View My Stats

Minggu, 26 Juni 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH : MAN 2 SIGLI MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB KONSEP : قــواعــد النحوية SUB. KONSEP : إن وأخــواتها

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH : MAN 2 SIGLI
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KONSEP : قــواعــد النحوية
SUB. KONSEP : إن وأخــواتها
KELAS/SEMESTER : XI/II
PERTEMUAN : I
WAKTU : 20 MENIT


A. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami Wacana tertulis dalam Bahasa Arab berbentuk Uraian atau teks bacaan tentang قــواعــد النحوية

B. KOMPETENSI DASAR :
1.1. Mengidentifikasi bentuk dan Tema wacana Tentang قــواعــد النحوية mengenai إن وأخــواتها secara tepat dan benar.

C. HASIL BELAJAR
- Mengutarakan jenis-jenis/macam-macam bentuk إن وأخــواتها secara tepat dan benar dalam bentuk kalimat maupun uraian. Yang Mengandung unsur- unsur kata إن, أن, لعل, كأن, ليت, لكن,

D. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Membuat kalimat dengan kata-kata yang berkenaan dengan إن وأخــواتها dengan baik dan benar.
2. Menuliskan contoh kalimat إن وأخــواتها secara perorangan ke depan kelas.
3. Menggunakan إن وأخــواتها dalam bentuk kalimat yang Efektif.

E. MATERI POKOK
- Penggunaan إن وأخــواتها dalam bentuk kalimat secara sempurna.

F. PENGALAMAN BELAJAR
1. Guru melafalkan materi dengan baik dan benar.



2. Siswa mengikuti materi tersebut yang telah diucapkan Guru.
3. Siswa menggunakan dan memilih kata-kata yang sesuai dalam materi tersebut dalam kalimat yang baik dan benar.

G. SKENARIO PEMBELAJARAN

No Pengalaman belajar Waktu Metode Pembelajaran
1 2 3 4
1.








2.







3.









Kegiatan awal
Pendahuluan
- Guru masuk dan memberi salam.
- Guru tegur sapa dan mengabsen siswa.
- Guru mengulang sekilas tentang pelajaran yang lalu.
- Pengantar dan penjelasan tentang tujuan.


Kegiatan inti
- Konsep I : - Guru menerangkan materi إن وأخــواتها
- Siswa merespon dan melafalkannya dengan baik.
- Konsep II : - Siswa memilih dan menggunakan إن وأخــواتها dalam bentuk kalimat yang baru.

Penutup
Rangkuman
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
- Guru menyimpulkan materi.
Penilaian
- Murid menggunakan إن وأخــواتها dalam kalimat baru
Pengumuman
- Guru memotivasi kepada siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.

5 Menit







10 Menit







5 Menit











طـريــقة الإلقــائـــية






- طـريــقة المباشرة

- طـريــقة الإنـــتقائــية

- طـريــقة الإستقـرائــية

- حل الــمشكلــة




طـريــقة الإسـتنـبـاط












H. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/ SUMBER BACAAN
a. Media : - White board
- Spidol
- Meja dan Kursi
- Lembar Penilaian
- Kertas Plano yang Berisikan Materi.
b. Sumber Bahan
- Buku Bahasa Arab MA, kelas XI, Karangan Drs. Zaenuri siroj.
- GBPP
- Kamus


I. PENILAIAN
1. Penilaian Proses :
- Dilaksanakan saat berlangsung proses belajar mengajar melalui lembaran pengamatan.
2. Penilaian Hasil : - Dilakukan setelah proses belajar mengajar.
3. Soal-Soal :
- Setiap siswa maju ke papan tulis untuk menuliskan :
“Buatlah sebuah contoh dalam kalimat baru dengan menggunakan إن وأخــواتها yang baik dan benar ?”


J. PEKERJAAN RUMAH (PROYEK)

- Tolong Tuliskan penggunaan إن وأخــواتها dalam bentuk kalimat yang Baru sebanyak 10 Kalimat.



Mengetahui Pidie Jaya, 31 maret 2011
Kepala MAN 2 Sigli Kota Meureudu Guru Bidang Studi Bahasa arab



Drs. Abdussamad, M.Pd Muhammad Tsabirin, S.Pd,I
NIP: 1967456217 00087645 NIP: 1976354112 00987112






ABSEN SISWA

NO KEHADIRAN SISWA KET
NAMA SISWA A I S
1 ARDAN QADRI
2 AYUDI
3 ASMAUL HUSNA
4 ERNAWATI
5 FARIDA IRIANI
6 NUR AZIZAH
7 SHELI YULITA
8 UBAIDILLAH
9 ZAINUL USHRA









Note: A = Alpa
I = Izin
S = Sakit
















LEMBARAN PENGAMATAN DAN PENILAIAN

NO NAMA SISWA PENGAMATAN DAN PENILAIAN KET. NILAI
A B C D E
1 ARDAN QADRI
2 AYUDI
3 ASMAUL HUSNA
4 ERNAWATI
5 FARIDA IRIANI
6 NUR AZIZAH
7 SHELI YULITA
8 UBAIDILLAH
9 ZAINUL USHRA









Note : A = Istimewa
B = Bagus Sekali
C = Cukup
D = Kurang Cukup
E = Kurang / Gagal

Tidak ada komentar: