View My Stats

Sabtu, 30 Oktober 2010

تدريس الإستماع -------- MPB.ARAB II ---------

تدريس الإستماع





عناصر الدراسة :
1 ـ المقدمة : 2 ـ مفهوم المهارة :
3 ـ الفرق بين السماع والإنصات والاستماع : 4 ـ شروط الاستماع الجيد :
5 ـ كيفية تنميتها لدى التلاميذ : 6 ـ أسس تدريس الاستماع :
7 ـ خطوات درس الاستماع : 8 ـ توجيهات في تدريسه :
9 ـ إحصائيات متعلقة بالاستماع :







المقدمة
إذا دققنا النظر في مصطلح " القراءة " ، نجده مصدرا قياسيا للفعل الثلاثي " قرأ " ، على وزن " فعالة " لدلالته على " حرفة " ، وإذا تتبعنا استعماله في المعجم اللغوي العربي ، نجده حظي من العناية ، وكثرة التداول والتكرار بما لم يحظ مصطلح آخر . فكلمة اقرأ في حد ذاتها كلمة الاتصال بين جبريل الملك المبلغ عن ربه ، وبين الرسول الكريم محمد بن عبد الله سيد البشرية وخاتم الرسل والأنبياء عليه أفضل الصلاة وأزكى التسليم ، حيث قال تعالى { اقرأ باسم ربك الذي خلق الإنسان من علق اقرأ وربك الأكرم الذي علم بالقلم علم الإنسان ما لم يعلم } .
وقد تكرر هذا المصطلح بألفاظه المختلفة في القرآن الكريم سبع عشرة مرة مما يدل على عناية الإسلام به وتكريمه له . ومن حق هذه الكلمة علينا كمسلمين ودارسين أن نكرمها ونعتني بها ونعيشها واقعا في حياتنا ؛ لأنها سبيلنا إلى التحضر والرقى والرفعة ، وهى قنطرة الحاضر إلى الماضي ، حيث تنتقل عبرها التجارب والخبرات السابقة إلينا ، وهى البنية الوحيدة التي تستطيع أن تنقل خطانا ثابتة إلى المستقبل المضيء .
وعندما نتحدث عن مصطلح " القراءة " في مدارسنا ، ومؤسساتنا التعليمية ، فإننا نتحدث عن قصة هجر وإهمال لهذه الكلمة ، بينما تعد القراءة عند الناطقين بالضاد واجبا مفروضا ، وإحدى وسائل مضاعفة الأجر والثواب ، فكل حرف نقرؤه من كتاب الله الكريم نجزى عليه بعشر حسنات كما أخبرنا الصادق الأمين نبي البشرية عليه الصلاة والسلام .
والقراءة في خطتنا الدراسية تحتاج إلى وقفة متأنية ، لمعالجة أوضاعها ، من حيث أقسامها ، ومزايا كل قسم ، ومهاراتها ، وكيفية إكسابها الناشئة . وهى مهارة أساس من ضمن أربع مهارات يقوم عليها البناء اللغوي عند الإنسان ؛ وهى : القراءة ، والكتابة ، والاستماع ، والتحدث . وسوف نفرد بمشيئة الله لكل مهارة محاضرة مستقلة ، وسيكون حديثنا في هذه المحاضرة منصبا على مهارة الاستماع ؛ وذلك حسب التسلسل الذي يسير عليه تعلم اللغة وهو : الاستماع ، ثم التحدث ، ثم القراءة ، ثم الكتابة .





تعريف المصطلحات :
1 ـ المهارة :
توفر القدرة اللازمة لأداء سلوك معين بكفاءة تامة وقت الحاجة إليه . كالقراءة والكتابة ، ولعب الكرة ، والسباحة ، وقيادة السيارة وما إلى ذلك .
2 ـ السماع :
مجرد التقاط الأذن لذبذبات صوتية من مصدرها دون إعارتها أي انتباه ، وهو عملية سهلة غير معقدة ، تعتمد على فسيولوجية الأذن ، وسلامتها العضوية ، وقدرتها على التقاط الذبذبات .
3 ـ الإنصات :
تركيز الانتباه على ما يسمعه الإنسان من أجل تحقيق غرض معين .
4 ـ الاستماع :
مهارة معقدة يعطي فيها الشخص المستمع المتحدث كل اهتماماته ، ويركز انتباهه إلى حديثه ، ويحاول تفسير أصواته ، وإماءاته ، وكل حركاته ، وسكناته .
من المفاهيم السابقة نستنتج أن السماع عملية فسيولوجية تولد مع الإنسان وتعتمد على سلامة العضو المخصص لها وهو الأذن . في حين يكون الإنصات والاستماع مهارتين مكتسبتين . والفرق بين الإنصات والاستماع : اعتماد الأول على الأصوات المنطوقة ليس غير ، بينما يتضمن الاستماع ربط هذه الأصوات بالإماءات الحسية والحركية للمتحدث .






شروط الاستماع الجيد : ـ
لصعوبة مهارة الاستماع ، واعتمادها على عدد من أجهزة الاستقبال ، لا يمكن تحققها إلا بتوفر عدة شروط ، أهمها : ـ
1 ـ الجلوس في مكان بعيد عن الضوضاء .
2 ـ النظر باهتمام إلى المتحدث ، وإبداء الرغبة في مشاركته .
3 ـ التكيف ذهنيا مع سرعة المتحدث .
4 ـ الدقة السمعية التي بدونا تتعطل جميع مهارات الاستماع .
5 ـ القدرة على التفسير ، والتمثيل اللذين عن طريقهما يفهم المستمع ما يقال .
6 ـ القدرة على التمييز بين الأصوات المتعددة ، والإيماءات المختلفة .
7 ـ القدرة على التمييز بين الأفكار الرئيسة ، والأفكار الثانوية في الحديث .
8 ـ القدرة على الاحتفاظ بالأفكار الرئيسة حية في الذهن .





أهداف تدريس الاستماع
1 ـ تنمية قدرة التلاميذ على متابعة الحديث .
2 ـ تمييز التلاميذ بين الأصوات المختلفة .
3 ـ تمييز التلاميذ بين الأفكار الرئيسة ، والثانوية .
4 ـ تنمية قدرة التلاميذ على التحصيل المعرفي .
5 ـ الربط بين الحديث ، وطريقة عرضه .
6 ـ تنمية قدرة التلاميذ على تخيل المواقف التي تمر بهم .
7 ـ استخلاص التلاميذ النتائج مما يستمعون إليه .
8 ـ استخدام التلاميذ سياق الحديث لفهم معاني المفردات الجديدة عليهم .
9 ـ تنمية بعض الاتجاهات السلوكية السليمة ، كاحترام المتحدث ، وإبداء الاهتمام بحديثه ، والتفاعل معه .





مهارات الاستماع
قسم التربويون مهارات الاستماع إلى أربعة أقسام رئيسة هي :
أولا : مهارات الفهم ودقته ، وتتكون من العناصر الآتية :
1 ـ الاستعداد للاستماع بفهم .
2 ـ القدرة على حصر الذهن ، وتركيزه فيما يستمع إليه .
3 ـ إدراك الفكرة العامة التي يدور حولها الحديث .
4 ـ إدراك الأفكار الأساس للحديث .
5 ـ استخدام إشارات السياق الصوتية للفهم .
6 ـ إدراك الأفكار الجزئية المكونة لكل فكرة رئيسة .
7 ـ القدرة على متابعة تعليمات شفوية ، وفهم المقصود منها .






ثانيا : مهارات الاستيعاب ، وتتكون من العناصر التالية : ـ
1 ـ القدرة على تلخيص المسموع .
2 ـ التمييز بين الحقيقة ،والخيال مما يقال .
3 ـ القدرة على إدراك العلاقات بين الأفكار المعروضة .
4 ـ القدرة على تصنيف الأفكار التي تعرض لها المتحدث .





ثالثا : مهارات التذكر ، وعناصرها كالتالي : ـ
1 ـ القدرة على تعرف الجديد في المسموع .
2 ـ ربط الجديد المكتسب بالخبرات السابقة .
3 ـ إدراك العلاقة بين المسموع من الأفكار ، والخبرات السابقة .
4 ـ القدرة على اختيار الأفكار الصحيحة ؛ للاحتفاظ بها في الذاكرة .





رابعا : مهارة التذوق والنقد ، وتتصل بها العناصر الآتية : ـ
1 ـ حسن الاستماع والتفاعل مع المتحدث .
2 ـ القدرة على مشاركة المتحدث عاطفيا .
3 ـ القدرة على تمييز مواطن القوة ، والضعف في الحديث .
4 ـ الحكم على الحديث في ضوء الخبرات السابقة ، وقبوله أو رفضه .
5 ـ إدراك مدى أهمية الأفكار التي تضمنها الحديث ، ومدى صلاحيتها للتطبيق .
6 ـ القدرة على التنبؤ بما سينتهي إليه الحديث .






تنمية مهارات الاستماع
هذه مجموعة من المقترحات التي نأمل أن تسهم في تنمية هذه المهارات الهامة ، مع ضرورة التنبه إلى أن هذه المقترحات تخضع في تنفيذها لعدد من الاعتبارات أهمها : ـ
ا ـ نوعية الأهداف السلوكية المطلوب تحقيقها ، وصياغتها صوغا إجرائيا .
ب ـ حسن إعداد البيئة التعليمية .
ج ـ مناسبة تلك البيئة لمستوى التلاميذ المهاري والمعرفي .





وأهم هذه المقترحات هو :
أولا : كيفية تنمية مهارة التمييز بين الأفكار الرئيسة ، والأفكار الثانوية : ـ
1 ـ يقوم المعلم بعرض تسجيل لحوار معين ، أو قراءة جزء من موضوع ما ، ويطلب من التلاميذ :
• ـ ذكر أسماء أشخاص الحوار .
• ذكر أكبر قدر من الحقائق التي استمعوا إليها .
• ترتيب الحقائق حسب ورودها في الحوار .
• ذكر المشاعر التي أثارها الحوار لديهم ، ومدى معايشتهم لها
• ذكر المفردات التي لفتت انتباههم .
• ذكر التراكيب التي أعجبتهم .
• بيان أسلوب الحديث والوسائل التي استعان بها الكاتب في عرض أفكاره ؛ من طول أو قصر الجملة ، استخدام صور التوكيد ، التشبيهات أو الاستعارات ، الصور البديعة المختلفة .
• بيان العلاقة بين انفعال المتحدث وطريقة تعبيره .






2 ـ كيفية تنمية قدرة التلاميذ على فهم معاني المفردات الصعبة ، واستخدامها في تراكيب مفيدة : ـ
• كتابة معاني الكلمات الصعبة على السبورة .
• استعانة التلاميذ بالسياق في فهم معاني بعض الكلمات الجديدة .

3 ـ كيفية تنمية القدرة على متابعة الحديث ، وربط عناصره بعضها ببعض : ـ
• قراءة نص مكون من عدة فقرات مترابطة .
• مناقشة التلاميذ في الأفكار الواردة في الموضوع .
• تكليف التلاميذ وضع عناوين لفقرات الموضوع .
• مناقشة التلاميذ في العلاقة بين مقدمة الموضوع وخاتمته .






أسس تدريس الاستماع
أولا : الانتباه : ـ
من المطالب الرئيسة لسمع الرسالة وتفسيرها ، وتحديد السلوك المترتب عليها .
ثانيا : التخلص من المشتتات الشعورية واللاشعورية ، كالبعد عن مصادر الضوضاء ، والاستماع للمتحدث بدلا من الرسالة ، والمستمع الكفء هو من يقدر أهمية الاستماع الفعال ، ويعلم أنها تنقص كلما كان المستمع يعانى من متاعب جسدية أو نفسية .
ثالثا : التدريس الفعال الذي يزيد من وعى التلاميذ بأساليب توجيه الانتباه ، وتجنب عوامل التشتت الذهني.
رابعا : استرجاع الخبرات السابقة له أكبر الأثر في فهم الموضوع وتفسيره .
خامسا : تكوين مهارة الاستماع النقدي بالتدريب على اكتشاف المتناقضات ، وأساليب الدعاية ، وأهداف المتحدث .
سادسا : التدريب الجيد على فهم معاني الكلمات من السياق ، حيث يتعذر على المرء استعمال القاموس أثناء الاستماع .
سابعا : مما يعوق الاستماع أن تفكير المستمع يسبق المتحدث ، مما يتطلب من المستمع توظيفه في إبعاد المشتتات ، وخدمة الاستماع الفعال .







خطوات درس الاستماع
التمهيد :
تهيئة أذهان التلاميذ لدرس الاستماع ، وذلك بإيضاح أهمية الدرس ، وطبيعة المادة العلمية التي ستقدم إليهم ، ثم تعيين المهارة التي يراد التدريب عليها ، كاستخراج الأفكار الأساسية ، والتمييز بينها وبين الأفكار الثانوية .







العرض :
1. ـ تقديم المادة وما يتناسب والهدف المراد تحقيقه ، كالإبطاء أو الإسراع في القراءة ، أو التوقف قليلا عند نهاية الفقرة ، وما إلى ذلك .
2. توفير كل ما يمكن أن يساعد على تحقيق أهداف الدرس ، كتوضيح معاني الكلمات الجديدة ، أو المصطلحات غير المألوفة ، والابتعاد عن مواطن التشتت الذهني .
3. مناقشة التلاميذ فيما استمعوا إليه ، بوساطة طرح الأسئلة التي توصل إلى تحقيق الأهداف .
4. تقويم التحصيل بطرح أسئلة أكثر عمقا ، لها ارتباط في صياغتها بالأهداف السلوكية ، التي سبق تحديدها عند إعداد الدرس . ويشترط في هذه الأسئلة أن تكون شاملة لجميع الأهداف ، وقادرة على قياس ما وضعت له فقط .





توجيهات عامة في تدريس الاستماع : ـ
1 ـ ينبغي للمعلم أن يكون دائما قدوة لتلاميذه ، وفى درس الاستماع ينبغي على التلاميذ أن يقتدوا بمعلمهم في حسن الانتباه ، والإنصات ، وعدم مقاطعة المتحدث ، أو القارئ قبل أن ينتهي إلا لتنبيهه إلى خطأ لا يجوز السكوت عنه .
2 ـ التخطيط الجيد للدرس ، ووضوح الأهداف المطلوب تحقيقها بدقة متناهية .
3 ـ انتقاء النصوص الشيقة الملائمة لمستوى التلاميذ ، واختيار المواقف اللغوية المعينة على تحقيق الأهداف المنشودة .
4 ـ تهيئة الإمكانات المساعدة على تحقيق الأهداف ، كالبعد عن الضوضاء ، والإلقاء الجيد ، واستخدام الوسائل التعليمية الملائمة .







إحصائيات تتعلق بالاستماع : ـ
أولا : تبث من خلال الأبحاث العلمية أن الفرد العادي يستغرق في الاستماع ثلاثة أمثال الوقت الذي يمضيه في القراءة .
ثانيا : أجرى أحد الباحثين دراسة في العلاقة بين المهارات اللغوية ، ومدى ممارسة كل منها ، فتوصل إلى النتائج التالية : ـ
1 ـ يستمع المرء يوميا بمقدار يعادل كتابا متوسط الحجم .
2 ـ يتحدث بما يعادل كتابا كل أسبوع .
3 ـ يقرأ ما يساوى كتابا كل شهر .
4 ـ يكتب ما يعادل كتابا كل عام .
ثالثا : استطلع أحد الباحثين نخبة من المعلمين حول ما يتعلمه الأطفال عن طريق الاستماع ، فكانت النتيجة ما يلي : ـ
1 ـ أن الأطفال يتعلمون عن طرق القراءة بنسبة 35 % من مجموع الزمن المخصص للتعلم .
2 ـ يتعلمون عن طريق الكلام والمحادثة بنسبة 22 % من مجموع الزمن المخصص للتعلم .
3 ـ يتعلمون عن طريق الاستماع بنسبة 25 % من مجموع الزمن المخصص للتعلم .
4 ـ ويتعلمون عن طريق الكتابة بنسبة 17 % من مجموع الزمن المخصص للتعلم .
وأخيرا وبعد أن علمنا ما لمهارة الاستماع من أهمية بالغة في رفع مستوى التحصيل الدراسي لدى التلاميذ ، نأمل من إخواننا المعلمين أن يستثمروا هذه المهارة ويوظفوها فيما يعود على أبنائنا التلاميذ بالنفع والفائدة ، والله الموفق .





تم بحمد الله إعداد المشرف والمطور التربوي الدكتور : مسعد محمد زياد












Mendengarkan keterampilan dan bagaimana pelatihan

Unsur-unsur penelitian:
1 Pendahuluan:
2 konsep keterampilan:
3 variasi antara mendengar dan mendengarkan dan mendengarkan:
4 istilah untuk mendengarkan yang baik:
5 Cara pengembangan siswa:
6 fondasi mendengarkan pengajaran:
7 Langkah pelajaran untuk mendengarkan:
Delapan arah dalam pengajaran:
9 statistik yang terkait dengan sidang:

Pengantar
Jika mengaudit pertimbangan dari "membaca" panjang, kami menemukan catatan sumber trio bertindak, "membaca," ke "efektif" dengan "kerajinan" yang signifikan, dan jika kita mengikuti petunjuk dalam bahasa Arab Kamus, kita menemukan itu telah mendapat perhatian, perdagangan sering dan redundansi termasuk tidak menerima istilah lain . Kata membaca sendiri satu kata komunikasi antara Gabriel Raja melaporkan kepada Tuhannya, dan Nabi bin Kudus master Muhammad Abdullah kemanusiaan dan meterai para rasul dan nabi, 'alaihi wasallam dan pengiriman murni, di mana dia mengatakan (Bacalah nama Tuhanmu yang menciptakan manusia dari segumpal darah Bacalah dan Tuhanmu Maha Pemurah yang mengajarkan dengan pena mengajarkan manusia apa yang dia tidak tahu).
Istilah ini telah diulang dalam Quran berbagai Bolvaza tujuh belas kali, yang menunjukkan perhatian yang Islam, dan dihormati oleh itu. Ini adalah hak dari kata itu, kita sebagai Muslim dan ulama yang Nkremaa dan mengurus mereka dan kita hidup kenyataan dalam hidup kita, itu cara kami untuk urbanisasi dan kecanggihan dan martabat, yang jembatan sekarang ke masa lalu, yang telah melalui pengalaman dan pengalaman masa lalu untuk kita, struktur hanya mampu mentransfer langkah kita tetap ke cerah masa depan.
Ketika kita berbicara tentang "membaca" dalam sekolah kami, lembaga pendidikan kita, kita berbicara tentang kisah peninggalan dan mengabaikan kata, sementara membaca adalah ketika berbicara tugas Baldhad dikenakan, dan sarana untuk penggandaan pahala, setiap karakter dapat dibaca dari Kitab Suci Allah Kami membalasnya sepuluh perbuatan baik yang diceritakan Sadiq, Sekretaris perdamaian Manusia Nabi saw.
Dan membaca di sekolah kita perlu untuk berhenti sejenak dan hati-hati, untuk mengatasi situasi mereka, dalam hal komponen, dan manfaat dari setiap bagian, dan keterampilan, dan mengajar mereka cara start-up. Ini adalah dasar dari keterampilan di antara empat keterampilan bahasa yang mendasari pembangunan manusia; adalah: membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Akan memilih kehendak Tuhan untuk keterampilan semua kuliah independen, dan percakapan kami akan di kuliah difokuskan pada keterampilan mendengarkan;, sesuai dengan urutan di mana ia akan belajar bahasa: mendengarkan, kemudian berbicara, kemudian membaca, dan menulis.

Definisi istilah:
keterampilan A:
Menyediakan kapasitas yang diperlukan untuk melakukan efisien perilaku waktu tertentu kebutuhan. Seperti membaca, menulis, bermain bola, berenang, mengemudi dan sebagainya.
Listening 2:
Hanya mengambil telinga untuk suara getaran dari sumber tanpa perhatian pinjaman, yang merupakan proses yang mudah adalah kompleks, tergantung pada telinga fisiologis, dan integritas organik, dan kemampuan untuk mengambil getaran.
3 Mendengarkan:
Fokus perhatian pada apa yang ia dengar hak untuk mencapai tujuan tertentu.
4 Mendengarkan:
Sebuah keterampilan yang kompleks yang memberikan pendengar pembicara semua kepentingan, dan memfokuskan perhatiannya kepada pidatonya, mencoba menjelaskan suara mereka, dan Imeath, dan semua bergerak, dan distrik-distrik militer.
Dari konsep-konsep sebelumnya kita menyimpulkan bahwa proses fisiologis pendengaran lahir dengan hak dan bergantung pada keselamatan anggota Ad Hoc telinganya. Sementara diam dan mendengarkan Mhartin Mkedzptin. Perbedaan antara mendengarkan dan mendengar: Adopsi dari suara pertama tidak diucapkan, sementara berisi link untuk mendengar suara-suara Balimeat ini sensori dan motor juru bicara itu.

Syarat mendengarkan hati-hati:
Kesulitan mendengarkan keterampilan, dan tergantung pada jumlah penerima, tidak dapat dicapai kecuali ketersediaan beberapa kondisi, termasuk:
Duduk di tempat yang jauh dari kebisingan.
2 Pertimbangan perhatian terhadap pembicara, dan mengekspresikan keinginan untuk berbagi.
3 kecepatan penyesuaian mental dengan pembicara.
4 audio presisi Donna memecah semua keterampilan mendengarkan.
5 kemampuan untuk interpretasi, dan representasi yang cara pendengar memahami apa yang dikatakan.
6 kemampuan untuk membedakan antara beberapa suara, gerakan dan berbeda.
7 kemampuan untuk membedakan antara ide-ide utama dan ide-ide sekunder di modern.
8 kemampuan untuk mempertahankan ide-ide kunci hidup dalam pikiran.

Tujuan pengajaran mendengarkan
1 murid mengembangkan kapasitas untuk menindaklanjuti bicara.
Perbedaan antara dua murid suara yang berbeda.
3 siswa membedakan antara ide-ide utama, dan sekolah menengah.
Mengembangkan kapasitas empat siswa pada pencapaian pengetahuan.
5 hubungan antara modern, dan presentasi.
6 Pengembangan kemampuan siswa untuk membayangkan situasi dengan mereka.
7 siswa untuk menarik kesimpulan dari apa yang mereka mendengarkan dia.
8 Gunakan konteks siswa untuk memahami makna kosakata baru bagi mereka.
9 pembangunan beberapa sikap yang sehat, seperti menghargai pembicara, dan bunga mengungkapkan dalam berbicara, dan berinteraksi dengan dia.

Keterampilan mendengarkan
Departemen pendidik keterampilan mendengarkan menjadi empat bagian utama:
Pertama: keterampilan pemahaman dan akurasi, dan terdiri dari unsur-unsur berikut:
Kesediaan untuk mendengarkan untuk memahami.
2 Kapasitas untuk membatasi pikiran, dan fokus pada mendengarkan itu.
3 memahami ide umum yang terjadi di sekitar berbicara.
4 memahami dasar bagi ide-ide modern.
5 Penggunaan sinyal audio untuk memahami konteks.
6 ide parsial pemahaman setiap gagasan Ketua konstituen.
7 kemampuan untuk mengikuti instruksi verbal, dan memahami makna dari mereka.

Kedua: keterampilan pemahaman, dan terdiri dari unsur-unsur berikut:
1 Kapasitas untuk meringkas audio.
2 untuk membedakan antara fakta dan fiksi apa yang dikatakan.
3 kemampuan untuk mengenali hubungan antara ide-ide disajikan.
4 Inter-menanggung pada klasifikasi dari ide-ide yang telah jurubicara itu.

Ketiga: kemampuan memori, dan unsur-unsur adalah sebagai berikut:
1 Kapasitas untuk mengetahui audio baru.
Hubungkan 2 pengalaman baru AIDS sebelumnya.
3 memahami hubungan antara audio ide, dan pengalaman masa lalu.
4 Inter-menanggung untuk memilih ide-ide yang benar, untuk menjaga mereka dalam memori.

Keempat: Keterampilan rasa dan kritik, dan menghubungkannya dengan unsur-unsur berikut:
Seorang yang baik mendengarkan dan berinteraksi dengan pembicara.
2 Kapasitas pada partisipasi juru bicara emosional.
3 kemampuan untuk membedakan kekuatan dan kelemahan dari modern.
4 ketentuan untuk berbicara dalam terang pengalaman masa lalu, dan penerimaan atau penolakan.
5 memahami pentingnya ide-ide yang terkandung dalam modern, dan kesesuaian mereka untuk aplikasi.
6 kemampuan untuk memprediksi apa yang akan berakhir berbicara kepadanya.

Pengembangan keterampilan mendengarkan
Ini set proposal yang kami harap akan memberikan kontribusi pada pengembangan keterampilan ini penting, dengan kebutuhan yang akan menyadari bahwa proposal ini diimplementasikan dalam sejumlah pertimbangan termasuk:
Sebuah perilaku sasaran mutu yang akan dicapai, dan perumusan suatu Soga prosedural.
Untuk mempersiapkan lingkungan belajar yang baik.
Sebuah lingkungan yang sesuai untuk tingkat keterampilan siswa dan pengetahuan.
Yang paling penting dari proposal ini adalah sebagai berikut:

Pertama: bagaimana mengembangkan keterampilan untuk membedakan antara ide-ide utama dan ide-ide sekunder:
Guru memperkenalkan rekaman dialog, atau membaca bagian dari subjek, dan permintaan dari siswa:
Nama dialog orang.
laki-laki sebagian besar fakta-fakta yang mereka mendengarkannya.
Urutkan fakta-fakta seperti yang diberikan dalam dialog.
laki-laki emosi diangkat oleh dialog untuk memiliki, dan bagaimana Maisthm nya.
laki-laki kosakata yang menarik perhatian mereka.
laki-laki komposisi yang telah diambil.
Gaya modern pernyataan dan sarana yang digunakan oleh penulis dalam penyajian ide-idenya, panjang kalimat atau pendek, penggunaan penegasan similes gambar, atau metafora, gambar berbagai megah.
Pernyataan hubungan antara emosi dan cara dia menempatkan juru bicara tersebut.
2 Bagaimana mengembangkan kemampuan siswa untuk memahami makna dari kosa kata sulit, dan digunakan dalam komposisi yang berguna:
Tuliskan makna kata-kata sulit di papan tulis.
Siswa menggunakan konteks untuk memahami makna beberapa kata baru.
3 Bagaimana mengembangkan kemampuan untuk menindaklanjuti bicara, dan link unsur-unsur bersama-sama:
Baca teks beberapa paragraf saling terkait.
Siswa mendiskusikan ide-ide yang terkandung dalam subjek.
Menetapkan siswa mengembangkan judul untuk paragraf dari topik.
Siswa membahas hubungan antara presenter dan akhir.

Dasar-dasar pengajaran mendengarkan
Pertama: perhatian:
Presiden tuntutan untuk mendengar dan menafsirkan pesan, dan menentukan dampak dari perilaku.
Kedua: menyingkirkan dispersan emosional dan bawah sadar, sumber Kbad kebisingan, dan mendengarkan pembicara bukan pesan, pendengar efisien menghargai pentingnya mendengar aktif, dan dia tahu bahwa itu berkurang setiap kali pendengar yang menderita masalah fisik atau psikologis.
III: pengajaran yang efektif, yang meningkatkan kesadaran siswa dengan cara yang menarik perhatian, dan menghindari gangguan mental.
Keempat: pengambilan dari masa lalu pengalaman dampak terbesar dalam pemahaman tentang subjek dan interpretasinya.
V: Konfigurasi mendengarkan pelatihan ketrampilan penting untuk penemuan kontradiksi, dan metode iklan, dan tujuan pembicara.
VI: pelatihan yang baik untuk memahami makna kata-kata dari konteks, di mana seseorang tidak dapat menggunakan kamus selama sidang.
VII: yang merintangi mendengar bahwa pendengar tidak pernah berpikir juru bicara, yang mensyaratkan pendengar digunakan dalam penghapusan dispersan, dan layanan mendengarkan aktif.

Listen langkah-langkah belajar
Pengantar:
Penciptaan pikiran para siswa untuk mempelajari pendengaran, dan klarifikasi tentang pentingnya pelajaran, dan sifat bahan ilmiah untuk dipresentasikan kepada mereka, kemudian menetapkan keterampilan akan pelatihan, ide dasar abstraksi, dan untuk membedakan mereka dari ide-ide sekunder.

Lebar:
Pasal pengajuan dan sepadan dengan tujuan yang akan dicapai, Kalibtae atau mempercepat membaca, atau berhenti sedikit pada akhir paragraf, dan sebagainya.
Untuk menyediakan semua membantu mungkin untuk mencapai tujuan pelajaran, sebagai indikasi makna kata-kata baru, atau istilah asing, dan tinggal jauh dari tempat disorientasi.
Diskusi dengan para siswa mendengarkannya, dimediasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada pencapaian sasaran.
Kalender koleksi dengan mengajukan pertanyaan lebih dalam, memiliki link dalam perumusan tujuan perilaku, yang didirikan dalam penyusunan pelajaran. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk pertanyaan-pertanyaan ini akan termasuk semua sasaran, dan mampu mengukur dan menempatkan dia saja.

Pedoman umum dalam ajaran mendengarkan:
1 Guru harus selalu menjadi teladan kepada murid-murid-Nya, dan dalam pelajaran harus mendengarkan siswa untuk mengikuti contoh dari perhatian Bmwalimhm baik, mendengarkan, dan tidak mengganggu pembicara, atau pembaca sebelum akhirnya hanya untuk mengingatkan dia untuk kesalahan tidak bisa diam tentang hal itu.
2 Perencanaan untuk suatu pelajaran yang baik, dan kejelasan tujuan yang harus dicapai secara akurat.
3 menarik pemilihan teks sesuai dengan tingkat mahasiswa, dan pemilihan bahasa posisi yang ditunjuk untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
4 untuk menciptakan potensi untuk membantu mencapai tujuan, Kbad dari kebisingan, dan melempar yang baik, dan penggunaan alat bantu pengajaran yang sesuai.

Statistik mendengar:
Pertama: ditularkan melalui penelitian ilmiah bahwa orang rata-rata yang diperlukan untuk mendengarkan tiga kali jumlah waktu yang dihabiskan dalam membaca.

Kedua: Para peneliti melakukan studi dalam hubungan antara kemampuan bahasa, dan sejauh mana masing-masing, telah mengidentifikasi hasil sebagai berikut:
Satu mendengarkan satu hari oleh setara berukuran sedang dari sebuah buku.
2 berbicara tentang setara dengan sebuah buku setiap minggu.
3 membaca setara buku setiap bulan.
Tulis setara dengan empat buku setiap tahun.

Ketiga: Para peneliti disurvei kelompok guru tentang apa yang anak-anak belajar dengan mendengarkan, sehingga hasilnya adalah sebagai berikut:
1 bahwa anak-anak belajar tentang cara membaca sebesar 35% dari total waktu yang dialokasikan untuk belajar.
2 tingkat belajar melalui pidato dan percakapan 22% dari total waktu yang dialokasikan untuk belajar.
3 belajar dengan mendengarkan 25% dari total waktu yang dialokasikan untuk belajar.
4, dan mereka belajar dengan menulis 17% dari total waktu yang dialokasikan untuk belajar.
Akhirnya, setelah kami belajar apa keterampilan mendengarkan merupakan hal yang terpenting dalam meningkatkan tingkat prestasi akademik di kalangan mahasiswa, kami berharap guru kami untuk berinvestasi ini dengan keterampilan dan Iozvoha kembali manfaat siswa kami dan bunga, dan Tuhan memberkati.

Kami telah berhasil

Penyusunan supervisor dan pengembang pendidikan
: Ziad Dr Mohammed Massad

Tidak ada komentar: