View My Stats

Minggu, 26 Juni 2011

Penggunaan BEBERAPA JENIS Media Dalam pembelajaran ِإنَّ وأَخَواتهَا = = = =Media Pembelajaran Bahasa Arab

Media Pembelajaran Bahasa Arab

Penggunaan BEBERAPA JENIS Media Dalam pembelajaran
ِإنَّ وأَخَواتهَا


DISUSUN

OLEH :
KELOMPOK VII

MUHAMMAD TSABIRIN ( 220 818 011 )
ABDURRAHMAN ( 220 818 010 )
MISWAR MUHAMMAD ( 220 817 956 )

DOSEN PEMBIMBING :

Drs. HILMI, M.Ed










FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN BAHASA ARAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JAMI’AH AR-RANIRY
SURIEN-BANDA ACEH
2011M/1432H


KATA PENGANTAR
بِــسْـمِ اللهِ الرَّحْـمَنِ الرَّحِـيْمِ
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Kemudian shalawat dan salam kami sanjungkan ke pangkuan Nabi Besar Muhammad SAW, yang dengan izin Allah telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai salah satu bahan penunjang materi pembelajaran “Media Pembelajaran Bahasa Arab”. Melalui makalah ini kami mencoba memberikan gambaran mengenai “Penggunaan Beberapa Jenis Media Dalam Pembelajaranإن وأخواتها ” dari beberapa sumber yang berbeda.

Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Drs. Hilmi, M.Ed, atas kesediaan beliau untuk menjadi Dosen Pembimbing kami, dan kepada teman-teman sekalian yang selalu membantu dalam proses pembuatan makalah ini.
Kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua. Sebagai manusia biasa, kami meminta maaf atas ketidaksempurnaan makalah ini. Oleh karena itu pula, kritik dan saran dari para pakar, senior, teman sejawat, dan pembaca lainnya akan kami terima dengan senang hati.

Wassalam

(Penulis)

DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ................................................................................................... i

DAFTAR ISI ................................................................................................................. ii

BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................ 1

BAB II PEMBAHASAN :
PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS MEDIA DALAM
PEMBELAJARANإن وأخواتها ............................................................2
1. Jenis media...........................................................................................2
2. Sasaran Media......................................................................................4
3. Tujuan Media.......................................................................................4
4. Manfaat Media.....................................................................................5
5. Langkah-Langkah Pembelajaran Media..............................................6
6. Kelebihan dan Kekurangan Media.......................................................7

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ...............................................................................................8
B. Saran..........................................................................................................8

DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................................9








BAB I
PENDAHULUAN


Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.

Istilah pembelajaran lebih menggambarkan usaha guru untuk membuat belajar para siswanya. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Kegiatan belajar hanya akan berhasil jika si belajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. Seorang guru tidak dapat mewakili belajar siswanya. Seorang siswa belum dapat dikatakan telah belajar hanya karena ia sedang berada dalam satu ruangan dengan guru yang sedang mengajar.
Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.

Peranan media yang semakin meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi, masih banyak tugas guru yang lain seperti: memberikan perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yang selama ini kurang mendapat perhatian. Kondisi ini akan terus terjadi selama guru menganggap dirinya merupakan sumber belajar satu-satunya bagi siswa. Jika guru memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi peran dengan media. Peran guru akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar. Untuk itu guru lebih berfungsi sebagai penasehat, pembimbing, motivator dan fasilitator dalam Kegiatan Belajar mengajar.

BAB II
PEMBAHASAN
Penggunaan BEBERAPA JENIS Media Dalam pembelajaran
ِإنَّ وأَخَواتهَا



1. JENIS MEDIA إنَّ وأَخَواتها
Dalam bagian ini, penulis akan mengutarakan beberapa jenis media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab mengenai ِإنَّ وأَخَواتهَا , media yang digunakan diantaranya:

1). Komputer
Komputer adalah hasil teknologi modern yang membuka kemungkinan yang besar sebagai alat pendidikan. Dewasa ini komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan latihan. Komputer berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan Computer-Managed Instruction (CMI). Ada pula peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar; pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya. Modus ini dikenal sebagai pengajaran dengan bantuan komputer (Computer-assisted Instruction-CAI). CAI mendukung pengajaran dan pelatihan akan tetapi ia bukanlah penyampai utama materi pelajaran. Komputer dapat menyajikan informasi dan tahapan lainnya disampaikan bukan dengan media komputer.
Dalam hal ini dalam mempresentasikan suatu bahan atau suatu hal yang ingin dipertontonkan, penulis ingin memadukan pembelajaran إنَّ وأَخَواتهَا dalam bentuk tulisan software, yang kemudian dikolaborasikan dengan media pada point berikut ini.

2). Infokus(proyektor)
Infokus termasuk salah satu media pembelajaran. Perpaduan Pengunaan antara infokus dan komputer dalam pembelajaran merupakan aplikasi teknologi dalam pendidikan. Pada dasarnya teknologi dapat menunjang proses pencapaian tujuan pendidikan. Namun sementara ini, komputer sebagai produk teknologi khususnya di sekolah-sekolah kurang dimanfaatkan secara optimal, hanya sebatas word processing saja. Kini yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menjadikan teknologi (komputer) dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.
Dalam penggunaan media tehnologi ini, infokus sangat berperan dalam menampilkan suatu bahan materi atau gambar. Apalagi infokus bisa memperbesar dan memperkecil ukuran tampilan yang akan kita presentasikan. Dalam bagian ini, pembelajaran bahasa arab mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ sangat diprioritaskan demi kelancaran dan kemantapan dalam transfer materi pelajaran. Bukan hanya dalam pelajaran bahasa arab saja, tetapi juga untuk semua pelajaran yang ada disekolah.
3). Beberapa lembar karton
Media pembelajaran selanjutnya adalah lembaran karton-karton. Dimana karton-karton ini bila kita tinjau sangat sering digunakan, baik para guru, maupun para calon guru. Dan lain-lainnya. Lembaran karton ini dalam pembelajaran إنَّ وأَخَواتهاَ digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan bahan atau materi yang belum tertampilkan dilayar infokus, oleh karena itu dengan adanya lembaran karton ini, semua bahan yang tersajikan bisa terlengkapi dan terwakili

4). Kartu-kartu
Media pembelajaran terakhir yang kita gunakan dalam pembelajaran bahasa arab mengenaiإنَّ وأَخَواتهاَ adalah kartu-kartu. Media ini sangat sering dan tidak kalah tingkat penggunaannya dengan media karton, yang mana biasanya kedua-duanya dibarengi secara bersamaan. Akan tetapi hal tersebut dilakukan dengan tujuan demi tercapainya tujuan pembelajaran dalam suatu pelajaran, bukan hanya bahasa arab tetapi juga pelajaran-pelajaran lainnya
Kartu-kartu tersebut berisikan kata-kata mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ , setiap kartunya tertuliskan kata-kata yang berbeda dan juga warna yang berbeda, agar dalam memainkan kartu ini peserta didik tidak langsung bosan ketika mempraktekkannya. Kemudian setiap kartu tersebut tertuliskan bagian-bagian dari susunan kalimat mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ diantaranya seperti isim inna, khabar inna dan huruf-hurur إنَّ وأَخَواتهاَ. Kriteria permainan ini sangat menarik. Pertama para siswa dibagikan menjadi 4 kelompok, kemudian setiap kelompok dibagikan sejumlah kartu-kartu yang berisikan materi yang telah teracak. Kedua, setiap kelompok menyusun kartu tersebut menjadi bentuk kalimat sempurna yang kemudian diurutkan dengan rapi diatas meja didepan kelas. Ketiga, hasil dari susunan kartu tadi dikoreksi oleh kelompok lain, yang istilahnya sistem rolling. Dibagian inilah para siswa bertanya mengenai pembelajaran إنَّ وأَخَواتهاَ kepada gurunya secara aktif, dan semuanya sangat berperan dan terlibat dalam masalah tersebut. Yang pada akhirnya, guru memberikan solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang ada dalam materi إنَّ وأَخَواتهاَ tadi. Dengan adanya ini. Maka tercapailah target pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, atau disebut juga denhgan istilah PAKEM.




2. SASARAN MEDIA إنَّ وأَخَواتها
Sasaran media pembelajaran bahasa arab mengenai إنَّ وأَخَواتهاَ diatas adalah untuk siswa madrasah ’aliyah (MAN) kelas 2. karena bersesuaian dengan kurikulum yang sedang diterapkan.




3. TUJUAN PEMBELAJARAN إنَّ وأَخَواتها
a. Dengan adanya pembelajaran إنَّ وأَخَواتها , siswa dapat mengenali jenis-jenis huruf إنَّ وأَخَواتها .
b. Siswa dapat melafalkan bentuk-bentuk إنَّ وأَخَواتها .
c. Siswa dapat menggunakan إنَّ وأَخَواتها dalam bentuk kalimat dengan baik dan benar.
d. Siswa mampu mentransfer ilmunya mengenai إنَّ وأَخَواتها ke sesama temannya didalam kelas.
e. Dan lain-lain.





4. MANFAAT MEDIA إنَّ وأَخَواتها

a. Manfaat media infokus dan komputer

1) Mampu menghemat waktu dan biaya.
2) Dapat merekam hasil belajarantara siswa dan guru mengenai materi إنَّ وأَخَواتها (record keeping).
3) Memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara otomatis.
3) Juga mampu memberikan preskripsi atau saran siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran bahasa arab mengenai إنَّ وأَخَواتها.
4) Dapat mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation) menyebabkan komputer mampu menyampai-kan informasi dan pengetahuan dengan tingkat realisme yang tinggi.



b. Manfaat media karton dan kartu-kartu

1) Membangkitakan ide-ide atau gagasan-gagasan yang bersifat konseptual, sehingga mengurang kesalahpahaman siswa dalam mempelajari materi mengenai إنَّ وأَخَواتها .
2) Meningkatkan minat siswa untuk materi إنَّ وأَخَواتها .
3) Memberikan pengalaman-pengalaman nyata yang merangsang aktivitas diri sendiri untuk belajar.
4) Dapat mengembangkan jalan pikiran yang berkelanjutan.
5) Menyediakan pengalaman-pengalaman yang tidak mudah didapat melalui materi-materi yang lain dan menjadikan proses belajar mendalam dan beragam.



5. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MEDIA إنَّ وأَخَواتها

1). Kegiatan Pendahuluan
• Appersepsi
- Guru memberikan salam dan membaca doa
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru mengevaluasi materi pertemuan yang lalu.

2). Kegiatan Inti
a. Siswa menyimak penjelasan guru mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Guru menempelkan karton di papan tulis mengenai materi إنَّ وأَخَواتها .
c. Guru menayangkan materi melalui laptop yang kemudian ditancapkan layarnya ke dinding melalui infokus.
d. Guru menyebutkan beberapa huruf إنَّ وأَخَواتها kemudian siswa mengikuti untuk menyebutkannya
e. Guru membagikan para siswa menjadi 4 kelompok.
f. Guru membagikan sejumlah acakan kartu yang berisikan kata-kata إنَّ وأَخَواتها .
g. Setiap kelompok menyusun kartu-kartu tersebut menjadi sebuah kalimat إنَّ وأَخَواتها yang sempurna.
h. Hasil susunan kartu tadi disusun diatas meja didepan kelas.
i. Hasil susunan dari setiap kelompok diperiksa oleh kelompok lain (sistem Rolling)
j. Guru membantu kelompok siswa yang mengalami keesulitan mengenai إنَّ وأَخَواتها .

3). Kegiatan Penutup
a. Siswa menarik kesimpulan dari materi yang bertajuk إنَّ وأَخَواتها.
b. Guru memberikan penguatan kesimpulan tentang إنَّ وأَخَواتها .
c. Guru memberikan motivasi dan nasehat.
d. Guru keluar dan memberikan salam.



6. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA إنَّ وأَخَواتها

a. Kelebihan dan Kekurangan infokus dan komputer
kelebihannya: - kemampuan dalam memberikan feedback dengan segera segera mengenai إنَّ وأَخَواتها.
- Memungkinkan siswa untuk dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masing-masing dalam memahami pengetahuan dan informasi yang disajikan.
- Mampu menghemat waktu dan biaya dan mampu memberikan preskripsi atau saran siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengenai

Kekurangannya: - Membuat para guru repot.
- Membutuhkan listrik yang terus menerus.
- Menimbulkan sifat individual diantara siswa.
- Hanya sepintas gambar yang tidak nyata.


b. Kelebihan dan Kekurangan media karton dan kartu-kartu
kelebihannya: - Membantu mempermudah siswa dalam belajar mengenai إنَّ وأَخَواتها .
- Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi konkret)
- Pembelajaran lebih efesien dan efektif dalam kelas.
- Membutuhkan biaya yang lumayan murah.
- Pengadaannya tidak sulit.

Kelemahannya: - Medianya tidak bertahan lama.
- Hanya berunsur visual
- Membutuhkan skill khusus dalam pembuatannya agar menarik.
- Membuat siswa bosan dan sangat terbatas dengan ukuran huruf yang ada (statis).




BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN :

1. Media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar dalam dirinya.
2. Kemp dan Dayton (dalam Depdiknas, 2003) mengemukakan, Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
3. Pada saat ini media pembelajaran mempunyai fungsi :
a) Membantu mempermudah siswa dalam belajar.
b) Memberikan pengalaman lebih nyata (yang abstrak dapat menjadi konkret).
c) Menarik perhatian siswa lebih besar (jalannya pelajaran tidak membosankan).
d) Semua indra murid dapat diaktifkan. Kelemahan satu indra dapat diimbangi oleh kekuatan indra lainnya.
e) Lebih menarik perhatian dan minat murid dalam belajar.
f) Dapat membangkitkan dunia teori dengan realitanya.


B. SARAN :
Dengan adanya makalah ini diharapkan pada guru, termasuk calon guru agar lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Selain itu guru juga harus mengikuti kemajuan teknologi yang semakin canggih guna menunjang suksesnya pembelajaran yang ia bawakan.






DAFTAR PUSTAKA



Abbas, Siradjuddin. 2006. I’tiqad Ahlussunnah Wal Jamaah. Jakarta Selatan: Pustaka Tarbiyah.

Djamarah, syaiful bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.


Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.


Muhammad Yusuf, Mahir Isma’il Shobry. 1999. Min al-Wasa’il al-Ta’limiyah ila Tehnolojiya al-Ta’lim. Riyadh: Maktabah Syuqry.


Musthafa Badran, dkk.1983, Al-Wasail al-Ta’limiyah, Kairo: Maktabah al-Nahdliyahal-Mishriyah.


Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif, Cetakan Pertama. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.


Sadiman, Arief S., Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2002. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Cetakan Kelima. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar: