View My Stats

Minggu, 26 Juni 2011

لغة الإعلام

العولمة الإعلامية وتأثيرها في لغة الإعلام


عزيزي الزائر لا يمكنك مشاهدة الرابط قبل التسجيل اضغط هنا للتسجيل
بسم الله الرحمن الرحيم
إن لغة الإعلام في عصر العولمة لا تستقر على حال، فهي في تطور مستمر لا يكون دائماً في خدمة اللغة, ومع ذلك فإننا لا نملك أن نعزل أنفسنا عن تيار العولمة، أو ننأى بلغتنا عن (الإعلام العولمي ) .ومهما كان حكمنا على العولمة، ومهما يكن رأينا فيها، فإنها تتيح فرصاً كثيرة لكل من يرغب في تطوير لغته، حيث تقدم الاقمار الاصطناعية والصحون اللاقطة والإنترنت والبريد الإلكتروني والحاسوب، كل ما من شأنه نشر اللغة العرب والحفاظ عليها بل والارتقاء بها.

ولكن في ظل هذه الثورةالعلمية والتقنية الواسعة في مجال وسائل الاتصال تظل الاخطار محدقة بلغة الضاد نتاج ما يقدم لهذا الجيل من ثقافات عربية.. ركيكة.. وسطحية بلهجات عامية محلية أو عربية هجينة تأثرت بالأنكليزية أو الفرنسية عبر الوسائط الإعلامية مثل التليفزيون والفيديو والإنترنت. الامر الذي من شأنه أن يدخل الفاظاً خاطئة أو جديدة على اللغة ويقدمها للناشئة كلغة صحيحة ومعتمدة لا غبار عليها وما ذلك إلا نتيجة ثقة المجتمعات وانبهارها بكل ما يقدم في وسائل الاعلام .
اللغة كائن حي يخضع لقانون النمو إنّ التطوّر أصلٌ أصيلٌ في حياة اللغة بما هي كائن اجتماعي، وأساس التطور هو الوجود البسيط أولاً، ثم النماء المترقي ثانياً، وخلال هذا الانتقال يتكون الكائن مترقياً، ويتغير تغيرات مندرجة إننا لا نفهم التطور بمعنى القطيعة مع التراث، والاقتلاع من الجذور، وتجاوز الأصول والثوابت. ولذلك فإنَّ الرأي الذي نعتمده في هذه القضية، هو تطور اللغة في إطار خصائصها وضوابطها، وبمنهجية يضعها اللغويون.

للتطور اللغوي مستويات..
المستوى الأول: تطوير اللغة من الداخل ، من خلال الاشتقاق والنحت والتجوز والتوليد والتعريب، وهذا الضرب من التطوّر بطيء بطبيعته.
أما المستوى الثاني: فهو تطوير اللغة من الخارج، ونقصد به التأثيرات الضاغطة التي تفرض التصرّف في اللغة قلباً وتحويراً، وحذفاً وإضافة، وإفساداً وتشويهاً وهذا الضرب من التطور قَسْريٌّ وقهريٌّ، لأنه مفروض بقوة الواقع، أو تحت تأثير غزو فكري يستصحب غزواً لغوياً.
ولم تعرف اللغة العربية عبر تاريخها الطويل ما تعرفه اليوم من سرعة في النموّ، واندفاع في التطوّر لأسباب متعددة، لعلَّ أقواها تأثيراً، النفوذ الواسع الذي تمتلكه وتمارسه وسائل الإعلام المقروءة والمسموعة والمرئية
كما أن العلاقة بين اللغة والإعلام لا تسير دائماً في خطوط متوازية, فالطرفان لا يتبادلان التأثير، نظراً إلى انعدام التكافؤ بينهما فقلما تفرض اللغة نفسها على الإعلام، وإنما الإعلام هو الذي يهيمن على اللغة، ويقتحم حرمها، وينال من مكوّناتها ومقوماتها، فتصبح أمام عنفوانه وطغيانه، طيّعة لينة، تسير في ركابه، وتخضع لإرادته، وتخدم أهدافه، ولا تملك إزاءه سلطة ولا نفوذاً.
ونتيجة لأسباب وعوامل كثيرة، اقتصادية وسياسية وثقافية، انتهى الأمر إلى ضعف اللغة العربية وهيمنة اللهجات العامية المحلية عليها،وقد ترتَّب على هذا الوضع الذي وصلت إليه اللغة العربية، أن دخلت عصر الإعلام الواسع الانتشار، وهي تعاني من ضعف المناعة، مما أدَّى إلى هجوم مكتسح وغزو جارف لما يطلق عليه (لغة الإعلام)، على اللغة الفصحى، فوقع تداخل بين اللغتين الفصيحة والعامية، تولَّدت عنه لغة ثالثة هجينة ما لبثت أن انتشرت على نطاق واسع والتي صارت لغة الإعلام المعتمدة.
وقد تميزت هذه اللغة بأنها واسعة الانتشار انتقل بها الحرف العربي إلى آفاق بعيدة، ولكن الخطورة هنا، تكمن في أنها تحل محل الفصحى، وتنتشر بما هي عليه من ضعف وفساد باعتبارها اللغة العربية التي ترقى فوق الشك والريبة. وبذلك تكتسب هذه اللغة الجديدة (مشروعية الاعتماد)، ويخلو لها المجال، فتصير لغة الحياة التي لا تزاحمها لغة أخرى من جنسها أو من غير جنسها وهنا تكمن الخطورة.

ولكن هذه الخطورة لا تمنع من معالجة الخلل وتطهير البيئة اللغوية من التلوث، وإفساح المجال أمام تنمية لغوية يُعاد فيها الاعتبار إلى الفصحى، وتستقيم فيها حال اللغة، بحيث تقوم العلاقة بينها وبين الإعلام على أساس سليم، فيتبادلان التأثير في اعتدال وفي حدود معقولة، فلا يطغى طرف على آخر,بحيث تبقى اللغة محتفظة بشخصيتها، ويظل الإعلام يؤدي وظيفته في التنوير والتثقيف والترفيه النظيف، فيتكامل الطرفان وينسجمان،فتصبح اللغة في خدمة الإعلام، ويصبح الإعلام داعماً لمركز اللغة وما تدريس مادة باسم اللغة الاعلامية لطلاب كلية الاعلام في جامعة صنعاء إلا خطوة عملية مهمة في طريق خلق هذا التوازن في ظل عشوائية العولمة.

و في هذا الصدد يطمئننا الدكتورعبد الهادي التازي بأن اللغة العربية كانت لتبقى، ولن تستطيع حضارة من الحضارات أن تُبعدها عن الساحة ما دمنا نعمل نحن على تطويرها وازدهارها وحسن استعمالها. وما دمنا جادّين في ملاحقة الجديد من القول لإغنائها بذلك الجديد، وكلّنا يعرف أنها أي اللغة العربية قادرة على استيعاب كل المميزات وكل الخصوصيات وقادرة كذلك على أن تسهم هي بدورها في مساعدة اللغات الحضارية الأخرى ... الأمر يتطلب فقط أن نقوم بالخطوات الأولى وأن نؤمن بأنَّ وجود غيْرنا معنا لا يمكن أن ينال من عزيمتنا وتصميمنا.





























Media Globalisasi Dan Dampaknya Terhadap Bahasa Media


[Dear Pengunjung Anda tidak dapat melihat link sebelum Anda harus mendaftar Klik disini untuk mendaftar]
Dalam nama Allah yang Maha Penyayang

Bahasa media dalam era globalisasi tidak penyelesaian kasus ini, itu dalam evolusi konstan tidak selalu dalam pelayanan bahasa, namun kita tidak mampu untuk mengisolasi diri dari gelombang globalisasi, atau memisahkan bahasa kami untuk (media global). Apapun menilai globalisasi, tidak peduli seberapa ada pendapat pada mereka, mereka menawarkan banyak kesempatan bagi mereka yang ingin mengembangkan bahasa mereka sendiri, dan menawarkan hidangan satelit dan satelit, internet dan e-mail dan komputer, semua anda bisa menyebarkan bahasa Arab dan mempertahankan dan bahkan meningkatkan mereka.

Tetapi di bawah ini Rpalalmip dan pengalaman luas dalam sarana teknis komunikasi tetap menjadi bahasa bahaya menjulang produk Daad diajukan untuk generasi ini budaya Arab .. Broken .. Dan dialek lokal yang dangkal atau hibrida Arab sehari-hari dipengaruhi oleh bahasa Inggris atau Perancis melalui media seperti televisi dan video dan Internet. , Yang kemungkinan akan memasukkan menjerit salah atau bahasa baru dan disediakan bagi pemuda sebagai benar dan tidak didukung oleh debu dan hanya hasil dari kepercayaan dari masyarakat dan Anbharha semua yang ditawarkan di media.

Organisme Bahasa adalah tunduk pada hukum pertumbuhan
Pembangunan di luar kehidupan bahasa asli adalah obyek, termasuk pengembangan sosial dan dasar adalah adanya sederhana pertama, maka pembangunan progresif Kedua, selama masa transisi ini terdiri dari objek Mitrkie, perubahan dan perubahan sebagai jatuh. Kami tidak mengerti arti kerenggangan dengan perkembangan warisan, dan mencabut akar, dan mengatasi aset dan konstanta. Oleh karena itu, pendapat yang kita mengadopsi dalam hal ini, adalah evolusi bahasa dalam konteks karakteristik dan kontrol, dan metodologi yang ditetapkan oleh ahli bahasa.


Evolusi tingkat linguistik ..

Tingkat pertama: perkembangan bahasa dari dalam, melalui derivasi, patung, Altjoz dan kebidanan dan Arabisasi, dan ini jenis pembangunan lambat di alam.
Tingkat kedua: itu adalah perkembangan bahasa dari luar, dan kami berarti efek dari kekuatan menekan bertindak dalam bahasa jantung dan modifikasi, dan menghapus, dan menambahkan, dan kerusakan dan distorsi, dan ini jenis pembangunan koersif dan kompulsif, karena memberlakukan efek yang kuat, atau di bawah pengaruh invasi invasi Istsahb intelektual linguistik.

Tidak tahu bahasa Arab melalui sejarah panjang, apa yang Anda ketahui hari ini di kecepatan pertumbuhan, gelombang dalam pembangunan karena beberapa alasan, mungkin pengaruh paling kuat, berpengaruh, yang dimiliki dan dipraktekkan oleh media cetak dan penyiaran.

Hubungan antara bahasa dan media tidak selalu berjalan dalam garis paralel, memiliki kedua belah pihak tidak mempengaruhi nilai tukar, karena kurangnya paritas antara dua jarang memaksakan bahasa yang sama pada media, tetapi media didominasi oleh bahasa, dan masukkan kampus, dan merusak komponen dan komponen-komponennya, menjadi di depan karisma mereka dan tirani , lembut compliant, terjadi di para penumpang, dan tunduk pada kehendak-Nya, dan melayani tujuan, tidak memiliki kekuatan atau pengaruh untuk itu.

Sebagai akibat dari penyebab dan banyak faktor, ekonomi, politik dan budaya, itu berakhir sampai kelemahan dari bahasa Arab dan dominasi dialek lokal dan yang mungkin Hasil dari situasi yang telah mencapai bahasa Arab, yang memasuki usia media, luas, dan menderita dari kekebalan yang lemah, yang menyebabkan serangan itu kewalahan dan invasi dari (informasi bahasa) menyapu apa yang disebut, bahasa klasik, dan ia menandatangani tumpang tindih antara kedua bahasa dan kefasihan bahasa sehari-hari, menghasilkan hibrida bahasa ketiga itu segera menyebar luas dan yang telah menjadi bahasa media terakreditasi.

Bahasa ini telah ditandai sebagai luas digerakkan oleh huruf Arab ke cakrawala jauh, tetapi resiko di sini adalah bahwa hal itu menggantikan klasik, dan menyebarkan apa yang lemah dan korupsi sebagai bahasa Arab untuk mengatasi keraguan dan kecurigaan. Jadi, mendapatkan ini bahasa baru (legalitas akreditasi), dan tanpa bidangnya, dan menjadi bahasa hidup yang tidak bersaing dengan bahasa lain dari seks atau gender, dan di sini terletak bahaya.

Tapi risiko ini tidak mencegah dia dari menangani ketidakseimbangan dan membersihkan lingkungan dari pencemaran bahasa, dan untuk memungkinkan pengembangan bahasa dimana re-pertimbangan kepada klasik, tegak dalam hal bahasa, sehingga hubungan antara mereka dan media atas dasar suara, pengaruh Vibadlan di moderasi dan dalam waktu yang wajar, tidak mendominasi pihak atas yang lain, sehingga tetap bahasa mempertahankan kepribadian, dan masih media melakukan pekerjaan dalam pendidikan, Pencerahan dan hiburan yang bersih, pihak Wejtkaml dan Insjman, menjadi bahasa dalam pelayanan informasi, dan media menjadi pendukung dari Pusat Bahasa dan mengajar atas nama informasi bahasa untuk mahasiswa Fakultas Informasi di Universitas Sanaa, tetapi langkah praktis penting dalam cara menciptakan keseimbangan dalam cahaya ini globalisasi acak.

Dan dalam hal ini adalah meyakinkan Acanutorabd Hadi Al-Tazi
Bahwa bahasa Arab adalah untuk tinggal, tidak akan mampu peradaban peradaban bahwa jarak dari adegan selama kita bekerja pada pengembangan dan kemakmuran dan penggunaan yang baik. Selama kita serius dalam mengejar baru untuk mengatakan untuk memperkaya baru ini, dan kita semua tahu itu pun bahasa Arab mampu menampung semua fitur dan semua privasi dan juga mampu memberikan kontribusi pada gilirannya membantu dalam bahasa lain budaya ... Hal ini membutuhkan hanya bahwa kita adalah langkah pertama dan percaya bahwa keberadaan orang lain dengan kita tidak bisa mengurangi kemauan dan tekad.
باراك أوباما

ولد في مركز كابيئولاني الطبي للنساء والأطفال في هونولولو بهاواي في الولايات المتحدة[1] للأمريكية من أصل إنجليزي[2][3][4] ستانلي آن دونهام [5] والكيني باراك أوباما الأب والذين التقيا في عام 1960 خلال دورة تدريبية في اللغة الروسية في جامعة هاواي في مانوا، حيث كان والده طالبا أجنبيا يدرس من خلال منحة دراسية[6][7]، وكانا قد تزوجا في 2 فبراير 1961، [8] وانفصل والداه عندما كان عمره عامين، وتطلقا في عام 1964.[7] عاد والد أوباما إلى كينيا بعدها، وشاهد ابنه مرة واحدة فقط قبل أن يموت في حادث سيارة عام 1982[9].
بعد طلاقهما تزوجت والدته من الطالب الإندونيسي لولو ستورو الذي كان يدرس بالكلية في هاواي. وعندما تولى سوهارتو حكم إندونيسيا في عام 1967 قام باستدعاء جميع الطلاب الذين يدرسون في الخارج لإندونيسيا، وانتقلت الأسرة إليها[10]. وفي فترة من عمر ست سنوات حتى العاشرة التحق بالمدارس المحلية في جاكرتا، بما في ذلك مدرسة بيسوكي العامة، ومدرسة سانت فرانسيس أسيسي.
في عام 1971، عاد إلى هونولولو للعيش مع جدته لأمه مادلين دونهام وستانلي آرمور دونهام، والتحق بمدرسة بونهاو، وهي كليه إعدادية خاصة من الصف الخامس وحتى تخرجه من المدرسة الثانوية في عام 1979[11].
عادت والدته إلى هاواي في عام 1972 وبقيت هناك حتى عام 1977 عندما انتقلت إلى إندونيسيا للعمل كأنثروبولوجية ميدانية. وفي النهاية عادت إلى هاواي في عام 1994 وعاشت هناك لمدة سنة واحدة قبل أن تموت بسرطان المبيض[12].
وقد أشار إلى ما يتذكره عن مرحلة الطفولة المبكرة قائلا: "إن والدي لم يبدوا أبداً مثل الناس من حولي حيث أنه كان شديد السواد، ووالدتي بيضاء كالحليب ولكن لم يُثر ذلك انتباهي ولم يسجله ذهني"[13] ووصف كفاحه من أجل التوفيق بين المفاهيم الاجتماعية المتعددة الأعراق لهذا التراث المتشعب في مرحلة الشباب خلال سنوات تكوين الفكر في هونولولو وكتب أوباما:[14]. "إن الفرصة التي سنحت لى في هاواي للتعايش مع مجموعة متنوعة من الثقافات في جو من الاحترام المتبادل أصبح جزءا لا يتجزأ من نظرتى للعالم، وأساسا للقيم اللتى أعتز بها"[15] اوباما كتب وتحدث عن تجربته مع الكحول والماريجوانا والكوكايين خلال سنوات المراهقة "لمحاوله نسيان الأسئله التي تجول بخاطرى بخصوص الهوية"[16] وفي عام 2008 خلال المنتدى المدني للرئاسة تحدث عن فترة الثانوية وتجربة المخدرات باعتبارها "أكبر فشل أخلاقي"[17].
في أعقاب انتهائه من المدرسة الثانوية انتقل إلى لوس أنجلوس في عام 1979 للالتحاق بكلية اوكسيدنتال[18]، وفي عام 1981 انتقل إلى جامعة كولومبيا في مدينة نيويورك حيث تخصص في العلوم السياسية مع تخصص في العلاقات الدولية،[19] وتخرج وحصل على البكالوريوس في عام 1983. وعمل لمدة عام في شركه المؤسسة الدولية[20][21]، ثم في نيويورك لمجموعة البحث من أجل المصلحة العامة[22][23].
بعد أربع سنوات في مدينة نيويورك انتقل إلى شيكاغو، حيث عين مديراً لمشروع المجتمعات النامية (DCP)، وهي جمعية اجتماعيه تابعة للكنيسة ومقرها في الأصل يتألف من ثمانية أبرشيات كاثوليكية في منطقة روزلاند على حدود شيكاغو بأقصى الجنوب، حيث عمل هناك كمنظم اجتماعي من يونيو 1985 إلى مايو 1988[22][24]، وخلال تلك الثلاث سنوات تضاعف عدد الموظفين بنسبة واحد إلى ثلاثه عشر وارتفعت ميزانيتها السنوية من 70،000 دولار إلى 400،000 دولار. وساعد في إنشاء برنامج تدريبي وبرنامج تحضيري للتدريس بالكلية، وأيضا في إنشاء جمعية حماية حقوق الملاك في التجيلد جاردينز[25]، كما عمل كخبير استشاري ومدرب لمؤسسة جاماليل، وهو معهد اجتماعي وتنظيمي[26]. وفي منتصف عام 1988 سافر للمرة الأولى إلى أوروبا لمدة ثلاثة أسابيع، ثم لمدة خمسة أسابيع إلى كينيا حيث إلتقى بالعديد من أقارب والده للمرة الأولى[27]، وعاد في أغسطس 2006 لزيارة مسقط رأس والده وهي قرية بالقرب من مدينة كيسومو غرب كينيا في المناطقة الريفية[28].

في يوليو من عام 2004 كتب وألقى الخطاب الرئيسي في المؤتمر الوطني الديمقراطي لعام 2004 في بوسطن، ماساتشوستس[56]، وبالرغم من أنها لم تذاع على الهواء من قبل الثلاث شبكات الرئيسية لبث الأخبار وصل عدد الذين شاهدوا الخطاب إلى 9.1 مليون قاموا بمشاهدته في خطابه الذي سلط الضوء على هذا المؤتمر ورفع مكانته ليكون النجم الساطع في الحزب الديمقراطي[57].
وكان من المتوقع أن يواجه الفائز الجمهوري الرئيسي جاك رايان في الانتخابات العامة، ولكنه انسحب من السباق في يونيو 2004[58]، وبعد ذلك بشهرين قبل ألان كييس ترشيح الحزب الجمهوري عن إلينوي ليحل محل ريان[59]. وفي الانتخابات العامة في نوفمبر 2004 فاز أوباما بنسبة 70% من الأصوات أمام كييس الذي حصل على 27%، وهو أكبر هامش فوز لسباق انتخابي في تاريخ ولاية إلينوي[60][61].
في ديسمبر من عام 2006 وقع الرئيس جورج و. بوش على قانون لإغاثة جمهورية الكونغو الديموقراطية والأمن وتعزيز الديمقراطية، وهي من أول القوانين الفدرالية التي كان أوباما الراعي الرئيسي له [79]. وفي يناير 2007 قام مع السيناتور فينجولد بتقديم قانون إعانه توفير طائرة لأمين القيادة والحكومة الحرة والذي تم التوقيع عليه ليصبح قانونا في سبتمبر 2007[80]، كما عرض [[قانون منع الممارسات المخادعة وقانون منع إرهاب الناخبين، ومشروع قانون لتجريم الممارسات الخادعة في الانتخابات الاتحادية،[81] وقانون منع التصعيد لحرب العراق عام 2007[82]، ولكن لم يتم توقيع أى منهم ليصبح قانون.
في وقت لاحق من عام 2007 تم إجراء تعديل برعايته على قانون تفويض الدفاع من أجل إضافة ضمانات للتصريف من الخدمة العسكرية لمن يعانون من الاضطراب الشخصي[83]، وهذا التعديل وافق عليه مجلس الشيوخ بأكمله في عام 2008[84]. وساند أيضاً قانون السماح بفرض عقوبات على إيران حتى يكون من الممكن تصفية صناديق المعاشات من صناعة النفط والغاز لإيران التي لم تنتقل لللجنة، وشارك في تقديم تشريع للحد من مخاطر الإرهاب النووي[85][86]. وقام أيضاً برعاية تعديل مجلس الشيوخ لبرنامج تأمين صحى للأطفال الذي يسمح بتوفير حمايه لمدة سنه من العمل لأفراد الأسرة التي ترعى الجنود المصابين خلال الحرب[87].
من أبريل إلى أكتوبر 1992، قام أوباما بإدارة مشروع التصويت بإلينوي وهى حملة لتسجيل الناخبين وعمل معه طاقم مكون من عشرة عامليين و 700 من المتطوعين، إذ حققت هدفها وقامت بتسجيل 150،000 من إجمالى 400،000 أميركي أفريقي غير مسجل في الدولة، وأدت إلى ادراج اسم أوباما في قائمة شركة كرين بشيكاغو في عام 1993 لمن هم "أقل من أربعين" وقد يحتلون مناصب قيادية.[35][36].

ولمدة إثني عشر عاما عمل كأستاذ للقانون الدستوري في كلية الحقوق بجامعة شيكاغو كمحاضر من عام 1992 حتى عام 1996، وبوصفه أحد كبار المحاضرين في الفترة من 1996 إلى 2004[37]. وكان في عام 1993 قد التحق بشركة ديفيس مينر جالند وبارنهيل للمحاماه، وهي مكونه من اثني عشر محاميا متخصصا في الحقوق المدنية وفى تطوير الأحياء اقتصادياً، حيث كان أحد الشركاء لمدة ثلاث سنوات في الفترة من 1993 إلى 1996، ثم محام استشارى من 1996 إلى عام 2004، حيث أصبحت رخصته للمحاماه غير سارية في عام 2002[38].

في مايو 2002 قام بتنظيم استطلاع للرأي لتقييم احتمالات فوزه بمقعد في مجلس الشيوخ عام 2004، وقام بإنشاء لجنة للحملة الانتخابية ثم بدأ في جمع الأموال واختار السياسي والإعلامي ديفيد أكسلرود وبحلول شهر أغسطس من عام 2002، وأعلن رسميا ترشيح نفسه في يناير من عام 2003[51]، بعد اتخاذ قرار من قبل بيتر فيتزجيرالد وسلفه الديموقراطي كارول موسلي براون بعدم الاشتراك في سباق الانتخابات، ساعد هذا على فتح باب المنافسة بشكل واسع أمام الديمقراطيين والجمهوريين ليشترك خمسة عشر مرشحا[52]، وعزز أكسلرود ترشيح أوباما خلال الحملة الإعلانية بضم صور لرئيس بلدية شيكاغو الراحل هارولد واشنطن، وإقرار من جانب ابنة سيناتور إلينوي الراحل بول سايمون[53]. فاز في الانتخابات التمهيدية في مارس 2004 فوزا ساحقا وغير متوقع بجموع نسبة 53% من الأصوات ليتصدر سبع مرشحين وبفارق 29% من أقرب منافس ديمقراطي له، والتي جعلت منه نجم صاعد بين ليلة وضحاها في الحزب الديموقراطي، وبدأت التكهنات حول مستقبله الرئاسي[54][55].






















Barack Obama



Lahir di pusat Kabiiola Medis Perempuan dan Anak di Honolulu, Hawaii di Amerika Serikat [1]-Amerika Inggris [2] [3] [4] Stanley Ann Dunham [5] dan Kenya Barack Obama Sr, yang bertemu pada tahun 1960 selama sesi pelatihan dalam bahasa Rusia di Universitas Hawaii di Manoa, dimana ayahnya adalah seorang mahasiswa asing belajar melalui pemberian beasiswa [6] [7], dan mereka menikah pada tanggal 2 Februari, 1961 [8] dan dipisahkan orangtuanya ketika ia berumur dua tahun, dan bercerai pada tahun 1964 [7]. kembali Ayah Obama dan kemudian ke Kenya dan melihat anaknya hanya sekali sebelum meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1982 [9].

Setelah perceraian mereka dan ibunya menikah dengan mahasiswa Indonesia Lolo Storo yang sedang belajar kuliah di Hawaii. Ketika ia mengambil Suharto memerintah Indonesia pada tahun 1967, ia memanggil semua siswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, dan keluarga pindah ke [10]. Dalam jangka waktu enam tahun sampai kesepuluh bergabung dengan sekolah-sekolah lokal di Jakarta, termasuk sekolah Bisoki Public School, St Fransiskus dari Assisi.

Pada tahun 1971, ia kembali ke Honolulu untuk tinggal bersama neneknya kepada ibunya, Madeleine Dunham dan Stanley Armour Dunham, dan bergabung dengan sekolah Bunhao, sebuah perguruan tinggi swasta sekolah persiapan dari kelas lima sampai lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1979 [11].

Dan ibunya kembali ke Hawaii pada tahun 1972 dan tinggal di sana hingga 1977 ketika ia pindah ke Indonesia untuk bekerja di lapangan Kontherobologip. Pada akhirnya, ia kembali ke Hawaii pada tahun 1994 dan tinggal di sana selama satu tahun sebelum ia meninggal karena kanker ovarium [12].

Dia menunjuk apa yang ia ingat tentang anak usia dini, dengan mengatakan: "Ayah saya tampaknya tidak pernah seperti orang di sekitar saya, seperti yang hitam, dan ibuku putih seperti susu, tapi tidak mengangkat bahwa perhatian saya tidak dicatat pikiran saya" [13] menggambarkan perjuangan untuk mendamaikan konsep sosial warisan multi-etnis http pada tahap pemuda selama tahun-tahun formatif pemikiran di Honolulu dan Obama menulis: [14]. "Kesempatan yang saya harus di Hawaii untuk hidup dengan berbagai budaya dalam suasana saling menghormati menjadi bagian integral dari pandangan saya tentang dunia, dan dasar nilai-nilai yang diterima dan aku bangga terhadap mereka" [15] Obama menulis dan berbicara tentang pengalamannya dengan alkohol, ganja dan kokain selama masa remaja "untuk mencoba Lupakan pertanyaan-pertanyaan bahwa pikiran saya mengembara tentang identitas "[16] Pada tahun 2008 selama Forum Sipil untuk presiden berbicara tentang eksperimentasi sekunder dan obat-obatan sebagai" kegagalan moral terbesar "[17].

Menyusul berakhirnya SMA ia pindah ke Los Angeles pada tahun 1979 untuk menghadiri Occidental College [18], dan pada tahun 1981 pindah ke Universitas Columbia di New York City di mana ia mengambil jurusan ilmu politik dengan spesialisasi dalam hubungan internasional, [19] dan lulus dan menerima gelar sarjana di bidang 1983. Dan bekerja selama setahun di sebuah perusahaan yang IDA [20] [21], dan kemudian di New York untuk kelompok penelitian untuk kepentingan umum [22] [23].

Setelah empat tahun di New York City pindah ke Chicago, di mana ia diangkat Manajer Proyek untuk mengembangkan masyarakat (DCP), sebuah asosiasi sosial milik Gereja, berdasarkan awalnya terdiri dari delapan paroki Katolik di Roseland di perbatasan Chicago, yang paling Selatan, di mana ia bekerja sebagai pengelola komunitas dari Juni 1985 untuk Mei 1988 [22] [24], dan selama tiga tahun, dua kali lipat jumlah staf dengan 1-13 dan anggaran tahunan meningkat dari $ 70.000 sampai $ 400.000. Dan membantu dalam pembentukan program pelatihan dan program persiapan untuk mengajar perguruan tinggi, dan juga dalam pembentukan asosiasi untuk melindungi hak-hak pemilik di surga Altgeld [25], juga bekerja sebagai konsultan dan pelatih untuk Yayasan Gamaliel, sebuah lembaga sosial dan organisasi [26]. Pada pertengahan 1988 ia melakukan perjalanan untuk pertama kalinya ke Eropa selama tiga minggu, maka untuk jangka waktu lima minggu untuk Kenya, di mana dia bertemu banyak kerabat dan ayahnya untuk pertama kalinya [27], dan kembali pada Agustus 2006 untuk mengunjungi tempat kelahiran ayahnya, sebuah desa dekat kota Kisumu di Kenya barat di Almnatqp pedesaan [28].

Pada bulan Juli tahun 2004, menulis dan menyampaikan pidato utama pada Konvensi Nasional Partai Demokrat 2004 di Boston, Massachusetts [56], meskipun hal itu tidak disiarkan di udara dengan berita tiga siaran jaringan utama, jumlah yang menyaksikan pidato menjadi 9,1 juta mereka menonton di nya menjelaskan konferensi ini dan meningkatkan perawakannya untuk menjadi bintang terang di Partai Demokrat [57].

Diharapkan untuk menghadapi pemenang utama Partai Republik Jack Ryan dalam pemilihan umum, tetapi menarik diri dari lomba pada bulan Juni 2004 [58], dan dua bulan kemudian sebelum Alan Keyes untuk nominasi Partai Republik Illinois untuk menggantikan Ryan [59]. Dalam pemilihan umum pada bulan November 2004, Obama memenangkan 70% suara untuk Keyes, yang menerima 27%, margin kemenangan terbesar bagi umat pemilu dalam sejarah Illinois [60] [61].

Pada bulan Desember 2006, ditandatangani oleh Presiden George W. Bush. Bush tentang Hukum Republik Demokratik Kongo Relief, Keamanan dan promosi demokrasi, salah satu hukum federal pertama bahwa Obama adalah sponsor utama [79] nya. Pada bulan Januari 2007 ia dan Senator Feingold untuk memberikan Manfaat UU untuk menyediakan pesawat kepada Sekretaris kepemimpinan dan pemerintah gratis, yang ditandatangani menjadi undang-undang pada bulan September 2007 [80], juga menampilkan UU [[pada praktek Pencegahan menipu dan hukum untuk mencegah intimidasi pemilih, dan tagihan untuk menjaring praktik penipuan dalam pemilihan federal , [81] dan hukum untuk mencegah eskalasi perang Irak di tahun 2007 [82], namun tidak ditandatangani salah satu dari mereka untuk menjadi hukum.

Kemudian di tahun 2007, amandemen yang disponsori oleh Undang-Undang Otorisasi Pertahanan menambahkan pengamanan untuk pelaksanaan tugas dari dinas militer bagi mereka yang menderita gangguan Profile [83], dan perubahannya ini, disetujui oleh Senat penuh pada tahun 2008 [84]. Hal ini juga mendukung hukum memungkinkan pengenaan sanksi terhadap Iran sehingga akan mungkin untuk menyaring dana pensiun dari industri minyak dan gas ke Iran, yang tidak pergi ke Ganp, dan undang-undang yang disponsori untuk mengurangi resiko terorisme nuklir [85] [86]. Ia juga mensponsori amandemen Senat untuk program asuransi kesehatan untuk anak-anak yang memungkinkan pemberian perlindungan selama satu tahun dari bekerja untuk anggota keluarga merawat tentara yang terluka selama perang [87].

Dari April sampai Oktober 1992, manajemen proyek untuk memilih Obama, Illinois, kampanye untuk mendaftar pemilih dan bekerja dengan kru sepuluh Aamliyn dan 700 relawan, yang dicapai tujuan dan telah login 150.000 Total 400 Afrika-Amerika tidak terdaftar di negara bagian, dan menyebabkan 000 pencantuman nama Obama dalam daftar Crane Perusahaan di Chicago pada tahun 1993 untuk mereka yang "kurang dari empat puluh" telah dalam posisi kepemimpinan [35] [36]..

Untuk jangka waktu dua belas tahun bekerja sebagai profesor hukum konstitusi pada Fakultas Hukum, Universitas Chicago dosen dari tahun 1992 sampai tahun 1996, dan sebagai dosen senior di periode 1996-2004 [37]. Saat itu pada tahun 1993, ia bergabung dengan Davis, Miner Jalnd dan Barnhill firma hukum, yang terdiri dari dua belas pengacara yang mengkhususkan diri dalam hak-hak sipil dan dalam mengembangkan lingkungan ekonomi, dimana ia menjadi partner untuk tiga tahun pada periode 1993 hingga 1996, maka konsultan pengacara 1996-2004 , dimana lisensi untuk menjadi sebuah firma hukum ini berlaku pada tahun 2002 [38].


Pada bulan Mei 2002, dia mengadakan sebuah jajak pendapat untuk menilai kemungkinan memenangkan kursi di Senat pada tahun 2004, dan pembentukan sebuah komisi untuk kampanye pemilu dan kemudian mulai mengumpulkan uang dan memilih Agustus politik dan media David Axelrod dan 2002, dan secara resmi mengumumkan pencalonannya pada Januari 2003 [51 ], setelah keputusan oleh Peter Fitzgerald dan pendahulunya, Demokrat Carol Moseley Braun untuk tidak berpartisipasi dalam lomba pemilihan, telah membantu untuk membuka pintu untuk kompetisi secara luas sebelum Demokrat dan Republik untuk berpartisipasi kandidat lima belas [52], dan diperkuat Axelrod, pencalonan Obama selama kampanye iklan untuk memasukkan foto Walikota Chicago dan Washington Harold terlambat, dan pengesahan oleh putri dari almarhum Senator Illinois Paul Simon [53]. Menang dalam pemilihan primer Maret 2004 menang telak dan orang banyak tak terduga 53% suara untuk memimpin tujuh kandidat dan perbedaan 29% dari pesaing terdekat demokratis dia, yang membuat dia bintang meningkat di kalangan semalam di Partai Demokrat, dan mulai spekulasi tentang masa presiden [54] [ 55].



عبد الرحمن واحد

هو أول رئيس منتخب بطريقة حرة والرئيس الرابع لإندونيسيا، اشتهر بتعاطفه مع الأقليات خاصة المسيحية والصينية، كما تزعم "نهضة العلماء" أكبر حركة دينية إسلامية في إندونيسيا.
ولد عبد الرحمن واحد في جزيرة جاوا سنة 1941 لأسرة عرفت بالتدين والمحافظة على التقاليد الإسلامية.
وبعد إتمام دراسته الأولى في إندونيسيا سافر إلى الجامع الأزهر بالقاهرة ليكمل تعليمه ومن ثم إلى العراق ليتم رحلته التعليمية في كندا.
هو أول رئيس منتخب بطريقة حرة والرئيس الرابع لإندونيسيا، اشتهر بتعاطفه مع الأقليات خاصة المسيحية والصينية، كما تزعم "نهضة العلماء" أكبر حركة دينية إسلامية في إندونيسيا.
كان واحد قبل توليه الرئاسة من الشخصيات الدينية والاجتماعية البارزة في إندونيسيا ونال احترام الملايين من الإندونيسيين، وقاد حركة "نهضة العلماء" أكبر تيار إسلامي في إندونيسيا إذ يبلغ عدد المسجلين في عضويتها وفق التقديرات الرسمية ثلاثين مليون شخص.
عانى - ولايزال - من أمراض عديدة، كما أصيب بأكثر من جلطة دماغية، وبسببها قال عنه مخالفوه إنه لا يحسن التفكير واتخاذ القرار فضلا عن سرعة التقلب في الآراء. كما يعاني واحد من ضعف شديد في بصره ألزمه الاستعانة بمساعدين للحركة حتى داخل بيته، بالرغم من أنه أجرى عملية بأشعة الليزر في الولايات المتحدة الأميركية.
وفي سبتمبر/ أيلول 1999 قرر واحد الدخول في سباق الرئاسة مما صدم الكثير من المراقبين فضلا عن الملايين من الإندونيسيين، غير أنه وبعد انسحاب الرئيس السابق حبيبي من الانتخابات الرئاسية قبل يوم واحد من موعد الاقتراع ثم انسحاب نائب حبيبي في رئاسة الحزب انحازت الأحزاب الإسلامية داخل البرلمان لصالح واحد أمام منافسته وصاحبة الأغلبية البرلمانية ميغاواتي سوكارنو لينتهي الأمر بفوزه بأغلبية أصوات أعضاء البرلمان يوم 20 أكتوبر/ تشرين الأول 1999م، وليصبح أول رئيس إندونيسي منتخب بديمقراطية حقيقية.
بعد فوزه بالرئاسة اختار واحد ميغاواتي نائبة له مما هدأ حدة غضب مؤيديها وأعضاء حزبها. وما أن أدى الرئيس واحد اليمين الدستورية حتى بدأت الأزمات والمشاكل تبرز أمام ناظريه الضعيفين، فزادت أحداث العنف الدموي بين المسلمين والمسيحيين في تيمور الشرقية وإيريان جايا وجزر مولوكو وكالمنتان ومناطق متفرقة من الأرخبيل الإندونيسي، إضافة إلى الأزمة الاقتصادية الخانقة والمطالبة الشعبية بمحاكمة الرئيس الأسبق سوهارتو وأركان حكمه بسبب تهم الفساد الموجهة ضدهم.
وأخيرا يواجه الرئيس واحد نفسه تهمة الفساد المالي في فضيحتين ماليتين يرى المراقبون احتمالية أن تجهز على حكم أول رئيس منتخب قبل أن تنتهي نصف مدة ولايته.

Abdurrahman Wahid



Apakah presiden terpilih pertama dalam bebas dan Presiden keempat Indonesia, dikenal karena simpati dengan kaum minoritas Kristen, khususnya Cina, seperti yang diklaim oleh "NU" gerakan keagamaan terbesar dalam Islam di Indonesia.

Ould Abdel Rahman dan satu di pulau Jawa pada tahun 1941 dari keluarga diketahui religiusitas dan tradisi Islam konservatif.

Setelah menyelesaikan studinya di Indonesia pertama kali melakukan perjalanan ke Masjid Al-Azhar di Kairo untuk menyelesaikan pendidikan dan kemudian ke Irak untuk pendidikan di Kanada.

Apakah presiden terpilih pertama dalam bebas dan Presiden keempat Indonesia, dikenal karena simpati dengan kaum minoritas Kristen, khususnya Cina, seperti yang diklaim oleh "NU" gerakan keagamaan terbesar dalam Islam di Indonesia.

Apakah satu sebelum presiden tentang tokoh agama dan sosial terkemuka di Indonesia dan memenangkan penghargaan dari jutaan orang Indonesia, memimpin gerakan, "NU" gerakan Islam terbesar di Indonesia sebagai jumlah yang terdaftar dalam keanggotaan menurut perkiraan resmi, tiga puluh juta orang.

Menderita - dan masih - banyak penyakit, juga melukai lebih dari stroke, dan karena Mkhalvoh berkata tentang dia bahwa dia tidak meningkatkan berpikir dan pengambilan keputusan serta volatilitas dalam konsensus. Dia juga menderita salah satu yang sangat lemah di mata Olzimh asisten dari gerakan ini, bahkan dalam rumah sendiri, meskipun dilakukan laser di Amerika Serikat.


Pada bulan September 1999 Masuknya satu di pemilihan presiden, yang mengejutkan banyak pengamat serta jutaan orang Indonesia, bagaimanapun, dan setelah penarikan Mantan Presiden Habibie dari pemilihan presiden satu hari sebelum tanggal pemilihan dan penarikan presiden Habibie Wakil dari partai berpihak pada partai Islam di parlemen demi satu di depan saingannya dan pemilik mayoritas parlemen Megawati Soekarno berakhir memenangkan suara mayoritas dari para anggota Parlemen pada 20 Oktober 1999 untuk menjadi Presiden terpilih secara demokratis pertama Indonesia adalah nyata.

Setelah memenangkan kursi kepresidenan dan memilih salah satu sebagai wakilnya, Megawati, temper unit marah pendukung dan anggota partainya.

Dan itu mengakibatkan Presiden Wahid dilantik sampai aku mulai krisis dan masalah berdiri di depannya lemah, meningkatkan peristiwa kekerasan berdarah antara Muslim dan Kristen di Timor Timur dan Irian Jaya dan Maluku dan Kalmntan dan bagian yang berbeda dari kepulauan Indonesia, selain krisis ekonomi dan permintaan populer untuk persidangan mantan Presiden Soeharto dan pilar-pilar pemerintahannya karena tuduhan korupsi terhadap mereka.

Dan akhirnya presiden menghadapi satu tuduhan korupsi keuangan yang sama dalam dua skandal keuangan pengamat melihat kemungkinan bahwa diproses pada pemerintahan presiden pertama yang dipilih sebelum akhir setengah dari durasi mandatnya.











معمر القذافي

هو معمَّر محمد القذافي ولد في العام 1942 رئيس الجماهيرية العربية الليبية. قائد ثورة الفاتح من أيلول (سبتمبر) 1969م التي أطاحت بالنظام الملكي في ليبيا. ولد القذافي في بلدة سرت. وكانت أسرته تعمل في الزراعة وتربية المواشي فترعرع في ظل ظروف قاسية. تخرج في الكلية الحربية عام 1965م برتبة ملازم ثم أوفد في بعثة إلى بريطانيا حيث تخرج في الأكاديمية الملكية العسكرية في سانت هيرست.
كان معمَّر محمد القذافي على رأس تنظيم الضباط الوحدويين الأحرار الذي أنهى الملكية في ليبيا وأعلن عن قيام الجمهورية العربية الليبية. رقي القذافي إلى رتبة عقيد ثم عين رئيسًا لمجلس الثورة ورئيسًا للوزراء وقائدًا عامًا للقوات المسلحة حتى مارس 1977م حين عيّنه مجلس الشعب العام المنعقد في سبها أمينًا عامًا لمؤتمر الشعب العام، وأعلن عن تغيير اسم الجمهورية العربية الليبية إلى الجماهيرية العربية الليبية الشعبية الاشتراكية. وطرح القذافي ما أطلق عليه النظرية العالمية الثالثة التي أورد شرحها في الكتاب الأخضر، وأعلن أن الهدف من الكتاب الأخضر هو تقديم الحلول للمشكلات السياسية والاقتصادية والاجتماعية التي يواجهها المجتمع الليبي.
عمل القذافي على تنمية ليبيا في قطاعات الزراعة والإصلاح الزراعي واستغل عائدات النفط في إنشاء كثير من المدارس والمستشفيات وتقديم الخدمات المجانية لكل المواطنين وتنفيذ مشروع النهر العظيم وهو خطة طموحة لنقل الماء العذب من قلب الصحراء إلى مدن الساحل.
عمل القذافي منذ بداية الثورة على إزالة القواعد الأجنبية؛ ففي مارس 1970م، دخل في مفاوضات مع المسؤولين الأمريكيين والبريطانيين كانت نتيجتها إزالة القواعد البريطانية من بنغازي وقاعدة العظم وطبرق كما سلّم الأمريكيون قاعدة هويلس بعد ثلاثة شهور.
وفي المجال العربي، أُعلن عن قيام القذافي بمحاولات وحدوية مع العديد من الدول العربية ولكن تلك المحاولات لم تترجم إلى واقع عملي. ومن تلك المحاولات على سبيل المثال:
 ميثاق طرابلس (ديسمبر1969م) وكان هدفه التنسيق الوحدوي بين ليبيا ومصر والسودان.
 إعلان بنغازي (سبتمبر 1971م) وكان هدفه إقامة اتحاد الجمهوريات العربية بين ليبيا ومصر وسوريا.
 إعلان الوحدة بين مصر وليبيا (1972م).
 إعلان الوحدة مع سوريا (1980م).
 إعلان الاتحاد بين المغرب وليبيا.
 الاتحاد المغاربي مع دول المغرب العربي (1989).

وفي المجال الدولي، وقفت ليبيا عام 1980م إلى جانب حكومة جيكونو عويدي في تشاد وأرسلت جيشها لتقديم الدعم له، إلا أن هذه القوات انسحبت من تشاد عام 1981م بطلب من الرئيس التشادي. أما علاقات ليبيا مع الولايات المتحدة فقد زادت توترًا عام 1980م عندما قامت القوات الأمريكية باستفزازات في خليج سرت فقامت القوات الليبية بإطلاق قذائفها عليها. وردت الولايات المتحدة على هذا الحادث وعلى حادث انفجار في أحد النوادي الليلية في برلين ادعت تورط ليبيا فيه. وتجدد النزاع في أوائل 1989م حين اتهمت الولايات المتحدة ليبيا بالتورط في إسقاط طائرتين أمريكيتين فوق البحر المتوسط. وبلغ التوتر بين الدولتين أوجه إثر اتهامات الولايات المتحدة لليبيا بتفجير الطائرة الأمريكية التي سقطت عام 1988م فوق لوكربي بأسكتلندا.

ونتج عن ذلك فرض عقوبات دولية على ليبيا، ومحاصرتها اقتصاديًا مما ترك أثرًا سيئًا على الوضع الاقتصادي الليبي، وبالتالي على مجمل مسيرة التنمية في هذا القطر، مما أوجد وضعًا مأساويًا لا يزال يلقي بظله على حياة الشعب العربي الليبي. وبعد أن أصدرت محكمة العدل الدولية بلاهاي في فبراير 1998م تأكيد اختصاصها بالنظر في قضية لوكربي، تبين للعالم تسرع مجلس الأمن في اتخاذ قرارات العقوبات ضد ليبيا بل وتبين، أيضًا، عدم التنسيق بين مؤسسات الأمم المتحدة وهذا ما ظلت تؤكده ليبيا منذ عام 1989م. وفي أبريل 1999م، سلمت ليبيا مواطنيها المتهمين في عملية تفجير الطائرة الأمريكية الأمين خليفة فحيمة وعبد الباسط المقراحي وتمت محاكمتهما في هولندا بوساطة محكمة أسكتلندية خاصة. وفي يناير 2001م، برأت المحكمة فحيمة وحكمت على المقراحي بالسجن مدى الحياة، وقد استأنف المقراحي الحكم. رفعت الأمم المتحدة عقوباتها على ليبيا مؤقتاً في العام نفسه.

نادى القذافي بالوحدة العربية وأعلن عن تمسكه بالدين الإسلامي وانتقد الشيوعية والرأسمالية على حد سواء وساند بعض الحركات الثورية في العالم وخاصة منظمة التحرير الفلسطينية.

وطد القذافي علاقاته بالدول الإفريقية خاصة بعد موقفها الجماعي من العقوبات الدولية، ونادى بقيام الولايات المتحدة الإفريقية عام 2000م. وفي القمة الإفريقية الاستثنائية التي عقدت في سرت بليبيا بدعوة من الرئيس القذافي أعلن عن قيام الاتحاد الإفريقي في الأول من مارس 2001م.












Muammar Gaddafi



Mohammed Muammar Gaddafi, lahir pada tahun 1942 Presiden Jamahiriya Arab Libya. Komandan Al-Fatih Revolusi September (September) tahun 1969 yang menggulingkan monarki di Libya. Gaddafi lahir di kota Sirte. Keluarganya bergerak di bidang pertanian dan peternakan Fterara dalam kondisi yang keras. Dia lulus dari Akademi Militer tahun 1965 dan kemudian dikirim letnan pada misi ke Inggris, di mana ia lulus di militer Royal Academy di Sandhurst.

Mohammed Muammar al-Gaddafi di kepala organisasi petugas, yang mengakhiri properti Unionis Liberal di Libya dan mengumumkan bahwa Republik Arab Libya. Dipromosikan Gaddafi dengan pangkat kolonel dan diangkat Ketua Dewan Revolusi dan perdana menteri dan panglima tertinggi angkatan bersenjata sampai Maret 1977, ketika ditunjuk oleh Dewan Rakyat Umum diselenggarakan di Sabha Sekretaris Jenderal Kongres Rakyat Umum, dan mengumumkan perubahan nama Republik Arab Libya ke Arab Libya Sosialis Rakyat Libia. Gaddafi dan bertanya apa yang disebut Universal Teori Ketiga, yang dikutip dijelaskan dalam Green Book, dan menyatakan bahwa tujuan dari Buku Hijau adalah untuk memberikan solusi untuk masalah-masalah politik dan masalah-masalah ekonomi dan sosial masyarakat Libya.

pekerjaan Gaddafi tentang perkembangan Libya di sektor pertanian dan reformasi agraria dan menggunakan pendapatan minyak dalam pendirian banyak sekolah dan rumah sakit dan memberikan pelayanan gratis untuk semua warga negara dan pelaksanaan proyek, sebuah sungai besar, rencana ambisius untuk mentransfer air tawar dari jantung gurun ke kota-kota pesisir.

pekerjaan Gaddafi sejak awal revolusi untuk menghapus pangkalan asing; Pada bulan Maret 1970, mengadakan negosiasi dengan para pejabat AS dan Inggris memiliki efek menghilangkan basis Inggris Benghazi dan tulang Tobruk dasar dan juga mengakui Howells pangkalan AS setelah tiga bulan.

Di daerah Arab, diumumkan oleh upaya Gaddafi kesatuan dengan negara-negara Arab banyak, tetapi mereka tidak mencoba diterjemahkan ke dalam kenyataan praktis. Salah satu upaya ini, misalnya:

 Piagam Tripoli (Desember 1969) adalah tujuan koordinasi kesatuan antara Libya dan Mesir dan Sudan.
 Benghazi Deklarasi (September 1971) dan bertujuan pada pembentukan Federasi Arab Republics antara Libya dan Mesir dan Suriah.
 deklarasi persatuan antara Mesir dan Libya (1972).
 deklarasi persatuan dengan Syria (1980).
 Deklarasi Uni antara Maroko dan Libya.
 Uni Maghreb dengan negara-negara Maghreb (1989).

Di bidang internasional, dan berdiri untuk Libya pada tahun 1980 bersama-sama dengan Pemerintah Jecono Oweidi di Chad, mengirimkan pasukan untuk mendukung dia, tetapi kekuatan-kekuatan ditarik dari Chad pada tahun 1981 atas permintaan Presiden Chad. Sebagai hubungan Libya dengan Amerika Serikat telah meningkatkan ketegangan pada tahun 1980 ketika pasukan Amerika di Teluk provokasi Sirte Libya muncul pasukan menembakkan rudal pada mereka. Amerika Serikat menanggapi insiden ini dan kebetulan ledakan di sebuah klub malam di Berlin dugaan keterlibatan Libya di dalamnya. Dan konflik baru di awal tahun 1989 ketika Amerika Serikat menuduh Libya terlibat dalam jatuhnya dua Amerika di atas Laut Mediterania. Ketegangan mencapai antara kedua negara berikut tuduhan aspek dari Amerika Serikat untuk pemboman Libya dari sebuah pesawat AS yang jatuh pada tahun 1988 diatas Lockerbie, Skotlandia.

Hal ini mengakibatkan pengenaan sanksi internasional terhadap Libya, dan pengepungan ekonomi, sehingga berdampak buruk pada situasi ekonomi Libya, dan dengan demikian pada proses pembangunan secara keseluruhan di negeri ini, yang menciptakan situasi tragis masih menimbulkan pertanyaan mengenai kehidupan orang Arab Libya. Setelah Mahkamah Internasional di Den Haag pada bulan Februari 1998, yurisdiksi untuk mengadili kasus Lockerbie, menunjukkan kecepatan dunia sampai Dewan Keamanan untuk mengambil keputusan sanksi terhadap Libya, tapi ternyata, juga, kurangnya koordinasi antara lembaga-lembaga PBB, dan ini telah dikonfirmasi oleh Libya sejak tahun 1989. Pada bulan April 1999, Libya menyerahkan warganya dituduh dalam pemboman pesawat AS-Amin Khalifa Fahima dan Abdel Basset al-Megrahi diadili di Belanda, dimediasi oleh pengadilan Skotlandia khusus. Pada bulan Januari 2001, Fahima dibebaskan, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup untuk al-Megrahi, Megrahi telah mengajukan banding putusan. Mengangkat sanksi PBB terhadap Libya sementara pada tahun yang sama.

Gaddafi menyerukan persatuan Arab dan mengumumkan komitmennya terhadap agama Islam dan mengkritik komunisme dan kapitalisme memiliki keduanya mendukung beberapa gerakan revolusioner di dunia, khususnya Organisasi Pembebasan Palestina.

Gaddafi konsolidasi hubungan dengan Afrika, khususnya setelah posisi kolektif sanksi internasional, dan menyerukan oleh Amerika Serikat di Afrika pada tahun 2000. Dalam KTT Afrika khusus yang diadakan di Sirte, Libya atas undangan Presiden Gaddafi mengumumkan bahwa Uni Afrika di pertama Maret 2001.



ملك فيصل بن عبد العزيز

تربى في بيت جديه لأمه الشيخ عبد الله بن عبد اللطيف آل الشيخ وهيا بنت عبد الرحمن آل مقبل التميمي وتلقى على يديهما العلم وذلك بعد وفاة والدته وهو بعمر السته شهور، وأدخله والده الملك عبد العزيز في السياسة في سن مبكر، حيث أرسلة في زيارات للمملكة المتحدة وفرنسا مع نهاية الحرب العالمية الأولى وكان وقتها بعمر 13 سنة، كما رأس وفد المملكة إلى مؤتمر لندن بعام 1939 حول القضية الفلسطينية والمعروف بمؤتمر المائدة المستديرة.
وعلى المستوى المحلي قاد القوات السعودية لتهدئه الوضع المتوتر في عسير وذلك في عام 1922. وفي عام 1925 توجه جيش بقيادته لمنطقة الحجاز، واستطاع تحقيق النصر والسيطرة على الحجاز، وفي عام 1926 عينه والده نائبًا عنه فيها (وكان هذا المنصب يشابه منصب، كما عين في عام 1927 رئيسًا لمجلس الشورى. وفي عام 1932 عين وزيرًا للخارجية بالإضافه إلى كونه رئيسًا لمجلس الشورى. كما إنه شارك في عام 1934 في الحرب السعودية اليمنية.
وأثناء توليه وزارة الخارجية طلب من الملك عبد العزيز قطع العلاقات الدبلوماسية مع الولايات المتحدة وذلك بعد قرار الأمم المتحدة القاضي بتقسيم فلسطين إلى دولتين، ولكن طلبه هذا لم يجاب.

وفي 9 أكتوبر 1953 أصدر والده الملك عبد العزيز أمرًا بتعيينه نائبًا أول لرئيس مجلس الوزراء بالإضافه إلى كونه وزيرًا للخارجية[2] وذلك بعد تعيين الأمير سعود رئيسًا للوزراء[2].

عانى الملك سعود في سنوات حكمة الأخيرة من أمراض متعددة منها آلام بالمفاصل وارتفاع ضغط الدم وكان ذلك يستدعيه الذهاب إلى الخارج للعلاج[4]، وبسبب الأمراض واشتدادها عليه فإن ذلك جعله لا يقوى على القيام بأعمال الحكم[4]، وإتسعت الخلافات بينها أكثر بتلك الفترة، وبسبب ذلك دعى الأمير محمد أكبر أبناء "الملك عبد العزيز" بعد "الملك سعود" وبعده إلى اجتماع للعلماء والأمراء عقد في 29 مارس 1964[4]، أصدر فيه العلماء فتوى تنص على أن يبقى الملك سعود ملكًا على أن يقوم هو بتصريف جميع أمور المملكة الداخلية والخارجية بوجود الملك في البلاد أو غيابه عنها[4]، وبعد صدور الفتوى أصدر أبناء الملك عبد العزيز وكبار أمراء آل سعود قرار موقع يؤيدون فيه فتوى العلماء وطالبوه فيه بكونه وليًا للعهد ورئيسًا للوزراء إلى الإسراع بتنفيذ الفتوى[4].

وفي اليوم التالي اجتمع مجلس الوزراء برئاسة النائب الأول لرئيس مجلس الوزراء الأمير خالد بن عبد العزيز واتخذو قرارًا بنقل سلطاته الملكية إليه وذلك استنادًا إلى الفتوى وقرار الأمراء[4]، وبذلك أصبح نائبًا عن الملك في حاله غيابه أو حضوره[4]. وبعد صدور هذا القرار توسع الخلاف بينه وبين أخيه "الملك"، الذي إزداد عليه المرض[4]، ولكل تلك الأسباب إتفق أهل الحل والعقد من أبناء الأسرة المالكة إن الحل الوحيد لهذه المسائل هو خلع الملك سعود من الحكم وتنصيبه ملكًا[4]، وأرسلوا قرارهم إلى علماء الدين لأخذ وجهه نظرهم من الناحية الشرعية[4]، فاجتمع العلماء لبحث هذا الأمر، وقرروا تشكيل وفد لمقابله الملك سعود لإقناعه بالتنازل عن الحكم، وأبلغوه إن قرارهم قد إتخذ وإنهم سيوقعون على قرار خلعه من الحكم وإن من الأصلح له أن يتنازل، إلا إنه رفض ذلك[4].
وفي 26 جمادى الآخرة 1384 هـ الموافق 1 نوفمبر 1964 اجتمع علماء الدين والقضاة، وأعلن مفتى المملكة محمد بن إبراهيم آل الشيخ إنه تم خلع الملك سعود بن عبد العزيز آل سعود من الحكم، وإنه سيتم مبايعة "الأمير فيصل" ملكًا[4]، وفي يوم 27 جمادى الآخرة 1384 هـ الموافق 2 نوفمبر 1964 بويع ملكًا[3][4].

في السياسة الداخلية
• في المجال الاقتصادي: عمل على الاستفادة من دخل النفط، حيث قام بمراجعة اتفاقية مناصفة الأرباح مع شركة أرامكو التي وجدها غير عادلة فطلب تعديل الاتفاقية، كما انتقلت الحكومة إلى دور المشاركة في اتفاقيات استغلال مكامن البترول إلى عدم منح امتيازات استثمارات البترول إلا لمؤسسة وطنية[3].

• في المجال الزراعي: قامت وزارة الزراعة بوضع برنامج شامل للبحث عن المياه وذلك بالاستعانة بشركات استشارية عالمية، وبدأت بتنفيذ هذا البرنامج بعام 1965[3]، كما عملت الوزارة على تحسين أساليب الزراعة وتطوير الثروة الحيوانية ومصائد الأسماك والمحافظة على الغطاء النباتي ومكافحة التصحر، ووجهت المزارعين إلى تحسين إنتاجهم الزراعي من التمور، وحثت القطاع الخاص على الاستثمار في تغليف التمور وحفظها[3]. وقامت الوزارة بمشاريع عديدة منها بناء سد جازان الذي أنجز بواسطة شركات أجنبية عام 1971[3]، وأيضًا أقامت مشروع الري والصرف في الأحساء الذي كان الهدف منه حفظ مياه العيون والآبار من الهدر، وحسن الاستفاده من المياه الزائدة[3]، وأيضًا إقامة سدود لحجز مياه الأمطار في أبها والمجمعة وعلى وادي حنيفة قرب الرياض[3]، كما أقامت الوزارة مشاريع زراعية في تبوك والجوف ووادي السرحان والقصيم والأفلاج ووادي بيشة ونجران[3]. كما أوعزت الوزارة للبنك الزراعي بتقديم قروض للمزارعين والصيادين لشراء المعدات اللازمة لهم على أن تسدد على أقساط طويلة الأجل وبدون فوائد[3].

• في مجال المواصلات: إمتدت في عهده شبكات الطرق الحديثة التي استعانت الحكومة بشركات عالمية لتنفيذها، وتم ربط المملكة بجيرانها مثل الأردن وسوريا والعراق والكويت[3]، كما تم الاهتمام بالطرق الزراعية التي تخدم القرى والمزارعين لتسويق منتجاتهم، كما تم التوسع في إقامة المطارات وتحسين القائم منها[3]، وتم اقتناء طائرات نفاثة للخطوط السعودية[3]، وتم إنشاء معهد للتدريب على الطيران المدني في جدة[3]، كما توسعت حركة الموانئ، حيث تم توسيع ميناء جدة، وأقيمت موانئ جديدة في ينبع وجازان[3].

في السياسة الخارجية
إهتم بالقضية الفلسطينية، وشارك في الدفاع عن حقوق فلسطين عالميًا، وظهر ذلك واضحًا عندما خطب في عام 1963 على منبر الأمم المتحدة حيث ذكر إن الشيئ الوحيد الذي بدد السلام في المنطقة العربية هو المشكلة الفلسطينية ومنذ قرار الأمم المتحدة بتقسيم فلسطين[3]. ومن سياسته التي اتبعها حول هذه القضية عدم الاعتراف بإسرائيل[3]، وتوحيد الجهود العربية وترك الخلافات بدلًا من فتح جبهات جانبية تستنفذ الجهود والأموال والدماء[3]، وإنشاء هيئة تمثل الفلسطينيين[3]، وإشراك المسلمين في الدفاع عن القضية[3].
وعلى الرغم من الخلافات بينه وبين الرئيس المصري جمال عبد الناصر، إلا إنه بعد حرب 1967 وعقد مؤتمر القمة العربية في الخرطوم تعهد بتقديم معونات مالية سنوية حتى تزول آثار الحرب على مصر[3]، كما إنه قرر مع عده دول عربية بقطع البترول أثناء حرب أكتوبر[3]. كما عمل على حل الخلاف بين السعودية ومصر حول القضية اليمنية[3].

وعلى المستوى الدول الأجنبية عمل على تنمية علاقات السعودية مع فرنسا خصوصًا بعد اتجاه الحكومة هناك إلى الوقوف بصف العرب ضد إسرائيل[3]. كما أعيد بعهده علاقات السعودية مع المملكة المتحدة بعد زيارته لها في يونيو من عام 1967[3]، وكانت تلك الزيارة تتويجًا لإعاده العلاقة والتي قطعت بعد العدوان الثلاثي على مصر عام 1956 وبدأت بالعوده تدريجيًا من عام 1963[3]. كما زار في مايو من عام 1966 الولايات المتحدة بدعوه رسمية من الرئيس الأمريكي ريتشارد نيكسون[3]، وقد تظاهر اليهود ضد زيارته[3]. كما إنه كان يرفض وجود أي علاقه أو تمثيل سياسي مع الدول الشيوعية[3] وذلك لأنه لا يريد السماح بظهور أي مبدأ يعارض الشريعة الإسلامية في السعودية[3].

اغتياله
في يوم الثلاثاء 25 مارس 1975[1] قام الأمير فيصل بن مساعد بن عبد العزيز آل سعود بإطلاق النار عليه وهو يستقبل وزير النفط الكويتي عبد المطلب الكاظمي في مكتبة بالديوان الملكي وأرداه قتيلًا، وقد إخترقت إحدى الرصاصات الوريد فكانت السبب الرئيسي لوفاته. ولم يتأكد حتى الآن الدافع الحقيقي وراء حادثة الاغتيال لكن هنالك من يزعم بأن ذلك تم بتحريض الولايات المتحدة والمملكة المتحدة بسبب سياسة مقاطعة تصدير البترول التي انتهجها في بداية السبعينات من القرن العشرين بعد حرب أكتوبر.















King Faisal bin Abdul Aziz



Dibesarkan di rumah kakek-neneknya kepada ibunya, Syaikh Abdullah Bin Abdul Latif Al-Sheikh, gadis Mari Abdul Rahman Al-masa depan-Tamimi diterima di tangan mereka bendera, setelah kematian ibunya pada usia enam bulan, dan memperkenalkan ayahnya, Raja Abdul Aziz dalam bidang politik di usia dini, yang kunjungan dikirim ke Inggris dan Perancis dengan akhir Perang Dunia I dan kemudian 13 tahun, juga memimpin delegasi Saudi ke konferensi London pada tahun 1939 tahun atas masalah Palestina, yang dikenal sebagai Meja Bundar.

Di tingkat lokal yang dipimpin oleh pasukan keamanan Saudi untuk menenangkan situasi yang tegang dalam sulit dan begitu pada tahun 1922. Pada tahun 1925, diarahkan tentara di bawah kepemimpinannya dari Hijaz, dan berhasil mencapai kemenangan dan pengendalian Hijaz, Pada tahun 1926 ayahnya mengangkatnya deputi yang telah (dan memiliki pekerjaan yang sama untuk memposting, diangkat pada tahun 1927 sebagai Ketua Dewan Syura Pada tahun 1932 ia. Diangkat sebagai Menteri Luar Negeri selain menjadi kepala Dewan Syura ini. juga terlibat pada tahun 1934 dalam perang Saudi-Yaman.

Selama masa jabatannya di Departemen Luar Negeri meminta Raja Abdul Aziz memotong hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat, menyusul keputusan PBB untuk membagi Palestina menjadi dua negara, tetapi meminta yang tidak akan dijawab.

Pada 9 Oktober 1953 yang diterbitkan oleh ayahnya King Abdul Aziz ditunjuk Deputi Pertama Perdana Menteri selain Menteri Luar Negeri [2], setelah pengangkatan Pangeran Saud, Ketua Menteri [2].

Menderita King Saud dalam tahun-tahun terakhir dari beberapa penyakit, termasuk nyeri sendi dan tekanan darah tinggi dan yang memanggil untuk pergi ke luar negeri untuk perawatan [4], dan karena penyakit dan intensifikasi itu, yang membuatnya tidak cukup kuat untuk melakukan pekerjaan pemerintah [4], dan memperluas perbedaan-perbedaan mereka selama periode tersebut , dan karena itu disebut untuk Prince Mohammed putra tertua, "King Abdul Aziz" setelah "Raja Saud," dan setelah pertemuan ilmuwan dan pangeran yang diadakan 29 Maret 1964 [4], ia dikeluarkan menyatakan para ilmuwan berpendapat bahwa sisa-sisa Raja Saud, Raja yang Hu adalah melakukan semua hal keberadaan Kerajaan internal dan eksternal dari raja di negara atau jauh dari dia [4], dan setelah penerbitan fatwa menerbitkan putra Raja Abdul Aziz dan lainnya senior Al Saud situs pangeran resolusi berpihak pada pendapat para ilmuwan dan menuntut itu sebagai putra mahkota dan perdana menteri untuk mempercepat pelaksanaan fatwa [4].

Pada hari setelah bertemu dengan Dewan Menteri yang dipimpin oleh Deputi Pertama Perdana Menteri, Pangeran Khalid bin Abdul Aziz dan keputusan Atakdhu untuk mentransfer harta kekuasaan kepadanya berdasarkan pendapat penasehat dan keputusan pangeran [4], dan dengan demikian menjadi wakil raja dalam ketidakhadirannya atau kehadiran [4]. Setelah dikeluarkannya keputusan ini memperluas perselisihan antara dia dan "Raja", yang meningkat oleh penyakit tersebut [4], dan semua alasan tersebut telah menyetujui orang-orang berpengaruh dari anak-anak dari keluarga kerajaan yang satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah pengendapan Raja Saud dari kekuasaan dan diinstal seorang raja [4], dan dikirim keputusan mereka untuk sarjana agama untuk mengambil sudut pandang dari aspek hukum [4], berkumpul para ilmuwan untuk membahas masalah ini, dan memutuskan untuk membentuk delegasi untuk bertemu dengan King Saud untuk membujuk dia untuk mengabaikan ketentuan, dan mengatakan kepadanya bahwa keputusan telah diambil dan bahwa mereka akan menandatangani keputusan untuk menyingkirkannya dari kekuasaan dan bahwa yang terbaik baginya untuk menyerah, Namun, ia menolak untuk melakukannya [4].

Pada tanggal 26 AH II Jumada 1384 yang berhubungan dengan November 1, 1964 bertemu dengan ulama dan hakim, dan mengumumkan Mufti Saudi bin Saudi Mohammed Ibrahim Al-Sheikh bahwa dia digulingkan King Saud bin Abdul Aziz Al Saud dari kekuasaan, dan akan bersumpah setia kepada "Pangeran Faisal" properti [4], dan pada 27 Jumada 1384 AH akhirat sesuai dengan 2 Nopember 1964 ia menjadi raja, [3] [4].


Dalam politik domestik

• Di bidang ekonomi: pekerjaan untuk mengambil keuntungan dari pendapatan minyak, yang meninjau perjanjian sama keuntungan dengan Aramco, yang kakeknya hanya diminta untuk mengubah Konvensi, karena pemerintah pindah ke peran partisipasi dalam Konvensi eksploitasi cadangan minyak bumi untuk tidak memberikan hak istimewa minyak investasi hanya untuk [lembaga nasional 3].

• Dalam bidang pertanian: Departemen Pertanian untuk mengembangkan sebuah pencarian yang komprehensif air dan menggambar pada perusahaan konsultan global, dan mulai pelaksanaan tahun ini program 1965 [3], sebagai pelayanan telah bekerja untuk memperbaiki metode pertanian dan pengembangan ternak dan perikanan dan pelestarian pengendalian vegetasi dan penggurunan, dan menarik petani untuk meningkatkan produksi pertanian mereka tanggal, dan mendesak sektor swasta untuk berinvestasi dalam kemasan tanggal dan menyimpan [3]. Departemen memiliki beberapa proyek termasuk pembangunan Jazan bendungan yang dilakukan oleh perusahaan asing, 1971 [3], dan juga mendirikan proyek irigasi dan drainase di Al-Ahsa, yang dimaksudkan untuk menghemat air mata air dan sumur limbah, dan memanfaatkan air yang baik kelebihan [3], dan juga pembentukan bendungan untuk buku air hujan dikumpulkan di Abha, dan di Wadi Hanifah dekat Riyadh [3], dan pelayanan yang telah mendirikan proyek-proyek pertanian di Tabuk, Al Jawf, Wadi Sirhan, Qassim dan mata air dan Wadi Bisha, Najran [3]. Saya juga menginstruksikan Departemen Pertanian Bank untuk memberikan pinjaman kepada petani dan nelayan untuk pembelian peralatan yang diperlukan bagi mereka untuk membayar premi pada jangka panjang, bebas bunga [3].

• Di bidang transportasi: diperpanjang di tahanan jaringan jalan, pemerintahan modern direkrut perusahaan internasional untuk implementasinya, telah dikaitkan dengan Kerajaan dengan negara tetangga seperti Yordania, Suriah, Irak dan Kuwait [3], juga telah minat pada metode pertanian melayani desa-desa dan petani untuk memasarkan produk mereka, juga telah ekspansi dalam administrasi bandara dan meningkatkan yang sudah ada [3], adalah akuisisi jet ke Saudi Arabian Airlines [3], adalah pembentukan sebuah lembaga pelatihan untuk penerbangan sipil di Jeddah [3], dan memperluas gerakan pelabuhan, di mana perluasan pelabuhan Jeddah, dan mendirikan pelabuhan baru di Yanbu dan Jizan [3].

Kebijakan asing

Merawat penyebab Palestina, dan berpartisipasi dalam membela hak-hak Palestina dunia, dan itu menunjukkan ketika dia berbicara pada tahun 1963 pada platform Perserikatan Bangsa-Bangsa di mana ia menyatakan bahwa satu-satunya yang menghancurkan perdamaian di kawasan Arab adalah masalah Palestina dan sejak keputusan dari partisi Bangsa-Bangsa Palestina [3]. Ini adalah kebijakan yang diikuti pada masalah non-pengakuan Israel [3], dan menyatukan upaya-upaya Arab dan meninggalkan perbedaan daripada membuka front sisi habis upaya, uang dan darah [3], dan pembentukan sebuah badan yang mewakili rakyat Palestina, [3], dan keterlibatan Muslim dalam pembelaan kasus [3].

Terlepas dari perbedaan antara dia dan Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, tetapi setelah perang 1967 dan penyelenggaraan KTT Arab di Khartoum menjanjikan bantuan keuangan tahunan sampai telah melewati dampak perang di Mesir [3], dan ia memutuskan dengan negara-negara Arab beberapa memotong minyak selama Perang Oktober [3]. Dia juga bekerja untuk menyelesaikan sengketa antara Arab Saudi dan Mesir tentang kasus Yaman [3].

Dan pada tingkat negara-negara asing yang bekerja pada pengembangan hubungan dengan Perancis, Arab Saudi, terutama setelah cara pemerintah di sana untuk melawan baris Arab Israel [3]. Lie adalah hubungan kembali Saudi dengan Inggris setelah kunjungan pada bulan Juni 1967 [3], dan itu adalah puncak dari kunjungan, membawa hubungan yang terpotong setelah agresi tripartit terhadap Mesir pada tahun 1956 dan secara bertahap mulai kembali pada tahun 1963 [3]. Ia juga mengunjungi Mei tahun 1966 Amerika Serikat atas undangan resmi U. S. Presiden Richard Nixon [3], orang Yahudi berdemonstrasi menentang kunjungan [3]. Dia juga menolak adanya hubungan atau representasi politik dengan negara-negara komunis [3] dan bahwa dia tidak ingin membiarkan munculnya suatu prinsip bertentangan dengan hukum Islam di Arab Saudi [3].

Pembunuhan

Pada Selasa, 25 Mar 1975 [1] Pangeran Faisal bin Asisten Bin Abdul Aziz Al Saud untuk menembak dia sebagai dia menerima Kuwait Menteri Perminyakan Abdul-Muthalib al-Kazimi di perpustakaan Pengadilan Royal dan menembak mati, adalah salah satu peluru menembus urat itu adalah penyebab utama kematiannya. Belum dikonfirmasi sejauh ini motif sebenarnya di balik pembunuhan itu tetapi ada orang yang mengklaim bahwa ini dihasut oleh Amerika Serikat dan Inggris karena kebijakan boikot dikejar oleh ekspor minyak bumi pada tahun tujuh puluhan awal abad kedua puluh setelah perang Oktober.

جامعة الأزهر

جامعة الأزهر هي المؤسسة الدينية العلمية الإسلامية العالمية الأكبر في العالم وثاني جامعة أنشأت في العالم بعد جامعة القرويين و هي توجد في القاهرة- مصر. يسجل التاريخ أن (الأزهر) أنشئ في أول عهد الدولة الفاطمية بمصر جامعا باسم (جامع القاهرة، الذي سمى الأزهر فيما بعد) حيث أرسى حجر أساسه في الرابع والعشرين من جمادى الأولى 359هـ/970م، وصلى فيه الخليفة المعز لدين الله الفاطمي ثاني خلفاء الدولة الفاطمية صلاة الجمعة الأولى من شهر رمضان سنة 361هـ/972م، إيذانا باعتماده الجامع الرسمى للدولة الجديدة، ومقرا لنشر الدين والعلم في حلقات الدروس التي انتظمت فيه، وبدأها القاضى أبو حنيفة بن محمد القيروانى قاضى الخليفة المعزلدين الله، وتولى التدريس أبناء هذا القاضى من بعده وغيرهم, إلى جانب دراسة علوم أخرى في الدين واللغة والقراءات والمنطق والفلك. حسب التصنيف العالمي من موقع ويبو ماتريكس لجامعات العالم فان جامعة الأزهر حلت في المركز 74 في أفريقيا و 8,019 عالميا بين الجامعات والدراسة فيها قاصرة على المسلمين فقط.[1].

وبقيام الدولة الأيوبية في مصر (567هـ) تحركت بكل الجهد لإزاحة المذهب الشيعى وطمس رسوم الدولة الفاطمية، وإحلال مذهب أهل السنة في الجامع الأزهر، وفى عدة مدارس أنشئت لتعزيزه ومنافسته في حركته المذهبية والعلمية الجديدة. وفى العصر المملوكى بمصر اتجهت همة السلاطين من المماليك إلى إعمار الجامع الأزهر، وإسباغ الرعاية على علمائه وطلابه بالمنح والهبات والأوقاف، وأتيح للأزهريين المشاركة في النهضة العلمية والاجتماعية والثقافية في الدولة، وتصاعدت هذه المكانة إلى أن كان لهم دور أكثر في توجيه سياسة الحكم.

ولما استقر الأمر لدولة (محمد علي الكبير) واتجه إلى الاستفادة من الحضارة الأوربية آنذاك واتجه إلى إرسال البعوث العسكرية والمدنية إلى إيطاليا وفرنسا وروسيا وغيرها، اختار أعضاءها جميعا من الأزهريين[بحاجة لمصدر]، وبعودتهم تباعا انبعثت في مصر -في عهده وعهود أبنائه- حركة علمية ناشطة، غطت ساحات العمل الميدانى من ناحية وساحات الترجمة والتعليم والإعلام والقانون من ناحية أخرى. وحتى ذلك التاريخ كان التعليم في الأزهر قائما على الاختيار الحر، بحيث يختار الطالب أستاذه والمادة التي يقوم بتدريسها، أو الكتاب الذي يقرؤه لطلابه، ويعرض نصوصه نصًا نصًا، فإذا اتم الطالب حفظه من علم الأستاذ، وأنس من نفسه التجويد تقدم لأستاذه ليمتحنه مشافهة، فإذا أظهر استيعابا ونبوغا منحه الأستاذ إجازة علمية مكتوبة، وكانت هذه الإجازة كافية لصلاحه باًن يشتغل بالتدريس في المدارس أو في المساجد أو في جامع الأزهر نفسه.

وظل العمل على ذلك حتى أواخر القرن التاسع عشر، حيث استعيض عنه بنظام التعليم الحديث، أو بنظام قريب منه بحسب الأحوال. وواكب ذلك إصدار عدة قوانين لتنظيم العمل بالأزهر. وأول هذه القوانين قانونا القرن التاسع عشر: أولهما في سنة 1872م ينظم طريقة الحصول على العالمية وموادها، وثانيهما في سنة 1885م، وأهم ما تناوله: تحديد صفة من يتصدى لمهنة التدريس في جامع الأزهر أن يكون قد انتهى من دارسة أمهات الكتب في أحد عشر فنا واجتاز فيها امتحانا ترضى عنه لجنة من ستة علماء يرأسهم شيخ الأزهر.
وفى بداية القرن العشرين استصدر قانون سنة 1908 في عهد المشيخة الثانية للشيخ حسونة النواوي، وفيه تم تأليف مجلس عال لإدارة الأزهر برئاسة شيخ الأزهر، وعضوية كل من مفتى الديار المصرية، وشيوخ المذاهب الحنفي والمالكي والحنبلي والشافعي واثنين من الموظفين.وفيه أيضا تقسيم الدراسة لثلاث مراحل: أولية وثانوية وعالية، ومدة التعليم في كل منها أربع سنوات، يمنح الطالب الناجح في كل مرحلة شهادة المرحلة.

ثم تلاه القانون رقم 10 لسنة 1911 وفيه:
1. تجديد اختصاص شيخ الأزهر
2. إنشاء مجلس الأزهر الأعلى هيئة إشرافية
3. تنظيم هيئة كبار العلماء
4. نظام التوظف بالأزهر
وإثر صدور هذا القانون لوحظ إقبال المصريين على الأزهر، وأنشئت عدة معاهد في عواصم المدن المصرية.


وفى عهد المشيخة الأولى للشيخ محمد مصطفى المراغي أعد مشروع القانون رقم 49 لسنة 1930م، لكنه اصدر في عهد مشيخة الشيخ محمد الأحمدى الظواهرى ويجمع الرأى على أن هذا القانون مثّل خطوة موفقة لإصلاح الأزهر، ومكنه من مسايرة التقدم العلمى والثقافى والمعرفى.وفى هذا القانون حددت مراحل التعليم أربعة مراحل: ابتدائية لمدة أربع سنوات، وثانوية لمدة خمس سنوات، وثلاث كليات للشريعة الإسلامية، وأصول الدين، واللغة العربية، مدة الدراسة بكل منها أربع سنوات، ثم تخصص مهنى مدته سنتان في القضاء الشرعى والإفتاء، وفى الوعظ والإرشاد، وفى التدريس ثم تخصص المادة لمدة خمس سنوات تؤهل الناجح للحصول على العالمية مع درجة أستاذ ويعد هذا القانون الذي أنشئته بمقتضاه الكليات الثلاث والتخصصات المدنية والعلمية هو الإرهاص لميلاد جامعة الأزهر القائمة الآن بمقتضى القانون 103 لسنة 1961 م.
وصارت جامعة الأزهر هيئة من هيئات الأزهر الشريف، تختص بالتعليم العالى بالأزهر، إلى جانب هيئات أخرى للتعليم قبل المرحلة الجامعية الأولى، وأخرى للمجلس الأعلى للأزهر، وثالثة لمجمع البحوث الإسلامية الذي يختص بنشر الثقافة الإسلامية وتجلية التراث وتنقيته من الشوائب التي علقت به، وبشئون الدعوة والوفود الطلابية في العالم الخارجى وإعاشتهم، وقد أنشئت لهم مدينة سكنية للإعاشة والإقامة والرعاية البدنية والنفسية، وخاصة لمن يأتون الأزهر على منح يقدمها لهم، بالإضافة إلى المنح التي تقدمها وزارة الأوقاف المصرية (المجلس الأعلى للشئون الإسلامية) هذا بالإضافة إلى الوفود الإسلامية المتبادلة، والمراكز الثقافية الإسلامية التي أقامتها مصر في عديد من البلاد الأوروبية الأمريكية والأفريقية وكذلك المعاهد التعليمية.

و بصدور القانون رقم 103 لسنة 1961م تحول النظام التعليمى إلى النظم التعليمية الحديثة، وتوسع الأزهر في نوعيات وتخصصات التعليم والبحث العلمى للبنين والبنات على السواء، وضم إلى الكليات الشرعية والعربية كليات للطب وطب الأسنان والصيدلة والعلوم والتربية والهندسة، والإدارة والمعاملات، واللغات والترجمة ويتلقى طلابها قدرا لا بأس به في العلوم الدينية، لتحقيق المعادلة الدراسية بينهم وبين نظرائهم في الكليات الأخرى.






















Al-Azhar


Universitas Al-Azhar adalah lembaga dunia ilmiah agama Islam terbesar di dunia dan mendirikan sebuah universitas kedua di dunia setelah Universitas desa dan terletak di Kairo - Mesir. Sejarah mencatat bahwa (Azhar) didirikan di era pertama dari negara Fatimiyah di Mesir, membawa bersama-sama atas nama (masjid, Kairo, yang disebut Al-Azhar nanti) dimana meletakkan dasar batu di AD dua puluh empat AH Mei 359/970, dan berkat-berkat al-Muizz khalifah penerus Fatimiyah kedua negara Fatimiyah pertama shalat Jumat Ramadan 361 AH / 972, menandai adopsi resmi Seluruh negara baru, dan rumah bagi penyebaran pelajaran agama dan sains lokakarya bekerja sama, dan memprakarsai hakim Abu Hanifah bin Muhammad Kirene menggugat Khalifah Almazlden Allah, dan telah mengajarkan anak-anak hakim, setelah dia, dan lain-lain, dengan studi ilmu-ilmu lainnya dalam agama, membaca bahasa, dan logika dan astronomi. Menurut peringkat situs dan Lipo Matrix untuk universitas dunia, Universitas Al-Azhar, peringkat 74 di Afrika dan global antara 8019 dan belajar di universitas Muslim hanya terbatas pada [1]..



Dan pembentukan negara Ayyubiyah di Mesir (567 H) memindahkan semua upaya untuk mengeluarkan doktrin Syiah dan biaya mengaburkan negara Fatimiyah, dan pembentukan doktrin Sunni di masjid Al-Azhar, dan di beberapa sekolah didirikan untuk mempromosikan dan bersaing di sekolahnya pemikiran dan baru ilmiah. Dalam periode Mamluk di Mesir cenderung sultan keberanian dari Mamluk untuk rekonstruksi masjid Al-Azhar, dan perawatan memberi kepada para ilmuwan dan mahasiswa dengan hibah dan donasi, wakaf, dan dibuat tersedia untuk Ozhrien berpartisipasi dalam kebangkitan kembali hak ilmiah, sosial dan budaya di negara bagian, dan telah meningkat posisi ini bahwa mereka telah lebih untuk memandu kebijakan pemerintah.

Seperti menyelesaikan masalah Negara (Mohamed Ali Agung) dan pergi untuk kepentingan peradaban Eropa pada saat itu dan cenderung untuk mengirim utusan kepada militer dan sipil ke Italia, Perancis, Rusia dan lain-lain, memilih anggotanya semua Azharites [rujukan?], Dan kembali mereka berturut-turut dipancarkan di Mesir - dalam persyaratan dan dari anak-anaknya - gerakan aktivis ilmiah, kerja lapangan meliputi meter dan meter tangan, terjemahan, informasi pendidikan, dan hukum di sisi lain. Bahkan kemudian, pendidikan di Al-Azhar berdasarkan pilihan bebas, jadi pilihlah guru siswa dan bahan yang diajarkan, atau buku, yang berbunyi untuk murid-muridnya, dan menampilkan teks teks teks, jika siswa menyelesaikan diselamatkan dari pengetahuan tentang guru, dan Anas dari intonasi yang sama memberikan untuk gurunya untuk menguji dia secara lisan, jika Tampilkan inklusif dan berbakat dia meninggalkan tulisan Profesor ilmiah, dan ini sudah cukup untuk meninggalkan kebaikan-Nya yang berjalan diajarkan di sekolah atau di mesjid atau di Masjid Al-Azhar itu sendiri.

Terus bekerja di atasnya sampai akhir abad kesembilan belas, dimana diganti dengan sistem pendidikan modern, sistem atau dekat dengan itu, tergantung pada keadaan. Dan disertai dengan diundangkannya beberapa undang-undang untuk mengatur pekerjaan-Azhar. Yang pertama dari hukum ini, hukum dari abad kesembilan belas: pertama, pada tahun 1872 metode akses ke global dan bahan-bahan dan, kedua, pada tahun 1885, ujung paling penting: menentukan karakteristik alamat untuk profesi mengajar di Masjid Al-Azhar yang akan pergi dari studi pustaka di salah satu seni kesepuluh dan berlalu memenuhi tes untuk panel enam ilmuwan, dipimpin oleh Syekh Al-Azhar.

Pada awal abad kedua puluh, dilaporkan pergi hukum pada tahun 1908 selama pemerintahan chiefdom kedua Syekh Hassouna Nawawi, dan telah ditulis oleh Dewan Tinggi Departemen Al-Azhar di bawah pimpinan Syekh Al-Azhar, dan keanggotaan dari Mufti Agung Mesir, dan para tetua doktrin dari staf Hanafi, Maliki, Hambali, Syafi'i, dan dua. Dan itu juga membagi penelitian dalam tiga tahap : primer, sekunder dan tinggi, dan durasi pendidikan di masing-masing empat tahun, mahasiswa yang sukses adalah mendapat sertifikat pada setiap tahap tahap.

Dilanjutkan dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1911, ia mengatakan:

1. Pembaruan yurisdiksi Al-Azhar Sheikh
2. Pendirian Al-Azhar tubuh Dewan Tertinggi pengawas
3. Organisasi para ilmuwan senior
4. Sistem kerja-Azhar

Setelah penerbitan undang-undang ini diamati pada Iqbal Al-Azhar Mesir, dan mendirikan beberapa lembaga di ibu kota Mesir.


Selama pemerintahan chiefdom pertama Sheikh Mohammed Mustafa Maraghi menyiapkan Nomor draft RUU 49 tahun 1930, yang diterbitkan dalam kepala suku era Sheikh Mohammed Al Ahmadi Al-Zawahiri dan mengumpulkan berpendapat bahwa hukum, seperti kudeta utama reformasi Al-Azhar, dan memungkinkan dia untuk mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan kebudayaan dan pengetahuan. Dalam undang-undang ini diidentifikasi tahap Pendidikan empat tahapan: primer untuk jangka waktu empat tahun, dan sekolah menengah untuk jangka waktu lima tahun, dan tiga sekolah hukum Islam dan teologi, dan bahasa Arab, durasi studi masing-masing empat tahun, dan kemudian mencurahkan dua profesional-tahun untuk menghilangkan fatwa sah dan Penerbitan, dan dalam khotbah dan bimbingan, dan pengajaran dan kemudian mengabdikan artikel untuk jangka waktu lima tahun memenuhi syarat untuk gelar global sukses dengan seorang profesor dan ini diatur oleh hukum di mana tiga perguruan tinggi dan disiplin sipil dan ilmiah adalah Alirhas kelahiran Al-Azhar University, daftar sekarang di bawah UU 103 untuk tahun 1961.

Dan menjadi Universitas Al-Azhar tubuh Al-Azhar, peduli dengan pendidikan tinggi-Azhar, serta badan lain pra-sarjana, dan lain dari Dewan Tertinggi Al-Azhar, yang ketiga untuk Riset Islam Akademi, yang menangani penyebaran budaya Islam dan menjelaskan warisan dan dimurnikan dari kotoran, yang ditangguhkan dia, dan hal-hal advokasi dan delegasi mahasiswa di dunia luar dan subsistensi mereka, telah ditetapkan untuk mereka sebuah kota hunian subsisten, akomodasi dan perawatan, fisik dan psikologis, terutama yang berasal hibah Azhar diberikan kepada mereka, selain hibah yang disediakan oleh Departemen Awqaf (Mesir Supreme Council untuk Islam Negeri) ini selain delegasi Islam bersama, dan Islam pusat kebudayaan didirikan oleh Mesir di banyak negara Eropa, Amerika dan Afrika serta institusi pendidikan.

Dan penerbitan Undang-undang Nomor 103 Tahun 1961 mengubah sistem pendidikan terhadap sistem pendidikan modern, dan perluasan Al-Azhar dalam jenis dan disiplin pendidikan dan penelitian ilmiah untuk anak laki-laki dan perempuan, dan termasuk perguruan tinggi legitimasi dan perguruan tinggi Arab kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, ilmu pengetahuan, pendidikan, rekayasa, manajemen dan transaksi, dan bahasa, terjemahan, dan memiliki ukuran siswa Tidak ada yang salah dalam ilmu agama, untuk mempelajari persamaan antara mereka dan rekan-rekan mereka di perguruan tinggi lainnya.

Tidak ada komentar: