View My Stats

Minggu, 26 Juni 2011

=علم اللغة = == انتشار اللغة وتفرعها

انتشار اللغة وتفرعها

ولإنتشار اللغة اسباب كثيرة أهمها إلى مايلى :

1- أن تشتبك اللغة فى صراع مع لغة أو لغات أخرى وتقضى نواميس الصراع اللغوى, فتحتل مناطق اللغة أو اللغة المقهورة فيتسع بذلك مدى انتشارها وتدخل أمم جديدة فى عدد الناطقين بها.
كما حدث اللغة العربية إذا تغلبت على كثير من اللغة السامية الأخرى و على اللغة القبطية والبربرية والكوشيتية حتى بلغ الأن عدد الناطقين بها نحو 50 مليونا ينتمون إلى نحو خمس عشرة أمة بعد أن كانوا لايتجاوزون بضغة الأف يقطنون منطقة ضيقة فى الجنوب الغربى من بلاد العرب.
2- أن ينتشر أفراد شعب ما- على أثر هجرة أو استعمار- فى مناطق جديدة بعيدة عن أوطانهم الأولى, وخاصة إذا كان المهاجرون أو الغزاة أصحاب حضارة وثقافة و كانوا كذالك كثرة كاثرة.
3- وأحيانا تتعايش اللغتان معا, ولا تستطيع أحداهما التغلب على الأخرى ويرجع ذلك إلى عراقة كليهما فى الثقافة والحضارة أوالقلة أفراد المهاجرين أو الفاتحين.
4- أن يتاح لجماعة ما أسباب مواتية للنمو الطبيعى فى أوطانها الأصلية نفسها, فيأخذ عدد أفرادها وطوائفها فى الزيادة المطردة, وتنشط حركة العمران فى بلادها فتكثر فيها المدن والقرى, وتتعدد الأقاليم والمناطيق فيتسع تبعا لذلك نطاق لغتها و مدى انتشارها كما حدث للفرنسية. فبفضل هذا العامل بلغ عدد الناطقين بالفرنسية نحو 50 مليونا.






وبإستقراء هذه العوامل فى الماضى والحاضر يظهر أن أهمها يرجع إلى الطوائف الأتية :

1- عوامل اجتماعية سياسية تتعلق باستقلال المناطق التي انتشرت فيها اللعة بعضها عن بعض و ضعف السلطان المركزى الذى كان يجمعها ويوثق ما بينها من علاقات.
2- عوامل اجتماعية أدبية تتمثل فيما بين سكان المناطق المختلفة من فروق فى النظم الإجتماعية والعرف والتقاليد والعادات مبلغ الثقافة ومناحى التفكير والوجدان.
3- عوامل جغرافية تتمثل فيما بين سكان المناطق المختلفة من فروق فى الجو وطبيعة البلاد وبيئتها وشكلها وموقعها وما إلى ذلك.
4- عوامل شعبية تتمثل فيما بين سكان المناطق المختلفة من فروق فى الأجانس والفصائل الإنسانية التي ينتمون إليها والأصول التى انحدروا منها.
5- عوامل جسمية فيزيولوجية تتمثل فيما بين سكان المناطق المختلفة من فروق فى التكوين الطبيعى لأعضاء النطق. فمن المحال مع فروق كهذه, أن تظل اللغة محتفظة بوحدتها الأولى أمدا طويلا.



وبهذه لعوامل بدأ الخلاف بين اللهجات من ناحيتين أحداهما :

1- من الناحية المتعلقة بالصوت. فتختلف الأصوات (الحروف) التي تتألف منها الكلمة الواحدة, وتختلف طريقة النطق بها تبعا لاختلاف اللهجات.
2- من الناحية المتعلقة بدلالة المفردات. وتختلف معانى بعض الكلمات باختلاف الجماعات الناطقين بها.












Penyebaran bahasa dan konsekuensi

Dan penyebaran banyak alasan bahasa yang paling penting sebagai berikut:

1 - Untuk terlibat dalam konflik dengan bahasa Native atau bahasa lain dan untuk menghilangkan konflik tradisi linguistik, menempati bidang bahasa, bahasa tertindas Visa sehingga mereka menyebar dan masukkan negara-negara baru dalam jumlah penutur asli.
Sebagai bahasa Arab jika mereka mengalahkan banyak bahasa Semit lainnya dan bahasa Koptik, Berber, Alkochetep bahkan sekarang mencapai jumlah penutur, sekitar 50 juta milik bangsa sekitar lima belas setelah itu mereka harus Aetjuzun mengklik hidup seribu di daerah sempit di barat daya Arab negara itu.

2 - Untuk menyebarkan orang - tentang dampak migrasi atau penjajahan - di daerah baru jauh dari rumah pertama, terutama jika para migran atau pemilik penyerbu peradaban dan budaya dan mereka sering Kmalk Catherp.

3 - Bahasa dan kadang-kadang hidup berdampingan bersama-sama, atau orang bisa satunya adalah untuk mengatasi akibat lain dengan sejarah panjang baik di anggota budaya dan peradaban Ookulp migran atau penakluk.

4 - Disediakan kepada kelompok apa yang menyebabkan kondusif untuk pertumbuhan alami di negara asal mereka sendiri, mengambil jumlah anggota dan masyarakat dalam meningkatkan mantap, dan gerakan aktif urbanisasi di negara Vtkther kota-kota dan desa, dan wilayah ganda dan Almnatiq Visa tergantung pada ruang lingkup bahasa mereka dan menyebarkan mereka, seperti yang terjadi pada Perancis. Berkat faktor ini jumlah berbahasa Perancis, sekitar 50 juta.

Ekstrapolasi faktor-faktor dalam menunjukkan masa lalu dan kini yang paling penting yang disebabkan oleh masyarakat sebagai berikut:

1 - Faktor-faktor sosio-politik yang berkaitan dengan kemandirian daerah mana Allap menyebar dari satu sama lain dan kelemahan pusat Sultan, yang dibesarkan oleh mendokumentasikan apa hubungan mereka.
2 - Faktor sosial sastra di kalangan penduduk dari berbagai daerah perbedaan dalam sistem sosial dan adat dan tradisi dan adat, budaya dan jumlah lapisan pikiran dan hati nurani.
3 - Faktor-faktor geografis di antara penduduk daerah yang berbeda dari perbedaan di udara dan sifat negara dan lingkungan dan bentuk, lokasi dan sebagainya.
4 - Faktor-faktor yang populer di kalangan penduduk dari berbagai wilayah di perbedaan Alojans dan kelompok kemanusiaan mana mereka berasal dan aset yang adalah keturunan dari mereka.
5 - Faktor fisiologis fisik antara penduduk daerah yang berbeda dari perbedaan alami dalam komposisi anggota pengucapan. Tidak mungkin dengan perbedaan-perbedaan tersebut, harus tetap menjadi bahasa pertama mempertahankan kesatuan begitu lama.

Dengan faktor-faktor ini mulai sengketa antara dialek dari salah satunya adalah dengan dua cara:
1 - Dari sudut pandang suara. Apakah suara berbeda (huruf), yang terdiri dari satu kata, pengucapan yang berbeda tergantung dari dialek berbeda.
2 - Dari sudut pandang dalam hal kosa kata. Perbedaan makna kata-kata tertentu dalam berbagai kelompok speaker.
Pemaparan Memakai Bahasa Sendiri
Sebabb-sebabnya :
1. Adanya perbulatan bahasa antara satu bahasa dengan bahasa lain, dalam artian bahwa masuknya bahasa-bahasa baru akibat dari perpaduan antara bahasa penutur asli dengan bahasa pendatang, akan tetapi bahasa penutur asli tidak hilang dari tuturan mereka secara bersamaan.

2. Karena adanya perpindahan atau imigrasi penduduk wilayah lain ke wilayah setempat. Yang berarti bahwa adanya dampak dari bahasa penjajah atau bahasa penduduk yang pindah mukim dari tempat asalnya yang asli, oleh karena itu dengan adanya sebab ini, maka sebagian bahasa yang dianut lebih sedikitnya bias dituturkan oleh mereka di wilayah setempat, baik bahasa asli maupun bahasa yang masuk ke wilayahnya.

3. Sebab yang ketiga adalah karena adanya kehidupan antara dua bahasa atau lebih yang berdampingan dalam wilayah atau daerah tersebut, baik dikenal dengan budayanya, peradabannya dan lainnya. Hal ini memberi pengaruh besar bagi penguasaan bahasa maupun lahjah dari bahasa tersebut, sehingga memberi efek yang besar antara hubungan kedua bahasa yang dianut dalam wilayah itu. Dalam pemakaian kesehariannya, kedua bahasa itu atau lebih dipakai secara bersamaan, tergantung kondisi dan tempat yang sesuai.

4. Bagian yang keempat karena disebabkan adanya pertumbuhan yang kondusif di Negara-negara asal mereka sendiri, hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah masyarakat secara bervariasi, oleh karena itu terbentuklah system urbanisasi secara aktif di Negara tersebut, yang maksudnya bertambahnya pendudukan kota akibat dari banyaknya penduduk desa pindah ke kota, hal ini tergantung ruang lingkup bahasa yang mereka kuasai di daerah setempat atas dasar penyebaran mereka, dan lainnya.


Faktor-faktor dari Penyebaran Bahasa, Diantaranya :
1. faktor social-politik, yaitu yang berhubungan dengan satu wilayah dengan wilayah yang lain, yang penyebarannya antara satu dengan yang lain, tergantung dari status kekuasaan dan hubungan kerja sama antar wilayah itu.
2. faktor social-sastra, yaitu hubungan yang berkaitan dengan system masyarakat, adat, tradisi, budaya , maupun peradaban yang ada dilapisan masyarakat tersebut, tergantung pada menonjol atau tidak menonjolnya social sastra yang dianut dalam wilayah itu.
3. faktor geografis, yaitu suatu bentuk yang mempengaruhi penduduk daerah satu dengan yang lain, tergantung dari bentuk iklim, cuaca, udara lingkungan maupun lokasi dimana daerah tersebut berada. Hal ini sangat mempengaruhi penyebaran bahasa secara keseluruhan.
4. faktor kependudukan, yaitu hal yang tidak kalah berpengaruhnya dengan bahasa baik intern maupun ekstern, hal ini membuktikan bahwa faktor penduduk disuatu daerah sangat berpengaruh, dilihat dari jenis , rumpun, maupun manusianya yang berada diwilayah setempat.
5. faktor fisiologis, yaitu dilihat dari bentuk tuturan bahasa penduduk daerah satu dengan yang lainnya berbeda. Walaupun bahasa di daerah itu memakai bahasa kedua, akan tetapi bahasa pertama tetap mereka pakai dan dipertahankan hingga lama demi persatuan daerah mereka.


Dengan faktor-faktor ini mulai sengketa antara dialek dari salah satunya adalah dengan dua cara:

1 - Dari sudut pandang suara. Apakah suara berbeda (huruf), yang terdiri dari satu kata, pengucapan yang berbeda tergantung dari perbedaan dialek yang dipakai.
2 - Dari sudut pandang dalam hal kosa kata. Perbedaan makna kata-kata yang dipakai, tergantung dari dalam kelompok penutur baik asli maupun bukan .


انــــــتشار اللغة وتفرعها
أسبابها و العواملها


فرقة الثامنية:
1- مــُحمد ثَــابــريــنْ
2- ذُوالــــفهمــــِيْ
3- تَـــــرمـــيذِي

انــــــتشار اللغة وتفرعها

ولإنتشار اللغة اسباب كثيرة أهمها إلى مايلى :
1. وجود وحدة وطنية واستيعاب اللغة بين لغة واحدة مع لغة أخرى ، بمعنى أن إدراج نتيجة لغات جديدة من اندماج بين اللغة الأصلية مع اللغة من المهاجرين ، ولكن لغتهم الأم ليست في عداد المفقودين من الكلام في وقت واحد.
2. بسبب الهجرة أو نزوح السكان إلى مناطق أخرى في المنطقة المحلية. وهو ما يعني أن تأثير اللغات الاستعمارية أو المقيمين اللغة الذين انتقلوا من مكان المنشأ الأصلي ، وبالتالي فإن وجود هذه الأسباب ، وتحدث معظم اللغات التي اعتمدتها أقل التحيز في المنطقة المحلية ، سواء باللغة الأصلية ودخول اللغة إلى أراضيها.
3. لالثالث ويرجع ذلك إلى الحياة بين لغتين أو أكثر في المنطقة أو المنطقة المجاورة ، والمعروفة جيدا لثقافتها وحضارتها ، وغيرها. وهذا يعطي تأثير كبير على التمكن من اللغة واللحجات من اللغة ، مما يعطي علاقة تأثير كبير بين اللغة اثنين المعتمدة للمنطقة. في الاستخدام اليومي ، وتستخدم للغتين أو أكثر في وقت واحد ، وهذا يتوقف على الظروف وحيثما كان ذلك مناسبا.
4. القسم الرابع بسبب نتيجة للنمو مواتية في بلدان المنشأ الخاصة بهم ، وهذا أدى إلى عدد متزايد من المجتمعات المحلية المختلفة ، والتحضر ، بحيث يتم تشكيل بنشاط النظام في ذلك البلد ، وهو ما يعني زيادة احتلال المدينة بسبب العديد من القرويين انتقل الى المدينة ، وذلك يعتمد على نطاق اللغة التي احتلت في المنطقة المحلية على أساس توزيعها ، وغيرها.


وبإستقراء هذه العوامل فى الماضى والحاضر يظهر أن أهمها يرجع إلى الطوائف الأتية :

1. لعوامل الاجتماعية والسياسية ، التي ترتبط مع منطقة واحدة إلى منطقة أخرى ، وانتشار بين بعضهم البعض ، تبعا لحالة من القوة وعلاقات التعاون بين الإقليم.
2. العوامل الاجتماعية الأدبية ، وهي العلاقة المرتبطة مع نظام والمجتمع العادات والثقافة والتقاليد والحضارة هي طبقة من المجتمع ، تبعا لأهمية بارزة أدبية أو اجتماعية لا المعتمدة للمنطقة.
3. العوامل الجغرافية ، وهما النموذج الذي يؤثر على السكان المحليين مع بعضها البعض ، وهذا يتوقف على شكل الطقس والمناخ والبيئة الجوية والموقع حيث يقع حي. وقد أثر هذا على انتشار اللغة في كل.
4. العوامل الديموغرافية ، أي أنه ليس أقل تأثيرا مع اللغة على حد سواء داخليا وخارجيا ، وهذا يثبت أن سكان عاملا الإقليمية مؤثرة جدا ، كما يتبين من نوع ، والأسرة ، والبشر الذين هم في المنطقة المحلية.
5. العوامل الفسيولوجية التي يمكن رؤيتها من على شكل خطاب لغة السكان المحليين تختلف عن بعضها البعض. على الرغم من أن لغة لغة في مجال استخدام لغة ثانية ، ولكن لا يزال الأول كانوا والمحافظة عليها حتى بعد فترة طويلة من الاتحاد المحلي.




وبهذه لعوامل بدأ الخلاف بين اللهجات من ناحيتين أحداهما :
1. من الناحية المتعلقة بالصوت. ما هي الأصوات المختلفة (رسائل) ، الذي يتكون من كلمة واحدة ، والنطق مختلفة اعتمادا على استخدام الاختلاف في اللهجة.
2. من الناحية المتعلقة بدلالة المفردات. اختلاف معنى الكلمات المستخدمة ، اعتمادا على مجموعة وغير الناطقين بها على حد سواء.

Tidak ada komentar: