View My Stats

Sabtu, 18 Desember 2010

الدرس الخامس == مخاطر التدخين- muthala'ah III-

الدرس الخامس
مخاطر التدخين

أ- النص
إن الطب الحديث اكتشف ضرر التدخين وأثره على صحة الإنسان بل أعلن وزير الصحة المصرى الدكتور راغب دويدار في المؤتمر الذي عقد عام 1984 مــ أن مليونين ونصف الميون يموتون سنويا متأثرين بأمراض التدخين.

ومن مؤسف أنه فى الوقت تنخفض هذه العادة فى بلدان العالم المتقدم فإنه تزداد فى الدول النامية و أشار الدكتور راغب دويدار إلى أن الإحصاءات العالمية تؤكد انخفاض استهلاك الدخان فى العالم المتقدم بنسبة 1,1 فى المائة كل عام بينما يزداد الاستهلاك فى الدول النامية بنسبة2,1 فى المائة كل عام.

وظاهرة التدخين تنتج عنها أمراض عديدة ومنها سرطان الرئة. وان هذا المرض الخطيرلا ينتشير الان انتشارا مخيفا فى المناطق المختلفة فى العالم. وانتفاخ الرئة والالتهابات القصبية المزمنة وقرحة المعدة وسرطان الفم والحنجر وضعف الجنسية.

ومن ناحية المالية ان التدخين يحقق صفة الصرف والتبذير والإضاعة على المال. بدلا من ان يحقق متعاطي التدخين ضرار لأهله فيسرف ماله للسجارة التي لاتنفعه شيئا إلا معاناة الأمراض المتعددة. وبذلك يثبت أن التدخين ضار بالنفس والعقل والمال ضرارا بالغا. فالأمر لايتوفق إلى هذا الحد لأن التدخين يؤثر فيمن حول متعاطيه من نسائهم و اولادهم وأقربائهم بل يضر التدخين للجنين فى بطن أمه. و من ثم لايجدر بالمسلم استعمال التدخين بأي وجه من الوجوه حفاظا على الأنفس ذاتهم وغيرهم والعقول والأموال وحرصا اجتناب الأضرار التي أوضح الطب حدوثها. كما ان اجتناب التدخين ابقاء على كيان الأمر والمجتمعات بانفاق الأموال فيما يعود بالفائدة على الإنسان فى جسده ويعينه على الحياة سليما.


















Pelajaran V
Bahaya merokok

A- Teks
Para Dokter sekarang menemukan bahaya merokok dan dampaknya terhadap kesehatan manusia, bahkan Menteri Kesehatan Dr Ragheb Dwedar pada konferensi yang diadakan pada tahun 1984 bahwa dua miliar dan setengahnya meninggal setiap tahun akibat terkena penyakit merokok.

Sangat disayangkan bahwa pada saat ini berkurangnya jumlah di Negara-negara maju, sedangkan di negara berkembang bertambah jumlahnya. dan Dr Ragheb Duwaidar dalam statistik global mengkonfirmasikan bahwa lebih rendah kerusakan rokok di negara maju dengan 1,1 persen setiap tahun. Dibandingkan bertambahnya kerusakan di negara berkembang dengan 2,1 persen per tahun.

Fenomena merokok menghasilkan berbagai penyakit, termasuk kanker paru-paru. Bahwa penyakit ini sekarang lazim berbahaya lagi menakutkan di berbagai wilayah di dunia. Emfisema dan peradangan bronkial kronis, tekak lambung dan kanker mulut , kerongkongan dan impotensi.

Sebagian pihak yang berharta, bahwa merokok merupakan sifat pemborosan, mubazir dan melenyapkan harta. Daripada memperbolehkan kemudharatan merokok untuk keluarganya, maka hartanya bagi rokok tersebut tidak memberi manfaat, melainkan menderita berbagai penyakit. Hal ini membuktikan bahwa merokok membahayakan bagi diri sendiri, pikiran dan uang secara keseluruhan. Maka urusan ini tidak berhenti sampai dengan batas ini karena merokok mempengaruhi mereka yang disekelilingnya, diantaranya pada istri dan anak-anak dan saudara-saudara mereka, Bahkan merokok memudharatkan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, tidaklah layak bagi orang muslim menggunakan rokok dengan cara apapun dalam rangka menjaga jiwa raga mereka, pikiran, uang dan untuk menghindari kemudharatan yang telah dijelaskan oleh para dokter sekarang. seperti menghindari merokok terhadap segala urusan dan masyarakat menginfaqkan harta kepada hal yang berfaedah atas tubuh manusia dan membantu kesejahteraan kehidupan.

Tidak ada komentar: