View My Stats

Minggu, 26 Juni 2011

PEMBELAJARAN INSYA’ DI MAN 2 SIGLI

PEMBELAJARAN INSYA’ DI MAN 2 SIGLI





Skripsi
Yang disusun oleh :
MUHAMMAD TSABIRIN

Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab
NIM: 220 818 011








INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA ACEH
2011


DAFTAR ISI



Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Lampiran

BAB I : PENDAHULUAN
a. Latar Belakang Masalah Dan Rumusan Masalah
b. Definisi Operasional
c. Tujuan Penelitian
d. Asas-Asas Penelitian dan Instrumen
e. Ruang Lingkup Penelitian
f. Metode Penelitian

BAB II : PENGERTIAN INSYA’
a. Pentingnya Pembelajaran Insya’
b. Tujuan Pembelajaran Insya’ dan Jenis-Jenisnya
c. Metode-Metode Pembelajaran Insya’
d. Media Pembelajaran Untuk Pengajaran Insya’

BAB III : PEMBELAJARAN INSYA’ DI MAN 2 SIGLI
a. Gambaran Umum Tentang Penelitian Lapangan
b. Jenis Metode Pembelajaran Insya’ Di MAN
c. Media Pembelajaran Dalam Pengajaran Insya’
d. Kecenderungan Dalam Pembelajaran Insya’

BAB IV : ANALISIS DATA DAN KEBENARAN SAMPEL

BAB V : PENUTUP
a. Hasil Penelitian
b. Saran-Saran

DAFTAR PUSTAKA
a. Referensi Bahasa Arab
b. Referensi Bahasa Indonesia
























BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah

Didalam bahasa arab, ada Empat kemahiran yaitu: Kemahiran Mendengar, Berbicara, Membaca, dan Menulis. Kemahiran Menulis bahagian dari empat kemahiran berbahasa yang harus dikuasai siswa dengan baik.
Tujuan pembelajarannya adalah kemampuan siswa dalam menulis dan penghayatan dalam diri mereka dengan baik serta benar. Sebagaimana perkataan Chaer, 1990. sesungguhnya manfaat menulis sebuah karangan mengandung pengertian menghubungkan pikiran, Ide dan perasaan dalam bentuk tulisan. Sekolah-sekolah sangat berpengaruh besar untuk menjadikan siswa mengerti dalam penulisan Bahasa Arab dan menguasainya dalam pikiran mereka dengan baik dan benar. Oleh karena itu, hal tersebut sangat dituntut kepada para guru dalam pengalamannya dan kemahiran menulis dalam Bahasa Arab.
Adapun sekolah MAN 2 Sigli merupakan sekolah yang belum ada penerapan Metode-Metode Pembelajaran yang baik. Karena para Guru Bahasa Arab di sekolah tersebut tidak menggunakan metode pembelajaran yang benar dalam pelajran bahasa arab kapada para siswa.
Hal ini menjadikan siswa terasing dalam Berbahasa Arab, sebagaimana para guru yang lemah dalam mengenalkan penggunaan metode-metode dan pengaruhnya dalam penguasaan siswa , Pembentukan Rumusan masalah penelitiannya yaitu :
1. Metode-Metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Insya’ di sekolah ini ?
2. Apa saja kecenderungan Murid dalam pembelajaran insya’ ?
3. Apa media pembelajaran untuk Pembelajaran Insya’ ?

B. Definisi Operasional

Sebelum mengarang Skripsi ini, penulis ingin membahas sebagian maksud dalam penelitian beserta definisi istilah yang ada dalam judul ini yaitu :

1. Pembelajaran
Kata pembelajaran, kata dasarnya yaitu dari kata Belajar, yang artinya Mempelajari buku, atau menjadikan buku sebagai Tuntunan dan Pelajaran.

Adapun pengertian secara Istilah yaitu : Suatu proses belajar-mengajar, didalamnya melibatkan sejumlah guru dan siswa-siswa, dimana penerapannya antara guru dan para siswa saling Berinteraksi antara satu dengan yang lain untuk memberi keaktifan dalan sebuah kelas. Pembelajaran insya’ yaitu suatu penerapan ilmu yang berisi metode khusus beserta Medianya, yaitu Kata-Kata.

2. Insya’
Insya’ dalam bahasa arab bermakna Menumbuhkan, Menjadikan, Membentuk, Mengarang, dan lainnnya. Adapun menurut istilah yaitu suatu ilmu yang menerangkan kemampuan pengambilan makna, merangkai kata beserta Orientasinya dengan pelafalan yang sesuai dengan kedudukannya.

3. Di MAN 2 Sigli
Merupakan sekolah ‘Aliyah Islam yang bertempat di Meureudu dibawah kepemimpinan kementerian agama di Indonesia, dimana tahap pembelajarannya ada tiga tahun, didalamnya meliputi tamatan MTsN dan MTsS serta SMP. Maksud sekolah ‘Aliyah islam disini adalah salah satu sekolah yang ada proses Belajar-mengajar di sekolah MAN 2 Sigli.




C. Tujuan Penelitian

Adapun Tujuan Penelitian yang ditujukan dalam Penulisan Skripsi ini adalah :
1. Untuk mengenal Metode-Metode yang digunakan dalam Pembelajaran Insya’.
2. Untuk mengetahui Kecenderungan Siswa dalam pembelajaran insya’ di MAN.
3. Untuk mengetahui media pembelajaran didalam Pembelajaran Insya’.



D. Asas-Asas Penelitian dan Instrumennya

Adapun asas-asas Skripsi ini didasari atas Kesuksesan dalam pembelajaran insya’ arab yang disepakati oleh para Pakar Pendidikan dalam proses belajar mengajar. Dan juga hasil dari tujuan ini tidak hanya memberi pengaruh pada proses belajar mengajar dalam pembelajaran Insya’ bahkan dalam Bermufradat, Qawa’id nahwiyyah, pemikiran yang terlintas dalam Hati.

Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Metode-Metode yang digunakan tidak Sesuai.
2. Kecenderungan belajar Siswa yang masih sedikit.
3. Media Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Insya’ tidak cukup, sebagaimana Anjuran Metode-Metode pembelajaran modern (sekarang).




E. Ruang Lingkup Penelitian dan Sampel

Adapun ruang lingkup skripsi ini yaitu siswa di sekolah ‘Aliyah, jumlahnya 167 siswa, karena jumlah mereka sangat banyak, maka yang diambil sampel penelitiannya adalah 20 % dari kelas dua yang berjumlah 34 siswa.
Pemilihan sampel penelitian ini berdasarkan pendapat Suharsimi Arikunto:

“Apabila Subjeknya kurang dari 100 lebih baik diambil semuanya, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika Subjeknya lebih dari 100 dapat diambil antara 10% - 15% atau 20% - 25% atau Lebih.



F. Metode Penelitian

Berjalannya metode penelitian dalam skripsi ini didasari atas metode penelitian Kualitatif dan penelitian Kuantitatif, dipadukan dalam sebuah Penelitian menjadi sejumlah data yang membutuhkan Penulisan Skripsi ini atas Tiga Metode, yaitu :

1. Tinjauan Langsung (Observasi)
Dengan adanya penelitian Observasi, akan memperoleh sejumlah Data Kuantitatif dari pembelajaran Insya’.

2. Wawancara (Interview)
Untuk mengenal dan mengetahui pembelajaran Insya’, keadaan Siswa, dan mengetahui masalah yang dihadapi para Siswa.




3. Pembagian Angket
Adapun metode pembuatan skripsi ini dan penulisannya berdasarkan penelitian yang telah ditetapkan oleh IAIN Ar-Raniry, didalam bukunya yang bernama:
“Panduan Karya Tulis Ilmiah (Skripsi, Tesis, Desertasi) IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Tahun 2004.”
























DAFTAR PUSTAKA



Abdul Chaer, Psikologistik (kajian teoritis), Cetakan I (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), hal 33

IAIN Ar-Raniry, Panduan Karya Tulis Ilmiah (Skripsi, Tesis, Desertasi), Ar-Raniry pers, Darussalam Banda Aceh, 2004

Nurul Zuriah, Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Sosial, (Malang: Bayu Media, 2003), hal 56

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, 1993, hal.107

Http://Baskoro I. Blogspot.com/2006/06 “Konsep-Konsep Dasar Penelitian Tindakan” (TPK)

Tidak ada komentar: