View My Stats

Sabtu, 02 Oktober 2010

CIRI-CIRI KARAKTERISTIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN---- PSP B.ARAB

CIRI-CIRI KARAKTERISTIK PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN
Fungsi perencanaan dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat menghasilkan rencana yang baik apabila memiliki syarat-syarat antara lain:
1. Rencana mempermudah tercapainya tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
2. Rencana bersifat luwes dan flesibel, dalam arti mengandung kemungkinan untuk perubahan-perubahan sesuai perkembangan san situasi yang terjadi
3. Pragmatis dan bersifat praktis disertai dengan perhitungan logis dan rasional, disusun berdasarkan fakta dan data, buka merupakan khayalan atau dugaan-dugaan
4. Rencana bersifat sederhana, sistematis, jelas dan mudah difahami oleh para pelaksana
5. Ada skala prioritas berdasarkan kondisi sarana dan prasarana (man, money, machine, method, market)
6. Rencana mempunyai daya guna, dalam arti hasil suatu rencana benar-benar dapat dirasakan manfaatnya, baik bagi diri sendiri, maupun bagi lembaga atau masyarakat umumnya
Perencanaan yang baik harus dapat memberikan jawaban terhadap konsep pertanyaan yang dirumuskan dalam enam pertanyaan, yaitu : what, wht, where, when, who dan how
1. What, menanyakan tujuan, rencana dan kegiatan apa yang akan dilaksanakan
2. Why, menanyakan sebab-sebab mengapa jenis jenis kegiatan itu yang harus dilakukan. Jawaban terhadap pertanyaan ini memberikan argumentasi, atau alasan-asalan. Kenapa perencanaan itu dibuat sehingga memperoleh pengertian yang lebih jelas dan terperinci tentang latar belakang pemikiran-pemikiran perencanaan tersebut.
3. Where, menanyakan hal yang berhubungan dengan lokasi atau tempat rencana itu akan dilaksanakan. Hal ini mencakup letak, tata ruang tingkat pelaksanaan suatu rencana, dll
4. When, menanyakan hal yang berhubungan dengan waktu rencana itu kapan akan dilaksanakan. Hal ini akan mencakup prioritas fase-fase pencapaian, bahkan jangka pencapaian suatu tujuan dari rencana-rencana tersebut
5. Who, menanyakan siapa orang yang akan bertanggungjawab yang akan melaksanakan dan yang akan mengawasai. Hal ini mencakup juga wewenang dan tanggungjawab, hirarki, syarat-syarat personal, pembagian tugas, pengadaan tenaga, penempatan dan pembinaannya
6. How, menanyakan bagaimana cara melaksanakan kegiatan-kegiatan itu, mecakup sistem dan tata kerja, standar yang harus dipenuhi, iklim di sekitar lokasi, pembiayaan, dll
Organisasi pendidikan berbeda dengan organisasi lainnya, karena itu perencanaan pun berbeda dengan perencanaan yang lain. Perencanaan pendidikan dan pengajaran mempunyai karakteristik tersendiri, karena perencanaan pendidikan mempunyai keunikan dan kompleksitas yang tidak dimiliki oleh jenis perencanaan yang lainnya. Ciri-ciri tersebut diwarnai oleh pandangan terhadap pendidikan, karena yang menjadi masuknya adalah manusia, yang melakukan pendidikannya manusia, serta keluarannya juga manusia,
oleh sebab itu perencanaan pendidikan mempunyai ciri-ciri seperti yang dikemukakan oleh Fakry Gaffar. Yaitu :
1. Perencanaan pendidikan dan pengajaran harus mengutamakan nilai-nilai manusiawi, karena pendidikan itu membangun manusia yang harus mampu membangun dirinya dan masyarakat
2. Perencanaan pendidikan dan pengajaran harus memberikan kesempatan untuk mengambangkan segala potensi anak didik seoptimal mungkin
3. Perencanaan pendidikan harus memberikan kesempatan pendidikan yang sama bagi setiap anak didik
4. Perencanaan pendidikan dan pengajaran harus komprehensif dan sistematis dalam arti tidak parsial dan segmentaris tapi menyeluruh dan terpadu serta disusun secara logis dan rasional serta mencakup berbagai jenis dan jenjang pendidikan
5. Perencanaan pendidikan dan pengajaran haris berorientasi pada pembangunan, dalam arti bahwa program pendidikan haruslah ditujukan untuk mempersiapkan man power yang dibutuhkan oleh berbagai sektor pembangunan
6. Perencanaan pendidikan dan pengajaran harus dikembangkan dengan memperhatikan keterkaitannya dengan berbagai komponen pendidikan secara sistematis
7. Perencanaa pendidikan dan pengajaran harus menggunakan resources secermat mungkin, karena sumber-sumber yang tersedia adalah terbatas
8. Perencanaan pendidikan dan pengajaran harus berorientasi ke masa datang, karena pendidikan adalah proses jangka panjang dan jauh untuk menghadapi masa depan
9. Perencanaan pendidikan dan pengajaran harus kenyal dan responsif terhadap kebutuhan-kebutuhan yang berkembang di masyarakat yang tidak statis, tapi bersifat dinamis
10. Perencanaan pendidikan dan pengajaran haruslah merupakan sarana untuk mengembangkan inovasi pendidikan sehingga pembaharuan terus menerus berlangsung
Diposkan oleh JENAR JINGGA BUANA di 21.37
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Berbagi ke Google Buzz
pendidikan Perencanaan Pembelajaran



CIRI PERENCANAAN
Perencanaan yang baik, mempunyai beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan. Menurut Azwar (1996) ciri-ciri tersebut secara sederhana dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Bagian dari sistem administrasi
Suatu perencanaan yang baik adalah yang berhasil menempatkan pekerjaan perencanaan sebagai bagian dari sistem administrasi secara keseluruhan. Sesungguhnya, perencanaan pada dasarnya merupakan salah satu dari fungsi administrasi yang amat penting. Pekerjaan administrasi yang tidak didukung oleh perencanaan, bukan merupakan pekerjaan administrasi yang baik.

2. Dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan
Suatu perencanaan yang baik adalah yang dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Perencanaan yang dilakukan hanya sekali bukanlah perencanaan yang dianjurkan. Ada hubungan yang berkelanjutan antara perencanaan dengan berbagai fungsi administrasi lain yang dikenal. Disebutkan perencanaan penting untuk pelaksanaan, yang apabila hasilnya telah dinilai, dilanjutkan lagi dengan perencanaan. Demikian seterusnya sehingga terbentuk suatu spiral yang tidak mengenal titik akhir.

3. Berorientasi pada masa depan
Suatu perencanaan yang baik adalah yang berorientasi pada masa depan. Artinya, hasil dari pekerjaan perencanaan tersebut, apabila dapat dilaksanakan, akan mendatangkan berbagai kebaikan tidak hanya pada saat ini, tetapi juga pada masa yang akan datang.

4. Mampu menyelesaikan masalah
Suatu perencanaan yang baik adalah yamg mampu menyelesaikan berbagai masalah dan ataupun tantangan yang dihadapi. Penyelesaian masalah dan ataupun tantangan yang dimaksudkan disini tentu harus disesuaikan dengan kemampuan. Dalam arti penyelesaian masalah dan ataupun tantangan tersebut dilakukan secara bertahap, yang harus tercermin pada pentahapan perencanaan yang akan dilakukan.

5. Mempunyai tujuan
Suatu perencanaan yang baik adalah yang mempunyai tujuan yang dicantumkan secara jelas. Tujuan yang dimaksudkandi sini biasanya dibedakan atas dua macam, yakni tujuan umum yang berisikan uraian secara garis besar, serta tujuan khusus yang berisikan uraian lebih spesifik.

6. Bersifat mampu kelola
Suatu perencanaan yang baik adalah yang bersifat mampu kelola, dalam arti bersifat wajar, logis, obyektif, jelas, runtun, fleksibel serta telah disesuaikan dengan sumber daya. Perencanaan yang disusun tidak logis serta tidak runtun, apalagi yang tidak sesuai dengan sumber daya bukanlah perencanaan yang baik.

Tidak ada komentar: