View My Stats

Minggu, 26 Juni 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH : MAN 2 SIGLI MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB KONSEP : الحديث الشريف SUB. KONSEP : Hiwar / حوار

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH : MAN 2 SIGLI
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KONSEP : الحديث الشريف
SUB. KONSEP : Hiwar / حوار
KELAS/SEMESTER : XI/II
PERTEMUAN : II
WAKTU : 20 MENIT


A. STANDAR KOMPETENSI :
1. mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang الحديث الشريف.
B. KOMPETENSI DASAR :
1.1. Bercakap, Membaca dan Menulis dalam bahasa arab tentang الحديث الشريف dengan struktur kalimat dasar yang mengandung المبتدأ والخبر .

C. HASIL BELAJAR
- Melakukan percakapan tentang الحديث الشريف dengan menggunakan 30 mufradat baru dan struktur kalimat dasar yang mengandung bentuk المبتدأ والخبر.

D. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Mengucapkan materi hiwar dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar.
2. mendemonstrasikan materi hiwar dengan berpasangan.

E. MATERI POKOK
- Hiwar tentang الحديث الشريف dengan menggunakan 20 mufradat, seperti, كلام, لفظ, تقرير, المسجد, شريعة dan struktur kalimat dasar yang mengandung bentuk المبتدأ والخبر seperti هو القرأن الكريم, الأساس الثاني . pertanyaan dengan menggunakan ماذا؟, هل, من أين.

F. PENGALAMAN BELAJAR
1. Guru melafalkan hiwar didepan kelas dengan baik dan benar.
2. Siswa menyimak dan melafalkan hiwar tersebut.
3. Siswa memperagakan hiwar didepan kelas.


G. SKENARIO PEMBELAJARAN

No Pengalaman belajar Waktu Metode Pembelajaran
1 2 3 4
1.








2.





3.









Kegiatan awal
Pendahuluan
- Guru masuk dan memberi salam.
- Guru tegur sapa dan mengabsen siswa.
- Guru mengulang sekilas tentang pelajaran yang lalu.
- Pengantar dan penjelasan tentang tujuan.


Kegiatan inti
- Konsep I : - Guru melafalkan hiwar .
- Siswa mengulang dan meniru.
- Konsep II : - Siswa memperagakan hiwar didepan kelas dengan berpasangan .

Penutup
Rangkuman
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya bila ada yang belum jelas.
- Guru dan siswa menyimpulkan materi.
Penilaian
- Siswa memperagakan hiwar didepan kelas.
Pengumuman
- Guru memotivasi kepada siswa untuk kegiatan belajar mengajar yang akan datang.
- Guru keluar dan memberi salam.

3 Menit







14 Menit







3 Menit








طـريــقة الإلقــائـــية






- طـريــقة المباشرة

- طـريــقة الإنـــتقائــية

- حل الــمشكلــة




طـريــقة الإسـتنـبـاط









H. MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN/ SUMBER BACAAN
a. Media : - White board
- Spidol
- Meja dan Kursi
- Lembaran Penilaian hiwar.
- Lembaran fotokopi materi hiwar.



b. Sumber Bahan
- Buku Bahasa Arab MA, kelas XI, Karangan Drs. Zaenuri siroj.
- GBPP
- Kamus


I. PENILAIAN
1. Penilaian Proses :
- Dilaksanakan saat berlangsung proses belajar mengajar melalui lembaran pengamatan dan penilaian.
2. Penilaian Hasil : - Dilakukan setelah proses belajar mengajar.
3. Soal-Soal :
- Bacalah hiwar di depan kelas.
- Dalami materi hiwar dengan seksama.


J. PEKERJAAN RUMAH (PROYEK)

- Hafalkan teks Hiwar tentang الحديث الشريف di rumah.







Mengetahui Pidie Jaya, 21 April 2011
Kepala MAN 2 Sigli Kota Meureudu Guru Bidang Studi Bahasa arab



Drs. Abdussamad, M.Pd Muhammad Tsabirin, S.Pd,I
NIP: 1967456217 00087645 NIP: 1976354112 00987112








ABSEN SISWA

NO KEHADIRAN SISWA KET
NAMA SISWA A I S
1 ARDAN QADRI
2 AYUDI
3 ASMAUL HUSNA
4 ERNAWATI
5 FARIDA IRIANI
6 NUR AZIZAH
7 SHELI YULITA
8 UBAIDILLAH
9 ZAINUL USHRA









Note: A = Alpa
I = Izin
S = Sakit














LEMBARAN PENGAMATAN DAN PENILAIAN


NO
NAMA SISWA INSTRUMEN PENILAIAN JUMLAH SCORE (NA/4=N) SCORE / NILAI
Intonasi Suara Penghayatan Isi Hiwar Gaya Bercakap Kelancaran Berbahasa A B C D E
1 ARDAN QADRI
2 AYUDI
3 ASMAUL HUSNA
4 ERNAWATI
5 FARIDA IRIANI
6 NUR AZIZAH
7 SHELI YULITA
8 UBAIDILLAH
9 ZAINUL USHRA





Note : A = Istimewa (86-100)
B = Bagus Sekali (73-85)
C = Cukup (60-72)
D = Kurang Cukup (33-59)
E = Kurang / Gagal (1-32)

Tidak ada komentar: