View My Stats

Sabtu, 18 Desember 2010

PENDEKATAN BEHAVIORAL DAN KOGNITIF SOSIAL = = = PSIKOLOGI PENDIDIKAN=

BAB 7


PENDEKATAN BEHAVIORAL DAN KOGNITIF SOSIAL

Pendekatan Behavioral,antara lain :
Pengkondisian Klasik
Pengkondisian Klasik yaitu tipe pembelajaran dimana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimuli.
- Generalisasi,diskriminasi dan pelenyapan
- Desentisitasi sistematis
- Mengevaluasi pengkondisian klasik
Lanjut…



Pengkondisian Operan
Pengkondisian Operan adalah sebentuk pembalajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi.Arsitek utama dari pengkondisian operan adalahi B.F. Skinner,yang pandangannya didasarkan pada pandangan E.L. Thorndike.



Lanjut…
Pengkondisian Operan melahirkan tiga hukum
1. Hukum Efek
2. Penguatan Imbalan
3. Penguatan Hukuman
- Penguatan Positif
- Penguatan Negatif




Analisis Perilaku Terapan Dalam Pendidikan
Yaitu penerapan prinsip pengkondisian operan untuk mengubah perilaku manusia.
Ada tiga penggunaan analisis perilaku yang penting dalam bidang pendidikan
- Meningkatkan perilaku yang diinginkan
- Menggunakan dorongan ( Prompt ) dan pembentukan ( shaping )
- Mengurangi perilaku yang tidak diharapkan




Meningkatkan perilaku yang diharapkan
Memilih penguat yang efektif
Menjadikan penguat kontigen yang tepat waktu
Memilih jadwal penguat terbaik
Menggunakan pertimbangan perjanjian ( Contracting )
Menggunakan penguat negatif secara efektif




Menggunakan dorongan ( prompt ) dan sasaran ( shaping )
Dorongan ( Prompt )adalah stimulus tambahah atau isyarat tambahan yang diberikan sebelum respon dan meningkatkan kemungkinan respon itu akan terjadi.
Pembentukan (shaping) adalah mengajari prilaku baru dengan memperkuat prilaku yang mirip dengan prilaku sasaran.
Mengurangi perilaku yang tidak diharapkan
Mengunakan penguatan differensial
Menghentikan penguatan ( Pelenyapan )



Menghilangkan stimuli yang dinginkan
- Time –outn ( menjauhkan individu dari penguatan positif )
- Responses cost ( Menjauhkan penguatan positif dari individu )
Memberikan stimuli yang tidak disukai ( Hukuman )






Mengevaluasi pengkondisian operan dan analisis terapan
Kritik terhadap pengkondisian operan dan analisis perilaku terapan mengatakan bahwa seluruh pendekatan itu terlalu banyak menekankan pada kontrol eksternal atas perilaku murid.



Para kritikus mengatakan bahwa strategi yang lebih baik adalah membantu murid belajar mengontrol perilaku mereka sendiri dan menjadi termotivasi secara internal.
Pendekatan Kognitif sosial Untuk Pembelajaran




Teori ini berkembang dari teori Bihavioral,tetapi lebih mengarah keaspek kognitif.
Teori kognitif sosial ini juga dikenal sebagai teori kognitif sosial Bandura yang menyatakan bahwa sosial dan kognitif dan faktor-faktor perilaku memainkan peran penting dalam pembalajaran.
Model determinisme resiprokal dalam pembelajaran dari Bandura








Dalam model Bandura, faktor
kognitif/person, faktor lingkungan dan faktor perilaku saling mempengaruhi satu sama lain.
Pembelajaran Observasional
Pembelajaran observasional juga dinamakan imitasi atau modelling, merupakan pembelajaran yang dilakukan ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain.



Kapasitas untuk mempelajari pola perilaku dengan observasi dapat mengeliminasi pembelajaran Trial dan Error yang membosankan.
Dalam melakukan eksperimen biasanyan ada unsur Self Efficacy dan studi boneka bobo klasik.



Model pembelajaran observasi kontemporer Bandura
Atensi
Retensi
Produksi
Motivasi




Menngunakan pembelajaran observasi secara efektif
Pikirkan tentang model tipe apa yang akan anda hadirkan untuk murid
Tunjukan dan ajari perilaku baru
Pikirkan cara menggunakan teman sebaya sebagai model yang efektif
Pikirkan cara agar mentor dapat digunakan sebagai model
Cari tamu kelas yang akan memberikan model yang baik bagi murid anda
Pertimbangkan model yang dilihat anak di televisi,video,komputer.




Pendekatan perilaku kognitif dan regulasi diri
Pendekatan perilaku kognitif menekankan untuk membuat murid memonitor ,mengelola dan mengatur perilaku mereka sendiri,bukan mengontrol mereka melalui faktor eksternal.
Regulasi diri adalah memunculkan dan memonitorkan sendiri pikiran,perasaan dan perilaku untuk mencapai suatu tujuan.


Model pembelajaran regulasi diri
Evaluasi dan monitoring diri
Menunjukkan tujuan dan perencanaan strategis
Melaksanakan rencana memonitornya
Memonitor hasil dan memperbaiki strategi.


Mengevaluasi pendekatan kognitif sosial
Menekankan pada pendekatan perilaku kognitif pada pembelajaran intruksi diri , pembicaraan diri dan regulasi diri.


SEKIAN
TERIMAKASIH

Tidak ada komentar: