View My Stats

Senin, 06 Februari 2012

KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM = = Bidang Studi : Hadits Kelas/ Program: XII IAG


KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM
Jalan Tgk. Glee Iniem No.- Tungkob Telp. (0651) 75554420-7411185
TUNGKOB-DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR
DARUSSALAM 23373
Bidang Studi          : Hadits                                        Kelas/ Program: XII IAG   
Guru Bidang studi : Dra. Yusnidawati                      Hari/Tanggal   :
1.       
قال رسول الله صلعم: إتق الله حيثما كنت وأتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن .
Terjemahan dari Matan hadits وخالق الناس بخلق حسن adalah :
a. Bergaullah dengan manusia yang baik
b. Berakhlak yang baiklah kamu dengan sesama manusia
c. Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang mulia
d. Akhlak manusia yang baik adalah bertaqwa
e. Berakhlak mulialah kamu supaya mendapat kebaikan

2.      Matan hadits وكان عرشه على الماء  terjemahannya  adalah :
a. Semula ‘arasy nya di atas air
b. Dan adalah semula ‘arasy nya didalam air
c. ‘Arasy nya allah berada di dalam air
d. Allah sudah ada sebelum sesuatu ada
e. Allah menulis segala sesuatu didalam catatannya.

3.       
روى أحمد  أن النبي صلعم قال : إن أشكر الناس لله . . . .
Lanjutan Hadits diatas adalah : . ..
a. لا يشكر                                                                       d. تبارك وتعالى
b. نعمة الله                                                                     e. و فى رواية
c. يشكر الناس

4.       
 . . . . أنظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم فهو أجدر أن لاتزد روا نعمة الله عليكم.
Kesimpulan dari Matan Hadits di atas adalah :  . ..
a. Kita dianjurkan untuk melihat orang yang berada dibawah kita supaya dapat mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada kita.
b. Melihat orang yang rendah derajatnya lebih baik
c. Tidak boleh melihat orang yang lebih tinggi derajatnya
d. Rasulullah SAW menganjurkan kepada ummatnya, untuk melihat orang yang berada dibawahnya, dan tidak boleh melihat orang yang berada diatasnya supaya dapat mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepadanya.
e. Hadits Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwasanya orang yang mensyukuri nikmat Allah SWT adalah yang bisa menerima apa adanya.

5.      Manusia yang paling pandai bersyukur kepada Allah adalah . . .
a. Orang yang pandai berterima kasih kepada sesama manusia
b. Orang yang selalu mengucapkan Alhamdulillah
c. Orang yang menerima apa saja yang diperolehnya
d. Orang yang pandai berterima kasih kepada Allah SWT
e. Orang yang selalu mengingat Allah SWT

6.      Manusia dianjurkan untuk memakan makanan yang halal dan tidak berlebih-lebihan bahwa perut manusia di bagi . .. .
a. 5 Bagian
b. 3 Bagian
c. 2 Bagian
d. 4 Bagian
e. 6 Bagian

7.       
من سن فى الإسلام سنة حسنة. . . . .
Arti matan Hadits adalah .. . .
a. Barang siapa yang melihat kebaikan dalam islam
b. Barangsiapa yang berbuat atau berprakarsa yang baik dalam islam
c. Siapa yang berbuat baik dalam ajaran islam
d. Berbuat baik dalam islam sangat dianjurkan kepada setiap orang
e. Berbuat kebaikan kepada sesama manusia adalah perbuatan yang mulia.

8.      Silsilah orang yang meriwayatkan hadits yang menyampaikannya pada matan Hadits disebut . . .
a. Rawi
b. Sanad
c. Musnad
d. Matan
e. Sunnah

9.      Orang yang meriwayatkan hadits adalah  . . .
a. Sunnah
b. Matan
c. Musnad
d. Sanad
e. Rawi

10.  Hadits menurut Bahasa adalah . ..
a. Jadid
b. Qarib
c. Ba’id
d. Qadim
e. a dan b benar

11.  Hadits yang menyebutkan keinginan nabi SAW yang belum Terealisasikan adalah . . .
a. Hadits taqriri
b. Hadits qauli
c. Hadits fi’li
d. Hadits Hammi
e. Hadits Ahwali

12.  Hadits
لا يصلين أحد العصر لا فى بنى قريضة (رواه البخارى)
Adalah contoh dari hadits . .. .
a. Hadits taqriri
b. Hadits qauli
c. Hadits fi’li
d. Hadits Hammi
e. Hadits Ahwali

13.  Kedudukan hadits sebagai sumber hukum islam yang ke . . .. .
a. 3
b. 4
c. 2
d. 1
e. 5

14.  Periwatan hadits oleh anak-anak dapat diterima denagan syarat . .. .
a. Disampaikannya setelah dewasa
b. Disampaikannya minimal umurnya 5 tahun
c. Disampaikannya pada umur 15 tahun
d. Disampaikannya mulai menginjak tamyiz
e. Semua benar

15.  Segala ucapan, perbuatan, dan ketetapan yang disandarkan kepada Nabi, disebut dengan  . . ..
a. Khabar
b. Hadits
c. Sunnah
d. Atsar
e. Ilmu Hadits

16.  yang dimaksud dengan Al-Wijadah dalam penerimaan suatu . . .. .
a. Memperoleh tulisan hadits dari orang lain yang tidak diriwayatkannya
b. Mendengar hadits dari orang yang meriwayatkannya
c. Mendapatkan izin dari orang yang meriwayatkannya
d. Memperoleh tulisan hadits dari orang yang meriwayatkannya
e. Membaca hadits dihadapan seorang guru yang telah memberi izin kepadanya.

17.  سمعت, حدثنا, أخبرنا, أنبأنا  Merupakan lafadh-lafadh penerimaan hadits melalui As-Sima’. Manakah diantara lafadh-lafadh tersebut yang mempunyai derajat tertinggi . . . ..
a. سمعت
b. حدثنا  dan   أنبأنا
c. أخبرنا
d. أنبأنا
e.أخبرنا    dan    سمعت

18.  Usaha penghimpunan hadits secara Resmi dilakukan pada masa pemerintahan .. ..  ..
a. Umar bin Abdul ‘Aziz
b. Harun ar Rasyid
c. Umar bin Khattab
d. Ustman bin Affan
e. Muawiyah bin Abi Sufyan

19.  Pembagian Hadits berdasarkan jumlah (kualitas) orang yang meriwayatkan dibagi kepada . .. . ..
a. Hadits shahih, ahad, dha’if
b. Hadits mutawatir, sahih, ahad
c. Hadits hasan, ahad, dha’if
d. Hadits mutawatir, masyhur, ahad
e. Hadits qudsi, marfu’, mauquf

20.   
قال رسول الله صلعم : لا يؤمن أحدكم حتى أكون أحب إليه من والده وولده والناس أجمعين (رواه البخارى ومسلم)
Hadits diatas diriwayatkan tidak kurang dari 2 perawi  diseluruh tingkatan, karenanya disebut dengan hadits . . . . .
a. Mutawatir
b. Masyhur
c. Mustafidl
d. Aziz
e. Gharib

21.  Menerima dan mendengarkan suatu periwayatan hadits dari seorang guru dengan menggunakan beberapa metode penerimaan hadits disebut . ..
a. Ada’aul hadits
b. Rijalul hadits
c. Al Tahamul hadits
d. Ilal al hadits
e. Gharib al hadits

22.  Jumlah rawi-rawi dalam hadits mutawatir harus mencapai suatu ketentuan yang tidak memungkinkan mereka bersepakat berdusta, menurut abu thayyib sekurang-kurangnya . .. ..
a. 5 Orang
b. 4 Orang
c. 20 Orang
d. 40 Orang
e. 50 Orang

23.  Hukum mengamalkan hadits Mauquf adalah . . ..
a. Boleh
b. Boleh dengan Syarat
c. Tidak boleh
d. Wajib
e. Sunnah

24.  Para Ulama dalam Berhujjah dengan hadits mursal berbeda pendapat, menurut imam malik dan Ahmad  .  . .
a. Menerima hadits mursal sebagai hujjah
b. Tidak dapat dibuat hujjah
c. Tidak dapat dibuat hujjah secara mutlak
d. Boleh dijadikan hujjah dengan syarat
e. Boleh dijadikan hujjah

25.  Imam Muslim adalah seorang muhadditsin, nama lengkap beliau . . . .
a. Abul husain muslim bin al hajaj al qusyairy
b. Abu ‘abdillah muhammad
c. Abu ‘abdillah muhammad bin Idris
d. Abu ‘abdillah malik
e. Imam muslim

26.  Imam At Turmuzy banyak mengambil dan belajar hadits dari ulama hadits kenamaan, . . ..  .
a. Imam nasa’i
b. Al bukahri
c. Abu daud
d. Imam muslim
e. Ibnu majah

27.  Hadits yang disandarkan oleh sahabat kepada nabi melalui ucapan beliau secara tegas dan jelas . . .
a. Hadits marfu’ qauli
b. Hadits marfu’ fi’li
c. Hadits marfu’taqriri
d. Hadits marfu’hammi
e. Hadits marfu’ haqiqi

28.  Dua tokoh dalam ilmu Hadits yang sangat terkenal, karena kesahihan hadits-haditsnya adalah .. . .
a. Bukhari-Nasa’i
b. Bukhari-Muslim
c. Muslim-Turmuzy
d. Abu hurairah-Bukhari
e. Bukhari-Abu Daud

29.  Suatu pengetahuan yang mempelajari tentang segala sesuatu  yang berkaitan hadits baik perawi, sanad, matan, adalah merupakan definisi dari . .. . ..
a. Ilmu hadits
b. Ilmu tafsir
c. Ilmu rijalul hadits
d. Ilmu ma’anil hadits
e. Hadits

30.  Berikut ini adalah merupakan macam-macam dari ilmu hadits, kecuali ..  .
a. Ilmu ma’anil hadits
b. Ilmu rijalul hadits
c. Ilmu asbabu Wurudil Hadits
d. Ilmu ma’anil hadits
e. Ilmu qira’atil hadits

31.  Berikut ini yang bukan merupakan ahli hadits (muhadditsin) adalah . .. .
a. Ibnu hajar al-asqalany
b. Imam al bukhari
c. Imam muslim
d. Imam ahmad bin hambal
e. Imam jefri al bukhary

32.  Al Muwaththa’ adalah salah satu kitab hadits yang bercorak fiqih yang dikarang oleh . . . .. .
a. Imam malik bin anas
b. Imam juwaini
c. As Suyuthi
d. Ahmad bin hambal
e. Imam Asy Syafi’i

33.  Proses seorang perawi menerima hadits dari perawi yang lain disebut . .. . . ..
a. Tahammul
b. Tahammul wal adak
c. Adak
d. Adak wat tahammul
e. Riwayat hadits

34.  Proses seorang perawi menyampaikan hadits kepada perawi  yang lain disebut . . . .
a. Tahammul
b. Tahammul wal adak
c. Adak
d. Adak wat tahammul
e. Riwayat hadits

35.  Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah perawi yang jumlah mereka mustahil untuk berdusta dari awal thabaqat sanad samapai akhir adalah merupakan definisi dari .. . ..
a. Hadits ahad
b. Hadits mutawatir
c. Hadits masyhur
d. Hadits shahih
e. Hadits dha’if

36.  Hadits mutawatir terbagi kepada dua yaitu.  .. .  .
a. Mutawatir bizatih dan mutawatir lighairih
b. Mutawatir lighairih dan mutawatir ma’nawi
c. Mutawatir lafdhi dan mutawatir ma’nawi
d. Mutawatir shahaby dan thabi’iy
e. Mutawatir ‘aqly dan naqliy

37.  Dari segi kualitas, hadits dibagi menjadi tiga, yaitu .. . .. 
a. Shahih, hasan, dha’if
b. Shahih, hasan, marfu’
c. Shahih, hasan, maqthu’
d. Dha’if, hasan, maqbul
e. Maqbul, mardud, shahih

38.  Dibawah ini yang tidak termasuk syarat-syarat hadits shahih adalah . .. . .
a. Tersambung sanad
b. Keadilan perawi
c. Kedhabitan perawi
d. Adanya ‘illat
e. Tidak adanya Syazz

39.  Hadits Hasan secara umum terbagi kepada dua, Yaitu ..  .
a. Hasan lizatih dan hasan Lighairih
b. Hasan linafsih dan hasan Lighairih
c. Hasan lizatih dan hasan Linafsih
d. Hasan lizatih dan hasan Shahih
e. Hasan lighairih dannhasan Shahih

40.  Hadits yang lafadhnya dari Rasulullah SAW tetapi haditsnya tersebut disandarkan kepada Allah SWT, adalah hadits . .. .. .
a. Hadits Qudsi
b. Hadits Marfu’
c. Hadits Mauquf
d. Hadits Maqthu’
e. Hadits Qauliy

41.  Hadits yang disandarkan kepada sahabat disebut dengan hadits  . . . .
a. Hadits Marfu’
b. Hadits Maqthu’
c. Hadits Mauquf
d. Hadits Shahaby
e. Hadits Fi’liy

42.  Hadits yang disandarkan kepada Rasulullah SAW disebut dengan hadits  ...
a. Marfu’
b. Maqthu’
c. Mauquf
d. Qauliy
e. Taqririy

43.  Dalam Ulumul Hadits disebutkan bahwa sebab lemahnya kualitas suatu hadits (Dha’if) itu ada duua sebab yaitu. . .. .
a. Terputus sanad dan Cacatnya perawi (tha’nu ar rawi)
b. Terutus Sanad dan kurang dhabit perawi
c. Lemahnya Perawi dan sanad yang terlalu panjang
d. Perawi yang Murtad dan sanad yang singkat
e. Semuanya salah

44.  Imam Bukhari adalah salah seorang Pentakhrij Hadits yang cukup terkenal di dunia islam, ia dilahirkan di kota .. . .. . .
a. Mekkah
b. Madinah
c. Kuffah
d. Bashrah
e. Bukhara

45.  Salah satu karya imam muslim yang sangat terkenal adalah. . .
a. Kitab shahih Muslim
b. Kitab musnad Muslim
c. Kitab mustadrak Muslim
d. Kitab Shahihain
e. Kitab mushthalahul Hadits

46.  Musnad ahmad adalah kitab hadits yang dikarang oleh .. . .
a. Imam ahmad bin hanafi
b. Imam ahmad bin hanbal
c. Imam ahmad bin hanafiyah bin hambali
d. Imam ahmad bin mushthafa
e. Imam ahmad bin zainal abidin

47.  Dibawah ini yang tidak termasuk dalam Kutubussittah, adalah . . . .. .
a. Shahih Bukhari
b. Shahih muslim
c. Sunan at tirmizi
d. Sunan ibnu majah
e. Sunan abi hatim

48.  Orang yang pernah berjumpa dengan Rasulullah SAW dan ia beriman, lalu sebelum ia meninggal ia kembali Murtad, orang tersebut disebut .. . . .
a. Shahabat
b. Thabi’in
c. Thabi’ thabi’in
d. Shahabat kecil
e. Semua salah

49.  Sahabat Rasulullah SAW yang paling banyak meriwayatkan Hadits adalah .. . ..
a. Abu hurairah
b. Ibnu umar
c. Aisyah
d. Jabir bin abdullah
e. Umar bin khattab

50.  Imam Muslim yang terkenal sebagai salah seorang ulama Hadits, nama lengkap beliau adalah.  ..
a. Abu Husain Muslim bin hajjaj an naisaburi Al Qusyairi
b. Abu Hasan muslim bin ibrahim al asyi
c. Abu Husain muslim bin Budiman Al Jeramy al Hasyimiy
d. Abu muslim Al Khurasani
e. Abu muslim bin Ibrahim Al Asyi

Tidak ada komentar: