءة
-         قواعد ()
-         حوار
-         إنشاء
14 JP





الإسلام دين الفطرة
-         قراءة
-         قواعد ()
-         حوار
-         إنشاء
14 JP


Jumlah
76 JP




SEMESTER : II
No.
Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
Alokasi Waktu
Keterangan
1
غاية الإيمان
-         قراءة
-         قواعد (تصريف فعل الماضي والمضارع ومصدره)
-         حوار
-         إنشاْء
8 JP

2
العقيدة والعبادات في القرءآن
-         قراءة
-         قواعد (أدوات الجر الكثيرة الورود ومعانيها)
-         حوار
-         إنساء
8 JP

3
الحديث الشريف
-         قراءة
-         قواعد (المبتدأ والخبر: المفرد وشبه الجملة والجملة الفعلية)
-         حوار
-         إنشاء
10 JP

4
نحن المسلمين
-         قراءة
-         قواعد (الخبر المقدم)
-         حوار
-         إنشاء
8 JP

Jumlah
34 JP














Mengetahui, Tungkob, 22 November 2011
Pamong


Muntasyir, S.Ag, MA
             NIP: 19710106 1999905 1 001
Praktikan


Muhammad Tsabirin
            NIM: 220818011

Menyetujui :
Kepala MAN Darussalam

Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001





















SILABUS
MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM
Nama Sekolah           : MAN Darussalam
Kelas/Program           : XI / I dan II
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Semester                     : I (Satu)
Tahun                         : 2011 / 2012
Standar kompetensi : Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة
Kompetensi Dasar
Materi pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
1.1    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.


1.2    Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
البطل المسلم




(أن والفعل)
·  Melafalkan atau membedakan bunyi huruf hijaiyah dalam suatu teks bacaan sederhana.
·  Menulis kembali kata, frase atau kalimat yang didengar.
·  Menggunakan kata baru yang didengar dalam melengkapi kalimat.
·  Mengartikan kalimat dengan tepat dan benar.
·  Mengungkapkan intisari dari wacana lisan yang didengarkan.

· Mendengarkan materi nash dan materi hiwar.
· Mencari kata, frase, atau kalimat baru yang didengar.
· Menyebutkan kembali kata, frasa atau kalimat yang didengar.
· Membedakan dengan tepat kata yang diucapkan.
· Menceritakan kembali isi teks (Nash).
· Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks.
· Menerjemahkan teks dengan baik dan benar.
Kuis dan Test
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
أجب عن الأسئلة الأتية!
> من هو البطل المسلم !
 > أذكر بعض  بطل المسلم ؟
الإجابة
> البطل المسلم هو الذي يجاهد فى سبيل الله و لإن الإسلام دينهم.
> بعضهم أبو بكر الصديق و عمار نب خطاب.

16 JP
· Buku pegangan (buku paket)
· Kamus
· Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
· Buku tulis (Notebook)

Standar kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
Materi pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat.





2.2 Melakukan dialog sesuai  konteks dengan tepat dan lancar.

أساس الإسلام




(الفاعل والمفعول به)
· Mengucapkan ujaran dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Melafalkan hiwar dengan baik dan benar.
· Melakukan dialog dengan lancar dan benar.
· Menjawab pertabyaan yang berhubungan dengan hiwar.
· Menyampaikan deskripsi secara lisan sesuai teks.
· Memberikan contoh kalimat sesuai struktur yang dipelajari.

· Mengucapkan ujaran dengan benar.

· Menggunakan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat.

· Mendemonstrasikan dialog didepan kelas.

· Memahami pengertian dari struktur kalimat yang dipelajari.

· Memberikan contoh kalimat sesuai struktur yang dipelajari.

· Menyampaikan deskripsi hiwar secara lisan.

· Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan hiwar.

· Menceritakan secara lisan isi dari media gambar yang disediakan.
Kuis dan Test
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
- حول الجملة الإسمية الى جملة الفعلية :
> الله يأمر المسلمين بأن يعبده
> المسلمين يقرأون القرأن الكريم فى المسجد
الإجابة

> يأمر الله المسلمين بأن يعبده
> يقرأ المسلمين القرأن الكريم فى المسجد

16 JP
· Buku pegangan (buku paket)
· Kamus
· Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)

Standar kompetensi : Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
Materi pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat.



3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat.



3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat.

من حكم الصلاة





(النعت والعطف بالواو)
· Melafalkan teks qiraah dengan fasih dan benar.
· Membaca teks qiraah dengan baik dan benar.

· Menggunakan mufradat baru yang terdapat dalam teks.
· Menentukan tema suatu teks.

· Menemukan ide pokok setiap paragraf.
· Menerjemahkan teks qiraah.

· Menjawab pertanyaan yang tersedia dalam buku paket.

· Membaca teks dengan lafal yang benar.

· Mengartikan teks qiraah.

· Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks.

· Mencari mufradat baru yang sulit.

· Menceritakan isi kandungan teks.


· Menentukan ide pokok cerita.
Kuis, wawancara dan Test
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
ضع نعتا مناسبة فى مكان فارغ !
> يجب علينا أن نعمل . . . ونترك عملا . . .
 > الصلاة  . . . واجبة  على كل مسلم
الإجابة
> يجب علينا أن نعمل  عملا صالحا  ونترك عملا سيأت
 > الصلاة  المفروضة واجبة  على كل مسلم.
16 JP
· Buku pegangan (buku paket)
· Kamus
· Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)




Standar kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
Materi pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
4.1 Menulis kata, frase atau kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.



4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frase dan struktur yang benar.
صوم  رمضان





(الإضافة) (المضاف والمضاف إليه)
· Menuliskan kata, frasa atau kalimat dengan tanda baca dan tata bahasa yang baik dan benar.
· Menjawab pertanyaan dengan benar.
· Menyusun kata menjadi kalimat yang benar.
· Membuat kalimat dari kosakata yang berhubungan dengan materi.
· Menulis karangan secara insya’ Muwajjah.
· Membuat contoh kalimat sederhana dari kosakata yang berhubungan dengan materi.

· Menyusun kata acak menjadi kalimat sempurna.


· Mengisi form / kolom identitas.

· Membuat karangan Muwajjah sesuai dengan isi materi.

· Menuliskan beberapa mufradat sesuai dengan materi.
Kuis, wawancara dan Test
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
=ترجم إلى اللغة العربية :
Orang islam membayar zakat fitrah pada malam hari raya
= عيّن فى هذه النص, كم مواقع الإضافية !!!
أمر الرسول الصائمين فى رمضان بأن يكثروا العبادة, مثل صلاة التراويح و قراءة القرأن والصدقة و غيرها, لأن الله يضاعف الثواب فيه أضعاف مضاعفة.
=. كم فاعل فى النص؟  :. .
الإجابة
= يؤدى المسلمون زكاة الفطرة ليلة العيد
= الثانية
= ثالثة
14 JP
· Buku pegangan (buku paket)
· Kamus
· Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)




Standar kompetensi : Menyimak
5. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog yang sudah ditentukan mengenai :البطل المسلم, أساس الإسلام, من حكم الصلاة, صوم  رمضان, الإسلام دين الفطرة.
Kompetensi Dasar
Materi pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Instrumen
Contoh Instrumen
5.1 Mengidentifikasi bunyi, Ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam satu konteks dengan tepat.




5.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
الإسلام دين الفطرة




(المزيد بحرف واحد)
· Melafalkan atau membedakan bunyi huruf hijaiyah dalam suatu teks bacaan sederhana.
· Menulis kembali kata, frase atau kalimat yang didengar.
· Menggunakan kata baru yang didengar dalam melengkapi kalimat.
· Mengartikan kalimat dengan tepat dan benar.
· Mengungkapkan intisari dari wacana lisan yang didengarkan.

· Mendengarkan materi nash dan materi hiwar.
· Mencari kata, frase, atau kalimat baru yang didengar.

· Menyebutkan kembali kata, frasa atau kalimat yang didengar.

· Membedakan dengan tepat kata yang diucapkan.

· Menceritakan kembali isi teks (Nash).

· Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks.

· Menerjemahkan teks dengan baik dan benar.
Kuis, wawancara dan Test
Pertanyaan Lisan dan Pertanyaan Tulisan
. أكتب الكلمة المناسبة فى النص الأتية :. . . 
=وكذلك يامر الإسلام على الطاعة والتقوى بالله و. . . . عن المعصية حتى . . . . نفسه و. .  .. به إلى الله تقريبا حقيقيا.
=الكلمة  الثلاثى المزيد بحرف على وزن يُفَعِّلُ وهي . . .

الإجابة
=يباعد/يزكّى/يــقرب
= يُقرِّب  و يكرِّمُ

14 JP
· Buku pegangan (buku paket)
· Kamus
· Kitab ملخص القواعد اللغة العربية
Buku tulis (Notebook)

Keterangan : 4 jam pelajaran (2x Pertemuan) Evaluasi.





Mengetahui,
Guru Pamong



Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan



Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011





Menyetujui
Kepala MAN Darussalam



Muntasyir, S.Ag, MA
                                                                     Nip. 197101061999051001


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas/Semester           : XI/ 1
Satuan pendidikan    : MAN Darussalam
Tahun Ajaran           : 2011/2012
Alokasi waktu            : 4x pertemuan (8 JP)
Tema                          : البطل المسلم

Standar kompetensi 1.  Siswa memahami makna kata, mampu melafazhkannya, membaca dengan nyaring dan menulis kata-kata, frase dan kalimat sempurna dan memahami makna interpersonal, ideasional dan intekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar.

Kompetensi Dasar 1.1 Siswa mampu bercakap-cakap, membaca, menulis dalam bahasa arab dengan menggunakan 20-25 kosa kata tentang البطل المسلم dengan struktur kalimat dasar.

Indikator                   1.    Membaca bahan qiraah dengan lafazh dan intonasi yang baik dan benar.
                                    2.    Menerjemahkan kalimat yang mengandung   أن + فعل .
                                    3.    Menggunakan mufradat baru dan melakukan tanya jawab denagn tepat dalam kalimat yang diprogramkan.
4.    Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah yang mengandung أن + فعل.

Alokasi waktu                  : 8 x 45 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat mendemonstrasikan qiraah/hiwar dengan intonasi yang benar.
b.      Siswa dapat membedakan  فاعل + المفعول به   dalam qiraah.
c.       Siswa dapat mengartikan bahan bacaan dengan bahasa yang baik.
d.      Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat  sesuai yang terkandung di dalam teks.
e.       Siswa mampu menyusun kalimat sederhana  dengan pola kalimat berstruktur   فاعل+ مفعول به dan أن + فعل.

B.       Materi Ajar
a.      القراءة
b.      تركيب
c.       الحوار والمفردات
d.      إنشاء الموجه

C.      Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab , ceramah bervariasi dan presentasi perorangan.


D.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
a.       Pendahuluan
Afersepsi : Memberi salam dan membaca doa.
                    Ta’arruf  guru dan siswa serta perkenalan tujuan materi pembelajaran bahasa arab
Motivasi : Giat-giatlah menghafal mufradat dan teruslah gunakan mufradat itu dalam keseharian kalian.

b.      Kegiatan inti
a.       Siswa dan guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan mengkaitkan materi yang akan dipelajari denagn sejarah dan qiraah.
b.      Siswa dibagikan ke dalam beberapa kelompok antara 4-5 orang.
c.       Siswa mendiskusikan bersama anggota kelompoknya untuk memberi baris qiraah yang mengandung أن + فعل sedangkan guru sebagai fasilitator.
d.      Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain  menanggapinya.
e.       Guru memberikan feed back  (umpan balik) terhadap hasil diskusi dan ditegaskan bahwa yang menyimpulkan adalah siswa.
f.       Siswa dimintai untuk mengerjakan latihan soal-soal yang terdapat pada buku dalam bab البطل المسلم .

c.       Penutup
a.       Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.      Guru dan siswa melakukan refleksi
c.       Siswa diberikan PR

Pertemuan kedua
a.     Pendahuluan
Afersepsi : Membahas PR
                    Menanyakan materi yang sudah dipelajari apa yang belum dipahami.
Motivasi : Tentang pentingnya mempelajari materi yang akan disampaikan. 

b.    Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan tentang qawaid attau qaidah yang menyangkut dengan أن + فعل.
b.      Memberi arahan dan Tanya jawab dalam pemakaian أن + فعل المضارع serta hukumnya.
c.       Tanya jawab mengenai bentuk soal-soal yang memuat masalah فعل +أن + فعل.
d.      Siswa ditegaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada dibuku paket
e.       Guru membacakan/menanyakan soal sedangkan siswa menjawab dan mengartikannya.

c.    Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Siswa diberikan PR

Pertemuan Ketiga
a.       Pendahuluan
Afersepsi :   - mengingat kembali tentang fungsi أن + فعل.
- Membahas PR

Motivasi : Apabila materi ini dikuasai, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan pembahasan materi yang akan datang.

b.    Kegiatan inti
a. Guru memperkenankan siswa untuk bercakap-cakap  di dalam kelas sedangkan yang lain mengarahkannya.
b.      Guru memanggil siswa untuk melakukan tanya jawab di depan kelas dan yang lain mendengarkannya.
c.       Guru menanyakan beberapa pertanyaan kepada siswa, sedangkan siswa menjawabnya
d.      Siswa diminta mengerjakan latuhan soal-soal yang ada di buku paket.

c.       Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b.Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Siswa diberikan latihan dan tugas.

Pertemuan Keempat
a.       Pendahuluan
Afersepsi :   -Membahas tugas yang telah dikerjakan.
- Mengulang kembali tentang fungsi kalimat أن + فعل.

Motivasi : Menjelaskan perbedaan antara bentuk الإضافة dan   الوصفية,agar tidak terkecoh dalam menganalisa bentuk frase yang akan dibuat.

b.      Kegiatan inti
a.       Guru menjelaskan kandungan  struktur qawaid الإضافة dalam memecahkan soal-soal yang akan datang dan menerangkan الأمثلة lain dalam kalimat yang berbeda.
b.      Guru meminta siswa untuk membuat contoh lain yang mudah dimengerti
c.       Guru menyuruh siswa untuk menulis contoh kalimat yang ada didalam teks materi.
d.      Guru memperkenankan beberapa orang siswa untuk mengerjakan hasil jawaban di papan tulis.

c.       Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat intisari berdasarkan materi yang telah diajarkan.
b.Guru dan siswa melakukan refleksi

E.    Alat dan Sumber Belajar
Buku bahasa Arab kurikulum 2004,
Kitab ملخص القواعد اللغة العربية , Kamus, dan buku tulis.

F.       Penilaian
Teknik                              : Kuis dan tes serta wawancara.
Bentuk instrument           : Pertanyaan lisan dan tulisan
Contoh instrument           : Terlampir


أجب عن الأسئلة الأتية!
> من هو البطل المسلم !
 > أذكر بعض  بطل المسلم ؟
- ترجم إلى اللغة العربية :
-Setiap pahlawan ingin mengusir penjajah dari negerinya.
- Orang orang islam senang membaca al-qur’an setiap hari.
الإجابة
> البطل المسلم هو الذي يجاهد فى سبيل الله و لإن الإسلام دينهم.
> بعضهم أبو بكر الصديق و عمار نب خطاب.

> البطل كلهم يريدون  أن يخرجوا  المستعمرة عن بلادهم.
> المسلمون يفرحون أن يقرأوا القرأن الكريم كل يوم.


Mengetahui,
Guru Pamong



Muntasyir, S.Ag, MA
Nip. 197101061999051001
Tungkob, 22 November 2011
Guru Praktikan



Muhammad Tsabirin
Nim. 220 818 011





Menyetujui
Kepala MAN Darussalam



Muntasyir, S.Ag, MA
                                                   Nip. 197101061999051001
























Tidak ada komentar: