PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN 
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING 
PADA MATERI TABUNG
Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas                          : VIII
Pertemuan ke             : III
| 
Nama Siswa | 
RPP 1 | |||||||
| 
Kategori Kegiatan | ||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
7 | 
Jmlh | |
| 
Azizah  | 
2 | 
2 | 
9 | 
1 | 
1 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Raudhah | 
2 | 
2 | 
7 | 
1 | 
3 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Nofril Nanda Riski | 
2 | 
0 | 
7 | 
3 | 
3 | 
0 | 
1 | 
16 | 
| 
Dina Rauzana | 
2 | 
2 | 
8 | 
1 | 
2 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Jothy Mia Risky | 
 2 | 
1 | 
7 | 
2 | 
2 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Munanjar | 
2 | 
   4 | 
6 | 
1 | 
2 | 
0 | 
1 | 
16 | 
| 
Jumlah | 
12 | 
11 | 
44 | 
9 | 
13 | 
4 | 
3 | 
96 | 
| 
Persentase (%) | 
12,5 | 
11,45 | 
45,83 | 
9,37 | 
13,54 | 
4,16 | 
3,12 |  | 
            Berdasarkan
tabel diatas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktifitas siswa untuk
masing-masing kategori pada rencana pembelajaran ketiga juga belum efektif,
dikarenakan ada kategori aktivitas siswa yang masih diluar waktu ideal,
aktivitas tersebut adalah:
1. 
Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
(aktivitas no.3)
      Tingginya
aktivitas siswa pada pertemuan ke III ini dalam menyelesaikan masalah karena
dalam peretemuan ini siswa diberikan tes akhir.
2.      
Membandingkan jawaban dalam diskusi
kelompok atau diskusi kelas (aktivitas no.4)
Banyaknya siswa yang tidak membandingkan jawaban dalam kelompok karena
mereka tidak mau hasil kerjanya diketahui oleh orang lain.
3.      
Menarik kesimpulan suatu konsep atau
prosedur (aktivitas no.6)
Siswa megerjakan soal tes.]
4.   Perilaku
yang tidak relevan dengan KBM (aktivitas no.7)
Perilaku yang tidak relevan ini terjadi karena banyak siswa yang tidak
bisa menyelesaikan soal bertanya pada siswa lain.
PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN 
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING 
PADA MATERI TABUNG
Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas                          : VIII
Pertemuan ke             : II
| 
Nama Siswa | 
RPP 1 | |||||||
| 
Kategori Kegiatan | ||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
7 | 
Jmlh | |
| 
Azizah  | 
2 | 
2 | 
5 | 
4 | 
1 | 
2 | 
0 | 
16 | 
| 
Raudhah | 
2 | 
3 | 
4 | 
3 | 
2 | 
2 | 
0 | 
16 | 
| 
Nofril Nanda Riski | 
2 | 
2 | 
3 | 
4 | 
3 | 
1 | 
1 | 
16 | 
| 
Dina Rauzana | 
2 | 
2 | 
4 | 
5 | 
2 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Jothy Mia Risky | 
 2 | 
2 | 
3 | 
6 | 
2 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Munanjar | 
3 | 
   2 | 
2 | 
4 | 
3 | 
2 | 
0 | 
16 | 
| 
Jumlah | 
13 | 
13 | 
21 | 
26 | 
13 | 
9 | 
1 | 
96 | 
| 
Persentase (%) | 
13,54 | 
13,54 | 
21,18 | 
26,04 | 
13,54 | 
9,37 | 
1,04 |  | 
            Berdasarkan tabel
diatas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktifitas siswa untuk
masing-masing kategori pada rencana pembelajaran kedua juga belum efektif,
dikarenakan masih ada aktivitas siswa yang masih diluar waktu ideal, aktivitas
tersebut adalah:
1. 
Menyelesaikan masalah atau menemukan cara penyelesaian masalah
(aktivitas no.3)
      Berdasarkan
pengamatan di lapangan, banyaknya siswa yang tidak bisa menyelesaikan soal yang
ada pada LKS maupun pada tes akhir disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa
pada materi sebelumnya, sehingga mereka kewalahan untuk menyelesaikan soal
berikutnya. Selain itu siswa juga sangat tergantung pada contoh soal yang telah
diberikan sebelumnya, sehingga bila ada soal yang sedikit melenceng dari contoh
soal (dibolak-balek), maka siswa tidak bisa menyelesaikan soal tersebut.
PERSENTASE AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN 
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING 
PADA MATERI TABUNG
Nama Sekolah            : MTs Darussyari’ah Banda Aceh
Kelas                          : VIII
Pertemuan ke             : I
| 
Nama Siswa | 
RPP 1 | |||||||
| 
Kategori Kegiatan | ||||||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
7 | 
Jmlh | |
| 
Azizah  | 
2 | 
2 | 
4 | 
2 | 
5 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Raudhah | 
1 | 
2 | 
4 | 
1 | 
6 | 
2 | 
0 | 
16 | 
| 
Nofril Nanda Riski | 
2 | 
2 | 
4 | 
2 | 
3 | 
1 | 
2 | 
16 | 
| 
Dina Rauzana | 
2 | 
3 | 
2 | 
1 | 
4 | 
0 | 
4 | 
16 | 
| 
Jothy Mia Risky | 
2 | 
3 | 
5 | 
2 | 
3 | 
1 | 
0 | 
16 | 
| 
Munanjar | 
6 | 
   2 | 
0 | 
1 | 
1 | 
0 | 
6 | 
16 | 
| 
Jumlah | 
15 | 
14 | 
19 | 
9 | 
22 | 
5 | 
12 | 
96 | 
| 
Persentase (%) | 
15,62 | 
14,58 | 
19,79 | 
9,37 | 
22,91 | 
5,20 | 
12,5 |  | 
            Data hasil
pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran tabung pada pertemuan pertama
belum efektif, dikarenakan ada beberapa aktivitas siswa yang masil diluar waktu
ideal, aktivitas tersebut adalah:
1. Membandingkan jawaban dalam
diskusi kelompok atau kelas (aktivitas no.4)
    Menurut
pengamatan, siswa dalam setiap kelompok tidak ingin hasil kerja kelompoknya
diketahui oleh kelompok lain, sehingga tidak terjadinya diskusi antar kelompok.
Tetapi ketika guru menyuruh perwakilan dari satu kelompok untuk maju kedepan,
disinilah siswa membandingkan jawaban kelompoknya.
2. Bertanya/menyampaikan pendapat/ide kepada guru
atau teman. (aktivitas no.5)
     ini
disebabkan kurangnya motivasi dari guru bahwa keberhasilan  kelompok lebih diutamakan. Dengan demikian
akan adanya diskusi antar anggota kelompok.
3. Perilaku yang tidak relevan dengan KBM (aktivitas
no.7)
     Berdasarkan
pengamatan dari pengamat, salah satu sebabnya karena matematika masuk pada jam
07.45 tetapi siswa baru datang semua pada jam 07.55, sehingga ada yang telat
untukbergabung dalam kelompok. Selain itu seharusnya guru telah membagi
kelompok sebelum pelajaran tersebut di mulai atau seharis sebelumnya sehingga
tidak membuang waktu.
Hasil Pengamatan Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran
            Hasil
pengamatan kemampuan guru selama pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:
| 
Aspek yang
  diamati | 
RPP 01 | 
RPP 02 | 
RPP 03 | 
Ratarata | 
| 
Kegiatan
  Pendahuluan |  |  |  |  | 
| 
1.   Kemampuan
  memotivasi siswa/mengkomunikasikan tujuan pembelajaran | 
4 | 
5 | 
4 | 
5 | 
| 
2.   Kemampuan menghubungkan pelajaran saat
  ini dengan pelajaran sebelumnya/membahas PR | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
3.  
  kemampuan
  mengimformasikan langkah-langkah pembelajaran. | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
Kegiatan
  Inti |  |  |  |  | 
| 
4.   kemampuan menjelaskan soal/masalah kontekstual | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
5.   Kemampuan mengarahkan siswa untuk
  menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan memberi bantuan terbatas. | 
3 | 
4 | 
4 | 
3,5 | 
| 
6.   Kemampuan mengamati cara siswa
  menyelesaikan soal/masalah | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
7.  
  Kemampuan mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja. | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
8.  
  Kemampuan mendorong siswa untuk membandingkan
  jawaban dengan temannya. | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
9.
  Kemampuan memimpin diskusi kelas/menguasai kelas | 
4 | 
4 | 
5 | 
5 | 
| 
10.  
  Kemampuan
  menghargai berbagai pendapat siswa. | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
11.  
  Kemampuan
  mengarahkan siswa menemukan sendiri dan menarik kesimpulan tentang
  konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika. | 
3 | 
4 | 
4 | 
3,5 | 
| 
12.   Kemampuan mendorong siswa untuk mau
  bertanya, mengeluarkan pendapat atau menjawab pertanyaan. | 
4 | 
4 | 
5 | 
5 | 
| 
13.   Kemampuan
  mengajukan dan menjawab pertanyaan. | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
Kegiatan
  Penutup |  |  |  |  | 
| 
14.   Kemampuan
  menegaskan hal-hal penting/intisari berkaitan dengan pembelajaran | 
4 | 
5 | 
4 | 
5 | 
| 
15.   Kemampuan menyampaikan judul sub
  materi berikutnya dan memberikan PR/menutup pelajaran. | 
4 | 
4 | 
4 | 
4 | 
| 
16.  
  Kemampuan
  mengelola waktu. | 
3 | 
4 | 
4 | 
3,5 | 
| 
17.  
  Antusias
  siswa | 
4 | 
4 | 
5 | 
5 | 
| 
18.   Antusias Guru | 
4 | 
4 | 
5 | 
5 | 
| 
Rata-rata | 
3,83 | 
4,11 | 
4,22 |  | 
Sumber: Hasil olah data
Berdasarkan
tabel di atas terlihat bahwa setiap aspek yang diamati dalam mengelola
pembelajaran dari tiga kali pertemuan yang diamati oleh pengamat termasuk dalam
kategori baik dan cukup Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran dengan model Quantum
Teaching adalah  efektif
HASIL PENGAMATAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA
PEMBELAJARAN DENGAN MODEL QUANTUM
TEACHING
Nama Sekolah            :
MTs Darussyari’ah
Mata Pelajaran          : Matematika             
Materi Pokok             :Luas Permukaan dan Volume Tabung        
Kelas                          :
II-2
Pertemuan                  :
I
| 
No | 
Aspek Yang Diamati | 
RPP I | 
|  | 
Pendahuluan |  | 
| 
1. | 
Kemampuan
  memotivasi siswa/ mengkomunikasikan tujuan pembelajaran. | 
4 | 
| 
2. | 
Kemampuan
  menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
   | 
4 | 
| 
3. | 
Kemampuan
  menginformasikan langkah-langkah pembelajaran | 
4 | 
|  | 
Kegiatan Inti |  | 
| 
4. | 
Kemampuan
  menjelaskan soal/masalah kontekstual  | 
5 | 
| 
5. | 
Kemampuan
  mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan
  memberikan bentuan terbatas | 
3 | 
| 
6. | 
Kemampuan
  mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah | 
4 | 
| 
7. | 
Kemampuan
  mengoptimalkan interaksi siswa dalam bekerja  | 
4 | 
| 
8. | 
 Kemampuan mendorong siswa untuk
  membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok) | 
4 | 
| 
9. | 
Kemampuan
  memimpin diskusi kelas/menguasai kelas  | 
4 | 
| 
10. | 
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa  | 
4 | 
| 
11. | 
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik
  kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika  | 
3 | 
| 
12. | 
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau
  menjawab pertanyaan | 
4 | 
| 
13. | 
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan      | 
4 | 
|  | 
Kegiatan Penutup |  | 
| 
14 | 
Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan
  pembelajaran.  | 
3 | 
| 
15 | 
Kemampuan
  menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup pelajaran    | 
3 | 
|  | 
Lain-lain |  | 
| 
16. | 
Kemampuan mengelola
  waktu | 
4 | 
| 
17. | 
Antusian siswa | 
4 | 
| 
18. | 
Antusias guru | 
4 | 
| 
Rata-rata | 
3,83 | |
HASIL PENGAMATAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA
PEMBELAJARAN DENGAN MODEL QUANTUM
TEACHING
Nama Sekolah            :
MTs Darussyari’ah
Mata Pelajaran          : Matematika             
Materi Pokok             :Unsur-unsur tabung dan luas
selimut tabung                      
Kelas                          :
II-2
| 
No | 
Aspek Yang Diamati | 
RPP I | 
|  | 
Pendahuluan |  | 
| 
1. | 
Kemampuan
  memotivasi siswa/ mengkomunikasikan tujuan pembelajaran. | 
5 | 
| 
2. | 
Kemampuan
  menghubungkan pelajaran saat itu dengan pelajaran sebelumnya atau membahas PR
   | 
4 | 
| 
3. | 
Kemampuan
  menginformasikan langkah-langkah pembelajaran | 
4 | 
|  | 
Kegiatan Inti |  | 
| 
4. | 
Kemampuan
  menjelaskan soal/masalah kontekstual  | 
4 | 
| 
5. | 
Kemampuan
  mengarahkan siswa untuk menemukan jawaban dan cara menjawab soal, dengan
  memberikan bentuan terbatas | 
5 | 
| 
6. | 
Kemampuan
  mengamati cara siswa menyelesaikan soal/masalah | 
4 | 
| 
7. | 
Kemampuan mengoptimalkan
  interaksi siswa dalam bekerja  | 
4 | 
| 
8. | 
 Kemampuan mendorong siswa untuk
  membandingkan jawaban dengan jawaban temannya (dengan teman kelompok) | 
3 | 
| 
9. | 
Kemampuan
  memimpin diskusi kelas/menguasai kelas  | 
4 | 
| 
10. | 
Kemampuan menghargai berbagai pendapat siswa  | 
4 | 
| 
11. | 
Kemampuan mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri dan menarik
  kesimpulan tentang konsep/prinsip/definisi/teorema/rumus/prosedur matematika  | 
5 | 
| 
12. | 
Kemampuan mendorong siswa untuk mau bertanya mengeluarkan pendapat atau
  menjawab pertanyaan | 
3 | 
| 
13. | 
Kemampuan mengajukan dan menjawab pertanyaan      | 
4 | 
|  | 
Kegiatan Penutup |  | 
| 
14 | 
Kemampuan menegaskan hal-hal penting intisari berkaitan dengan
  pembelajaran.  | 
5 | 
| 
15 | 
Kemampuan
  menyampaikan judul sub materi berikutnya/memberikan PR kepada siswa/menutup
  pelajaran    | 
5 | 
|  | 
Lain-lain |  | 
| 
16. | 
Kemampuan mengelola
  waktu | 
3 | 
| 
17. | 
Antusian siswa | 
4 | 
| 
18. | 
Antusias guru | 
4 | 
| 
Rata-rata | 
4,11 | |
Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran
            Data
hasil pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran selama tiga kali tatap muka
dinyatakan dengan persentase. Pengamatan dilakukan oleh dua orang pengamat
sejak dimulai hingga berakhir kegiatan pembelajaran. Pengamat mencatat
aktivitas dominan siswa setiap 5 menit. Data tersebut secara singkat dalam
tabel berikut ini.
| 
No | 
Kategori pengamatan | 
Persentase Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran (%) | 
Persenta 
se rata-rata (%) | 
Waktu Ideal | 
Toleransi 5% | ||
| 
RPP I | 
RPP II | 
RPP III | |||||
| 
1 | 
Mendengarkan/memperhatikan
  penjelasan guru/teman | 
15,62 | 
13,54 | 
12,5 | 
13,88 | 
13% | 
7%  P  18% | 
| 
2 | 
Membaca/memahami masalah
  kontekstual di LKS | 
14,58 | 
13,54 | 
11,45 | 
13,19 | 
10% | 
5  P  15% | 
| 
3 | 
Menyelesaikan masalah atau
  menemukan cara penyelesaian masalah | 
19,79 | 
21,18 | 
45,83 | 
28,93 | 
27% | 
22%  P  32% | 
| 
4 | 
Membandingkan jawaban dalam
  diskusi kelompok atau diskusi kelas | 
9,37 | 
26,04 | 
9,37 | 
14,92 | 
30% | 
25%  P  35% | 
| 
5 | 
Bertanya/menyampaikan
  pendapat/ide kepada guru atau teman | 
22,91 | 
13,54 | 
13,54 | 
16,63 | 
10% | 
5%  P  15% | 
| 
6 | 
Menarik kesimpulan suatu
  konsep atau prosedur | 
5,20 | 
9,37 | 
4,16 | 
6,24 | 
10% | 
5%  P  15% | 
| 
7 | 
Perilaku yang tidak relevan
  dengan KBM | 
12,5 | 
1,04 | 
3,12 | 
5,55 | 
0% | 
0%  P  5% | 
Berdasarkan tabel di atas dan mengacu pada kriteria waktu ideal aktivitas
siswa dalam pembelajaran  maka dapat
disimpulkan bahwa aktivitas siswa untuk masing-masing kategori pada setiap RPP
adalah tidak efektif.
Revisi Rencana Pembelajaran  I
| 
Aktifitas Guru | 
Aktivitas Siswa | 
Waktu (menit) | 
Ket | 
| 
Pendahuluan |  | 
5 |  | 
| 
·        
  Guru membuka pelajaran dan meminta siswa untuk menyiapkan buku dan
  alat tulis. 
·        
  Guru memotivasi dan menggali  
Pemahamana awal siswa dengan cara: 
a.       Tanya jawab guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
  Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya tabung dengan cara menunjukkan
  pulpen/spidol (media tabung) 
b.       Mengajukan pertanyaan tentang
  bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan siswa
  khususnya bangun ruang yang berbentuk tabung. | 
·        
  Siswa mendengarkan guru dan diikuti sambil membuka buku dan
  menyiapkan alat tulis 
a.Siswa mendengar dan memahami
  tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan cara menjawab pertanyaan dari
  guru 
 b.Siswa menyebutkan
  benda-benda yang berbentuk tabung yang ada disekitar lingkungan siswa.  |  | 
Fase I:  
Tumbuhkan | 
| 
Kegiatan Inti |  | 
65 |  | 
| 
·      Guru meminta siswa untuk bergabung dalam kelompok
  yang telah dibagikan guru sehari sebelumnya dan
  guru mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari
  masalah tersebut 
. 
·       
  Guru meminta siswa untuk mengamati alat peraga yang disajikan, dan
  meminta siswa untuk mengiris tabung yang terbuat dari karton berdasarkan
  rusuk-rusuk tertentu sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari
  sisi lain. | 
·       
  Siswa menuju kelompok masing-masing dan mulai memperhatikan LKS yang
  telah diberikan guru. 
·       
  Siswa mengerjakan sesuai petunjuk. | 
15 | 
Fase II:  Alami | 
| 
·       
  Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
  bila siswa mengalami kesulitan. 
·        
  Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan idenya dalam
  menyebutkan unsur-unsur tabung, dan luas selimut tabung dengan berdiskusi
  kelompok | 
·          
  Siswa membahas materi  yang sedang
  dipelajari bersama-sama dalam kelompok. 
·          
  Siswa berdiskusi dalam kelompok | 
24 | 
Fase III : Namai | 
| 
·         
  Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya 
·         
  Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk memperesentasikan
  hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi tanggapan dan koreksi
  terhadap hasil kerja kelompok tersebut. | 
·         
  Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya. 
·         
  Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
  sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
  sesuai. | 
6 | 
Fase IV : Demonstrasikan. | 
| 
·        
  Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa
  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama. 
·        
  Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
  hasil yang diperoleh siswa 
·        
  Guru meminta siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
  secara benar,  sederhana dan sistematis
   
·           
  Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
  dipelajari sebanyak dua soal. | 
·        
  Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
  belum bisa dipecahkan. 
·       
  Siswa mencatat beberapa  hal
  penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama 
·        
  Siswa merangkum materi 
·        
  Siwa mengerjakan soal secara individual. | 
25 | 
Fase V : Ulangi | 
| 
·        
  Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
  siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi
  motivasi bagi siswa yang belum berhasil. | 
·        
  Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil | 
2 | 
Fase VI : Rayakan | 
| 
Penutup |  | 
2 |  | 
| 
·        
  Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
  persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya 
·        
  Guru meminta siswa agar mengatur meja kelompok sebelum masuk ruang
  pada pertemuan selanjutnya. |  |  |  | 
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lampiran 7
Rencana
Pembelajaran  I
| 
Aktifitas Guru | 
Aktivitas Siswa | 
Waktu (menit) | 
Ket | 
| 
Pendahuluan |  | 
5 |  | 
| 
·        
  Guru membuka pelajaran dan meminta siswa untuk menyiapkan buku dan
  alat tulis. 
·        
  Guru memotivasi dan menggali  
Pemahamana awal siswa dengan cara: 
a.       Menyampaikan tujuan
  pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung khususnya tabung dengan cara
  menunjukkan pulpen/spidol (media tabung) 
b.       Mengajukan pertanyaan tentang
  bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan atau yang sudah akrab dengan
  siswa. | 
·        
  Siswa mendengarkan guru dan diikuti sambil membuka buku serta
  menyiapkan alat tulis 
·        
  Siswa mendengar dan memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
  dan kegunaan materi yang akan dipelajari 
·        
  Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dengan menyebutkan
  benda-benda yang berbentuk tabung. |  | 
Fase I:  
Tumbuhkan | 
| 
Kegiatan Inti |  | 
65 |  | 
| 
·        
  Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok belajar dan guru mengajukan
  masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut 
. 
·        
  Guru meminta siswa untuk mengamati alat peraga yang disajikan, dan
  meminta siswa untuk mengiris tabung yang terbuat dari karton berdasarkan
  rusuk-rusuk tertentu sehingga tidak ada salah satu sisipun yang terpisah dari
  sisi lain. | 
·        
  Siswa menuju kelompok masing-masing dan mulai memperhatikan LKS yang
  telah diberikan guru. 
·        
  Siswa mengerjakan sesuai petunjuk. | 
15 | 
Fase II:  Alami | 
| 
·       
  Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
  bila siswa mengalami kesulitan. 
·        
  Guru meminta setiap kelompok untuk mengemukakan idenya dalam
  menyebutkan unsur-unsur tabung, dan luas selimut tabung. | 
·          
  Siswa membahas materi  yang sedang
  dipelajari bersama-sama dalam kelompok. 
·          
  Siswa berdiskusi dalam mengemukakan ide dalam suatu kelompok | 
24 | 
Fase III : Namai | 
| 
·        
  Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya 
·       
  Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat
  memperesentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi
  tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut. | 
·        
  Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya. 
·        
  Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
  sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
  sesuai. | 
6 | 
Fase IV : Demonstrasikan. | 
| 
·        
  Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa
  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama. 
·        
  Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
  hasil yang diperoleh siswa 
·        
  Guru meminta siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
  secara benar,  sederhana dan sistematis
   
·           
  Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
  dipelajari sebanyak dua soal. | 
·        
  Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
  belum bisa dipecahkan. 
·       
  Siswa mencatat beberapa  hal
  penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama 
·        
  Siswa merangkum materi 
·        
  Siwa mengerjakan soal secara individual. | 
25 | 
Fase V : Ulangi | 
| 
·        
  Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
  siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi
  motivasi bagi siswa yang belum berhasil. | 
·        
  Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil | 
2 | 
Fase VI : Rayakan | 
| 
Penutup |  | 
2 |  | 
| 
·        
  Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
  persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya 
·        
  Guru meminta siswa agar mengatur meja kelompok sebelum masuk ruang
  pada pertemuan selanjutnya. |  |  |  | 
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika
Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lampiran 13
Rencana Pembelajaran
III
| 
Aktifitas Guru | 
Aktivitas Siswa | 
Waktu (menit) | 
Ket | 
| 
Pendahuluan |  | 
8 |  | 
| 
·        
  Guru membuka pelajaran dengan meminta seorang siswa untuk mengerjakan
  satu soal didepan sehingga akan membuat siswa mengingat materi yang lalu dan
  memudahkannya dalam materi selanjutnya yaitu menggunakan rumus luas selimut,
  permukaan, dan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari. . | 
·        
  Siswa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru. 
·        
  Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan. 
·        
  Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya
  jawab. |  | 
Fase I:  
Tumbuhkan | 
| 
Kegiatan Inti |  | 
22 |  | 
| 
·        
  Guru mengarahkan siswa untuk dapat menggunakan rumus-rumus tabung
  yang telah dipelajari sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari 
·        
  Guru memberikan contoh soal dalam menerapkan rumus-rumus tabung
  tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 
·        
  Guru memberikan beberapa soal penerapan dalam kehidupan sehari-hari. | 
·        
  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru. 
·        
  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru. 
·        
  Siswa mulai mengerjakan soal secara individu. |  | 
Fase II: 
  Alami | 
| 
·       
  Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan soal | 
·          
  Siswa bertanya jika ada yang belum dipahami |  | 
Fase III : Namai | 
| 
·        
  Guru meminta pada siswa untuk menyiapkan hasil kerjanya. 
·        
  Guru meminta siswa untuk mengerjakan di depan. Guru memberikan contoh
  soal mengenai luas permukaan dan volume tabung. | 
·        
  Setiap siswa menyiapkan hasil kerjanya. 
·        
  Siswa yang lain mengoreksi bila ada yang salah. 
. |  | 
Fase IV : Demonstrasikan. | 
| 
·        
  Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
  siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi
  motivasi bagi siswa yang belum berhasil. | 
·        
  Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil |  | 
Fase VI : Rayakan | 
| 
Penutup |  | 
50 |  | 
| 
·        
  Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai materi tabung sebanyak
  lima soal | 
·        
  Siswa mulai mengerjakan soal yang diberikan guru secara individu.. |  |  | 
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Revisi Rencana Pembelajaran II
| 
Aktifitas Guru | 
Aktivitas Siswa | 
Waktu (menit) | 
Ket | 
| 
Pendahuluan |  | 
10 |  | 
| 
·        
  Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari
  dengan meminta seorang siswa untuk menyebutkan unsur-unsur yang menyusun
  tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung  
·        
  Guru kembali menjelaskan
  bagaimana menyelesaikan soal jika yang diketahui jari-jari atau diameter
  lingkaran dan memberi
  kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi sebelumnya, sehingga akan
  membantu siswa dalam pembelajaran selanjutnya. 
·        
  Guru menjelaskan pentingnya mengetahui luas permukaan dan volume
  tabung dalam kehidupan sehari-hari | 
·        
  Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dan menggambar kembali
  jaring-jaring tabung. 
·        
  Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan. 
·        
  Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya
  jawab. |  | 
Fase I:  
Tumbuhkan | 
| 
Kegiatan Inti |  | 
65 |  | 
| 
·        
  Guru meminta siswa untuk
  bergabung dalam kelompok. 
·        
  Guru mengarahkan siswa untuk menemukan luas permukaan dan volume
  tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa
  mempelajari masalah tersebut. 
·        
  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang
  kurang jelas. | 
·        
  Siswa menuju kelompok masing-masing. 
·        
  Siswa mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru 
·        
  Siswa mulai mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan bertanya jika ada
  yang kurang jelas. | 
5 | 
Fase II: 
  Alami | 
| 
·       
  Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
  bila siswa mengalami kesulitan dan memberi sedikit waktu khusus untuk bimbingan
  kepada siswa yang belum tuntas pada pertemuan sebelumnya. 
·       
  Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali
  informasi baru sehingga dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume
  tabung. | 
·          
  Siswa membahas LKS bersama-sama dalam kelompok. 
·           
  Setiap siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing | 
23 | 
Fase III : Namai | 
| 
·        
  Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya 
] 
·        
  Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat
  mempresentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi
  tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut. 
·        
  Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume
  tabung. | 
·        
  Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya. 
·        
  Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
  sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
  sesuai. 
·        
  Siswa mengerjakan soal bersama-sama dalam kelompok. | 
15 | 
Fase IV : Demonstrasikan. | 
| 
·     
  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk
  bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan. 
·     Guru
  meminta siswa untuk mencatat beberapa hal penting dan semua hasil yang telah
  disepakati bersama dan memberi sedikit waktu
  khusus untuk bimbingan kepada siswa yang belum tuntas pada pertemuan
  sebelumnya. 
·        
  Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
  hasil yang diperoleh siswa dan membimbing siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
  secara benar,  sederhana dan sistematis
   
·        
  Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
  dipelajari sebanyak dua soal. | 
·        
  Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
  belum bisa dipecahkan. 
·       
  Siswa mencatat beberapa  hal
  penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama 
·        
  Siswa merangkum materi 
·        
  Siswa mengerjakan soal secara individual. | 
25 | 
Fase V : Ulangi | 
| 
·        
  Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi siswa
  yang dapat menyelesaikan soal-soal dengan baik dan memberi motivasi bagi
  siswa yang belum berhasil. | 
·        
  Siswa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil | 
2 | 
Fase VI : Rayakan | 
| 
Penutup |  | 
5 |  | 
| 
·        
  Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
  persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya 
·        
  Guru memberikan soal-soal latihan rumah  | 
·        
  Siswa mencatat soal-soal latihan rumah. |  |  | 
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Lampiran 10
Rencana
Pembelajaran II
| 
Aktifitas Guru | 
Aktivitas Siswa | 
Waktu (menit) | 
Ket | 
| 
Pendahuluan |  | 
10 |  | 
| 
·        
  Guru mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari
  dengan meminta seorang siswa untuk menyebutkan unsur-unsur yang menyusun
  tabung dan menggambar kembali jaring-jaring tabung. 
·        
  Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi
  sebelumnya, sehingga akan membantu siswa dalam pembelajaran selanjutnya. 
·        
  Guru menjelaskan pentingnya mengetahui luas permukaan dan volume
  tabung dalam kehidupan sehari-hari | 
·        
  Siswa mencoba menjawab pertanyaan dari guru dan menggambar kembali
  jaring-jaring tabung. 
·        
  Siswa bertanya jika ada yang mengalami kesulitan. 
·        
  Siswa mendengar penjelasan dari guru dan melibatkan diri dalam tanya
  jawab. |  | 
Fase I:  
Tumbuhkan | 
| 
Kegiatan Inti |  | 
65 |  | 
| 
·        
  Guru mengarahkan siswa untuk menemukan luas permukaan dan volume
  tabung dengan mengajukan masalah yang ada pada LKS dan meminta siswa
  mempelajari masalah tersebut. 
·        
  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang
  kurang jelas. | 
·        
  Siswa mulai memperhatikan LKS yang telah diberikan guru 
·        
  Siswa mulai mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan bertanya jika ada
  yang kurang jelas. | 
5 | 
Fase II: 
  Alami | 
| 
·       
  Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang ada pada LKS
  bila siswa mengalami kesulitan. 
·       
  Meminta masing-masing kelompok bekerja sesuai dengan LKS dan menggali
  informasi baru sehingga dapat menemukan rumus luas permukaan dan volume
  tabung. | 
·          
  Siswa membahas LKS bersama-sama dalam kelompok. 
·           
  Setiap siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing | 
23 | 
Fase III : Namai | 
| 
·        
  Guru meminta setiap kelompok untuk menyiapkan hasil kerja kelompoknya 
·        
  Guru meminta perwakilan dari satu kelompok untuk dapat
  mempresentasikan hasil kerjanya. Dan meminta kelompok lain untuk memberi
  tanggapan dan koreksi terhadap hasil kerja kelompok tersebut. 
·        
  Guru memberikan contoh soal mengenai luas permukaan dan volume
  tabung. | 
·        
  Setiap kelompok menyiapkan hasil kerjanya. 
·        
  Salah satu kelompok mencoba mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
  sedangkan kelompok lain memberi tanggapan dan mengoreksi bila ada yang tidak
  sesuai. 
·        
  Siswa mengerjakan soal bersama-sama dalam kelompok. | 
15 | 
Fase IV : Demonstrasikan. | 
| 
·        
  Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk
  bertanya mengenai materi yang sudah dijelaskan. 
·        
  Guru meminta siswa untuk mencatat beberapa
  hal penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama. 
·        
  Guru membantu siswa untuk mengkaji ulang
  hasil yang diperoleh siswa dan membimbing siswa untuk merangkum materi agar disimpulkan kembali
  secara benar,  sederhana dan sistematis
   
·        
  Guru memberikan Postest kepada siswa mengenai pelajaran yang baru
  dipelajari sebanyak dua soal. | 
·        
  Siswa bertanya kepada guru bila ada permasalahan yang meragukan/
  belum bisa dipecahkan. 
·       
  Siswa mencatat beberapa  hal
  penting dan semua hasil yang telah disepakati bersama 
·        
  Siswa merangkum materi 
·        
  Siswa mengerjakan soal secara individual. | 
25 | 
Fase V : Ulangi | 
| 
·        
  Guru memberikan pujian bagi siswa/kelompok yang aktif dan bagi
  siswa-siswa yang dapat menyelesaikan soal-soal denganbaik dan memberi motivasi
  bagi siswa yang belum berhasil. | 
·        
  Siwa menerima hadiah sebagai tanda pujian bagi yang telah berhasil | 
2 | 
Fase VI : Rayakan | 
| 
Penutup |  | 
5 |  | 
| 
·        
  Guru menganjurkan siswa untuk melanjutkan belajar di rumah sebagai
  persiapan untuk mempelajari materi selanjutnya 
·        
  Guru memberikan soal-soal latihan rumah  | 
·        
  Siswa mencatat soal-soal latihan rumah. |  |  | 
Referensi
Sukino, Wilson Simangunsong, Matematika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2005.
Tabel 
Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan III
| 
No | 
Nama
  Siswa | 
Nilai | 
Ketuntasan
  Belajar | 
| 
1 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
36 
37 | 
Siswa 1 
Siswa 2 
Siswa 3 
Siswa 4 
Siswa 5 
Siswa 6 
Siswa 7 
Siswa 8 
Siswa 9 
Siswa 10 
Siswa 11 
Siswa 12 
Siswa 13 
Siswa 14 
Siswa 15 
Siswa 16 
Siswa 17 
Siswa 18 
Siswa 19 
Siswa 20 
Siswa 21 
Siswa 2 
Siswa 23 
Siswa 24 
Siswa 25 
Siswa 26 
Siswa 27 
Siswa 28 
Siswa 29 
Siswa 30 
Siswa 31 
Siswa 32 
Siswa 33 
Siswa 34 
Siswa 35 
Siswa 36 
Siswa 37 | 
50 
100 
80 
60 
85 
70 
100 
50 
100 
85 
90 
75 
100 
90 
85 
90 
90 
75 
90 
85 
30 
100 
75 
95 
45 
90 
75 
75 
60 
25 
50 
50 
75 
90 
30 
75 
85 | 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tuntas  
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas | 
Tabel 
Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan II
| 
No | 
Nama
  Siswa | 
Nilai | 
Ketuntasan
  Belajar | 
| 
1 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
36 
37 | 
Siswa 1 
Siswa 2 
Siswa 3 
Siswa 4 
Siswa 5 
Siswa 6 
Siswa 7 
Siswa 8 
Siswa 9 
Siswa 10 
Siswa 11 
Siswa 12 
Siswa 13 
Siswa 14 
Siswa 15 
Siswa 16 
Siswa 17 
Siswa 18 
Siswa 19 
Siswa 20 
Siswa 21 
Siswa 2 
Siswa 23 
Siswa 24 
Siswa 25 
Siswa 26 
Siswa 27 
Siswa 28 
Siswa 29 
Siswa 30 
Siswa 31 
Siswa 32 
Siswa 33 
Siswa 34 
Siswa 35 
Siswa 36 
Siswa 37 | 
60 
100 
75 
60 
90 
70 
100 
60 
100 
85 
100 
75 
100 
90 
100 
90 
90 
100 
90 
90 
40 
100 
75 
95 
40 
90 
75 
100 
60 
25 
40 
60 
85 
90 
40 
70 
100 | 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tuntas  
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas | 
Tabel 
Nilai Hasil Belajar Siswa pertemuan I
| 
No | 
Nama
  Siswa | 
Nilai | 
Ketuntasan
  Belajar | 
| 
1 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
36 
37 | 
Siswa 1 
Siswa 2 
Siswa 3 
Siswa 4 
Siswa 5 
Siswa 6 
Siswa 7 
Siswa 8 
Siswa 9 
Siswa 10 
Siswa 11 
Siswa 12 
Siswa 13 
Siswa 14 
Siswa 15 
Siswa 16 
Siswa 17 
Siswa 18 
Siswa 19 
Siswa 20 
Siswa 21 
Siswa 2 
Siswa 23 
Siswa 24 
Siswa 25 
Siswa 26 
Siswa 27 
Siswa 28 
Siswa 29 
Siswa 30 
Siswa 31 
Siswa 32 
Siswa 33 
Siswa 34 
Siswa 35 
Siswa 36 
Siswa 37 | 
40 
100 
75 
70 
90 
100 
100 
40 
100 
100 
100 
75 
100 
100 
100 
90 
90 
100 
90 
90 
40 
100 
75 
90 
40 
90 
75 
100 
40 
25 
40 
100 
100 
90 
100 
90 
90 | 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tuntas  
Tuntas 
Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tidak Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas 
Tuntas | 
            Berdasarkan
data diatas didapat 7 orang siswa belum tuntas, jadi ketuntasan klasikal belum
tuntas juga. Karena ketuntasan klasikal akan tercapai berdasarkan KKM di
sekolah yaitu  85%, sedangkan di
kelas tersebut ketuntasan klasikal baru mencapai 81,08%
 85%, sedangkan di
kelas tersebut ketuntasan klasikal baru mencapai 81,08%
 85%, sedangkan di
kelas tersebut ketuntasan klasikal baru mencapai 81,08%
 85%, sedangkan di
kelas tersebut ketuntasan klasikal baru mencapai 81,08%
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah    : MTs
Darussyari’ah                     
Mata Pelajaran  : Matematika         
Materi Pokok     :Luas permukaan tabung dan volume tabung                              
Kelas                  : II-2            
Pertemuan          : II
| 
No | 
Aspek Yang Direspon | 
Respon Siswa | 
Persentase | ||
|  |  | 
Senang | 
Tidak | 
Senang | 
Tidak | 
| 
1 | 
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
  ini? 
a.       LKS  
b.      Materi Pelajaran  
c.       Tes Hasil Belajar  
d.      Suasana Pembelajaran di
  kelas  
e.       Cara guru mengajar  | 
34 
33 
26 
32 
35 | 
3 
4 
11 
5 
2 | 
91,89 
89,19 
70,27 
86,49 
94,59 | 
8,11 
10,81 
29,73 
13,51 
5,41 | 
|  |  | 
Baru | 
Tidak | 
Baru | 
Tidak | 
| 
2 | 
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?  
a.       Materi Pelajaran  
b.      LKS  
c.       Tes hasil belajar  
d.      Suasana Pembelajaran  
e.       Cara guru mengajar  | 
27 
32 
33 
30 
30 | 
10 
5 
4 
7 
7 | 
72,97 
86,49 
89,19 
81,08 
81,08 | 
27,03 
13,51 
10,81 
18,92 
18,92 | 
|  |  | 
Berminat | 
Tidak | 
Berminat | 
Tidak | 
| 
3 | 
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
  seperti yang baru saja kamu ikut?  | 
34 | 
3 | 
91,89 | 
8,11 | 
|  |  | 
Jelas | 
Tidak | 
Jelas | 
Tidak | 
| 
4 | 
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
  dalam:  
a.        
  Lembar Kegiatan Siswa (LKS)   
b.       
  Tes Hasil Belajar  | 
31 
30 | 
6 
7 | 
83,78 
81,08 | 
16,22 
18,92 | 
|  |  | 
Tertarik | 
Tidak | 
Tertarik | 
Tidak | 
| 
5 | 
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
  ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:  
a.        
  LKS  
b.       
  Tes hasil belajar  | 
34 
33 | 
3 
4 | 
91,89 
89,19 | 
8,11 
10,81 | 
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah    : MTs
Darussyari’ah                     
Mata Pelajaran  : Matematika         
Materi Pokok     :menghitung unsur-unsur tabung jika volume
diketahui              
Kelas                  : II-2            
Pertemuan          : III
| 
No | 
Aspek Yang Direspon | 
Respon Siswa | 
Persentase | ||
|  |  | 
Senang | 
Tidak | 
Senang | 
Tidak | 
| 
1 | 
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
  ini? 
a.       LKS  
b.      Materi Pelajaran  
c.       Tes Hasil Belajar  
d.      Suasana Pembelajaran di
  kelas  
e.       Cara guru mengajar  | 
35 
34 
28 
32 
35 | 
2 
3 
9 
5 
2 | 
94,59 
   91,89 
75,67 
86,49 
94,59 | 
5,41 
8,11 
24,32 
13,51 
5,41 | 
|  |  | 
Baru | 
Tidak | 
Baru | 
Tidak | 
| 
2 | 
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?  
a.       Materi Pelajaran  
b.      LKS  
c.       Tes hasil belajar  
d.      Suasana Pembelajaran  
e.       Cara guru mengajar  | 
27 
33 
32 
32 
33 | 
10 
4 
5 
5 
4 | 
72,97 
89,19 
86,49 
86,49 
89,19 | 
27,03 
10,81 
13,51 
13,51 
10,81 | 
|  |  | 
Berminat | 
Tidak | 
Berminat | 
Tidak | 
| 
3 | 
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
  seperti yang baru saja kamu ikut?  | 
35 | 
2 | 
94,59 | 
5,41 | 
|  |  | 
Jelas | 
Tidak | 
Jelas | 
Tidak | 
| 
4 | 
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
  dalam:  
a.        
  Lembar Kegiatan Siswa (LKS)   
b.       
  Tes Hasil Belajar  | 
31 
32 | 
6 
5 | 
83,78 
86,49 | 
16,22 
13,51 | 
|  |  | 
Tertarik | 
Tidak | 
Tertarik | 
Tidak | 
| 
5 | 
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
  ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:  
a.        
  LKS  
b.       
  Tes hasil belajar  | 
33 
31 | 
4 
6 | 
89,19 
83,78 | 
10,81 
16,22 | 
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah    : MTs
Darussyari’ah                     
Mata Pelajaran  : Matematika         
Materi Pokok     :Unsur-unsur tabung dan luas selimut tabung                              
Kelas                  : II-2            
Pertemuan          : I
| 
No | 
Aspek Yang Direspon | 
Respon Siswa | 
Persentase | ||
|  |  | 
Senang | 
Tidak | 
Senang | 
Tidak | 
| 
1 | 
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
  ini? 
a.       LKS  
b.      Materi Pelajaran  
c.       Tes Hasil Belajar  
d.      Suasana Pembelajaran di
  kelas  
e.       Cara guru mengajar  | 
33 
37 
30 
31 
36 | 
4 
0 
7 
6 
1 | 
89,19 
100 
81,08 
83,78 
97,29 | 
10,81 
0 
18,29 
16,22 
2,70 | 
|  |  | 
Baru | 
Tidak | 
Baru | 
Tidak | 
| 
2 | 
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?  
a.       Materi Pelajaran  
b.      LKS  
c.       Tes hasil belajar  
d.      Suasana Pembelajaran  
e.       Cara guru mengajar  | 
27 
33 
34 
19 
26 | 
10 
4 
3 
18 
11 | 
72,97 
89,19 
91,89 
51,35 
70,27 | 
27,03 
10,81 
8,11 
48,65 
29,73 | 
|  |  | 
Berminat | 
Tidak | 
Berminat | 
Tidak | 
| 
3 | 
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
  seperti yang baru saja kamu ikut?  | 
35 | 
2 | 
94,59 | 
5,41 | 
|  |  | 
Jelas | 
Tidak | 
Jelas | 
Tidak | 
| 
4 | 
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
  dalam:  
a.        
  Lembar Kegiatan Siswa (LKS)   
b.       
  Tes Hasil Belajar  | 
30 
32 | 
7 
5 | 
81,08 
86,49 | 
18,29 
13,51 | 
|  |  | 
Tertarik | 
Tidak | 
Tertarik | 
Tidak | 
| 
5 | 
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
  ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:  
a.        
  LKS  
b.       
  Tes hasil belajar  | 
33 
34 | 
4 
3 | 
89,19 
91,89 | 
10,81 
8,11 | 
            Dari angket respon siswa
yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran I untuk materi tabung
dengan model pembelajaran Quantum
Teaching maka respon siswa belum dapat dikatakan positif karena ada salah
satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon
kurang baik dari siswa.
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah    : MTs
Darussyari’ah                     
Mata Pelajaran  : Matematika         
Materi Pokok     :Luas permukaan tabung dan volume tabung                              
Kelas                  : II-2            
Pertemuan          : II
| 
No | 
Aspek Yang Direspon | 
Respon Siswa | 
Persentase | ||
|  |  | 
Senang | 
Tidak | 
Senang | 
Tidak | 
| 
1 | 
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
  ini? 
f.       
  LKS  
g.       Materi Pelajaran  
h.       Tes Hasil Belajar  
i.        
  Suasana Pembelajaran di kelas  
j.       
  Cara guru mengajar  | 
34 
33 
26 
32 
35 | 
3 
4 
11 
5 
2 | 
91,89 
89,19 
70,27 
86,49 
94,59 | 
8,11 
10,81 
29,73 
13,51 
5,41 | 
|  |  | 
Baru | 
Tidak | 
Baru | 
Tidak | 
| 
2 | 
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?  
f.       
  Materi Pelajaran  
g.       LKS  
h.       Tes hasil belajar  
i.        
  Suasana Pembelajaran  
j.       
  Cara guru mengajar  | 
27 
32 
33 
30 
30 | 
10 
5 
4 
7 
7 | 
72,97 
86,49 
89,19 
81,08 
81,08 | 
27,03 
13,51 
10,81 
18,92 
18,92 | 
|  |  | 
Berminat | 
Tidak | 
Berminat | 
Tidak | 
| 
3 | 
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
  seperti yang baru saja kamu ikut?  | 
34 | 
3 | 
91,89 | 
8,11 | 
|  |  | 
Jelas | 
Tidak | 
Jelas | 
Tidak | 
| 
4 | 
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
  dalam:  
c.        
  Lembar Kegiatan Siswa (LKS)   
d.       
  Tes Hasil Belajar  | 
31 
30 | 
6 
7 | 
83,78 
81,08 | 
16,22 
18,92 | 
|  |  | 
Tertarik | 
Tidak | 
Tertarik | 
Tidak | 
| 
5 | 
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan,
  ilustrasi/gambar dan letak gambar), yang terdapat dalam:  
c.        
  LKS  
d.       
  Tes hasil belajar  | 
34 
33 | 
3 
4 | 
91,89 
89,19 | 
8,11 
10,81 | 
            Dari angket respon siswa
yang diisi oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran II untuk materi tabung
dengan model pembelajaran Quantum
Teaching maka respon siswa belum juga dapat dikatakan positif karena ada
salah satu komponen peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon
kurang baik dari siswa.
RESPON
SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN MODEL
QUANTUM TEACHING
Nama sekolah    : MTs
Darussyari’ah                     
Mata Pelajaran  : Matematika         
Materi Pokok     :                   
Kelas                  : II-2            
Pertemuan          : III
| 
No | 
Aspek Yang Direspon | 
Respon Siswa | 
Persentase | ||
|  |  | 
Senang | 
Tidak | 
Senang | 
Tidak | 
| 
1 | 
Apakah kamu merasa senang atau tidak terhadap komponen pelajaran berikut
  ini? 
a. LKS  
b. Materi Pelajaran  
c. Tes Hasil Belajar  
d. Suasana Pembelajaran di   kelas  
e. Cara guru mengajar  | 
35 
34 
28 
32 
35 | 
2 
3 
9 
5 
2 | 
94,59 
   91,89 
75,67 
86,49 
94,59 | 
5,41 
8,11 
24,32 
13,51 
5,41 | 
|  |  | 
Baru | 
Tidak | 
Baru | 
Tidak | 
| 
2 | 
Apakah komponen pembelajaran berikut ini bagimu baru atau tidak?  
k.      Materi Pelajaran  
l.        
  LKS  
m.     Tes hasil belajar  
n.       Suasana Pembelajaran  
o.      Cara guru mengajar  | 
27 
32 
33 
30 
30 | 
10 
5 
4 
7 
7 | 
72,97 
86,49 
89,19 
81,08 
81,08 | 
27,03 
13,51 
10,81 
18,92 
18,92 | 
|  |  | 
Berminat | 
Tidak | 
Berminat | 
Tidak | 
| 
3 | 
Apakah kamu berminat atau tidak untuk mengikuti pelajaran selanjutnya
  seperti yang baru saja kamu ikut?  | 
34 | 
3 | 
91,89 | 
8,11 | 
|  |  | 
Jelas | 
Tidak | 
Jelas | 
Tidak | 
| 
4 | 
Apakah kamu dapat memahami dengan jelas atau tidak bahasa yang digunakan
  dalam:  
e.        
  Lembar Kegiatan Siswa (LKS)   
f.         
  Tes Hasil Belajar  | 
31 
30 | 
6 
7 | 
83,78 
81,08 | 
16,22 
18,92 | 
|  |  | 
Tertarik | 
Tidak | 
Tertarik | 
Tidak | 
| 
5 | 
Apakah kamu tertarik atau tidak dengan penampilan (tulisan, ilustrasi/gambar
  dan letak gambar), yang terdapat dalam:  
e.        
  LKS  
f.         
  Tes hasil belajar  | 
34 
33 | 
3 
4 | 
91,89 
89,19 | 
8,11 
10,81 | 
            Dari angket respon siswa yang diisi
oleh 37 siswa setelah mengikuti pembelajaran II untuk materi tabung dengan
model pembelajaran Quantum Teaching maka
respon siswa belum juga dapat dikatakan positif karena ada salah satu komponen
peembelajaran (suasana pemebelajaran) masih mendapat respon kurang baik dari
siswa.
 
