RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
MAN Darussalam
Mata
pelajaran : Bahasa Arab
Tahun
Ajaran : 2011/2012
Tema :
من حكم الصلاة
Sub. Tema :
Qiraah / القــراءة
Kelas/Semester : XI / 1
Pertemuan : I
(Pertama)
Alokasi waktu :
2
Jam Pelajaran (2 JP)
Standar
kompetensi 1. Siswa
memahami makna kata, mampu melafazhkannya, membaca dengan nyaring dan menulis
kata-kata, frase dan kalimat sempurna dan memahami makna interpersonal,
ideasional dan intekstual yang sederhana yang terdapat di dalam teks.
Kompetensi Dasar 1.3 Siswa mampu membaca, bercakap-cakap, menulis dalam
bahasa arab dengan menggunakan 20-25 kosa kata tentang من حكم الصلاة dengan struktur kalimat نعت + عطف .
Hasil
Belajar
- Melakukan
interaksi tanya jawab antara Siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru
mengenai maksud isi materi من حكم الصلاة .
Indikator
Pencapaian
1. Membaca bahan qiraah من حكم الصلاة dengan lafazh dan intonasi yang
baik dan benar.
2. Mengartikan kalimat dalam wacana من حكم الصلاة yang mengandung struktur kalimat نعت + عطف.
3. Menggunakan mufradat baru dan melakukan
tanya jawab dengan tepat sesuai dengan materi من حكم الصلاة .
4. Menyebutkan kalimat dalam wacana من حكم الصلاة yang mengandung struktur kalimat نعت + عطف.
Alokasi
waktu :
2 x 45 menit
Materi
Pokok
- Qiraah
tentang من حكم الصلاة
dengan menggunakan 25-30 mufradat baru dan struktur kalimat yang mengandung نعت + عطف , seperti dalam kalimat ,
الصلاة الجميلة , الصلاة الصحيحة, مأموم والإمام dengan memakai tanda و untuk عطف dan ا ل untuk نعت .
Pengalaman
Belajar
1. Guru membacakan / melafadzkan materi Qiraah
didepan kelas dengan baik dan benar.
2. Siswa menyimak dan melafadzkan kembali bahan Qiraah.
3. Siswa menggunakan mufradat baru yang sesuai
dengan topik.
4. Siswa menyebutkan beberapa kalimat yang
mengandung نعت + عطف .
Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat membacakan Qiraah/hiwar
من حكم الصلاة dengan
intonasi yang baik dan benar.
b.
Siswa dapat menggunakan fungsi struktur kalimat tentang نعت + عطف yang sesuai dengan materi من حكم الصلاة.
c.
Siswa dapat melakukan interaksi tanya jawab mengenai
struktur kalimat dan isi topik materi yang telah disampaikan oleh guru.
d.
Siswa mampu menyusun dan dapat menggunakan struktur kalimat نعت + عطف. dalam bentuk إنشاء موجه.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
kelompok, tanya jawab , menulis. ceramah bervariasi, serta presentasi
perorangan.
Skenario
Pembelajaran
No
|
Pengalaman
belajar
|
Waktu
|
Metode
Pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan awal
Pendahuluan
-
Guru masuk dan memberi salam.
-
Guru tegur sapa dan mengabsen
siswa.
-
Guru mengulang sekilas tentang
pelajaran yang lalu.
-
Pengantar dan penjelasan
tentang tujuan.
Kegiatan inti
- Konsep I
: - Guru membacakan Qiraah .
- Siswa melafadzkan kembali qiraah yang
telah dibacakan oleh guru.
-
Konsep II :
- Siswa
menggunakan mufradat baru yang sesuai dengan topik.
- Siswa menyebutkan beberapa
kalimat yang mengandung نعت + عطف
.
Penutup
Rangkuman
-
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
-
Guru dan siswa menyimpulkan materi.
Penilaian
-
Siswa membacakan Qiraah perorangan di
tempat duduk masing-masing.
Pengumuman
-
Guru memotivasi kepada siswa
untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
-
Guru keluar dan memberi salam.
|
10 Menit
25 menit
20 Menit
20 menit
15 Menit
|
طـريــقة
الإلقــائـــية
- طـريــقة المباشرة
- طـريــقة
الإنـــتقائــية
- حل الــمشكلــة
طـريــقة
الإسـتنـبـاط
|
Alat
dan Sumber Belajar
-
Buku Bahasa Arab
kurikulum 2004 kelas 2. Pengarang H.
Mahrus As’ad, M.Ag dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
-
Buku Bahasa Arab
kurikulum 2008 kelas 2. Pengarang Dr. D.
Hidayat. Penerbit PT. Karya Toha Putra Semarang. (Referensi tambahan sekaligus
pembanding),
-
Kitab ملخص القواعد
اللغة العربية ,
- Kamus,
- Buku tulis.
Penilaian
Teknik : Tes lisan dan
tulisan serta kecakapan
menyimak.
Bentuk
instrument : Pertanyaan lisan
dan tulisan
Contoh
instrument :
-
Test membaca
Qiraah mengenai topik من
حكم الصلاة yang ada di buku paket Bahasa Arab kurikulum
2004 kelas 2. Pengarang H. Mahrus As’ad,
M.Ag dkk. Penerbit CV. Armico Bandung.
Mengetahui, Oktober 2011
Pamong
Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
|
Praktikan
Muhammad Tsabirin
NIM: 220818011
|
|
|
Kepala MAN Darussalam
Muntasyir, S.Ag, MA
NIP: 19710106 1999905 1 001
.
LEMBARAN
PENGAMATAN DAN PENILAIAN
NO
|
NAMA SISWA
|
INSTRUMEN PENILAIAN
|
JUMLAH SCORE (NA/4=N)
|
SCORE / NILAI
|
|||||||
Intonasi Suara
|
Penghayatan Isi Qiraah
|
Gaya membaca
|
Kelancaran Berbahasa
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Note : A = Istimewa (86-100)
B = Bagus Sekali (73-85)
C = Cukup (60-72)
D = Kurang Cukup (33-59)
E = Kurang / Gagal (1-32)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar