LAPORAN PELAKSANAAN
KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) MANDIRI
TAHUN AKADEMIK 2010/2011
LEMBAGA : IAIN AR-RANIRY
DESA :
MEUNASAH LHOK
KECAMATAN : LHOONG
KABUPATEN : ACEH
BESAR
DISUSUN
OLEH:
RAHMAT
AULIA : 260 515 590
SYAHRUR
RIDHA : 130 607 215
SURYATI
: 220 616 018
SUKMAWATI
PUTRI : 280 515 535
NURUL
FAJAR PUTRI : 270 616 291
PUSAT PENGABDIAN
KEPADA MASYARAKAT (P2M)
IAIN AR-RANIRY
DARUSSALAM~BANDA ACEH
2010/2011
LEMBARAN PENGESAHAN
KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) IAIN AR-RANIRY
ANGKATAN XLVI GELOMBANG I
TAHUN AKADEMIK 2010/2011
Disusun Oleh:
NAMA/ NIM/
FAKULTAS/ JURUSAN
RAHMAT AULIA/ 260 515 590/ TARBIYAH/ TMA
SYAHRUR RIDHA/ 130 607 215/ SYARIAH/ SPH
SURYATI / 220 616 018/ TARBIYAH/ TBA
SUKMAWATI PUTRI/ 280 515 535/
TARBIYAH/ TBL
NURUL FAJAR
PUTRI / 270 616 291/ TARBIYAH/ TKI
Menyetujui:
Dosen Pembimbing,
( )
NIP :
HALAMAN
PENGESAHAN
PERMASALAHAN
YANG DIHADAPI OLEH MASYARAKAT MEUNASAH LHOK DALAM ASPEK KEHIDUPAN SOSIAL
KEMASYARAKATAN, SOSIAL KEAGAMAAN DAN PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DESA
Nama
Mahasiswa : Rahmat Aulia/Syahrur Ridha/Sukmawati Putri/Suryati/
Nurul Fajar Putri
Nim : 260 515 590/130
607 215/280 515 535/220 616 018/: 270 616 291
Jurusan : TMA/SPH/TBL/TBA/TKI
Darussalam,
Banda Aceh
Tanggal 12 Juli 2010
Mengetahui
Penguji
( ) ( )
Mengetahui,
Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat
(Drs. H.M. Husein A Wahab)
NIP.1950
1227 197903 1 005
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah yang telah memberikan hidayah dan karunia-Nya kepada penulis,
sehingga penulis dapat membuat laporan Kuliah Pengabdian Masyarakat ( KPM)
angkatan XLVI gelombang I yang bertempat di Desa Meunasah Lhok Kecamatan Lhoong
Kabupaten Aceh Besar yang telah selesai penulis susun. Dan tidak lupa pula
shalawat dan salam kepada penghulu kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa
kita ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan sebagaimana yang kita rasakan
pada saat ini.
Laporan
ini berisi gambaran umum tentang pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)
angkatan XLVI gelombang I selama 45 hari atau satu bulan setengah, baik itu
gambaran tentang keadaan desa, kegiatan dan program yang dilaksanakan dan
masukan-masukan dalam rangka menjalankan salah satu mata kuliah yaitu Kuliah
Pengabdian Masyarakat (KPM).
Tidak
lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M),
supervisor Ibu Khairani, M.Ag, Kepala Desa Meunasah Lhok, Imam Masjid, Ketua
Pemuda dan jajarannya serta seluruh masyarakat yang telah ikut membantu
terlaksananya kegiatan kami ini. Juga kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa KPM
yang se-angkatan khususnya di Desa Meunasah Lhok, yang seiring langkah bersama
penulis dalam melaksanakan semua program-program dan segala aktivitas dari awal
sampai dengan selesainya pengabdian.
Demikianlah
paparan dari penulis yang mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan taufik dan
hidayah-Nya kepada kita semua dan semoga laporan pelaksanaan KPM ini dapat
bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca umumnya.
Meskipun
laporan akhir ini telah diusahakan semaksimal mungkin dengan upaya yang ada
pada penulis, namun pasti ada kekurangan dan komentar yang konstruktif dari
seluruh pembaca, demi terciptanya ke arah kesempurnaan sebagai karya ilmiyah.
Akhir
kata penulis berdoa kehadirat Allah SWT agar laporan ini menjadi satu amal
kebaikan bagi penulis dan semoga ada manfaatnya dalam misi mengembangkan ilmu pengetahuan. Aamin Ya Rabbal A’lamin.
Banda
Aceh, 24 Juni 2010
Penulis,
DAFTAR ISI
LEMBARAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................. iii
DAFTAR TABEL......................................................................................... iv
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang........................................................................ 1
B. Tujuan Kuliah Pengabdian
Masyarakat..................................... 3
C. Sasaran Kuliah Pengabdian
Masyarakat................................... 4
BAB II PERSIAPAN
A. Persiapan Sebelum Berangkat
Ke Lokasi................................. 7
B. Persiapan Setelah di Lokasi..................................................... 8
BAB III PROFIL
DESA
A. Letak Geografis
……………………………………………… 10
B. Jumlah Penduduk
…………………………………………...... 10
BAB IV KEGIATAN-KEGIATAN
LAPANGAN
A.
Bidang Agama......................................................................... 13
B.
Bidang Pendidikan / Sosial Budaya.......................................... 13
C.
Bidang Kesehatan dan Kebersihan
Lingkungan……………..... 14
D. Bidang Administrasi dan Pemerintahan Desa…….………….... 14
E.
Kegiatan-kegiatan Pendukung………………………………… 14
F.
Permasalahan yang dihadapi..................................................... . 15
G.
Penyelesaian Permasalahan...................................................... . 17
BAB
V INTERPRETASI MANDIRI
A. Faktor-faktor Pendukung......................................................... 20
B. Faktor-faktor Penghambat....................................................... 20
BAB VI PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................. 22
B. Saran...................................................................................... 23
DAFTAR
TABEL
Tabel I :
Data Luas Wilayah ….. .………………………...…… 11
Tabel II :
Jumlah Penduduk Berdasarkan Profesi ………………. 11
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran I :
Peta / Denah Lokasi
Lampiran II : Program Kerja
Peserta KPM IAIN Ar-Raniry
Lampiran III : Kegiatan Kerja
yang Sudah Dilaksanakan Peserta KPM IAIN Ar-
Raniry
Lampiran IV : Program
Peserta KPM IAIN AR-RANIRY
Lampiran V :
Struktur Pemerintahan Gampong
Meunasah Lhok
Lampiran VI : Struktur Kepengurusan Organisasi
Kepemudaan Gampong Mns. Lhok
Lampiran VII : Surat Keterangan Dari Lembaga Sekolah Dan Desa
Lampiran VIII : Lembar Penilaian
Lampiran IX : Foto-foto
Kegiatan KPM
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ar-Raniry merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Dalam
memenuhi tuntutan tri dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada
masyarakat antara lain dimana bentuk kegiatannya adalah pelaksanaan program
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).
Kuliah
Pengabdian Masyarakat ialah praktek penerapan ilmu pengetahuan yang bersifat
interdisipliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dikembangkan oleh seluruh
fakultas/jurusan sebagai satu bagian dari program pendidikan Perguruan Tinggi
Islam secara keseluruhan.
Program
Kuliah Pengabdian Masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk:
a. Pembangunan masyarakat madani melalui proses penyadaran dan
partisipasi bersama masyarakat.
b. Dorongan untuk mengembangkan kehidupan beragama di
lingkungan masyarakat melalui ketetapan dan kecermatan observasi tentang
situasi sosial keagamaan, proses dan dinamika sosial, latar belakang struktural
dan kultur masyarakat yang menjadi khalayak sasaran kegiatan Kuliah Pengabdian
Masyarakat (KPM).
c. Inventarisasi dan identifikasi permasalahan yang timbul
dalam masyarakat, terutama yang berhubungan dengan bidang sosial keagamaan.
d. Memotivasi masyarakat dalam upaya pencarian jalan pemecahan
masalah yang dihadapi mereka.
Visi
dari pelaksanaan program Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) adalah terwujudnya
sarjana dalam bidang keislaman sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang
bermartabat, amanah, demokrasi, damai dan sejahtera.
Pelaksanaan
program Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) juga mempunyai misi yang sangat
kompleks. Adapun yang menjadi misi dari pelaksanaan KPM ini adalah:
a. Misi Akademik; memadukan
berbagai disiplin ilmu secara multi interdisipliner yang dikembangkan di IAIN
Ar-Raniry.
b. Misi Sosial;
pemberdayaan potensi masyarakat ke arah perubahan sosial, kemandirian dan
pembebasan dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.
c. Misi Syariat;
mengimplementasikan syariat Islam secara kaffah dalam hidup dan kehidupan
masyarakat.
Adapun
mengenai penentuan daerah yang ditetapkan sebagai lokasi pengabdian mahasiswa
KPM IAIN Ar-Raniry adalah Kota Aceh Besar. Salah satu penempatan peserta KPM di
Kota Aceh Besar adalah Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Lhoong. Penempatan
mahasiswa KPM di Desa Meunasah Lhok sebanyak 5 orang, masing-masing 2 laki-laki
dan 3 perempuan, yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Syari’ah dengan
berbagai jurusan. Berikut peserta KPM yang mengabdi di Desa Meunasah Lhok:
1. SYAHRUR RIDHA dari Jurusan Syari’ah Perbandingan Mazhab dan
Hukum
2. RAHMAT AULIA dari Jurusan Tarbiyah Pendidikan Matematika
3. SURYATI dari Jurusan Tarbiyah Bahasa Arab
4. SUKMAWATI PUTRI dari Jurusan Tarbiyah Pendidikan Biologi
5. NURUL FAJAR PUTRI dari Jurusan Tarbiyah Konseling Islam
B. Tujuan Kuliah Pengabdian Masyarakat
Adapun
yang menjadi tujuan pelaksanaan program Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)
adalah sebagai berikut:
a. Mempersiapkan calon sarjana yang lebih menghayati dan
memahami kompleksitas permasalahan yang langsung dihadapi masyarakat dan
memperluas wawasan pikiran serta belajar menanggulangi permasalahan secara
praktis dan terpadu.
b. Mengembangkan pengetahuan agama, sikap dan keterampilan
mahasiswa melalui penerapan agama Islam, teknologi dan seni yang bernafaskan
Islam secara langsung di masyarakat serta melatih mahasiswa untuk bekerja antar
bidang keahlian secara terpadu.
c. Membantu pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan
masyarakat yang berkelanjutan dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang
sosial keagamaan.
C. Sasaran Kuliah Pengabdian Masyarakat
Dalam
pelaksanaan KPM, IAIN Ar-Raniry memiliki berbagai sasaran utama. Adapun yang
menjadi sasaran utama IAIN Ar-Raniry dalam pelaksanaan KPM adalah sebagai
berikut:
I.
Masyarakat
1) Masyarakat memperoleh sumbangan tenaga dan pikiran untuk
meningkatkan cara berpikir, pengetahuan dan keterampilannya, sehingga dapat
menumbuhkan potensi sumber daya dan selanjutnya berkembang secara mandiri.
2) Terbentuknya kemampuan dan partisipasi masyarakat dalam
pembangunan, sehingga upaya kelanjutan pembangunan khususnya pembangunan dalam
bidang agama dapat terjamin.
3) Terciptanya budaya damai di dalam kehidupan bermasyarakat.
II.
Pemerintah
1) Membantu mempercepat proses pembangunan yang dilaksanakan
oleh pemerintah antara lain dalam meningkatkan sumber daya manusia.
2) Membuka akses kemitraan dan komunikasi timbal balik yang
baik dan harmonis antara perguruan tinggi dan pemerintah.
III.
Mahasiswa
1) Mendewasakan cara berpikir, bersikap dan bertindak serta
meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan pengkajian, perumusan dan
pemecahan masalah secara praktis dan terpadu.
2) Melatih dan membiasakan mahasiswa menghadapi dan
menyelesaikan permasalahan melalui kerja sama antar bidang keahlian.
3) Mendalami penghayatan dan pengetahuan mahasiswa terhadap
berbagai masalah dalam masyarakat yang sedang melaksanakan pembangunan khususnya
di bidang agama.
IV.
IAIN
1) Mendapatkan masukan bagi penyelenggaraan pendidikan/
pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
2) Meningkatkan partisipasi dan peranan IAIN dalam melaksanakan
pembangunan di bidang agama.
Berdasarkan
analisis situasi dan kondisi Kuliah Pengabdian Masyarakat merupakan tuntutan
dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat yang serat dengan dinamika dan
permasalahan. Sesuai dengan tuntutan IAIN Ar-Raniry masa depan maka dipandang
perlu mengembangkan Kuliah Pengabdian Masyarakat dalam bentuk dan ragam program
yang realistik, pragmatis dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat khususnya
di bidang keagamaan, sosial, kesehatan masyarakat dan budaya.
BAB II
PERSIAPAN
A. Persiapan Sebelum Berangkat ke Lokasi
1. Pendaftaran Peserta
Sebelum diberangkatkan ke lokasi
KPM, terlebih dahulu para peserta mengikuti penyeleksian dan pembekalan (coaching) para peserta KPM dengan
beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh pihak P2M. Pada tahap penyeleksian
kepada setiap mahasiswa sebelum menjadi peserta KPM diwajibkan mempersiapkan
persyaratan administrasi antara lain:
- Menyerahkan slip pembayaran SPP semester berjalan
- Telah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang diwajibkan dengan menyerahkan foto kopi KRS yang telah dilegalisir dan memperlihatkan KRS asli.
2. Seleksi Peserta
Adapun
bentuk-bentuk seleksi yang dimaksud adalah sebagai berikut:
a. Tes kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Qur'an
b. Tes kemampuan memimpin do’a, seperti: do’a sesudah shalat,
do’a tolak bala, do’a selamat dan do’a ta’ziah
c. Tes kemampuan berkhutbah bagi laki-laki dan berpidato bagi
perempuan
d. Dan lain-lain yang berkaitan dengan bentuk tes tersebut.
3. Pembekalan Peserta
Pembekalan peserta KPM dilaksanakan
selama dua hari oleh pihak P2M, adapun materi-materi pembekalan peserta KPM
adalah sebagai berikut:
a. Visi dan Misi IAIN Ar-Raniry dalam rangka darma pengabdian
kepada masyarakat.
b. Orientasi KPM IAIN Ar-Raniry.
c. Manajemen TPA/ TPQ
dan teknik pengajaran metode Iqra’.
d. Pengetahuan praktis agama Islam/ praktek ibadah.
e. Penulisan kegiatan harian dan laporan akhir.
4. Pengorganisasian dan
Penempatan Peserta
Pengorganisasian
dan penempatan peserta KPM IAIN Ar-Raniry dilakukan oleh panitia pelaksana KPM
sebagaimana tercantum dalam surat keputusan rektor IAIN Ar-Raniry tentang
pelaksanaan KPM itu sendiri.
B.Persiapan Setelah di Lokasi
Setelah
tiba di lokasi, terlebih dahulu diadakan perkenalan dengan masyarakat, yang
diadakan di meunasah dan dihadiri oleh perangkat desa dan sebagian besar
masyarakat desa setempat. Perkenalan ini dibuka oleh Kepala Desa Meunasah Lhok,
Bapak Mahdi Supri Siregar. Kemudian dilanjutkan oleh peserta KPM, dan melakukan
interview setelah acara perkenalan selesai.
Hari
kedua, dilakukan observasi lokasi pengabdian. Menurut pantauan kami masyarakat Desa
Meunasah Lhok kebanyakan pekerjaan masyarakatnya adalah sebagai Petani dan
wiraswasta. Pada saat perkenalan sudah terlihat bahwa masyarakat menyambut
positif dengan kehadiran mahasiswa KPM, sehingga kami tidak merasa asing di tengah-tengah
masyarakat.
Hasil
dari observasi kami menyimpulkan bahwa penduduk Desa Meunasah Lhok mendukung
segala program yang telah kami susun selama berlangsungnya kegiatan KPM di desa
tersebut. Sehingga memudahkan kami untuk beradaptasi dengan desa dan masyarakat
setempat.
BAB. III
PROFIL DESA
A.
Letak Geografis
Secara geografis luas wilayah desa
meunasah lhok lebih kurang 27 Ha, jika dikalkulasikan 2,5 Ha digunakan untuk
pemukiman, 16 Ha untuk area kelautan, dan sisanya adalah untuk area perkebun
sebanyak 3,5 Ha dari ibu kota Kabupaten Aceh Besar. Dengan kondisi desa yang
dikelilingi perkebunan dan laut desa Meunasah Lhok cukup strategis untuk
perkebunan . Adapun secara geografis batas-batas wilayah desa Meunasah Lhok
adalah sebagai berikut:
1.
Sebelah Utara berbatasan dengan desa Pasi dan Pudeng
2.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Pegunungan dan Laut
3.
Sebelah Barat berbatasan dengan Laut dan Sawah
4.
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pasi
B.
Jumlah Penduduk
Di
desa Meunasah Lhok jumlah populasi penduduk adalah 103 jiwa dikepalai oleh 35
Kepala Keluarga yang termasuk dalam 3 Dusun, yaitu Dusun Kampong Kareng di kepalai oleh Taufik, Dusun Krung Teungoh
di kepalai oleh T.Muzammil, Dusun Krung Guha dikepalai oleh Marlizan.
Tabel I
DATA
LUAS WILAYAH DESA MEUNASAH LHOK
N0
|
Nama Dusun
|
Luas wilayah
|
Jumlah KK
|
Jumlah
Penduduk
|
||
LK
|
PR
|
Jumlah
|
||||
1
|
KAMPONG
KAREUNG
|
7 Km
|
12
|
20
|
13
|
52
|
2
|
KRUNG TENGOUH
|
9,66
Km
|
10
|
22
|
16
|
57,66
|
3
|
KRUNG GUHA
|
8,3 Km
|
11
|
20
|
18
|
57,11
|
Jumlah
|
25 Km
|
33
|
62
|
47
|
167
|
Sumber:
Kantor Kepala Desa Meunasah Lhok
Tabel II
JUMLAH PENDUDUK
BERDASARKAN PROFESI DESA MEUNASAH LHOK
DUSUN
|
GURU
|
SWASTA
|
PETANI
|
PEDAGANG/ NELAYAN
|
PELAJAR
|
KAMPONG
KAREUNG
|
-
|
10
|
2
|
1
|
5
|
KRUNG TENGOUH
|
-
|
20
|
6
|
2
|
8
|
KRUNG GUHA
|
1
|
25
|
3
|
3
|
5
|
JUMLAH
|
1
|
45
|
11
|
6
|
18
|
Sumber:
Kantor Kepala Desa Meunasah Lhok
Adapun
Fasilitas yang ada di desa Meunasah Lhok No berupa Meunasah, yang sementara ini masih
digunakan untuk berbagai keperluan di antaranya shalat berjamaah, perayaan Hari-hari
Besar Islam, posyandu dan balai PKK.
Sedangkan Posyandu aktif kegiatannya
sebulan sekali. Posyandu ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan Puskesmas
Lhoong. Selain itu, jumlah kader posyandu sebanyak 5 orang. Jumlah balita yang
ada sampai Juni 2010 sebanyak 18 balita, yang ikut posyandu sebanyak 18 balita.
BAB IV
KEGIATAN-KEGIATAN
LAPANGAN
Kegiatan mahasiswa KPM IAIN
Ar-Raniry di Desa Meunasah Lhok lebih difokuskan pada kegiatan yang berhubungan
dengan pengumpulan pengalaman di lapangan dalam usaha meningkatkan ilmu
kemasyarakatan bagi peserta KPM.
A.
Bidang Agama
Di antara kegiatan keagamaan yang telah peserta KPM
jalankan di Desa Meunasah Lhok, kecamatan Lhok ialah:
1.
Pengajian TPA
2.
Pengajian Ibu-ibu
3.
Pengajian Bapak-bapak
4.
Perekrutan tenaga pengajar TPA
5.
Shalat berjamaah lima waktu di meunasah.
6.
Menghadiri ta'ziah orang meninggal.
7. Mengajarkan cara
wudhu, azan, iqamah
B.
Bidang Pendidikan/Sosial Budaya
1. Observasi
2. Mengajar di SDN 2 Glee Bruek
3. Melatih dan membimbing anak-anak untuk
mengikuti perlombaan cerdas cermat, pidato, azan, mewarnai, bisana muslim dan
hafalan surat-surat pendek.
C.
Bidang
Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan
1.
mengadakan gotong royong jalan Desa,
Meunasah. Mesjid, dan Sekolah
2.
Pemeliharaan kebersihan lingkungan.
Kegiatan-kegiatan yang kami
lakukan masa KPM berlangsung lebih difokuskan pada
lingkungan
desa.
D. Bidang
Administrasi Pemeritahan Desa
1. Membuat Struktur Pemerintahan Desa
2. Membuat pamplet selamat datang di Meunasah Lhok
3. Membuat pamplet dusun-dusun desa.
4. Membuat pamplet Mesjid, Meunasah dan TPA
5. Membuat pamplet program PKK
6. Berperan aktif dalam acara pedesaan
E.
Kegiatan-Kegiatan
Pendukung
1. Kegiatan
kecamatan
a. Mengadakan perlombaan untuk tingkat kecamatan
2.
Kegiatan pendukung di Kampung
a.
Melakukan
silaturrahim dengan masyarakat desa Meunasah Lhok.
b.
Mengadakan
silaturrahim dengan perangkat desa, seperti Kepala Desa, Sekdes, Tgk. Imum, Ketua Pemuda, dan masyarakat umum.
c.
Membantu Acara Kenduri (ta’ziyah) untuk Wali Nanggro
(Hasan Tiro)
d.
Silaturahmi dengan
Mahasiswa KPM di Desa lain.
F.
Permasalahan
yang dihadapi
- Kehidupan Sosial Kemasyarakatan
Dalam
kehidupan sosial bermasyarakat satu individu tidak lepas dengan individu
lainnya, semua saling membutuhkan dengan menjalin silahturahim.
Kehidupan
masyarakat desa Meunasah Lhok sangat baik, ini bisa dilihat ketika ada salah
satu warga yang sedang sakit warga lainya datang mengunjunginya, ketika ada
warga yang meninggal mereka saling berkerja sama dalam hal menunaikan fardu
kifayah dan mendo’akan agar keluarga
yang ditinggalkan tabah dalam mnenghadapi cobaan serta jika ada acara pesta
perkawinan atau sunatan warga desa sangat kompak untuk menyukseskan jalannya
acara tersebut. Ini tidak berlaku untuk warga Meunasah Lhok saja melainkan
untuk desa-desa tetangga lainnya.
Masyarakat Meunasah Lhok merupakan
masyarakat yang ramah terhadap tamu-tamu yang datang ketempat mereka tidak
memandang dia berasal dari mana dan siapa yang namanya tamu tetaplah mulia bagi
mereka. Namun ada juga sebahagian warga yang kurang bersosialisasi dengan
kehadiran para pendatang baru (tamu). Walaupun begitu yang menjadi persoalan
yang dihadapi oleh masyarakat diantaranya adalah:
Ø
Kurangnya motivasi orang
tua terhadap perkembangan dan pendidikan anak.
Ø
Sulitnya mengumpulkan
warga ketika ingin membicarakan atau musyawarah tentang sesuatu hal.
Ø
Kurangnya
tenaga ahli dalam hal pendidikan umum dan agama.
Ø
Kurangnya
kepedulian warga terhadap kebersihan fasilitas umum (khususnya diperkarangan
meunasah dan balai pengajian).
B. Sosial Keagamaan
Desa Meunasah Lhok merupakan salah satu desa yang tingkat kesadaran akan
pendidikan masih kurang, itu dikarenakan kebanyakan penduduk desa Meunasah Lhok sibuk dengan urusan rumah tangga sehingga mereka lalai dan tidak menyempatkan diri
untuk mengikuti pengajian bagi kaum ibu
yang diadakan di mesjid Pasi pada malam minggu. Begitu juga bagi kaum bapak terkadang lalai tidak
menyempatkan diri untuk menambah pengetahuan agamanya di Mesjid
Pasi pada malam minggu yang
pada saat itu kebanyakan para pemuda dan kaum bapak lalai dengan tontonan bola
piala dunia di Warung kopi. Masyarakat desa Meunasah Lhok lebih sering shalat di rumahnya dari pada
melaksanakan shalat berjamaah di meunasah, yang ada cuma shalat magrib saja
itupun hanya sebagian kecil yang ikut serta dalam pelaksanaannya bahkan dalam
keadaan tertentu terkadang tidak ada sama sekali (seperti saat hujan dan angin).
Ketika kami berada di sana kami ikut serta dalam memakmurkan menasah dan
mengusulkan untuk menjalankan shalat berjamaah tidak hanya magrib saja, namun
tidak mendapat persetujuan dari kebanyakan warga dengan beragam alasan.
Pendidikan agama bagi anak-anak dan
remaja Meunasah Lhok,
mereka mengikuti pengajian TPA pada siang hari di
Meunasah Pasi yang di ajarkan oleh ustaz dan ustazah. Kemudian mereka mengikuti pengajian di rumah Tgk Imum desa Meunasah Lhok yang diajarkan oleh Tgk dan
Ummi. Walaupun demikian masih banyak juga anak-anak yang tidak
mengikuti pengajian itu dikarenakan kurang dorongan dari orang tua di rumah. Selain itu di desa Meunasah Lhok juga tidak mengadakan TPA pada sore hari di sebabkan
tidak adanya dukungan dari para orang tua murid dan kurangnya tenaga pengajar
di desa tersebut dan
tidak ada yang memfasilitasi dan mendanai untuk berdirinya sebuah TPA di desa
Meunasah Lhok.
Tetapi untuk pengajian sore sebagian anak-anak mengikuti pengajian di TPA Meunasah
Pasi..
Pelaksanaan syariat Islam di desa
Meunasah Lhok
bisa dikatakan belum terlaksana 70 % ini boleh dilihat masih ada sebagian warga
yang tidak menyadari dirinya sebagai muslim dengan tidak memakai busana muslim
dan masih ada pemuda- pemuda yang tidak meiliki kesadaran untuk mengikuti shalat
jum’at . Selama kami ada di sana, kami
selalu memberikan nasehat dan siraman rohani kepada anak-anak didik kami baik
pada saat berlansungnya pengajian dan pada saat persiapan latihan untuk perlombaan agar
selalu menutup aurat serta ikut memberi semangat kepada anak-anak supaya mereka
rajin belajar dan mepunyai cita-cita yang tinggi agar bisa melanjutkan
pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Ini kami lakukan karena didesa Meunasah
Lhok masih minimnya pengetahuan tentang pendidikan. Ini
dapat dilihat dengan tidak banyaknya Pegawai negeri, pelajar di tingkat SMA,
dan mahasiswa. Kebanyakan perkerjaaan mereka adalah bertani dan berkebun itu disebabkan karena letak desa Meunasah Lhok di daerah pesisir pantai (tempat wisata).
Selama kami berada di sana, kami
melakukan banyak hal untuk membangkitkan semangat mereka baik itu dalam bidang
pendidikan agama maupun umum. Diantaranya dengan membantu mengajar di balai
pengajian TPA.
Dalam pendidikan umum kami juga mengajar di SD 2 Glee Bruek.
C.
Pelaksanaan Pemerintah Desa
Desa Meunasah Lhok dipimpin oleh pak geuchik yang bernama Mahdi
Supri Siregar, terpilih satu
setengah tahun yang lalu secara
demokrasi. Desa Meunasah Lhok merupakan sebuah Desa yang administrasi pemerintahan
desanya kurang
lengkap, yang ada diantaranaya Meunasah, posyandu, dan
Kantor PKK. Disamping itu, kami juga
melihat mereka mempergunakan fasilitas tersebut dengan baik sehingga tidak ada
satupun yang terbengkalai.
- Penyelesaian Permasalahan
A.
Kehidupan Sosial Kemasyarakatan
Ø
Seharusnya
orang tua lebih memperhatikan perkembangan dan pendidikan anak. Karena perkembangan
anak merupakan faktor utama dalam pendidikan. Oleh karena itu motivasi dari
orang tua sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Ø
Seharusnya
warga lebih menyadari pentingnya musyawarah, karena dengan musyawarah segala
sesuatu yang terjadi dapat diselesaikan secara baik dan kebersamaan.
Ø
Semestinya
masyarakat lebih memperhatikan pendidikan umum dan agama.
Ø
Seharusnya
warga lebih memperhatikan kebersihan meunasah dan balai pengajian karena
meunasah selalu dipergunakan untuk melakukan shalat 5 waktu. Dan balai
dipergunakan untuk pengajian anak-anak.
B.
Sosial Keagamaan
Seharusnya
masyarakat lebih menyadari bahwa pengajian itu karena dapat menambah
pengetahuan agama, disamping itu juga dapat menambah wawasan. Serta bagi
ibu-ibu dapat membagi waktu untuk pengajian dan untuk urusan dalam rumah
tangga. Semestinya masyarakat menyadari bahwa berpakaian muslimah itu sangat
dianjurkan dalam agama islam, jadi sudah seharusnya masyarakat berpakaian yang
baik dan sopan (menutup aurat). Seharusnya masyarakat lebih mengutamakan shalat
berjama’ah daripada shalat sendiri karena shalat berjama’ah lebih besar
pahalanya daripada shalat sendiri.
C.
Pelaksanaan Pemerintahan Desa
Seharusnya
Pemerintah lebih memperhatikan kelengkapan fasilitas dalam Desa demi kemakmuran
dan kejayaan desa dan masyarakat setempat.
BAB V
INTERPRETASI
MANDIRI
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)
IAIN Ar-Raniry Angkatan XLV Gelombang I di Desa Sikelang adalah pengabdian yang
dilakukan penulis sebagai sarana mengaktualisasikan pengetahuan yang pernah
diperoleh semasa di bangku kuliah, dan dipraktekkan dalam kehidupan
bermasyarakat, dalam pelaksanaan program KPM banyak kegiatan yang penulis
laksanakan berkaitan dengan manajemen dan
administrasi.
Adapun program kegiatan yang penulis lakukan selama 45
hari pelaksanaan KPM adalah :
1.
Mengajar TPA;
2.
Mengajar di SDN Glee Bruek;
3.
Melatih dan membimbing
anak-anak untuk mengikuti perlombaan cerdas cermat, pidato, azan, mewarnai,
bisana muslim dan hafalan surat-surat pendek.
4.
Melakukan pengajian
dengan Bapak-Bapak dan Ibu- ibu.
5. Membuat Nomor Rumah,
6. Membuat pamplet selamat datang di Meunasah Lhok
7. Membuat pamplet dusun-dusun desa.
8. Membuat pamplet Mesjid, Meunasah dan TPA
9.
|
10. Berperan aktif dalam acara pedesaan
A. Faktor-Faktor Pendukung
Adapun
beberapa faktor yang mendukung terealisasinya program-program kegiatan yang
dibentuk oleh peserta KPM adalah:
1. Adanya keinginan dan tekad yang kuat dari
anak-anak untuk belajar.
2. Adanya dorongan dan dukungan orang tua
terhadap pendidikan anaknya.
3. Adanya kerjasama dan
dukungan dari pihak kecamatan, kelurahan, tokoh-tokoh masyarakat, para pemuda
dan seluruh lapisan masyarakat terhadap perencanaan dan pelaksanaan program
kegiatan KPM.
4. Adanya kekompakan dan
kerjasama yang baik antara peserta KPM dalam melaksanakan program yang
direncanakan, walaupun antara peserta KPM tidak berasal dari fakultas yang
sama.
5. Adanya
kepercayaan dari masyarakat terhadap mahasiswa KPM.
B. Faktor-Faktor Penghambat
Adapun
faktor-faktor yang menghambat terealisasinya program-program kegiatan yang
dibentuk oleh peserta KPM adalah:
1. Kesulitan dalam mendapatkan air, sehingga susah mendirikan
shalat jama’ah
2. Kurangnya kesadaran
orang tua dalam membina TPA.
3. Mata pencaharian masyarakat sebagian besar adalah bertani, sehingga
menyebabkan sulitnya membangun partisipasi dari masyarakat.
4. Terbatasnya peralatan kerja yang berhubungan dengan kegiatan
kerja.
BAB VI
PENUTUP
A. Kesimpulan
1) KPM merupakan
kuliah dalam bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang mendemontrasikan
aplikasi konsep ilmu pengetahuan tertentu yang menunjang pembangunan
masyarakat. Selain itu juga merupakan upaya pengenalan IAIN Ar-Raniry sebagai
lembaga pendidikan yang berusaha bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat,
serta mengusahakan penyesuaian programnya dengan kepentingan masyarakat. Di
samping itu KPM juga merupakan arena penelitian untuk kepentingan penyelesaian
studi dan pembinaan kepribadian atau integritas mahasiswa calon manusia
pembangunan yang sekaligus melaksanakan proses pembangunan (formal dan
non-formal) menuju terciptanya masyarakat madani, yaitu masyarakat yang selalu
berpartisipasi akan kemajuan dan responsive terhadap perubahan.
2)
|
3) Dengan adanya
program- program yang diadakan oleh pihak P2M IAIN Ar- Raniry, maka secara
tidak langsung ternyata dapat memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat,
terutama bagi masyarakat dan juga mahasiswa yang mengikuti kegiatan KPM. Hal
ini disebabkan KPM merupakan sebuah kegiatan yang memang telah diprogramkan
setelah adanya suatu pertimbangan yang begitu matang sehingga akan melahirkan
manfaat yang sangat besar bagi semua pihak.
B.
Saran-saran
Adapun saran-saran yang ingin
penulis sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Kepada panitia P2M
diharapkan untuk meningkatkan kualitas pembinaan pembekalan peserta KPM, sehingga mereka
benar-benar mampu menerapkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat.
2. Kepada pihak P2M
juga diharapkan untuk menambah jumlah peserta pada setiap desa supaya peserta
lebih mudah untuk menjalankan program-program yang direncanakan.
3. Diharapkan agar
sekiranya kepada PEMDA setempat untuk lebih memperhatikan dan membantu program
yang dilakukan peserta KPM di wilayahnya demi kemajuan daerahnya.
4. Dan juga kepada
pihak P2M agar terus mengadakan KPM ini, karena di sinilah tempat untuk melatih
seseorang bagaimana kita menghadapi komunitas masyarakat yang belum pernah kita
kenal sebelumnya.
PENGURUS TPA SIRAJUL MUNIR
DESA PASI
KEC.
LHOONG KAB. ACEH BESAR
SURAT
KETERANGAN
Pengurus TPA Sirajul Munir Desa Pasi Kec. Lhoong, dengan
ini menerangkan bahwa :
No.
|
Nama
|
Nim
|
Fakultas
|
Jurusan
|
Keterangan
|
1.
|
Rahmat Aulia
|
260 515 390
|
Tarbiyah
|
TMA
|
Ustadz
|
2.
|
Syahrur Ridha
|
130 607 215
|
Syari’ah
|
SPH
|
Ustadz
|
3.
|
Sukmawati Putri
|
280 515 535
|
Tarbiyah
|
TBL
|
Ustadzah
|
4.
|
Nurul Fajar Putri
|
270 616 291
|
Tarbiyah
|
TKI
|
Ustadzah
|
5.
|
Suryati
|
220 616 018
|
Tarbiyah
|
TBA
|
Ustadzah
|
Benar yang nama-namanya tersebut di atas telah
melakukan kegiatan KPM dan membantu dalam proses kegiatan pengajaran,
pengelolaan keadministrasian dan pengembangan kurikulum di TPA Sirajul Munir
Desa Psi Kec. Lhoong, selama lebih kurang 45 hari.
Demikianlah surat
keterangan ini kami perbuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan
seperlunya.
Desa Pasi, 30
Juni 2010
Mengetahui
:
Kepala
TPA Sirajul Munir
( Jam’an .A.Ma. Pd. )
NIP. 19600423
198610 1 004
PEMERINTAHAN KABUPATEN ACEH BESAR
KECAMATAN LHOONG
GECHIK MEUNASAH LHOK
SURAT KETERANGAN
No.
Kepala Desa Meunasah Lhok Kecamatan
Lhoong Kabupaten Aceh Besar, dengan ini menerangkan bahwa :
No.
|
Nama
|
Nim
|
Fakultas
|
Jurusan
|
1.
|
Rahmat Aulia
|
260 515 390
|
Tarbiyah
|
TMA
|
2.
|
Syahrur Ridha
|
130 607 215
|
Syari’ah
|
SPH
|
3.
|
Sukmawati
Putri
|
280 515 535
|
Tarbiyah
|
TBL
|
4.
|
Nurul Fajar
Putri
|
270 616 291
|
Tarbiyah
|
TKI
|
5.
|
Suryati
|
220 616 018
|
Tarbiyah
|
TBA
|
Benar yang namanya tersebut diatas
telah melakukan kegiatan KPM dan membantu dalam proses kegiatan keagamaan,
pendidikan, kesehatan lingkungan dan pemberdayaan perempuan serta kegiatan
kepemudaan di Desa Meunasah Lhok Kec. Lhoong Kab. Aceh Besar, selama ± 45 hari.
Demikian surat keterangan ini kami
perbuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.
Desa Meunasah Lhok, 28 Juni 2010
Mengetahui
:
Kepala
Desa Meunasah Lhok
(Mahdi Supri, Siregar)
Daftar :
Penilaian Sikap Mahasiswa KPM MANDIRI
IAIN Ar-Raniry Angkatan XLVI
Gelombang I Semester Genap Tahun Akademik : 2009/2010
Lokasi
Pengabdian : DESA MEUNASAH LHOK, KEC. LHOONG,
KOTA ACEH
BESAR
NAMA
|
NIM
|
FAKULTAS
|
JURUSAN
|
ASPEK YANG DI
NILAI
|
KET.
|
|||
|
KETAATAN
|
PRAKARSA
|
KERJA SAMA
|
PRESTASI
|
|
|||
RAHMAT AULIA
|
260 515 390
|
TARBIYAH
|
TMA
|
|
|
|
|
|
SYAHRUR RIDHA
|
130 607 215
|
SYARIAH
|
SPH
|
|
|
|
|
|
SURYATI
|
220 616 018
|
TARBIYAH
|
TBA
|
|
|
|
|
|
SUKMAWATI PUTRI
|
280 515 535
|
TARBIYAH
|
TBL
|
|
|
|
|
|
NURUL FAJAR
PUTRI
|
270 616 291
|
TARBIYAH
|
TKI
|
|
|
|
|
|
Meunasah Lhok, 30 Juni
2010
Penilai,
(Mahdi
Supri, Siregar)
Lampiran
IV
PROGRAM PESERTA KPM MANDIRI IAIN AR-RANIRY
SEMESTER :
VIII (GENAP)
TAHUN : 2010
ANGKATAN : XLVI
GELOMBANG : I
Nama Lembaga :
IAIN Ar-Raniry
Nama Kampung :
Meunasah Lhok
Nama Kecamatan :
Lhoong
No
|
Item Kerja
|
Syariah
|
Tarbiyah
|
Usuluddin
|
Dakwah
|
Adab
|
1.
|
Penyuluhan UUD dan hokum
|
X
|
|
|
|
|
2.
|
Penyuluhan bidang ekonomi Islam Bank Muamalat
|
X
|
|
|
|
|
3.
|
Bidang administrasi bidang KUA Kecamatan dan
Desa
|
X
|
|
|
|
|
4.
|
Pendataan harta agama dan NTR
|
X
|
|
|
|
|
5.
|
Penyuluhan kesehatan dan kebersihan lingkungan
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
6.
|
Pembinaan administrasi pemerintahan desa
|
X
|
X
|
|
|
x
|
7.
|
Penyuluhan keagamaan dan pelatihan bidang
ibadah
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
8.
|
Pembinaan pemuda
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
9.
|
Sarana dan prasarana
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
10.
|
Pendidikan pengajaran
|
|
X
|
|
|
|
11.
|
Administrasi dan Manajemen sekolah
|
|
X
|
|
|
|
12.
|
Bimbingan dan penyuluhan
|
|
X
|
|
x
|
|
13.
|
Peningkatan aspirasi pendidikan bagi
masyarakat
|
|
X
|
|
x
|
|
14.
|
Bimbingan/pemantapan aqidah, ibadah dan
akhlak
|
|
|
x
|
x
|
X
|
15.
|
Bimbingan/pemantapankegiatan remaja mesjid
|
|
|
x
|
x
|
|
16.
|
Pemantapan dan peningkatan fungsi dari
peranan lembaga-lembaga sosial dan lembaga-lembaga keagamaan
|
|
|
x
|
x
|
|
17.
|
Pengembangan dan pemantapan administrasi
lembaga agama dan lembaga sosial desa
|
|
|
x
|
x
|
|
18.
|
Pemantapan kegiatan hari besar islam dan
nasional
|
|
|
x
|
x
|
|
19.
|
Penyuluhan terhadap bahaya miras, judi, zina,
obat terlarang dan penyuluhan terhadap keluarga sakinah
|
|
|
x
|
x
|
|
20.
|
Pelatihan praktek-praktek ibadah, thayiz
mayat dan lain-lain
|
|
|
|
x
|
|
21.
|
Menggerakan kegiatan remaja mesjid/meunasah
dan lain-lain
|
|
|
|
x
|
|
22.
|
Pemberdayaan lembaga-lembaga dan organisasi
pemuda
|
|
|
|
x
|
|
23.
|
Pembinaan/penyuluhan olah raga dan kesehatan
|
|
|
|
x
|
|
24.
|
Pembinaan/pengembangan kesenian yang
bernafaskan islam
|
|
|
|
x
|
|
25.
|
Kelestarian dan pengembangan budaya dan
istiadat setempat
|
|
|
|
x
|
X
|
26.
|
Perawatan dan pelestarian objek-objek
bersejarah
|
|
|
|
|
X
|
27.
|
Pembinaan lembaga-lembaga keagamaan dan
sosial desa
|
|
|
|
|
X
|
Meunasah
Lhok,23 Juni 2010
Mengetahui,
Pembimbing, Kepala
Lembaga Mahasiswa
KPM,
( ) ((Drs. H.M. Husein A Wahab)
NIP. Nip.1950
1227 197903 1 005
|
Lampiran II
DAFTAR : PROGRAM KERJA PESERTA KPM AKBAR IAIN AR-RANIRY
ANGKATAN XLVI GELOMBANG I
TAHUN AKADEMIK 2009/2010
- Nama / Nim / Jur : Rahmat Aulia / 260 515 390 / TMA
: Syahrur Ridha / 130 607 215 / SPH
: Suryati / 220
616 018 / TBA
: Sukmawati Putri / 280 515 535 / TBL
: Nurul Fajar Putri / 270 616 291 / TKI
- Kelurahan/Desa/Lembaga : Meunasah Lhok, Aceh Besar
No
|
Jenis Kegiatan
|
Volume Kegiatan (jam)
|
Kegiatan
|
I
II
III
IV
V
|
Bidang Agama
Bidang Pendidikan/sosial Budaya
Bidang Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan
Bidang Administrasi Pemerintahan Desa
Bidang Sarana dan Prasarana
|
14.30-16.30
14.30-16.30
14.30-16.30
14.30-16.30
14.30-16.30
20.00-21.00
20.00-21.00
08.00-12.00
08.00-17.00
08.00-18.00
08.00-18.00
21.00-22.00
09.00-10.00
20.00-21.00
17.00-18.00
08.00-10.00
08.00-10.00
08.00-10.00
08.00-11.00
09.00-12.00
09.00-12.00
09.00-12.00
09.00-12.00
09.00-1200
09.00-12.00
|
|
|
|
|
|
Meunasah Lhok, 30 Juni 2010
Mengetahui Geuchik Gampong,
|
Mahasiswa KPM
|
Mahdi Supri Siregar
|
|
Lampiran III
DAFTAR PROGRAM KERJA YANG SUDAH
DILAKSANAKAN OLEH PESERTA KPM MANDIRI IAIN AR-RANIRY ANGKATAN XLVI GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2009/2010
- Nama / Nim / Jur : Rahmat Aulia / 260 515 390 / TMA
: Syahrur Ridha / 130 607 215 /
SPH
: Suryati
/ 220 616 018 / TBA
: Sukmawati Putri / 280 515 535 / TBL
: Nurul Fajar Putri / 270 616
291 / TKI
- Kelurahan/ Kec/ Kab : Meunasah Lhok/ Lhoong/ Aceh Besar
A. BIDANG AGAMA
No
|
Materi Kegiatan
|
Tgl Pelaksanaan
|
Vol.Kegiatan
|
Ket
|
1.
2.
3.
4.
|
Mengajar anak TPA
Mengaktifkan shalat
lima waktu secara berjama’ah
Pengajian Bapak-bapak dan Ibu-ibu
Menghadiri ta'ziah orang
meninggal
|
24 Mai s/d 30 Juni
17 19 Mai s/d 30 Juni
22 Mai s/d 26 Juni
4 Juni
|
Setiap hari
Setiap waktu
Setiap malam minggu
1 Hari
|
|
B. BIDANG PENDIDIKAN, SOSIAL DAN BUDAYA
No
|
Materi Kegiatan
|
Tgl Pelaksanaan
|
Vol.Kegiatan
|
Ket
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Mengajar di SDN 2 Glee
Bruek
Melatih dan memimbing anak-anak untuk mengikuti
perlombaan cerdas cermat, pidato, mewarnai, azan, busana muslim dan hafizh
surat-surat pendek
Menjadi panitia Lomba PAKETA Antar Desa Tingkat Kecamatan
Membantu
Acara Kenduri (ta’ziyah) untuk Wali Nanggro (Hasan Tiro)
Menghadiri Acara Penutupan lomba PAKETA
Acara Perpisahan Tingkat Kecamatan
Acara Perpisahan di kampung Mns. Lhok
|
24 Mai s/d 19 Juni
14 Juni s/d 25 Juni
26 Juni s/d 27 Juni
12 Juni s/d 13 Juni
27 Juni
27 Juni
29 Juni
|
Setiap hari
3 x Seminggu
2 Hari
2 Hari
1 hari
1 hari
Malam rabu
|
|
C. BIDANG KESEHATAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN
No
|
Materi Kegiatan
|
Tgl Pelaksanaan
|
Vol.Kegiatan
|
Ket
|
1.
2.
3.
|
Menghadiri gotong royong massal Di Kecamatan
Mengadakan gotong royong di mesjid
desa Pasi
Mengadakan gotong royong di Meunasah Lhok
|
11 Juni dan 25 Juni
19 Juni
28 Juni
|
2 x Bulan
1 x Bulan
1 x Bulan
|
|
D. BIDANG ADMINISTRASI PEMERINTAHAN KAMPUNG
No
|
Materi Kegiatan
|
Tgl Pelaksanaan
|
Vol.Kegiatan
|
Ket
|
1.
2.
|
Menyelesaikan Administrasi Desa Meunasah Lhok
Aktif dalam kegiatan desa
|
24 Juni
13 Juni
|
1 hari
1
hari
|
|
E. BIDANG SARANA DAN PRASARANA
No
|
Materi Kegiatan
|
Tgl Pelaksanaan
|
Vol.Kegiatan
|
Ket
|
1.
2.
3.
4.
|
Pembuatan pamplet selamat datang
Pembuatan pamplet program PKK
Pembuatan papan nama dusun
Pembuatan Papan Nama
Masjid
|
15 Juni s/d 24 Juni
15 Juni s/d 24 Juni
15 Juni s/d 24 Juni
15 Juni s/d 24 Juni
|
10 hari
10 hari
10 hari
10 hari
|
|
F.
KEGIATAN LAIN-LAIN
No
|
Materi Kegiatan
|
Tgl Pelaksanaan
|
Vol.Kegiatan
|
Ket
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Rapat mingguan peserta KPM sekecamatan
Rapat acara Perlombaan PAKETA sekecamatan
Observasi Lapangan
Pertemuan dan Silaturrahim dengan aparatur desa dan warga
Pertemuan dengan supervisor dan penandatangananan buku kegiatan KPM
Berdarmawisata ke Air terjun Lhoong dan Ujung Buloh
Acara pamitan dan perpisahan bersama masyarakat
|
30 Mai s/d 20 Juni
6 Juni, s/d 19 Juni
17 s/d 20 Mai
20 Mai
2 Mai, 28 Juni
25 Mai, 7 Juni
30 Juni
|
1 x Seminggu
1 x seminggu
4 hari
1 hari
2 hari
2 hari
1 hari
|
|
Menyetujui:
Geuchik
Gampong Meunasah Lhok,
|
Supervisor,
|
Mahasiswa KPM,
|
(Mahdi
Supri, Siregar)
|
( Khairani, M.Ag)
|
|
STRUKTUR ORGANISASI KEPEMUDAAN
GAMPOENG MEUNASAH LHOK
KECAMATAN LHOONG – KABUPATEN ACEH BESAR
Meunasah
Lhok, 24 Juli 2010
Mengetahui
Geuchik Meunasah Lhok
(MAHDI
SUPRI, SIREGAR)
STRUKTUR PEMERINTAHAN GAMPONG MEUNASAH LHOK
KECAMATAN LHOONG KOTAMADYA ACEH BESAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui:
Geuchik Gampong Meunasah
Lhok,
(MAHDI
SUPRI, SIREGAR)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar